Courser in English | ETHICS OF EDUCATIONAL PROFESSION |
Program | Pendidikan Matematika |
SKS | 2 SKS |
RPS | 14 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini memeberi wawasan dasar bagi calon pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru professional .
Learning Outcomes-
References-
Details ...
Mata kuliah ini memeberi wawasan dasar bagi calon pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru professional .
Learning Outcomes-
References-
Details ...
Mata kuliah ini memeberi wawasan dasar bagi calon pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru professional .
Learning Outcomes-
References-
Details ...
Mata kuliah ini memeberi wawasan dasar bagi calon pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru professional.
Learning Outcomes-
References-
Details ...
Mata kuliah ini memeberi wawasan dasar bagi calon pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru professional.
Learning Outcomes-
References-
Details ...
Mata kuliah ini memeberi wawasan dasar bagi calon pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru professional.
Learning Outcomes-
References-
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang hakikat etika, hakikat profesi kependidikan, profesi kependidikan di Indonesia, kompetensi guru profesional dan penerapannya, kode etik guru dan penerapannya. Mata kuliah ini juga membahas tentang permasalahan-permasalahan yang terjadi di dunia pendidikan serta bagaimana mencari solusi yang tepat untuk menanganinya untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi guru profesional.
Learning OutcomesMahasiswa dapat menguasai dan mampu mengimplementasikan tugas guru secara profesional, memahami kode etik keguruan, memiliki kemampuan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh guru baik secara umum/ khusus, dan dapat mengembangkan karirnya sebagai guru dengan sebaik-baiknya.
References- Perundang-undangan Pendidikan:
- UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas
- UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
- PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
- Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
- Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi
Guru - Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian
- Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
- Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
- Buku-buku Pendukung
- Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius.
- Saondi O, dkk. 2012. Etika Profesi Keguruan. Bandung: Aditama
- Mulyasa, 2005. Menjadi Guru Profesional.Bandung: Rosda Karya
- Soetjipto & Rafli Kosasih, 2004.Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta
- Mohamad Nurdin,2004. Kiat menjadi Guru Profesional. Jogjakarta: Prismasophie
- Sertifikasi Guru Dalam Jabatan, 2009. Yogyakarta: Dep Pendidikan Nasional
- A.M., Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo.
- Danim, Sudarwan dan Khairil. 2010. Profesi Kependidikan. Bandung : Alfabeta.
- Graham, Gordon. 2015. Teori-teori Etika. Bandung : Nusa Media
- Wiyani, Novan Ardy. 2015. Etika Profesi Keguruan. Yogyakarta : Gava Media.
- Sagala, Syaiful. 2013. Etika dan Moralitas Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
- Rusyan, Tabrani dan Hamijaya. 1992. Profesionalisame Tenaga Kependidikan. Jakarta : Nine Karya Jaya.
- Rahayu, Endang Sadbudhy dan I Made Nuryata. 2010. Pembelajaran Masa Kini. Jakarta : Sekarmita.
- Hamalik, Oemar. 2002. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta : Bumi Aksara
- Bertens, K. 2013. Etika. Yogyakarta: Kanisius
- Sahlberg, Pasi. 2014. Finish Lesson. Bandung: Kaifa (Chapter 3, pp159-202)
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang hakikat etika, hakikat profesi kependidikan, profesi kependidikan di Indonesia, kompetensi guru profesional dan penerapannya, kode etik guru dan penerapannya. Mata kuliah ini juga membahas tentang permasalahan-permasalahan yang terjadi di dunia pendidikan serta bagaimana mencari solusi yang tepat untuk menanganinya untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi guru profesional.
Learning OutcomesMahasiswa dapat menguasai dan mampu mengimplementasikan tugas guru secara profesional, memahami kode etik keguruan, memiliki kemampuan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh guru baik secara umum/ khusus, dan dapat mengembangkan karirnya sebagai guru dengan sebaik-baiknya.
References- Perundang-undangan Pendidikan:
- UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas
- UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
- PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
- Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
- Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi
Guru - Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian
- Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
- Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
- Buku-buku Pendukung
- Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius.
- Saondi O, dkk. 2012. Etika Profesi Keguruan. Bandung: Aditama
- Mulyasa, 2005. Menjadi Guru Profesional.Bandung: Rosda Karya
- Soetjipto & Rafli Kosasih, 2004.Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta
- Mohamad Nurdin,2004. Kiat menjadi Guru Profesional. Jogjakarta: Prismasophie
- Sertifikasi Guru Dalam Jabatan, 2009. Yogyakarta: Dep Pendidikan Nasional
- A.M., Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo.
- Danim, Sudarwan dan Khairil. 2010. Profesi Kependidikan. Bandung : Alfabeta.
- Graham, Gordon. 2015. Teori-teori Etika. Bandung : Nusa Media
- Wiyani, Novan Ardy. 2015. Etika Profesi Keguruan. Yogyakarta : Gava Media.
- Sagala, Syaiful. 2013. Etika dan Moralitas Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
- Rusyan, Tabrani dan Hamijaya. 1992. Profesionalisame Tenaga Kependidikan. Jakarta : Nine Karya Jaya.
- Rahayu, Endang Sadbudhy dan I Made Nuryata. 2010. Pembelajaran Masa Kini. Jakarta : Sekarmita.
- Hamalik, Oemar. 2002. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta : Bumi Aksara
- Bertens, K. 2013. Etika. Yogyakarta: Kanisius
- Sahlberg, Pasi. 2014. Finish Lesson. Bandung: Kaifa (Chapter 3, pp159-202)
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang hakikat etika, hakikat profesi kependidikan, profesi kependidikan di Indonesia, kompetensi guru profesional dan penerapannya, kode etik guru dan penerapannya. Mata kuliah ini juga membahas tentang permasalahan-permasalahan yang terjadi di dunia pendidikan serta bagaimana mencari solusi yang tepat untuk menanganinya untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi guru profesional.
Learning OutcomesMahasiswa dapat menguasai dan mampu mengimplementasikan tugas guru secara profesional, memahami kode etik keguruan, memiliki kemampuan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh guru baik secara umum/ khusus, dan dapat mengembangkan karirnya sebagai guru dengan sebaik-baiknya.
References- Perundang-undangan Pendidikan:
- UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas
- UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
- PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
- Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
- Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi
Guru - Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian
- Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
- Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
- Buku-buku Pendukung
- Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius.
- Saondi O, dkk. 2012. Etika Profesi Keguruan. Bandung: Aditama
- Mulyasa, 2005. Menjadi Guru Profesional.Bandung: Rosda Karya
- Soetjipto & Rafli Kosasih, 2004.Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta
- Mohamad Nurdin,2004. Kiat menjadi Guru Profesional. Jogjakarta: Prismasophie
- Sertifikasi Guru Dalam Jabatan, 2009. Yogyakarta: Dep Pendidikan Nasional
- A.M., Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo.
- Danim, Sudarwan dan Khairil. 2010. Profesi Kependidikan. Bandung : Alfabeta.
- Graham, Gordon. 2015. Teori-teori Etika. Bandung : Nusa Media
- Wiyani, Novan Ardy. 2015. Etika Profesi Keguruan. Yogyakarta : Gava Media.
- Sagala, Syaiful. 2013. Etika dan Moralitas Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
- Rusyan, Tabrani dan Hamijaya. 1992. Profesionalisame Tenaga Kependidikan. Jakarta : Nine Karya Jaya.
- Rahayu, Endang Sadbudhy dan I Made Nuryata. 2010. Pembelajaran Masa Kini. Jakarta : Sekarmita.
- Hamalik, Oemar. 2002. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta : Bumi Aksara
- Bertens, K. 2013. Etika. Yogyakarta: Kanisius
- Sahlberg, Pasi. 2014. Finish Lesson. Bandung: Kaifa (Chapter 3, pp159-202)
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang hakikat etika, hakikat profesi kependidikan, profesi kependidikan di Indonesia, kompetensi guru profesional dan penerapannya, kode etik guru dan penerapannya. Mata kuliah ini juga membahas tentang permasalahan-permasalahan yang terjadi di dunia pendidikan serta bagaimana mencari solusi yang tepat untuk menanganinya untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi guru profesional.
Learning OutcomesMahasiswa dapat menguasai dan mampu mengimplementasikan tugas guru secara profesional, memahami kode etik keguruan, memiliki kemampuan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh guru baik secara umum/ khusus, dan dapat mengembangkan karirnya sebagai guru dengan sebaik-baiknya.
References- Perundang-undangan Pendidikan:
- UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas
- UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
- PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
- Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
- Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi
Guru - Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian
- Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
- Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
- Buku-buku Pendukung
- Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius.
- Saondi O, dkk. 2012. Etika Profesi Keguruan. Bandung: Aditama
- Mulyasa, 2005. Menjadi Guru Profesional.Bandung: Rosda Karya
- Soetjipto & Rafli Kosasih, 2004.Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta
- Mohamad Nurdin,2004. Kiat menjadi Guru Profesional. Jogjakarta: Prismasophie
- Sertifikasi Guru Dalam Jabatan, 2009. Yogyakarta: Dep Pendidikan Nasional
- A.M., Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo.
- Danim, Sudarwan dan Khairil. 2010. Profesi Kependidikan. Bandung : Alfabeta.
- Graham, Gordon. 2015. Teori-teori Etika. Bandung : Nusa Media
- Wiyani, Novan Ardy. 2015. Etika Profesi Keguruan. Yogyakarta : Gava Media.
- Sagala, Syaiful. 2013. Etika dan Moralitas Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
- Rusyan, Tabrani dan Hamijaya. 1992. Profesionalisame Tenaga Kependidikan. Jakarta : Nine Karya Jaya.
- Rahayu, Endang Sadbudhy dan I Made Nuryata. 2010. Pembelajaran Masa Kini. Jakarta : Sekarmita.
- Hamalik, Oemar. 2002. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta : Bumi Aksara
- Bertens, K. 2013. Etika. Yogyakarta: Kanisius
- Sahlberg, Pasi. 2014. Finish Lesson. Bandung: Kaifa (Chapter 3, pp159-202)
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang hakikat etika, hakikat profesi kependidikan, profesi kependidikan di Indonesia, kompetensi guru profesional dan penerapannya, kode etik guru dan penerapannya. Mata kuliah ini juga membahas tentang permasalahan-permasalahan yang terjadi di dunia pendidikan serta bagaimana mencari solusi yang tepat untuk menanganinya untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi guru profesional.
Learning OutcomesMahasiswa dapat menguasai dan mampu mengimplementasikan tugas guru secara profesional, memahami kode etik keguruan, memiliki kemampuan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh guru baik secara umum/ khusus, dan dapat mengembangkan karirnya sebagai guru dengan sebaik-baiknya.
References- Perundang-undangan Pendidikan:
- UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas
- UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
- PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
- Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
- Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi
Guru - Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian
- Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
- Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
- Buku-buku Pendukung
- Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius.
- Saondi O, dkk. 2012. Etika Profesi Keguruan. Bandung: Aditama
- Mulyasa, 2005. Menjadi Guru Profesional.Bandung: Rosda Karya
- Soetjipto & Rafli Kosasih, 2004.Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta
- Mohamad Nurdin,2004. Kiat menjadi Guru Profesional. Jogjakarta: Prismasophie
- Sertifikasi Guru Dalam Jabatan, 2009. Yogyakarta: Dep Pendidikan Nasional
- A.M., Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo.
- Danim, Sudarwan dan Khairil. 2010. Profesi Kependidikan. Bandung : Alfabeta.
- Graham, Gordon. 2015. Teori-teori Etika. Bandung : Nusa Media
- Wiyani, Novan Ardy. 2015. Etika Profesi Keguruan. Yogyakarta : Gava Media.
- Sagala, Syaiful. 2013. Etika dan Moralitas Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
- Rusyan, Tabrani dan Hamijaya. 1992. Profesionalisame Tenaga Kependidikan. Jakarta : Nine Karya Jaya.
- Rahayu, Endang Sadbudhy dan I Made Nuryata. 2010. Pembelajaran Masa Kini. Jakarta : Sekarmita.
- Hamalik, Oemar. 2002. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta : Bumi Aksara
- Bertens, K. 2013. Etika. Yogyakarta: Kanisius
- Sahlberg, Pasi. 2014. Finish Lesson. Bandung: Kaifa (Chapter 3, pp159-202)
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang hakikat etika, hakikat profesi kependidikan, profesi kependidikan di Indonesia, kompetensi guru profesional dan penerapannya, kode etik guru dan penerapannya. Mata kuliah ini juga membahas tentang permasalahan-permasalahan yang terjadi di dunia pendidikan serta bagaimana mencari solusi yang tepat untuk menanganinya untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi guru profesional.
Learning OutcomesMahasiswa dapat menguasai dan mampu mengimplementasikan tugas guru secara profesional, memahami kode etik keguruan, memiliki kemampuan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh guru baik secara umum/ khusus, dan dapat mengembangkan karirnya sebagai guru dengan sebaik-baiknya.
References- Perundang-undangan Pendidikan:
- UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas
- UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
- PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
- Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
- Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi
Guru - Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian
- Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
- Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
- Buku-buku Pendukung
- Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius.
- Saondi O, dkk. 2012. Etika Profesi Keguruan. Bandung: Aditama
- Mulyasa, 2005. Menjadi Guru Profesional.Bandung: Rosda Karya
- Soetjipto & Rafli Kosasih, 2004.Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta
- Mohamad Nurdin,2004. Kiat menjadi Guru Profesional. Jogjakarta: Prismasophie
- Sertifikasi Guru Dalam Jabatan, 2009. Yogyakarta: Dep Pendidikan Nasional
- A.M., Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo.
- Danim, Sudarwan dan Khairil. 2010. Profesi Kependidikan. Bandung : Alfabeta.
- Graham, Gordon. 2015. Teori-teori Etika. Bandung : Nusa Media
- Wiyani, Novan Ardy. 2015. Etika Profesi Keguruan. Yogyakarta : Gava Media.
- Sagala, Syaiful. 2013. Etika dan Moralitas Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
- Rusyan, Tabrani dan Hamijaya. 1992. Profesionalisame Tenaga Kependidikan. Jakarta : Nine Karya Jaya.
- Rahayu, Endang Sadbudhy dan I Made Nuryata. 2010. Pembelajaran Masa Kini. Jakarta : Sekarmita.
- Hamalik, Oemar. 2002. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta : Bumi Aksara
- Bertens, K. 2013. Etika. Yogyakarta: Kanisius
- Sahlberg, Pasi. 2014. Finish Lesson. Bandung: Kaifa (Chapter 3, pp159-202)
Details ...