Statistika II, Curriculum : 2015


Courser in EnglishSTATISTICS II
ProgramPendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
SKS2 SKS
RPS25 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mengkaji materi metode statistika khususnya statistika parametris yang meliputi: Hipotesis dan Tingkat Signifikansi Uji, Uji Hipotesis Mengenai Rerata, Uji Hipotesis Mengenai Variansi, Uji Normalitas Populasi, Uji Independensi, Uji Homogenitas Variansi Populasi, Analisis Variansi Satu Jalan Sel Sama dan Sel Tak Sama, Analisis Variansi Dua Jalan Sel Sama dan Sel Tak Sama, serta Regresi dan Korelasi Linier Sederhana.

Learning Outcomes

  1. Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  3. Mampu mengaplikasikan metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu memanfaatkan IPTEKS untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam rangka menyelesaikan masalah di bidang pendidikan jasmani, kesehatan, dan rekreasi.
  4. Mampu menguasai metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu menguasai konsep teoritis tentang pengolahan data.

References

[1] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

[2] Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

[3] Walpole, R. E. dan Myers R. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Terjemahan R. K. Sembiring. Bandung: Penerbit ITB.


Details ...
Course Descriptions

Mengkaji materi metode statistika khususnya statistika parametris yang meliputi: Hipotesis dan Tingkat Signifikansi Uji, Uji Hipotesis Mengenai Rerata, Uji Hipotesis Mengenai Variansi, Uji Normalitas Populasi, Uji Independensi, Uji Homogenitas Variansi Populasi, Analisis Variansi Satu Jalan Sel Sama dan Sel Tak Sama, Analisis Variansi Dua Jalan Sel Sama dan Sel Tak Sama, serta Regresi dan Korelasi Linier Sederhana.

Learning Outcomes

  1. Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  3. Mampu mengaplikasikan metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu memanfaatkan IPTEKS untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam rangka menyelesaikan masalah di bidang pendidikan jasmani, kesehatan, dan rekreasi.
  4. Mampu menguasai metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu menguasai konsep teoritis tentang pengolahan data.

References

[1] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

[2] Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

[3] Walpole, R. E. dan Myers R. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Terjemahan R. K. Sembiring. Bandung: Penerbit ITB.


Details ...
Course Descriptions

Mengkaji materi metode statistika khususnya statistika parametris yang meliputi: Hipotesis dan Tingkat Signifikansi Uji, Uji Hipotesis Mengenai Rerata, Uji Hipotesis Mengenai Variansi, Uji Normalitas Populasi, Uji Independensi, Uji Homogenitas Variansi Populasi, Analisis Variansi Satu Jalan Sel Sama dan Sel Tak Sama, Analisis Variansi Dua Jalan Sel Sama dan Sel Tak Sama, serta Regresi dan Korelasi Linier Sederhana.

Learning Outcomes

  1. Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  3. Mampu mengaplikasikan metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu memanfaatkan IPTEKS untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam rangka menyelesaikan masalah di bidang pendidikan jasmani, kesehatan, dan rekreasi.
  4. Mampu menguasai metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu menguasai konsep teoritis tentang pengolahan data.

References

[1] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

[2] Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

[3] Walpole, R. E. dan Myers R. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Terjemahan R. K. Sembiring. Bandung: Penerbit ITB.


Details ...
Course Descriptions

Mengkaji materi metode statistika khususnya statistika parametris yang meliputi: Hipotesis dan Tingkat Signifikansi Uji, Uji Hipotesis Mengenai Rerata, Uji Hipotesis Mengenai Variansi, Uji Normalitas Populasi, Uji Independensi, Uji Homogenitas Variansi Populasi, Analisis Variansi Satu Jalan Sel Sama dan Sel Tak Sama, Analisis Variansi Dua Jalan Sel Sama dan Sel Tak Sama, serta Regresi dan Korelasi Linier Sederhana.

Learning Outcomes

  1. Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  3. Mampu mengaplikasikan metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu memanfaatkan IPTEKS untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam rangka menyelesaikan masalah di bidang pendidikan jasmani, kesehatan, dan rekreasi.
  4. Mampu menguasai metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu menguasai konsep teoritis tentang pengolahan data.

References

[1] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

[2] Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

[3] Walpole, R. E. dan Myers R. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Terjemahan R. K. Sembiring. Bandung: Penerbit ITB.


Details ...
Course Descriptions

Mengkaji materi metode statistika khususnya statistika parametris yang meliputi: Hipotesis dan Tingkat Signifikansi Uji, Uji Hipotesis Mengenai Rerata, Uji Hipotesis Mengenai Variansi, Uji Normalitas Populasi, Uji Independensi, Uji Homogenitas Variansi Populasi, Analisis Variansi Satu Jalan Sel Sama dan Sel Tak Sama, Analisis Variansi Dua Jalan Sel Sama dan Sel Tak Sama, serta Regresi dan Korelasi Linier Sederhana.

Learning Outcomes

  1. Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  3. Mampu mengaplikasikan metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu memanfaatkan IPTEKS untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam rangka menyelesaikan masalah di bidang pendidikan jasmani, kesehatan, dan rekreasi.
  4. Mampu menguasai metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu menguasai konsep teoritis tentang pengolahan data.

References

[1] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

[2] Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

[3] Walpole, R. E. dan Myers R. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Terjemahan R. K. Sembiring. Bandung: Penerbit ITB.


Details ...
Course Descriptions

Mengkaji materi metode statistika khususnya statistika parametris yang meliputi: Hipotesis dan Tingkat Signifikansi Uji, Uji Hipotesis Mengenai Rerata, Uji Hipotesis Mengenai Variansi, Uji Normalitas Populasi, Uji Independensi, Uji Homogenitas Variansi Populasi, Analisis Variansi Satu Jalan Sel Sama dan Sel Tak Sama, Analisis Variansi Dua Jalan Sel Sama dan Sel Tak Sama, serta Regresi dan Korelasi Linier Sederhana.

Learning Outcomes

  1. Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  3. Mampu mengaplikasikan metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu memanfaatkan IPTEKS untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam rangka menyelesaikan masalah di bidang pendidikan jasmani, kesehatan, dan rekreasi.
  4. Mampu menguasai metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu menguasai konsep teoritis tentang pengolahan data.

References

[1] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

[2] Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

[3] Walpole, R. E. dan Myers R. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Terjemahan R. K. Sembiring. Bandung: Penerbit ITB.


Details ...
Course Descriptions

Mengkaji materi metode statistika khususnya statistika parametris yang meliputi: Hipotesis dan Tingkat Signifikansi Uji, Uji Hipotesis Mengenai Rerata, Uji Hipotesis Mengenai Variansi, Uji Normalitas Populasi, Uji Independensi, Uji Homogenitas Variansi Populasi, Analisis Variansi Satu Jalan Sel Sama dan Sel Tak Sama, Analisis Variansi Dua Jalan Sel Sama dan Sel Tak Sama, serta Regresi dan Korelasi Linier Sederhana.

Learning Outcomes

  1. Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  3. Mampu mengaplikasikan metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu memanfaatkan IPTEKS untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam rangka menyelesaikan masalah di bidang pendidikan jasmani, kesehatan, dan rekreasi.
  4. Mampu menguasai metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu menguasai konsep teoritis tentang pengolahan data.

References

[1] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

[2] Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

[3] Walpole, R. E. dan Myers R. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Terjemahan R. K. Sembiring. Bandung: Penerbit ITB.


Details ...
Course Descriptions

Mengkaji materi metode statistika khususnya statistika parametris yang meliputi: Hipotesis dan Tingkat Signifikansi Uji, Uji Hipotesis Mengenai Rerata, Uji Hipotesis Mengenai Variansi, Uji Normalitas Populasi, Uji Independensi, Uji Homogenitas Variansi Populasi, Analisis Variansi Satu Jalan Sel Sama dan Sel Tak Sama, Analisis Variansi Dua Jalan Sel Sama dan Sel Tak Sama, serta Regresi dan Korelasi Linier Sederhana.

Learning Outcomes

  1. Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  3. Mampu mengaplikasikan metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu memanfaatkan IPTEKS untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam rangka menyelesaikan masalah di bidang pendidikan jasmani, kesehatan, dan rekreasi.
  4. Mampu menguasai metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu menguasai konsep teoritis tentang pengolahan data.

References

[1] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

[2] Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

[3] Walpole, R. E. dan Myers R. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Terjemahan R. K. Sembiring. Bandung: Penerbit ITB.


Details ...
Course Descriptions

Mengkaji materi metode statistika khususnya statistika parametris yang meliputi: Hipotesis dan Tingkat Signifikansi Uji, Uji Hipotesis Mengenai Rerata, Uji Hipotesis Mengenai Variansi, Uji Normalitas Populasi, Uji Independensi, Uji Homogenitas Variansi Populasi, Analisis Variansi Satu Jalan Sel Sama dan Sel Tak Sama, Analisis Variansi Dua Jalan Sel Sama dan Sel Tak Sama, serta Regresi dan Korelasi Linier Sederhana.

Learning Outcomes

  1. Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  3. Mampu mengaplikasikan metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu memanfaatkan IPTEKS untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam rangka menyelesaikan masalah di bidang pendidikan jasmani, kesehatan, dan rekreasi.
  4. Mampu menguasai metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu menguasai konsep teoritis tentang pengolahan data.

References

[1] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

[2] Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

[3] Walpole, R. E. dan Myers R. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Terjemahan R. K. Sembiring. Bandung: Penerbit ITB.


Details ...
Course Descriptions

Mengkaji materi metode statistika khususnya statistika parametris yang meliputi: Hipotesis dan Tingkat Signifikansi Uji, Uji Hipotesis Mengenai Rerata, Uji Hipotesis Mengenai Variansi, Uji Normalitas Populasi, Uji Independensi, Uji Homogenitas Variansi Populasi, Analisis Variansi Satu Jalan Sel Sama dan Sel Tak Sama, Analisis Variansi Dua Jalan Sel Sama dan Sel Tak Sama, serta Regresi dan Korelasi Linier Sederhana.

Learning Outcomes

  1. Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  3. Mampu mengaplikasikan metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu memanfaatkan IPTEKS untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam rangka menyelesaikan masalah di bidang pendidikan jasmani, kesehatan, dan rekreasi.
  4. Mampu menguasai metode statistika dalam penelitian pendidikan serta mampu menguasai konsep teoritis tentang pengolahan data.

References

[1] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

[2] Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

[3] Walpole, R. E. dan Myers R. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Terjemahan R. K. Sembiring. Bandung: Penerbit ITB.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali wawasan, pengetahuan dan pengalaman belajar kepada mahasiswa tentang Ilmu Statistik. Perkuliahan dilaksanakan dalam

bentuk ceramah, penugasan, demonstrasi dan praktek mandiri menggunakan software SPSS untuk belajar mengolah data penelitian

Learning Outcomes

Para mahasiswa dapat menjelaskan  mengenai : dasar-dasar statistika tentang mengapa belajar statistika untuk pendidikan jasmani dan olahraga, dan menyelesaikan permasalahan dalam penelitian pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali wawasan, pengetahuan dan pengalaman belajar kepada mahasiswa tentang Ilmu Statistik. Perkuliahan dilaksanakan dalam

bentuk ceramah, penugasan, demonstrasi dan praktek mandiri menggunakan software SPSS untuk belajar mengolah data penelitian

Learning Outcomes

Para mahasiswa dapat menjelaskan  mengenai : dasar-dasar statistika tentang mengapa belajar statistika untuk pendidikan jasmani dan olahraga, dan menyelesaikan permasalahan dalam penelitian pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan.

References

-


Details ...