Courser in English | Literature Research Methodology |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 31 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mempelajari penguasaan konsep dasar penelitian satra dan pembelajarannya mengenai, jenis-jenis, tujuan, objek-objek dasar, ciri-ciri, dan prosedurnya
Learning OutcomesMampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Terampil dan mandiri dalam pelaksanaan penelitian bidang sastra dan pembelajarannya.
Menguasai konsep, teori, dan pengembangan pelaksanaan penelitian bidang Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
ReferencesUmaya, Nazla Maharani., Harjito. 2017. Penelitian Pembelajaran Sastra. UPGRIS Press. Semarang.
Agger, Ben. 2003. Teori Sosial Kritis, kritik, Penerapan dan Implikasinya. Yogyakarta: Kreasi Wacana
Damono, Sapardi Djoko. 1978. Sosiologi Sastra sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Dep. Pend. Dan Keb.
Foucault, Michael. 2002. Pengetahuan dan Metode: Karya Karya Penting Faucault. Yogyakarta: Jalasutra.
Gie, The Liang. 2003. Sejarah Ilmu-ilmu: dari Masa Kuno sampai Zaman Modern. Yogyakarta: PUBIB.
Jabrohim (ed.) (2001) Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hanindita Graha
Junus, Umar. 1985. Resepsi Sastra: sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia.
Luxemburg, Jan van (dkk). 1994. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Gramedia.
Moleong, Lexy Y. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.
Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Teeuw, A. 1988. Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pustaka jaya.
Zoest, aart van. 1993. Semiotika: Tentang Tanda, cara Kerjanya, dan Apa yang Kita Lakukan dengannya. Jakarta: Yayasan Sumber Agung.
Details ...
mata kuliah ini mempelajari penguasaan konsep dasar penelitian satra, jenis-jenis, tujuan, objek-objek dasar, ciri-ciri, dan prosedurnya.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami dan dapat menerapkan konsep dasar penelitian sastra secara benar dan mengaplikasikannya pada penyusunan proposal skripsi.
ReferencesMU, Nazla., Harjito. 2017. Penelitian Pembelajaran Sastra. Universitas PGRI Semarang Press,
Agger, Ben. 2003. Teori Sosial Kritis, kritik, Penerapan dan Implikasinya. Yogyakarta: Kreasi Wacana
Damono, Sapardi Djoko. 1978. Sosiologi Sastra sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Dep. Pend. Dan Keb.
Foucault, Michael. 2002. Pengetahuan dan Metode: Karya Karya Penting Faucault. Yogyakarta: Jalasutra.
Gie, The Liang. 2003. Sejarah Ilmu-ilmu: dari Masa Kuno sampai Zaman Modern. Yogyakarta: PUBIB.
Jabrohim (ed.) (2001) Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hanindita Graha
Junus, Umar. 1985. Resepsi Sastra: sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia.
Luxemburg, Jan van (dkk). 1994. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Gramedia.
Moleong, Lexy Y. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.
Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Teeuw, A. 1988. Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pustaka jaya.
Zoest, aart van. 1993. Semiotika: Tentang Tanda, cara Kerjanya, dan Apa yang Kita Lakukan dengannya. Jakarta: Yayasan Sumber Agung.
Details ...
mata kuliah ini mempelajari penguasaan konsep dasar penelitian satra, jenis-jenis, tujuan, objek-objek dasar, ciri-ciri, dan prosedurnya.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami dan dapat menerapkan konsep dasar penelitian sastra secara benar dan mengaplikasikannya pada penyusunan proposal skripsi.
ReferencesMU, Nazla., Harjito. 2017. Penelitian Pembelajaran Sastra. Universitas PGRI Semarang Press,
Agger, Ben. 2003. Teori Sosial Kritis, kritik, Penerapan dan Implikasinya. Yogyakarta: Kreasi Wacana
Damono, Sapardi Djoko. 1978. Sosiologi Sastra sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Dep. Pend. Dan Keb.
Foucault, Michael. 2002. Pengetahuan dan Metode: Karya Karya Penting Faucault. Yogyakarta: Jalasutra.
Gie, The Liang. 2003. Sejarah Ilmu-ilmu: dari Masa Kuno sampai Zaman Modern. Yogyakarta: PUBIB.
Jabrohim (ed.) (2001) Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hanindita Graha
Junus, Umar. 1985. Resepsi Sastra: sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia.
Luxemburg, Jan van (dkk). 1994. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Gramedia.
Moleong, Lexy Y. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.
Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Teeuw, A. 1988. Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pustaka jaya.
Zoest, aart van. 1993. Semiotika: Tentang Tanda, cara Kerjanya, dan Apa yang Kita Lakukan dengannya. Jakarta: Yayasan Sumber Agung.
Details ...
mata kuliah ini mempelajari penguasaan konsep dasar penelitian satra, jenis-jenis, tujuan, objek-objek dasar, ciri-ciri, dan prosedurnya.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami dan dapat menerapkan konsep dasar penelitian sastra secara benar dan mengaplikasikannya pada penyusunan proposal skripsi.
ReferencesMU, Nazla., Harjito. 2017. Penelitian Pembelajaran Sastra. Universitas PGRI Semarang Press,
Agger, Ben. 2003. Teori Sosial Kritis, kritik, Penerapan dan Implikasinya. Yogyakarta: Kreasi Wacana
Damono, Sapardi Djoko. 1978. Sosiologi Sastra sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Dep. Pend. Dan Keb.
Foucault, Michael. 2002. Pengetahuan dan Metode: Karya Karya Penting Faucault. Yogyakarta: Jalasutra.
Gie, The Liang. 2003. Sejarah Ilmu-ilmu: dari Masa Kuno sampai Zaman Modern. Yogyakarta: PUBIB.
Jabrohim (ed.) (2001) Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hanindita Graha
Junus, Umar. 1985. Resepsi Sastra: sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia.
Luxemburg, Jan van (dkk). 1994. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Gramedia.
Moleong, Lexy Y. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.
Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Teeuw, A. 1988. Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pustaka jaya.
Zoest, aart van. 1993. Semiotika: Tentang Tanda, cara Kerjanya, dan Apa yang Kita Lakukan dengannya. Jakarta: Yayasan Sumber Agung.
Details ...
mata kuliah ini mempelajari penguasaan konsep dasar penelitian satra, jenis-jenis, tujuan, objek-objek dasar, ciri-ciri, dan prosedurnya.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami dan dapat menerapkan konsep dasar penelitian sastra secara benar dan mengaplikasikannya pada penyusunan proposal skripsi
ReferencesUmaya, Nazla Maharani., Harjito. 2017. Penelitian Pembelajaran Sastra. UPGRIS Press. Semarang.
Agger, Ben. 2003. Teori Sosial Kritis, kritik, Penerapan dan Implikasinya. Yogyakarta: Kreasi Wacana
Damono, Sapardi Djoko. 1978. Sosiologi Sastra sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Dep. Pend. Dan Keb.
Foucault, Michael. 2002. Pengetahuan dan Metode: Karya Karya Penting Faucault. Yogyakarta: Jalasutra.
Gie, The Liang. 2003. Sejarah Ilmu-ilmu: dari Masa Kuno sampai Zaman Modern. Yogyakarta: PUBIB.
Jabrohim (ed.) (2001) Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hanindita Graha
Junus, Umar. 1985. Resepsi Sastra: sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia.
Luxemburg, Jan van (dkk). 1994. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Gramedia.
Moleong, Lexy Y. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.
Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Teeuw, A. 1988. Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pustaka jaya.
Zoest, aart van. 1993. Semiotika: Tentang Tanda, cara Kerjanya, dan Apa yang Kita Lakukan dengannya. Jakarta: Yayasan Sumber Agung.
Details ...
mata kuliah ini mempelajari penguasaan konsep dasar penelitian satra, jenis-jenis, tujuan, objek-objek dasar, ciri-ciri, dan prosedurnya.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami dan dapat menerapkan konsep dasar penelitian sastra secara benar dan mengaplikasikannya pada penyusunan proposal skripsi
ReferencesUmaya, Nazla Maharani., Harjito. 2017. Penelitian Pembelajaran Sastra. UPGRIS Press. Semarang.
Agger, Ben. 2003. Teori Sosial Kritis, kritik, Penerapan dan Implikasinya. Yogyakarta: Kreasi Wacana
Damono, Sapardi Djoko. 1978. Sosiologi Sastra sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Dep. Pend. Dan Keb.
Foucault, Michael. 2002. Pengetahuan dan Metode: Karya Karya Penting Faucault. Yogyakarta: Jalasutra.
Gie, The Liang. 2003. Sejarah Ilmu-ilmu: dari Masa Kuno sampai Zaman Modern. Yogyakarta: PUBIB.
Jabrohim (ed.) (2001) Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hanindita Graha
Junus, Umar. 1985. Resepsi Sastra: sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia.
Luxemburg, Jan van (dkk). 1994. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Gramedia.
Moleong, Lexy Y. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.
Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Teeuw, A. 1988. Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pustaka jaya.
Zoest, aart van. 1993. Semiotika: Tentang Tanda, cara Kerjanya, dan Apa yang Kita Lakukan dengannya. Jakarta: Yayasan Sumber Agung.
Details ...
mata kuliah ini mempelajari penguasaan konsep dasar penelitian satra, jenis-jenis, tujuan, objek-objek dasar, ciri-ciri, dan prosedurnya.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami dan dapat menerapkan konsep dasar penelitian sastra secara benar dan mengaplikasikannya pada penyusunan proposal skripsi
ReferencesUmaya, Nazla Maharani., Harjito. 2017. Penelitian Pembelajaran Sastra. UPGRIS Press. Semarang.
Agger, Ben. 2003. Teori Sosial Kritis, kritik, Penerapan dan Implikasinya. Yogyakarta: Kreasi Wacana
Damono, Sapardi Djoko. 1978. Sosiologi Sastra sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Dep. Pend. Dan Keb.
Foucault, Michael. 2002. Pengetahuan dan Metode: Karya Karya Penting Faucault. Yogyakarta: Jalasutra.
Gie, The Liang. 2003. Sejarah Ilmu-ilmu: dari Masa Kuno sampai Zaman Modern. Yogyakarta: PUBIB.
Jabrohim (ed.) (2001) Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hanindita Graha
Junus, Umar. 1985. Resepsi Sastra: sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia.
Luxemburg, Jan van (dkk). 1994. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Gramedia.
Moleong, Lexy Y. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.
Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Teeuw, A. 1988. Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pustaka jaya.
Zoest, aart van. 1993. Semiotika: Tentang Tanda, cara Kerjanya, dan Apa yang Kita Lakukan dengannya. Jakarta: Yayasan Sumber Agung.
Details ...
mata kuliah ini mempelajari penguasaan konsep dasar penelitian satra, jenis-jenis, tujuan, objek-objek dasar, ciri-ciri, dan prosedurnya.
Learning Outcomes
Mahasiswa mampu memahami dan dapat menerapkan konsep dasar penelitian sastra secara benar dan mengaplikasikannya pada penyusunan
proposal skripsi.
Agger, Ben. 2003. Teori Sosial Kritis, kritik, Penerapan dan Implikasinya. Yogyakarta: Kreasi Wacana
Damono, Sapardi Djoko. 1978. Sosiologi Sastra sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Dep. Pend. Dan Keb.
Foucault, Michael. 2002. Pengetahuan dan Metode: Karya Karya Penting Faucault. Yogyakarta: Jalasutra.
Gie, The Liang. 2003. Sejarah Ilmu-ilmu: dari Masa Kuno sampai Zaman Modern. Yogyakarta: PUBIB.
Jabrohim (ed.) (2001) Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hanindita Graha
Junus, Umar. 1985. Resepsi Sastra: sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia.
Luxemburg, Jan van (dkk). 1994. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Gramedia.
Moleong, Lexy Y. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.
Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Teeuw, A. 1988. Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pustaka jaya.
Zoest, aart van. 1993. Semiotika: Tentang Tanda, cara Kerjanya, dan Apa yang Kita Lakukan dengannya. Jakarta: Yayasan Sumber Agung.
Details ...
mata kuliah ini mempelajari penguasaan konsep dasar penelitian satra, jenis-jenis, tujuan, objek-objek dasar, ciri-ciri, dan prosedurnya.
Learning Outcomes
Mahasiswa mampu memahami dan dapat menerapkan konsep dasar penelitian sastra secara benar dan mengaplikasikannya pada penyusunan
proposal skripsi.
Agger, Ben. 2003. Teori Sosial Kritis, kritik, Penerapan dan Implikasinya. Yogyakarta: Kreasi Wacana
Damono, Sapardi Djoko. 1978. Sosiologi Sastra sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Dep. Pend. Dan Keb.
Foucault, Michael. 2002. Pengetahuan dan Metode: Karya Karya Penting Faucault. Yogyakarta: Jalasutra.
Gie, The Liang. 2003. Sejarah Ilmu-ilmu: dari Masa Kuno sampai Zaman Modern. Yogyakarta: PUBIB.
Jabrohim (ed.) (2001) Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hanindita Graha
Junus, Umar. 1985. Resepsi Sastra: sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia.
Luxemburg, Jan van (dkk). 1994. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Gramedia.
Moleong, Lexy Y. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.
Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Teeuw, A. 1988. Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pustaka jaya.
Zoest, aart van. 1993. Semiotika: Tentang Tanda, cara Kerjanya, dan Apa yang Kita Lakukan dengannya. Jakarta: Yayasan Sumber Agung.
Details ...
mata kuliah ini mempelajari penguasaan konsep dasar penelitian satra, jenis-jenis, tujuan, objek-objek dasar, ciri-ciri, dan prosedurnya.
Learning Outcomes
Mahasiswa mampu memahami dan dapat menerapkan konsep dasar penelitian sastra secara benar dan mengaplikasikannya pada penyusunan
proposal skripsi.
Agger, Ben. 2003. Teori Sosial Kritis, kritik, Penerapan dan Implikasinya. Yogyakarta: Kreasi Wacana
Damono, Sapardi Djoko. 1978. Sosiologi Sastra sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Dep. Pend. Dan Keb.
Foucault, Michael. 2002. Pengetahuan dan Metode: Karya Karya Penting Faucault. Yogyakarta: Jalasutra.
Gie, The Liang. 2003. Sejarah Ilmu-ilmu: dari Masa Kuno sampai Zaman Modern. Yogyakarta: PUBIB.
Jabrohim (ed.) (2001) Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hanindita Graha
Junus, Umar. 1985. Resepsi Sastra: sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia.
Luxemburg, Jan van (dkk). 1994. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Gramedia.
Moleong, Lexy Y. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.
Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Teeuw, A. 1988. Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pustaka jaya.
Zoest, aart van. 1993. Semiotika: Tentang Tanda, cara Kerjanya, dan Apa yang Kita Lakukan dengannya. Jakarta: Yayasan Sumber Agung.
Details ...
mata kuliah ini mempelajari penguasaan konsep dasar penelitian satra, jenis-jenis, tujuan, objek-objek dasar, ciri-ciri, dan prosedurnya.
Learning Outcomes
Mahasiswa mampu memahami dan dapat menerapkan konsep dasar penelitian sastra secara benar dan mengaplikasikannya pada penyusunan
proposal skripsi.
Agger, Ben. 2003. Teori Sosial Kritis, kritik, Penerapan dan Implikasinya. Yogyakarta: Kreasi Wacana
Damono, Sapardi Djoko. 1978. Sosiologi Sastra sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Dep. Pend. Dan Keb.
Foucault, Michael. 2002. Pengetahuan dan Metode: Karya Karya Penting Faucault. Yogyakarta: Jalasutra.
Gie, The Liang. 2003. Sejarah Ilmu-ilmu: dari Masa Kuno sampai Zaman Modern. Yogyakarta: PUBIB.
Jabrohim (ed.) (2001) Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hanindita Graha
Junus, Umar. 1985. Resepsi Sastra: sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia.
Luxemburg, Jan van (dkk). 1994. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Gramedia.
Moleong, Lexy Y. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.
Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Teeuw, A. 1988. Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pustaka jaya.
Zoest, aart van. 1993. Semiotika: Tentang Tanda, cara Kerjanya, dan Apa yang Kita Lakukan dengannya. Jakarta: Yayasan Sumber Agung.
Details ...
mata kuliah ini mempelajari penguasaan konsep dasar penelitian satra, jenis-jenis, tujuan, objek-objek dasar, ciri-ciri, dan prosedurnya.
Learning Outcomes
Mahasiswa mampu memahami dan dapat menerapkan konsep dasar penelitian sastra secara benar dan mengaplikasikannya pada penyusunan
proposal skripsi.
Agger, Ben. 2003. Teori Sosial Kritis, kritik, Penerapan dan Implikasinya. Yogyakarta: Kreasi Wacana
Damono, Sapardi Djoko. 1978. Sosiologi Sastra sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Dep. Pend. Dan Keb.
Foucault, Michael. 2002. Pengetahuan dan Metode: Karya Karya Penting Faucault. Yogyakarta: Jalasutra.
Gie, The Liang. 2003. Sejarah Ilmu-ilmu: dari Masa Kuno sampai Zaman Modern. Yogyakarta: PUBIB.
Jabrohim (ed.) (2001) Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hanindita Graha
Junus, Umar. 1985. Resepsi Sastra: sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia.
Luxemburg, Jan van (dkk). 1994. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Gramedia.
Moleong, Lexy Y. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.
Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Teeuw, A. 1988. Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pustaka jaya.
Zoest, aart van. 1993. Semiotika: Tentang Tanda, cara Kerjanya, dan Apa yang Kita Lakukan dengannya. Jakarta: Yayasan Sumber Agung.
Details ...