Sosiologi Olahraga , Curriculum : 2015


Courser in EnglishSOCIOLOGY OF SPORTS
ProgramPendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
SKS2 SKS
RPS29 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas konsep dan implementasi sosiologi dalam kegiatan olahraga di masyarakat umum dan di lingkungan masyarakat sekolah. Proses perkuliahan diarahkan agar mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep dasar sosiologi olahraga, konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan sosiologi, hubungan olahraga dengan teori sosiologis dan aspek-aspeknya, hubungan olahraga dengan kebudayaan, ekonomi, politik. Mahasiswa juga dibekali pemahaman tentang kekerasan dalam olahraga, olahraga dan wanita (isu gender), kegiatan olahraga di lingkungan pendidikan formal, olahraga dan media, dimensi sosial budaya dalam pembinaan olahraga, interaksi pemerintah, swasta, dan masyarakat dalam pembinaan olahraga nasional, aspek sosiologis pembinaan olahraga usia dini, serta kajian mengenai olahraga dan kelompok.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkulihan ini, diharapkan mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep sosiologi dan mampu mengimplementasikan konsep praktis sosiologis olahraga sebagai bagian dari aspek yang diperhatikan pada saat melakukan pembinaan olahraga di sekolah

References

  • Cox, H.R,  (2012). Sport Psychology. Human Kinetics.
  • Freeman, William. (2012). Physical Education and Sport in a Changing Society. USA: MacMillan.
  • Hoedaya, Danu. (2019). PendekatanPsikologisDalamOlahragaUsiaDiniBukuPedomanPelatihanUsiaDini. Jakarta: Kementerian Negara PemudadanOlahragaRepublik Indonesia
  • Hoedaya, Danu. (2019), EmpatiDalamKehidupanBermasyarakatTinjauanPotensiPendidikanJasmaniDalamPendidikanWatak. Makalah. Bandung: FPOK UPI.

brahim, Rusli, (2011), Pembinaan Perilaku Sosial Melalui Pendidikan Jasmani Prinsip-Prinsip dan Metode, Jakarta


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas konsep dan implementasi sosiologi dalam kegiatan olahraga di masyarakat umum dan di lingkungan masyarakat sekolah. Proses perkuliahan diarahkan agar mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep dasar sosiologi olahraga, konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan sosiologi, hubungan olahraga dengan teori sosiologis dan aspek-aspeknya, hubungan olahraga dengan kebudayaan, ekonomi, politik. Mahasiswa juga dibekali pemahaman tentang kekerasan dalam olahraga, olahraga dan wanita (isu gender), kegiatan olahraga di lingkungan pendidikan formal, olahraga dan media, dimensi sosial budaya dalam pembinaan olahraga, interaksi pemerintah, swasta, dan masyarakat dalam pembinaan olahraga nasional, aspek sosiologis pembinaan olahraga usia dini, serta kajian mengenai olahraga dan kelompok.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkulihan ini, diharapkan mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep sosiologi dan mampu mengimplementasikan konsep praktis sosiologis olahraga sebagai bagian dari aspek yang diperhatikan pada saat melakukan pembinaan olahraga di sekolah

References

  • Cox, H.R,  (2012). Sport Psychology. Human Kinetics.
  • Freeman, William. (2012). Physical Education and Sport in a Changing Society. USA: MacMillan.
  • Hoedaya, Danu. (2019). PendekatanPsikologisDalamOlahragaUsiaDiniBukuPedomanPelatihanUsiaDini. Jakarta: Kementerian Negara PemudadanOlahragaRepublik Indonesia
  • Hoedaya, Danu. (2019), EmpatiDalamKehidupanBermasyarakatTinjauanPotensiPendidikanJasmaniDalamPendidikanWatak. Makalah. Bandung: FPOK UPI.

brahim, Rusli, (2011), Pembinaan Perilaku Sosial Melalui Pendidikan Jasmani Prinsip-Prinsip dan Metode, Jakarta


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas konsep dan implementasi sosiologi dalam kegiatan olahraga di masyarakat umum dan di lingkungan masyarakat sekolah. Proses perkuliahan diarahkan agar mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep dasar sosiologi olahraga, konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan sosiologi, hubungan olahraga dengan teori sosiologis dan aspek-aspeknya, hubungan olahraga dengan kebudayaan, ekonomi, politik. Mahasiswa juga dibekali pemahaman tentang kekerasan dalam olahraga, olahraga dan wanita (isu gender), kegiatan olahraga di lingkungan pendidikan formal, olahraga dan media, dimensi sosial budaya dalam pembinaan olahraga, interaksi pemerintah, swasta, dan masyarakat dalam pembinaan olahraga nasional, aspek sosiologis pembinaan olahraga usia dini, serta kajian mengenai olahraga dan kelompok.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkulihan ini, diharapkan mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep sosiologi dan mampu mengimplementasikan konsep praktis sosiologis olahraga sebagai bagian dari aspek yang diperhatikan pada saat melakukan pembinaan olahraga di sekolah

References

  • Cox, H.R,  (2012). Sport Psychology. Human Kinetics.
  • Freeman, William. (2012). Physical Education and Sport in a Changing Society. USA: MacMillan.
  • Hoedaya, Danu. (2019). PendekatanPsikologisDalamOlahragaUsiaDiniBukuPedomanPelatihanUsiaDini. Jakarta: Kementerian Negara PemudadanOlahragaRepublik Indonesia
  • Hoedaya, Danu. (2019), EmpatiDalamKehidupanBermasyarakatTinjauanPotensiPendidikanJasmaniDalamPendidikanWatak. Makalah. Bandung: FPOK UPI.

brahim, Rusli, (2011), Pembinaan Perilaku Sosial Melalui Pendidikan Jasmani Prinsip-Prinsip dan Metode, Jakarta


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas konsep dan implementasi sosiologi dalam kegiatan olahraga di masyarakat umum dan di lingkungan masyarakat sekolah. Proses perkuliahan diarahkan agar mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep dasar sosiologi olahraga, konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan sosiologi, hubungan olahraga dengan teori sosiologis dan aspek-aspeknya, hubungan olahraga dengan kebudayaan, ekonomi, politik. Mahasiswa juga dibekali pemahaman tentang kekerasan dalam olahraga, olahraga dan wanita (isu gender), kegiatan olahraga di lingkungan pendidikan formal, olahraga dan media, dimensi sosial budaya dalam pembinaan olahraga, interaksi pemerintah, swasta, dan masyarakat dalam pembinaan olahraga nasional, aspek sosiologis pembinaan olahraga usia dini, serta kajian mengenai olahraga dan kelompok.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkulihan ini, diharapkan mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep sosiologi dan mampu mengimplementasikan konsep praktis sosiologis olahraga sebagai bagian dari aspek yang diperhatikan pada saat melakukan pembinaan olahraga di sekolah

References

  • Cox, H.R,  (2012). Sport Psychology. Human Kinetics.
  • Freeman, William. (2012). Physical Education and Sport in a Changing Society. USA: MacMillan.
  • Hoedaya, Danu. (2019). PendekatanPsikologisDalamOlahragaUsiaDiniBukuPedomanPelatihanUsiaDini. Jakarta: Kementerian Negara PemudadanOlahragaRepublik Indonesia
  • Hoedaya, Danu. (2019), EmpatiDalamKehidupanBermasyarakatTinjauanPotensiPendidikanJasmaniDalamPendidikanWatak. Makalah. Bandung: FPOK UPI.

brahim, Rusli, (2011), Pembinaan Perilaku Sosial Melalui Pendidikan Jasmani Prinsip-Prinsip dan Metode, Jakarta


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas konsep dan implementasi sosiologi dalam kegiatan olahraga di masyarakat umum dan di lingkungan masyarakat sekolah. Proses perkuliahan diarahkan agar mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep dasar sosiologi olahraga, konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan sosiologi, hubungan olahraga dengan teori sosiologis dan aspek-aspeknya, hubungan olahraga dengan kebudayaan, ekonomi, politik. Mahasiswa juga dibekali pemahaman tentang kekerasan dalam olahraga, olahraga dan wanita (isu gender), kegiatan olahraga di lingkungan pendidikan formal, olahraga dan media, dimensi sosial budaya dalam pembinaan olahraga, interaksi pemerintah, swasta, dan masyarakat dalam pembinaan olahraga nasional, aspek sosiologis pembinaan olahraga usia dini, serta kajian mengenai olahraga dan kelompok.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkulihan ini, diharapkan mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep sosiologi dan mampu mengimplementasikan konsep praktis sosiologis olahraga sebagai bagian dari aspek yang diperhatikan pada saat melakukan pembinaan olahraga di sekolah

References

  • Cox, H.R,  (2012). Sport Psychology. Human Kinetics.
  • Freeman, William. (2012). Physical Education and Sport in a Changing Society. USA: MacMillan.
  • Hoedaya, Danu. (2019). PendekatanPsikologisDalamOlahragaUsiaDiniBukuPedomanPelatihanUsiaDini. Jakarta: Kementerian Negara PemudadanOlahragaRepublik Indonesia
  • Hoedaya, Danu. (2019), EmpatiDalamKehidupanBermasyarakatTinjauanPotensiPendidikanJasmaniDalamPendidikanWatak. Makalah. Bandung: FPOK UPI.

brahim, Rusli, (2011), Pembinaan Perilaku Sosial Melalui Pendidikan Jasmani Prinsip-Prinsip dan Metode, Jakarta


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas konsep dan implementasi sosiologi dalam kegiatan olahraga di masyarakat umum dan di lingkungan masyarakat sekolah. Proses perkuliahan diarahkan agar mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep dasar sosiologi olahraga, konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan sosiologi, hubungan olahraga dengan teori sosiologis dan aspek-aspeknya, hubungan olahraga dengan kebudayaan, ekonomi, politik. Mahasiswa juga dibekali pemahaman tentang kekerasan dalam olahraga, olahraga dan wanita (isu gender), kegiatan olahraga di lingkungan pendidikan formal, olahraga dan media, dimensi sosial budaya dalam pembinaan olahraga, interaksi pemerintah, swasta, dan masyarakat dalam pembinaan olahraga nasional, aspek sosiologis pembinaan olahraga usia dini, serta kajian mengenai olahraga dan kelompok.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkulihan ini, diharapkan mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep sosiologi dan mampu mengimplementasikan konsep praktis sosiologis olahraga sebagai bagian dari aspek yang diperhatikan pada saat melakukan pembinaan olahraga di sekolah

References

  • Cox, H.R,  (2012). Sport Psychology. Human Kinetics.
  • Freeman, William. (2012). Physical Education and Sport in a Changing Society. USA: MacMillan.
  • Hoedaya, Danu. (2019). PendekatanPsikologisDalamOlahragaUsiaDiniBukuPedomanPelatihanUsiaDini. Jakarta: Kementerian Negara PemudadanOlahragaRepublik Indonesia
  • Hoedaya, Danu. (2019), EmpatiDalamKehidupanBermasyarakatTinjauanPotensiPendidikanJasmaniDalamPendidikanWatak. Makalah. Bandung: FPOK UPI.

brahim, Rusli, (2011), Pembinaan Perilaku Sosial Melalui Pendidikan Jasmani Prinsip-Prinsip dan Metode, Jakarta


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas konsep dan implementasi sosiologi dalam kegiatan olahraga di masyarakat umum dan di lingkungan masyarakat sekolah. Proses perkuliahan diarahkan agar mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep dasar sosiologi olahraga, konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan sosiologi, hubungan olahraga dengan teori sosiologis dan aspek-aspeknya, hubungan olahraga dengan kebudayaan, ekonomi, politik. Mahasiswa juga dibekali pemahaman tentang kekerasan dalam olahraga, olahraga dan wanita (isu gender), kegiatan olahraga di lingkungan pendidikan formal, olahraga dan media, dimensi sosial budaya dalam pembinaan olahraga, interaksi pemerintah, swasta, dan masyarakat dalam pembinaan olahraga nasional, aspek sosiologis pembinaan olahraga usia dini, serta kajian mengenai olahraga dan kelompok.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkulihan ini, diharapkan mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep sosiologi dan mampu mengimplementasikan konsep praktis sosiologis olahraga sebagai bagian dari aspek yang diperhatikan pada saat melakukan pembinaan olahraga di sekolah

References

  • Cox, H.R,  (2012). Sport Psychology. Human Kinetics.
  • Freeman, William. (2012). Physical Education and Sport in a Changing Society. USA: MacMillan.
  • Hoedaya, Danu. (2019). PendekatanPsikologisDalamOlahragaUsiaDiniBukuPedomanPelatihanUsiaDini. Jakarta: Kementerian Negara PemudadanOlahragaRepublik Indonesia
  • Hoedaya, Danu. (2019), EmpatiDalamKehidupanBermasyarakatTinjauanPotensiPendidikanJasmaniDalamPendidikanWatak. Makalah. Bandung: FPOK UPI.

brahim, Rusli, (2011), Pembinaan Perilaku Sosial Melalui Pendidikan Jasmani Prinsip-Prinsip dan Metode, Jakarta


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas konsep dan implementasi sosiologi dalam kegiatan olahraga di masyarakat umum dan di lingkungan masyarakat sekolah. Proses perkuliahan diarahkan agar mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep dasar sosiologi olahraga, konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan sosiologi, hubungan olahraga dengan teori sosiologis dan aspek-aspeknya, hubungan olahraga dengan kebudayaan, ekonomi, politik. Mahasiswa juga dibekali pemahaman tentang kekerasan dalam olahraga, olahraga dan wanita (isu gender), kegiatan olahraga di lingkungan pendidikan formal, olahraga dan media, dimensi sosial budaya dalam pembinaan olahraga, interaksi pemerintah, swasta, dan masyarakat dalam pembinaan olahraga nasional, aspek sosiologis pembinaan olahraga usia dini, serta kajian mengenai olahraga dan kelompok.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkulihan ini, diharapkan mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep sosiologi dan mampu mengimplementasikan konsep praktis sosiologis olahraga sebagai bagian dari aspek yang diperhatikan pada saat melakukan pembinaan olahraga di sekolah

References

  • Cox, H.R,  (2012). Sport Psychology. Human Kinetics.
  • Freeman, William. (2012). Physical Education and Sport in a Changing Society. USA: MacMillan.
  • Hoedaya, Danu. (2019). PendekatanPsikologisDalamOlahragaUsiaDiniBukuPedomanPelatihanUsiaDini. Jakarta: Kementerian Negara PemudadanOlahragaRepublik Indonesia
  • Hoedaya, Danu. (2019), EmpatiDalamKehidupanBermasyarakatTinjauanPotensiPendidikanJasmaniDalamPendidikanWatak. Makalah. Bandung: FPOK UPI.

brahim, Rusli, (2011), Pembinaan Perilaku Sosial Melalui Pendidikan Jasmani Prinsip-Prinsip dan Metode, Jakarta


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas konsep dan implementasi sosiologi dalam kegiatan olahraga di masyarakat umum dan di lingkungan masyarakat sekolah. Proses perkuliahan diarahkan agar mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep dasar sosiologi olahraga, konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan sosiologi, hubungan olahraga dengan teori sosiologis dan aspek-aspeknya, hubungan olahraga dengan kebudayaan, ekonomi, politik. Mahasiswa juga dibekali pemahaman tentang kekerasan dalam olahraga, olahraga dan wanita (isu gender), kegiatan olahraga di lingkungan pendidikan formal, olahraga dan media, dimensi sosial budaya dalam pembinaan olahraga, interaksi pemerintah, swasta, dan masyarakat dalam pembinaan olahraga nasional, aspek sosiologis pembinaan olahraga usia dini, serta kajian mengenai olahraga dan kelompok.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkulihan ini, diharapkan mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep sosiologi dan mampu mengimplementasikan konsep praktis sosiologis olahraga sebagai bagian dari aspek yang diperhatikan pada saat melakukan pembinaan olahraga di sekolah

References

  • Coakley, Jay. (2001). Sport in Society Issues  Controversies. Seventh Edition. New York: McGraw-Hill
  • Cox, H.R,  (2002). Sport Psychology. Human Kinetics.
  • Freeman, William. (1990). Physical Education and Sport in a Changing Society. USA: MacMillan.
  • Hoedaya, Danu. (2009). PendekatanPsikologisDalamOlahragaUsiaDiniBukuPedomanPelatihanUsiaDini. Jakarta: Kementerian Negara PemudadanOlahragaRepublik Indonesia
  • Hoedaya, Danu. (2009), EmpatiDalamKehidupanBermasyarakatTinjauanPotensiPendidikanJasmaniDalamPendidikanWatak. Makalah. Bandung: FPOK UPI.
  • brahim, Rusli, (2001), Pembinaan Perilaku Sosial Melalui Pendidikan Jasmani Prinsip-Prinsip dan Metode, Jakarta : Direktorat Jenderal Olahraga.
  • Johana, Kemal  &Supandi .(1990). SosiologiOlahraga. FPOK IKIP Bandung.
  • Lutan, Rusli dan Ma’mun Amung. (1997). Sosiologi Olahraga. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas konsep dan implementasi sosiologi dalam kegiatan olahraga di masyarakat umum dan di lingkungan masyarakat sekolah. Proses perkuliahan diarahkan agar mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep dasar sosiologi olahraga, konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan sosiologi, hubungan olahraga dengan teori sosiologis dan aspek-aspeknya, hubungan olahraga dengan kebudayaan, ekonomi, politik. Mahasiswa juga dibekali pemahaman tentang kekerasan dalam olahraga, olahraga dan wanita (isu gender), kegiatan olahraga di lingkungan pendidikan formal, olahraga dan media, dimensi sosial budaya dalam pembinaan olahraga, interaksi pemerintah, swasta, dan masyarakat dalam pembinaan olahraga nasional, aspek sosiologis pembinaan olahraga usia dini, serta kajian mengenai olahraga dan kelompok.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkulihan ini, diharapkan mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep sosiologi dan mampu mengimplementasikan konsep praktis sosiologis olahraga sebagai bagian dari aspek yang diperhatikan pada saat melakukan pembinaan olahraga di sekolah

References

  • Coakley, Jay. (2001). Sport in Society Issues  Controversies. Seventh Edition. New York: McGraw-Hill
  • Cox, H.R,  (2002). Sport Psychology. Human Kinetics.
  • Freeman, William. (1990). Physical Education and Sport in a Changing Society. USA: MacMillan.
  • Hoedaya, Danu. (2009). PendekatanPsikologisDalamOlahragaUsiaDiniBukuPedomanPelatihanUsiaDini. Jakarta: Kementerian Negara PemudadanOlahragaRepublik Indonesia
  • Hoedaya, Danu. (2009), EmpatiDalamKehidupanBermasyarakatTinjauanPotensiPendidikanJasmaniDalamPendidikanWatak. Makalah. Bandung: FPOK UPI.
  • brahim, Rusli, (2001), Pembinaan Perilaku Sosial Melalui Pendidikan Jasmani Prinsip-Prinsip dan Metode, Jakarta : Direktorat Jenderal Olahraga.
  • Johana, Kemal  &Supandi .(1990). SosiologiOlahraga. FPOK IKIP Bandung.
  • Lutan, Rusli dan Ma’mun Amung. (1997). Sosiologi Olahraga. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas konsep dan implementasi sosiologi dalam kegiatan olahraga di masyarakat umum dan di lingkungan masyarakat sekolah. Proses perkuliahan diarahkan agar mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep dasar sosiologi olahraga, konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan sosiologi, hubungan olahraga dengan teori sosiologis dan aspek-aspeknya, hubungan olahraga dengan kebudayaan, ekonomi, politik. Mahasiswa juga dibekali pemahaman tentang kekerasan dalam olahraga, olahraga dan wanita (isu gender), kegiatan olahraga di lingkungan pendidikan formal, olahraga dan media, dimensi sosial budaya dalam pembinaan olahraga, interaksi pemerintah, swasta, dan masyarakat dalam pembinaan olahraga nasional, aspek sosiologis pembinaan olahraga usia dini, serta kajian mengenai olahraga dan kelompok.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkulihan ini, diharapkan mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep sosiologi dan mampu mengimplementasikan konsep praktis sosiologis olahraga sebagai bagian dari aspek yang diperhatikan pada saat melakukan pembinaan olahraga di sekolah

References

  • Coakley, Jay. (2001). Sport in Society Issues  Controversies. Seventh Edition. New York: McGraw-Hill
  • Cox, H.R,  (2002). Sport Psychology. Human Kinetics.
  • Freeman, William. (1990). Physical Education and Sport in a Changing Society. USA: MacMillan.
  • Hoedaya, Danu. (2009). PendekatanPsikologisDalamOlahragaUsiaDiniBukuPedomanPelatihanUsiaDini. Jakarta: Kementerian Negara PemudadanOlahragaRepublik Indonesia
  • Hoedaya, Danu. (2009), EmpatiDalamKehidupanBermasyarakatTinjauanPotensiPendidikanJasmaniDalamPendidikanWatak. Makalah. Bandung: FPOK UPI.
  • brahim, Rusli, (2001), Pembinaan Perilaku Sosial Melalui Pendidikan Jasmani Prinsip-Prinsip dan Metode, Jakarta : Direktorat Jenderal Olahraga.
  • Johana, Kemal  &Supandi .(1990). SosiologiOlahraga. FPOK IKIP Bandung.
  • Lutan, Rusli dan Ma’mun Amung. (1997). Sosiologi Olahraga. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas konsep dan implementasi sosiologi dalam kegiatan olahraga di masyarakat umum dan di lingkungan masyarakat sekolah. Proses perkuliahan diarahkan agar mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep dasar sosiologi olahraga, konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan sosiologi, hubungan olahraga dengan teori sosiologis dan aspek-aspeknya, hubungan olahraga dengan kebudayaan, ekonomi, politik. Mahasiswa juga dibekali pemahaman tentang kekerasan dalam olahraga, olahraga dan wanita (isu gender), kegiatan olahraga di lingkungan pendidikan formal, olahraga dan media, dimensi sosial budaya dalam pembinaan olahraga, interaksi pemerintah, swasta, dan masyarakat dalam pembinaan olahraga nasional, aspek sosiologis pembinaan olahraga usia dini, serta kajian mengenai olahraga dan kelompok.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkulihan ini, diharapkan mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep sosiologi dan mampu mengimplementasikan konsep praktis sosiologis olahraga sebagai bagian dari aspek yang diperhatikan pada saat melakukan pembinaan olahraga di sekolah

References

  • Coakley, Jay. (2001). Sport in Society Issues  Controversies. Seventh Edition. New York: McGraw-Hill
  • Cox, H.R,  (2002). Sport Psychology. Human Kinetics.
  • Freeman, William. (1990). Physical Education and Sport in a Changing Society. USA: MacMillan.
  • Hoedaya, Danu. (2009). PendekatanPsikologisDalamOlahragaUsiaDiniBukuPedomanPelatihanUsiaDini. Jakarta: Kementerian Negara PemudadanOlahragaRepublik Indonesia
  • Hoedaya, Danu. (2009), EmpatiDalamKehidupanBermasyarakatTinjauanPotensiPendidikanJasmaniDalamPendidikanWatak. Makalah. Bandung: FPOK UPI.
  • brahim, Rusli, (2001), Pembinaan Perilaku Sosial Melalui Pendidikan Jasmani Prinsip-Prinsip dan Metode, Jakarta : Direktorat Jenderal Olahraga.
  • Johana, Kemal  &Supandi .(1990). SosiologiOlahraga. FPOK IKIP Bandung.
  • Lutan, Rusli dan Ma’mun Amung. (1997). Sosiologi Olahraga. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.


Details ...