Courser in English | Philosophy of Education |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 17 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini merupakan kajian filsafat dalam penerapannya terhadap masalah-masalah Pendidikan. Di Indonesia merupakan suatu negara yang berfilsafat dan berpandangan hidup Pancasila maka Pancasila menjadi dasar dan tujuan pendidikan. Tujuannya adalah pembentukan anak didik berpribadi sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila dalam Pancasila.
Learning OutcomesSikap dan Tata Nilai; menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan sosial.Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara).Menerima dan mengakui anak didik yang berpotensi untuk dapat dikembangkan melalui pendidikan untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab terhadap bangsa dan negara. Keterampilan Umum; menampilkan prilaku yang sesui dengan nilai-nilai Pancasila dalam hubungannya dengan masyarakat bangsa dan negara. berkinerja berkualitas tinggi (kreatif, inovatif, dan menghargai sesama manusia, disiplin, mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan dan berkomunikasi secara efektif).Penguasaan pengetahuan; mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis filosofis dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif yang tepat dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Keterampilan Khusus; mampu memahami konsep teori-teori dari aliran-aliran filsafat pendidikan dan mampu mengambil keputusan dari masing-masing aliran fisafat pendidikan dengan pelaksanaan pendidikan di Indonesia.
ReferencesAbdullah Idi, M.Ed. & Jalaldin. Filsafat Pendidikan, Manusia, Filsafat dan Pendidikan., Edisi Revisi. PT Raja Gravindo Persada Jakarta. 2016
AGustinus W. Dewantara, Filsafat Moral Pergumulan Etis Keseharian Hidup Manusia. PT.Kanisius. Sleman. 2017
Muhammad Syukri Albani Nasution, MA & Rizki Muhammad Haris, M.Ag. Filsafat Ilmu. PT. Raja Gravindo Persada. Depok. 2017.
Surajiyo, Ilmu Filsafat Suatu Pengantar. PT Bumi Aksara. Jakarta. 2014
Zuhairini & dkk. Filsafat Pendidikan Islam. PT Bumi Aksara Jakarta. Cet-7. 2015
Details ...
Mata kuliah ini merupakan kajian filsafat dalam penerapannya terhadap masalah-masalah Pendidikan. Di Indonesia merupakan suatu negara yang berfilsafat dan berpandangan hidup Pancasila maka Pancasila menjadi dasar dan tujuan pendidikan. Tujuannya adalah pembentukan anak didik berpribadi sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila dalam Pancasila.
Learning Outcomes- Sikap dan Tata Nilai; menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan sosial. Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara). Menerima dan mengakui anak didik yang berpotensi untuk dapat dikembangkan melalui pendidikan untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab terhadap bangsa dan negara.
- Keterampilan Umum; menampilkan prilaku yang sesui dengan nilai-nilai PancsilaI dalam hubungannya dengan masyarakat bangsa dan negara. berkinerja berkualitas tinggi (kreatif, inovatif, dan menghargai sesama manusia, disiplin, mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan dan berkomunikasi secara efektif).
- Penguasaan pengetahuan; mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis filosofis dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif yang tepat dalam berinteraksi dengan lingkungannya.
- Keterampilan Khusus; mampu memahami konsep teori-teori dari aliran-aliran filsafat pendidikan dan ampu mengambil keputusan dari masing-masing aliran fisafat pendidikan dengan pelaksanaan pendidikan di Indonesia.
- Arifin, H.M, 1987..Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta : Bina Aksara
- Bakker, A dan Zuber, A.C.1990, Metodologi Penelitian Filsafat. Jakarta : Wijaya
- Barnadib Imam, 1987, Filsafat Pendidikan . Sistem dan metode, Yogyakarta : Andi Offset
- Berten K, 1990, Sejarah Filsafat Yunani, Yogyakarta : Kanisius
- Direk Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam 1993/1994, Filsat Pendidikan Islam, Proyek apembinaan Prasarana dan sarana Perguruan Tinggi Agama IAIN Depag RI Jakarta.
- Drijarkoro, 1986. Filsafat Manusia.Yogyakakarta : Yayasan Kanisius
- Imam Bernadib, 1986, Filsafat Pendidikan: Suatu Tinjauan
- ____________, 1987, Filsafat Pendidikan: Sistem dan Metode
- Jalaluddin & Abdullah, 2009, Filsafat Pancasila: Manusia, Filsafat, dan Pendidikan
- Jaluddin dan Abdullah Idi, 2007, Filsafat Pendidikan, Manusia Filsafat dan Pendidikan
- Jamal, D.1986 Pokok-Pokok Bahasan Pancasila, Bandung,: CV Karya Remaja.
- Sukarno dan Supardi A. 1985, Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam , Bandung:Angkasa.
- Jurnal Filsafat Pancasila, No.4, Th IV, April, 2000, Pancasila dalam Dimensi Budaya Filsafat dan Agama
- Mundiri, 2012, Logika
- Soegiono & Tamsil, 2012, Filsafat Pendidikan: Teori dan Praktik
- Sunarjo Wreksosuhardjo, 2005, Penerapan Ilmu Filsafat Pancasila di Bidang Pendidikan
Details ...
Dosen : 1. Dr. Rahmat DJatun M.Pd , 2. Prof. Drs Anton Sukarno M.Pd
Mata kuliah ini merupakan kajian filsafat dalam penerapannya terhadap masalah-masalah Pendidikan. Di Indonesia merupakan suatu negara yang berfilsafat dan berpandangan hidup Pancasila maka Pancasila menjadi dasar dan tujuan pendidikan. Tujuannya adalah pembentukan anak didik berpribadi sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila dalam Pancasila.
Learning Outcomes- Sikap dan Tata Nilai; menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan sosial. Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara). Menerima dan mengakui anak didik yang berpotensi untuk dapat dikembangkan melalui pendidikan untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab terhadap bangsa dan negara.
- Keterampilan Umum; menampilkan prilaku yang sesui dengan nilai-nilai PancsilaI dalam hubungannya dengan masyarakat bangsa dan negara. berkinerja berkualitas tinggi (kreatif, inovatif, dan menghargai sesama manusia, disiplin, mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan dan berkomunikasi secara efektif).
- Penguasaan pengetahuan; mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis filosofis dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif yang tepat dalam berinteraksi dengan lingkungannya.
- Keterampilan Khusus; mampu memahami konsep teori-teori dari aliran-aliran filsafat pendidikan dan ampu mengambil keputusan dari masing-masing aliran fisafat pendidikan dengan pelaksanaan pendidikan di Indonesia.
- Arifin, H.M, 1987..Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta : Bina Aksara
- Bakker, A dan Zuber, A.C.1990, Metodologi Penelitian Filsafat. Jakarta : Wijaya
- Barnadib Imam, 1987, Filsafat Pendidikan . Sistem dan metode, Yogyakarta : Andi Offset
- Berten K, 1990, Sejarah Filsafat Yunani, Yogyakarta : Kanisius
- Direk Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam 1993/1994, Filsat Pendidikan Islam, Proyek apembinaan Prasarana dan sarana Perguruan Tinggi Agama IAIN Depag RI Jakarta.
- Drijarkoro, 1986. Filsafat Manusia.Yogyakakarta : Yayasan Kanisius
- Imam Bernadib, 1986, Filsafat Pendidikan: Suatu Tinjauan
- ____________, 1987, Filsafat Pendidikan: Sistem dan Metode
- Jalaluddin & Abdullah, 2009, Filsafat Pancasila: Manusia, Filsafat, dan Pendidikan
- Jaluddin dan Abdullah Idi, 2007, Filsafat Pendidikan, Manusia Filsafat dan Pendidikan
- Jamal, D.1986 Pokok-Pokok Bahasan Pancasila, Bandung,: CV Karya Remaja.
- Sukarno dan Supardi A. 1985, Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam , Bandung:Angkasa.
- Jurnal Filsafat Pancasila, No.4, Th IV, April, 2000, Pancasila dalam Dimensi Budaya Filsafat dan Agama
- Mundiri, 2012, Logika
- Soegiono & Tamsil, 2012, Filsafat Pendidikan: Teori dan Praktik
- Sunarjo Wreksosuhardjo, 2005, Penerapan Ilmu Filsafat Pancasila di Bidang Pendidikan
Details ...
Dosen : 1. Prof. Drs Anton Sukarno M.Pd , 2. Dr. Rahmat DJatun M.Pd
Mata kuliah ini merupakan kajian filsafat dalam penerapannya terhadap masalah-masalah Pendidikan. Di Indonesia merupakan suatu negara yang berfilsafat dan berpandangan hidup Pancasila maka Pancasila menjadi dasar dan tujuan pendidikan. Tujuannya adalah pembentukan anak didik berpribadi sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila dalam Pancasila.
Learning Outcomes- Sikap dan Tata Nilai; menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan sosial. Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara). Menerima dan mengakui anak didik yang berpotensi untuk dapat dikembangkan melalui pendidikan untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab terhadap bangsa dan negara.
- Keterampilan Umum; menampilkan prilaku yang sesui dengan nilai-nilai PancsilaI dalam hubungannya dengan masyarakat bangsa dan negara. berkinerja berkualitas tinggi (kreatif, inovatif, dan menghargai sesama manusia, disiplin, mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan dan berkomunikasi secara efektif).
- Penguasaan pengetahuan; mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis filosofis dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif yang tepat dalam berinteraksi dengan lingkungannya.
- Keterampilan Khusus; mampu memahami konsep teori-teori dari aliran-aliran filsafat pendidikan dan ampu mengambil keputusan dari masing-masing aliran fisafat pendidikan dengan pelaksanaan pendidikan di Indonesia.
- Arifin, H.M, 1987..Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta : Bina Aksara
- Bakker, A dan Zuber, A.C.1990, Metodologi Penelitian Filsafat. Jakarta : Wijaya
- Barnadib Imam, 1987, Filsafat Pendidikan . Sistem dan metode, Yogyakarta : Andi Offset
- Berten K, 1990, Sejarah Filsafat Yunani, Yogyakarta : Kanisius
- Direk Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam 1993/1994, Filsat Pendidikan Islam, Proyek apembinaan Prasarana dan sarana Perguruan Tinggi Agama IAIN Depag RI Jakarta.
- Drijarkoro, 1986. Filsafat Manusia.Yogyakakarta : Yayasan Kanisius
- Imam Bernadib, 1986, Filsafat Pendidikan: Suatu Tinjauan
- ____________, 1987, Filsafat Pendidikan: Sistem dan Metode
- Jalaluddin & Abdullah, 2009, Filsafat Pancasila: Manusia, Filsafat, dan Pendidikan
- Jaluddin dan Abdullah Idi, 2007, Filsafat Pendidikan, Manusia Filsafat dan Pendidikan
- Jamal, D.1986 Pokok-Pokok Bahasan Pancasila, Bandung,: CV Karya Remaja.
- Sukarno dan Supardi A. 1985, Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam , Bandung:Angkasa.
- Jurnal Filsafat Pancasila, No.4, Th IV, April, 2000, Pancasila dalam Dimensi Budaya Filsafat dan Agama
- Mundiri, 2012, Logika
- Soegiono & Tamsil, 2012, Filsafat Pendidikan: Teori dan Praktik
- Sunarjo Wreksosuhardjo, 2005, Penerapan Ilmu Filsafat Pancasila di Bidang Pendidikan
Details ...
Dosen : 1. Prof. Drs Anton Sukarno M.Pd , 2. Dr. Rahmat DJatun M.Pd
Mata kuliah ini merupakan kajian filsafat dalam penerapannya terhadap masalah-masalah Pendidikan. Di Indonesia merupakan suatu negara yang berfilsafat dan berpandangan hidup Pancasila maka Pancasila menjadi dasar dan tujuan pendidikan. Tujuannya adalah pembentukan anak didik berpribadi sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila dalam Pancasila.
Learning Outcomes- Sikap dan Tata Nilai; menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan sosial. Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara). Menerima dan mengakui anak didik yang berpotensi untuk dapat dikembangkan melalui pendidikan untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab terhadap bangsa dan negara.
- Keterampilan Umum; menampilkan prilaku yang sesui dengan nilai-nilai PancsilaI dalam hubungannya dengan masyarakat bangsa dan negara. berkinerja berkualitas tinggi (kreatif, inovatif, dan menghargai sesama manusia, disiplin, mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan dan berkomunikasi secara efektif).
- Penguasaan pengetahuan; mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis filosofis dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif yang tepat dalam berinteraksi dengan lingkungannya.
- Keterampilan Khusus; mampu memahami konsep teori-teori dari aliran-aliran filsafat pendidikan dan ampu mengambil keputusan dari masing-masing aliran fisafat pendidikan dengan pelaksanaan pendidikan di Indonesia.
- Arifin, H.M, 1987..Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta : Bina Aksara
- Bakker, A dan Zuber, A.C.1990, Metodologi Penelitian Filsafat. Jakarta : Wijaya
- Barnadib Imam, 1987, Filsafat Pendidikan . Sistem dan metode, Yogyakarta : Andi Offset
- Berten K, 1990, Sejarah Filsafat Yunani, Yogyakarta : Kanisius
- Direk Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam 1993/1994, Filsat Pendidikan Islam, Proyek apembinaan Prasarana dan sarana Perguruan Tinggi Agama IAIN Depag RI Jakarta.
- Drijarkoro, 1986. Filsafat Manusia.Yogyakakarta : Yayasan Kanisius
- Imam Bernadib, 1986, Filsafat Pendidikan: Suatu Tinjauan
- ____________, 1987, Filsafat Pendidikan: Sistem dan Metode
- Jalaluddin & Abdullah, 2009, Filsafat Pancasila: Manusia, Filsafat, dan Pendidikan
- Jaluddin dan Abdullah Idi, 2007, Filsafat Pendidikan, Manusia Filsafat dan Pendidikan
- Jamal, D.1986 Pokok-Pokok Bahasan Pancasila, Bandung,: CV Karya Remaja.
- Sukarno dan Supardi A. 1985, Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam , Bandung:Angkasa.
- Jurnal Filsafat Pancasila, No.4, Th IV, April, 2000, Pancasila dalam Dimensi Budaya Filsafat dan Agama
- Mundiri, 2012, Logika
- Soegiono & Tamsil, 2012, Filsafat Pendidikan: Teori dan Praktik
- Sunarjo Wreksosuhardjo, 2005, Penerapan Ilmu Filsafat Pancasila di Bidang Pendidikan
Details ...