Courser in English | TEACHING OF NUMERICAL THEORY |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 13 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan, problematika pembelajaran materi bilangan di Sekolah Dasar/MI, mendesain perangkat pembelajaran, dan praktik mengajar materi bilangan
Learning OutcomesMahasiswa dapat mendesain pembelajaran pada materi bilangan di SD
References- Soewito. 1992. Pendidikan Matematika 1.Jakarta:DEPDIKBUD
- Suhendra. 2008. Kapita Selekta Matematika. Bandung: UPI PRESS
- Muchtar Abdul Karim. 2008. Pendidikan Matematika 2. Jakarta: UT
- Buku Paket SD kelas 1 - 6
Details ...
Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan, problematika pembelajaran materi bilangan di Sekolah Dasar/MI, mendesain perangkat pembelajaran, dan praktik mengajar materi bilangan
Learning OutcomesMahasiswa dapat mendesain pembelajaran pada materi bilangan di SD
References- Soewito. 1992. Pendidikan Matematika 1.Jakarta:DEPDIKBUD
- Suhendra. 2008. Kapita Selekta Matematika. Bandung: UPI PRESS
- Muchtar Abdul Karim. 2008. Pendidikan Matematika 2. Jakarta: UT
- Buku Paket SD kelas 1 - 6
Details ...
Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan, problematika pembelajaran materi bilangan di Sekolah Dasar/MI, mendesain perangkat pembelajaran, dan praktik mengajar materi bilangan
Learning OutcomesMahasiswa dapat mendesain pembelajaran pada materi bilangan di SD
References- Soewito. 1992. Pendidikan Matematika 1.Jakarta:DEPDIKBUD
- Suhendra. 2008. Kapita Selekta Matematika. Bandung: UPI PRESS
- Muchtar Abdul Karim. 2008. Pendidikan Matematika 2. Jakarta: UT
- Buku Paket SD kelas 1 - 6
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang bagaimana cara menjelaskan materi bilangan di SD dari kelas 1 sampai kelas 6. (pembelajaran materi bilangan di SD kelaa 1 s/d kelas 6, , mendesain perangkat pembelajaran dan media pembelajaran bilangan di SD, dan praktik mengajar materi bilangan.
Learning Outcomes- Sikapdan Tata Nilai
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
- KeterampilanUmum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Penguasaan pengetahuan
- Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- KeterampilanKhusus
- Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
- Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumBer belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar
Pitadjeng.2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan.Jakarta : Depdiknas.
Soewito. 1992. Pendidikan Matematika 1.Jakarta:DEPDIKBUD
Suhendra. 2008. Kapita Selekta Matematika. Bandung: UPI PRESS
Muchtar Abdul Karim. 2008. Pendidikan Matematika 2. Jakarta: UT
Buku Paket SD kelas 1 - 6
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang bagaimana cara menjelaskan materi bilangan di SD dari kelas 1 sampai kelas 6. (pembelajaran materi bilangan di SD kelaa 1 s/d kelas 6, , mendesain perangkat pembelajaran dan media pembelajaran bilangan di SD, dan praktik mengajar materi bilangan.
Learning Outcomes- Sikapdan Tata Nilai
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
- KeterampilanUmum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Penguasaan pengetahuan
- Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- KeterampilanKhusus
- Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
- Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumBer belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar
Pitadjeng.2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan.Jakarta : Depdiknas.
Soewito. 1992. Pendidikan Matematika 1.Jakarta:DEPDIKBUD
Suhendra. 2008. Kapita Selekta Matematika. Bandung: UPI PRESS
Muchtar Abdul Karim. 2008. Pendidikan Matematika 2. Jakarta: UT
Buku Paket SD kelas 1 - 6
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang bagaimana cara menjelaskan materi bilangan di SD dari kelas 1 sampai kelas 6. (pembelajaran materi bilangan di SD kelaa 1 s/d kelas 6, , mendesain perangkat pembelajaran dan media pembelajaran bilangan di SD, dan praktik mengajar materi bilangan.
Learning Outcomes- Sikapdan Tata Nilai
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
- KeterampilanUmum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Penguasaan pengetahuan
- Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- KeterampilanKhusus
- Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
- Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumBer belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar
Pitadjeng.2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan.Jakarta : Depdiknas.
Soewito. 1992. Pendidikan Matematika 1.Jakarta:DEPDIKBUD
Suhendra. 2008. Kapita Selekta Matematika. Bandung: UPI PRESS
Muchtar Abdul Karim. 2008. Pendidikan Matematika 2. Jakarta: UT
Buku Paket SD kelas 1 - 6
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang bagaimana cara menjelaskan materi bilangan di SD dari kelas 1 sampai kelas 6. (pembelajaran materi bilangan di SD kelaa 1 s/d kelas 6, , mendesain perangkat pembelajaran dan media pembelajaran bilangan di SD, dan praktik mengajar materi bilangan.
Learning Outcomes- Sikapdan Tata Nilai
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
- KeterampilanUmum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Penguasaan pengetahuan
- Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- KeterampilanKhusus
- Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
- Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumBer belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar
Pitadjeng.2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan.Jakarta : Depdiknas.
Soewito. 1992. Pendidikan Matematika 1.Jakarta:DEPDIKBUD
Suhendra. 2008. Kapita Selekta Matematika. Bandung: UPI PRESS
Muchtar Abdul Karim. 2008. Pendidikan Matematika 2. Jakarta: UT
Buku Paket SD kelas 1 - 6
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang bagaimana cara menjelaskan materi bilangan di SD dari kelas 1 sampai kelas 6. (pembelajaran materi bilangan di SD kelaa 1 s/d kelas 6, , mendesain perangkat pembelajaran dan media pembelajaran bilangan di SD, dan praktik mengajar materi bilangan.
Learning Outcomes- Sikapdan Tata Nilai
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
- KeterampilanUmum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Penguasaan pengetahuan
- Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- KeterampilanKhusus
- Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
- Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumBer belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar
Pitadjeng.2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan.Jakarta : Depdiknas.
Soewito. 1992. Pendidikan Matematika 1.Jakarta:DEPDIKBUD
Suhendra. 2008. Kapita Selekta Matematika. Bandung: UPI PRESS
Muchtar Abdul Karim. 2008. Pendidikan Matematika 2. Jakarta: UT
Buku Paket SD kelas 1 - 6
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang bagaimana cara menjelaskan materi bilangan di SD dari kelas 1 sampai kelas 6. (pembelajaran materi bilangan di SD kelaa 1 s/d kelas 6, , mendesain perangkat pembelajaran dan media pembelajaran bilangan di SD, dan praktik mengajar materi bilangan.
Learning Outcomes- Sikapdan Tata Nilai
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
- KeterampilanUmum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Penguasaan pengetahuan
- Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- KeterampilanKhusus
- Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
- Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumBer belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar
Pitadjeng.2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan.Jakarta : Depdiknas.
Soewito. 1992. Pendidikan Matematika 1.Jakarta:DEPDIKBUD
Suhendra. 2008. Kapita Selekta Matematika. Bandung: UPI PRESS
Muchtar Abdul Karim. 2008. Pendidikan Matematika 2. Jakarta: UT
Buku Paket SD kelas 1 - 6
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang bagaimana cara menjelaskan materi bilangan di SD dari kelas 1 sampai kelas 6. (pembelajaran materi bilangan di SD kelaa 1 s/d kelas 6, , mendesain perangkat pembelajaran dan media pembelajaran bilangan di SD, dan praktik mengajar materi bilangan.
Learning Outcomes- Sikapdan Tata Nilai
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
- KeterampilanUmum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Penguasaan pengetahuan
- Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- KeterampilanKhusus
- Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
- Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumBer belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar
Pitadjeng.2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan.Jakarta : Depdiknas.
Soewito. 1992. Pendidikan Matematika 1.Jakarta:DEPDIKBUD
Suhendra. 2008. Kapita Selekta Matematika. Bandung: UPI PRESS
Muchtar Abdul Karim. 2008. Pendidikan Matematika 2. Jakarta: UT
Buku Paket SD kelas 1 - 6
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang bagaimana cara menjelaskan materi bilangan di SD dari kelas 1 sampai kelas 6. (pembelajaran materi bilangan di SD kelaa 1 s/d kelas 6, , mendesain perangkat pembelajaran dan media pembelajaran bilangan di SD, dan praktik mengajar materi bilangan.
Learning OutcomesSikapdan Tata Nilai
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
- KeterampilanUmum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Penguasaan pengetahuan
- Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- KeterampilanKhusus
- Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
- Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumBer belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar
Pitadjeng.2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan.Jakarta : Depdiknas.
Soewito. 1992. Pendidikan Matematika 1.Jakarta:DEPDIKBUD
Suhendra. 2008. Kapita Selekta Matematika. Bandung: UPI PRESS
Muchtar Abdul Karim. 2008. Pendidikan Matematika 2. Jakarta: UT
Buku Paket SD kelas 1 - 6
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang bagaimana cara menjelaskan materi bilangan di SD dari kelas 1 sampai kelas 6. (pembelajaran materi bilangan di SD kelaa 1 s/d kelas 6, , mendesain perangkat pembelajaran dan media pembelajaran bilangan di SD, dan praktik mengajar materi bilangan.
Learning OutcomesSikapdan Tata Nilai
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
- KeterampilanUmum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Penguasaan pengetahuan
- Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- KeterampilanKhusus
- Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
- Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumBer belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar
Pitadjeng.2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan.Jakarta : Depdiknas.
Soewito. 1992. Pendidikan Matematika 1.Jakarta:DEPDIKBUD
Suhendra. 2008. Kapita Selekta Matematika. Bandung: UPI PRESS
Muchtar Abdul Karim. 2008. Pendidikan Matematika 2. Jakarta: UT
Buku Paket SD kelas 1 - 6
Details ...