Matematika SLTP, Curriculum : 2015


Courser in EnglishMATHEMATICS FOR JUNIOR HIGH SCHOOL
ProgramPendidikan Matematika
SKS2 SKS
RPS26 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata Kuliah ini berisi Peta Konsep, Kemampuan  Matematis, Materi Bilangan, Perbandingan, Garis dan                                                     Sudut, Sistem Koordinat, Operasi Aljabar, Persamaan Garis Lurus, Teorema Pytagoras.

Learning Outcomes

1.  Menguasai konsep matematika dalam pembelajaran di SLTP.

2. Menguasai materi matematika SLTP.

3. Menguasai konsep teoritis secara konseptual dan prosedural dalam menyelesaikan masalah

      matematika SLTP

References

Peraturan yang berkaitan dengan kurikulum 2013

PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 68 dan 69 TAHUN 2013

Buku siswa dan buku guru SMP kelas VII dan kelas VIII Kurikulum 13


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini berisi Peta Konsep, Kemampuan  Matematis, Materi Bilangan, Perbandingan, Garis dan                                                     Sudut, Sistem Koordinat, Operasi Aljabar, Persamaan Garis Lurus, Teorema Pytagoras.

Learning Outcomes

1.  Menguasai konsep matematika dalam pembelajaran di SLTP.

2. Menguasai materi matematika SLTP.

3. Menguasai konsep teoritis secara konseptual dan prosedural dalam menyelesaikan masalah

      matematika SLTP

References

Peraturan yang berkaitan dengan kurikulum 2013

PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 68 dan 69 TAHUN 2013

Buku siswa dan buku guru SMP kelas VII dan kelas VIII Kurikulum 13


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini  merupakan mata kuliah yang membahas secara desain instruksional materi matematika Sekolah khususnya di SLTP dan kemampuan matematis yang diperlukan dalam penyelelesaiaan masalah yang teruat dalam desain.  Berbeda dengan matematika universitas dimana topik disajikan secara desuktif, cara penyajian topik, dan evaluasi hasil belajar adalah melalui problem solving (induktif) yang berdasarkan kemampuan dasar matematika yang meliputi kemampuan pemecahan masalah, penalaran, representasi matematis, koneksi dan komunikasi matematis.

Learning Outcomes

  1. Menunjukkan sikap religius dalam pengembangan atau implementasi Matematika SLTP
  2. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi Matematika SLTP yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  3. Menggunakan kemampuan matematis dalam pemecahan masalah.
  4. Mengevaluasi pemecahan masalah.

References

  1. Mathematics Assessment Project The Nottingham University
  2. Buku Mtematika SLTP


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini  merupakan mata kuliah yang membahas secara desain instruksional materi matematika Sekolah khususnya di SLTP dan kemampuan matematis yang diperlukan dalam penyelelesaiaan masalah yang teruat dalam desain.  Berbeda dengan matematika universitas dimana topik disajikan secara desuktif, cara penyajian topik, dan evaluasi hasil belajar adalah melalui problem solving (induktif) yang berdasarkan kemampuan dasar matematika yang meliputi kemampuan pemecahan masalah, penalaran, representasi matematis, koneksi dan komunikasi matematis.

Learning Outcomes

  1. Menunjukkan sikap religius dalam pengembangan atau implementasi Matematika SLTP
  2. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi Matematika SLTP yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  3. Menggunakan kemampuan matematis dalam pemecahan masalah.
  4. Mengevaluasi pemecahan masalah.

References

  1. Mathematics Assessment Project The Nottingham University
  2. Buku Mtematika SLTP


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini  merupakan mata kuliah yang membahas secara desain instruksional materi matematika Sekolah khususnya di SLTP dan kemampuan matematis yang diperlukan dalam penyelesaian masalah yang termuat dalam desain.  Berbeda dengan matematika universitas dimana topik disajikan secara deduktif, cara penyajian topik, dan evaluasi hasil belajar adalah melalui problem solving (induktif) yang berdasarkan kemampuan dasar matematika yang meliputi kemampuan pemecahan masalah, penalaran, representasi matematis, koneksi dan komunikasi matematis.

Learning Outcomes

  1. Menunjukkan sikap religius dalam pengembangan atau implementasi Matematika SLTP
  2. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi Matematika SLTP yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  3. Menggunakan kemampuan matematis dalam pemecahan masalah.
  4. Mengevaluasi pemecahan masalah.

References

1. Buku Matematika SLTP Kurikulum 2013 dan KTSP

2. Mathematics Assessment Project The Nottingham University


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini  merupakan mata kuliah yang membahas secara desain instruksional materi matematika Sekolah khususnya di SLTP dan kemampuan matematis yang diperlukan dalam penyelesaian masalah yang termuat dalam desain.  Berbeda dengan matematika universitas dimana topik disajikan secara deduktif, cara penyajian topik, dan evaluasi hasil belajar adalah melalui problem solving (induktif) yang berdasarkan kemampuan dasar matematika yang meliputi kemampuan pemecahan masalah, penalaran, representasi matematis, koneksi dan komunikasi matematis.

Learning Outcomes

  1. Menunjukkan sikap religius dalam pengembangan atau implementasi Matematika SLTP
  2. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi Matematika SLTP yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  3. Menggunakan kemampuan matematis dalam pemecahan masalah.
  4. Mengevaluasi pemecahan masalah.

References

1. Buku Matematika SLTP Kurikulum 2013 dan KTSP

2. Mathematics Assessment Project The Nottingham University


Details ...