Courser in English | PHILOSOPHY OF EDUCATIONAL MANAGEMENT |
Program | Manajemen Pendidikan |
SKS | 2 SKS |
RPS | 48 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini membahas hakikat ilmu, proses penemuan ilmu, sarana berpikir ilmiah yang mencakup karakteristik ilmu secara ontologis, epistemologis, maupun aksiologis. Perbedaan ilmu dengan pengetahuan lainnya seperti seni dan agama, kelebihan ilmu dengan pengetahuan lainnya yang bukan ilmu seperti seni dan agama, kelebihan dan kekurangan ilmu. Sejarah perkembangan ilmu, hakikat metode ilmiah, hakikat bahasa, logika, matematika, statistika. Juga mengkaji perkembangan ilmu administrasi/manajemen pendidikan yaitu objek formal administrasi, objek material administrai, ruang lingkup dan posisi ilmu administrasi, paradigma (lama dan baru) ilmu administrasi, problem definisi manajemen dan administrasi pendidikan, manajemen pendidikan sebagai disiplin ilmu, ruang lingkup manajemen pendidikan, perkembangan teori manajemen/administrasi pendidikan, model-model manajemen/administrasi pendidikan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami ontologi manajemen pendidikan, epistemologi manajemen pendidikan, dan aksiologi manajemen pendidikan
ReferencesDAFTAR PUSTAKA
- Knezevich, Stephen J. 1984. Administration of Public Education (fouth edition): A Sourcebook for the Leadhership and Management of Educational Institution. New York: Harper & Row Publishers.
- Lunenburg, F.C dan Ornstein, A.C. 2012. Educational Administration: Concept and Practices. International Edition: Wadsworth Cengage Learning.
- Machali, Imam dan Hidayat, Ara. 2016. The Handbook of Educational Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.
Details ...
Mata kuliah ini membahas hakikat ilmu, proses penemuan ilmu, sarana berpikir ilmiah yang mencakup karakteristik ilmu secara ontologis, epistemologis, maupun aksiologis. Perbedaan ilmu dengan pengetahuan lainnya seperti seni dan agama, kelebihan ilmu dengan pengetahuan lainnya yang bukan ilmu seperti seni dan agama, kelebihan dan kekurangan ilmu. Sejarah perkembangan ilmu, hakikat metode ilmiah, hakikat bahasa, logika, matematika, statistika. Juga mengkaji perkembangan ilmu administrasi/manajemen pendidikan yaitu objek formal administrasi, objek material administrai, ruang lingkup dan posisi ilmu administrasi, paradigma (lama dan baru) ilmu administrasi, problem definisi manajemen dan administrasi pendidikan, manajemen pendidikan sebagai disiplin ilmu, ruang lingkup manajemen pendidikan, perkembangan teori manajemen/administrasi pendidikan, model-model manajemen/administrasi pendidikan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami ontologi manajemen pendidikan, epistemologi manajemen pendidikan, dan aksiologi manajemen pendidikan
ReferencesDAFTAR PUSTAKA
- Knezevich, Stephen J. 1984. Administration of Public Education (fouth edition): A Sourcebook for the Leadhership and Management of Educational Institution. New York: Harper & Row Publishers.
- Lunenburg, F.C dan Ornstein, A.C. 2012. Educational Administration: Concept and Practices. International Edition: Wadsworth Cengage Learning.
- Machali, Imam dan Hidayat, Ara. 2016. The Handbook of Educational Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.
Details ...
Mata kuliah ini membahas hakikat ilmu, proses penemuan ilmu, sarana berpikir ilmiah yang mencakup karakteristik ilmu secara ontologis, epistemologis, maupun aksiologis. Perbedaan ilmu dengan pengetahuan lainnya seperti seni dan agama, kelebihan ilmu dengan pengetahuan lainnya yang bukan ilmu seperti seni dan agama, kelebihan dan kekurangan ilmu. Sejarah perkembangan ilmu, hakikat metode ilmiah, hakikat bahasa, logika, matematika, statistika. Juga mengkaji perkembangan ilmu administrasi/manajemen pendidikan yaitu objek formal administrasi, objek material administrai, ruang lingkup dan posisi ilmu administrasi, paradigma (lama dan baru) ilmu administrasi, problem definisi manajemen dan administrasi pendidikan, manajemen pendidikan sebagai disiplin ilmu, ruang lingkup manajemen pendidikan, perkembangan teori manajemen/administrasi pendidikan, model-model manajemen/administrasi pendidikan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami ontologi manajemen pendidikan, epistemologi manajemen pendidikan, dan aksiologi manajemen pendidikan
ReferencesDAFTAR PUSTAKA
- Knezevich, Stephen J. 1984. Administration of Public Education (fouth edition): A Sourcebook for the Leadhership and Management of Educational Institution. New York: Harper & Row Publishers.
- Lunenburg, F.C dan Ornstein, A.C. 2012. Educational Administration: Concept and Practices. International Edition: Wadsworth Cengage Learning.
- Machali, Imam dan Hidayat, Ara. 2016. The Handbook of Educational Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.
Details ...
Mata kuliah ini membahas hakikat ilmu, proses penemuan ilmu, sarana berpikir ilmiah yang mencakup karakteristik ilmu secara ontologis, epistemologis, maupun aksiologis. Perbedaan ilmu dengan pengetahuan lainnya seperti seni dan agama, kelebihan ilmu dengan pengetahuan lainnya yang bukan ilmu seperti seni dan agama, kelebihan dan kekurangan ilmu. Sejarah perkembangan ilmu, hakikat metode ilmiah, hakikat bahasa, logika, matematika, statistika. Juga mengkaji perkembangan ilmu administrasi/manajemen pendidikan yaitu objek formal administrasi, objek material administrai, ruang lingkup dan posisi ilmu administrasi, paradigma (lama dan baru) ilmu administrasi, problem definisi manajemen dan administrasi pendidikan, manajemen pendidikan sebagai disiplin ilmu, ruang lingkup manajemen pendidikan, perkembangan teori manajemen/administrasi pendidikan, model-model manajemen/administrasi pendidikan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami ontologi manajemen pendidikan, epistemologi manajemen pendidikan, dan aksiologi manajemen pendidikan
ReferencesDAFTAR PUSTAKA
- Knezevich, Stephen J. 1984. Administration of Public Education (fouth edition): A Sourcebook for the Leadhership and Management of Educational Institution. New York: Harper & Row Publishers.
- Lunenburg, F.C dan Ornstein, A.C. 2012. Educational Administration: Concept and Practices. International Edition: Wadsworth Cengage Learning.
- Machali, Imam dan Hidayat, Ara. 2016. The Handbook of Educational Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.
Details ...
Mata kuliah ini membahas hakikat ilmu, proses penemuan ilmu, sarana berpikir ilmiah yang mencakup karakteristik ilmu secara ontologis, epistemologis, maupun aksiologis. Perbedaan ilmu dengan pengetahuan lainnya seperti seni dan agama, kelebihan ilmu dengan pengetahuan lainnya yang bukan ilmu seperti seni dan agama, kelebihan dan kekurangan ilmu. Sejarah perkembangan ilmu, hakikat metode ilmiah, hakikat bahasa, logika, matematika, statistika. Juga mengkaji perkembangan ilmu administrasi/manajemen pendidikan yaitu objek formal administrasi, objek material administrai, ruang lingkup dan posisi ilmu administrasi, paradigma (lama dan baru) ilmu administrasi, problem definisi manajemen dan administrasi pendidikan, manajemen pendidikan sebagai disiplin ilmu, ruang lingkup manajemen pendidikan, perkembangan teori manajemen/administrasi pendidikan, model-model manajemen/administrasi pendidikan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami ontologi manajemen pendidikan, epistemologi manajemen pendidikan, dan aksiologi manajemen pendidikan
ReferencesDAFTAR PUSTAKA
- Knezevich, Stephen J. 1984. Administration of Public Education (fouth edition): A Sourcebook for the Leadhership and Management of Educational Institution. New York: Harper & Row Publishers.
- Lunenburg, F.C dan Ornstein, A.C. 2012. Educational Administration: Concept and Practices. International Edition: Wadsworth Cengage Learning.
- Machali, Imam dan Hidayat, Ara. 2016. The Handbook of Educational Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.
Details ...
Mata kuliah ini membahas hakikat ilmu, proses penemuan ilmu, sarana berpikir ilmiah yang mencakup karakteristik ilmu secara ontologis, epistemologis, maupun aksiologis. Perbedaan ilmu dengan pengetahuan lainnya seperti seni dan agama, kelebihan ilmu dengan pengetahuan lainnya yang bukan ilmu seperti seni dan agama, kelebihan dan kekurangan ilmu. Sejarah perkembangan ilmu, hakikat metode ilmiah, hakikat bahasa, logika, matematika, statistika. Juga mengkaji perkembangan ilmu administrasi/manajemen pendidikan yaitu objek formal administrasi, objek material administrai, ruang lingkup dan posisi ilmu administrasi, paradigma (lama dan baru) ilmu administrasi, problem definisi manajemen dan administrasi pendidikan, manajemen pendidikan sebagai disiplin ilmu, ruang lingkup manajemen pendidikan, perkembangan teori manajemen/administrasi pendidikan, model-model manajemen/administrasi pendidikan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami ontologi manajemen pendidikan, epistemologi manajemen pendidikan, dan aksiologi manajemen pendidikan
ReferencesDAFTAR PUSTAKA
- Knezevich, Stephen J. 1984. Administration of Public Education (fouth edition): A Sourcebook for the Leadhership and Management of Educational Institution. New York: Harper & Row Publishers.
- Lunenburg, F.C dan Ornstein, A.C. 2012. Educational Administration: Concept and Practices. International Edition: Wadsworth Cengage Learning.
- Machali, Imam dan Hidayat, Ara. 2016. The Handbook of Educational Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.
Details ...
Mata kuliah ini membahas hakikat ilmu, proses penemuan ilmu, sarana berpikir ilmiah yang mencakup karakteristik ilmu secara ontologis, epistemologis, maupun aksiologis. Perbedaan ilmu dengan pengetahuan lainnya seperti seni dan agama, kelebihan ilmu dengan pengetahuan lainnya yang bukan ilmu seperti seni dan agama, kelebihan dan kekurangan ilmu. Sejarah perkembangan ilmu, hakikat metode ilmiah, hakikat bahasa, logika, matematika, statistika. Juga mengkaji perkembangan ilmu administrasi/manajemen pendidikan yaitu objek formal administrasi, objek material administrai, ruang lingkup dan posisi ilmu administrasi, paradigma (lama dan baru) ilmu administrasi, problem definisi manajemen dan administrasi pendidikan, manajemen pendidikan sebagai disiplin ilmu, ruang lingkup manajemen pendidikan, perkembangan teori manajemen/administrasi pendidikan, model-model manajemen/administrasi pendidikan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami ontologi manajemen pendidikan, epistemologi manajemen pendidikan, dan aksiologi manajemen pendidikan
ReferencesDAFTAR PUSTAKA
- Knezevich, Stephen J. 1984. Administration of Public Education (fouth edition): A Sourcebook for the Leadhership and Management of Educational Institution. New York: Harper & Row Publishers.
- Lunenburg, F.C dan Ornstein, A.C. 2012. Educational Administration: Concept and Practices. International Edition: Wadsworth Cengage Learning.
- Machali, Imam dan Hidayat, Ara. 2016. The Handbook of Educational Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.
Details ...
Mata kuliah ini membahas hakikat ilmu, proses penemuan ilmu, sarana berpikir ilmiah yang mencakup karakteristik ilmu secara ontologis, epistemologis, maupun aksiologis. Perbedaan ilmu dengan pengetahuan lainnya seperti seni dan agama, kelebihan ilmu dengan pengetahuan lainnya yang bukan ilmu seperti seni dan agama, kelebihan dan kekurangan ilmu. Sejarah perkembangan ilmu, hakikat metode ilmiah, hakikat bahasa, logika, matematika, statistika. Juga mengkaji perkembangan ilmu administrasi/manajemen pendidikan yaitu objek formal administrasi, objek material administrai, ruang lingkup dan posisi ilmu administrasi, paradigma (lama dan baru) ilmu administrasi, problem definisi manajemen dan administrasi pendidikan, manajemen pendidikan sebagai disiplin ilmu, ruang lingkup manajemen pendidikan, perkembangan teori manajemen/administrasi pendidikan, model-model manajemen/administrasi pendidikan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami ontologi manajemen pendidikan, epistemologi manajemen pendidikan, dan aksiologi manajemen pendidikan
ReferencesDAFTAR PUSTAKA
- Knezevich, Stephen J. 1984. Administration of Public Education (fouth edition): A Sourcebook for the Leadhership and Management of Educational Institution. New York: Harper & Row Publishers.
- Lunenburg, F.C dan Ornstein, A.C. 2012. Educational Administration: Concept and Practices. International Edition: Wadsworth Cengage Learning.
- Machali, Imam dan Hidayat, Ara. 2016. The Handbook of Educational Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.
Details ...
Mata kuliah ini membahas hakikat ilmu, proses penemuan ilmu, sarana berpikir ilmiah yang mencakup karakteristik ilmu secara ontologis, epistemologis, maupun aksiologis. Perbedaan ilmu dengan pengetahuan lainnya seperti seni dan agama, kelebihan ilmu dengan pengetahuan lainnya yang bukan ilmu seperti seni dan agama, kelebihan dan kekurangan ilmu. Sejarah perkembangan ilmu, hakikat metode ilmiah, hakikat bahasa, logika, matematika, statistika. Juga mengkaji perkembangan ilmu administrasi/manajemen pendidikan yaitu objek formal administrasi, objek material administrai, ruang lingkup dan posisi ilmu administrasi, paradigma (lama dan baru) ilmu administrasi, problem definisi manajemen dan administrasi pendidikan, manajemen pendidikan sebagai disiplin ilmu, ruang lingkup manajemen pendidikan, perkembangan teori manajemen/administrasi pendidikan, model-model manajemen/administrasi pendidikan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami ontologi manajemen pendidikan, epistemologi manajemen pendidikan, dan aksiologi manajemen pendidikan
References- Achmadi, Asmoro, 2010., Filsafat Umum, Rajawali Pres, Jakarta
- Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen. Pengantar Filsafat Ilmu (Terjemahan). Yogyakarta: Tiawa Wacana.
- Himsworth, Harold, 1997, Pengetahuan Keilmuan dan Pemikiran Filosofi, (Terjemahan Achmad Bimadja, Ph.D), ITB Bandung, Bandung
- Knezevich, Stephen J. 1984. Administration of Public Education (fouth edition): A Sourcebook for the Leadhership and Management of Educational Institution. New York: Harper & Row Publishers.
- Lunenburg, F.C dan Ornstein, A.C. 2012. Educational Administration: Concept and Practices. International Edition: Wadsworth Cengage Learning.
- Machali, Imam dan Hidayat, Ara. 2016. The Handbook of Educational Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.
- Praja, Juhaya S., 2008., Aliran-aliran Filsafat dan Etika, Prenada Media, Jakarta
- Salam, Burhanuddin, 2000, Sejarah Filsafat Ilmu dan Teknologi, Rineka Cipta, Jakarta.
- Salam, Burhanuddin, 2010, Pengantar Filsafat, Bumi Aksara, Jakarta.
- Suriasumantri, Jujun S. 1999. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
- Syafiie, Inu Kencana dan Welasari. 2015. Ilmu Administrasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Details ...
Mata kuliah ini membahas hakikat ilmu, proses penemuan ilmu, sarana berpikir ilmiah yang mencakup karakteristik ilmu secara ontologis, epistemologis, maupun aksiologis. Perbedaan ilmu dengan pengetahuan lainnya seperti seni dan agama, kelebihan ilmu dengan pengetahuan lainnya yang bukan ilmu seperti seni dan agama, kelebihan dan kekurangan ilmu. Sejarah perkembangan ilmu, hakikat metode ilmiah, hakikat bahasa, logika, matematika, statistika. Juga mengkaji perkembangan ilmu administrasi/manajemen pendidikan yaitu objek formal administrasi, objek material administrai, ruang lingkup dan posisi ilmu administrasi, paradigma (lama dan baru) ilmu administrasi, problem definisi manajemen dan administrasi pendidikan, manajemen pendidikan sebagai disiplin ilmu, ruang lingkup manajemen pendidikan, perkembangan teori manajemen/administrasi pendidikan, model-model manajemen/administrasi pendidikan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami ontologi manajemen pendidikan, epistemologi manajemen pendidikan, dan aksiologi manajemen pendidikan
References- Achmadi, Asmoro, 2010., Filsafat Umum, Rajawali Pres, Jakarta
- Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen. Pengantar Filsafat Ilmu (Terjemahan). Yogyakarta: Tiawa Wacana.
- Himsworth, Harold, 1997, Pengetahuan Keilmuan dan Pemikiran Filosofi, (Terjemahan Achmad Bimadja, Ph.D), ITB Bandung, Bandung
- Knezevich, Stephen J. 1984. Administration of Public Education (fouth edition): A Sourcebook for the Leadhership and Management of Educational Institution. New York: Harper & Row Publishers.
- Lunenburg, F.C dan Ornstein, A.C. 2012. Educational Administration: Concept and Practices. International Edition: Wadsworth Cengage Learning.
- Machali, Imam dan Hidayat, Ara. 2016. The Handbook of Educational Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.
- Praja, Juhaya S., 2008., Aliran-aliran Filsafat dan Etika, Prenada Media, Jakarta
- Salam, Burhanuddin, 2000, Sejarah Filsafat Ilmu dan Teknologi, Rineka Cipta, Jakarta.
- Salam, Burhanuddin, 2010, Pengantar Filsafat, Bumi Aksara, Jakarta.
- Suriasumantri, Jujun S. 1999. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
- Syafiie, Inu Kencana dan Welasari. 2015. Ilmu Administrasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Details ...
Mata kuliah ini membahas hakikat ilmu, proses penemuan ilmu, sarana berpikir ilmiah yang mencakup karakteristik ilmu secara ontologis, epistemologis, maupun aksiologis. Perbedaan ilmu dengan pengetahuan lainnya seperti seni dan agama, kelebihan ilmu dengan pengetahuan lainnya yang bukan ilmu seperti seni dan agama, kelebihan dan kekurangan ilmu. Sejarah perkembangan ilmu, hakikat metode ilmiah, hakikat bahasa, logika, matematika, statistika. Juga mengkaji perkembangan ilmu administrasi/manajemen pendidikan yaitu objek formal administrasi, objek material administrai, ruang lingkup dan posisi ilmu administrasi, paradigma (lama dan baru) ilmu administrasi, problem definisi manajemen dan administrasi pendidikan, manajemen pendidikan sebagai disiplin ilmu, ruang lingkup manajemen pendidikan, perkembangan teori manajemen/administrasi pendidikan, model-model manajemen/administrasi pendidikan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami ontologi manajemen pendidikan, epistemologi manajemen pendidikan, dan aksiologi manajemen pendidikan
References- Achmadi, Asmoro, 2010., Filsafat Umum, Rajawali Pres, Jakarta
- Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen. Pengantar Filsafat Ilmu (Terjemahan). Yogyakarta: Tiawa Wacana.
- Himsworth, Harold, 1997, Pengetahuan Keilmuan dan Pemikiran Filosofi, (Terjemahan Achmad Bimadja, Ph.D), ITB Bandung, Bandung
- Knezevich, Stephen J. 1984. Administration of Public Education (fouth edition): A Sourcebook for the Leadhership and Management of Educational Institution. New York: Harper & Row Publishers.
- Lunenburg, F.C dan Ornstein, A.C. 2012. Educational Administration: Concept and Practices. International Edition: Wadsworth Cengage Learning.
- Machali, Imam dan Hidayat, Ara. 2016. The Handbook of Educational Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.
- Praja, Juhaya S., 2008., Aliran-aliran Filsafat dan Etika, Prenada Media, Jakarta
- Salam, Burhanuddin, 2000, Sejarah Filsafat Ilmu dan Teknologi, Rineka Cipta, Jakarta.
- Salam, Burhanuddin, 2010, Pengantar Filsafat, Bumi Aksara, Jakarta.
- Suriasumantri, Jujun S. 1999. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
- Syafiie, Inu Kencana dan Welasari. 2015. Ilmu Administrasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Details ...
Mata kuliah ini membahas hakikat ilmu, proses penemuan ilmu, sarana berpikir ilmiah yang mencakup karakteristik ilmu secara ontologis, epistemologis, maupun aksiologis. Perbedaan ilmu dengan pengetahuan lainnya seperti seni dan agama, kelebihan ilmu dengan pengetahuan lainnya yang bukan ilmu seperti seni dan agama, kelebihan dan kekurangan ilmu. Sejarah perkembangan ilmu, hakikat metode ilmiah, hakikat bahasa, logika, matematika, statistika. Juga mengkaji perkembangan ilmu administrasi/manajemen pendidikan yaitu objek formal administrasi, objek material administrai, ruang lingkup dan posisi ilmu administrasi, paradigma (lama dan baru) ilmu administrasi, problem definisi manajemen dan administrasi pendidikan, manajemen pendidikan sebagai disiplin ilmu, ruang lingkup manajemen pendidikan, perkembangan teori manajemen/administrasi pendidikan, model-model manajemen/administrasi pendidikan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami ontologi manajemen pendidikan, epistemologi manajemen pendidikan, dan aksiologi manajemen pendidikan
References- Achmadi, Asmoro, 2010., Filsafat Umum, Rajawali Pres, Jakarta
- Beerling, Kwee, Mooij, Van Peursen. Pengantar Filsafat Ilmu (Terjemahan). Yogyakarta: Tiawa Wacana.
- Himsworth, Harold, 1997, Pengetahuan Keilmuan dan Pemikiran Filosofi, (Terjemahan Achmad Bimadja, Ph.D), ITB Bandung, Bandung
- Knezevich, Stephen J. 1984. Administration of Public Education (fouth edition): A Sourcebook for the Leadhership and Management of Educational Institution. New York: Harper & Row Publishers.
- Lunenburg, F.C dan Ornstein, A.C. 2012. Educational Administration: Concept and Practices. International Edition: Wadsworth Cengage Learning.
- Machali, Imam dan Hidayat, Ara. 2016. The Handbook of Educational Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.
- Praja, Juhaya S., 2008., Aliran-aliran Filsafat dan Etika, Prenada Media, Jakarta
- Salam, Burhanuddin, 2000, Sejarah Filsafat Ilmu dan Teknologi, Rineka Cipta, Jakarta.
- Salam, Burhanuddin, 2010, Pengantar Filsafat, Bumi Aksara, Jakarta.
- Suriasumantri, Jujun S. 1999. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
- Syafiie, Inu Kencana dan Welasari. 2015. Ilmu Administrasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Details ...