Metodologi Penelitian Pendidikan, Curriculum : 2015


Courser in EnglishMETHODOLOGY OF EDUCATIONAL RESEARCH
ProgramPendidikan Biologi
SKS2 SKS
RPS19 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini menelaah metodologi penelitian pendidikan biologi yang membahas tentang bidang kajian  penelitian pendidikan biologi, paradigma penelitian pendidikan, variabel penelitian, kerangka berpikir, teknik sampling, teknik pegambilan data, pengembangan instrumen penelitian pendidikan, desain eksperimen ( pre experiment, true experiment,  quasy experiment, factorial design), desain penelitian tindakan kelas dan simulasi PTK, desain Research and Development serta penyusunan proposal penelitian pendidikan biologi. Mata kuliah ini menelaah metodologi penelitian pendidikan biologi yang membahas tentang bidang kajian  penelitian pendidikan biologi, paradigma penelitian pendidikan, variabel penelitian, kerangka berpikir, teknik sampling, teknik pegambilan data, pengembangan instrumen penelitian pendidikan, desain eksperimen ( pre experiment, true experiment,  quasy experiment, factorial design), desain penelitian tindakan kelas dan simulasi PTK, desain Research and Development serta penyusunan proposal penelitian pendidikan biologi.

Learning Outcomes

Mahasiswa menguasai pengetahuan, mampu merancang metode penelitian untuk memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan pendidikan biologi

References

  1. Creswell, John. (2015). Riset Pendidikan Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif. Edisi dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

  1. Gall, M.D., Gall, J.P., Borg,W.R. (2003). Educational Research: An Introduction. 7th.ed . Boston: Pearson Education, Inc.

 

  1. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  1. Creswell, John. (2015). Riset Pendidikan Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif. Edisi dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

  1. Gall, M.D., Gall, J.P., Borg,W.R. (2003). Educational Research: An Introduction. 7th.ed . Boston: Pearson Education, Inc.

 

  1. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menelaah metodologi penelitian pendidikan biologi yang membahas tentang bidang kajian  penelitian pendidikan biologi, paradigma penelitian pendidikan, variabel penelitian, kerangka berpikir, teknik sampling, teknik pegambilan data, pengembangan instrumen penelitian pendidikan, desain eksperimen ( pre experiment, true experiment,  quasy experiment, factorial design), desain penelitian tindakan kelas dan simulasi PTK, desain Research and Development serta penyusunan proposal penelitian pendidikan biologi. Mata kuliah ini menelaah metodologi penelitian pendidikan biologi yang membahas tentang bidang kajian  penelitian pendidikan biologi, paradigma penelitian pendidikan, variabel penelitian, kerangka berpikir, teknik sampling, teknik pegambilan data, pengembangan instrumen penelitian pendidikan, desain eksperimen ( pre experiment, true experiment,  quasy experiment, factorial design), desain penelitian tindakan kelas dan simulasi PTK, desain Research and Development serta penyusunan proposal penelitian pendidikan biologi.

Learning Outcomes

Mahasiswa menguasai pengetahuan, mampu merancang metode penelitian untuk memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan pendidikan biologi

References

  1. Creswell, John. (2015). Riset Pendidikan Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif. Edisi dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

  1. Gall, M.D., Gall, J.P., Borg,W.R. (2003). Educational Research: An Introduction. 7th.ed . Boston: Pearson Education, Inc.

 

  1. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  1. Creswell, John. (2015). Riset Pendidikan Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif. Edisi dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

  1. Gall, M.D., Gall, J.P., Borg,W.R. (2003). Educational Research: An Introduction. 7th.ed . Boston: Pearson Education, Inc.

 

  1. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menelaah metodologi penelitian pendidikan biologi yang membahas tentang bidang kajian  penelitian pendidikan biologi, paradigma penelitian, variabel penelitian, kerangka berpikir, teknik sampling, teknik pegambilan data, pengembangan instrumen penelitian pendidikan, desain eksperimen ( pre experiment, true experiment,  quasy experiment, factorial design), desain penelitian tindakan kelas dan simulasi PTK, desain Research and Development serta penyusunan proposal penelitian pendidikan biologi.

Learning Outcomes

Mahasiswa menguasai pengetahuan, mampu merancang metode penelitian untuk memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan pendidikan biologi.

References

  1. Creswell, John. (2015). Riset Pendidikan Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif. Edisi dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

  2. Gall, M.D., Gall, J.P., Borg,W.R. (2003). Educational Research: An Introduction. 7th.ed . Boston: Pearson Education, Inc.

3. Sugiyono. 2011.Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

4. _ _ _ _ _. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menelaah metodologi penelitian pendidikan biologi yang membahas tentang bidang kajian  penelitian pendidikan biologi, paradigma penelitian, variabel penelitian, kerangka berpikir, teknik sampling, teknik pegambilan data, pengembangan instrumen penelitian pendidikan, desain eksperimen ( pre experiment, true experiment,  quasy experiment, factorial design), desain penelitian tindakan kelas dan simulasi PTK, desain Research and Development serta penyusunan proposal penelitian pendidikan biologi.

Learning Outcomes

Mahasiswa menguasai pengetahuan, mampu merancang metode penelitian untuk memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan pendidikan biologi

References

  1. Creswell, John. (2015). Riset Pendidikan Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif. Edisi dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

  1. Gall, M.D., Gall, J.P., Borg,W.R. (2003). Educational Research: An Introduction. 7th.ed . Boston: Pearson Education, Inc.

 

  1. Sugiyono. 2011.  Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

 

  1. _ _ _ _ _. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menelaah metodologi penelitian pendidikan biologi yang membahas tentang bidang kajian  penelitian pendidikan biologi, paradigma penelitian, variabel penelitian, kerangka berpikir, teknik sampling, teknik pegambilan data, pengembangan instrumen penelitian pendidikan, desain eksperimen ( pre experiment, true experiment,  quasy experiment, factorial design), desain penelitian tindakan kelas dan simulasi PTK, desain Research and Development serta penyusunan proposal penelitian pendidikan biologi.

Learning Outcomes

Mahasiswa menguasai pengetahuan, mampu merancang metode penelitian untuk memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan pendidikan biologi

References

  1. Creswell, John. (2015). Riset Pendidikan Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif. Edisi dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

  1. Gall, M.D., Gall, J.P., Borg,W.R. (2003). Educational Research: An Introduction. 7th.ed . Boston: Pearson Education, Inc.

 

  1. Sugiyono. 2011.  Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

 

  1. _ _ _ _ _. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menelaah metodologi penelitian pendidikan biologi yang membahas tentang bidang kajian  penelitian pendidikan biologi, paradigma penelitian, variabel penelitian, kerangka berpikir, teknik sampling, teknik pegambilan data, pengembangan instrumen penelitian pendidikan, desain eksperimen ( pre experiment, true experiment,  quasy experiment, factorial design), desain penelitian tindakan kelas dan simulasi PTK, desain Research and Development serta penyusunan proposal penelitian pendidikan biologi.

Learning Outcomes

Mahasiswa menguasai pengetahuan, mampu merancang metode penelitian untuk memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan pendidikan biologi

References

  1. Creswell, John. (2015). Riset Pendidikan Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif. Edisi dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

  1. Gall, M.D., Gall, J.P., Borg,W.R. (2003). Educational Research: An Introduction. 7th.ed . Boston: Pearson Education, Inc.

 

  1. Sugiyono. 2011.  Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

 

  1. _ _ _ _ _. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menelaah metodologi penelitian pendidikan biologi yang membahas tentang bidang kajian penelitian pendidikan biologi, paradigma penelitian, variabel penelitian, kerangka berpikir, teknik sampling, teknik pegambilan data, pengembangan instrumen penelitian pendidikan, desain eksperimen ( pre experiment, true experiment,  quasy experiment, factorial design), desain penelitian tindakan kelas dan simulasi PTK, desain Research and Development serta penyusunan proposal penelitian pendidikan biologi.

Learning Outcomes

Mahasiswa menguasai pengetahuan, mampu merancang metode penelitian untuk memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan pendidikan biologi

References

  1. Hamid, D. 201 Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  2. Creswell, J.W. 2014. Research Design. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Samsudi, 2009. Desain Penelitian Pendidikan. Semarang: Unnes Press.
  4. Satori, D. dan Aan K. 201 Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
  5. Sudargono, Margono, G., dan Rahayu, W. 2013. Pengembangan Instrumen PenelitianPendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  6. Sugiyono. 2011.  Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta
  7. _ _ _ _ _. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  8. Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Yogyakarta: Bumi Aksara
  9. Wiriaatmadja, R. 2010. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosdakarya.
  10. Widoyoko, E.P, 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menelaah metodologi penelitian pendidikan biologi yang membahas tentang bidang kajian penelitian pendidikan biologi, paradigma penelitian, variabel penelitian, kerangka berpikir, teknik sampling, teknik pegambilan data, pengembangan instrumen penelitian pendidikan, desain eksperimen ( pre experiment, true experiment,  quasy experiment, factorial design), desain penelitian tindakan kelas dan simulasi PTK, desain Research and Development serta penyusunan proposal penelitian pendidikan biologi.

Learning Outcomes

Mahasiswa menguasai pengetahuan, mampu merancang metode penelitian untuk memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan pendidikan biologi

References

  1. Hamid, D. 201 Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  2. Creswell, J.W. 2014. Research Design. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Samsudi, 2009. Desain Penelitian Pendidikan. Semarang: Unnes Press.
  4. Satori, D. dan Aan K. 201 Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
  5. Sudargono, Margono, G., dan Rahayu, W. 2013. Pengembangan Instrumen PenelitianPendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  6. Sugiyono. 2011.  Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta
  7. _ _ _ _ _. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  8. Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Yogyakarta: Bumi Aksara
  9. Wiriaatmadja, R. 2010. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosdakarya.
  10. Widoyoko, E.P, 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menelaah metodologi penelitian pendidikan biologi yang membahas tentang bidang kajian penelitian pendidikan biologi, paradigma penelitian, variabel penelitian, kerangka berpikir, teknik sampling, teknik pegambilan data, pengembangan instrumen penelitian pendidikan, desain eksperimen ( pre experiment, true experiment,  quasy experiment, factorial design), desain penelitian tindakan kelas dan simulasi PTK, desain Research and Development serta penyusunan proposal penelitian pendidikan biologi.

Learning Outcomes

Mahasiswa menguasai pengetahuan, mampu merancang metode penelitian untuk memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan pendidikan biologi

References

  1. Hamid, D. 201 Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  2. Creswell, J.W. 2014. Research Design. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Samsudi, 2009. Desain Penelitian Pendidikan. Semarang: Unnes Press.
  4. Satori, D. dan Aan K. 201 Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
  5. Sudargono, Margono, G., dan Rahayu, W. 2013. Pengembangan Instrumen PenelitianPendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  6. Sugiyono. 2011.  Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta
  7. _ _ _ _ _. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  8. Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Yogyakarta: Bumi Aksara
  9. Wiriaatmadja, R. 2010. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosdakarya.
  10. Widoyoko, E.P, 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menelaah metodologi penelitian pendidikan biologi yang membahas tentang kajian penelitian pendidikan, metode ilmiah, etika ilmiah, jenis-jenis penelitian, desain Penelitian Tindakan Kelas, desain penelitian eksperimental, desain R & D, penyusunan proposal penelitian, penyusunan instrumen penelitian, teknik penyajian hasil penelitian dan pembahasan.

Learning Outcomes

1.1. Menunjukkan sikap bertanggung-jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
1.2. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik.  
1.3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri.  
2.1. Menguasai filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian pendidikan biologi sesuai prinsip-prinsip komunikasi ilmiah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal.
3.1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya.
3.2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.    
3.3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
3.4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
3.5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
4.1. Menerapkan pemahaman filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian pendidikan biologi sesuai prinsip-prinsip komunikasi ilmiah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal untuk memperbaiki dan mengembangkan mutu pendidikan.

References


 

Creswell, John. 2015. Riset Pendidikan Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif. Edisi dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sudargono, Margono, G., dan Rahayu, W. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta
 


Details ...