Manajemen konflik, Curriculum : 2018


Courser in EnglishCONFLICT MANAGEMENT
ProgramManajemen
SKS2 SKS
RPS22 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini menjelaskan konsep dasar  Mana jemen Konflik yang mencakup: definisi, transfomasi, jenis, proses Mana jemen Konflik, teori-teori Mana jemen Konflik, penyebab konflik, strategi mengatasi dampak  terhadap konflik, tahapan konflik, latar belakang faktor penyebab konflik, tingkatan konflik, metode menyelesaikan konflik, gaya dalam penyelesaian konflik, penyelesaian konflik dengan pihak  ketiga

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menguraikan konsep-konsep Pengawasan/ Supervisi Pendidikan,  ruang lingkup  dan materi Pengawasan/ Supervisi Pendidikan  dalam  dalam bentuk makalah

References

  • Tho Riyanto, Martinus Th, Kelompok Kerja Yang Efektif,Kanisius,  2008.
  • Ernie Trisnawati Sule, Kurniawan Saefullah, Pengantar Manajemen, Prenada Media Group, Edisi Pertama 2009.
  • Edy Sutrisno, Managemen Sumber Daya Manusia, Prenada Media Group, 2009


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menjelaskan konsep dasar  Mana jemen Konflik yang mencakup: definisi, transfomasi, jenis, proses Mana jemen Konflik, teori-teori Mana jemen Konflik, penyebab konflik, strategi mengatasi dampak  terhadap konflik, tahapan konflik, latar belakang faktor penyebab konflik, tingkatan konflik, metode menyelesaikan konflik, gaya dalam penyelesaian konflik, penyelesaian konflik dengan pihak  ketiga

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menguraikan konsep-konsep Pengawasan/ Supervisi Pendidikan,  ruang lingkup  dan materi Pengawasan/ Supervisi Pendidikan  dalam  dalam bentuk makalah

References

  • Tho Riyanto, Martinus Th, Kelompok Kerja Yang Efektif,Kanisius,  2008.
  • Ernie Trisnawati Sule, Kurniawan Saefullah, Pengantar Manajemen, Prenada Media Group, Edisi Pertama 2009.
  • Edy Sutrisno, Managemen Sumber Daya Manusia, Prenada Media Group, 2009


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menjelaskan konsep dasar  Mana jemen Konflik yang mencakup: definisi, transfomasi, jenis, proses Mana jemen Konflik, teori-teori Mana jemen Konflik, penyebab konflik, strategi mengatasi dampak  terhadap konflik, tahapan konflik, latar belakang faktor penyebab konflik, tingkatan konflik, metode menyelesaikan konflik, gaya dalam penyelesaian konflik, penyelesaian konflik dengan pihak  ketiga

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menguraikan konsep-konsep Pengawasan/ Supervisi Pendidikan,  ruang lingkup  dan materi Pengawasan/ Supervisi Pendidikan  dalam  dalam bentuk makalah

References

  • Tho Riyanto, Martinus Th, Kelompok Kerja Yang Efektif,Kanisius,  2008.
  • Ernie Trisnawati Sule, Kurniawan Saefullah, Pengantar Manajemen, Prenada Media Group, Edisi Pertama 2009.
  • Edy Sutrisno, Managemen Sumber Daya Manusia, Prenada Media Group, 2009


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menjelaskan konsep dasar  Mana jemen Konflik yang mencakup: definisi, transfomasi, jenis, proses Mana jemen Konflik, teori-teori Mana jemen Konflik, penyebab konflik, strategi mengatasi dampak  terhadap konflik, tahapan konflik, latar belakang faktor penyebab konflik, tingkatan konflik, metode menyelesaikan konflik, gaya dalam penyelesaian konflik, penyelesaian konflik dengan pihak  ketiga

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menguraikan konsep-konsep Pengawasan/ Supervisi Pendidikan,  ruang lingkup  dan materi Pengawasan/ Supervisi Pendidikan  dalam  dalam bentuk makalah

References

  • Tho Riyanto, Martinus Th, Kelompok Kerja Yang Efektif,Kanisius,  2008.
  • Ernie Trisnawati Sule, Kurniawan Saefullah, Pengantar Manajemen, Prenada Media Group, Edisi Pertama 2009.
  • Edy Sutrisno, Managemen Sumber Daya Manusia, Prenada Media Group, 2009


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menjelaskan konsep dasar  Mana jemen Konflik yang mencakup: definisi, transfomasi, jenis, proses Mana jemen Konflik, teori-teori Mana jemen Konflik, penyebab konflik, strategi mengatasi dampak  terhadap konflik, tahapan konflik, latar belakang faktor penyebab konflik, tingkatan konflik, metode menyelesaikan konflik, gaya dalam penyelesaian konflik, penyelesaian konflik dengan pihak  ketiga

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menguraikan konsep-konsep Pengawasan/ Supervisi Pendidikan,  ruang lingkup  dan materi Pengawasan/ Supervisi Pendidikan  dalam  dalam bentuk makalah

References

  • Tho Riyanto, Martinus Th, Kelompok Kerja Yang Efektif,Kanisius,  2008.
  • Ernie Trisnawati Sule, Kurniawan Saefullah, Pengantar Manajemen, Prenada Media Group, Edisi Pertama 2009.
  • Edy Sutrisno, Managemen Sumber Daya Manusia, Prenada Media Group, 2009


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menjelaskan konsep dasar  Mana jemen Konflik yang mencakup: definisi, transfomasi, jenis, proses Mana jemen Konflik, teori-teori Mana jemen Konflik, penyebab konflik, strategi mengatasi dampak  terhadap konflik, tahapan konflik, latar belakang faktor penyebab konflik, tingkatan konflik, metode menyelesaikan konflik, gaya dalam penyelesaian konflik, penyelesaian konflik dengan pihak  ketiga

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menguraikan konsep-konsep Pengawasan/ Supervisi Pendidikan,  ruang lingkup  dan materi Pengawasan/ Supervisi Pendidikan  dalam  dalam bentuk makalah

References

  • Tho Riyanto, Martinus Th, Kelompok Kerja Yang Efektif,Kanisius,  2008.
  • Ernie Trisnawati Sule, Kurniawan Saefullah, Pengantar Manajemen, Prenada Media Group, Edisi Pertama 2009.
  • Edy Sutrisno, Managemen Sumber Daya Manusia, Prenada Media Group, 2009


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menjelaskan konsep dasar  Mana jemen Konflik yang mencakup: definisi, transfomasi, jenis, proses Mana jemen Konflik, teori-teori Mana jemen Konflik, penyebab konflik, strategi mengatasi dampak  terhadap konflik, tahapan konflik, latar belakang faktor penyebab konflik, tingkatan konflik, metode menyelesaikan konflik, gaya dalam penyelesaian konflik, penyelesaian konflik dengan pihak  ketiga

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menguraikan konsep-konsep Pengawasan/ Supervisi Pendidikan,  ruang lingkup  dan materi Pengawasan/ Supervisi Pendidikan  dalam  dalam bentuk makalah

References

  • Tho Riyanto, Martinus Th, Kelompok Kerja Yang Efektif,Kanisius,  2008.
  • Ernie Trisnawati Sule, Kurniawan Saefullah, Pengantar Manajemen, Prenada Media Group, Edisi Pertama 2009.
  • Edy Sutrisno, Managemen Sumber Daya Manusia, Prenada Media Group, 2009


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menjelaskan konsep dasar  Mana jemen Konflik yang mencakup: definisi, transfomasi, jenis, proses Mana jemen Konflik, teori-teori Mana jemen Konflik, penyebab konflik, strategi mengatasi dampak  terhadap konflik, tahapan konflik, latar belakang faktor penyebab konflik, tingkatan konflik, metode menyelesaikan konflik, gaya dalam penyelesaian konflik, penyelesaian konflik dengan pihak  ketiga

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menguraikan konsep-konsep Pengawasan/ Supervisi Pendidikan,  ruang lingkup  dan materi Pengawasan/ Supervisi Pendidikan  dalam  dalam bentuk makalah

References

  • Tho Riyanto, Martinus Th, Kelompok Kerja Yang Efektif,Kanisius,  2008.
  • Ernie Trisnawati Sule, Kurniawan Saefullah, Pengantar Manajemen, Prenada Media Group, Edisi Pertama 2009.
  • Edy Sutrisno, Managemen Sumber Daya Manusia, Prenada Media Group, 2009


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menjelaskan konsep dasar  Mana jemen Konflik yang mencakup: definisi, transfomasi, jenis, proses Mana jemen Konflik, teori-teori Mana jemen Konflik, penyebab konflik, strategi mengatasi dampak  terhadap konflik, tahapan konflik, latar belakang faktor penyebab konflik, tingkatan konflik, metode menyelesaikan konflik, gaya dalam penyelesaian konflik, penyelesaian konflik dengan pihak  ketiga

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menguraikan konsep-konsep Pengawasan/ Supervisi Pendidikan,  ruang lingkup  dan materi Pengawasan/ Supervisi Pendidikan  dalam  dalam bentuk makalah

References

  • Tho Riyanto, Martinus Th, Kelompok Kerja Yang Efektif,Kanisius,  2008.
  • Ernie Trisnawati Sule, Kurniawan Saefullah, Pengantar Manajemen, Prenada Media Group, Edisi Pertama 2009.
  • Edy Sutrisno, Managemen Sumber Daya Manusia, Prenada Media Group, 2009


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menguraikan dan menjelaskan tentang teori, konsep dasar dan paradigma tentang suatu pendekatan yang berorientasi pada proses yang mengarahkan pada bentuk komunikasi (termasuk tingkah laku) dari pelaku maupun pihak luar dan bagaimana mereka mempengaruhi kepentingan (interests) dan interpretasi. Selain itu, proses manajemen konflik menunjuk pada pola komunikasi (termasuk perilaku) para pelaku dan bagaimana mereka mempengaruhi kepentingan dan penafsiran terhadap konflik. Dengan demikian, mata kuliah ini melihat serangkaian aksi dan reaksi antara pelaku maupun pihak luar dalam suatu konflik dimana melibatkan bantuan diri sendiri, kerjasama dalam memecahkan masalah (dengan atau tanpa bantuan pihak ketiga) atau pengambilan keputusan oleh pihak ketiga. Adapun perkuliahan diselenggarakan sebanyak 16 kali pertemuan dalam satu semester, yang terdiri dari 14 kali pertemuan teori dan 2 kali pertemuan yang dikhususkan untuk pelaksanaan UTS (Ujian Tengah Semester) dan UAS (Ujian Akhir Semester).

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi tahapan pengelolaan konflik, dan memberikan rekomendasi pengelolaan konflik antara masyarakat, pemerintah, maupun market sector, yakni : 1. Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan konsep dan teori manajemen konflik 2. Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai macam fenomena manajemen konflik 3. Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengidentifikasi model manajemen konflik di Indonesia 4. Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengidentifikasi tatangan dan hambatan manajemen konflik

References

1


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menguraikan dan menjelaskan tentang teori, konsep dasar dan paradigma tentang suatu pendekatan yang berorientasi pada proses yang mengarahkan pada bentuk komunikasi (termasuk tingkah laku) dari pelaku maupun pihak luar dan bagaimana mereka mempengaruhi kepentingan (interests) dan interpretasi. Selain itu, proses manajemen konflik menunjuk pada pola komunikasi (termasuk perilaku) para pelaku dan bagaimana mereka mempengaruhi kepentingan dan penafsiran terhadap konflik. Dengan demikian, mata kuliah ini melihat serangkaian aksi dan reaksi antara pelaku maupun pihak luar dalam suatu konflik dimana melibatkan bantuan diri sendiri, kerjasama dalam memecahkan masalah (dengan atau tanpa bantuan pihak ketiga) atau pengambilan keputusan oleh pihak ketiga. Adapun perkuliahan diselenggarakan sebanyak 16 kali pertemuan dalam satu semester, yang terdiri dari 14 kali pertemuan teori dan 2 kali pertemuan yang dikhususkan untuk pelaksanaan UTS (Ujian Tengah Semester) dan UAS (Ujian Akhir Semester).

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi tahapan pengelolaan konflik, dan memberikan rekomendasi pengelolaan konflik antara masyarakat, pemerintah, maupun market sector, yakni : 1. Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan konsep dan teori manajemen konflik 2. Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai macam fenomena manajemen konflik 3. Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengidentifikasi model manajemen konflik di Indonesia 4. Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengidentifikasi tatangan dan hambatan manajemen konflik

References

1


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menguraikan dan menjelaskan tentang teori, konsep dasar dan paradigma tentang suatu pendekatan yang berorientasi pada proses yang mengarahkan pada bentuk komunikasi (termasuk tingkah laku) dari pelaku maupun pihak luar dan bagaimana mereka mempengaruhi kepentingan (interests) dan interpretasi. Selain itu, proses manajemen konflik menunjuk pada pola komunikasi (termasuk perilaku) para pelaku dan bagaimana mereka mempengaruhi kepentingan dan penafsiran terhadap konflik. Dengan demikian, mata kuliah ini melihat serangkaian aksi dan reaksi antara pelaku maupun pihak luar dalam suatu konflik dimana melibatkan bantuan diri sendiri, kerjasama dalam memecahkan masalah (dengan atau tanpa bantuan pihak ketiga) atau pengambilan keputusan oleh pihak ketiga. Adapun perkuliahan diselenggarakan sebanyak 16 kali pertemuan dalam satu semester, yang terdiri dari 14 kali pertemuan teori dan 2 kali pertemuan yang dikhususkan untuk pelaksanaan UTS (Ujian Tengah Semester) dan UAS (Ujian Akhir Semester).

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi tahapan pengelolaan konflik, dan memberikan rekomendasi pengelolaan konflik antara masyarakat, pemerintah, maupun market sector, yakni : 1. Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan konsep dan teori manajemen konflik 2. Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai macam fenomena manajemen konflik 3. Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengidentifikasi model manajemen konflik di Indonesia 4. Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengidentifikasi tatangan dan hambatan manajemen konflik

References

1


Details ...