Courser in English | LEARNER DEVELOPMENT |
Program | Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi |
SKS | 2 SKS |
RPS | 23 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini merupakan kajian tentang konsep dasar psikologi perkembangan dan peserta didik, dalam perkembangan peserta didik mencakup karakteristik remaja; fase dan tugas perkembangan, metode dalam psikologi perkembangan, teori dan hukum perkembangan, penyesuaian diri, perkembangan bahasa, perkembangan fisik, perkembangan nilai, moral dan sikap, perkembangan intelektual, perkembangan kognitif, perkembangan sosial, serta permasalahan remaja.
Learning OutcomesMemahami karakteristik dan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan remaja, serta memahami teori-teori psikologi perkembangan untuk dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran di sekolah.
ReferencesBahan ajar perkembangan peserta didik BK - FIP - UPGRIS
Details ...
Mata kuliah ini merupakan kajian tentang konsep dasar psikologi perkembangan dan peserta didik, dalam perkembangan peserta didik mencakup karakteristik remaja; fase dan tugas perkembangan, metode dalam psikologi perkembangan, teori dan hukum perkembangan, penyesuaian diri, perkembangan bahasa, perkembangan fisik, perkembangan nilai, moral dan sikap, perkembangan intelektual, perkembangan kognitif, perkembangan sosial, serta permasalahan remaja.
Learning OutcomesMemahami karakteristik dan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan remaja, serta memahami teori-teori psikologi perkembangan untuk dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran di sekolah.
ReferencesBahan ajar perkembangan peserta didik BK - FIP - UPGRIS
Details ...
Mata kuliah ini merupakan kajian tentang konsep dasar psikologi perkembangan dan peserta didik, dalam perkembangan peserta didik mencakup karakteristik remaja; fase dan tugas perkembangan, metode dalam psikologi perkembangan, teori dan hukum perkembangan, penyesuaian diri, perkembangan bahasa, perkembangan fisik, perkembangan nilai, moral dan sikap, perkembangan intelektual, perkembangan kognitif, perkembangan sosial, serta permasalahan remaja.
Learning OutcomesMemahami karakteristik dan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan remaja, serta memahami teori-teori psikologi perkembangan untuk dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran di sekolah.
ReferencesBahan ajar perkembangan peserta didik BK - FIP - UPGRIS
Details ...
Mata kuliah ini merupakan kajian tentang konsep dasar psikologi perkembangan dan peserta didik, dalam perkembangan peserta didik mencakup karakteristik remaja; fase dan tugas perkembangan, metode dalam psikologi perkembangan, teori dan hukum perkembangan, penyesuaian diri, perkembangan bahasa, perkembangan fisik, perkembangan nilai, moral dan sikap, perkembangan intelektual, perkembangan kognitif, perkembangan sosial, serta permasalahan remaja.
Learning OutcomesMemahami karakteristik dan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan remaja, serta memahami teori-teori psikologi perkembangan untuk dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran di sekolah.
ReferencesBahan ajar perkembangan peserta didik BK - FIP - UPGRIS
Details ...
Mata kuliah ini merupakan kajian tentang konsep dasar psikologi perkembangan dan peserta didik, dalam perkembangan peserta didik mencakup karakteristik remaja; fase dan tugas perkembangan, metode dalam psikologi perkembangan, teori dan hukum perkembangan, penyesuaian diri, perkembangan bahasa, perkembangan fisik, perkembangan nilai, moral dan sikap, perkembangan intelektual, perkembangan kognitif, perkembangan sosial, serta permasalahan remaja.
Learning OutcomesMemahami karakteristik dan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan remaja, serta memahami teori-teori psikologi perkembangan untuk dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran di sekolah.
ReferencesBahan ajar perkembangan peserta didik BK - FIP - UPGRIS
Details ...
Mata kuliah ini merupakan kajian tentang konsep dasar psikologi perkembangan dan peserta didik, dalam perkembangan peserta didik mencakup karakteristik remaja; fase dan tugas perkembangan, metode dalam psikologi perkembangan, teori dan hukum perkembangan, penyesuaian diri, perkembangan bahasa, perkembangan fisik, perkembangan nilai, moral dan sikap, perkembangan intelektual, perkembangan kognitif, perkembangan sosial, serta permasalahan remaja.
Learning OutcomesMemahami karakteristik dan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan remaja, serta memahami teori-teori psikologi perkembangan untuk dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran di sekolah.
ReferencesBahan ajar perkembangan peserta didik BK - FIP - UPGRIS
Details ...
Mata kuliah ini merupakan kajian tentang konsep dasar psikologi perkembangan dan peserta didik, dalam perkembangan peserta didik mencakup karakteristik remaja; fase dan tugas perkembangan, metode dalam psikologi perkembangan, teori dan hukum perkembangan, penyesuaian diri, perkembangan bahasa, perkembangan fisik, perkembangan nilai, moral dan sikap, perkembangan intelektual, perkembangan kognitif, perkembangan sosial, serta permasalahan remaja.
Learning OutcomesMemahami karakteristik dan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan remaja, serta memahami teori-teori psikologi perkembangan untuk dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran di sekolah.
ReferencesBahan ajar perkembangan peserta didik BK - FIP - UPGRIS
Details ...
Mata kuliah ini merupakan kajian tentang konsep dasar psikologi perkembangan dan peserta didik, dalam perkembangan peserta didik mencakup karakteristik remaja; fase dan tugas perkembangan, metode dalam psikologi perkembangan, teori dan hukum perkembangan, penyesuaian diri, perkembangan bahasa, perkembangan fisik, perkembangan nilai, moral dan sikap, perkembangan intelektual, perkembangan kognitif, perkembangan sosial, serta permasalahan remaja.
Learning OutcomesMemahami karakteristik dan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan remaja, serta memahami teori-teori psikologi perkembangan untuk dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran di sekolah.
ReferencesBahan ajar perkembangan peserta didik BK - FIP - UPGRIS
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang (1) konsep perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko-fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosiomosional, (e) moral dan religi, (f) kemandirian, dan (g) perkembangan karier; (5) permasalahan remaja serta implikasinya dalam pendidikan
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan mengaplikasikannya dalam pendidikan tentang konsep perkembangan, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan,karakteristik perkembangan psiko-fisik peserta didik, dan permasalahan anak/remaja.
ReferencesHusdarta dan Kusmaedi, N. (2010). Pertumbuhan dan perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang (1) konsep perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko-fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosiomosional, (e) moral dan religi, (f) kemandirian, dan (g) perkembangan karier; (5) permasalahan remaja serta implikasinya dalam pendidikan
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan mengaplikasikannya dalam pendidikan tentang konsep perkembangan, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan,karakteristik perkembangan psiko-fisik peserta didik, dan permasalahan anak/remaja.
ReferencesHusdarta dan Kusmaedi, N. (2010). Pertumbuhan dan perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang (1) konsep perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko-fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosiomosional, (e) moral dan religi, (f) kemandirian, dan (g) perkembangan karier; (5) permasalahan remaja serta implikasinya dalam pendidikan
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan mengaplikasikannya dalam pendidikan tentang konsep perkembangan, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan, karakteristik perkembangan psiko-fisik peserta didik, dan permasalahan anak/remaja.
ReferencesHusdarta. Kusmaedi, Nurlan. 2010. Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik (Olahraga dan Kesehatan). Bandung : Alfabeta.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang(1) konsep perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi danpendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko-fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosiomosional, (e) moral dan religi, (f) kemandirian, dan (g) perkembangan karier; (5) permasalahan remaja serta implikasinya dalam pendidikan |
Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampumenjelaskan dan mengaplikasikannya dalam pendidikan tentang konsepperkembangan, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan,karakteristik perkembangan psiko-fisik peserta didik, dan permasalahananak/remaja.
ReferencesSudarwan darnim (2013). Perkenbangan Peserta Didik
Details ...