Courser in English | ENVIRONMENTAL SCIENCE |
Program | Pendidikan Biologi |
SKS | 3 SKS |
RPS | 11 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini pada bagian teori mengkaji tentang permasalahan lingkungan global, peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkungan, pertumbuhan penduduk, kebutuhan dan peningkatan aktivitas manusia, pencemaran lingkungan (pencemaran tanah, air, udara dan suara), pemanasan global, ekonomi lingkungan, asas-asas pengelolaan lingkungan, pembangunan berkelanjutan, AMDAL, zero waste dan etika lingkungan. Sedangkan pada bagian praktik mengkaji tentang masalah-masalah terkait pencemaran lingkungan (pencemaran tanah, air, udara, dan suara), dampak kegiatan wisata terhadap lingkungan dalam bentuk study kasus (case study) dan desain tugas proyek.Mata kuliah ini pada bagian teori mengkaji tentang permasalahan lingkungan global, peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkungan, pertumbuhan penduduk, kebutuhan dan peningkatan aktivitas manusia, pencemaran lingkungan (pencemaran tanah, air, udara dan suara), pemanasan global, ekonomi lingkungan, asas-asas pengelolaan lingkungan, pembangunan berkelanjutan, AMDAL, zero waste dan etika lingkungan. Sedangkan pada bagian praktik mengkaji tentang masalah-masalah terkait pencemaran lingkungan (pencemaran tanah, air, udara, dan suara), dampak kegiatan wisata terhadap lingkungan dalam bentuk study kasus (case study) dan desain tugas proyek.
Learning OutcomesSikap : Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religiousMengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademikMemiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
Pengetahuan : Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam ilmu lingkungan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
Keterampilan Umum : Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal dalam dinamika interaksi dalam ilmu lingkungan. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam dinamika interaksi dalam ilmu lingkunganyang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain,atau kritik seni
Keterampilan Khusus : Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam bidang ilmu lingkungan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan local
References
Keraf, Sonny. 2002. Etika Lingkungan. Kompas. Jakarta
Mc Neely, A, J. 1992.Ekonomi dan Keanekaragaman Hayati.Yayasan Obor Indonesia. Jakarta
Mulyanto, H.R. 2007. Ilmu Lingkungan. Graha Ilmu. Yogyakarta
Miller. 2005. Living In The Environment. Fourteenth Edition.Brooks/Cole-Thomson Learning. USA
Rusbiantoro, Dadang. 2008. Global Warming for Beginner : Pengantar Komprehensif tentang Pemanasan Global. Penerbit O2. Yogyakarta
Sugandhy, Aca., dan Hakim, Rustam. 2007. Prinsip Dasar Kebijakan Pembangunan Berkelanjutan Berwawasan Lingkungan. Bumi Aksara. Jakarta
Susanta, G., Sutjahyo, H. 2007. Akankah Indonesia Tenggelam Akibat Pemanasan Global?. Penebar Plus+. Jakarta
Details ...