Courser in English | METHODOLOGY OF EDUCATIONAL RESEARCH |
Program | Pendidikan Biologi |
SKS | 2 SKS |
RPS | 19 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini menelaah metodologi penelitian pendidikan biologi yang membahas tentang kajian penelitian pendidikan, metode ilmiah, etika ilmiah, jenis-jenis penelitian, desain Penelitian Tindakan Kelas, desain penelitian eksperimental, desain R & D, penyusunan proposal penelitian, penyusunan instrumen penelitian, teknik penyajian hasil penelitian dan pembahasan. |
1.1. Menunjukkan sikap bertanggung-jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri | ||||
1.2. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik. | ||||
1.3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri. | ||||
2.1. Menguasai filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian pendidikan biologi sesuai prinsip-prinsip komunikasi ilmiah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal. | ||||
3.1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya. | ||||
3.2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. | ||||
3.3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. | ||||
3.4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. | ||||
3.5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. | ||||
4.1. Menerapkan pemahaman filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian pendidikan biologi sesuai prinsip-prinsip komunikasi ilmiah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal untuk memperbaiki dan mengembangkan mutu pendidikan. |
Creswell, John. 2015. Riset Pendidikan Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif. Edisi dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Sudargono, Margono, G., dan Rahayu, W. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu |
|||||
Details ...
Mata kuliah ini menelaah metodologi penelitian pendidikan biologi yang membahas tentang kajian penelitian pendidikan, metode ilmiah, etika ilmiah, jenis-jenis penelitian, desain Penelitian Tindakan Kelas, desain penelitian eksperimental, desain R & D, penyusunan proposal penelitian, penyusunan instrumen penelitian, teknik penyajian hasil penelitian dan pembahasan. |
1.1. Menunjukkan sikap bertanggung-jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri | ||||
1.2. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik. | ||||
1.3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri. | ||||
2.1. Menguasai filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian pendidikan biologi sesuai prinsip-prinsip komunikasi ilmiah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal. | ||||
3.1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya. | ||||
3.2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. | ||||
3.3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. | ||||
3.4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. | ||||
3.5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. | ||||
4.1. Menerapkan pemahaman filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian pendidikan biologi sesuai prinsip-prinsip komunikasi ilmiah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal untuk memperbaiki dan mengembangkan mutu pendidikan. |
Creswell, John. 2015. Riset Pendidikan Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif. Edisi dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Sudargono, Margono, G., dan Rahayu, W. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu |
|||||
Details ...
Mata kuliah ini menelaah metodologi penelitian pendidikan biologi yang membahas tentang kajian penelitian pendidikan, metode ilmiah, etika ilmiah, jenis-jenis penelitian, desain Penelitian Tindakan Kelas, desain penelitian eksperimental, desain R & D, penyusunan proposal penelitian, penyusunan instrumen penelitian, teknik penyajian hasil penelitian dan pembahasan. |
1.1. Menunjukkan sikap bertanggung-jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||
1.2. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik. |
|
|
1.3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri. |
|
|
2.1. Menguasai filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian pendidikan biologi sesuai prinsip-prinsip komunikasi ilmiah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal. |
||
3.1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya. |
||
3.2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. |
|
|
3.3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. |
||
3.4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. |
||
3.5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. |
||
4.1. Menerapkan pemahaman filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian pendidikan biologi sesuai prinsip-prinsip komunikasi ilmiah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal untuk memperbaiki dan mengembangkan mutu pendidikan. |
Creswell, John. 2015. Riset Pendidikan Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif. Edisi dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar dan Sudargono, Margono, G., dan Rahayu, W. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu |
|
Details ...
Mata kuliah ini menelaah metodologi penelitian pendidikan biologi yang membahas tentang bidang kajian penelitian pendidikan biologi, paradigma penelitian, variabel penelitian, kerangka berpikir, teknik sampling, teknik pegambilan data, pengembangan instrumen penelitian pendidikan, desain eksperimen (pre experiment, true experiment, quasy experiment, factorial design), desain penelitian tindakan kelas dan simulasi PTK, desain Research and Development serta penyusunan proposal penelitian pendidikan biologi.
Learning Outcomes
Mahasiswa menguasai pengetahuan dan mampu merancang metode penelitian untuk memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan pendidikan biologi.
References- Creswell, John. (2015). Riset Pendidikan Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif. Edisi dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Gall, M.D., Gall, J.P., Borg,W.R. (2003). Educational Research: An Introduction. 7th.ed . Boston: Pearson Education, Inc.
- Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Details ...
Mata kuliah ini menelaah metodologi penelitian pendidikan biologi yang membahas tentang bidang kajian penelitian pendidikan biologi, paradigma penelitian, variabel penelitian, kerangka berpikir, teknik sampling, teknik pegambilan data, pengembangan instrumen penelitian pendidikan, desain eksperimen (pre experiment, true experiment, quasy experiment, factorial design), desain penelitian tindakan kelas dan simulasi PTK, desain Research and Development serta penyusunan proposal penelitian pendidikan biologi.
Learning Outcomes
Mahasiswa menguasai pengetahuan dan mampu merancang metode penelitian untuk memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan pendidikan biologi.
References- Creswell, John. (2015). Riset Pendidikan Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif. Edisi dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Gall, M.D., Gall, J.P., Borg,W.R. (2003). Educational Research: An Introduction. 7th.ed . Boston: Pearson Education, Inc.
- Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Details ...
Mata kuliah ini menelaah metodologi penelitian pendidikan biologi yang membahas tentang bidang kajian penelitian pendidikan biologi, paradigma penelitian pendidikan, variabel penelitian, kerangka berpikir, teknik sampling, teknik pegambilan data, pengembangan instrumen penelitian pendidikan, desain eksperimen ( pre experiment, true experiment, quasy experiment, factorial design), desain penelitian tindakan kelas dan simulasi PTK, desain Research and Development serta penyusunan proposal penelitian pendidikan biologi.
Learning OutcomesMahasiswa menguasai pengetahuan, mampu merancang metode penelitian untuk memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan pendidikan biologi
References1. Creswell, John. (2015). Riset Pendidikan Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif. Edisi dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
2. Gall, M.D., Gall, J.P., Borg,W.R. (2003). Educational Research: An Introduction. 7th.ed . Boston: Pearson Education, Inc.
3. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Details ...
Mata kuliah ini menelaah metodologi penelitian pendidikan biologi yang membahas tentang bidang kajian penelitian pendidikan biologi, paradigma penelitian pendidikan, variabel penelitian, kerangka berpikir, teknik sampling, teknik pegambilan data, pengembangan instrumen penelitian pendidikan, desain eksperimen ( pre experiment, true experiment, quasy experiment, factorial design), desain penelitian tindakan kelas dan simulasi PTK, desain Research and Development serta penyusunan proposal penelitian pendidikan biologi.
Learning OutcomesMahasiswa menguasai pengetahuan, mampu merancang metode penelitian untuk memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan pendidikan biologi
References1. Creswell, John. (2015). Riset Pendidikan Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif. Edisi dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
2. Gall, M.D., Gall, J.P., Borg,W.R. (2003). Educational Research: An Introduction. 7th.ed . Boston: Pearson Education, Inc.
3. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Details ...