Pembelajaran Bahasa Indonesia SD, Curriculum : 2020


Courser in English-
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS19 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini memuat teori dan praktik pembelajaran bahasa Indonesia di SD baik kelas awal dan kelas lanjut: menjelaskan, menerapkan, dan mempraktikan prinsip, pendekatan, metode/model/ teknik, mediamultimedia, bahan ajar, penilaian, dalam bentuk perencanaan dan praktik pembelajaran dengan memenuhi etika akademik disertai sikap bertanggung jawab.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SD

 

 

Sikap (S)

S7: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

S11: Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam

Pengetahuan (P)

P3 : menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, PPKn,  SBdP, DAN PJOK

P5: Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;

P6: Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.

 

Keterampilan Umum (KU)

KU1:  Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis sistematis, dan inofatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keshlian (bahasa Indonesia, matematika,,IPA,IPS,PKn)

KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam  konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

KU10: Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan pegiat olahraga dan seni;

Keterampilan Khusus (KK)

KK3: mampu menerapkan pengetahuan  bidang studi di sekolah dasar meliputi  bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, PPKn,  SBdP, DAN PJOK melalui perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran,.

KK6: Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;

KK7: Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;

References

Utama

 

  1. HAIRRUDIN, DKK. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. DIREKTORAT JENDRAL PENDIDIKAN TINGGI PDK . 2007

Pendukung

 

  1. Utari, Mei Fita Asri, dkk. 2019. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Semarang: UPGRIS Press
  2. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT.
  3. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT.
  4. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra   Indonesia. Bandung: UPI Press.
  5. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memuat teori dan praktik pembelajaran bahasa Indonesia di SD baik kelas awal dan kelas lanjut: menjelaskan, menerapkan, dan mempraktikan prinsip, pendekatan, metode/model/ teknik, mediamultimedia, bahan ajar, penilaian, dalam bentuk perencanaan dan praktik pembelajaran dengan memenuhi etika akademik disertai sikap bertanggung jawab.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SD

 

 

Sikap (S)

S7: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

S11: Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam

Pengetahuan (P)

P3 : menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, PPKn,  SBdP, DAN PJOK

P5: Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;

P6: Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.

 

Keterampilan Umum (KU)

KU1:  Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis sistematis, dan inofatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keshlian (bahasa Indonesia, matematika,,IPA,IPS,PKn)

KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam  konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

KU10: Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan pegiat olahraga dan seni;

Keterampilan Khusus (KK)

KK3: mampu menerapkan pengetahuan  bidang studi di sekolah dasar meliputi  bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, PPKn,  SBdP, DAN PJOK melalui perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran,.

KK6: Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;

KK7: Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;

References

Utama

 

  1. HAIRRUDIN, DKK. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. DIREKTORAT JENDRAL PENDIDIKAN TINGGI PDK . 2007

Pendukung

 

  1. Utari, Mei Fita Asri, dkk. 2019. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Semarang: UPGRIS Press
  2. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT.
  3. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT.
  4. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra   Indonesia. Bandung: UPI Press.
  5. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memuat teori dan praktik pembelajaran bahasa Indonesia di SD baik kelas awal dan kelas lanjut: menjelaskan, menerapkan, dan mempraktikan prinsip, pendekatan, metode/model/ teknik, mediamultimedia, bahan ajar, penilaian, dalam bentuk perencanaan dan praktik pembelajaran dengan memenuhi etika akademik disertai sikap bertanggung jawab.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SD

 

 

Sikap (S)

S7: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

S11: Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam

Pengetahuan (P)

P3 : menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, PPKn,  SBdP, DAN PJOK

P5: Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;

P6: Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.

 

Keterampilan Umum (KU)

KU1:  Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis sistematis, dan inofatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keshlian (bahasa Indonesia, matematika,,IPA,IPS,PKn)

KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam  konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

KU10: Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan pegiat olahraga dan seni;

Keterampilan Khusus (KK)

KK3: mampu menerapkan pengetahuan  bidang studi di sekolah dasar meliputi  bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, PPKn,  SBdP, DAN PJOK melalui perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran,.

KK6: Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;

KK7: Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;

References

Utama

 

  1. HAIRRUDIN, DKK. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. DIREKTORAT JENDRAL PENDIDIKAN TINGGI PDK . 2007

Pendukung

 

  1. Utari, Mei Fita Asri, dkk. 2019. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Semarang: UPGRIS Press
  2. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT.
  3. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT.
  4. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra   Indonesia. Bandung: UPI Press.
  5. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memuat teori dan praktik pembelajaran bahasa Indonesia di SD baik kelas awal dan kelas lanjut: menjelaskan, menerapkan, dan mempraktikan prinsip, pendekatan, metode/model/ teknik, mediamultimedia, bahan ajar, penilaian, dalam bentuk perencanaan dan praktik pembelajaran dengan memenuhi etika akademik disertai sikap bertanggung jawab.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SD

 

 

Sikap (S)

S7: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

S11: Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam

Pengetahuan (P)

P3 : menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, PPKn,  SBdP, DAN PJOK

P5: Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;

P6: Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.

 

Keterampilan Umum (KU)

KU1:  Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis sistematis, dan inofatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keshlian (bahasa Indonesia, matematika,,IPA,IPS,PKn)

KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam  konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

KU10: Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan pegiat olahraga dan seni;

Keterampilan Khusus (KK)

KK3: mampu menerapkan pengetahuan  bidang studi di sekolah dasar meliputi  bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, PPKn,  SBdP, DAN PJOK melalui perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran,.

KK6: Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;

KK7: Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;

References

Utama

 

  1. HAIRRUDIN, DKK. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. DIREKTORAT JENDRAL PENDIDIKAN TINGGI PDK . 2007

Pendukung

 

  1. Utari, Mei Fita Asri, dkk. 2019. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Semarang: UPGRIS Press
  2. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT.
  3. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT.
  4. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra   Indonesia. Bandung: UPI Press.
  5. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memuat teori dan praktik pembelajaran bahasa Indonesia di SD baik kelas awal dan kelas lanjut: menjelaskan, menerapkan, dan mempraktikan prinsip, pendekatan, metode/model/ teknik, mediamultimedia, bahan ajar, penilaian, dalam bentuk perencanaan dan praktik pembelajaran dengan memenuhi etika akademik disertai sikap bertanggung jawab.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SD

 

 

Sikap (S)

S7: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

S11: Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam

Pengetahuan (P)

P3 : menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, PPKn,  SBdP, DAN PJOK

P5: Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;

P6: Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.

 

Keterampilan Umum (KU)

KU1:  Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis sistematis, dan inofatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keshlian (bahasa Indonesia, matematika,,IPA,IPS,PKn)

KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam  konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

KU10: Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan pegiat olahraga dan seni;

Keterampilan Khusus (KK)

KK3: mampu menerapkan pengetahuan  bidang studi di sekolah dasar meliputi  bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, PPKn,  SBdP, DAN PJOK melalui perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran,.

KK6: Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;

KK7: Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;

References

Utama

 

  1. HAIRRUDIN, DKK. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. DIREKTORAT JENDRAL PENDIDIKAN TINGGI PDK . 2007

Pendukung

 

  1. Utari, Mei Fita Asri, dkk. 2019. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Semarang: UPGRIS Press
  2. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT.
  3. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT.
  4. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra   Indonesia. Bandung: UPI Press.
  5. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memuat teori dan praktik pembelajaran bahasa Indonesia di SD baik kelas awal dan kelas lanjut: menjelaskan, menerapkan, dan mempraktikan prinsip, pendekatan, metode/model/ teknik, mediamultimedia, bahan ajar, penilaian, dalam bentuk perencanaan dan praktik pembelajaran dengan memenuhi etika akademik disertai sikap bertanggung jawab.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SD

 

 

Sikap (S)

S7: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

S11: Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam

Pengetahuan (P)

P3 : menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, PPKn,  SBdP, DAN PJOK

P5: Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;

P6: Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.

 

Keterampilan Umum (KU)

KU1:  Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis sistematis, dan inofatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keshlian (bahasa Indonesia, matematika,,IPA,IPS,PKn)

KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam  konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

KU10: Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan pegiat olahraga dan seni;

Keterampilan Khusus (KK)

KK3: mampu menerapkan pengetahuan  bidang studi di sekolah dasar meliputi  bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, PPKn,  SBdP, DAN PJOK melalui perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran,.

KK6: Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;

KK7: Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;

References

Utama

 

  1. HAIRRUDIN, DKK. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. DIREKTORAT JENDRAL PENDIDIKAN TINGGI PDK . 2007

Pendukung

 

  1. Utari, Mei Fita Asri, dkk. 2019. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Semarang: UPGRIS Press
  2. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT.
  3. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT.
  4. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra   Indonesia. Bandung: UPI Press.
  5. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memuat teori dan praktik pembelajaran bahasa Indonesia di SD baik kelas awal dan kelas lanjut: menjelaskan, menerapkan, dan mempraktikan prinsip, pendekatan, metode/model/ teknik, mediamultimedia, bahan ajar, penilaian, dalam bentuk perencanaan dan praktik pembelajaran dengan memenuhi etika akademik disertai sikap bertanggung jawab.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SD

 

 

Sikap (S)

S7: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

S11: Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam

Pengetahuan (P)

P3 : menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, PPKn,  SBdP, DAN PJOK

P5: Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;

P6: Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.

 

Keterampilan Umum (KU)

KU1:  Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis sistematis, dan inofatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keshlian (bahasa Indonesia, matematika,,IPA,IPS,PKn)

KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam  konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

KU10: Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan pegiat olahraga dan seni;

Keterampilan Khusus (KK)

KK3: mampu menerapkan pengetahuan  bidang studi di sekolah dasar meliputi  bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, PPKn,  SBdP, DAN PJOK melalui perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran,.

KK6: Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;

KK7: Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;

References

Utama

 

  1. HAIRRUDIN, DKK. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. DIREKTORAT JENDRAL PENDIDIKAN TINGGI PDK . 2007

Pendukung

 

  1. Utari, Mei Fita Asri, dkk. 2019. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Semarang: UPGRIS Press
  2. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT.
  3. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT.
  4. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra   Indonesia. Bandung: UPI Press.
  5. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press.

 


Details ...