Courser in English | Literature Research Methodology |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 31 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah metode penelitian sastra merupakan mata kuliah yang memiliki capaian pembelajaran berupa kemampuan dan kemahiran mahasiswa dalam merancang, mengembangkan, menguasai dan menyusun penelitian berupa proposal dan laporan hasil penelitian dengan menerapkan metode yang tepat pada penelitian sastra. Hal-hal yang harus dikuasai adalah konsep dasar penelitian sastra, jenis-jenis penelitian, tujuan penelitian, objek-objek dasar dan ciri ciri penelitian sastra serta prosedur penelitian sastra. Pada mata kuliah ini, mahasiswa harus menyelesaikan proses pembelajaran yang dapat membentuk sikap, pengetahuan, dan kemampuan umum serta khusus yang mengarah pada dihasilkannya produk berupa proposal penelitian sastra. Capaiannya adalam mampu menghasilkan proposal dan mengaplikasikannya dalam bentuk
proposal skripsi.
Learning OutcomesCPMK 1 Menganalisis konsep, prinsip, ragam, dan penelitian sastra untuk difungsikan di dalam
pengembangan pendidikan yang relevan dengan kurikulum dan dilakukan dengan penuh kesungguhan sebagai kontribusi pada keilmuan (S3, P1, KU1, KK5).
CPMK 2 Mengimplementasikan hasil pemahaman konsep metode penelitian sastra dalam bentuk identifikasi karakteristik penelitian sastra berbasis kompetensi dan relevan dengan standar nasional Pendidikan dengan dilandasi nilai-nilai akademik (S11, P1,
KU4, KK5).
CPMK 3 Mengembangkan objek, konten dan muatan pada berbagai jenis penelitian sastra yang sesuai dengan kebutuhan Pendidikan secara menyeluruh dengan penuh tanggungjawab
(S9, P3, KU4, KK5).
CPMK 4 Menyusun konsep dan metode penelitian sebagai rancangan proposal penelitian sastra yang relevan dan memiliki korelasi dengan SNP yang harus dipenuhi dengan penuh tanggungjawab dalam fungsi penelitian sastra pada dunia pendidikan (S9, P3, P5,
KU4, KK5, KK6).
CPMK 5 Mengevaluasi pencapaian hasil penyusunan proposal penelitian sastra sesuai dengan prinsip dan prosedur penulisan proposal penelitian sastra secara bertanggung jawab
(S9, P3, P6, KU7, KK5, KK6).
CPMK 6 Mengevaluasi pencapaian hasil penyusunan proposal penelitian sastra sesuai dengan prinsip dan prosedur penulisan proposal penelitian sastra secara bertanggung jawab
(S9, P3, P6, KU7, KK5, KK6).
References- Agger, Ben. 2003. Teori Sosial Kritis, kritik, Penerapan dan Implikasinya. Yogyakarta: Kreasi Wacana
- Damono, Sapardi Djoko. 1978. Sosiologi Sastra sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Dep. Pend. Dan Keb.
- Foucault, Michael. 2002. Pengetahuan dan Metode: Karya Karya Penting Faucault. Yogyakarta:
- Jalasutra. Gie, The Liang. 2003. Sejarah Ilmu-ilmu: dari Masa Kuno sampai Zaman Modern. Yogyakarta: PUBIB.
- Jabrohim (ed.) (2001) Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hanindita Graha Page 3/4. Generate by Sistem Informasi Perkuliahan. 04-03-2016 05:19:02
- Junus, Umar. 1985. Resepsi Sastra: sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia. Luxemburg, Jan van (dkk). 1994. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta:
- Gramedia. Moleong, Lexy Y. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya. Ratna,
- Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Teeuw, A. 1988. Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pustaka jaya.
Zoest, aart van. 1993. Semiotika: Tentang Tanda, cara Kerjanya, dan Apa yang Kita Lakukan dengannya. Jakarta: Yayasan Sumber Agung
Details ...
Mata kuliah metode penelitian sastra merupakan mata kuliah yang memiliki capaian pembelajaran berupa kemampuan dan kemahiran mahasiswa dalam merancang, mengembangkan, menguasai dan menyusun penelitian berupa proposal dan laporan hasil penelitian dengan menerapkan metode yang tepat pada penelitian sastra. Hal-hal yang harus dikuasai adalah konsep dasar penelitian sastra, jenis-jenis penelitian, tujuan penelitian, objek-objek dasar dan ciri ciri penelitian sastra serta prosedur penelitian sastra. Pada mata kuliah ini, mahasiswa harus menyelesaikan proses pembelajaran yang dapat membentuk sikap, pengetahuan, dan kemampuan umum serta khusus yang mengarah pada dihasilkannya produk berupa proposal penelitian sastra. Capaiannya adalam mampu menghasilkan proposal dan mengaplikasikannya dalam bentuk
proposal skripsi.
Learning OutcomesCPMK 1 Menganalisis konsep, prinsip, ragam, dan penelitian sastra untuk difungsikan di dalam
pengembangan pendidikan yang relevan dengan kurikulum dan dilakukan dengan penuh kesungguhan sebagai kontribusi pada keilmuan (S3, P1, KU1, KK5).
CPMK 2 Mengimplementasikan hasil pemahaman konsep metode penelitian sastra dalam bentuk identifikasi karakteristik penelitian sastra berbasis kompetensi dan relevan dengan standar nasional Pendidikan dengan dilandasi nilai-nilai akademik (S11, P1,
KU4, KK5).
CPMK 3 Mengembangkan objek, konten dan muatan pada berbagai jenis penelitian sastra yang sesuai dengan kebutuhan Pendidikan secara menyeluruh dengan penuh tanggungjawab
(S9, P3, KU4, KK5).
CPMK 4 Menyusun konsep dan metode penelitian sebagai rancangan proposal penelitian sastra yang relevan dan memiliki korelasi dengan SNP yang harus dipenuhi dengan penuh tanggungjawab dalam fungsi penelitian sastra pada dunia pendidikan (S9, P3, P5,
KU4, KK5, KK6).
CPMK 5 Mengevaluasi pencapaian hasil penyusunan proposal penelitian sastra sesuai dengan prinsip dan prosedur penulisan proposal penelitian sastra secara bertanggung jawab
(S9, P3, P6, KU7, KK5, KK6).
CPMK 6 Mengevaluasi pencapaian hasil penyusunan proposal penelitian sastra sesuai dengan prinsip dan prosedur penulisan proposal penelitian sastra secara bertanggung jawab
(S9, P3, P6, KU7, KK5, KK6).
References- Agger, Ben. 2003. Teori Sosial Kritis, kritik, Penerapan dan Implikasinya. Yogyakarta: Kreasi Wacana
- Damono, Sapardi Djoko. 1978. Sosiologi Sastra sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Dep. Pend. Dan Keb.
- Foucault, Michael. 2002. Pengetahuan dan Metode: Karya Karya Penting Faucault. Yogyakarta:
- Jalasutra. Gie, The Liang. 2003. Sejarah Ilmu-ilmu: dari Masa Kuno sampai Zaman Modern. Yogyakarta: PUBIB.
- Jabrohim (ed.) (2001) Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hanindita Graha Page 3/4. Generate by Sistem Informasi Perkuliahan. 04-03-2016 05:19:02
- Junus, Umar. 1985. Resepsi Sastra: sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia. Luxemburg, Jan van (dkk). 1994. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta:
- Gramedia. Moleong, Lexy Y. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya. Ratna,
- Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Teeuw, A. 1988. Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pustaka jaya.
Zoest, aart van. 1993. Semiotika: Tentang Tanda, cara Kerjanya, dan Apa yang Kita Lakukan dengannya. Jakarta: Yayasan Sumber Agung
Details ...
Mata kuliah metode penelitian sastra merupakan mata kuliah yang memiliki capaian pembelajaran berupa kemampuan dan kemahiran mahasiswa dalam merancang, mengembangkan, menguasai dan menyusun penelitian berupa proposal dan laporan hasil penelitian dengan menerapkan metode yang tepat pada penelitian sastra. Hal-hal yang harus dikuasai adalah konsep dasar penelitian sastra, jenis-jenis penelitian, tujuan penelitian, objek-objek dasar dan ciri ciri penelitian sastra serta prosedur penelitian sastra. Pada mata kuliah ini, mahasiswa harus menyelesaikan proses pembelajaran yang dapat membentuk sikap, pengetahuan, dan kemampuan umum serta khusus yang mengarah pada dihasilkannya produk berupa proposal penelitian sastra. Capaiannya adalam mampu menghasilkan proposal dan mengaplikasikannya dalam bentuk
proposal skripsi.
Learning OutcomesCPMK 1 Menganalisis konsep, prinsip, ragam, dan penelitian sastra untuk difungsikan di dalam
pengembangan pendidikan yang relevan dengan kurikulum dan dilakukan dengan penuh kesungguhan sebagai kontribusi pada keilmuan (S3, P1, KU1, KK5).
CPMK 2 Mengimplementasikan hasil pemahaman konsep metode penelitian sastra dalam bentuk identifikasi karakteristik penelitian sastra berbasis kompetensi dan relevan dengan standar nasional Pendidikan dengan dilandasi nilai-nilai akademik (S11, P1,
KU4, KK5).
CPMK 3 Mengembangkan objek, konten dan muatan pada berbagai jenis penelitian sastra yang sesuai dengan kebutuhan Pendidikan secara menyeluruh dengan penuh tanggungjawab
(S9, P3, KU4, KK5).
CPMK 4 Menyusun konsep dan metode penelitian sebagai rancangan proposal penelitian sastra yang relevan dan memiliki korelasi dengan SNP yang harus dipenuhi dengan penuh tanggungjawab dalam fungsi penelitian sastra pada dunia pendidikan (S9, P3, P5,
KU4, KK5, KK6).
CPMK 5 Mengevaluasi pencapaian hasil penyusunan proposal penelitian sastra sesuai dengan prinsip dan prosedur penulisan proposal penelitian sastra secara bertanggung jawab
(S9, P3, P6, KU7, KK5, KK6).
CPMK 6 Mengevaluasi pencapaian hasil penyusunan proposal penelitian sastra sesuai dengan prinsip dan prosedur penulisan proposal penelitian sastra secara bertanggung jawab
(S9, P3, P6, KU7, KK5, KK6).
References- Agger, Ben. 2003. Teori Sosial Kritis, kritik, Penerapan dan Implikasinya. Yogyakarta: Kreasi Wacana
- Damono, Sapardi Djoko. 1978. Sosiologi Sastra sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Dep. Pend. Dan Keb.
- Foucault, Michael. 2002. Pengetahuan dan Metode: Karya Karya Penting Faucault. Yogyakarta:
- Jalasutra. Gie, The Liang. 2003. Sejarah Ilmu-ilmu: dari Masa Kuno sampai Zaman Modern. Yogyakarta: PUBIB.
- Jabrohim (ed.) (2001) Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hanindita Graha Page 3/4. Generate by Sistem Informasi Perkuliahan. 04-03-2016 05:19:02
- Junus, Umar. 1985. Resepsi Sastra: sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia. Luxemburg, Jan van (dkk). 1994. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta:
- Gramedia. Moleong, Lexy Y. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya. Ratna,
- Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Teeuw, A. 1988. Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pustaka jaya.
Zoest, aart van. 1993. Semiotika: Tentang Tanda, cara Kerjanya, dan Apa yang Kita Lakukan dengannya. Jakarta: Yayasan Sumber Agung
Details ...
Mata kuliah metode penelitian sastra merupakan mata kuliah yang memiliki capaian pembelajaran berupa kemampuan dan kemahiran mahasiswa dalam merancang, mengembangkan, menguasai dan menyusun penelitian berupa proposal dan laporan hasil penelitian dengan menerapkan metode yang tepat pada penelitian sastra. Hal-hal yang harus dikuasai adalah konsep dasar penelitian sastra, jenis-jenis penelitian, tujuan penelitian, objek-objek dasar dan ciri ciri penelitian sastra serta prosedur penelitian sastra. Pada mata kuliah ini, mahasiswa harus menyelesaikan proses pembelajaran yang dapat membentuk sikap, pengetahuan, dan kemampuan umum serta khusus yang mengarah pada dihasilkannya produk berupa proposal penelitian sastra. Capaiannya adalam mampu menghasilkan proposal dan mengaplikasikannya dalam bentuk
proposal skripsi.
Learning OutcomesCPMK 1 Menganalisis konsep, prinsip, ragam, dan penelitian sastra untuk difungsikan di dalam
pengembangan pendidikan yang relevan dengan kurikulum dan dilakukan dengan penuh kesungguhan sebagai kontribusi pada keilmuan (S3, P1, KU1, KK5).
CPMK 2 Mengimplementasikan hasil pemahaman konsep metode penelitian sastra dalam bentuk identifikasi karakteristik penelitian sastra berbasis kompetensi dan relevan dengan standar nasional Pendidikan dengan dilandasi nilai-nilai akademik (S11, P1,
KU4, KK5).
CPMK 3 Mengembangkan objek, konten dan muatan pada berbagai jenis penelitian sastra yang sesuai dengan kebutuhan Pendidikan secara menyeluruh dengan penuh tanggungjawab
(S9, P3, KU4, KK5).
CPMK 4 Menyusun konsep dan metode penelitian sebagai rancangan proposal penelitian sastra yang relevan dan memiliki korelasi dengan SNP yang harus dipenuhi dengan penuh tanggungjawab dalam fungsi penelitian sastra pada dunia pendidikan (S9, P3, P5,
KU4, KK5, KK6).
CPMK 5 Mengevaluasi pencapaian hasil penyusunan proposal penelitian sastra sesuai dengan prinsip dan prosedur penulisan proposal penelitian sastra secara bertanggung jawab
(S9, P3, P6, KU7, KK5, KK6).
CPMK 6 Mengevaluasi pencapaian hasil penyusunan proposal penelitian sastra sesuai dengan prinsip dan prosedur penulisan proposal penelitian sastra secara bertanggung jawab
(S9, P3, P6, KU7, KK5, KK6).
References- Agger, Ben. 2003. Teori Sosial Kritis, kritik, Penerapan dan Implikasinya. Yogyakarta: Kreasi Wacana
- Damono, Sapardi Djoko. 1978. Sosiologi Sastra sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Dep. Pend. Dan Keb.
- Foucault, Michael. 2002. Pengetahuan dan Metode: Karya Karya Penting Faucault. Yogyakarta:
- Jalasutra. Gie, The Liang. 2003. Sejarah Ilmu-ilmu: dari Masa Kuno sampai Zaman Modern. Yogyakarta: PUBIB.
- Jabrohim (ed.) (2001) Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hanindita Graha Page 3/4. Generate by Sistem Informasi Perkuliahan. 04-03-2016 05:19:02
- Junus, Umar. 1985. Resepsi Sastra: sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia. Luxemburg, Jan van (dkk). 1994. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta:
- Gramedia. Moleong, Lexy Y. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya. Ratna,
- Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Teeuw, A. 1988. Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pustaka jaya.
Zoest, aart van. 1993. Semiotika: Tentang Tanda, cara Kerjanya, dan Apa yang Kita Lakukan dengannya. Jakarta: Yayasan Sumber Agung
Details ...
mata kuliah metode penelitian s astra merupakan mata kuliah dengan capaian mampu menyusun proposal penelitian sastra yang berkait erat dengan penyelesaian stud S1 di tingkat Sarjana, yaitu Skripsi
Learning Outcomesmenyusun proposal penelitian sastra dan pembelajaran serta atau pengajarannya
References- Metode Penelitian Pembelajaran Sastra, Dr. Nazla Maharani Umaya, M.Hum., dan Dr. Harjito, M.Hum. UPGRIS PRESS
- Melek Sastra, Harjito, M.Hum. IKIP Press. Semarang.
- Semiotika, Teori dan Aplikasinya pada Karya Sastra, Ambarini AS, M.Hum dan Nazla MU, M.Hum. IKIP Press. Semarang.
- Teori Sosial kritis, Kritik, Penerapan dan Implikasinya. Ben Agger. Kreasi Wacana. Yogyakarta.
- Pengantar Kajian Sastra. Redyanto Noor. Fasindo. Semarang.
- Sosiologi Sastra. Faruk HT. Yogyakarta
- Teori, metode, dan teknik penelitian sastra. Nyoman Kutha Ratna. Pustaka Pelajar Yogyakarta
- Metodologi Penelitian Sastra (epistemologi, Model, Teori, dan aplikasi) Suwardi Endraswara. Yogyakarta
- Prinsip prinsip dasar penelitian bahasa dan sastra. Kinayati Djojosuroto. Nuansa. Bandung
- Metodologi Penelitian. Sumadi Suryabrata. Gadjah Mada. Yogyakarta.
- Metodologi Penelitian Kualitatid. Lexy J. Moleong. Rosda. Bandung.
Details ...
mata kuliah metode penelitian s astra merupakan mata kuliah dengan capaian mampu menyusun proposal penelitian sastra yang berkait erat dengan penyelesaian stud S1 di tingkat Sarjana, yaitu Skripsi
Learning Outcomesmenyusun proposal penelitian sastra dan pembelajaran serta atau pengajarannya
References- Metode Penelitian Pembelajaran Sastra, Dr. Nazla Maharani Umaya, M.Hum., dan Dr. Harjito, M.Hum. UPGRIS PRESS
- Melek Sastra, Harjito, M.Hum. IKIP Press. Semarang.
- Semiotika, Teori dan Aplikasinya pada Karya Sastra, Ambarini AS, M.Hum dan Nazla MU, M.Hum. IKIP Press. Semarang.
- Teori Sosial kritis, Kritik, Penerapan dan Implikasinya. Ben Agger. Kreasi Wacana. Yogyakarta.
- Pengantar Kajian Sastra. Redyanto Noor. Fasindo. Semarang.
- Sosiologi Sastra. Faruk HT. Yogyakarta
- Teori, metode, dan teknik penelitian sastra. Nyoman Kutha Ratna. Pustaka Pelajar Yogyakarta
- Metodologi Penelitian Sastra (epistemologi, Model, Teori, dan aplikasi) Suwardi Endraswara. Yogyakarta
- Prinsip prinsip dasar penelitian bahasa dan sastra. Kinayati Djojosuroto. Nuansa. Bandung
- Metodologi Penelitian. Sumadi Suryabrata. Gadjah Mada. Yogyakarta.
- Metodologi Penelitian Kualitatid. Lexy J. Moleong. Rosda. Bandung.
Details ...
mata kuliah metode penelitian s astra merupakan mata kuliah dengan capaian mampu menyusun proposal penelitian sastra yang berkait erat dengan penyelesaian stud S1 di tingkat Sarjana, yaitu Skripsi
Learning Outcomesmenyusun proposal penelitian sastra dan pembelajaran serta atau pengajarannya
References- Metode Penelitian Pembelajaran Sastra, Dr. Nazla Maharani Umaya, M.Hum., dan Dr. Harjito, M.Hum. UPGRIS PRESS
- Melek Sastra, Harjito, M.Hum. IKIP Press. Semarang.
- Semiotika, Teori dan Aplikasinya pada Karya Sastra, Ambarini AS, M.Hum dan Nazla MU, M.Hum. IKIP Press. Semarang.
- Teori Sosial kritis, Kritik, Penerapan dan Implikasinya. Ben Agger. Kreasi Wacana. Yogyakarta.
- Pengantar Kajian Sastra. Redyanto Noor. Fasindo. Semarang.
- Sosiologi Sastra. Faruk HT. Yogyakarta
- Teori, metode, dan teknik penelitian sastra. Nyoman Kutha Ratna. Pustaka Pelajar Yogyakarta
- Metodologi Penelitian Sastra (epistemologi, Model, Teori, dan aplikasi) Suwardi Endraswara. Yogyakarta
- Prinsip prinsip dasar penelitian bahasa dan sastra. Kinayati Djojosuroto. Nuansa. Bandung
- Metodologi Penelitian. Sumadi Suryabrata. Gadjah Mada. Yogyakarta.
- Metodologi Penelitian Kualitatid. Lexy J. Moleong. Rosda. Bandung.
Details ...
mata kuliah metode penelitian s astra merupakan mata kuliah dengan capaian mampu menyusun proposal penelitian sastra yang berkait erat dengan penyelesaian stud S1 di tingkat Sarjana, yaitu Skripsi
Learning Outcomesmenyusun proposal penelitian sastra dan pembelajaran serta atau pengajarannya
References- Metode Penelitian Pembelajaran Sastra, Dr. Nazla Maharani Umaya, M.Hum., dan Dr. Harjito, M.Hum. UPGRIS PRESS
- Melek Sastra, Harjito, M.Hum. IKIP Press. Semarang.
- Semiotika, Teori dan Aplikasinya pada Karya Sastra, Ambarini AS, M.Hum dan Nazla MU, M.Hum. IKIP Press. Semarang.
- Teori Sosial kritis, Kritik, Penerapan dan Implikasinya. Ben Agger. Kreasi Wacana. Yogyakarta.
- Pengantar Kajian Sastra. Redyanto Noor. Fasindo. Semarang.
- Sosiologi Sastra. Faruk HT. Yogyakarta
- Teori, metode, dan teknik penelitian sastra. Nyoman Kutha Ratna. Pustaka Pelajar Yogyakarta
- Metodologi Penelitian Sastra (epistemologi, Model, Teori, dan aplikasi) Suwardi Endraswara. Yogyakarta
- Prinsip prinsip dasar penelitian bahasa dan sastra. Kinayati Djojosuroto. Nuansa. Bandung
- Metodologi Penelitian. Sumadi Suryabrata. Gadjah Mada. Yogyakarta.
- Metodologi Penelitian Kualitatid. Lexy J. Moleong. Rosda. Bandung.
Details ...
mata kuliah metode penelitian s astra merupakan mata kuliah dengan capaian mampu menyusun proposal penelitian sastra yang berkait erat dengan penyelesaian stud S1 di tingkat Sarjana, yaitu Skripsi
Learning Outcomesmenyusun proposal penelitian sastra dan pembelajaran serta atau pengajarannya
References- Metode Penelitian Pembelajaran Sastra, Dr. Nazla Maharani Umaya, M.Hum., dan Dr. Harjito, M.Hum. UPGRIS PRESS
- Melek Sastra, Harjito, M.Hum. IKIP Press. Semarang.
- Semiotika, Teori dan Aplikasinya pada Karya Sastra, Ambarini AS, M.Hum dan Nazla MU, M.Hum. IKIP Press. Semarang.
- Teori Sosial kritis, Kritik, Penerapan dan Implikasinya. Ben Agger. Kreasi Wacana. Yogyakarta.
- Pengantar Kajian Sastra. Redyanto Noor. Fasindo. Semarang.
- Sosiologi Sastra. Faruk HT. Yogyakarta
- Teori, metode, dan teknik penelitian sastra. Nyoman Kutha Ratna. Pustaka Pelajar Yogyakarta
- Metodologi Penelitian Sastra (epistemologi, Model, Teori, dan aplikasi) Suwardi Endraswara. Yogyakarta
- Prinsip prinsip dasar penelitian bahasa dan sastra. Kinayati Djojosuroto. Nuansa. Bandung
- Metodologi Penelitian. Sumadi Suryabrata. Gadjah Mada. Yogyakarta.
- Metodologi Penelitian Kualitatid. Lexy J. Moleong. Rosda. Bandung.
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari penguasaan konsep dasar penelitian satra dan pembelajarannya mengenai, jenis-jenis, tujuan, objek-objek dasar, ciri-ciri, dan prosedurnya
Learning OutcomesMampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Terampil dan mandiri dalam pelaksanaan penelitian bidang sastra dan pembelajarannya.
Menguasai konsep, teori, dan pengembangan pelaksanaan penelitian bidang Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
ReferencesUmaya, Nazla Maharani., Harjito. 2017. Penelitian Pembelajaran Sastra. UPGRIS Press. Semarang.
Agger, Ben. 2003. Teori Sosial Kritis, kritik, Penerapan dan Implikasinya. Yogyakarta: Kreasi Wacana
Damono, Sapardi Djoko. 1978. Sosiologi Sastra sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Dep. Pend. Dan Keb.
Foucault, Michael. 2002. Pengetahuan dan Metode: Karya Karya Penting Faucault. Yogyakarta: Jalasutra.
Gie, The Liang. 2003. Sejarah Ilmu-ilmu: dari Masa Kuno sampai Zaman Modern. Yogyakarta: PUBIB.
Jabrohim (ed.) (2001) Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hanindita Graha
Junus, Umar. 1985. Resepsi Sastra: sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia.
Luxemburg, Jan van (dkk). 1994. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Gramedia.
Moleong, Lexy Y. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.
Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Teeuw, A. 1988. Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pustaka jaya.
Zoest, aart van. 1993. Semiotika: Tentang Tanda, cara Kerjanya, dan Apa yang Kita Lakukan dengannya. Jakarta: Yayasan Sumber Agung.
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari penguasaan konsep dasar penelitian satra dan pembelajarannya mengenai, jenis-jenis, tujuan, objek-objek dasar, ciri-ciri, dan prosedurnya
Learning OutcomesMampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Terampil dan mandiri dalam pelaksanaan penelitian bidang sastra dan pembelajarannya.
Menguasai konsep, teori, dan pengembangan pelaksanaan penelitian bidang Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
ReferencesUmaya, Nazla Maharani., Harjito. 2017. Penelitian Pembelajaran Sastra. UPGRIS Press. Semarang.
Agger, Ben. 2003. Teori Sosial Kritis, kritik, Penerapan dan Implikasinya. Yogyakarta: Kreasi Wacana
Damono, Sapardi Djoko. 1978. Sosiologi Sastra sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Dep. Pend. Dan Keb.
Foucault, Michael. 2002. Pengetahuan dan Metode: Karya Karya Penting Faucault. Yogyakarta: Jalasutra.
Gie, The Liang. 2003. Sejarah Ilmu-ilmu: dari Masa Kuno sampai Zaman Modern. Yogyakarta: PUBIB.
Jabrohim (ed.) (2001) Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hanindita Graha
Junus, Umar. 1985. Resepsi Sastra: sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia.
Luxemburg, Jan van (dkk). 1994. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Gramedia.
Moleong, Lexy Y. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.
Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Teeuw, A. 1988. Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pustaka jaya.
Zoest, aart van. 1993. Semiotika: Tentang Tanda, cara Kerjanya, dan Apa yang Kita Lakukan dengannya. Jakarta: Yayasan Sumber Agung.
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari penguasaan konsep dasar penelitian satra dan pembelajarannya mengenai, jenis-jenis, tujuan, objek-objek dasar, ciri-ciri, dan prosedurnya
Learning OutcomesMampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Terampil dan mandiri dalam pelaksanaan penelitian bidang sastra dan pembelajarannya.
Menguasai konsep, teori, dan pengembangan pelaksanaan penelitian bidang Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
ReferencesUmaya, Nazla Maharani., Harjito. 2017. Penelitian Pembelajaran Sastra. UPGRIS Press. Semarang.
Agger, Ben. 2003. Teori Sosial Kritis, kritik, Penerapan dan Implikasinya. Yogyakarta: Kreasi Wacana
Damono, Sapardi Djoko. 1978. Sosiologi Sastra sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Dep. Pend. Dan Keb.
Foucault, Michael. 2002. Pengetahuan dan Metode: Karya Karya Penting Faucault. Yogyakarta: Jalasutra.
Gie, The Liang. 2003. Sejarah Ilmu-ilmu: dari Masa Kuno sampai Zaman Modern. Yogyakarta: PUBIB.
Jabrohim (ed.) (2001) Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hanindita Graha
Junus, Umar. 1985. Resepsi Sastra: sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia.
Luxemburg, Jan van (dkk). 1994. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Gramedia.
Moleong, Lexy Y. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.
Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Teeuw, A. 1988. Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pustaka jaya.
Zoest, aart van. 1993. Semiotika: Tentang Tanda, cara Kerjanya, dan Apa yang Kita Lakukan dengannya. Jakarta: Yayasan Sumber Agung.
Details ...