Courser in English | LEARNER DEVELOPMENT |
Program | Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi |
SKS | 2 SKS |
RPS | 23 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini membahas tentang (1) konsep perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko-fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosiomosional, (e) moral dan religi, (f) kemandirian, dan (g) perkembangan karier; (5) permasalahan remaja serta implikasinya dalam pendidikan
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan mengaplikasikannya dalam pendidikan tentang konsep perkembangan, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan, karakteristik perkembangan psiko-fisik peserta didik, dan permasalahan anak/remaja.
References-
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang (1) konsep perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko-fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosiomosional, (e) moral dan religi, (f) kemandirian, dan (g) perkembangan karier; (5) permasalahan remaja serta implikasinya dalam pendidikan
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan mengaplikasikannya dalam pendidikan tentang konsep perkembangan, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan, karakteristik perkembangan psiko-fisik peserta didik, dan permasalahan anak/remaja.
References-
Details ...
Perkuliahan ini membahas Konsep perkembangan peserta didik, Karateristik dan Perbedaan Individu, Pertumbuhan dan Perkembangan (remaja), Pertumbuhan Fisik, Perkembangan Intelek remaja, Perkembangan Sosial remaja , Perkembangan Bahasa remaja , Perkembangan Afeksi/afektif remaja , Perkembangan Kehidupan Pribadi dan Pendidikan , Penyesuaian Diri dan permaslahan peserta didik
Learning OutcomesSetelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik mahasiswa diharapkan memahami Konsep perkembangan peserta didik, Karateristik dan Perbedaan Individu, Pertumbuhan dan Perkembangan (remaja), Pertumbuhan Fisik, Perkembangan Intelek remaja, Perkembangan Sosial remaja , Perkembangan Bahasa remaja , Perkembangan Afeksi/afektif remaja , Perkembangan Kehidupan Pribadi dan Pendidikan , Penyesuaian Diri dan permasalahan peserta didik
ReferencesElizabeth. B Hurlock. 1980. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Monks, F.J.,Knoer, A.M.P., dan Haditono, S.R. 1999. Psikologi Perkembangan: pengantar ke dalam berbagai bagiannya. Cetakan kedua belas. Yogyakarta: Gadjah Mada university Press.
Rice, P. 2001. Human Development. New Jersey : Prentice Hall
Santrock, J.W.S. 1997. Life Span Development. Sidney: Brown and Benckark. (sudah diterjemahkan)
Sunarto. (2002). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta
Details ...
perkembangan peserta didik merupakan mata kuliah yang memberikan pengetahuan tentang konsep dasar perkembangan peserta didik (jenjang SMP dan SMA) yang berisi perkembangan dan pertumbuhan, hukum dan prinsip-prinsip dalam perkembangan, metode-metode yang digunakan dalam penelitian perkembangan, konsep dasar peserta didik dan impilkasi terhadap pendidikan, karakteristik peserta didik jenjang SMP dan SMA, menjelaskan tentang teori-teori perkembangan, konsep remaja sebagai peserta didik, tugas dan ciri-ciri perkembangan remaja sebagai peserta didik, aspek perkembangan fisik, perkembangan kognitif dan inteligensi, perkembangan emosional, perkembangan bahasa, perkembangan bakat dan minat, perkembangan penyesuaian diri dan konsep diri, serta perkembangan sosial dan gangguan dalam perkembangan manusia
Learning Outcomessetelah mendapatkan perkuliahan perkembangan peserta didik, mahasiswa dapat :
- mengetahui karakteristik perkembangan yang dialami peserta didik
- memahami perbedaan karakteristik dalam perkembangan peserta didik
- memahami aspek-aspek perkembangan yang dialami peserta didik beserta implikasinya dalam pendidikan
- mengenali gejal-gejala perilaku yang menganggu perkembangan peserta didik
-
Details ...
Mata kuliah ini merupakan kajian tentang konsep dasar psikologi perkembangan manusia, khususnya pada peserta didik di sekolah, dalam perkembangan peserta didik mencakup karakteristik remaja, perkembangan fisik, perkembangan sosial, kognitif dan bahasa, perkembangan emosi remaja, perkembangan karier, agama dan moral, perkembangan kepribadian serta beberapa permasalahan yang dihadapi oleh remaja dan upaya bantuan melalui analisis rasional dan analisis secara empirik.
Learning OutcomesMahasiswa memiliki pemahaman tentang aspek dan tahapan perkembangan yang dialami oleh peserta didik, dalam hal ini peserta didik masuk dalam fase perkembangan remaja, sehingga mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsepsi tahap perkembangan peserta didik.
ReferencesWajib
- Sarwono,Sarlito W. 2011. Psikologi Remaja. Jakarta : Rajawali Pers.
- Ali, Mohammad. 2008. Psikologi Remaja Jakarta : Bumi Aksara
- Haditono, Siti Rahayu. 2006. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta : UGM Press.
- Yusuf, Syamsu. 2011. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Anjuran
- Hurlock 2005. Psikologi Perkembangan. Jakarta : Erlangga
- Fatimah, Enung. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung : Pustaka Setia
Details ...
Perkuliahan ini membahas Konsep perkembangan peserta didik, Karateristik dan Perbedaan Individu, Pertumbuhan dan Perkembangan (remaja), Pertumbuhan Fisik, Perkembangan Intelek remaja, Perkembangan Sosial remaja , Perkembangan Bahasa remaja , Perkembangan Afeksi/afektif remaja , Perkembangan Kehidupan Pribadi dan Pendidikan , Penyesuaian Diri
Learning OutcomesSetelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik mahasiswa diharapkan memahami Konsep perkembangan peserta didik, Karateristik dan Perbedaan Individu, Pertumbuhan dan Perkembangan (remaja), Pertumbuhan Fisik, Perkembangan Intelek remaja, Perkembangan Sosial remaja , Perkembangan Bahasa remaja , Perkembangan Afeksi/afektif remaja , Perkembangan Kehidupan Pribadi dan Pendidikan , Penyesuaian Diri
ReferencesElizabeth. B Hurlock. 1980. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Monks, F.J.,Knoer, A.M.P., dan Haditono, S.R. 1999. Psikologi Perkembangan: pengantar ke dalam berbagai bagiannya. Cetakan kedua belas. Yogyakarta: Gadjah Mada university Press.
Rice, P. 2001. Human Development. New Jersey : Prentice Hall
Santrock, J.W.S. 1997. Life Span Development. Sidney: Brown and Benckark. (sudah diterjemahkan)
Sunarto. (2002). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta
Details ...
Perkuliahan ini membahas Konsep perkembangan peserta didik, Karateristik dan Perbedaan Individu, Pertumbuhan dan Perkembangan (remaja), Pertumbuhan Fisik, Perkembangan Intelek remaja, Perkembangan Sosial remaja , Perkembangan Bahasa remaja , Perkembangan Afeksi/afektif remaja , Perkembangan Kehidupan Pribadi dan Pendidikan , Penyesuaian Diri dan permaslahan peserta didik
Learning OutcomesSetelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik mahasiswa diharapkan memahami Konsep perkembangan peserta didik, Karateristik dan Perbedaan Individu, Pertumbuhan dan Perkembangan (remaja), Pertumbuhan Fisik, Perkembangan Intelek remaja, Perkembangan Sosial remaja , Perkembangan Bahasa remaja , Perkembangan Afeksi/afektif remaja , Perkembangan Kehidupan Pribadi dan Pendidikan , Penyesuaian Diri dan permasalahan peserta didik
ReferencesElizabeth. B Hurlock. 1980. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Monks, F.J.,Knoer, A.M.P., dan Haditono, S.R. 1999. Psikologi Perkembangan: pengantar ke dalam berbagai bagiannya. Cetakan kedua belas. Yogyakarta: Gadjah Mada university Press.
Rice, P. 2001. Human Development. New Jersey : Prentice Hall
Santrock, J.W.S. 1997. Life Span Development. Sidney: Brown and Benckark. (sudah diterjemahkan)
Sunarto. (2002). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta
Details ...
Perkuliahan ini membahas Konsep perkembangan peserta didik, Karateristik dan Perbedaan Individu, Pertumbuhan dan Perkembangan (remaja), Pertumbuhan Fisik, Perkembangan Intelek remaja, Perkembangan Sosial remaja , Perkembangan Bahasa remaja , Perkembangan Afeksi/afektif remaja , Perkembangan Kehidupan Pribadi dan Pendidikan , Penyesuaian Diri dan permaslahan peserta didik
Learning OutcomesSetelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik mahasiswa diharapkan memahami Konsep perkembangan peserta didik, Karateristik dan Perbedaan Individu, Pertumbuhan dan Perkembangan (remaja), Pertumbuhan Fisik, Perkembangan Intelek remaja, Perkembangan Sosial remaja , Perkembangan Bahasa remaja , Perkembangan Afeksi/afektif remaja , Perkembangan Kehidupan Pribadi dan Pendidikan , Penyesuaian Diri dan permasalahan peserta didik
ReferencesDesmita. 2012. Psikologi Perkembangan Peserta didik. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Hosnan. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor : PT Ghalia Indonesia
Supriyadi, Oding. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta : PT Kurnia Kalam Semesta
Details ...
•Perkuliahan ini membahas Konsep perkembangan peserta didik, Karakteristik dan perbedaan Individu, teori dan hukum perkembangan, fase dan tugas perkembangan, Pertumbuhan dan Perkembangan, Pertumbuhan Fisik, Perkembangan Intelektual, Perkembangan Sosial remaja, Perkembangan Bahasa,perkembangan emosi, penyesuaian diri dan permasalahan siswa.
Learning Outcomes-
ReferencesAhmadi, Abu, 1977, Ilmu Jiwa Anak : Untuk Sekolah-sekolah Pendidikan Guru, CV Toha Putra, Semarang.
Ahmadi, Abu dan Munawar Sholeh, 2005, Psikologi Perkembangan, Rineka Cipta, Jakarta.
Ali, H. Suparmo, Retnaningdyastuti, MTh dan Hani, Allif Rahmi, 2014, Psikologi Perkembangan, Universitas PGRI Semarang (terbitan terbatas), Semarang.
Azhari, Akyas, 2004, Psikologi Umum dan Perkembangan, Seri Buku Daros, Jakarta.
Beck, Joan, 2003, Meningkatkan Kecerdasan Anak, Delapratasa Publishing.
Chaerani, Nina, 2003, Biarkan Anak Bicara, Penerbit Republik, Jakarta.
Chaplin, JP, 2006, Kamus Lengkap Psikologi (diterjemahkan Kartini Kartono), Jakarta, RajaGrafindo Persada.
Djaka Cs, 1973, Rangkuman Ilmu Mendidik : Ilmu Jiwa Anak-anak, Penerbit Mutiara, Jakarta.
Dryden, Gordon dan Vos, Jeannette, 2002, Revolusi Cara Belajar (The Learning Revolution), Kaifa, Bandung.
Garawiyan, Banu, 2002, Memahami Gejolak Emosi Anak, Cahaya, Bogor.
Goleman, Daniel, 1999, Emotional Intelligence (Kecerdasan Emosional), tejemahan T. Hermaya, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Hainstock, Elizabeth G., 2002, Montessori untuk Pra Sekolah, Delapratasa, Bandung.
Hainstock, Elizabeth G., 2002, Montessori untuk Sekolah Dasar, Delapratasa, Bandung.
Hall, Calvin S., 1960, Sigmund Freud : Suatu Pengantar ke dalam Ilmu Jiwa Sigmund Freud, Pustaka Sarjana, Jakarta.
Hamalik, Oemar, 2002, Psikologi Belajar dan Mengajar, Sinar Baru Algensindo, Bandung.
Hamadi, Reni Akbar, 2001, Psikologi Perkembangan Anak : Mengenal Sifat, Bakat dan Kemampuan Anak, Grasindo, Jakarta.
Haryadi, Sugeng, dkk, 1993, Perkembangan Peserta Didik, IKIP Semarang Press, Semarang.
Jatman, Darmanto, Penyunting, 2000, Psikologi Perkembangan, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Mappiare, Andi, 1982, Psikologi Remaja, Usaha nasional, Surabaya.
Sukmadinata, Nana Syaodih, 2003, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Rosda, Bandung.
Suryabrata, Sumadi, 1998, Psikologi Pendidikan, PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.
Suyanto, Agus, 1988, Psikologi Perkembangan, PT Rineka Cipta, Jakarta.
Thonthowi, Ahmad, 1993, Psikologi Pendidikan, Penerbit Angkasa, Bandung.
Tim Pengembangan MKDK IKIP Semarang, 1980, Psikologi Perkembangan, IKIP Semarang Press, Semarang.
Yusuf LN, Syamsu, 2004, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Rosda, Bandung.
Undang-undang Nomor 2 Tahun 1989 dan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).
Details ...
Perkuliahan ini membahas Konsep perkembangan peserta didik, Karakteristik dan perbedaan Individu, teori dan hukum perkembangan, fase dan tugas perkembangan, Pertumbuhan dan Perkembangan, Pertumbuhan Fisik, Perkembangan Intelektual, Perkembangan Sosial remaja, Perkembangan Bahasa,perkembangan emosi, penyesuaian diri dan permasalahan siswa
Learning OutcomesMelalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu:
- Memberikan, mengukur, dan menerangkan perubahan tingkah laku serta kemampuan yg sedang berkembang sesuai tingkat usia
- Mempelajari karakteristik umum perkembangan peserta didik (kognitif, fisik,psikososial)
- Mempelajari perbedaan yg bersifat pribadi pd tahapan /masa perkembangan tertentu.
- Mempelajari tingkah laku anak pd lingkungan ttt yg menimbulkan reaksi berbeda.
- Mempelajari penyimpangan tingkah laku yg dialami seseorang (kenakalan,kelainan dlm fisik,intelek dll)
- Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
- Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
- Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
- Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
- Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta:Pustaka Pelajar
- Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka
- Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
- Santrock., 2002. Perkembangan masa hidup jilid 1. Jakarta : Erlangga
- Yusuf,Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan anak & remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya
Details ...
Perkuliahan ini membahas Konsep perkembangan peserta didik, Karakteristik dan perbedaan Individu, teori dan hukum perkembangan, fase dan tugas perkembangan, Pertumbuhan dan Perkembangan, Pertumbuhan Fisik, Perkembangan Intelektual, Perkembangan Sosial remaja, Perkembangan Bahasa,perkembangan emosi, penyesuaian diri dan permasalahan siswa
Learning OutcomesMelalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu:
- Memberikan, mengukur, dan menerangkan perubahan tingkah laku serta kemampuan yg sedang berkembang sesuai tingkat usia
- Mempelajari karakteristik umum perkembangan peserta didik (kognitif, fisik,psikososial)
- Mempelajari perbedaan yg bersifat pribadi pd tahapan /masa perkembangan tertentu.
- Mempelajari tingkah laku anak pd lingkungan ttt yg menimbulkan reaksi berbeda.
- Mempelajari penyimpangan tingkah laku yg dialami seseorang (kenakalan,kelainan dlm fisik,intelek dll)
- Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
- Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
- Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
- Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
- Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta:Pustaka Pelajar
- Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka
- Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
- Santrock., 2002. Perkembangan masa hidup jilid 1. Jakarta : Erlangga
- Yusuf,Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan anak & remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya
Details ...