Courser in English | ENGLISH |
Program | Arsitektur |
SKS | 2 SKS |
RPS | 34 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan pengalaman kepada para mahasiswa PGSD tentang ketrampilan berbahasa secara terpadu dengan memperhatikan kepentingan mahasiswa PGSD sebagai calon sarjana berbasis pendidikan guru sekolah dasar. Mata kuliah ini meliputi pola-pola kalimat dasar dan utama yang mutlak harus dikuasai dalam bahasa Inggris, gramatika lanjutan, bacaan-bacaan yang mendukung profesi sebagai guru SD, peristilahan-peristilahan bahasa Inggris yang banyak dipakai dalam olah raga, kesehatan dan rekreasi, serta percakapan sederhana yang dipakai sehari-hari, terutama yang menunjang profesi kesarjanaannya.
Learning Outcomesa. Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang tercakup dalam aspek –aspek ketrampilan Listening, Speaking, Reading, dan Writing secara terpadu dengan penekanan utama pada ketrampilan membaca dan memahami bacaan dengan cepat, dan ketrampilan berbicara sebagai aspek ketrampilan terpenting untuk mencapai tujuan mata kuliah Bahasa Inggris di lingkungan UPGRIS, khususnya untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa PGSD dalam hubungannya dengan komunitas internasional dan sekaligus sebagai alat untuk memperoleh dan meningkatkan ilmu pengetahuan.
b. Mengantar mahasiswa kepada peningkatan kemampuan membaca istilah ilmiah/tulisan atau buku-buku yang ditulis dalam bahasa Inggris, khususnya yang berkaitan dengan Pendidikan Sekolah Dasar
References
Referensi:
utama
1. Yan Haryanto, Endang Sulasbawiatini dan Johanna B.S. Pantow. 2007. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Inggris S-1 PGSD. Jakarta: Universitas Terbuka – Depdiknas.
2. Slamet Riyanto.2007.How to say it. Yogyakarta: Pustaka pelajar
3. Rohana Abdullah. 2007. Bahan Ajar Cetak: Bahasa Inggris (S-1 PJJ PGSD). Jakarta: Depdiknas–Ditjen Ketenagaan.
4. Ramelan, 1999. English phonetics, Semarang: IKIP Semarang Press
pendukung
Frank, Marcella (1972). Modern English. Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs, New jersey.
Hornby, A.S. (1979). The teaching of Structural Words and Sentence Patterns.Oxford University Press, London.
Markstein, Linda; Hirasawa, Louise (1982). Expanding reading Skills. Newbury House Publishers, Inc. Rowley. London.
Quirk, Randolph; Baum, Sidney Green (1983) A University Grammar of English. Longman Group Limited, England.
Thomson, A.J. and A.V. Martinet (1986). A Practical English Grammar. Oxford University Press, London.
Wishon, George; Burks, Julia M. (1988). Le’s write English. American Book Company, New York.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah umum yang wajib diambil oleh setiap mahasiswa di luar prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Materi-materi yang disampaikan dalam perkuliahan English meliputi kegiatan pemberian materi teori dan praktik berisi materi umum ke-bahasa inggris-an yang bersifat sangat dasar (basic consept), meliputi materi tenses dasar (bentuk simple past, present, dan future tenses), kalimat aktif dan pasif, mendeskripsikan suatu benda, orang, dan sebagainya yang bertujuan membiasakan mereka untuk mampu dan percaya diri untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris baik lisan maupun tertulis.
Learning OutcomesKeterampilan Umum : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis
KeterampilanKhusus : Terampil berbahasa Inggris dalam konteks akademis
ReferencesEgar, Ngasbun dan tim. 2018. Wonderful English. Semarang: handout, unpublished
Alexander, LG. Practice and Progress an Integrated Course for Pre-Intermediate Students. London. Longman Group Ltd.
Bohlke, D. Skillful Reading and Writing Student’s Book Foundation. Macmillan.
Oshima, Alice. 1999. Writing Academic English (Third Edition). New York: Longman.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah umum yang wajib diambil oleh setiap mahasiswa di luar prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Materi-materi yang disampaikan dalam perkuliahan English meliputi kegiatan pemberian materi teori dan praktik berisi materi umum ke-bahasa inggris-an yang bersifat sangat dasar (basic consept), meliputi materi tenses dasar (bentuk simple past, present, dan future tenses), kalimat aktif dan pasif, mendeskripsikan suatu benda, orang, dan sebagainya yang bertujuan membiasakan mereka untuk mampu dan percaya diri untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris baik lisan maupun tertulis.
Learning OutcomesKeterampilan Umum : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis
KeterampilanKhusus : Terampil berbahasa Inggris dalam konteks akademis
ReferencesEgar, Ngasbun dan tim. 2018. Wonderful English. Semarang: handout, unpublished
Alexander, LG. Practice and Progress an Integrated Course for Pre-Intermediate Students. London. Longman Group Ltd.
Bohlke, D. Skillful Reading and Writing Student’s Book Foundation. Macmillan.
Oshima, Alice. 1999. Writing Academic English (Third Edition). New York: Longman.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah umum yang wajib diambil oleh setiap mahasiswa di luar prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Materi-materi yang disampaikan dalam perkuliahan English meliputi kegiatan pemberian materi teori dan praktik berisi materi umum ke-bahasa inggris-an yang bersifat sangat dasar (basic consept), meliputi materi tenses dasar (bentuk simple past, present, dan future tenses), kalimat aktif dan pasif, mendeskripsikan suatu benda, orang, dan sebagainya yang bertujuan membiasakan mereka untuk mampu dan percaya diri untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris baik lisan maupun tertulis.
Learning OutcomesKeterampilan Umum : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis
KeterampilanKhusus : Terampil berbahasa Inggris dalam konteks akademis
ReferencesEgar, Ngasbun dan tim. 2018. Wonderful English. Semarang: handout, unpublished
Alexander, LG. Practice and Progress an Integrated Course for Pre-Intermediate Students. London. Longman Group Ltd.
Bohlke, D. Skillful Reading and Writing Student’s Book Foundation. Macmillan.
Oshima, Alice. 1999. Writing Academic English (Third Edition). New York: Longman.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah umum yang wajib diambil oleh setiap mahasiswa di luar prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Materi-materi yang disampaikan dalam perkuliahan English meliputi kegiatan pemberian materi teori dan praktik berisi materi umum ke-bahasa inggris-an yang bersifat sangat dasar (basic consept), meliputi materi tenses dasar (bentuk simple past, present, dan future tenses), kalimat aktif dan pasif, mendeskripsikan suatu benda, orang, dan sebagainya yang bertujuan membiasakan mereka untuk mampu dan percaya diri untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris baik lisan maupun tertulis.
Learning OutcomesKeterampilan Umum : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis
KeterampilanKhusus : Terampil berbahasa Inggris dalam konteks akademis
ReferencesEgar, Ngasbun dan tim. 2018. Wonderful English. Semarang: handout, unpublished
Alexander, LG. Practice and Progress an Integrated Course for Pre-Intermediate Students. London. Longman Group Ltd.
Bohlke, D. Skillful Reading and Writing Student’s Book Foundation. Macmillan.
Oshima, Alice. 1999. Writing Academic English (Third Edition). New York: Longman.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah umum yang wajib diambil oleh setiap mahasiswa di luar prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Materi-materi yang disampaikan dalam perkuliahan English meliputi kegiatan pemberian materi teori dan praktik berisi materi umum ke-bahasa inggris-an yang bersifat sangat dasar (basic consept), meliputi materi tenses dasar (bentuk simple past, present, dan future tenses), kalimat aktif dan pasif, mendeskripsikan suatu benda, orang, dan sebagainya yang bertujuan membiasakan mereka untuk mampu dan percaya diri untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris baik lisan maupun tertulis.
Learning OutcomesKeterampilan Umum : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis
KeterampilanKhusus : Terampil berbahasa Inggris dalam konteks akademis
ReferencesEgar, Ngasbun dan tim. 2018. Wonderful English. Semarang: handout, unpublished
Alexander, LG. Practice and Progress an Integrated Course for Pre-Intermediate Students. London. Longman Group Ltd.
Bohlke, D. Skillful Reading and Writing Student’s Book Foundation. Macmillan.
Oshima, Alice. 1999. Writing Academic English (Third Edition). New York: Longman.
Details ...
-
Learning OutcomesKeterampilan Umum : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis Keterampilan Khusus : Terampil berbahasa Inggris dalam konteks akademis
References-
Details ...
-
Learning OutcomesKeterampilan Umum : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis Keterampilan Khusus : Terampil berbahasa Inggris dalam konteks akademis
References-
Details ...
-
Learning OutcomesKeterampilan Umum : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis Keterampilan Khusus : Terampil berbahasa Inggris dalam konteks akademis
References-
Details ...
Deskripsi umum
Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan pengalaman kepada para mahasiswa tentang ketrampilan berbahasa secara terpadu dengan memperhatikan kepentingan mahasiswa sebagai calon sarjana berbasis perguruan tinggi. Mata kuliah ini meliputi pola-pola kalimat dasar dan utama yang mutlak harus dikuasai dalam bahasa Inggris, gramatika lanjutan, bacaan-bacaan yang mendukung profesi, peristilahan-peristilahan bahasa Inggris yang banyak dipakai dalam profesi yang bersangkutan, serta percakapan sederhana yang dipakai sehari-hari, terutama yang menunjang profesi kesarjanaannya.
Learning Outcomesa. Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang tercakup dalam aspek –aspek ketrampilan Listening, Speaking, Reading, dan Writing secara terpadu dengan penekanan utama pada ketrampilan membaca dan memahami bacaan dengan cepat, dan ketrampilan berbicara sebagai aspek ketrampilan terpenting untuk mencapai tujuan mata kuliah Bahasa Inggris di lingkungan UPGRIS, khususnya untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dalam hubungannya dengan komunitas internasional dan sekaligus sebagai alat untuk memperoleh dan meningkatkan ilmu pengetahuan.
b. Mengantar mahasiswa kepada peningkatan kemampuan membaca istilah ilmiah/tulisan atau buku-buku yang ditulis dalam bahasa Inggris, khususnya yang berkaitan dengan bidang ilmunya
ReferencesReferensi:
utama
1. Yan Haryanto, Endang Sulasbawiatini dan Johanna B.S. Pantow. 2007. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Inggris S-1 PGSD. Jakarta: Universitas Terbuka – Depdiknas.
2. Slamet Riyanto.2007.How to say it. Yogyakarta: Pustaka pelajar
3. Rohana Abdullah. 2007. Bahan Ajar Cetak: Bahasa Inggris (S-1 PJJ PGSD). Jakarta: Depdiknas–Ditjen Ketenagaan.
4. Ramelan, 1999. English phonetics, Semarang: IKIP Semarang Press
pendukung
Frank, Marcella (1972). Modern English. Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs, New jersey.
Hornby, A.S. (1979). The teaching of Structural Words and Sentence Patterns.Oxford University Press, London.
Markstein, Linda; Hirasawa, Louise (1982). Expanding reading Skills. Newbury House Publishers, Inc. Rowley. London.
Quirk, Randolph; Baum, Sidney Green (1983) A University Grammar of English. Longman Group Limited, England.
Thomson, A.J. and A.V. Martinet (1986). A Practical English Grammar. Oxford University Press, London.
Wishon, George; Burks, Julia M. (1988). Le’s write English. American Book Company, New York.
Details ...
Deskripsi umum
Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan pengalaman kepada para mahasiswa tentang ketrampilan berbahasa secara terpadu dengan memperhatikan kepentingan mahasiswa sebagai calon sarjana berbasis perguruan tinggi. Mata kuliah ini meliputi pola-pola kalimat dasar dan utama yang mutlak harus dikuasai dalam bahasa Inggris, gramatika lanjutan, bacaan-bacaan yang mendukung profesi, peristilahan-peristilahan bahasa Inggris yang banyak dipakai dalam profesi yang bersangkutan, serta percakapan sederhana yang dipakai sehari-hari, terutama yang menunjang profesi kesarjanaannya.
Learning Outcomesa. Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang tercakup dalam aspek –aspek ketrampilan Listening, Speaking, Reading, dan Writing secara terpadu dengan penekanan utama pada ketrampilan membaca dan memahami bacaan dengan cepat, dan ketrampilan berbicara sebagai aspek ketrampilan terpenting untuk mencapai tujuan mata kuliah Bahasa Inggris di lingkungan UPGRIS, khususnya untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dalam hubungannya dengan komunitas internasional dan sekaligus sebagai alat untuk memperoleh dan meningkatkan ilmu pengetahuan.
b. Mengantar mahasiswa kepada peningkatan kemampuan membaca istilah ilmiah/tulisan atau buku-buku yang ditulis dalam bahasa Inggris, khususnya yang berkaitan dengan bidang ilmunya
ReferencesReferensi:
utama
1. Yan Haryanto, Endang Sulasbawiatini dan Johanna B.S. Pantow. 2007. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Inggris S-1 PGSD. Jakarta: Universitas Terbuka – Depdiknas.
2. Slamet Riyanto.2007.How to say it. Yogyakarta: Pustaka pelajar
3. Rohana Abdullah. 2007. Bahan Ajar Cetak: Bahasa Inggris (S-1 PJJ PGSD). Jakarta: Depdiknas–Ditjen Ketenagaan.
4. Ramelan, 1999. English phonetics, Semarang: IKIP Semarang Press
pendukung
Frank, Marcella (1972). Modern English. Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs, New jersey.
Hornby, A.S. (1979). The teaching of Structural Words and Sentence Patterns.Oxford University Press, London.
Markstein, Linda; Hirasawa, Louise (1982). Expanding reading Skills. Newbury House Publishers, Inc. Rowley. London.
Quirk, Randolph; Baum, Sidney Green (1983) A University Grammar of English. Longman Group Limited, England.
Thomson, A.J. and A.V. Martinet (1986). A Practical English Grammar. Oxford University Press, London.
Wishon, George; Burks, Julia M. (1988). Le’s write English. American Book Company, New York.
Details ...