Courser in English | - |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 19 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini memuat teori dan praktik pembelajaran bahasa Indonesia di SD baik kelas awal dan kelas lanjut: menjelaskan, menerapkan, dan mempraktikan prinsip, pendekatan, metode/model/ teknik, mediamultimedia, bahan ajar, penilaian, dalam bentuk perencanaan dan praktik pembelajaran dengan memenuhi etika akademik disertai sikap bertanggung jawab.
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SD |
|
|
Sikap (S) |
S7: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; S11: Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam |
|||
Pengetahuan (P) |
P3 : menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, DAN PJOK P5: Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar; P6: Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.
|
|||
Keterampilan Umum (KU) |
KU1: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis sistematis, dan inofatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keshlian (bahasa Indonesia, matematika,,IPA,IPS,PKn) KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; KU10: Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan pegiat olahraga dan seni; |
|||
Keterampilan Khusus (KK) |
KK3: mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, DAN PJOK melalui perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran,. KK6: Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar; KK7: Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu; |
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Mata kuliah ini memuat teori dan praktik pembelajaran bahasa Indonesia di SD baik kelas awal dan kelas lanjut: menjelaskan, menerapkan, dan mempraktikan prinsip, pendekatan, metode/model/ teknik, mediamultimedia, bahan ajar, penilaian, dalam bentuk perencanaan dan praktik pembelajaran dengan memenuhi etika akademik disertai sikap bertanggung jawab.
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SD |
|
|
Sikap (S) |
S7: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; S11: Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam |
|||
Pengetahuan (P) |
P3 : menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, DAN PJOK P5: Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar; P6: Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.
|
|||
Keterampilan Umum (KU) |
KU1: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis sistematis, dan inofatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keshlian (bahasa Indonesia, matematika,,IPA,IPS,PKn) KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; KU10: Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan pegiat olahraga dan seni; |
|||
Keterampilan Khusus (KK) |
KK3: mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, DAN PJOK melalui perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran,. KK6: Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar; KK7: Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu; |
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Mata kuliah ini memuat teori dan praktik pembelajaran bahasa Indonesia di SD baik kelas awal dan kelas lanjut: menjelaskan, menerapkan, dan mempraktikan prinsip, pendekatan, metode/model/ teknik, mediamultimedia, bahan ajar, penilaian, dalam bentuk perencanaan dan praktik pembelajaran dengan memenuhi etika akademik disertai sikap bertanggung jawab.
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SD |
|
|
Sikap (S) |
S7: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; S11: Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam |
|||
Pengetahuan (P) |
P3 : menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, DAN PJOK P5: Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar; P6: Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.
|
|||
Keterampilan Umum (KU) |
KU1: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis sistematis, dan inofatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keshlian (bahasa Indonesia, matematika,,IPA,IPS,PKn) KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; KU10: Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan pegiat olahraga dan seni; |
|||
Keterampilan Khusus (KK) |
KK3: mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, DAN PJOK melalui perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran,. KK6: Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar; KK7: Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu; |
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Mata kuliah ini memuat teori dan praktik pembelajaran bahasa Indonesia di SD baik kelas awal dan kelas lanjut: menjelaskan, menerapkan, dan mempraktikan prinsip, pendekatan, metode/model/ teknik, mediamultimedia, bahan ajar, penilaian, dalam bentuk perencanaan dan praktik pembelajaran dengan memenuhi etika akademik disertai sikap bertanggung jawab.
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SD |
|
|
Sikap (S) |
S7: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; S11: Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam |
|||
Pengetahuan (P) |
P3 : menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, DAN PJOK P5: Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar; P6: Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.
|
|||
Keterampilan Umum (KU) |
KU1: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis sistematis, dan inofatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keshlian (bahasa Indonesia, matematika,,IPA,IPS,PKn) KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; KU10: Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan pegiat olahraga dan seni; |
|||
Keterampilan Khusus (KK) |
KK3: mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, DAN PJOK melalui perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran,. KK6: Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar; KK7: Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu; |
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Mata kuliah ini memuat teori dan praktik pembelajaran bahasa Indonesia di SD baik kelas awal dan kelas lanjut: menjelaskan, menerapkan, dan mempraktikan prinsip, pendekatan, metode/model/ teknik, mediamultimedia, bahan ajar, penilaian, dalam bentuk perencanaan dan praktik pembelajaran dengan memenuhi etika akademik disertai sikap bertanggung jawab.
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SD |
|
|
Sikap (S) |
S7: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; S11: Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam |
|||
Pengetahuan (P) |
P3 : menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, DAN PJOK P5: Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar; P6: Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.
|
|||
Keterampilan Umum (KU) |
KU1: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis sistematis, dan inofatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keshlian (bahasa Indonesia, matematika,,IPA,IPS,PKn) KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; KU10: Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan pegiat olahraga dan seni; |
|||
Keterampilan Khusus (KK) |
KK3: mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, DAN PJOK melalui perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran,. KK6: Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar; KK7: Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu; |
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Mata kuliah ini memuat teori dan praktik pembelajaran bahasa Indonesia di SD baik kelas awal dan kelas lanjut: menjelaskan, menerapkan, dan mempraktikan prinsip, pendekatan, metode/model/ teknik, mediamultimedia, bahan ajar, penilaian, dalam bentuk perencanaan dan praktik pembelajaran dengan memenuhi etika akademik disertai sikap bertanggung jawab.
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SD |
|
|
Sikap (S) |
S7: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; S11: Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam |
|||
Pengetahuan (P) |
P3 : menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, DAN PJOK P5: Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar; P6: Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.
|
|||
Keterampilan Umum (KU) |
KU1: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis sistematis, dan inofatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keshlian (bahasa Indonesia, matematika,,IPA,IPS,PKn) KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; KU10: Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan pegiat olahraga dan seni; |
|||
Keterampilan Khusus (KK) |
KK3: mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, DAN PJOK melalui perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran,. KK6: Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar; KK7: Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu; |
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Mata kuliah ini memuat teori dan praktik pembelajaran bahasa Indonesia di SD baik kelas awal dan kelas lanjut: menjelaskan, menerapkan, dan mempraktikan prinsip, pendekatan, metode/model/ teknik, mediamultimedia, bahan ajar, penilaian, dalam bentuk perencanaan dan praktik pembelajaran dengan memenuhi etika akademik disertai sikap bertanggung jawab.
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SD |
|
|
Sikap (S) |
S7: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; S11: Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam |
|||
Pengetahuan (P) |
P3 : menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, DAN PJOK P5: Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar; P6: Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.
|
|||
Keterampilan Umum (KU) |
KU1: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis sistematis, dan inofatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keshlian (bahasa Indonesia, matematika,,IPA,IPS,PKn) KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; KU10: Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan pegiat olahraga dan seni; |
|||
Keterampilan Khusus (KK) |
KK3: mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, DAN PJOK melalui perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran,. KK6: Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar; KK7: Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu; |
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...