Courser in English | MATHEMATICS FOR JUNIOR HIGH SCHOOL |
Program | Pendidikan Matematika |
SKS | 2 SKS |
RPS | 26 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Matematika SLTP adalah matakuliah wajib dengan bobot 2 sks dengan pembagian 2 sks teori ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu mengkonstruksi materi matematika SLTP berbasis kesalahan pemahaman siswa sebagai upaya mengembangkan potensi peserta didik secara optimal serta menyelesaikan soal HOTs terkait matemati matematika SLTP. Secara khusus, setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu membuat peta konsep, Penguasaan konsep Bilangan, Himpunan, Perbandingan, Garis dan Sudut, Segiempat dan segitiga, operasi aljabar, Fungsi, Persamaan garis lurus, Teorema pytagoras, Peluang dan Statistika, dan Lingkaran sehingga pada akhirnya mahasiswa mampu mengkonstruksi materi matematika SLTP berbasis kesalahan pemahaman siswa serta menyelesaikan soal HOTs. Luaran mata kuliah berupa konstruksi materi matematika SLTP berbasis kesalahan pemahaman siswa, soal dan penyelesaian terkait matematika SLTP.
Learning OutcomesS4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa | |||||
S11 | Memiliki sikap Unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis. | |||||
P2 | Menguasai konsep pedagogik-didaktik matematika untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan menengah yang berorientasi pada kecakapan hidup | |||||
P5 | Menguasai konsep teoritis matematika meliputi logika matematika, matematika diskrit, aljabar, analisis, geometri, teori peluang dan statistika, prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear, persamaan diferensial, dan metode numerik, yang mendukung pembelajaran matematika di pendidikan dasar dan menengah serta untuk studi lanjut. | |||||
KU4 | Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal | |||||
KK2 | Mampu mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya | |||||
KK7 | Menumbuhkan pola pemikiran HOTs melalui penerapan keterampilan 6C (Communication, Collaboration, Critical thinking, Creative thinking, Computational logic, Compassion dan Civicresponsibility) dalam matematika | |||||
CPMK (Capaian Pembelajaran Matakuliah): Setelah menempuh mata kuliah Matematika SLTP melalui pembelajaran mandiri maupun kolaboratif, mahasiswa diharapkan mampu: | ||||||
CPMK1 | Mengaplikasikan konsep pedagogik-didaktik matematika untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan menengah melalui konstruksi materi matematika SLTP berbasis kesalahan pemahaman siswa sebagai upaya mengembangkan potensi peserta didik secara optimal [S4, P2, KU4, KK2] | |||||
CPMK2 | Mengaplikasikan konsep teoretis matematika SLTP melalui penyelesaian permasalahan Matematika SLTP untuk menumbuhkan pola pemikiran HOTs untuk menumbuhkan sikap unggul dan berintegritas melalui pembelajaran kolaboratif berbasis keanekaragaman pandangan [S11, P5, KK7] |
Utama | ||||||
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas VII SLTP/MTS, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta | ||||||
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas VIII SLTP/MTS, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta Jakarta. |
||||||
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas IX SLTP/MTS, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta | ||||||
Sumber artikel lain: http://scholar.google.co.id | ||||||
Pendukung | ||||||
Video Pembelajaran |
Details ...
Mata kuliah Matematika SLTP adalah matakuliah wajib dengan bobot 2 sks dengan pembagian 2 sks teori ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu mengkonstruksi materi matematika SLTP berbasis kesalahan pemahaman siswa sebagai upaya mengembangkan potensi peserta didik secara optimal serta menyelesaikan soal HOTs terkait matemati matematika SLTP. Secara khusus, setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu membuat peta konsep, Penguasaan konsep Bilangan, Himpunan, Perbandingan, Garis dan Sudut, Segiempat dan segitiga, operasi aljabar, Fungsi, Persamaan garis lurus, Teorema pytagoras, Peluang dan Statistika, dan Lingkaran sehingga pada akhirnya mahasiswa mampu mengkonstruksi materi matematika SLTP berbasis kesalahan pemahaman siswa serta menyelesaikan soal HOTs. Luaran mata kuliah berupa konstruksi materi matematika SLTP berbasis kesalahan pemahaman siswa, soal dan penyelesaian terkait matematika SLTP.
Learning OutcomesS4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa | |||||
S11 | Memiliki sikap Unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis. | |||||
P2 | Menguasai konsep pedagogik-didaktik matematika untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan menengah yang berorientasi pada kecakapan hidup | |||||
P5 | Menguasai konsep teoritis matematika meliputi logika matematika, matematika diskrit, aljabar, analisis, geometri, teori peluang dan statistika, prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear, persamaan diferensial, dan metode numerik, yang mendukung pembelajaran matematika di pendidikan dasar dan menengah serta untuk studi lanjut. | |||||
KU4 | Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal | |||||
KK2 | Mampu mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya | |||||
KK7 | Menumbuhkan pola pemikiran HOTs melalui penerapan keterampilan 6C (Communication, Collaboration, Critical thinking, Creative thinking, Computational logic, Compassion dan Civicresponsibility) dalam matematika | |||||
CPMK (Capaian Pembelajaran Matakuliah): Setelah menempuh mata kuliah Matematika SLTP melalui pembelajaran mandiri maupun kolaboratif, mahasiswa diharapkan mampu: | ||||||
CPMK1 | Mengaplikasikan konsep pedagogik-didaktik matematika untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan menengah melalui konstruksi materi matematika SLTP berbasis kesalahan pemahaman siswa sebagai upaya mengembangkan potensi peserta didik secara optimal [S4, P2, KU4, KK2] | |||||
CPMK2 | Mengaplikasikan konsep teoretis matematika SLTP melalui penyelesaian permasalahan Matematika SLTP untuk menumbuhkan pola pemikiran HOTs untuk menumbuhkan sikap unggul dan berintegritas melalui pembelajaran kolaboratif berbasis keanekaragaman pandangan [S11, P5, KK7] |
Utama | ||||||
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas VII SLTP/MTS, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta | ||||||
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas VIII SLTP/MTS, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta Jakarta. |
||||||
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas IX SLTP/MTS, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta | ||||||
Sumber artikel lain: http://scholar.google.co.id | ||||||
Pendukung | ||||||
Video Pembelajaran |
Details ...
Mata kuliah Matematika SLTP adalah matakuliah wajib dengan bobot 2 sks dengan pembagian 2 sks teori ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu mengkonstruksi materi matematika SLTP berbasis kesalahan pemahaman siswa sebagai upaya mengembangkan potensi peserta didik secara optimal serta menyelesaikan soal HOTs terkait matemati matematika SLTP. Secara khusus, setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu membuat peta konsep, Penguasaan konsep Bilangan, Himpunan, Perbandingan, Garis dan Sudut, Segiempat dan segitiga, operasi aljabar, Fungsi, Persamaan garis lurus, Teorema pytagoras, Peluang dan Statistika, dan Lingkaran sehingga pada akhirnya mahasiswa mampu mengkonstruksi materi matematika SLTP berbasis kesalahan pemahaman siswa serta menyelesaikan soal HOTs. Luaran mata kuliah berupa konstruksi materi matematika SLTP berbasis kesalahan pemahaman siswa, soal dan penyelesaian terkait matematika SLTP.
Learning OutcomesS4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa | |||||
S11 | Memiliki sikap Unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis. | |||||
P2 | Menguasai konsep pedagogik-didaktik matematika untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan menengah yang berorientasi pada kecakapan hidup | |||||
P5 | Menguasai konsep teoritis matematika meliputi logika matematika, matematika diskrit, aljabar, analisis, geometri, teori peluang dan statistika, prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear, persamaan diferensial, dan metode numerik, yang mendukung pembelajaran matematika di pendidikan dasar dan menengah serta untuk studi lanjut. | |||||
KU4 | Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal | |||||
KK2 | Mampu mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya | |||||
KK7 | Menumbuhkan pola pemikiran HOTs melalui penerapan keterampilan 6C (Communication, Collaboration, Critical thinking, Creative thinking, Computational logic, Compassion dan Civicresponsibility) dalam matematika | |||||
CPMK (Capaian Pembelajaran Matakuliah): Setelah menempuh mata kuliah Matematika SLTP melalui pembelajaran mandiri maupun kolaboratif, mahasiswa diharapkan mampu: | ||||||
CPMK1 | Mengaplikasikan konsep pedagogik-didaktik matematika untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan menengah melalui konstruksi materi matematika SLTP berbasis kesalahan pemahaman siswa sebagai upaya mengembangkan potensi peserta didik secara optimal [S4, P2, KU4, KK2] | |||||
CPMK2 | Mengaplikasikan konsep teoretis matematika SLTP melalui penyelesaian permasalahan Matematika SLTP untuk menumbuhkan pola pemikiran HOTs untuk menumbuhkan sikap unggul dan berintegritas melalui pembelajaran kolaboratif berbasis keanekaragaman pandangan [S11, P5, KK7] |
Utama | ||||||
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas VII SLTP/MTS, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta | ||||||
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas VIII SLTP/MTS, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta Jakarta. |
||||||
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas IX SLTP/MTS, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta | ||||||
Sumber artikel lain: http://scholar.google.co.id | ||||||
Pendukung | ||||||
Video Pembelajaran |
Details ...
Mata kuliah Matematika SLTP adalah matakuliah wajib dengan bobot 2 sks dengan pembagian 2 sks teori ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu mengkonstruksi materi matematika SLTP berbasis kesalahan pemahaman siswa sebagai upaya mengembangkan potensi peserta didik secara optimal serta menyelesaikan soal HOTs terkait matemati matematika SLTP. Secara khusus, setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu membuat peta konsep, Penguasaan konsep Bilangan, Himpunan, Perbandingan, Garis dan Sudut, Segiempat dan segitiga, operasi aljabar, Fungsi, Persamaan garis lurus, Teorema pytagoras, Peluang dan Statistika, dan Lingkaran sehingga pada akhirnya mahasiswa mampu mengkonstruksi materi matematika SLTP berbasis kesalahan pemahaman siswa serta menyelesaikan soal HOTs. Luaran mata kuliah berupa konstruksi materi matematika SLTP berbasis kesalahan pemahaman siswa, soal dan penyelesaian terkait matematika SLTP.
Learning OutcomesS4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa | |||||
S11 | Memiliki sikap Unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis. | |||||
P2 | Menguasai konsep pedagogik-didaktik matematika untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan menengah yang berorientasi pada kecakapan hidup | |||||
P5 | Menguasai konsep teoritis matematika meliputi logika matematika, matematika diskrit, aljabar, analisis, geometri, teori peluang dan statistika, prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear, persamaan diferensial, dan metode numerik, yang mendukung pembelajaran matematika di pendidikan dasar dan menengah serta untuk studi lanjut. | |||||
KU4 | Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal | |||||
KK2 | Mampu mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya | |||||
KK7 | Menumbuhkan pola pemikiran HOTs melalui penerapan keterampilan 6C (Communication, Collaboration, Critical thinking, Creative thinking, Computational logic, Compassion dan Civicresponsibility) dalam matematika | |||||
CPMK (Capaian Pembelajaran Matakuliah): Setelah menempuh mata kuliah Matematika SLTP melalui pembelajaran mandiri maupun kolaboratif, mahasiswa diharapkan mampu: | ||||||
CPMK1 | Mengaplikasikan konsep pedagogik-didaktik matematika untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan menengah melalui konstruksi materi matematika SLTP berbasis kesalahan pemahaman siswa sebagai upaya mengembangkan potensi peserta didik secara optimal [S4, P2, KU4, KK2] | |||||
CPMK2 | Mengaplikasikan konsep teoretis matematika SLTP melalui penyelesaian permasalahan Matematika SLTP untuk menumbuhkan pola pemikiran HOTs untuk menumbuhkan sikap unggul dan berintegritas melalui pembelajaran kolaboratif berbasis keanekaragaman pandangan [S11, P5, KK7] |
Utama | ||||||
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas VII SLTP/MTS, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta | ||||||
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas VIII SLTP/MTS, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta Jakarta. |
||||||
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas IX SLTP/MTS, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta | ||||||
Sumber artikel lain: http://scholar.google.co.id | ||||||
Pendukung | ||||||
Video Pembelajaran |
Details ...
Mata kuliah Matematika SLTP adalah matakuliah wajib dengan bobot 2 sks dengan pembagian 2 sks teori ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu mengkonstruksi materi matematika SLTP berbasis kesalahan pemahaman siswa sebagai upaya mengembangkan potensi peserta didik secara optimal serta menyelesaikan soal HOTs terkait matemati matematika SLTP. Secara khusus, setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu membuat peta konsep, Penguasaan konsep Bilangan, Himpunan, Perbandingan, Garis dan Sudut, Segiempat dan segitiga, operasi aljabar, Fungsi, Persamaan garis lurus, Teorema pytagoras, Peluang dan Statistika, dan Lingkaran sehingga pada akhirnya mahasiswa mampu mengkonstruksi materi matematika SLTP berbasis kesalahan pemahaman siswa serta menyelesaikan soal HOTs. Luaran mata kuliah berupa konstruksi materi matematika SLTP berbasis kesalahan pemahaman siswa, soal dan penyelesaian terkait matematika SLTP.
Learning OutcomesS4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa | |||||
S11 | Memiliki sikap Unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis. | |||||
P2 | Menguasai konsep pedagogik-didaktik matematika untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan menengah yang berorientasi pada kecakapan hidup | |||||
P5 | Menguasai konsep teoritis matematika meliputi logika matematika, matematika diskrit, aljabar, analisis, geometri, teori peluang dan statistika, prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear, persamaan diferensial, dan metode numerik, yang mendukung pembelajaran matematika di pendidikan dasar dan menengah serta untuk studi lanjut. | |||||
KU4 | Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal | |||||
KK2 | Mampu mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya | |||||
KK7 | Menumbuhkan pola pemikiran HOTs melalui penerapan keterampilan 6C (Communication, Collaboration, Critical thinking, Creative thinking, Computational logic, Compassion dan Civicresponsibility) dalam matematika | |||||
CPMK (Capaian Pembelajaran Matakuliah): Setelah menempuh mata kuliah Matematika SLTP melalui pembelajaran mandiri maupun kolaboratif, mahasiswa diharapkan mampu: | ||||||
CPMK1 | Mengaplikasikan konsep pedagogik-didaktik matematika untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan menengah melalui konstruksi materi matematika SLTP berbasis kesalahan pemahaman siswa sebagai upaya mengembangkan potensi peserta didik secara optimal [S4, P2, KU4, KK2] | |||||
CPMK2 | Mengaplikasikan konsep teoretis matematika SLTP melalui penyelesaian permasalahan Matematika SLTP untuk menumbuhkan pola pemikiran HOTs untuk menumbuhkan sikap unggul dan berintegritas melalui pembelajaran kolaboratif berbasis keanekaragaman pandangan [S11, P5, KK7] |
Utama | ||||||
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas VII SLTP/MTS, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta | ||||||
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas VIII SLTP/MTS, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta Jakarta. |
||||||
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas IX SLTP/MTS, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta | ||||||
Sumber artikel lain: http://scholar.google.co.id | ||||||
Pendukung | ||||||
Video Pembelajaran |
Details ...
Mata kuliah Matematika SLTP adalah matakuliah wajib dengan bobot 2 sks dengan pembagian 2 sks teori ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu mengkonstruksi materi matematika SLTP berbasis kesalahan pemahaman siswa sebagai upaya mengembangkan potensi peserta didik secara optimal serta menyelesaikan soal HOTs terkait matemati matematika SLTP. Secara khusus, setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu membuat peta konsep, Penguasaan konsep Bilangan, Himpunan, Perbandingan, Garis dan Sudut, Segiempat dan segitiga, operasi aljabar, Fungsi, Persamaan garis lurus, Teorema pytagoras, Peluang dan Statistika, dan Lingkaran sehingga pada akhirnya mahasiswa mampu mengkonstruksi materi matematika SLTP berbasis kesalahan pemahaman siswa serta menyelesaikan soal HOTs. Luaran mata kuliah berupa konstruksi materi matematika SLTP berbasis kesalahan pemahaman siswa, soal dan penyelesaian terkait matematika SLTP.
Learning OutcomesS4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa | |||||
S11 | Memiliki sikap Unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis. | |||||
P2 | Menguasai konsep pedagogik-didaktik matematika untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan menengah yang berorientasi pada kecakapan hidup | |||||
P5 | Menguasai konsep teoritis matematika meliputi logika matematika, matematika diskrit, aljabar, analisis, geometri, teori peluang dan statistika, prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear, persamaan diferensial, dan metode numerik, yang mendukung pembelajaran matematika di pendidikan dasar dan menengah serta untuk studi lanjut. | |||||
KU4 | Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal | |||||
KK2 | Mampu mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya | |||||
KK7 | Menumbuhkan pola pemikiran HOTs melalui penerapan keterampilan 6C (Communication, Collaboration, Critical thinking, Creative thinking, Computational logic, Compassion dan Civicresponsibility) dalam matematika | |||||
CPMK (Capaian Pembelajaran Matakuliah): Setelah menempuh mata kuliah Matematika SLTP melalui pembelajaran mandiri maupun kolaboratif, mahasiswa diharapkan mampu: | ||||||
CPMK1 | Mengaplikasikan konsep pedagogik-didaktik matematika untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan menengah melalui konstruksi materi matematika SLTP berbasis kesalahan pemahaman siswa sebagai upaya mengembangkan potensi peserta didik secara optimal [S4, P2, KU4, KK2] | |||||
CPMK2 | Mengaplikasikan konsep teoretis matematika SLTP melalui penyelesaian permasalahan Matematika SLTP untuk menumbuhkan pola pemikiran HOTs untuk menumbuhkan sikap unggul dan berintegritas melalui pembelajaran kolaboratif berbasis keanekaragaman pandangan [S11, P5, KK7] |
Utama | ||||||
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas VII SLTP/MTS, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta | ||||||
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas VIII SLTP/MTS, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta Jakarta. |
||||||
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas IX SLTP/MTS, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta | ||||||
Sumber artikel lain: http://scholar.google.co.id | ||||||
Pendukung | ||||||
Video Pembelajaran |
Details ...
Mata Kuliah ini berisi Peta Konsep Materi Matematika SLTP, Kemampuan Matematis, Materi Bilangan, Himpunan, Perbandingan, Garis dan Sudut, Segiempat dan Segitiga, Sistem Koordinat, Operasi Aljabar, Fungsi, Persamaan Garis Lurus, Teorema Pytagoras, Peluang dan Statistika, dan Lingkaran
Learning OutcomesMenjelaskan materi matematika SLTP secara konseptual dan prosedural, menyelesaikan permasalahan rutin dan non rutin dalam materi matematika SLTP
ReferencesPeraturan yang berkaitan dengan kurikulum 2013 dan revisinya
Buku siswa dan buku guru SMP kelas VII dan kelas VIII Kurikulum 13
Buku, modul, materi lain yang relevan dengan topik yang dibahas
Details ...
Mata Kuliah ini berisi Peta Konsep Materi Matematika SLTP, Kemampuan Matematis, Materi Bilangan, Himpunan, Perbandingan, Garis dan Sudut, Segiempat dan Segitiga, Sistem Koordinat, Operasi Aljabar, Fungsi, Persamaan Garis Lurus, Teorema Pytagoras, Peluang dan Statistika, dan Lingkaran
Learning OutcomesMenjelaskan materi matematika SLTP secara konseptual dan prosedural, menyelesaikan permasalahan rutin dan non rutin dalam materi matematika SLTP
ReferencesPeraturan yang berkaitan dengan kurikulum 2013 dan revisinya
Buku siswa dan buku guru SMP kelas VII dan kelas VIII Kurikulum 13
Buku, modul, materi lain yang relevan dengan topik yang dibahas
Details ...
Mata Kuliah ini berisi Peta Konsep Materi Matematika SLTP, Kemampuan Matematis, Materi Bilangan, Himpunan, Perbandingan, Garis dan Sudut, Segiempat dan Segitiga, Sistem Koordinat, Operasi Aljabar, Fungsi, Persamaan Garis Lurus, Teorema Pytagoras, Peluang dan Statistika, dan Lingkaran
Learning OutcomesMenjelaskan materi matematika SLTP secara konseptual dan prosedural, menyelesaikan permasalahan rutin dan non rutin dalam materi matematika SLTP
ReferencesPeraturan yang berkaitan dengan kurikulum 2013 dan revisinya
Buku siswa dan buku guru SMP kelas VII dan kelas VIII Kurikulum 13
Buku, modul, materi lain yang relevan dengan topik yang dibahas
Details ...
Mata Kuliah ini berisi Peta Konsep Materi Matematika SLTP, Kemampuan Matematis, Materi Bilangan, Himpunan, Perbandingan, Garis dan Sudut, Segiempat dan Segitiga, Sistem Koordinat, Operasi Aljabar, Fungsi, Persamaan Garis Lurus, Teorema Pytagoras, Peluang dan Statistika, dan Lingkaran
Learning OutcomesMenjelaskan materi matematika SLTP secara konseptual dan prosedural, menyelesaikan permasalahan rutin dan non rutin dalam materi matematika SLTP
ReferencesPeraturan yang berkaitan dengan kurikulum 2013 dan revisinya
Buku siswa dan buku guru SMP kelas VII dan kelas VIII Kurikulum 13
Buku, modul, materi lain yang relevan dengan topik yang dibahas
Details ...
Mata Kuliah ini membahas:
Peta Konsep Materi Matematika SLTP, Kemampuan Matematis, Materi Bilangan, Himpunan, Perbandingan, Garis dan Sudut, Segiempat dan Segitiga, Sistem Koordinat, Operasi Aljabar, Fungsi, Persamaan Garis Lurus, Teorema Pytagoras, Peluang dan Statistika, dan Lingkaran.
Learning Outcomes1. Menguasai konsep matematika dalam pembelajaran di SLTP.
2. Menguasai materi matematika SLTP.
3. Menguasai konsep teoritis secara konseptual dan prosedural dalam menyelesaikan masalah matematika SLTP.
References- Peraturan yang berkaitan dengan kurikulum 2013
- PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 68 dan 69 TAHUN 2013
- Buku siswa dan buku guru SMP kelas VII dan kelas VIII Kurikulum 13
Details ...
Mata Kuliah ini membahas:
Peta Konsep Materi Matematika SLTP, Kemampuan Matematis, Materi Bilangan, Himpunan, Perbandingan, Garis dan Sudut, Segiempat dan Segitiga, Sistem Koordinat, Operasi Aljabar, Fungsi, Persamaan Garis Lurus, Teorema Pytagoras, Peluang dan Statistika, dan Lingkaran.
Learning Outcomes1. Menguasai konsep matematika dalam pembelajaran di SLTP.
2. Menguasai materi matematika SLTP.
3. Menguasai konsep teoritis secara konseptual dan prosedural dalam menyelesaikan masalah matematika SLTP.
References- Peraturan yang berkaitan dengan kurikulum 2013
- PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 68 dan 69 TAHUN 2013
- Buku siswa dan buku guru SMP kelas VII dan kelas VIII Kurikulum 13
Details ...