Filsafat Pendidikan, Curriculum : 2015


Courser in EnglishPhilosophy of Education
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS2 SKS
RPS17 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan kajian filsafat dalam penerapannya terhadap masalah-masalah Pendidikan. Di Indonesia merupakan suatu negara yang berfilsafat dan berpandangan hidup Pancasila maka Pancasila menjadi dasar dan tujuan pendidikan. Tujuannya adalah pembentukan anak didik berpribadi sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila dalam Pancasila.

Learning Outcomes

Sikap dan Tata Nilai; menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan sosial.Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara).Menerima dan mengakui anak didik yang berpotensi untuk dapat dikembangkan melalui pendidikan untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab terhadap bangsa dan negara. Keterampilan Umum; menampilkan prilaku yang sesui dengan nilai-nilai Pancasila dalam hubungannya dengan masyarakat bangsa dan negara. berkinerja berkualitas tinggi (kreatif, inovatif, dan menghargai sesama manusia, disiplin, mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan dan berkomunikasi secara efektif).Penguasaan pengetahuan; mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis filosofis dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif yang tepat dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Keterampilan Khusus; mampu memahami konsep teori-teori dari aliran-aliran filsafat pendidikan dan mampu mengambil keputusan dari masing-masing aliran fisafat pendidikan dengan pelaksanaan pendidikan di Indonesia.

References

Abdullah Idi, M.Ed. & Jalaldin. Filsafat Pendidikan, Manusia, Filsafat dan Pendidikan., Edisi Revisi. PT Raja Gravindo Persada Jakarta. 2016

AGustinus W. Dewantara, Filsafat Moral Pergumulan Etis Keseharian Hidup Manusia. PT.Kanisius. Sleman. 2017

Muhammad Syukri Albani Nasution, MA & Rizki Muhammad Haris, M.Ag. Filsafat Ilmu. PT. Raja Gravindo Persada. Depok. 2017.

Surajiyo, Ilmu Filsafat Suatu Pengantar. PT Bumi Aksara. Jakarta. 2014

Zuhairini & dkk. Filsafat Pendidikan Islam. PT Bumi Aksara Jakarta.  Cet-7. 2015


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan kajian filsafat dalam penerapannya terhadap masalah-masalah Pendidikan. Di Indonesia merupakan suatu negara yang berfilsafat dan berpandangan hidup Pancasila maka Pancasila menjadi dasar dan tujuan pendidikan. Tujuannya adalah pembentukan anak didik berpribadi sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila dalam Pancasila.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai; menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas  dan sosial. Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara). Menerima dan mengakui anak didik yang berpotensi untuk dapat dikembangkan melalui pendidikan untuk menjadi warga  negara yang bertanggung jawab terhadap bangsa dan negara.
  2. Keterampilan Umum; menampilkan prilaku yang sesui  dengan nilai-nilai PancsilaI dalam hubungannya dengan masyarakat bangsa dan negara. berkinerja berkualitas tinggi (kreatif, inovatif, dan menghargai sesama manusia, disiplin,  mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan dan berkomunikasi secara efektif). 
  3. Penguasaan pengetahuan; mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis filosofis dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih  berbagai alternatif yang tepat dalam  berinteraksi dengan lingkungannya.
  4. Keterampilan Khusus; mampu memahami konsep teori-teori dari aliran-aliran filsafat pendidikan dan ampu mengambil keputusan dari masing-masing aliran fisafat pendidikan dengan pelaksanaan pendidikan di Indonesia.

References

  1. Arifin, H.M, 1987..Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta : Bina Aksara
  2. Bakker, A dan Zuber, A.C.1990, Metodologi Penelitian Filsafat. Jakarta : Wijaya
  3. Barnadib Imam, 1987, Filsafat Pendidikan . Sistem dan metode, Yogyakarta : Andi Offset
  4. Berten K, 1990, Sejarah Filsafat Yunani, Yogyakarta : Kanisius
  5. Direk Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam 1993/1994, Filsat Pendidikan Islam, Proyek apembinaan Prasarana dan sarana Perguruan Tinggi Agama IAIN Depag RI Jakarta.
  6. Drijarkoro, 1986. Filsafat Manusia.Yogyakakarta : Yayasan Kanisius
  7. Imam Bernadib, 1986, Filsafat Pendidikan: Suatu Tinjauan
  8. ____________, 1987, Filsafat Pendidikan: Sistem dan Metode
  9. Jalaluddin & Abdullah, 2009, Filsafat Pancasila: Manusia, Filsafat, dan Pendidikan
  10. Jaluddin dan Abdullah Idi, 2007, Filsafat Pendidikan, Manusia Filsafat dan Pendidikan
  11. Jamal, D.1986 Pokok-Pokok Bahasan Pancasila, Bandung,: CV Karya Remaja.
  12. Sukarno dan Supardi A. 1985,  Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam , Bandung:Angkasa.
  13. Jurnal Filsafat Pancasila, No.4, Th IV, April, 2000, Pancasila dalam Dimensi Budaya Filsafat dan Agama
  14. Mundiri, 2012, Logika
  15. Soegiono & Tamsil, 2012, Filsafat Pendidikan: Teori dan Praktik
  16. Sunarjo Wreksosuhardjo, 2005, Penerapan Ilmu Filsafat Pancasila di Bidang Pendidikan

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan kajian filsafat dalam penerapannya terhadap masalah-masalah Pendidikan. Di Indonesia merupakan suatu negara yang berfilsafat dan berpandangan hidup Pancasila maka Pancasila menjadi dasar dan tujuan pendidikan. Tujuannya adalah pembentukan anak didik berpribadi sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila dalam Pancasila.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai; menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas  dan sosial. Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara). Menerima dan mengakui anak didik yang berpotensi untuk dapat dikembangkan melalui pendidikan untuk menjadi warga  negara yang bertanggung jawab terhadap bangsa dan negara.
  2. Keterampilan Umum; menampilkan prilaku yang sesui  dengan nilai-nilai PancsilaI dalam hubungannya dengan masyarakat bangsa dan negara. berkinerja berkualitas tinggi (kreatif, inovatif, dan menghargai sesama manusia, disiplin,  mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan dan berkomunikasi secara efektif). 
  3. Penguasaan pengetahuan; mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis filosofis dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih  berbagai alternatif yang tepat dalam  berinteraksi dengan lingkungannya.
  4. Keterampilan Khusus; mampu memahami konsep teori-teori dari aliran-aliran filsafat pendidikan dan ampu mengambil keputusan dari masing-masing aliran fisafat pendidikan dengan pelaksanaan pendidikan di Indonesia.

References

  1. Arifin, H.M, 1987..Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta : Bina Aksara
  2. Bakker, A dan Zuber, A.C.1990, Metodologi Penelitian Filsafat. Jakarta : Wijaya
  3. Barnadib Imam, 1987, Filsafat Pendidikan . Sistem dan metode, Yogyakarta : Andi Offset
  4. Berten K, 1990, Sejarah Filsafat Yunani, Yogyakarta : Kanisius
  5. Direk Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam 1993/1994, Filsat Pendidikan Islam, Proyek apembinaan Prasarana dan sarana Perguruan Tinggi Agama IAIN Depag RI Jakarta.
  6. Drijarkoro, 1986. Filsafat Manusia.Yogyakakarta : Yayasan Kanisius
  7. Imam Bernadib, 1986, Filsafat Pendidikan: Suatu Tinjauan
  8. ____________, 1987, Filsafat Pendidikan: Sistem dan Metode
  9. Jalaluddin & Abdullah, 2009, Filsafat Pancasila: Manusia, Filsafat, dan Pendidikan
  10. Jaluddin dan Abdullah Idi, 2007, Filsafat Pendidikan, Manusia Filsafat dan Pendidikan
  11. Jamal, D.1986 Pokok-Pokok Bahasan Pancasila, Bandung,: CV Karya Remaja.
  12. Sukarno dan Supardi A. 1985,  Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam , Bandung:Angkasa.
  13. Jurnal Filsafat Pancasila, No.4, Th IV, April, 2000, Pancasila dalam Dimensi Budaya Filsafat dan Agama
  14. Mundiri, 2012, Logika
  15. Soegiono & Tamsil, 2012, Filsafat Pendidikan: Teori dan Praktik
  16. Sunarjo Wreksosuhardjo, 2005, Penerapan Ilmu Filsafat Pancasila di Bidang Pendidikan

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan kajian filsafat dalam penerapannya terhadap masalah-masalah Pendidikan. Di Indonesia merupakan suatu negara yang berfilsafat dan berpandangan hidup Pancasila maka Pancasila menjadi dasar dan tujuan pendidikan. Tujuannya adalah pembentukan anak didik berpribadi sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila dalam Pancasila.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai; menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas  dan sosial. Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara). Menerima dan mengakui anak didik yang berpotensi untuk dapat dikembangkan melalui pendidikan untuk menjadi warga  negara yang bertanggung jawab terhadap bangsa dan negara.
  2. Keterampilan Umum; menampilkan prilaku yang sesui  dengan nilai-nilai PancsilaI dalam hubungannya dengan masyarakat bangsa dan negara. berkinerja berkualitas tinggi (kreatif, inovatif, dan menghargai sesama manusia, disiplin,  mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan dan berkomunikasi secara efektif). 
  3. Penguasaan pengetahuan; mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis filosofis dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih  berbagai alternatif yang tepat dalam  berinteraksi dengan lingkungannya.
  4. Keterampilan Khusus; mampu memahami konsep teori-teori dari aliran-aliran filsafat pendidikan dan ampu mengambil keputusan dari masing-masing aliran fisafat pendidikan dengan pelaksanaan pendidikan di Indonesia.

References

  1. Arifin, H.M, 1987..Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta : Bina Aksara
  2. Bakker, A dan Zuber, A.C.1990, Metodologi Penelitian Filsafat. Jakarta : Wijaya
  3. Barnadib Imam, 1987, Filsafat Pendidikan . Sistem dan metode, Yogyakarta : Andi Offset
  4. Berten K, 1990, Sejarah Filsafat Yunani, Yogyakarta : Kanisius
  5. Direk Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam 1993/1994, Filsat Pendidikan Islam, Proyek apembinaan Prasarana dan sarana Perguruan Tinggi Agama IAIN Depag RI Jakarta.
  6. Drijarkoro, 1986. Filsafat Manusia.Yogyakakarta : Yayasan Kanisius
  7. Imam Bernadib, 1986, Filsafat Pendidikan: Suatu Tinjauan
  8. ____________, 1987, Filsafat Pendidikan: Sistem dan Metode
  9. Jalaluddin & Abdullah, 2009, Filsafat Pancasila: Manusia, Filsafat, dan Pendidikan
  10. Jaluddin dan Abdullah Idi, 2007, Filsafat Pendidikan, Manusia Filsafat dan Pendidikan
  11. Jamal, D.1986 Pokok-Pokok Bahasan Pancasila, Bandung,: CV Karya Remaja.
  12. Sukarno dan Supardi A. 1985,  Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam , Bandung:Angkasa.
  13. Jurnal Filsafat Pancasila, No.4, Th IV, April, 2000, Pancasila dalam Dimensi Budaya Filsafat dan Agama
  14. Mundiri, 2012, Logika
  15. Soegiono & Tamsil, 2012, Filsafat Pendidikan: Teori dan Praktik
  16. Sunarjo Wreksosuhardjo, 2005, Penerapan Ilmu Filsafat Pancasila di Bidang Pendidikan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan kajian filsafat dalam penerapannya terhadap masalah-masalah Pendidikan. Di Indonesia merupakan suatu negara yang berfilsafat dan berpandangan hidup Pancasila maka Pancasila menjadi dasar dan tujuan pendidikan. Tujuannya adalah pembentukan anak didik berpribadi sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila dalam Pancasila.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai; menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas  dan sosial. Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara). Menerima dan mengakui anak didik yang berpotensi untuk dapat dikembangkan melalui pendidikan untuk menjadi warga  negara yang bertanggung jawab terhadap bangsa dan negara.
  2. Keterampilan Umum; menampilkan prilaku yang sesui  dengan nilai-nilai PancsilaI dalam hubungannya dengan masyarakat bangsa dan negara. berkinerja berkualitas tinggi (kreatif, inovatif, dan menghargai sesama manusia, disiplin,  mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan dan berkomunikasi secara efektif). 
  3. Penguasaan pengetahuan; mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis filosofis dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih  berbagai alternatif yang tepat dalam  berinteraksi dengan lingkungannya.
  4. Keterampilan Khusus; mampu memahami konsep teori-teori dari aliran-aliran filsafat pendidikan dan ampu mengambil keputusan dari masing-masing aliran fisafat pendidikan dengan pelaksanaan pendidikan di Indonesia.

References

  1. Arifin, H.M, 1987..Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta : Bina Aksara
  2. Bakker, A dan Zuber, A.C.1990, Metodologi Penelitian Filsafat. Jakarta : Wijaya
  3. Barnadib Imam, 1987, Filsafat Pendidikan . Sistem dan metode, Yogyakarta : Andi Offset
  4. Berten K, 1990, Sejarah Filsafat Yunani, Yogyakarta : Kanisius
  5. Direk Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam 1993/1994, Filsat Pendidikan Islam, Proyek apembinaan Prasarana dan sarana Perguruan Tinggi Agama IAIN Depag RI Jakarta.
  6. Drijarkoro, 1986. Filsafat Manusia.Yogyakakarta : Yayasan Kanisius
  7. Imam Bernadib, 1986, Filsafat Pendidikan: Suatu Tinjauan
  8. ____________, 1987, Filsafat Pendidikan: Sistem dan Metode
  9. Jalaluddin & Abdullah, 2009, Filsafat Pancasila: Manusia, Filsafat, dan Pendidikan
  10. Jaluddin dan Abdullah Idi, 2007, Filsafat Pendidikan, Manusia Filsafat dan Pendidikan
  11. Jamal, D.1986 Pokok-Pokok Bahasan Pancasila, Bandung,: CV Karya Remaja.
  12. Sukarno dan Supardi A. 1985,  Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam , Bandung:Angkasa.
  13. Jurnal Filsafat Pancasila, No.4, Th IV, April, 2000, Pancasila dalam Dimensi Budaya Filsafat dan Agama
  14. Mundiri, 2012, Logika
  15. Soegiono & Tamsil, 2012, Filsafat Pendidikan: Teori dan Praktik
  16. Sunarjo Wreksosuhardjo, 2005, Penerapan Ilmu Filsafat Pancasila di Bidang Pendidikan


Details ...