Ilmu Lingkungan, Curriculum : 2015


Courser in EnglishENVIRONMENTAL SCIENCE
ProgramPendidikan Biologi
SKS3 SKS
RPS11 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini pada bagian teori mengkaji tentang permasalahan lingkungan global, peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkungan, pertumbuhan penduduk, kebutuhan dan peningkatan aktivitas manusia, pencemaran lingkungan (pencemaran tanah, air, udara dan suara), pemanasan global, ekonomi lingkungan, asas-asas pengelolaan lingkungan, pembangunan berkelanjutan, AMDAL, zero waste dan etika lingkungan. Sedangkan pada bagian praktik mengkaji tentang masalah-masalah terkait pencemaran lingkungan (pencemaran tanah, air, udara, dan suara), dampak kegiatan wisata terhadap lingkungan dalam bentuk study kasus (case study) dan desain tugas proyek.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam ilmu lingkungan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal dalam dinamika interaksi dalam ilmu lingkungan.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam dinamika interaksi dalam ilmu lingkungan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam bidang ilmu lingkungan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

References

DAFTAR PUSTAKA

Keraf, Sonny. 2002. Etika Lingkungan. Kompas. Jakarta

Mc Neely, A, J. 1992. Ekonomi dan Keanekaragaman Hayati. Yayasan Obor Indonesia. Jakarta

Mulyanto, H.R. 2007. Ilmu Lingkungan. Graha Ilmu. Yogyakarta

Miller. 2005. Living In The Environment. Fourteenth Edition. Brooks/Cole-Thomson Learning. USA

Rusbiantoro, Dadang. 2008. Global Warming for Beginner : Pengantar Komprehensif tentang Pemanasan Global. Penerbit O2. Yogyakarta

Sugandhy, Aca., dan Hakim, Rustam. 2007. Prinsip Dasar Kebijakan Pembangunan Berkelanjutan Berwawasan Lingkungan. Bumi Aksara. Jakarta

Susanta, G., Sutjahyo, H. 2007. Akankah Indonesia Tenggelam Akibat Pemanasan Global?. Penebar Plus+. Jakarta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini pada bagian teori mengkaji tentang permasalahan lingkungan global, peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkungan, pertumbuhan penduduk, kebutuhan dan peningkatan aktivitas manusia, pencemaran lingkungan (pencemaran tanah, air, udara dan suara), pemanasan global, ekonomi lingkungan, asas-asas pengelolaan lingkungan, pembangunan berkelanjutan, AMDAL, zero waste dan etika lingkungan. Sedangkan pada bagian praktik mengkaji tentang masalah-masalah terkait pencemaran lingkungan (pencemaran tanah, air, udara, dan suara), dampak kegiatan wisata terhadap lingkungan dalam bentuk study kasus (case study) dan desain tugas proyek.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam ilmu lingkungan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal dalam dinamika interaksi dalam ilmu lingkungan.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam dinamika interaksi dalam ilmu lingkungan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam bidang ilmu lingkungan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

References

DAFTAR PUSTAKA

Keraf, Sonny. 2002. Etika Lingkungan. Kompas. Jakarta

Mc Neely, A, J. 1992. Ekonomi dan Keanekaragaman Hayati. Yayasan Obor Indonesia. Jakarta

Mulyanto, H.R. 2007. Ilmu Lingkungan. Graha Ilmu. Yogyakarta

Miller. 2005. Living In The Environment. Fourteenth Edition. Brooks/Cole-Thomson Learning. USA

Rusbiantoro, Dadang. 2008. Global Warming for Beginner : Pengantar Komprehensif tentang Pemanasan Global. Penerbit O2. Yogyakarta

Sugandhy, Aca., dan Hakim, Rustam. 2007. Prinsip Dasar Kebijakan Pembangunan Berkelanjutan Berwawasan Lingkungan. Bumi Aksara. Jakarta

Susanta, G., Sutjahyo, H. 2007. Akankah Indonesia Tenggelam Akibat Pemanasan Global?. Penebar Plus+. Jakarta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini pada bagian teori mengkaji tentang permasalahan lingkungan global, peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkungan, pertumbuhan penduduk, kebutuhan dan peningkatan aktivitas manusia, pencemaran lingkungan (pencemaran tanah, air, udara dan suara), pemanasan global, ekonomi lingkungan, asas-asas pengelolaan lingkungan, pembangunan berkelanjutan, AMDAL, zero waste dan etika lingkungan. Sedangkan pada bagian praktik mengkaji tentang masalah-masalah terkait pencemaran lingkungan (pencemaran tanah, air, udara, dan suara), dampak kegiatan wisata terhadap lingkungan dalam bentuk study kasus (case study) dan desain tugas proyek.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam ilmu lingkungan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal dalam dinamika interaksi dalam ilmu lingkungan.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam dinamika interaksi dalam ilmu lingkungan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam bidang ilmu lingkungan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

References

DAFTAR PUSTAKA

Keraf, Sonny. 2002. Etika Lingkungan. Kompas. Jakarta

Mc Neely, A, J. 1992. Ekonomi dan Keanekaragaman Hayati. Yayasan Obor Indonesia. Jakarta

Mulyanto, H.R. 2007. Ilmu Lingkungan. Graha Ilmu. Yogyakarta

Miller. 2005. Living In The Environment. Fourteenth Edition. Brooks/Cole-Thomson Learning. USA

Rusbiantoro, Dadang. 2008. Global Warming for Beginner : Pengantar Komprehensif tentang Pemanasan Global. Penerbit O2. Yogyakarta

Sugandhy, Aca., dan Hakim, Rustam. 2007. Prinsip Dasar Kebijakan Pembangunan Berkelanjutan Berwawasan Lingkungan. Bumi Aksara. Jakarta

Susanta, G., Sutjahyo, H. 2007. Akankah Indonesia Tenggelam Akibat Pemanasan Global?. Penebar Plus+. Jakarta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini pada bagian teori mengkaji tentang permasalahan lingkungan global, peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkungan, pertumbuhan penduduk, kebutuhan dan peningkatan aktivitas manusia, pencemaran lingkungan (pencemaran tanah, air, udara dan suara), pemanasan global, ekonomi lingkungan, asas-asas pengelolaan lingkungan, pembangunan berkelanjutan, AMDAL, zero waste dan etika lingkungan. Sedangkan pada bagian praktik mengkaji tentang masalah-masalah terkait pencemaran lingkungan (pencemaran tanah, air, udara, dan suara), dampak kegiatan wisata terhadap lingkungan dalam bentuk study kasus (case study) dan desain tugas proyek.Mata kuliah ini pada bagian teori mengkaji tentang permasalahan lingkungan global, peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkungan, pertumbuhan penduduk, kebutuhan dan peningkatan aktivitas manusia, pencemaran lingkungan (pencemaran tanah, air, udara dan suara), pemanasan global, ekonomi lingkungan, asas-asas pengelolaan lingkungan, pembangunan berkelanjutan, AMDAL, zero waste dan etika lingkungan. Sedangkan pada bagian praktik mengkaji tentang masalah-masalah terkait pencemaran lingkungan (pencemaran tanah, air, udara, dan suara), dampak kegiatan wisata terhadap lingkungan dalam bentuk study kasus (case study) dan desain tugas proyek.

Learning Outcomes

  1. Sikap

 

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam ilmu lingkungan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal dalam dinamika interaksi dalam ilmu lingkungan.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam dinamika interaksi dalam ilmu lingkunganyang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam bidang ilmu lingkungan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

References

Keraf, Sonny. 2002. Etika Lingkungan. Kompas. Jakarta

Mc Neely, A, J. 1992.Ekonomi dan Keanekaragaman Hayati.Yayasan Obor Indonesia. Jakarta

Mulyanto, H.R. 2007. Ilmu Lingkungan. Graha Ilmu. Yogyakarta

Miller. 2005. Living In The Environment. Fourteenth Edition.Brooks/Cole-Thomson Learning. USA

Rusbiantoro, Dadang. 2008. Global Warming for Beginner : Pengantar Komprehensif tentang Pemanasan Global. Penerbit O2. Yogyakarta

Sugandhy, Aca., dan Hakim, Rustam. 2007. Prinsip Dasar Kebijakan Pembangunan Berkelanjutan Berwawasan Lingkungan. Bumi Aksara. Jakarta

Susanta, G., Sutjahyo, H. 2007. Akankah Indonesia Tenggelam Akibat Pemanasan Global?. Penebar Plus+. Jakarta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini pada bagian teori mengkaji tentang permasalahan lingkungan global, peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkungan, pertumbuhan penduduk, kebutuhan dan peningkatan aktivitas manusia, pencemaran lingkungan (pencemaran tanah, air, udara dan suara), pemanasan global, ekonomi lingkungan, asas-asas pengelolaan lingkungan, pembangunan berkelanjutan, AMDAL, zero waste dan etika lingkungan. Sedangkan pada bagian praktik mengkaji tentang masalah-masalah terkait pencemaran lingkungan (pencemaran tanah, air, udara, dan suara), dampak kegiatan wisata terhadap lingkungan dalam bentuk study kasus (case study) dan desain tugas proyek.Mata kuliah ini pada bagian teori mengkaji tentang permasalahan lingkungan global, peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkungan, pertumbuhan penduduk, kebutuhan dan peningkatan aktivitas manusia, pencemaran lingkungan (pencemaran tanah, air, udara dan suara), pemanasan global, ekonomi lingkungan, asas-asas pengelolaan lingkungan, pembangunan berkelanjutan, AMDAL, zero waste dan etika lingkungan. Sedangkan pada bagian praktik mengkaji tentang masalah-masalah terkait pencemaran lingkungan (pencemaran tanah, air, udara, dan suara), dampak kegiatan wisata terhadap lingkungan dalam bentuk study kasus (case study) dan desain tugas proyek.

Learning Outcomes

  1. Sikap

 

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam ilmu lingkungan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal dalam dinamika interaksi dalam ilmu lingkungan.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam dinamika interaksi dalam ilmu lingkunganyang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam bidang ilmu lingkungan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

References

Keraf, Sonny. 2002. Etika Lingkungan. Kompas. Jakarta

Mc Neely, A, J. 1992.Ekonomi dan Keanekaragaman Hayati.Yayasan Obor Indonesia. Jakarta

Mulyanto, H.R. 2007. Ilmu Lingkungan. Graha Ilmu. Yogyakarta

Miller. 2005. Living In The Environment. Fourteenth Edition.Brooks/Cole-Thomson Learning. USA

Rusbiantoro, Dadang. 2008. Global Warming for Beginner : Pengantar Komprehensif tentang Pemanasan Global. Penerbit O2. Yogyakarta

Sugandhy, Aca., dan Hakim, Rustam. 2007. Prinsip Dasar Kebijakan Pembangunan Berkelanjutan Berwawasan Lingkungan. Bumi Aksara. Jakarta

Susanta, G., Sutjahyo, H. 2007. Akankah Indonesia Tenggelam Akibat Pemanasan Global?. Penebar Plus+. Jakarta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini pada bagian teori mengkaji tentang permasalahan lingkungan global, peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkungan, pertumbuhan penduduk, kebutuhan dan peningkatan aktivitas manusia, pencemaran lingkungan (pencemaran tanah, air, udara dan suara), pemanasan global, ekonomi lingkungan, asas-asas pengelolaan lingkungan, pembangunan berkelanjutan, AMDAL, zero waste dan etika lingkungan. Sedangkan pada bagian praktik mengkaji tentang masalah-masalah terkait pencemaran lingkungan (pencemaran tanah, air, udara, dan suara), dampak kegiatan wisata terhadap lingkungan dalam bentuk study kasus (case study) dan desain tugas proyek.Mata kuliah ini pada bagian teori mengkaji tentang permasalahan lingkungan global, peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkungan, pertumbuhan penduduk, kebutuhan dan peningkatan aktivitas manusia, pencemaran lingkungan (pencemaran tanah, air, udara dan suara), pemanasan global, ekonomi lingkungan, asas-asas pengelolaan lingkungan, pembangunan berkelanjutan, AMDAL, zero waste dan etika lingkungan. Sedangkan pada bagian praktik mengkaji tentang masalah-masalah terkait pencemaran lingkungan (pencemaran tanah, air, udara, dan suara), dampak kegiatan wisata terhadap lingkungan dalam bentuk study kasus (case study) dan desain tugas proyek.

Learning Outcomes

  1. Sikap

 

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam ilmu lingkungan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal dalam dinamika interaksi dalam ilmu lingkungan.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam dinamika interaksi dalam ilmu lingkunganyang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam bidang ilmu lingkungan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

References

Keraf, Sonny. 2002. Etika Lingkungan. Kompas. Jakarta

Mc Neely, A, J. 1992.Ekonomi dan Keanekaragaman Hayati.Yayasan Obor Indonesia. Jakarta

Mulyanto, H.R. 2007. Ilmu Lingkungan. Graha Ilmu. Yogyakarta

Miller. 2005. Living In The Environment. Fourteenth Edition.Brooks/Cole-Thomson Learning. USA

Rusbiantoro, Dadang. 2008. Global Warming for Beginner : Pengantar Komprehensif tentang Pemanasan Global. Penerbit O2. Yogyakarta

Sugandhy, Aca., dan Hakim, Rustam. 2007. Prinsip Dasar Kebijakan Pembangunan Berkelanjutan Berwawasan Lingkungan. Bumi Aksara. Jakarta

Susanta, G., Sutjahyo, H. 2007. Akankah Indonesia Tenggelam Akibat Pemanasan Global?. Penebar Plus+. Jakarta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini pada bagian teori mengkaji tentang permasalahan lingkungan global, peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkungan, pertumbuhan penduduk, kebutuhan dan peningkatan aktivitas manusia, pencemaran lingkungan (pencemaran tanah, air, udara dan suara), pemanasan global, ekonomi lingkungan, asas-asas pengelolaan lingkungan, pembangunan berkelanjutan, AMDAL, zero waste dan etika lingkungan. Sedangkan pada bagian praktik mengkaji tentang masalah-masalah terkait pencemaran lingkungan (pencemaran tanah, air, udara, dan suara), dampak kegiatan wisata terhadap lingkungan dalam bentuk study kasus (case study) dan desain tugas proyek.Mata kuliah ini pada bagian teori mengkaji tentang permasalahan lingkungan global, peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkungan, pertumbuhan penduduk, kebutuhan dan peningkatan aktivitas manusia, pencemaran lingkungan (pencemaran tanah, air, udara dan suara), pemanasan global, ekonomi lingkungan, asas-asas pengelolaan lingkungan, pembangunan berkelanjutan, AMDAL, zero waste dan etika lingkungan. Sedangkan pada bagian praktik mengkaji tentang masalah-masalah terkait pencemaran lingkungan (pencemaran tanah, air, udara, dan suara), dampak kegiatan wisata terhadap lingkungan dalam bentuk study kasus (case study) dan desain tugas proyek.

Learning Outcomes

  1. Sikap

 

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam ilmu lingkungan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal
  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal dalam dinamika interaksi dalam ilmu lingkungan.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam dinamika interaksi dalam ilmu lingkunganyang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam bidang ilmu lingkungan sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

References

Keraf, Sonny. 2002. Etika Lingkungan. Kompas. Jakarta

Mc Neely, A, J. 1992.Ekonomi dan Keanekaragaman Hayati.Yayasan Obor Indonesia. Jakarta

Mulyanto, H.R. 2007. Ilmu Lingkungan. Graha Ilmu. Yogyakarta

Miller. 2005. Living In The Environment. Fourteenth Edition.Brooks/Cole-Thomson Learning. USA

Rusbiantoro, Dadang. 2008. Global Warming for Beginner : Pengantar Komprehensif tentang Pemanasan Global. Penerbit O2. Yogyakarta

Sugandhy, Aca., dan Hakim, Rustam. 2007. Prinsip Dasar Kebijakan Pembangunan Berkelanjutan Berwawasan Lingkungan. Bumi Aksara. Jakarta

Susanta, G., Sutjahyo, H. 2007. Akankah Indonesia Tenggelam Akibat Pemanasan Global?. Penebar Plus+. Jakarta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini pada bagian teori mengkaji tentang permasalahan lingkungan global, peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkungan,

Learning Outcomes

Sikap : Bertakwa kepada Tuhan yang maha esa dan mampu menunjukkan sikap religious; mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik; memiliki etika ilmiah

References

Keraf, S. 2002. Etika Lingkungan. Kompas. Jakarta.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini pada bagian teori mengkaji tentang permasalahan lingkungan global, peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkungan,

Learning Outcomes

Sikap : Bertakwa kepada Tuhan yang maha esa dan mampu menunjukkan sikap religious; mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik; memiliki etika ilmiah

References

Keraf, S. 2002. Etika Lingkungan. Kompas. Jakarta.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini pada bagian teori mengkaji tentang permasalahan lingkungan global, peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkungan, pertumbuhan penduduk, kebutuhan dan peningkatan aktivitas manusia, pencemaran lingkungan (pencemaran tanah, air, udara dan suara), pemanasan global, ekonomi lingkungan, asas-asas pengelolaan lingkungan, pembangunan berkelanjutan, AMDAL, zero waste dan etika lingkungan. Sedangkan pada bagian praktik mengkaji tentang masalah-masalah terkait pencemaran lingkungan (pencemaran tanah, air, udara, dan suara), dampak kegiatan wisata terhadap lingkungan dalam bentuk study kasus (case study) dan desain tugas proyek.Mata kuliah ini pada bagian teori mengkaji tentang permasalahan lingkungan global, peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkungan, pertumbuhan penduduk, kebutuhan dan peningkatan aktivitas manusia, pencemaran lingkungan (pencemaran tanah, air, udara dan suara), pemanasan global, ekonomi lingkungan, asas-asas pengelolaan lingkungan, pembangunan berkelanjutan, AMDAL, zero waste dan etika lingkungan. Sedangkan pada bagian praktik mengkaji tentang masalah-masalah terkait pencemaran lingkungan (pencemaran tanah, air, udara, dan suara), dampak kegiatan wisata terhadap lingkungan dalam bentuk study kasus (case study) dan desain tugas proyek.

Learning Outcomes

Sikap     :    Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religiousMengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademikMemiliki etika                                       ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri

Pengetahuan     :             Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam ilmu lingkungan sesuai perkembangan                                                              keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal

Keterampilan Umum     :            Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan                                                          teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal dalam dinamika interaksi dalam ilmu                                                                            lingkungan. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar                                                            nasionalisme dalam dinamika interaksi dalam ilmu lingkunganyang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai                                                            dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain,atau                                                               kritik seni

Keterampilan Khusus     :           Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam bidang ilmu lingkungan                                                             sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan local

References

 

Keraf, Sonny. 2002. Etika Lingkungan. Kompas. Jakarta

Mc Neely, A, J. 1992.Ekonomi dan Keanekaragaman Hayati.Yayasan Obor Indonesia. Jakarta

Mulyanto, H.R. 2007. Ilmu Lingkungan. Graha Ilmu. Yogyakarta

Miller. 2005. Living In The Environment. Fourteenth Edition.Brooks/Cole-Thomson Learning. USA

Rusbiantoro, Dadang. 2008. Global Warming for Beginner : Pengantar Komprehensif tentang Pemanasan Global. Penerbit O2. Yogyakarta

Sugandhy, Aca., dan Hakim, Rustam. 2007. Prinsip Dasar Kebijakan Pembangunan Berkelanjutan Berwawasan Lingkungan. Bumi Aksara. Jakarta

Susanta, G., Sutjahyo, H. 2007. Akankah Indonesia Tenggelam Akibat Pemanasan Global?. Penebar Plus+. Jakarta

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini pada bagian teori mengkaji tentang permasalahan lingkungan global, peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkungan, pertumbuhan penduduk, kebutuhan dan peningkatan aktivitas manusia, pencemaran lingkungan (pencemaran tanah, air, udara dan suara), pemanasan global, ekonomi lingkungan, asas-asas pengelolaan lingkungan, pembangunan berkelanjutan, AMDAL, zero waste dan etika lingkungan. Sedangkan pada bagian praktik mengkaji tentang masalah-masalah terkait pencemaran lingkungan (pencemaran tanah, air, udara, dan suara), dampak kegiatan wisata terhadap lingkungan dalam bentuk study kasus (case study) dan desain tugas proyek.Mata kuliah ini pada bagian teori mengkaji tentang permasalahan lingkungan global, peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkungan, pertumbuhan penduduk, kebutuhan dan peningkatan aktivitas manusia, pencemaran lingkungan (pencemaran tanah, air, udara dan suara), pemanasan global, ekonomi lingkungan, asas-asas pengelolaan lingkungan, pembangunan berkelanjutan, AMDAL, zero waste dan etika lingkungan. Sedangkan pada bagian praktik mengkaji tentang masalah-masalah terkait pencemaran lingkungan (pencemaran tanah, air, udara, dan suara), dampak kegiatan wisata terhadap lingkungan dalam bentuk study kasus (case study) dan desain tugas proyek.

Learning Outcomes

Sikap     :    Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religiousMengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademikMemiliki etika                                       ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri

Pengetahuan     :             Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam ilmu lingkungan sesuai perkembangan                                                              keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal

Keterampilan Umum     :            Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan                                                          teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal dalam dinamika interaksi dalam ilmu                                                                            lingkungan. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar                                                            nasionalisme dalam dinamika interaksi dalam ilmu lingkunganyang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai                                                            dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain,atau                                                               kritik seni

Keterampilan Khusus     :           Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam bidang ilmu lingkungan                                                             sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan local

References

 

Keraf, Sonny. 2002. Etika Lingkungan. Kompas. Jakarta

Mc Neely, A, J. 1992.Ekonomi dan Keanekaragaman Hayati.Yayasan Obor Indonesia. Jakarta

Mulyanto, H.R. 2007. Ilmu Lingkungan. Graha Ilmu. Yogyakarta

Miller. 2005. Living In The Environment. Fourteenth Edition.Brooks/Cole-Thomson Learning. USA

Rusbiantoro, Dadang. 2008. Global Warming for Beginner : Pengantar Komprehensif tentang Pemanasan Global. Penerbit O2. Yogyakarta

Sugandhy, Aca., dan Hakim, Rustam. 2007. Prinsip Dasar Kebijakan Pembangunan Berkelanjutan Berwawasan Lingkungan. Bumi Aksara. Jakarta

Susanta, G., Sutjahyo, H. 2007. Akankah Indonesia Tenggelam Akibat Pemanasan Global?. Penebar Plus+. Jakarta

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini pada bagian teori mengkaji tentang permasalahan lingkungan global, peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkungan, pertumbuhan penduduk, kebutuhan dan peningkatan aktivitas manusia, pencemaran lingkungan (pencemaran tanah, air, udara dan suara), pemanasan global, ekonomi lingkungan, asas-asas pengelolaan lingkungan, pembangunan berkelanjutan, AMDAL, zero waste dan etika lingkungan. Sedangkan pada bagian praktik mengkaji tentang masalah-masalah terkait pencemaran lingkungan (pencemaran tanah, air, udara, dan suara), dampak kegiatan wisata terhadap lingkungan dalam bentuk study kasus (case study) dan desain tugas proyek.Mata kuliah ini pada bagian teori mengkaji tentang permasalahan lingkungan global, peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkungan, pertumbuhan penduduk, kebutuhan dan peningkatan aktivitas manusia, pencemaran lingkungan (pencemaran tanah, air, udara dan suara), pemanasan global, ekonomi lingkungan, asas-asas pengelolaan lingkungan, pembangunan berkelanjutan, AMDAL, zero waste dan etika lingkungan. Sedangkan pada bagian praktik mengkaji tentang masalah-masalah terkait pencemaran lingkungan (pencemaran tanah, air, udara, dan suara), dampak kegiatan wisata terhadap lingkungan dalam bentuk study kasus (case study) dan desain tugas proyek.

Learning Outcomes

Sikap     :    Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religiousMengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademikMemiliki etika                                       ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri

Pengetahuan     :             Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam ilmu lingkungan sesuai perkembangan                                                              keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal

Keterampilan Umum     :            Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan                                                          teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal dalam dinamika interaksi dalam ilmu                                                                            lingkungan. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar                                                            nasionalisme dalam dinamika interaksi dalam ilmu lingkunganyang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai                                                            dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain,atau                                                               kritik seni

Keterampilan Khusus     :           Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam dinamika interaksi dalam bidang ilmu lingkungan                                                             sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan local

References

 

Keraf, Sonny. 2002. Etika Lingkungan. Kompas. Jakarta

Mc Neely, A, J. 1992.Ekonomi dan Keanekaragaman Hayati.Yayasan Obor Indonesia. Jakarta

Mulyanto, H.R. 2007. Ilmu Lingkungan. Graha Ilmu. Yogyakarta

Miller. 2005. Living In The Environment. Fourteenth Edition.Brooks/Cole-Thomson Learning. USA

Rusbiantoro, Dadang. 2008. Global Warming for Beginner : Pengantar Komprehensif tentang Pemanasan Global. Penerbit O2. Yogyakarta

Sugandhy, Aca., dan Hakim, Rustam. 2007. Prinsip Dasar Kebijakan Pembangunan Berkelanjutan Berwawasan Lingkungan. Bumi Aksara. Jakarta

Susanta, G., Sutjahyo, H. 2007. Akankah Indonesia Tenggelam Akibat Pemanasan Global?. Penebar Plus+. Jakarta

 


Details ...