Filsafat Pendidikan, Curriculum : 2015


Courser in EnglishPhilosophy of Education
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS2 SKS
RPS17 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

 Mata kuliah ini merupakan kajian filsafat dalam penerapannya terhadap masalah-masalah Pendidikan. Di Indonesia merupakan suatu negara yang berfilsafat dan berpandangan hidup Pancasila maka Pancasila menjadi dasar dan tujuan pendidikan. Tujuannya adalah pembentukan anak didik berpribadi sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila dalam Pancasila.

Learning Outcomes

Sikap dan Tata Nilai; menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan sosial.Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara).Menerima dan mengakui anak didik yang berpotensi untuk dapat dikembangkan melalui pendidikan untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab terhadap bangsa dan negara. Keterampilan Umum; menampilkan prilaku yang sesui dengan nilai-nilai Pancasila dalam hubungannya dengan masyarakat bangsa dan negara. berkinerja berkualitas tinggi (kreatif, inovatif, dan menghargai sesama manusia, disiplin, mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan dan berkomunikasi secara efektif).Penguasaan pengetahuan; mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis filosofis dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif yang tepat dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Keterampilan Khusus; mampu memahami konsep teori-teori dari aliran-aliran filsafat pendidikan dan mampu mengambil keputusan dari masing-masing aliran fisafat pendidikan dengan pelaksanaan pendidikan di Indonesia.

 

References

1.  Filsafaat Pendidikan oleh  Prof. A.Y Soegeng Y.S.h , M.Pd

2. Filsafat Pendidikan oleh  Suparlan Suhartono

3. Filsafat Pendidikan oleh Muzayin Arifin

4. Filsafat Pendidikan oleh Zuhairini

5. Filsafat Ilmu oleh Jujun Suriasumantri


Details ...
Course Descriptions

 Mata kuliah ini merupakan kajian filsafat dalam penerapannya terhadap masalah-masalah Pendidikan. Di Indonesia merupakan suatu negara yang berfilsafat dan berpandangan hidup Pancasila maka Pancasila menjadi dasar dan tujuan pendidikan. Tujuannya adalah pembentukan anak didik berpribadi sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila dalam Pancasila.

Learning Outcomes

Sikap dan Tata Nilai; menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan sosial.Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara).Menerima dan mengakui anak didik yang berpotensi untuk dapat dikembangkan melalui pendidikan untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab terhadap bangsa dan negara. Keterampilan Umum; menampilkan prilaku yang sesui dengan nilai-nilai Pancasila dalam hubungannya dengan masyarakat bangsa dan negara. berkinerja berkualitas tinggi (kreatif, inovatif, dan menghargai sesama manusia, disiplin, mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan dan berkomunikasi secara efektif).Penguasaan pengetahuan; mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis filosofis dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif yang tepat dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Keterampilan Khusus; mampu memahami konsep teori-teori dari aliran-aliran filsafat pendidikan dan mampu mengambil keputusan dari masing-masing aliran fisafat pendidikan dengan pelaksanaan pendidikan di Indonesia.

 

References

1.  Filsafaat Pendidikan oleh  Prof. A.Y Soegeng Y.S.h , M.Pd

2. Filsafat Pendidikan oleh  Suparlan Suhartono

3. Filsafat Pendidikan oleh Muzayin Arifin

4. Filsafat Pendidikan oleh Zuhairini

5. Filsafat Ilmu oleh Jujun Suriasumantri


Details ...
Course Descriptions

 Mata kuliah ini merupakan kajian filsafat dalam penerapannya terhadap masalah-masalah Pendidikan. Di Indonesia merupakan suatu negara yang berfilsafat dan berpandangan hidup Pancasila maka Pancasila menjadi dasar dan tujuan pendidikan. Tujuannya adalah pembentukan anak didik berpribadi sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila dalam Pancasila.

Learning Outcomes

Sikap dan Tata Nilai; menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan sosial.Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara).Menerima dan mengakui anak didik yang berpotensi untuk dapat dikembangkan melalui pendidikan untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab terhadap bangsa dan negara. Keterampilan Umum; menampilkan prilaku yang sesui dengan nilai-nilai Pancasila dalam hubungannya dengan masyarakat bangsa dan negara. berkinerja berkualitas tinggi (kreatif, inovatif, dan menghargai sesama manusia, disiplin, mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan dan berkomunikasi secara efektif).Penguasaan pengetahuan; mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis filosofis dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif yang tepat dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Keterampilan Khusus; mampu memahami konsep teori-teori dari aliran-aliran filsafat pendidikan dan mampu mengambil keputusan dari masing-masing aliran fisafat pendidikan dengan pelaksanaan pendidikan di Indonesia.

 

References

1.  Filsafaat Pendidikan oleh  Prof. A.Y Soegeng Y.S.h , M.Pd

2. Filsafat Pendidikan oleh  Suparlan Suhartono

3. Filsafat Pendidikan oleh Muzayin Arifin

4. Filsafat Pendidikan oleh Zuhairini

5. Filsafat Ilmu oleh Jujun Suriasumantri


Details ...
Course Descriptions

 Mata kuliah ini merupakan kajian filsafat dalam penerapannya terhadap masalah-masalah Pendidikan. Di Indonesia merupakan suatu negara yang berfilsafat dan berpandangan hidup Pancasila maka Pancasila menjadi dasar dan tujuan pendidikan. Tujuannya adalah pembentukan anak didik berpribadi sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila dalam Pancasila.

Learning Outcomes

Sikap dan Tata Nilai; menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan sosial.Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara).Menerima dan mengakui anak didik yang berpotensi untuk dapat dikembangkan melalui pendidikan untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab terhadap bangsa dan negara. Keterampilan Umum; menampilkan prilaku yang sesui dengan nilai-nilai Pancasila dalam hubungannya dengan masyarakat bangsa dan negara. berkinerja berkualitas tinggi (kreatif, inovatif, dan menghargai sesama manusia, disiplin, mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan dan berkomunikasi secara efektif).Penguasaan pengetahuan; mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis filosofis dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif yang tepat dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Keterampilan Khusus; mampu memahami konsep teori-teori dari aliran-aliran filsafat pendidikan dan mampu mengambil keputusan dari masing-masing aliran fisafat pendidikan dengan pelaksanaan pendidikan di Indonesia.

 

References

1.  Filsafaat Pendidikan oleh  Prof. A.Y Soegeng Y.S.h , M.Pd

2. Filsafat Pendidikan oleh  Suparlan Suhartono

3. Filsafat Pendidikan oleh Muzayin Arifin

4. Filsafat Pendidikan oleh Zuhairini

5. Filsafat Ilmu oleh Jujun Suriasumantri


Details ...
Course Descriptions

 Mata kuliah ini merupakan kajian filsafat dalam penerapannya terhadap masalah-masalah Pendidikan. Di Indonesia merupakan suatu negara yang berfilsafat dan berpandangan hidup Pancasila maka Pancasila menjadi dasar dan tujuan pendidikan. Tujuannya adalah pembentukan anak didik berpribadi sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila dalam Pancasila.

Learning Outcomes

Sikap dan Tata Nilai; menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan sosial.Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara).Menerima dan mengakui anak didik yang berpotensi untuk dapat dikembangkan melalui pendidikan untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab terhadap bangsa dan negara. Keterampilan Umum; menampilkan prilaku yang sesui dengan nilai-nilai Pancasila dalam hubungannya dengan masyarakat bangsa dan negara. berkinerja berkualitas tinggi (kreatif, inovatif, dan menghargai sesama manusia, disiplin, mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan dan berkomunikasi secara efektif).Penguasaan pengetahuan; mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis filosofis dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif yang tepat dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Keterampilan Khusus; mampu memahami konsep teori-teori dari aliran-aliran filsafat pendidikan dan mampu mengambil keputusan dari masing-masing aliran fisafat pendidikan dengan pelaksanaan pendidikan di Indonesia.

 

References

1.  Filsafaat Pendidikan oleh  Prof. A.Y Soegeng Y.S.h , M.Pd

2. Filsafat Pendidikan oleh  Suparlan Suhartono

3. Filsafat Pendidikan oleh Muzayin Arifin

4. Filsafat Pendidikan oleh Zuhairini

5. Filsafat Ilmu oleh Jujun Suriasumantri


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan kajian filsafat dalam penerapannya terhadap masalah-masalah Pendidikan. Di Indonesia merupakan suatu negara yang berfilsafat dan berpandangan hidup Pancasila maka Pancasila menjadi dasar dan tujuan pendidikan. Tujuannya adalah pembentukan anak didik berpribadi sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila dalam Pancasila.

Learning Outcomes

Sikap dan Tata Nilai; menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan sosial.Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara).Menerima dan mengakui anak didik yang berpotensi untuk dapat dikembangkan melalui pendidikan untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab terhadap bangsa dan negara. Keterampilan Umum; menampilkan prilaku yang sesui dengan nilai-nilai Pancasila dalam hubungannya dengan masyarakat bangsa dan negara. berkinerja berkualitas tinggi (kreatif, inovatif, dan menghargai sesama manusia, disiplin, mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan dan berkomunikasi secara efektif).Penguasaan pengetahuan; mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis filosofis dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif yang tepat dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Keterampilan Khusus; mampu memahami konsep teori-teori dari aliran-aliran filsafat pendidikan dan mampu mengambil keputusan dari masing-masing aliran fisafat pendidikan dengan pelaksanaan pendidikan di Indonesia.

References

Abdullah Idi, M.Ed. & Jalaludin. Filsafat Pendidikan, Manusia, Filsafat dan Pendidikan., Edisi Revisi. PT Raja Gravindo Persada Jakarta. 2016

AGustinus W. Dewantara, Filsafat Moral Pergumulan Etis Keseharian Hidup Manusia. PT.Kanisius. Sleman. 2017

Muhammad Syukri Albani Nasution, MA & Rizki Muhammad Haris, M.Ag. Filsafat Ilmu. PT. Raja Gravindo Persada. Depok. 2017.

Surajiyo, Ilmu Filsafat Suatu Pengantar. PT Bumi Aksara. Jakarta. 2014

Zuhairini & dkk. Filsafat Pendidikan Islam. PT Bumi Aksara Jakarta.  Cet-7. 2015


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan kajian filsafat dalam penerapannya terhadap masalah-masalah Pendidikan. Di Indonesia merupakan suatu negara yang berfilsafat dan berpandangan hidup Pancasila maka Pancasila menjadi dasar dan tujuan pendidikan. Tujuannya adalah pembentukan anak didik berpribadi sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila dalam Pancasila.

Learning Outcomes

Sikap dan Tata Nilai; menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan sosial.Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara).Menerima dan mengakui anak didik yang berpotensi untuk dapat dikembangkan melalui pendidikan untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab terhadap bangsa dan negara. Keterampilan Umum; menampilkan prilaku yang sesui dengan nilai-nilai Pancasila dalam hubungannya dengan masyarakat bangsa dan negara. berkinerja berkualitas tinggi (kreatif, inovatif, dan menghargai sesama manusia, disiplin, mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan dan berkomunikasi secara efektif).Penguasaan pengetahuan; mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis filosofis dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif yang tepat dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Keterampilan Khusus; mampu memahami konsep teori-teori dari aliran-aliran filsafat pendidikan dan mampu mengambil keputusan dari masing-masing aliran fisafat pendidikan dengan pelaksanaan pendidikan di Indonesia.

References

Abdullah Idi, M.Ed. & Jalaludin. Filsafat Pendidikan, Manusia, Filsafat dan Pendidikan., Edisi Revisi. PT Raja Gravindo Persada Jakarta. 2016

AGustinus W. Dewantara, Filsafat Moral Pergumulan Etis Keseharian Hidup Manusia. PT.Kanisius. Sleman. 2017

Muhammad Syukri Albani Nasution, MA & Rizki Muhammad Haris, M.Ag. Filsafat Ilmu. PT. Raja Gravindo Persada. Depok. 2017.

Surajiyo, Ilmu Filsafat Suatu Pengantar. PT Bumi Aksara. Jakarta. 2014

Zuhairini & dkk. Filsafat Pendidikan Islam. PT Bumi Aksara Jakarta.  Cet-7. 2015


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan kajian filsafat dalam penerapannya terhadap masalah-masalah Pendidikan. Di Indonesia merupakan suatu negara yang berfilsafat dan berpandangan hidup Pancasila maka Pancasila menjadi dasar dan tujuan pendidikan. Tujuannya adalah pembentukan anak didik berpribadi sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila dalam Pancasila.

Learning Outcomes

Sikap dan Tata Nilai; menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan sosial.Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara).Menerima dan mengakui anak didik yang berpotensi untuk dapat dikembangkan melalui pendidikan untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab terhadap bangsa dan negara. Keterampilan Umum; menampilkan prilaku yang sesui dengan nilai-nilai Pancasila dalam hubungannya dengan masyarakat bangsa dan negara. berkinerja berkualitas tinggi (kreatif, inovatif, dan menghargai sesama manusia, disiplin, mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan dan berkomunikasi secara efektif).Penguasaan pengetahuan; mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis filosofis dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif yang tepat dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Keterampilan Khusus; mampu memahami konsep teori-teori dari aliran-aliran filsafat pendidikan dan mampu mengambil keputusan dari masing-masing aliran fisafat pendidikan dengan pelaksanaan pendidikan di Indonesia.

References

Abdullah Idi, M.Ed. & Jalaludin. Filsafat Pendidikan, Manusia, Filsafat dan Pendidikan., Edisi Revisi. PT Raja Gravindo Persada Jakarta. 2016

AGustinus W. Dewantara, Filsafat Moral Pergumulan Etis Keseharian Hidup Manusia. PT.Kanisius. Sleman. 2017

Muhammad Syukri Albani Nasution, MA & Rizki Muhammad Haris, M.Ag. Filsafat Ilmu. PT. Raja Gravindo Persada. Depok. 2017.

Surajiyo, Ilmu Filsafat Suatu Pengantar. PT Bumi Aksara. Jakarta. 2014

Zuhairini & dkk. Filsafat Pendidikan Islam. PT Bumi Aksara Jakarta.  Cet-7. 2015


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan kajian filsafat dalam penerapannya terhadap masalah-masalah Pendidikan. Di Indonesia merupakan suatu negara yang berfilsafat dan berpandangan hidup Pancasila maka Pancasila menjadi dasar dan tujuan pendidikan. Tujuannya adalah pembentukan anak didik berpribadi sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila dalam Pancasila.

Learning Outcomes

Sikap dan Tata Nilai; menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan sosial.Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara).Menerima dan mengakui anak didik yang berpotensi untuk dapat dikembangkan melalui pendidikan untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab terhadap bangsa dan negara. Keterampilan Umum; menampilkan prilaku yang sesui dengan nilai-nilai Pancasila dalam hubungannya dengan masyarakat bangsa dan negara. berkinerja berkualitas tinggi (kreatif, inovatif, dan menghargai sesama manusia, disiplin, mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan dan berkomunikasi secara efektif).Penguasaan pengetahuan; mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis filosofis dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif yang tepat dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Keterampilan Khusus; mampu memahami konsep teori-teori dari aliran-aliran filsafat pendidikan dan mampu mengambil keputusan dari masing-masing aliran fisafat pendidikan dengan pelaksanaan pendidikan di Indonesia.

References

Abdullah Idi, M.Ed. & Jalaludin. Filsafat Pendidikan, Manusia, Filsafat dan Pendidikan., Edisi Revisi. PT Raja Gravindo Persada Jakarta. 2016

AGustinus W. Dewantara, Filsafat Moral Pergumulan Etis Keseharian Hidup Manusia. PT.Kanisius. Sleman. 2017

Muhammad Syukri Albani Nasution, MA & Rizki Muhammad Haris, M.Ag. Filsafat Ilmu. PT. Raja Gravindo Persada. Depok. 2017.

Surajiyo, Ilmu Filsafat Suatu Pengantar. PT Bumi Aksara. Jakarta. 2014

Zuhairini & dkk. Filsafat Pendidikan Islam. PT Bumi Aksara Jakarta.  Cet-7. 2015


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan kajian filsafat dalam penerapannya terhadap masalah-masalah Pendidikan. Di Indonesia merupakansuatunegara yang berfilsafat dan berpandanganhidup PancasilamakaPancasila menjadi dasar dan tujuan pendidikan.Tujuannya adalah pembentukan anak didik berpribadi sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila dalam Pancasila.

Learning Outcomes

Sikapdan Tata Nilai; menghargaidanmenjunjungtingginilai-nilaikemanusiaan, individualitasdansosial.Menunjukanintegritasdankepribadian yang kuat (dalambermasyarakatberbangsadanbernegara).Menerimadanmengakuianakdidik yang berpotensiuntukdapatdikembangkanmelaluipendidikanuntukmenjadiwarganegara yang bertanggungjawabterhadapbangsadannegara. KeterampilanUmum; menampilkanprilaku yang sesuidengannilai-nilaiPancasiladalamhubungannyadenganmasyarakatbangsadannegara.berkinerjaberkualitastinggi (kreatif, inovatif, danmenghargaisesamamanusia, disiplin, mandiri, berpenampilanmenarik, menyenangkandanberkomunikasisecaraefektif).Penguasaanpengetahuan; mampumengambilkeputusan yang tepatberdasarkananalisisfilosofisdanmampumemberikanpetunjukdalammemilihberbagaialternatif yangtepatdalamberinteraksidenganlingkungannya. KeterampilanKhusus; mampumemahamikonsepteori-teoridarialiran-aliranfilsafatpendidikandanmampumengambilkeputusandarimasing-masingaliranfisafatpendidikandenganpelaksanaanpendidikan di Indonesia.

References

Abdullah Idi, M.Ed. & Jalaludin. Filsafat Pendidikan, Manusia, Filsafat dan Pendidikan., Edisi Revisi. PT Raja Gravindo Persada Jakarta. 2016

AGustinus W. Dewantara, Filsafat Moral Pergumulan Etis Keseharian Hidup Manusia. PT.Kanisius. Sleman. 2017

Muhammad Syukri Albani Nasution, MA & Rizki Muhammad Haris, M.Ag. Filsafat Ilmu. PT. Raja Gravindo Persada. Depok. 2017.

Surajiyo, Ilmu Filsafat Suatu Pengantar. PT Bumi Aksara. Jakarta. 2014

Zuhairini & dkk. Filsafat Pendidikan Islam. PT Bumi Aksara Jakarta.  Cet-7. 2015


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan kajian filsafat dalam penerapannya terhadap masalah-masalah Pendidikan. Di Indonesia merupakansuatunegara yang berfilsafat dan berpandanganhidup PancasilamakaPancasila menjadi dasar dan tujuan pendidikan.Tujuannya adalah pembentukan anak didik berpribadi sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila dalam Pancasila.

Learning Outcomes

Sikapdan Tata Nilai; menghargaidanmenjunjungtingginilai-nilaikemanusiaan, individualitasdansosial.Menunjukanintegritasdankepribadian yang kuat (dalambermasyarakatberbangsadanbernegara).Menerimadanmengakuianakdidik yang berpotensiuntukdapatdikembangkanmelaluipendidikanuntukmenjadiwarganegara yang bertanggungjawabterhadapbangsadannegara. KeterampilanUmum; menampilkanprilaku yang sesuidengannilai-nilaiPancasiladalamhubungannyadenganmasyarakatbangsadannegara.berkinerjaberkualitastinggi (kreatif, inovatif, danmenghargaisesamamanusia, disiplin, mandiri, berpenampilanmenarik, menyenangkandanberkomunikasisecaraefektif).Penguasaanpengetahuan; mampumengambilkeputusan yang tepatberdasarkananalisisfilosofisdanmampumemberikanpetunjukdalammemilihberbagaialternatif yangtepatdalamberinteraksidenganlingkungannya. KeterampilanKhusus; mampumemahamikonsepteori-teoridarialiran-aliranfilsafatpendidikandanmampumengambilkeputusandarimasing-masingaliranfisafatpendidikandenganpelaksanaanpendidikan di Indonesia.

References

Abdullah Idi, M.Ed. & Jalaludin. Filsafat Pendidikan, Manusia, Filsafat dan Pendidikan., Edisi Revisi. PT Raja Gravindo Persada Jakarta. 2016

AGustinus W. Dewantara, Filsafat Moral Pergumulan Etis Keseharian Hidup Manusia. PT.Kanisius. Sleman. 2017

Muhammad Syukri Albani Nasution, MA & Rizki Muhammad Haris, M.Ag. Filsafat Ilmu. PT. Raja Gravindo Persada. Depok. 2017.

Surajiyo, Ilmu Filsafat Suatu Pengantar. PT Bumi Aksara. Jakarta. 2014

Zuhairini & dkk. Filsafat Pendidikan Islam. PT Bumi Aksara Jakarta.  Cet-7. 2015


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan kajian filsafat dalam penerapannya terhadap masalah-masalah Pendidikan. Di Indonesia merupakan suatu negara yang berfilsafat dan berpandangan hidup Pancasila maka Pancasila menjadi dasar dan tujuan pendidikan. Tujuannya adalah pembentukan anak didik berpribadi sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila dalam Pancasila.

Learning Outcomes

Sikap dan Tata Nilai; menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan sosial.Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara).Menerima dan mengakui anak didik yang berpotensi untuk dapat dikembangkan melalui pendidikan untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab terhadap bangsa dan negara. Keterampilan Umum; menampilkan prilaku yang sesui dengan nilai-nilai Pancasila dalam hubungannya dengan masyarakat bangsa dan negara. berkinerja berkualitas tinggi (kreatif, inovatif, dan menghargai sesama manusia, disiplin, mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan dan berkomunikasi secara efektif).Penguasaan pengetahuan; mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis filosofis dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif yang tepat dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Keterampilan Khusus; mampu memahami konsep teori-teori dari aliran-aliran filsafat pendidikan dan mampu mengambil keputusan dari masing-masing aliran fisafat pendidikan dengan pelaksanaan pendidikan di Indonesia.

References

Abdullah Idi, M.Ed. & Jalaldin. Filsafat Pendidikan, Manusia, Filsafat dan Pendidikan., Edisi Revisi. PT Raja Gravindo Persada Jakarta. 2016

AGustinus W. Dewantara, Filsafat Moral Pergumulan Etis Keseharian Hidup Manusia. PT.Kanisius. Sleman. 2017

Muhammad Syukri Albani Nasution, MA & Rizki Muhammad Haris, M.Ag. Filsafat Ilmu. PT. Raja Gravindo Persada. Depok. 2017.

Surajiyo, Ilmu Filsafat Suatu Pengantar. PT Bumi Aksara. Jakarta. 2014

Zuhairini & dkk. Filsafat Pendidikan Islam. PT Bumi Aksara Jakarta.  Cet-7. 2015


Details ...