Pembelajaran Teori Bilangan, Curriculum : 2010


Courser in EnglishTEACHING OF NUMERICAL THEORY
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS13 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang bagaimana cara menjelaskan materi bilangan di SD dari kelas 1 sampai kelas 6.  (pembelajaran materi bilangan di SD kelaa 1 s/d kelas 6, , mendesain perangkat pembelajaran dan media pembelajaran bilangan di SD, dan praktik mengajar materi bilangan.

Learning Outcomes

Sikapdan Tata Nilai

  1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
  2. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
  • KeterampilanUmum
    1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
    2. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  • Penguasaan pengetahuan
  1. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  2. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  3. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  • KeterampilanKhusus
    • Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
    • Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumBer belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar

References

Pitadjeng.2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan.Jakarta : Depdiknas.

Soewito. 1992. Pendidikan Matematika 1.Jakarta:DEPDIKBUD

Suhendra. 2008. Kapita Selekta Matematika. Bandung: UPI PRESS

Muchtar Abdul  Karim. 2008. Pendidikan Matematika 2. Jakarta: UT

Buku Paket SD kelas 1 - 6


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang bagaimana cara menjelaskan materi bilangan di SD dari kelas 1 sampai kelas 6.  (pembelajaran materi bilangan di SD kelaa 1 s/d kelas 6, , mendesain perangkat pembelajaran dan media pembelajaran bilangan di SD, dan praktik mengajar materi bilangan.

Learning Outcomes

Sikapdan Tata Nilai

  1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
  2. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
  • KeterampilanUmum
    1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
    2. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  • Penguasaan pengetahuan
  1. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  2. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  3. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  • KeterampilanKhusus
    • Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
    • Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumBer belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar

References

Pitadjeng.2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan.Jakarta : Depdiknas.

Soewito. 1992. Pendidikan Matematika 1.Jakarta:DEPDIKBUD

Suhendra. 2008. Kapita Selekta Matematika. Bandung: UPI PRESS

Muchtar Abdul  Karim. 2008. Pendidikan Matematika 2. Jakarta: UT

Buku Paket SD kelas 1 - 6


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang bagaimana cara menjelaskan materi bilangan di SD dari kelas 1 sampai kelas 6.  (pembelajaran materi bilangan di SD kelaa 1 s/d kelas 6, , mendesain perangkat pembelajaran dan media pembelajaran bilangan di SD, dan praktik mengajar materi bilangan.

Learning Outcomes

Sikapdan Tata Nilai

  1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
  2. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
  • KeterampilanUmum
    1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
    2. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  • Penguasaan pengetahuan
  1. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  2. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  3. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  • KeterampilanKhusus
    • Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
    • Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumBer belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar

References

Pitadjeng.2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan.Jakarta : Depdiknas.

Soewito. 1992. Pendidikan Matematika 1.Jakarta:DEPDIKBUD

Suhendra. 2008. Kapita Selekta Matematika. Bandung: UPI PRESS

Muchtar Abdul  Karim. 2008. Pendidikan Matematika 2. Jakarta: UT

Buku Paket SD kelas 1 - 6


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang bagaimana cara menjelaskan materi bilangan di SD dari kelas 1 sampai kelas 6.  (pembelajaran materi bilangan di SD kelaa 1 s/d kelas 6, , mendesain perangkat pembelajaran dan media pembelajaran bilangan di SD, dan praktik mengajar materi bilangan.

Learning Outcomes

Sikapdan Tata Nilai

  1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
  2. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
  • KeterampilanUmum
    1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
    2. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  • Penguasaan pengetahuan
  1. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  2. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  3. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  • KeterampilanKhusus
    • Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
    • Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumBer belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar

References

Pitadjeng.2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan.Jakarta : Depdiknas.

Soewito. 1992. Pendidikan Matematika 1.Jakarta:DEPDIKBUD

Suhendra. 2008. Kapita Selekta Matematika. Bandung: UPI PRESS

Muchtar Abdul  Karim. 2008. Pendidikan Matematika 2. Jakarta: UT

Buku Paket SD kelas 1 - 6


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang bagaimana cara menjelaskan materi bilangan di SD dari kelas 1 sampai kelas 6.  (pembelajaran materi bilangan di SD kelaa 1 s/d kelas 6, , mendesain perangkat pembelajaran dan media pembelajaran bilangan di SD, dan praktik mengajar materi bilangan.

Learning Outcomes

Sikapdan Tata Nilai

  1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
  2. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
  • KeterampilanUmum
    1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
    2. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  • Penguasaan pengetahuan
  1. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  2. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  3. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  • KeterampilanKhusus
    • Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
    • Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumBer belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar

References

Pitadjeng.2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan.Jakarta : Depdiknas.

Soewito. 1992. Pendidikan Matematika 1.Jakarta:DEPDIKBUD

Suhendra. 2008. Kapita Selekta Matematika. Bandung: UPI PRESS

Muchtar Abdul  Karim. 2008. Pendidikan Matematika 2. Jakarta: UT

Buku Paket SD kelas 1 - 6


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang bagaimana cara menjelaskan materi bilangan di SD dari kelas 1 sampai kelas 6.  (pembelajaran materi bilangan di SD kelaa 1 s/d kelas 6, , mendesain perangkat pembelajaran dan media pembelajaran bilangan di SD, dan praktik mengajar materi bilangan.

Learning Outcomes

  •  Sikapdan Tata Nilai
  1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
  2. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
  • KeterampilanUmum
    1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
    2. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  • Penguasaan pengetahuan
  1. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  2. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  3. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  • KeterampilanKhusus
    • Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
    • Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumBer belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar

References

Pitadjeng.2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan.Jakarta : Depdiknas.

Soewito. 1992. Pendidikan Matematika 1.Jakarta:DEPDIKBUD

Suhendra. 2008. Kapita Selekta Matematika. Bandung: UPI PRESS

Muchtar Abdul  Karim. 2008. Pendidikan Matematika 2. Jakarta: UT

Buku Paket SD kelas 1 - 6


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang bagaimana cara menjelaskan materi bilangan di SD dari kelas 1 sampai kelas 6.  (pembelajaran materi bilangan di SD kelaa 1 s/d kelas 6, , mendesain perangkat pembelajaran dan media pembelajaran bilangan di SD, dan praktik mengajar materi bilangan.

Learning Outcomes

  •  Sikapdan Tata Nilai
  1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
  2. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
  • KeterampilanUmum
    1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
    2. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  • Penguasaan pengetahuan
  1. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  2. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  3. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  • KeterampilanKhusus
    • Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
    • Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumBer belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar

References

Pitadjeng.2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan.Jakarta : Depdiknas.

Soewito. 1992. Pendidikan Matematika 1.Jakarta:DEPDIKBUD

Suhendra. 2008. Kapita Selekta Matematika. Bandung: UPI PRESS

Muchtar Abdul  Karim. 2008. Pendidikan Matematika 2. Jakarta: UT

Buku Paket SD kelas 1 - 6


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang bagaimana cara menjelaskan materi bilangan di SD dari kelas 1 sampai kelas 6.  (pembelajaran materi bilangan di SD kelaa 1 s/d kelas 6, , mendesain perangkat pembelajaran dan media pembelajaran bilangan di SD, dan praktik mengajar materi bilangan.

Learning Outcomes

  •  Sikapdan Tata Nilai
  1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
  2. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
  • KeterampilanUmum
    1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
    2. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  • Penguasaan pengetahuan
  1. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  2. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  3. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  • KeterampilanKhusus
    • Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
    • Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumBer belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar

References

Pitadjeng.2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan.Jakarta : Depdiknas.

Soewito. 1992. Pendidikan Matematika 1.Jakarta:DEPDIKBUD

Suhendra. 2008. Kapita Selekta Matematika. Bandung: UPI PRESS

Muchtar Abdul  Karim. 2008. Pendidikan Matematika 2. Jakarta: UT

Buku Paket SD kelas 1 - 6


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang bagaimana cara menjelaskan materi bilangan di SD dari kelas 1 sampai kelas 6.  (pembelajaran materi bilangan di SD kelaa 1 s/d kelas 6, , mendesain perangkat pembelajaran dan media pembelajaran bilangan di SD, dan praktik mengajar materi bilangan.

Learning Outcomes

  •  Sikapdan Tata Nilai
  1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
  2. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
  • KeterampilanUmum
    1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
    2. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  • Penguasaan pengetahuan
  1. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  2. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  3. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  • KeterampilanKhusus
    • Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
    • Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumBer belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar

References

Pitadjeng.2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan.Jakarta : Depdiknas.

Soewito. 1992. Pendidikan Matematika 1.Jakarta:DEPDIKBUD

Suhendra. 2008. Kapita Selekta Matematika. Bandung: UPI PRESS

Muchtar Abdul  Karim. 2008. Pendidikan Matematika 2. Jakarta: UT

Buku Paket SD kelas 1 - 6


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang bagaimana cara menjelaskan materi bilangan di SD dari kelas 1 sampai kelas 6.  (pembelajaran materi bilangan di SD kelaa 1 s/d kelas 6, , mendesain perangkat pembelajaran dan media pembelajaran bilangan di SD, dan praktik mengajar materi bilangan.

Learning Outcomes

  •  Sikapdan Tata Nilai
  1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
  2. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
  • KeterampilanUmum
    1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
    2. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  • Penguasaan pengetahuan
  1. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  2. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  3. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  • KeterampilanKhusus
    • Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
    • Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumBer belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar

References

Pitadjeng.2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan.Jakarta : Depdiknas.

Soewito. 1992. Pendidikan Matematika 1.Jakarta:DEPDIKBUD

Suhendra. 2008. Kapita Selekta Matematika. Bandung: UPI PRESS

Muchtar Abdul  Karim. 2008. Pendidikan Matematika 2. Jakarta: UT

Buku Paket SD kelas 1 - 6


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang bagaimana cara menjelaskan materi bilangan di SD dari kelas 1 sampai kelas 6.  (pembelajaran materi bilangan di SD kelaa 1 s/d kelas 6, , mendesain perangkat pembelajaran dan media pembelajaran bilangan di SD, dan praktik mengajar materi bilangan.

Learning Outcomes

  •  Sikapdan Tata Nilai
  1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
  2. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
  • KeterampilanUmum
    1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
    2. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  • Penguasaan pengetahuan
  1. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  2. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  3. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  • KeterampilanKhusus
    • Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
    • Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumBer belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar

References

Pitadjeng.2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan.Jakarta : Depdiknas.

Soewito. 1992. Pendidikan Matematika 1.Jakarta:DEPDIKBUD

Suhendra. 2008. Kapita Selekta Matematika. Bandung: UPI PRESS

Muchtar Abdul  Karim. 2008. Pendidikan Matematika 2. Jakarta: UT

Buku Paket SD kelas 1 - 6


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang bagaimana cara menjelaskan materi bilangan di SD dari kelas 1 sampai kelas 6.  (pembelajaran materi bilangan di SD kelaa 1 s/d kelas 6, , mendesain perangkat pembelajaran dan media pembelajaran bilangan di SD, dan praktik mengajar materi bilangan.

Learning Outcomes

  •  Sikapdan Tata Nilai
  1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
  2. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
  • KeterampilanUmum
    1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
    2. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  • Penguasaan pengetahuan
  1. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  2. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  3. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  • KeterampilanKhusus
    • Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
    • Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumBer belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar

References

Pitadjeng.2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan.Jakarta : Depdiknas.

Soewito. 1992. Pendidikan Matematika 1.Jakarta:DEPDIKBUD

Suhendra. 2008. Kapita Selekta Matematika. Bandung: UPI PRESS

Muchtar Abdul  Karim. 2008. Pendidikan Matematika 2. Jakarta: UT

Buku Paket SD kelas 1 - 6


Details ...