Filsafat Manajemen Pendidikan, Curriculum : 2016


Courser in EnglishPHILOSOPHY OF EDUCATIONAL MANAGEMENT
ProgramManajemen Pendidikan
SKS2 SKS
RPS48 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Filsafat Manajemen Pendidikan merupakan mata kuliah dasar program studi dan sifatnya wajib ditempuh bagi mahasiswa S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini membahas hakikat pengetahuan, hakikat ilmu, hakikat filsafat, dan hakikat filsafaat ilmu, dan filsafat manajemen pendidikan. Mata kuliah ini juga membahas bidang kajian filsafat manajemen pendidikan, hakikat manajemen/administrasi dan objek formal dan material filsafat manajemen pendidikan. Selain itu juga membahas perkembangan teori manajemen pendidikan, model dan alat dalam menejemen pendidikan serta akuntabilitas manajemen pendidikan. Akhirnya mahasiswa bisa membuat contoh-contoh masalah penelitian yang sesuai dengan zona penelitian manajemen pendidikan.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaiakan perkuliahan Filsafat Manajemen Pendidikan, mahasiswa diharapkan mampu:

CPMK 1: Mengembangkan pengetahuan konspetual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (P3)

CPMK 2: Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain dalam validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahlian untuk memecahkan masalah di masyarakat yang relevan (S5,KU5)

CPMK 3: Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dalam mengelola pembelajaran manajemen pendidikan (S6,KK2)

CPMK 4: Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui  pendekatan interdisiplin dan multidisiplin (KK4)

References

 

  1. Drummond, H. 1993. Effective Decision Making: A Practical Guide for Management. London: Kogan Page Limited.
  2. Harrison, E.F. 199 The Managerial Decision-Making Process. Boston: Houghton Miffin Company
  3. Hoy, W.K dan Moskel, C.G. 2014. Administrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Knezevich, Stephen J. 198 Administration of Public Education (fourth edition): A Sourcebook for the Leadhership and Management of Educational Institution. New York: Harper & Row Publishers.
  5. Lunenburg, F.C dan Ornstein, A.C. 2012. Educational Administration: Concept and Practices. International Edition: Wadsworth Cengage Learning.
  6. Machali, Imam dan Hidayat, Ara. 2016. The Handbook of Educational Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Filsafat Manajemen Pendidikan merupakan mata kuliah dasar program studi dan sifatnya wajib ditempuh bagi mahasiswa S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini membahas hakikat pengetahuan, hakikat ilmu, hakikat filsafat, dan hakikat filsafaat ilmu, dan filsafat manajemen pendidikan. Mata kuliah ini juga membahas bidang kajian filsafat manajemen pendidikan, hakikat manajemen/administrasi dan objek formal dan material filsafat manajemen pendidikan. Selain itu juga membahas perkembangan teori manajemen pendidikan, model dan alat dalam menejemen pendidikan serta akuntabilitas manajemen pendidikan. Akhirnya mahasiswa bisa membuat contoh-contoh masalah penelitian yang sesuai dengan zona penelitian manajemen pendidikan.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaiakan perkuliahan Filsafat Manajemen Pendidikan, mahasiswa diharapkan mampu:

CPMK 1: Mengembangkan pengetahuan konspetual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (P3)

CPMK 2: Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain dalam validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahlian untuk memecahkan masalah di masyarakat yang relevan (S5,KU5)

CPMK 3: Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dalam mengelola pembelajaran manajemen pendidikan (S6,KK2)

CPMK 4: Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui  pendekatan interdisiplin dan multidisiplin (KK4)

References

 

  1. Drummond, H. 1993. Effective Decision Making: A Practical Guide for Management. London: Kogan Page Limited.
  2. Harrison, E.F. 199 The Managerial Decision-Making Process. Boston: Houghton Miffin Company
  3. Hoy, W.K dan Moskel, C.G. 2014. Administrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Knezevich, Stephen J. 198 Administration of Public Education (fourth edition): A Sourcebook for the Leadhership and Management of Educational Institution. New York: Harper & Row Publishers.
  5. Lunenburg, F.C dan Ornstein, A.C. 2012. Educational Administration: Concept and Practices. International Edition: Wadsworth Cengage Learning.
  6. Machali, Imam dan Hidayat, Ara. 2016. The Handbook of Educational Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Filsafat Manajemen Pendidikan merupakan mata kuliah dasar program studi dan sifatnya wajib ditempuh bagi mahasiswa S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini membahas hakikat pengetahuan, hakikat ilmu, hakikat filsafat, dan hakikat filsafaat ilmu, dan filsafat manajemen pendidikan. Mata kuliah ini juga membahas bidang kajian filsafat manajemen pendidikan, hakikat manajemen/administrasi dan objek formal dan material filsafat manajemen pendidikan. Selain itu juga membahas perkembangan teori manajemen pendidikan, model dan alat dalam menejemen pendidikan serta akuntabilitas manajemen pendidikan. Akhirnya mahasiswa bisa membuat contoh-contoh masalah penelitian yang sesuai dengan zona penelitian manajemen pendidikan.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaiakan perkuliahan Filsafat Manajemen Pendidikan, mahasiswa diharapkan mampu:

CPMK 1: Mengembangkan pengetahuan konspetual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (P3)

CPMK 2: Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain dalam validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahlian untuk memecahkan masalah di masyarakat yang relevan (S5,KU5)

CPMK 3: Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dalam mengelola pembelajaran manajemen pendidikan (S6,KK2)

CPMK 4: Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui  pendekatan interdisiplin dan multidisiplin (KK4)

References

 

  1. Drummond, H. 1993. Effective Decision Making: A Practical Guide for Management. London: Kogan Page Limited.
  2. Harrison, E.F. 199 The Managerial Decision-Making Process. Boston: Houghton Miffin Company
  3. Hoy, W.K dan Moskel, C.G. 2014. Administrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Knezevich, Stephen J. 198 Administration of Public Education (fourth edition): A Sourcebook for the Leadhership and Management of Educational Institution. New York: Harper & Row Publishers.
  5. Lunenburg, F.C dan Ornstein, A.C. 2012. Educational Administration: Concept and Practices. International Edition: Wadsworth Cengage Learning.
  6. Machali, Imam dan Hidayat, Ara. 2016. The Handbook of Educational Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Filsafat Manajemen Pendidikan merupakan mata kuliah dasar program studi dan sifatnya wajib ditempuh bagi mahasiswa S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini membahas hakikat pengetahuan, hakikat ilmu, hakikat filsafat, dan hakikat filsafaat ilmu, dan filsafat manajemen pendidikan. Mata kuliah ini juga membahas bidang kajian filsafat manajemen pendidikan, hakikat manajemen/administrasi dan objek formal dan material filsafat manajemen pendidikan. Selain itu juga membahas perkembangan teori manajemen pendidikan, model dan alat dalam menejemen pendidikan serta akuntabilitas manajemen pendidikan.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Filsafat Manajemen Pendidikan, mahasiswa mampu:

CPMK1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (P3).

CPMK2

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain dalam validasi akademik  atau kajian sesuai bidang keahlian untuk memecahkan masalah di masyarakat yang relevan (S5, KU5).

CPMK3

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dalam mengelola pembelajaran manajemen pendidikan (S6, KK2).

CPMK4

Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (KK4).

References

  1. Drummond, H. 1993. Effective Decision Making: A Practical Guide for Management. London: Kogan Page Limited.
  2. Harrison, E.F. 199 The Managerial Decision-Making Process. Boston: Houghton Miffin Company
  3. Hoy, W.K dan Moskel, C.G. 2014. Administrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Knezevich, Stephen J. 198 Administration of Public Education (fourth edition): A Sourcebook for the Leadhership and Management of Educational Institution. New York: Harper & Row Publishers.
  5. Lunenburg, F.C dan Ornstein, A.C. 2012. Educational Administration: Concept and Practices. International Edition: Wadsworth Cengage Learning.
  6. Machali, Imam dan Hidayat, Ara. 2016. The Handbook of Educational Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Filsafat Manajemen Pendidikan merupakan mata kuliah dasar program studi dan sifatnya wajib ditempuh bagi mahasiswa S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini membahas hakikat pengetahuan, hakikat ilmu, hakikat filsafat, dan hakikat filsafaat ilmu, dan filsafat manajemen pendidikan. Mata kuliah ini juga membahas bidang kajian filsafat manajemen pendidikan, hakikat manajemen/administrasi dan objek formal dan material filsafat manajemen pendidikan. Selain itu juga membahas perkembangan teori manajemen pendidikan, model dan alat dalam menejemen pendidikan serta akuntabilitas manajemen pendidikan.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Filsafat Manajemen Pendidikan, mahasiswa mampu:

CPMK1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (P3).

CPMK2

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain dalam validasi akademik  atau kajian sesuai bidang keahlian untuk memecahkan masalah di masyarakat yang relevan (S5, KU5).

CPMK3

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dalam mengelola pembelajaran manajemen pendidikan (S6, KK2).

CPMK4

Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (KK4).

References

  1. Drummond, H. 1993. Effective Decision Making: A Practical Guide for Management. London: Kogan Page Limited.
  2. Harrison, E.F. 199 The Managerial Decision-Making Process. Boston: Houghton Miffin Company
  3. Hoy, W.K dan Moskel, C.G. 2014. Administrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Knezevich, Stephen J. 198 Administration of Public Education (fourth edition): A Sourcebook for the Leadhership and Management of Educational Institution. New York: Harper & Row Publishers.
  5. Lunenburg, F.C dan Ornstein, A.C. 2012. Educational Administration: Concept and Practices. International Edition: Wadsworth Cengage Learning.
  6. Machali, Imam dan Hidayat, Ara. 2016. The Handbook of Educational Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Filsafat Manajemen Pendidikan merupakan mata kuliah dasar program studi dan sifatnya wajib ditempuh bagi mahasiswa S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini membahas hakikat pengetahuan, hakikat ilmu, hakikat filsafat, dan hakikat filsafaat ilmu, dan filsafat manajemen pendidikan. Mata kuliah ini juga membahas bidang kajian filsafat manajemen pendidikan, hakikat manajemen/administrasi dan objek formal dan material filsafat manajemen pendidikan. Selain itu juga membahas perkembangan teori manajemen pendidikan, model dan alat dalam menejemen pendidikan serta akuntabilitas manajemen pendidikan.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Filsafat Manajemen Pendidikan, mahasiswa mampu:

CPMK1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (P3).

CPMK2

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain dalam validasi akademik  atau kajian sesuai bidang keahlian untuk memecahkan masalah di masyarakat yang relevan (S5, KU5).

CPMK3

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dalam mengelola pembelajaran manajemen pendidikan (S6, KK2).

CPMK4

Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (KK4).

References

  1. Drummond, H. 1993. Effective Decision Making: A Practical Guide for Management. London: Kogan Page Limited.
  2. Harrison, E.F. 199 The Managerial Decision-Making Process. Boston: Houghton Miffin Company
  3. Hoy, W.K dan Moskel, C.G. 2014. Administrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Knezevich, Stephen J. 198 Administration of Public Education (fourth edition): A Sourcebook for the Leadhership and Management of Educational Institution. New York: Harper & Row Publishers.
  5. Lunenburg, F.C dan Ornstein, A.C. 2012. Educational Administration: Concept and Practices. International Edition: Wadsworth Cengage Learning.
  6. Machali, Imam dan Hidayat, Ara. 2016. The Handbook of Educational Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Filsafat Manajemen Pendidikan merupakan mata kuliah dasar program studi dan sifatnya wajib ditempuh bagi mahasiswa S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini membahas hakikat pengetahuan, hakikat ilmu, hakikat filsafat, dan hakikat filsafaat ilmu, dan filsafat manajemen pendidikan. Mata kuliah ini juga membahas bidang kajian filsafat manajemen pendidikan, hakikat manajemen/administrasi dan objek formal dan material filsafat manajemen pendidikan. Selain itu juga membahas perkembangan teori manajemen pendidikan, model dan alat dalam menejemen pendidikan serta akuntabilitas manajemen pendidikan.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Filsafat Manajemen Pendidikan, mahasiswa mampu:

CPMK1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (P3).

CPMK2

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain dalam validasi akademik  atau kajian sesuai bidang keahlian untuk memecahkan masalah di masyarakat yang relevan (S5, KU5).

CPMK3

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dalam mengelola pembelajaran manajemen pendidikan (S6, KK2).

CPMK4

Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (KK4).

References

  1. Drummond, H. 1993. Effective Decision Making: A Practical Guide for Management. London: Kogan Page Limited.
  2. Harrison, E.F. 199 The Managerial Decision-Making Process. Boston: Houghton Miffin Company
  3. Hoy, W.K dan Moskel, C.G. 2014. Administrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Knezevich, Stephen J. 198 Administration of Public Education (fourth edition): A Sourcebook for the Leadhership and Management of Educational Institution. New York: Harper & Row Publishers.
  5. Lunenburg, F.C dan Ornstein, A.C. 2012. Educational Administration: Concept and Practices. International Edition: Wadsworth Cengage Learning.
  6. Machali, Imam dan Hidayat, Ara. 2016. The Handbook of Educational Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Filsafat Manajemen Pendidikan merupakan mata kuliah dasar program studi dan sifatnya wajib ditempuh bagi mahasiswa S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini membahas hakikat pengetahuan, hakikat ilmu, hakikat filsafat, dan hakikat filsafaat ilmu, dan filsafat manajemen pendidikan. Mata kuliah ini juga membahas bidang kajian filsafat manajemen pendidikan, hakikat manajemen/administrasi dan objek formal dan material filsafat manajemen pendidikan. Selain itu juga membahas perkembangan teori manajemen pendidikan, model dan alat dalam menejemen pendidikan serta akuntabilitas manajemen pendidikan.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Filsafat Manajemen Pendidikan, mahasiswa mampu:

CPMK1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (P3).

CPMK2

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain dalam validasi akademik  atau kajian sesuai bidang keahlian untuk memecahkan masalah di masyarakat yang relevan (S5, KU5).

CPMK3

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dalam mengelola pembelajaran manajemen pendidikan (S6, KK2).

CPMK4

Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (KK4).

References

  1. Drummond, H. 1993. Effective Decision Making: A Practical Guide for Management. London: Kogan Page Limited.
  2. Harrison, E.F. 199 The Managerial Decision-Making Process. Boston: Houghton Miffin Company
  3. Hoy, W.K dan Moskel, C.G. 2014. Administrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Knezevich, Stephen J. 198 Administration of Public Education (fourth edition): A Sourcebook for the Leadhership and Management of Educational Institution. New York: Harper & Row Publishers.
  5. Lunenburg, F.C dan Ornstein, A.C. 2012. Educational Administration: Concept and Practices. International Edition: Wadsworth Cengage Learning.
  6. Machali, Imam dan Hidayat, Ara. 2016. The Handbook of Educational Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Filsafat Manajemen Pendidikan merupakan mata kuliah dasar program studi dan sifatnya wajib ditempuh bagi mahasiswa S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini membahas hakikat pengetahuan, hakikat ilmu, hakikat filsafat, dan hakikat filsafaat ilmu, dan filsafat manajemen pendidikan. Mata kuliah ini juga membahas bidang kajian filsafat manajemen pendidikan, hakikat manajemen/administrasi dan objek formal dan material filsafat manajemen pendidikan. Selain itu juga membahas perkembangan teori manajemen pendidikan, model dan alat dalam menejemen pendidikan serta akuntabilitas manajemen pendidikan.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Filsafat Manajemen Pendidikan, mahasiswa mampu:

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (P3).

 

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain dalam validasi akademik  atau kajian sesuai bidang keahlian untuk memecahkan masalah di masyarakat yang relevan (S5, KU5).

 

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dalam mengelola pembelajaran manajemen pendidikan (S6, KK2).

 

Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (KK4).

 

References

  1. Drummond, H. 1993. Effective Decision Making: A Practical Guide for Management. London: Kogan Page Limited.
  2. Harrison, E.F. 199 The Managerial Decision-Making Process. Boston: Houghton Miffin Company
  3. Hoy, W.K dan Moskel, C.G. 2014. Administrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Knezevich, Stephen J. 198 Administration of Public Education (fourth edition): A Sourcebook for the Leadhership and Management of Educational Institution. New York: Harper & Row Publishers.
  5. Lunenburg, F.C dan Ornstein, A.C. 2012. Educational Administration: Concept and Practices. International Edition: Wadsworth Cengage Learning.
  6. Machali, Imam dan Hidayat, Ara. 2016. The Handbook of Educational Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Filsafat Manajemen Pendidikan merupakan mata kuliah dasar program studi dan sifatnya wajib ditempuh bagi mahasiswa S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini membahas hakikat pengetahuan, hakikat ilmu, hakikat filsafat, dan hakikat filsafaat ilmu, dan filsafat manajemen pendidikan. Mata kuliah ini juga membahas bidang kajian filsafat manajemen pendidikan, hakikat manajemen/administrasi dan objek formal dan material filsafat manajemen pendidikan. Selain itu juga membahas perkembangan teori manajemen pendidikan, model dan alat dalam menejemen pendidikan serta akuntabilitas manajemen pendidikan.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Filsafat Manajemen Pendidikan, mahasiswa mampu:

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (P3).

 

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain dalam validasi akademik  atau kajian sesuai bidang keahlian untuk memecahkan masalah di masyarakat yang relevan (S5, KU5).

 

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dalam mengelola pembelajaran manajemen pendidikan (S6, KK2).

 

Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (KK4).

 

References

  1. Drummond, H. 1993. Effective Decision Making: A Practical Guide for Management. London: Kogan Page Limited.
  2. Harrison, E.F. 199 The Managerial Decision-Making Process. Boston: Houghton Miffin Company
  3. Hoy, W.K dan Moskel, C.G. 2014. Administrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Knezevich, Stephen J. 198 Administration of Public Education (fourth edition): A Sourcebook for the Leadhership and Management of Educational Institution. New York: Harper & Row Publishers.
  5. Lunenburg, F.C dan Ornstein, A.C. 2012. Educational Administration: Concept and Practices. International Edition: Wadsworth Cengage Learning.
  6. Machali, Imam dan Hidayat, Ara. 2016. The Handbook of Educational Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Filsafat Manajemen Pendidikan merupakan mata kuliah dasar program studi dan sifatnya wajib ditempuh bagi mahasiswa S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini membahas hakikat pengetahuan, hakikat ilmu, hakikat filsafat, dan hakikat filsafaat ilmu, dan filsafat manajemen pendidikan. Mata kuliah ini juga membahas bidang kajian filsafat manajemen pendidikan, hakikat manajemen/administrasi dan objek formal dan material filsafat manajemen pendidikan. Selain itu juga membahas perkembangan teori manajemen pendidikan, model dan alat dalam menejemen pendidikan serta akuntabilitas manajemen pendidikan.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Filsafat Manajemen Pendidikan, mahasiswa mampu:

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (P3).

 

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain dalam validasi akademik  atau kajian sesuai bidang keahlian untuk memecahkan masalah di masyarakat yang relevan (S5, KU5).

 

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dalam mengelola pembelajaran manajemen pendidikan (S6, KK2).

 

Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (KK4).

 

References

  1. Drummond, H. 1993. Effective Decision Making: A Practical Guide for Management. London: Kogan Page Limited.
  2. Harrison, E.F. 199 The Managerial Decision-Making Process. Boston: Houghton Miffin Company
  3. Hoy, W.K dan Moskel, C.G. 2014. Administrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Knezevich, Stephen J. 198 Administration of Public Education (fourth edition): A Sourcebook for the Leadhership and Management of Educational Institution. New York: Harper & Row Publishers.
  5. Lunenburg, F.C dan Ornstein, A.C. 2012. Educational Administration: Concept and Practices. International Edition: Wadsworth Cengage Learning.
  6. Machali, Imam dan Hidayat, Ara. 2016. The Handbook of Educational Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Filsafat Manajemen Pendidikan merupakan mata kuliah dasar program studi dan sifatnya wajib ditempuh bagi mahasiswa S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini membahas hakikat pengetahuan, hakikat ilmu, hakikat filsafat, dan hakikat filsafaat ilmu, dan filsafat manajemen pendidikan. Mata kuliah ini juga membahas bidang kajian filsafat manajemen pendidikan, hakikat manajemen/administrasi dan objek formal dan material filsafat manajemen pendidikan. Selain itu juga membahas perkembangan teori manajemen pendidikan, model dan alat dalam menejemen pendidikan serta akuntabilitas manajemen pendidikan.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Filsafat Manajemen Pendidikan, mahasiswa mampu:

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (P3).

 

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain dalam validasi akademik  atau kajian sesuai bidang keahlian untuk memecahkan masalah di masyarakat yang relevan (S5, KU5).

 

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dalam mengelola pembelajaran manajemen pendidikan (S6, KK2).

 

Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (KK4).

 

References

  1. Drummond, H. 1993. Effective Decision Making: A Practical Guide for Management. London: Kogan Page Limited.
  2. Harrison, E.F. 199 The Managerial Decision-Making Process. Boston: Houghton Miffin Company
  3. Hoy, W.K dan Moskel, C.G. 2014. Administrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Knezevich, Stephen J. 198 Administration of Public Education (fourth edition): A Sourcebook for the Leadhership and Management of Educational Institution. New York: Harper & Row Publishers.
  5. Lunenburg, F.C dan Ornstein, A.C. 2012. Educational Administration: Concept and Practices. International Edition: Wadsworth Cengage Learning.
  6. Machali, Imam dan Hidayat, Ara. 2016. The Handbook of Educational Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.


Details ...