Courser in English | - |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 19 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mahasiswa mampu Menguasai prinsip pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa, strategi pembelajaran bahasa, model pembelajaran, metode pembelajaran, Teknik pembelajaran, memilih bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif,mampu merancang pembelajaran bahasa, konsep penilaian dan teknik penilaian hasil belajar di sekolah dasar serta mampu mempraktikannya dalam pembelajaran di sekolah dasar dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab sebagai calon guru SD pada bidang tematik dengan fokus keahlian pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dan mandiri secara inovatif (S3. S7, P5,P4)
Learning Outcomes
CPMK 1 |
Mampu Menguasai prinsip pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa, strategi pembelajaran bahasa, model pembelajaran, metode pembelajaran, Teknik pembelajaran, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif, konsep penilaian dan teknik penilaian hasil belajar di sekolah dasar dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab sebagai calon guru SD pada bidang tematik dengan fokus keahlian pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dan mandiri secara inovatif (S3. S7, P5,P4) |
CPMK 2 |
Mampu merancang pengembangan perangkat pembelajaran sesuai pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang studi Bahasa Indonesia materi teori dan praktik pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang inovatif di SD secara mandiri dan bertanggungjawab (KU1, P4,P5,S3,S7). |
CPMK 3 |
Mampu menerapkan dan mempraktikan pembelajaran dengan memperhatikan, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar dengan penilaian hasil belajar yang inovatif melalui pelaksanaan pembelajaran bidang studi bahasa Indonesia di sekolah dasar (KK4) KK7, KK3,P4,P5,
|
|
Details ...
Mahasiswa mampu Menguasai prinsip pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa, strategi pembelajaran bahasa, model pembelajaran, metode pembelajaran, Teknik pembelajaran, memilih bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif,mampu merancang pembelajaran bahasa, konsep penilaian dan teknik penilaian hasil belajar di sekolah dasar serta mampu mempraktikannya dalam pembelajaran di sekolah dasar dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab sebagai calon guru SD pada bidang tematik dengan fokus keahlian pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dan mandiri secara inovatif (S3. S7, P5,P4)
Learning Outcomes
CPMK 1 |
Mampu Menguasai prinsip pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa, strategi pembelajaran bahasa, model pembelajaran, metode pembelajaran, Teknik pembelajaran, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif, konsep penilaian dan teknik penilaian hasil belajar di sekolah dasar dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab sebagai calon guru SD pada bidang tematik dengan fokus keahlian pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dan mandiri secara inovatif (S3. S7, P5,P4) |
CPMK 2 |
Mampu merancang pengembangan perangkat pembelajaran sesuai pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang studi Bahasa Indonesia materi teori dan praktik pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang inovatif di SD secara mandiri dan bertanggungjawab (KU1, P4,P5,S3,S7). |
CPMK 3 |
Mampu menerapkan dan mempraktikan pembelajaran dengan memperhatikan, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar dengan penilaian hasil belajar yang inovatif melalui pelaksanaan pembelajaran bidang studi bahasa Indonesia di sekolah dasar (KK4) KK7, KK3,P4,P5,
|
|
Details ...
Mahasiswa mampu Menguasai prinsip pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa, strategi pembelajaran bahasa, model pembelajaran, metode pembelajaran, Teknik pembelajaran, memilih bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif,mampu merancang pembelajaran bahasa, konsep penilaian dan teknik penilaian hasil belajar di sekolah dasar serta mampu mempraktikannya dalam pembelajaran di sekolah dasar dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab sebagai calon guru SD pada bidang tematik dengan fokus keahlian pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dan mandiri secara inovatif (S3. S7, P5,P4)
Learning Outcomes
CPMK 1 |
Mampu Menguasai prinsip pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa, strategi pembelajaran bahasa, model pembelajaran, metode pembelajaran, Teknik pembelajaran, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif, konsep penilaian dan teknik penilaian hasil belajar di sekolah dasar dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab sebagai calon guru SD pada bidang tematik dengan fokus keahlian pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dan mandiri secara inovatif (S3. S7, P5,P4) |
CPMK 2 |
Mampu merancang pengembangan perangkat pembelajaran sesuai pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang studi Bahasa Indonesia materi teori dan praktik pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang inovatif di SD secara mandiri dan bertanggungjawab (KU1, P4,P5,S3,S7). |
CPMK 3 |
Mampu menerapkan dan mempraktikan pembelajaran dengan memperhatikan, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar dengan penilaian hasil belajar yang inovatif melalui pelaksanaan pembelajaran bidang studi bahasa Indonesia di sekolah dasar (KK4) KK7, KK3,P4,P5,
|
|
Details ...
Mahasiswa mampu Menguasai prinsip pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa, strategi pembelajaran bahasa, model pembelajaran, metode pembelajaran, Teknik pembelajaran, memilih bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif,mampu merancang pembelajaran bahasa, konsep penilaian dan teknik penilaian hasil belajar di sekolah dasar serta mampu mempraktikannya dalam pembelajaran di sekolah dasar dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab sebagai calon guru SD pada bidang tematik dengan fokus keahlian pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dan mandiri secara inovatif (S3. S7, P5,P4)
Learning Outcomes
CPMK 1 |
Mampu Menguasai prinsip pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa, strategi pembelajaran bahasa, model pembelajaran, metode pembelajaran, Teknik pembelajaran, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif, konsep penilaian dan teknik penilaian hasil belajar di sekolah dasar dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab sebagai calon guru SD pada bidang tematik dengan fokus keahlian pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dan mandiri secara inovatif (S3. S7, P5,P4) |
CPMK 2 |
Mampu merancang pengembangan perangkat pembelajaran sesuai pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang studi Bahasa Indonesia materi teori dan praktik pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang inovatif di SD secara mandiri dan bertanggungjawab (KU1, P4,P5,S3,S7). |
CPMK 3 |
Mampu menerapkan dan mempraktikan pembelajaran dengan memperhatikan, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar dengan penilaian hasil belajar yang inovatif melalui pelaksanaan pembelajaran bidang studi bahasa Indonesia di sekolah dasar (KK4) KK7, KK3,P4,P5,
|
|
Details ...
Mahasiswa mampu Menguasai prinsip pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa, strategi pembelajaran bahasa, model pembelajaran, metode pembelajaran, Teknik pembelajaran, memilih bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif,mampu merancang pembelajaran bahasa, konsep penilaian dan teknik penilaian hasil belajar di sekolah dasar serta mampu mempraktikannya dalam pembelajaran di sekolah dasar dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab sebagai calon guru SD pada bidang tematik dengan fokus keahlian pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dan mandiri secara inovatif (S3. S7, P5,P4)
Learning Outcomes
CPMK 1 |
Mampu Menguasai prinsip pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa, strategi pembelajaran bahasa, model pembelajaran, metode pembelajaran, Teknik pembelajaran, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif, konsep penilaian dan teknik penilaian hasil belajar di sekolah dasar dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab sebagai calon guru SD pada bidang tematik dengan fokus keahlian pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dan mandiri secara inovatif (S3. S7, P5,P4) |
CPMK 2 |
Mampu merancang pengembangan perangkat pembelajaran sesuai pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang studi Bahasa Indonesia materi teori dan praktik pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang inovatif di SD secara mandiri dan bertanggungjawab (KU1, P4,P5,S3,S7). |
CPMK 3 |
Mampu menerapkan dan mempraktikan pembelajaran dengan memperhatikan, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar dengan penilaian hasil belajar yang inovatif melalui pelaksanaan pembelajaran bidang studi bahasa Indonesia di sekolah dasar (KK4) KK7, KK3,P4,P5,
|
|
Details ...
Mahasiswa mampu Menguasai prinsip pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa, strategi pembelajaran bahasa, model pembelajaran, metode pembelajaran, Teknik pembelajaran, memilih bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif,mampu merancang pembelajaran bahasa, konsep penilaian dan teknik penilaian hasil belajar di sekolah dasar serta mampu mempraktikannya dalam pembelajaran di sekolah dasar dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab sebagai calon guru SD pada bidang tematik dengan fokus keahlian pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dan mandiri secara inovatif (S3. S7, P5,P4)
Learning Outcomes
CPMK 1 |
Mampu Menguasai prinsip pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa, strategi pembelajaran bahasa, model pembelajaran, metode pembelajaran, Teknik pembelajaran, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif, konsep penilaian dan teknik penilaian hasil belajar di sekolah dasar dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab sebagai calon guru SD pada bidang tematik dengan fokus keahlian pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dan mandiri secara inovatif (S3. S7, P5,P4) |
CPMK 2 |
Mampu merancang pengembangan perangkat pembelajaran sesuai pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang studi Bahasa Indonesia materi teori dan praktik pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang inovatif di SD secara mandiri dan bertanggungjawab (KU1, P4,P5,S3,S7). |
CPMK 3 |
Mampu menerapkan dan mempraktikan pembelajaran dengan memperhatikan, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar dengan penilaian hasil belajar yang inovatif melalui pelaksanaan pembelajaran bidang studi bahasa Indonesia di sekolah dasar (KK4) KK7, KK3,P4,P5,
|
|
Details ...
Mahasiswa mampu Menguasai prinsip pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa, strategi pembelajaran bahasa, model pembelajaran, metode pembelajaran, Teknik pembelajaran, memilih bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif,mampu merancang pembelajaran bahasa, konsep penilaian dan teknik penilaian hasil belajar di sekolah dasar serta mampu mempraktikannya dalam pembelajaran di sekolah dasar dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab sebagai calon guru SD pada bidang tematik dengan fokus keahlian pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dan mandiri secara inovatif (S3. S7, P5,P4)
Learning Outcomes
CPMK 1 |
Mampu Menguasai prinsip pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa, strategi pembelajaran bahasa, model pembelajaran, metode pembelajaran, Teknik pembelajaran, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif, konsep penilaian dan teknik penilaian hasil belajar di sekolah dasar dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab sebagai calon guru SD pada bidang tematik dengan fokus keahlian pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dan mandiri secara inovatif (S3. S7, P5,P4) |
CPMK 2 |
Mampu merancang pengembangan perangkat pembelajaran sesuai pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang studi Bahasa Indonesia materi teori dan praktik pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang inovatif di SD secara mandiri dan bertanggungjawab (KU1, P4,P5,S3,S7). |
CPMK 3 |
Mampu menerapkan dan mempraktikan pembelajaran dengan memperhatikan, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar dengan penilaian hasil belajar yang inovatif melalui pelaksanaan pembelajaran bidang studi bahasa Indonesia di sekolah dasar (KK4) KK7, KK3,P4,P5,
|
|
Details ...
Mahasiswa mampu Menguasai prinsip pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa, strategi pembelajaran bahasa, model pembelajaran, metode pembelajaran, Teknik pembelajaran, memilih bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif,mampu merancang pembelajaran bahasa, konsep penilaian dan teknik penilaian hasil belajar di sekolah dasar serta mampu mempraktikannya dalam pembelajaran di sekolah dasar dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab sebagai calon guru SD pada bidang tematik dengan fokus keahlian pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dan mandiri secara inovatif (S3. S7, P5,P4)
Learning Outcomes
CPMK 1 |
Mampu Menguasai prinsip pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa, strategi pembelajaran bahasa, model pembelajaran, metode pembelajaran, Teknik pembelajaran, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif, konsep penilaian dan teknik penilaian hasil belajar di sekolah dasar dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab sebagai calon guru SD pada bidang tematik dengan fokus keahlian pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dan mandiri secara inovatif (S3. S7, P5,P4) |
CPMK 2 |
Mampu merancang pengembangan perangkat pembelajaran sesuai pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang studi Bahasa Indonesia materi teori dan praktik pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang inovatif di SD secara mandiri dan bertanggungjawab (KU1, P4,P5,S3,S7). |
CPMK 3 |
Mampu menerapkan dan mempraktikan pembelajaran dengan memperhatikan, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar dengan penilaian hasil belajar yang inovatif melalui pelaksanaan pembelajaran bidang studi bahasa Indonesia di sekolah dasar (KK4) KK7, KK3,P4,P5,
|
|
Details ...
Mahasiswa mampu Menguasai prinsip pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa, strategi pembelajaran bahasa, model pembelajaran, metode pembelajaran, Teknik pembelajaran, memilih bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif,mampu merancang pembelajaran bahasa, konsep penilaian dan teknik penilaian hasil belajar di sekolah dasar serta mampu mempraktikannya dalam pembelajaran di sekolah dasar dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab sebagai calon guru SD pada bidang tematik dengan fokus keahlian pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dan mandiri secara inovatif (S3. S7, P5,P4)
Learning Outcomes
CPMK 1 |
Mampu Menguasai prinsip pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa, strategi pembelajaran bahasa, model pembelajaran, metode pembelajaran, Teknik pembelajaran, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif, konsep penilaian dan teknik penilaian hasil belajar di sekolah dasar dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab sebagai calon guru SD pada bidang tematik dengan fokus keahlian pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dan mandiri secara inovatif (S3. S7, P5,P4) |
CPMK 2 |
Mampu merancang pengembangan perangkat pembelajaran sesuai pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang studi Bahasa Indonesia materi teori dan praktik pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang inovatif di SD secara mandiri dan bertanggungjawab (KU1, P4,P5,S3,S7). |
CPMK 3 |
Mampu menerapkan dan mempraktikan pembelajaran dengan memperhatikan, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar dengan penilaian hasil belajar yang inovatif melalui pelaksanaan pembelajaran bidang studi bahasa Indonesia di sekolah dasar (KK4) KK7, KK3,P4,P5,
|
|
Details ...
Mahasiswa mampu Menguasai prinsip pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa, strategi pembelajaran bahasa, model pembelajaran, metode pembelajaran, Teknik pembelajaran, memilih bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif,mampu merancang pembelajaran bahasa, konsep penilaian dan teknik penilaian hasil belajar di sekolah dasar serta mampu mempraktikannya dalam pembelajaran di sekolah dasar dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab sebagai calon guru SD pada bidang tematik dengan fokus keahlian pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dan mandiri secara inovatif (S3. S7, P5,P4)
Learning Outcomes
CPMK 1 |
Mampu Menguasai prinsip pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa, strategi pembelajaran bahasa, model pembelajaran, metode pembelajaran, Teknik pembelajaran, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif, konsep penilaian dan teknik penilaian hasil belajar di sekolah dasar dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab sebagai calon guru SD pada bidang tematik dengan fokus keahlian pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dan mandiri secara inovatif (S3. S7, P5,P4) |
CPMK 2 |
Mampu merancang pengembangan perangkat pembelajaran sesuai pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang studi Bahasa Indonesia materi teori dan praktik pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang inovatif di SD secara mandiri dan bertanggungjawab (KU1, P4,P5,S3,S7). |
CPMK 3 |
Mampu menerapkan dan mempraktikan pembelajaran dengan memperhatikan, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar dengan penilaian hasil belajar yang inovatif melalui pelaksanaan pembelajaran bidang studi bahasa Indonesia di sekolah dasar (KK4) KK7, KK3,P4,P5,
|
|
Details ...
Mahasiswa mampu Menguasai prinsip pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa, strategi pembelajaran bahasa, model pembelajaran, metode pembelajaran, Teknik pembelajaran, memilih bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif,mampu merancang pembelajaran bahasa, konsep penilaian dan teknik penilaian hasil belajar di sekolah dasar serta mampu mempraktikannya dalam pembelajaran di sekolah dasar dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab sebagai calon guru SD pada bidang tematik dengan fokus keahlian pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dan mandiri secara inovatif (S3. S7, P5,P4)
Learning Outcomes
CPMK 1 |
Mampu Menguasai prinsip pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa, strategi pembelajaran bahasa, model pembelajaran, metode pembelajaran, Teknik pembelajaran, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif, konsep penilaian dan teknik penilaian hasil belajar di sekolah dasar dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab sebagai calon guru SD pada bidang tematik dengan fokus keahlian pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dan mandiri secara inovatif (S3. S7, P5,P4) |
CPMK 2 |
Mampu merancang pengembangan perangkat pembelajaran sesuai pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang studi Bahasa Indonesia materi teori dan praktik pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang inovatif di SD secara mandiri dan bertanggungjawab (KU1, P4,P5,S3,S7). |
CPMK 3 |
Mampu menerapkan dan mempraktikan pembelajaran dengan memperhatikan, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar dengan penilaian hasil belajar yang inovatif melalui pelaksanaan pembelajaran bidang studi bahasa Indonesia di sekolah dasar (KK4) KK7, KK3,P4,P5,
|
|
Details ...
Mata kuliah ini memuat teori dan praktik pembelajaran bahasa Indonesia di SD baik kelas awal dan kelas lanjut: menjelaskan, menerapkan, dan mempraktikan prinsip, pendekatan, metode/model/ teknik, mediamultimedia, bahan ajar, penilaian, dalam bentuk perencanaan dan praktik pembelajaran dengan memenuhi etika akademik disertai sikap bertanggung jawab.
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SD |
|
|
Sikap (S) |
S7: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; S11: Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam |
|||
Pengetahuan (P) |
P3 : menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, DAN PJOK P5: Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar; P6: Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.
|
|||
Keterampilan Umum (KU) |
KU1: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis sistematis, dan inofatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keshlian (bahasa Indonesia, matematika,,IPA,IPS,PKn) KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; KU10: Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan pegiat olahraga dan seni; |
|||
Keterampilan Khusus (KK) |
KK3: mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, DAN PJOK melalui perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran,. KK6: Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar; KK7: Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu; |
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...