Courser in English | ETHICS OF EDUCATIONAL PROFESSION |
Program | Pendidikan Matematika |
SKS | 2 SKS |
RPS | 14 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini membahas tentang hakikat etika, hakikat profesi kependidikan, profesi kependidikan di Indonesia, kompetensi guru profesional dan penerapannya, kode etik guru dan penerapannya. Mata kuliah ini juga membahas tentang permasalahan-permasalahan yang terjadi di dunia pendidikan serta bagaimana mencari solusi yang tepat untuk menanganinya untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi guru profesional.
Learning OutcomesMahasiswa dapat menguasai dan mampu mengimplementasikan tugas guru secara profesional, memahami kode etik keguruan, memiliki kemampuan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh guru baik secara umum/ khusus, dan dapat mengembangkan karirnya sebagai guru dengan sebaik-baiknya.
References- Perundang-undangan Pendidikan:
- UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas
- UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
- PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
- Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
- Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi
Guru - Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian
- Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
- Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
- Buku-buku Pendukung
- Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius.
- Saondi O, dkk. 2012. Etika Profesi Keguruan. Bandung: Aditama
- Mulyasa, 2005. Menjadi Guru Profesional.Bandung: Rosda Karya
- Soetjipto & Rafli Kosasih, 2004.Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta
- Mohamad Nurdin,2004. Kiat menjadi Guru Profesional. Jogjakarta: Prismasophie
- Sertifikasi Guru Dalam Jabatan, 2009. Yogyakarta: Dep Pendidikan Nasional
- A.M., Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo.
- Danim, Sudarwan dan Khairil. 2010. Profesi Kependidikan. Bandung : Alfabeta.
- Graham, Gordon. 2015. Teori-teori Etika. Bandung : Nusa Media
- Wiyani, Novan Ardy. 2015. Etika Profesi Keguruan. Yogyakarta : Gava Media.
- Sagala, Syaiful. 2013. Etika dan Moralitas Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
- Rusyan, Tabrani dan Hamijaya. 1992. Profesionalisame Tenaga Kependidikan. Jakarta : Nine Karya Jaya.
- Rahayu, Endang Sadbudhy dan I Made Nuryata. 2010. Pembelajaran Masa Kini. Jakarta : Sekarmita.
- Hamalik, Oemar. 2002. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta : Bumi Aksara
- Bertens, K. 2013. Etika. Yogyakarta: Kanisius
- Sahlberg, Pasi. 2014. Finish Lesson. Bandung: Kaifa (Chapter 3, pp159-202)
Details ...
Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru. Sikap profesional ini dapat dibangun melalui pemahaman hakikat etika profesi kependidikan; sikap profesional guru; kedudukan dan peran guru dalam pendidikan sekolah; permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran; peran guru dalam administrasi dan supervisi pendidikan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu menunjukkan sikap dan perilaku calon guru yang profesional
References- Arifin. & Barnawi. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Arifin. & Barnawi. 2014. Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media
- Arifin. & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan.Bandung:Pustaka Setia.
- Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.
- Djamarah, & Saiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
- Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Bandung : Alfabeta.
- Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
- Perundang-undangan: UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas;UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ;PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan ;Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi ;Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru ;Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian ; Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses ; Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
- Perundangan-undangan sehubungan dengan kurikulum 2013
- Pengembangan Keprofesionalan Guru berkelanjutan (Buku I sampai V).
- Kunandar. 2003. Guru Profesional. Jakarta: Raja- Grafindo Persada.
- Alma, Buchari, dkk. 2008. Guru Profesional.- Bandung: Alfabeta
- Asmani, J.M. 2009. Tujuh Kompetensi Guru- Menyenangkan dan Profesional. Jogjakarta: Power Book
- Uno, B.- Hamzah. 2007. Profsi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- Uzer, U.M.- 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Osdakary Offset
- Sehertian, A.P. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Danim, Sudarwan. 2011. Profesi- Kependidikan. Bandung: Alfabet Soetjipto dan Kosasi, R. 2009.Profesi- Keguruan.Jakarta: Rineka Cipta
- Muhammad, A dan Ilyas, A. 2007. Bahan- Ajar Profesi Pendidikan. Padang: Universitas Negeri Padang
- Saud,- S.U. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta
- Mahsunah,- Dian, dkk.. 2012. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru (Modul PLPG). FKIP Unila.
- Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta:- Kanisius. Bangko, Maret 2013
- Sudarwan Danim, 2015, Pengembangan profesi guru dari prajabatan, induksi, ke profesional madani. Jakarta: Prenamedia Group
- Muhammad Saroni, 2011, Personal Branding Guru Meningkatkan Kualitas dan Profesionalitas Guru, Jogjakarta: Ar-Ruz Media
Details ...
Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru. Sikap profesional ini dapat dibangun melalui pemahaman hakikat etika profesi kependidikan; sikap profesional guru; kedudukan dan peran guru dalam pendidikan sekolah; permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran; peran guru dalam administrasi dan supervisi pendidikan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu menunjukkan sikap dan perilaku calon guru yang profesional
References- Arifin. & Barnawi. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Arifin. & Barnawi. 2014. Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media
- Arifin. & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan.Bandung:Pustaka Setia.
- Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.
- Djamarah, & Saiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
- Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Bandung : Alfabeta.
- Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
- Perundang-undangan: UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas;UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ;PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan ;Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi ;Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru ;Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian ; Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses ; Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
- Perundangan-undangan sehubungan dengan kurikulum 2013
- Pengembangan Keprofesionalan Guru berkelanjutan (Buku I sampai V).
- Kunandar. 2003. Guru Profesional. Jakarta: Raja- Grafindo Persada.
- Alma, Buchari, dkk. 2008. Guru Profesional.- Bandung: Alfabeta
- Asmani, J.M. 2009. Tujuh Kompetensi Guru- Menyenangkan dan Profesional. Jogjakarta: Power Book
- Uno, B.- Hamzah. 2007. Profsi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- Uzer, U.M.- 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Osdakary Offset
- Sehertian, A.P. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Danim, Sudarwan. 2011. Profesi- Kependidikan. Bandung: Alfabet Soetjipto dan Kosasi, R. 2009.Profesi- Keguruan.Jakarta: Rineka Cipta
- Muhammad, A dan Ilyas, A. 2007. Bahan- Ajar Profesi Pendidikan. Padang: Universitas Negeri Padang
- Saud,- S.U. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta
- Mahsunah,- Dian, dkk.. 2012. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru (Modul PLPG). FKIP Unila.
- Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta:- Kanisius. Bangko, Maret 2013
- Sudarwan Danim, 2015, Pengembangan profesi guru dari prajabatan, induksi, ke profesional madani. Jakarta: Prenamedia Group
- Muhammad Saroni, 2011, Personal Branding Guru Meningkatkan Kualitas dan Profesionalitas Guru, Jogjakarta: Ar-Ruz Media
Details ...
Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru. Sikap profesional ini dapat dibangun melalui pemahaman hakikat etika profesi kependidikan; sikap profesional guru; kedudukan dan peran guru dalam pendidikan sekolah; permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran; peran guru dalam administrasi dan supervisi pendidikan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu menunjukkan sikap dan perilaku calon guru yang profesional
References- Arifin. & Barnawi. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Arifin. & Barnawi. 2014. Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media
- Arifin. & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan.Bandung:Pustaka Setia.
- Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.
- Djamarah, & Saiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
- Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Bandung : Alfabeta.
- Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
- Perundang-undangan: UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas;UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ;PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan ;Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi ;Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru ;Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian ; Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses ; Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
- Perundangan-undangan sehubungan dengan kurikulum 2013
- Pengembangan Keprofesionalan Guru berkelanjutan (Buku I sampai V).
- Kunandar. 2003. Guru Profesional. Jakarta: Raja- Grafindo Persada.
- Alma, Buchari, dkk. 2008. Guru Profesional.- Bandung: Alfabeta
- Asmani, J.M. 2009. Tujuh Kompetensi Guru- Menyenangkan dan Profesional. Jogjakarta: Power Book
- Uno, B.- Hamzah. 2007. Profsi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- Uzer, U.M.- 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Osdakary Offset
- Sehertian, A.P. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Danim, Sudarwan. 2011. Profesi- Kependidikan. Bandung: Alfabet Soetjipto dan Kosasi, R. 2009.Profesi- Keguruan.Jakarta: Rineka Cipta
- Muhammad, A dan Ilyas, A. 2007. Bahan- Ajar Profesi Pendidikan. Padang: Universitas Negeri Padang
- Saud,- S.U. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta
- Mahsunah,- Dian, dkk.. 2012. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru (Modul PLPG). FKIP Unila.
- Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta:- Kanisius. Bangko, Maret 2013
- Sudarwan Danim, 2015, Pengembangan profesi guru dari prajabatan, induksi, ke profesional madani. Jakarta: Prenamedia Group
- Muhammad Saroni, 2011, Personal Branding Guru Meningkatkan Kualitas dan Profesionalitas Guru, Jogjakarta: Ar-Ruz Media
Details ...
Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru. Sikap profesional ini dapat dibangun melalui pemahaman hakikat etika profesi kependidikan; sikap profesional guru; kedudukan dan peran guru dalam pendidikan sekolah; permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran; peran guru dalam administrasi dan supervisi pendidikan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu menunjukkan sikap dan perilaku calon guru yang profesional
References- Arifin. & Barnawi. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Arifin. & Barnawi. 2014. Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media
- Arifin. & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan.Bandung:Pustaka Setia.
- Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.
- Djamarah, & Saiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
- Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Bandung : Alfabeta.
- Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
- Perundang-undangan: UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas;UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ;PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan ;Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi ;Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru ;Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian ; Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses ; Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
- Perundangan-undangan sehubungan dengan kurikulum 2013
- Pengembangan Keprofesionalan Guru berkelanjutan (Buku I sampai V).
- Kunandar. 2003. Guru Profesional. Jakarta: Raja- Grafindo Persada.
- Alma, Buchari, dkk. 2008. Guru Profesional.- Bandung: Alfabeta
- Asmani, J.M. 2009. Tujuh Kompetensi Guru- Menyenangkan dan Profesional. Jogjakarta: Power Book
- Uno, B.- Hamzah. 2007. Profsi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- Uzer, U.M.- 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Osdakary Offset
- Sehertian, A.P. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Danim, Sudarwan. 2011. Profesi- Kependidikan. Bandung: Alfabet Soetjipto dan Kosasi, R. 2009.Profesi- Keguruan.Jakarta: Rineka Cipta
- Muhammad, A dan Ilyas, A. 2007. Bahan- Ajar Profesi Pendidikan. Padang: Universitas Negeri Padang
- Saud,- S.U. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta
- Mahsunah,- Dian, dkk.. 2012. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru (Modul PLPG). FKIP Unila.
- Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta:- Kanisius. Bangko, Maret 2013
- Sudarwan Danim, 2015, Pengembangan profesi guru dari prajabatan, induksi, ke profesional madani. Jakarta: Prenamedia Group
- Muhammad Saroni, 2011, Personal Branding Guru Meningkatkan Kualitas dan Profesionalitas Guru, Jogjakarta: Ar-Ruz Media
Details ...