Courser in English | CASE STUDY OF CAREER |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 21 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Matakuliah Studi Kasus Karir diselenggarakan dengan model pembelajaran blended learning yaitu perpaduan antara pembelajaran tatap muka (PTM) dengan pembelajaran daring (online). Mata kuliah ini membahas tentang: (1)Hakikat studi kasus, (2)Langkah-langkah mengidentifikasi kasus, (3)Teknik-teknik penanggulangan kasus, (4)Berbagai strategi penanggulangan kasus, (5)Mengidentifikasi kasus, (6)Cara memilih dan menetapkan strategi penanggulangan kasus, (7)Menyusun program penanggulangan kasus, (8) Menyelenggarakan penanggulangan kasus
Learning Outcomes
Setelah menempuh mata kuliah Studi Kasus Karir, mahasiswa diharapkan mampu: |
|
CPMK1 |
Menjelaskan pengertian studi kasus secara mandiri, bermutu dan terukur (S9, KU2, P1) |
CPMK2 |
Mengidentikasikan kebutuhan studi kasus karir secara mandiri, bermutu, dan terukur (S2, KU2, KK1, P2). |
CPMK3 |
Menguraikan teknik-teknik penanggulangan kasus dan berbagai strategi penanggulangan kasus (P3 dan P4)
|
CPMK4 |
Mempraktikan ketrampilan mengindentifikasi siswa-siswa yang mengalami kasus dan menetapkan strategi penanggulangan kasus (P 5 dan P6). |
CPMK5 |
Mendeskripsikan kasus karir (P 7) |
CPMK6 |
Menyusun program dan menyelenggarakan penanggulangan kasus karir (P8 dan P9). |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK) |
|
Sub-CPMK1 |
Menjelaskan pengertian studi kasus secara mandiri, bermutu dan terukur. |
Sub-CPMK2 |
Mengidentikasikan kebutuhan studi kasus karir secara secara mandiri, bermutu, dan terukur |
Sub-CPMK3 |
Menguraikan teknik-teknik penanggulangan kasus dan berbagai strategi penanggulangan kasus |
Sub-CPMK4 |
Mempraktikan ketrampilan mengindentifikasi siswa-siswa yang mengalami kasus dan menetapkan strategi penanggulangan kasus karir. |
Sub-CPMK5 |
Mendeskripsikan kasus karir |
Sub-CPMK6 |
Menyusun program dan menyelenggarakan penanggulangan kasus karir secara mandiri, bermutu dan terukur. |
Memanfaatkan Rumah Belajar. Jakarta: Pusdatin Kemdikbud.
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. 3. Direktori File UPI. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD). (http://file.upi.edu) |
|
Pendukung |
|
Kemdikbud. 2020. Penyesuaian Kebijakan di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kemdikbud.
18. Jurnal-jurnal tentang Blended Learning, Cased Based Learning dan Project Based Learning. |
Details ...
Matakuliah Studi Kasus Karir diselenggarakan dengan model pembelajaran blended learning yaitu perpaduan antara pembelajaran tatap muka (PTM) dengan pembelajaran daring (online). Mata kuliah ini membahas tentang: (1)Hakikat studi kasus, (2)Langkah-langkah mengidentifikasi kasus, (3)Teknik-teknik penanggulangan kasus, (4)Berbagai strategi penanggulangan kasus, (5)Mengidentifikasi kasus, (6)Cara memilih dan menetapkan strategi penanggulangan kasus, (7)Menyusun program penanggulangan kasus, (8) Menyelenggarakan penanggulangan kasus
Learning Outcomes
Setelah menempuh mata kuliah Studi Kasus Karir, mahasiswa diharapkan mampu: |
|
CPMK1 |
Menjelaskan pengertian studi kasus secara mandiri, bermutu dan terukur (S9, KU2, P1) |
CPMK2 |
Mengidentikasikan kebutuhan studi kasus karir secara mandiri, bermutu, dan terukur (S2, KU2, KK1, P2). |
CPMK3 |
Menguraikan teknik-teknik penanggulangan kasus dan berbagai strategi penanggulangan kasus (P3 dan P4)
|
CPMK4 |
Mempraktikan ketrampilan mengindentifikasi siswa-siswa yang mengalami kasus dan menetapkan strategi penanggulangan kasus (P 5 dan P6). |
CPMK5 |
Mendeskripsikan kasus karir (P 7) |
CPMK6 |
Menyusun program dan menyelenggarakan penanggulangan kasus karir (P8 dan P9). |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK) |
|
Sub-CPMK1 |
Menjelaskan pengertian studi kasus secara mandiri, bermutu dan terukur. |
Sub-CPMK2 |
Mengidentikasikan kebutuhan studi kasus karir secara secara mandiri, bermutu, dan terukur |
Sub-CPMK3 |
Menguraikan teknik-teknik penanggulangan kasus dan berbagai strategi penanggulangan kasus |
Sub-CPMK4 |
Mempraktikan ketrampilan mengindentifikasi siswa-siswa yang mengalami kasus dan menetapkan strategi penanggulangan kasus karir. |
Sub-CPMK5 |
Mendeskripsikan kasus karir |
Sub-CPMK6 |
Menyusun program dan menyelenggarakan penanggulangan kasus karir secara mandiri, bermutu dan terukur. |
Memanfaatkan Rumah Belajar. Jakarta: Pusdatin Kemdikbud.
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. 3. Direktori File UPI. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD). (http://file.upi.edu) |
|
Pendukung |
|
Kemdikbud. 2020. Penyesuaian Kebijakan di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kemdikbud.
18. Jurnal-jurnal tentang Blended Learning, Cased Based Learning dan Project Based Learning. |
Details ...
Matakuliah Studi Kasus Karir diselenggarakan dengan model pembelajaran blended learning yaitu perpaduan antara pembelajaran tatap muka (PTM) dengan pembelajaran daring (online). Mata kuliah ini membahas tentang: (1)Hakikat studi kasus, (2)Langkah-langkah mengidentifikasi kasus, (3)Teknik-teknik penanggulangan kasus, (4)Berbagai strategi penanggulangan kasus, (5)Mengidentifikasi kasus, (6)Cara memilih dan menetapkan strategi penanggulangan kasus, (7)Menyusun program penanggulangan kasus, (8) Menyelenggarakan penanggulangan kasus
Learning Outcomes
Setelah menempuh mata kuliah Studi Kasus Karir, mahasiswa diharapkan mampu: |
|
CPMK1 |
Menjelaskan pengertian studi kasus secara mandiri, bermutu dan terukur (S9, KU2, P1) |
CPMK2 |
Mengidentikasikan kebutuhan studi kasus karir secara mandiri, bermutu, dan terukur (S2, KU2, KK1, P2). |
CPMK3 |
Menguraikan teknik-teknik penanggulangan kasus dan berbagai strategi penanggulangan kasus (P3 dan P4)
|
CPMK4 |
Mempraktikan ketrampilan mengindentifikasi siswa-siswa yang mengalami kasus dan menetapkan strategi penanggulangan kasus (P 5 dan P6). |
CPMK5 |
Mendeskripsikan kasus karir (P 7) |
CPMK6 |
Menyusun program dan menyelenggarakan penanggulangan kasus karir (P8 dan P9). |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK) |
|
Sub-CPMK1 |
Menjelaskan pengertian studi kasus secara mandiri, bermutu dan terukur. |
Sub-CPMK2 |
Mengidentikasikan kebutuhan studi kasus karir secara secara mandiri, bermutu, dan terukur |
Sub-CPMK3 |
Menguraikan teknik-teknik penanggulangan kasus dan berbagai strategi penanggulangan kasus |
Sub-CPMK4 |
Mempraktikan ketrampilan mengindentifikasi siswa-siswa yang mengalami kasus dan menetapkan strategi penanggulangan kasus karir. |
Sub-CPMK5 |
Mendeskripsikan kasus karir |
Sub-CPMK6 |
Menyusun program dan menyelenggarakan penanggulangan kasus karir secara mandiri, bermutu dan terukur. |
Memanfaatkan Rumah Belajar. Jakarta: Pusdatin Kemdikbud.
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. 3. Direktori File UPI. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD). (http://file.upi.edu) |
|
Pendukung |
|
Kemdikbud. 2020. Penyesuaian Kebijakan di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kemdikbud.
18. Jurnal-jurnal tentang Blended Learning, Cased Based Learning dan Project Based Learning. |
Details ...
Matakuliah Studi Kasus Karir diselenggarakan dengan model pembelajaran blended learning yaitu perpaduan antara pembelajaran tatap muka (PTM) dengan pembelajaran daring (online). Mata kuliah ini membahas tentang: (1)Hakikat studi kasus, (2)Langkah-langkah mengidentifikasi kasus, (3)Teknik-teknik penanggulangan kasus, (4)Berbagai strategi penanggulangan kasus, (5)Mengidentifikasi kasus, (6)Cara memilih dan menetapkan strategi penanggulangan kasus, (7)Menyusun program penanggulangan kasus, (8) Menyelenggarakan penanggulangan kasus
Learning Outcomes
Setelah menempuh mata kuliah Studi Kasus Karir, mahasiswa diharapkan mampu: |
|
CPMK1 |
Menjelaskan pengertian studi kasus secara mandiri, bermutu dan terukur (S9, KU2, P1) |
CPMK2 |
Mengidentikasikan kebutuhan studi kasus karir secara mandiri, bermutu, dan terukur (S2, KU2, KK1, P2). |
CPMK3 |
Menguraikan teknik-teknik penanggulangan kasus dan berbagai strategi penanggulangan kasus (P3 dan P4)
|
CPMK4 |
Mempraktikan ketrampilan mengindentifikasi siswa-siswa yang mengalami kasus dan menetapkan strategi penanggulangan kasus (P 5 dan P6). |
CPMK5 |
Mendeskripsikan kasus karir (P 7) |
CPMK6 |
Menyusun program dan menyelenggarakan penanggulangan kasus karir (P8 dan P9). |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK) |
|
Sub-CPMK1 |
Menjelaskan pengertian studi kasus secara mandiri, bermutu dan terukur. |
Sub-CPMK2 |
Mengidentikasikan kebutuhan studi kasus karir secara secara mandiri, bermutu, dan terukur |
Sub-CPMK3 |
Menguraikan teknik-teknik penanggulangan kasus dan berbagai strategi penanggulangan kasus |
Sub-CPMK4 |
Mempraktikan ketrampilan mengindentifikasi siswa-siswa yang mengalami kasus dan menetapkan strategi penanggulangan kasus karir. |
Sub-CPMK5 |
Mendeskripsikan kasus karir |
Sub-CPMK6 |
Menyusun program dan menyelenggarakan penanggulangan kasus karir secara mandiri, bermutu dan terukur. |
Memanfaatkan Rumah Belajar. Jakarta: Pusdatin Kemdikbud.
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. 3. Direktori File UPI. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD). (http://file.upi.edu) |
|
Pendukung |
|
Kemdikbud. 2020. Penyesuaian Kebijakan di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kemdikbud.
18. Jurnal-jurnal tentang Blended Learning, Cased Based Learning dan Project Based Learning. |
Details ...
Matakuliah Studi Kasus Karir diselenggarakan dengan model pembelajaran blended learning yaitu perpaduan antara pembelajaran tatap muka (PTM) dengan pembelajaran daring (online). Mata kuliah ini membahas tentang: (1)Hakikat studi kasus, (2)Langkah-langkah mengidentifikasi kasus, (3)Teknik-teknik penanggulangan kasus, (4)Berbagai strategi penanggulangan kasus, (5)Mengidentifikasi kasus, (6)Cara memilih dan menetapkan strategi penanggulangan kasus, (7)Menyusun program penanggulangan kasus, (8) Menyelenggarakan penanggulangan kasus
Learning Outcomes
Setelah menempuh mata kuliah Studi Kasus Karir, mahasiswa diharapkan mampu: |
|
CPMK1 |
Menjelaskan pengertian studi kasus secara mandiri, bermutu dan terukur (S9, KU2, P1) |
CPMK2 |
Mengidentikasikan kebutuhan studi kasus karir secara mandiri, bermutu, dan terukur (S2, KU2, KK1, P2). |
CPMK3 |
Menguraikan teknik-teknik penanggulangan kasus dan berbagai strategi penanggulangan kasus (P3 dan P4)
|
CPMK4 |
Mempraktikan ketrampilan mengindentifikasi siswa-siswa yang mengalami kasus dan menetapkan strategi penanggulangan kasus (P 5 dan P6). |
CPMK5 |
Mendeskripsikan kasus karir (P 7) |
CPMK6 |
Menyusun program dan menyelenggarakan penanggulangan kasus karir (P8 dan P9). |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK) |
|
Sub-CPMK1 |
Menjelaskan pengertian studi kasus secara mandiri, bermutu dan terukur. |
Sub-CPMK2 |
Mengidentikasikan kebutuhan studi kasus karir secara secara mandiri, bermutu, dan terukur |
Sub-CPMK3 |
Menguraikan teknik-teknik penanggulangan kasus dan berbagai strategi penanggulangan kasus |
Sub-CPMK4 |
Mempraktikan ketrampilan mengindentifikasi siswa-siswa yang mengalami kasus dan menetapkan strategi penanggulangan kasus karir. |
Sub-CPMK5 |
Mendeskripsikan kasus karir |
Sub-CPMK6 |
Menyusun program dan menyelenggarakan penanggulangan kasus karir secara mandiri, bermutu dan terukur. |
Memanfaatkan Rumah Belajar. Jakarta: Pusdatin Kemdikbud.
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. 3. Direktori File UPI. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD). (http://file.upi.edu) |
|
Pendukung |
|
Kemdikbud. 2020. Penyesuaian Kebijakan di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kemdikbud.
18. Jurnal-jurnal tentang Blended Learning, Cased Based Learning dan Project Based Learning. |
Details ...
Matakuliah ini diselenggarakan dengan model pembelajaran blended learning yaitu perpaduan antara pembelajaran tatap muka (PTM) dengan pembelajaran daring (online). Mata kuliah ini membahas tentang: (1)Hakikat studi kasus, (2)Langkah-langkah mengidentifikasi kasus, (3)Teknik-teknik penanggulangan kasus, (4)Berbagai strategi penanggulangan kasus, (5)Mengidentifikasi kasus, (6)Cara memilih dan menetapkan strategi penanggulangan kasus, (7)Menyusun program penanggulangan kasus, (8) Menyelenggarakan penanggulangan kasus
Learning Outcomes
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
CPL1-S2 |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
CPL1-S9 |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; |
CPL2-KU2 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; |
CPL2-KU7 |
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; |
CPL3-KK8 |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan |
CPL3-KK10 |
Terampil menyusun rencana studi kasus karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan |
CPL3-KK11 |
Terampil melaksanakan bimbingan kelompok, klasikal dan kelas besar (antar kelas) dengan menggunakan berbagai metode dan teknik, serta multimedia yang relevan dengan kebutuhan peserta didik/konseli |
CPL3-KK53 |
Terampil mengevaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya |
CPL3-KK55 |
Terampil menyusun laporan hasil evaluasi dan supervisi pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya sesuai aturan yang berlaku |
CPL4-P5 |
Menguasai teori konsep, metode dan prosedur manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan |
CPL4-P7 |
Menguasai materi dan metode studi kasus karir, teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling |
- Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Karir. Yogyakarta: Paramitra.
- Triyono dnan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Pribadi. Yogyakarta: Paramitra.
- Triyono dan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Sosial. Yogyakarta: Paramitra
- Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
- Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
- Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 200 Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi
- Wulan, Ana Ratna. Taksonomi Bloom Revisi. Bandung: FPMIPA UPI.
- Peraturan Mendikbud No 111 Tahun 214 tentang BK pada Pendidikan Dasar dan Pendiidkan Menengah.
- Sugiyatno. Mata Kuliah Dasar-dasar BK.Standar Kompetensi Kemadirian (SKK). Yogyakarta: Prodi BK FIP UNY.
- Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SD. Jakarta: Kemdikbud
- Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMP. Jakarta: Kemdikbud.
- Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMA. Jakarta: Kemdikbud
- Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMK. Jakarta: Kemdikbud
- Surat Edaran Mendikbud No 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Kemdikbud. 2020. Penyesuaian Kebijakan di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kemdikbud.
- Kemdikbud. 2019. Modul 3: Perencanaan dan Evaluasi Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemdikbud.
- Kemdikbud. 2019. Modul 4: Strategi Layanan dasar, Perencanaan Individual dan Dukungan Sistem. Jakarta: Kemdikbud.
18. Jurnal-jurnal tentang Blended Learning, Cased Based Learning dan Project Based Learning.
Details ...
Matakuliah ini diselenggarakan dengan model pembelajaran blended learning yaitu perpaduan antara pembelajaran tatap muka (PTM) dengan pembelajaran daring (online). Mata kuliah ini membahas tentang: (1)Hakikat studi kasus, (2)Langkah-langkah mengidentifikasi kasus, (3)Teknik-teknik penanggulangan kasus, (4)Berbagai strategi penanggulangan kasus, (5)Mengidentifikasi kasus, (6)Cara memilih dan menetapkan strategi penanggulangan kasus, (7)Menyusun program penanggulangan kasus, (8) Menyelenggarakan penanggulangan kasus
Learning Outcomes
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
CPL1-S2 |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
CPL1-S9 |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; |
CPL2-KU2 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; |
CPL2-KU7 |
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; |
CPL3-KK8 |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan |
CPL3-KK10 |
Terampil menyusun rencana studi kasus karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan |
CPL3-KK11 |
Terampil melaksanakan bimbingan kelompok, klasikal dan kelas besar (antar kelas) dengan menggunakan berbagai metode dan teknik, serta multimedia yang relevan dengan kebutuhan peserta didik/konseli |
CPL3-KK53 |
Terampil mengevaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya |
CPL3-KK55 |
Terampil menyusun laporan hasil evaluasi dan supervisi pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya sesuai aturan yang berlaku |
CPL4-P5 |
Menguasai teori konsep, metode dan prosedur manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan |
CPL4-P7 |
Menguasai materi dan metode studi kasus karir, teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling |
- Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Karir. Yogyakarta: Paramitra.
- Triyono dnan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Pribadi. Yogyakarta: Paramitra.
- Triyono dan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Sosial. Yogyakarta: Paramitra
- Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
- Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
- Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 200 Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi
- Wulan, Ana Ratna. Taksonomi Bloom Revisi. Bandung: FPMIPA UPI.
- Peraturan Mendikbud No 111 Tahun 214 tentang BK pada Pendidikan Dasar dan Pendiidkan Menengah.
- Sugiyatno. Mata Kuliah Dasar-dasar BK.Standar Kompetensi Kemadirian (SKK). Yogyakarta: Prodi BK FIP UNY.
- Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SD. Jakarta: Kemdikbud
- Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMP. Jakarta: Kemdikbud.
- Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMA. Jakarta: Kemdikbud
- Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMK. Jakarta: Kemdikbud
- Surat Edaran Mendikbud No 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Kemdikbud. 2020. Penyesuaian Kebijakan di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kemdikbud.
- Kemdikbud. 2019. Modul 3: Perencanaan dan Evaluasi Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemdikbud.
- Kemdikbud. 2019. Modul 4: Strategi Layanan dasar, Perencanaan Individual dan Dukungan Sistem. Jakarta: Kemdikbud.
18. Jurnal-jurnal tentang Blended Learning, Cased Based Learning dan Project Based Learning.
Details ...
Matakuliah ini diselenggarakan dengan model pembelajaran blended learning yaitu perpaduan antara pembelajaran tatap muka (PTM) dengan pembelajaran daring (online). Mata kuliah ini membahas tentang: (1)Hakikat studi kasus, (2)Langkah-langkah mengidentifikasi kasus, (3)Teknik-teknik penanggulangan kasus, (4)Berbagai strategi penanggulangan kasus, (5)Mengidentifikasi kasus, (6)Cara memilih dan menetapkan strategi penanggulangan kasus, (7)Menyusun program penanggulangan kasus, (8) Menyelenggarakan penanggulangan kasus
Learning Outcomes
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
CPL1-S2 |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
CPL1-S9 |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; |
CPL2-KU2 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; |
CPL2-KU7 |
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; |
CPL3-KK8 |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan |
CPL3-KK10 |
Terampil menyusun rencana studi kasus karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan |
CPL3-KK11 |
Terampil melaksanakan bimbingan kelompok, klasikal dan kelas besar (antar kelas) dengan menggunakan berbagai metode dan teknik, serta multimedia yang relevan dengan kebutuhan peserta didik/konseli |
CPL3-KK53 |
Terampil mengevaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya |
CPL3-KK55 |
Terampil menyusun laporan hasil evaluasi dan supervisi pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya sesuai aturan yang berlaku |
CPL4-P5 |
Menguasai teori konsep, metode dan prosedur manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan |
CPL4-P7 |
Menguasai materi dan metode studi kasus karir, teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling |
- Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Karir. Yogyakarta: Paramitra.
- Triyono dnan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Pribadi. Yogyakarta: Paramitra.
- Triyono dan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Sosial. Yogyakarta: Paramitra
- Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
- Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
- Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 200 Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi
- Wulan, Ana Ratna. Taksonomi Bloom Revisi. Bandung: FPMIPA UPI.
- Peraturan Mendikbud No 111 Tahun 214 tentang BK pada Pendidikan Dasar dan Pendiidkan Menengah.
- Sugiyatno. Mata Kuliah Dasar-dasar BK.Standar Kompetensi Kemadirian (SKK). Yogyakarta: Prodi BK FIP UNY.
- Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SD. Jakarta: Kemdikbud
- Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMP. Jakarta: Kemdikbud.
- Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMA. Jakarta: Kemdikbud
- Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMK. Jakarta: Kemdikbud
- Surat Edaran Mendikbud No 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Kemdikbud. 2020. Penyesuaian Kebijakan di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kemdikbud.
- Kemdikbud. 2019. Modul 3: Perencanaan dan Evaluasi Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemdikbud.
- Kemdikbud. 2019. Modul 4: Strategi Layanan dasar, Perencanaan Individual dan Dukungan Sistem. Jakarta: Kemdikbud.
18. Jurnal-jurnal tentang Blended Learning, Cased Based Learning dan Project Based Learning.
Details ...
Matakuliah ini diselenggarakan dengan model pembelajaran blended learning yaitu perpaduan antara pembelajaran tatap muka (PTM) dengan pembelajaran daring (online). Mata kuliah ini membahas tentang: (1)Hakikat studi kasus, (2)Langkah-langkah mengidentifikasi kasus, (3)Teknik-teknik penanggulangan kasus, (4)Berbagai strategi penanggulangan kasus, (5)Mengidentifikasi kasus, (6)Cara memilih dan menetapkan strategi penanggulangan kasus, (7)Menyusun program penanggulangan kasus, (8) Menyelenggarakan penanggulangan kasus
Learning Outcomes
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
CPL1-S2 |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
CPL1-S9 |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; |
CPL2-KU2 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; |
CPL2-KU7 |
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; |
CPL3-KK8 |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan |
CPL3-KK10 |
Terampil menyusun rencana studi kasus karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan |
CPL3-KK11 |
Terampil melaksanakan bimbingan kelompok, klasikal dan kelas besar (antar kelas) dengan menggunakan berbagai metode dan teknik, serta multimedia yang relevan dengan kebutuhan peserta didik/konseli |
CPL3-KK53 |
Terampil mengevaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya |
CPL3-KK55 |
Terampil menyusun laporan hasil evaluasi dan supervisi pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya sesuai aturan yang berlaku |
CPL4-P5 |
Menguasai teori konsep, metode dan prosedur manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan |
CPL4-P7 |
Menguasai materi dan metode studi kasus karir, teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling |
- Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Karir. Yogyakarta: Paramitra.
- Triyono dnan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Pribadi. Yogyakarta: Paramitra.
- Triyono dan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Sosial. Yogyakarta: Paramitra
- Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
- Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
- Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 200 Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi
- Wulan, Ana Ratna. Taksonomi Bloom Revisi. Bandung: FPMIPA UPI.
- Peraturan Mendikbud No 111 Tahun 214 tentang BK pada Pendidikan Dasar dan Pendiidkan Menengah.
- Sugiyatno. Mata Kuliah Dasar-dasar BK.Standar Kompetensi Kemadirian (SKK). Yogyakarta: Prodi BK FIP UNY.
- Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SD. Jakarta: Kemdikbud
- Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMP. Jakarta: Kemdikbud.
- Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMA. Jakarta: Kemdikbud
- Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMK. Jakarta: Kemdikbud
- Surat Edaran Mendikbud No 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Kemdikbud. 2020. Penyesuaian Kebijakan di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kemdikbud.
- Kemdikbud. 2019. Modul 3: Perencanaan dan Evaluasi Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemdikbud.
- Kemdikbud. 2019. Modul 4: Strategi Layanan dasar, Perencanaan Individual dan Dukungan Sistem. Jakarta: Kemdikbud.
18. Jurnal-jurnal tentang Blended Learning, Cased Based Learning dan Project Based Learning.
Details ...
Studi kasus karir merupakan mata kuliah yang mempelajari mengenai pengertian atau konsep dasar studi kasus karir, tujuan studi kasus karir, urgensi studi kasus karir, manfaat studi kasus karir, langkah - langkah studi kasus karir, berbagaipermasalahan atau problem karir dalam kehidupan manusia,penyebab munculnya masalah karir, alternatif cara pemecahan masalah karir serta berbagai contoh kasus karir.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami konsep studi kasus karir, tujuan studi kasus karir, urgensi studi kasus karir, manfaat studi kasus karir, implikasi, aplikasi dan implementasi studi kasus karir dalam kehidupan.
References1. Anwar Sutoyo, 2014, Studi kasus, Semarang : Unnes Pres
2. Bimo Walgito, 2013, Bimbingan Konseling Karir, Yogyakarta: UGM Pres
3. Kartini Kartono, 2010, Pemandu Karir, Jakarta: Gramedia
4. Dewa Ketut Sukardi, 2009, Bimbingan Konseling Karir, Surabaya : Erlangga
Details ...
Studi kasus karir merupakan mata kuliah yang mempelajari mengenai pengertian atau konsep dasar studi kasus karir, tujuan studi kasus karir, urgensi studi kasus karir, manfaat studi kasus karir, langkah - langkah studi kasus karir, berbagaipermasalahan atau problem karir dalam kehidupan manusia,penyebab munculnya masalah karir, alternatif cara pemecahan masalah karir serta berbagai contoh kasus karir.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami konsep studi kasus karir, tujuan studi kasus karir, urgensi studi kasus karir, manfaat studi kasus karir, implikasi, aplikasi dan implementasi studi kasus karir dalam kehidupan.
References1. Anwar Sutoyo, 2014, Studi kasus, Semarang : Unnes Pres
2. Bimo Walgito, 2013, Bimbingan Konseling Karir, Yogyakarta: UGM Pres
3. Kartini Kartono, 2010, Pemandu Karir, Jakarta: Gramedia
4. Dewa Ketut Sukardi, 2009, Bimbingan Konseling Karir, Surabaya : Erlangga
Details ...
Studi kasus karir merupakan mata kuliah yang mempelajari mengenai pengertian atau konsep dasar studi kasus karir, tujuan studi kasus karir, urgensi studi kasus karir, manfaat studi kasus karir, langkah - langkah studi kasus karir, berbagaipermasalahan atau problem karir dalam kehidupan manusia,penyebab munculnya masalah karir, alternatif cara pemecahan masalah karir serta berbagai contoh kasus karir.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami konsep studi kasus karir, tujuan studi kasus karir, urgensi studi kasus karir, manfaat studi kasus karir, implikasi, aplikasi dan implementasi studi kasus karir dalam kehidupan.
References1. Anwar Sutoyo, 2014, Studi kasus, Semarang : Unnes Pres
2. Bimo Walgito, 2013, Bimbingan Konseling Karir, Yogyakarta: UGM Pres
3. Kartini Kartono, 2010, Pemandu Karir, Jakarta: Gramedia
4. Dewa Ketut Sukardi, 2009, Bimbingan Konseling Karir, Surabaya : Erlangga
Details ...