Perkembangan Peserta Didik, Curriculum : 2015


Courser in EnglishLEARNER DEVELOPMENT
ProgramPendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
SKS2 SKS
RPS23 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan kajian tentang konsep dasar psikologi perkembangan dan peserta didik, dalam perkembangan peserta didik mencakup karakteristik remaja; fase dan tugas perkembangan, metode dalam psikologi perkembangan, teori dan hukum perkembangan, penyesuaian diri, perkembangan bahasa, perkembangan fisik, perkembangan nilai, moral dan sikap, perkembangan intelektual, perkembangan kognitif, perkembangan sosial, serta permasalahan remaja.

Learning Outcomes

Memahami karakteristik dan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan remaja, serta memahami teori-teori psikologi perkembangan untuk dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran di sekolah.  

References

Bahan ajar perkembangan peserta didik BK - FIP - UPGRIS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan kajian tentang konsep dasar psikologi perkembangan dan peserta didik, dalam perkembangan peserta didik mencakup karakteristik remaja; fase dan tugas perkembangan, metode dalam psikologi perkembangan, teori dan hukum perkembangan, penyesuaian diri, perkembangan bahasa, perkembangan fisik, perkembangan nilai, moral dan sikap, perkembangan intelektual, perkembangan kognitif, perkembangan sosial, serta permasalahan remaja.

Learning Outcomes

Memahami karakteristik dan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan remaja, serta memahami teori-teori psikologi perkembangan untuk dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran di sekolah.  

References

Bahan ajar perkembangan peserta didik BK - FIP - UPGRIS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan kajian tentang konsep dasar psikologi perkembangan dan peserta didik, dalam perkembangan peserta didik mencakup karakteristik remaja; fase dan tugas perkembangan, metode dalam psikologi perkembangan, teori dan hukum perkembangan, penyesuaian diri, perkembangan bahasa, perkembangan fisik, perkembangan nilai, moral dan sikap, perkembangan intelektual, perkembangan kognitif, perkembangan sosial, serta permasalahan remaja.

Learning Outcomes

Memahami karakteristik dan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan remaja, serta memahami teori-teori psikologi perkembangan untuk dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran di sekolah.  

References

Bahan ajar perkembangan peserta didik BK - FIP - UPGRIS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan kajian tentang konsep dasar psikologi perkembangan dan peserta didik, dalam perkembangan peserta didik mencakup karakteristik remaja; fase dan tugas perkembangan, metode dalam psikologi perkembangan, teori dan hukum perkembangan, penyesuaian diri, perkembangan bahasa, perkembangan fisik, perkembangan nilai, moral dan sikap, perkembangan intelektual, perkembangan kognitif, perkembangan sosial, serta permasalahan remaja.

Learning Outcomes

Memahami karakteristik dan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan remaja, serta memahami teori-teori psikologi perkembangan untuk dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran di sekolah.  

References

Bahan ajar perkembangan peserta didik BK - FIP - UPGRIS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan kajian tentang konsep dasar psikologi perkembangan dan peserta didik, dalam perkembangan peserta didik mencakup karakteristik remaja; fase dan tugas perkembangan, metode dalam psikologi perkembangan, teori dan hukum perkembangan, penyesuaian diri, perkembangan bahasa, perkembangan fisik, perkembangan nilai, moral dan sikap, perkembangan intelektual, perkembangan kognitif, perkembangan sosial, serta permasalahan remaja.

Learning Outcomes

Memahami karakteristik dan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan remaja, serta memahami teori-teori psikologi perkembangan untuk dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran di sekolah.  

References

Bahan ajar perkembangan peserta didik BK - FIP - UPGRIS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan kajian tentang konsep dasar psikologi perkembangan dan peserta didik, dalam perkembangan peserta didik mencakup karakteristik remaja; fase dan tugas perkembangan, metode dalam psikologi perkembangan, teori dan hukum perkembangan, penyesuaian diri, perkembangan bahasa, perkembangan fisik, perkembangan nilai, moral dan sikap, perkembangan intelektual, perkembangan kognitif, perkembangan sosial, serta permasalahan remaja.

Learning Outcomes

Memahami karakteristik dan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan remaja, serta memahami teori-teori psikologi perkembangan untuk dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran di sekolah.  

References

Bahan ajar perkembangan peserta didik BK - FIP - UPGRIS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan kajian tentang konsep dasar psikologi perkembangan dan peserta didik, dalam perkembangan peserta didik mencakup karakteristik remaja; fase dan tugas perkembangan, metode dalam psikologi perkembangan, teori dan hukum perkembangan, penyesuaian diri, perkembangan bahasa, perkembangan fisik, perkembangan nilai, moral dan sikap, perkembangan intelektual, perkembangan kognitif, perkembangan sosial, serta permasalahan remaja.

Learning Outcomes

Memahami karakteristik dan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan remaja, serta memahami teori-teori psikologi perkembangan untuk dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran di sekolah.  

References

Bahan ajar perkembangan peserta didik BK - FIP - UPGRIS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan kajian tentang konsep dasar psikologi perkembangan dan peserta didik, dalam perkembangan peserta didik mencakup karakteristik remaja; fase dan tugas perkembangan, metode dalam psikologi perkembangan, teori dan hukum perkembangan, penyesuaian diri, perkembangan bahasa, perkembangan fisik, perkembangan nilai, moral dan sikap, perkembangan intelektual, perkembangan kognitif, perkembangan sosial, serta permasalahan remaja.

Learning Outcomes

Memahami karakteristik dan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan remaja, serta memahami teori-teori psikologi perkembangan untuk dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran di sekolah.  

References

Bahan ajar perkembangan peserta didik BK - FIP - UPGRIS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang (1) konsep perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko-fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosiomosional, (e) moral dan religi, (f) kemandirian, dan (g) perkembangan karier; (5) permasalahan remaja serta implikasinya dalam pendidikan

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan mengaplikasikannya dalam pendidikan tentang konsep perkembangan, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan,karakteristik perkembangan psiko-fisik peserta didik, dan permasalahan anak/remaja.

References

Husdarta dan Kusmaedi, N. (2010). Pertumbuhan dan perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang (1) konsep perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko-fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosiomosional, (e) moral dan religi, (f) kemandirian, dan (g) perkembangan karier; (5) permasalahan remaja serta implikasinya dalam pendidikan

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan mengaplikasikannya dalam pendidikan tentang konsep perkembangan, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan,karakteristik perkembangan psiko-fisik peserta didik, dan permasalahan anak/remaja.

References

Husdarta dan Kusmaedi, N. (2010). Pertumbuhan dan perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang (1) konsep perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko-fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosiomosional, (e) moral dan religi, (f) kemandirian, dan (g) perkembangan karier; (5) permasalahan remaja serta implikasinya dalam pendidikan

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan mengaplikasikannya dalam pendidikan tentang konsep perkembangan, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan, karakteristik perkembangan psiko-fisik peserta didik, dan permasalahan anak/remaja.

References

Husdarta. Kusmaedi, Nurlan. 2010. Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik (Olahraga dan Kesehatan). Bandung : Alfabeta. 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang(1) konsep perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi danpendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psiko-fisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosiomosional, (e) moral dan religi, (f) kemandirian, dan (g) perkembangan karier; (5) permasalahan remaja serta implikasinya dalam pendidikan

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampumenjelaskan dan mengaplikasikannya dalam pendidikan tentang konsepperkembangan, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan,karakteristik perkembangan psiko-fisik peserta didik, dan permasalahananak/remaja.

References

Sudarwan darnim (2013). Perkenbangan Peserta Didik


Details ...