Fonologi Bahasa Indonesia, Curriculum : 2015


Courser in EnglishIndonesian Language Phonology
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS13 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

secara garis besar matakuliah ini membekali mahasiswa untuk dapat memahami seluk beluk fonem, fonetik, fonemik, dan aspek-aspek yang melingkupi, serta dapat dengan terampil menyelesaikan masalah-maslah yang berkaitan dengan fonologi.

Learning Outcomes

  1. Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang fonologi secara mandiri;
  2. KU: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang fonologi, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  3. KK: Terampil berbahasa dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis.
  4. PP: Menguasai konsep-konsep dasar fonologi dan penelitian fonologi bahasa Indonesia.

References

Alwi, Hasan dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.

Chaer, Abdul. 2009. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Marsono. 1999. Fonetik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Muslich, Masnur. 2008. Fonologi Bahasa Indonesia Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Siswanto, dkk. 2016. Pengantar Fonologi. Surakarta: Cakrawala Media.

Verhaar, J.W.M. 1996. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.


Details ...
Course Descriptions

secara garis besar matakuliah ini membekali mahasiswa untuk dapat memahami seluk beluk fonem, fonetik, fonemik, dan aspek-aspek yang melingkupi, serta dapat dengan terampil menyelesaikan masalah-maslah yang berkaitan dengan fonologi.

Learning Outcomes

  1. Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang fonologi secara mandiri;
  2. KU: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang fonologi, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  3. KK: Terampil berbahasa dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis.
  4. PP: Menguasai konsep-konsep dasar fonologi dan penelitian fonologi bahasa Indonesia.

References

Alwi, Hasan dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.

Chaer, Abdul. 2009. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Marsono. 1999. Fonetik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Muslich, Masnur. 2008. Fonologi Bahasa Indonesia Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Siswanto, dkk. 2016. Pengantar Fonologi. Surakarta: Cakrawala Media.

Verhaar, J.W.M. 1996. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.


Details ...
Course Descriptions

secara garis besar matakuliah ini membekali mahasiswa untuk dapat memahami seluk beluk fonem, fonetik, fonemik, dan aspek-aspek yang melingkupi, serta dapat dengan terampil menyelesaikan masalah-maslah yang berkaitan dengan fonologi.

Learning Outcomes

  1. Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang fonologi secara mandiri;
  2. KU: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang fonologi, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  3. KK: Terampil berbahasa dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis.
  4. PP: Menguasai konsep-konsep dasar fonologi dan penelitian fonologi bahasa Indonesia.

References

Alwi, Hasan dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.

Chaer, Abdul. 2009. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Marsono. 1999. Fonetik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Muslich, Masnur. 2008. Fonologi Bahasa Indonesia Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Siswanto, dkk. 2016. Pengantar Fonologi. Surakarta: Cakrawala Media.

Verhaar, J.W.M. 1996. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini membekali mahasiswa memahami ragam fonetik atau bunyi-bunyi bahasa sebagai bekal mahasiswa mempelajari tata tingkat gramatikal lainnya.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN:

  1. Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang fonologi secara mandiri;
  2. KU: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang fonologi, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  3. KK: Terampil berbahasa dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis.
  4. PP: Menguasai konsep-konsep dasar fonologi dan penelitian fonologi bahasa Indonesia.

 

References

DAFTAR PUSTAKA / SUMBER BELAJAR:

Alwi, Hasan dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.

Chaer, Abdul. 2009. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Marsono. 1999. Fonetik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Muslich, Masnur. 2008. Fonologi Bahasa Indonesia Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Siswanto PHM., dkk. 2016. Pengantar Fonologi. Surakarta: Cakrawala Media.

Verhaar, J.W.M. 1996. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

DAFTAR PUSTAKA / SUMBER BELAJAR:

Alwi, Hasan dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.

Chaer, Abdul. 2009. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Marsono. 1999. Fonetik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Muslich, Masnur. 2008. Fonologi Bahasa Indonesia Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Siswanto PHM., dkk. 2016. Pengantar Fonologi. Surakarta: Cakrawala Media.

Verhaar, J.W.M. 1996. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini membekali mahasiswa memahami ragam fonetik atau bunyi-bunyi bahasa sebagai bekal mahasiswa mempelajari tata tingkat gramatikal lainnya.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN:

  1. Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang fonologi secara mandiri;
  2. KU: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang fonologi, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  3. KK: Terampil berbahasa dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis.
  4. PP: Menguasai konsep-konsep dasar fonologi dan penelitian fonologi bahasa Indonesia.

 

References

DAFTAR PUSTAKA / SUMBER BELAJAR:

Alwi, Hasan dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.

Chaer, Abdul. 2009. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Marsono. 1999. Fonetik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Muslich, Masnur. 2008. Fonologi Bahasa Indonesia Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Siswanto PHM., dkk. 2016. Pengantar Fonologi. Surakarta: Cakrawala Media.

Verhaar, J.W.M. 1996. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

DAFTAR PUSTAKA / SUMBER BELAJAR:

Alwi, Hasan dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.

Chaer, Abdul. 2009. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Marsono. 1999. Fonetik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Muslich, Masnur. 2008. Fonologi Bahasa Indonesia Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Siswanto PHM., dkk. 2016. Pengantar Fonologi. Surakarta: Cakrawala Media.

Verhaar, J.W.M. 1996. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini membekali mahasiswa memahami ragam fonetik atau bunyi-bunyi bahasa sebagai bekal mahasiswa mempelajari tata tingkat gramatikal lainnya.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN:

  1. Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang fonologi secara mandiri;
  2. KU: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang fonologi, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  3. KK: Terampil berbahasa dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis.
  4. PP: Menguasai konsep-konsep dasar fonologi dan penelitian fonologi bahasa Indonesia.

 

References

DAFTAR PUSTAKA / SUMBER BELAJAR:

Alwi, Hasan dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.

Chaer, Abdul. 2009. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Marsono. 1999. Fonetik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Muslich, Masnur. 2008. Fonologi Bahasa Indonesia Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Siswanto PHM., dkk. 2016. Pengantar Fonologi. Surakarta: Cakrawala Media.

Verhaar, J.W.M. 1996. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

DAFTAR PUSTAKA / SUMBER BELAJAR:

Alwi, Hasan dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.

Chaer, Abdul. 2009. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Marsono. 1999. Fonetik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Muslich, Masnur. 2008. Fonologi Bahasa Indonesia Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Siswanto PHM., dkk. 2016. Pengantar Fonologi. Surakarta: Cakrawala Media.

Verhaar, J.W.M. 1996. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini membekali mahasiswa memahami ragam fonetik atau bunyi-bunyi bahasa sebagai bekal mahasiswa mempelajari tata tingkat gramatikal lainnya.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN:

  1. Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang fonologi secara mandiri;
  2. KU: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang fonologi, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  3. KK: Terampil berbahasa dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis.
  4. PP: Menguasai konsep-konsep dasar fonologi dan penelitian fonologi bahasa Indonesia.

 

References

DAFTAR PUSTAKA / SUMBER BELAJAR:

Alwi, Hasan dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.

Chaer, Abdul. 2009. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Marsono. 1999. Fonetik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Muslich, Masnur. 2008. Fonologi Bahasa Indonesia Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Siswanto PHM., dkk. 2016. Pengantar Fonologi. Surakarta: Cakrawala Media.

Verhaar, J.W.M. 1996. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

DAFTAR PUSTAKA / SUMBER BELAJAR:

Alwi, Hasan dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.

Chaer, Abdul. 2009. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Marsono. 1999. Fonetik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Muslich, Masnur. 2008. Fonologi Bahasa Indonesia Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Siswanto PHM., dkk. 2016. Pengantar Fonologi. Surakarta: Cakrawala Media.

Verhaar, J.W.M. 1996. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Fonologi merupakan mata kuliah wajin yang diberikan kepada mahasiswa Semester I Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Mata kuliah ini merupakan salah satu cabang ilmu linguistik yang membahas seluk beluk bunyi dalam bahasa. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan yang memadai mengenai produksi bunyi bahasa (fon) dan penataan fonem sebagai dasar pengajaran bahasa dan keterampilan berbahasa. Dalam perkuliahan ini di antaranya dibahas 1) kedudukan fonologi, 2) fonetik (mencakup alat ucap,bunyi bahasa, dan varian bunyi bahasa), 3) fonemik (mencakup sejarah perkembangan fonemik, prinsip identifikasi fonem, distribusi fonem, fonotaktik, dan perubahan bunyi bahasa), dan 4) implementasi pengajaran fonologi

Learning Outcomes

Sikap     :
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik

Keterampilan Umum      :    
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi dasar-dasar linguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang kebahasaan

Keterampilan Khusus      :
Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan linguistik dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan.

Penguasaan Pengetahuan  :
Menguasai konsep-konsep dasar bahasa dan linguistik.

References

Chaer, Abdul. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta

Widodo. 2004. Fonologi Bahasa Jawa. Semarang

Alwi, Hasan (Peny.) 1993. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Kridalaksana, Harimurti, 1982. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia.

Lass, Roger. 1988. Fonologi (Terj.) Warsono. Cambridge: Cambridge University Press.

Marsono, 1986. Fonetik. Yogyakarta: UGM Press.

Parera, Jos Daniel. 1983. Fonetik dan Fonemik. Ende, Flores: Nusa Indah.

Samsuri, 1978. Analisa Bahasa. Jakarta: Erlangga.

Yakop Colin and John Clark, 1991. Introduction to Phonetics and Phonemics. Cambridge: Basil Black Well, Ltd.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Fonologi merupakan mata kuliah wajin yang diberikan kepada mahasiswa Semester I Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Mata kuliah ini merupakan salah satu cabang ilmu linguistik yang membahas seluk beluk bunyi dalam bahasa. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan yang memadai mengenai produksi bunyi bahasa (fon) dan penataan fonem sebagai dasar pengajaran bahasa dan keterampilan berbahasa. Dalam perkuliahan ini di antaranya dibahas 1) kedudukan fonologi, 2) fonetik (mencakup alat ucap,bunyi bahasa, dan varian bunyi bahasa), 3) fonemik (mencakup sejarah perkembangan fonemik, prinsip identifikasi fonem, distribusi fonem, fonotaktik, dan perubahan bunyi bahasa), dan 4) implementasi pengajaran fonologi

Learning Outcomes

Sikap     :
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik

Keterampilan Umum      :    
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi dasar-dasar linguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang kebahasaan

Keterampilan Khusus      :
Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan linguistik dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan.

Penguasaan Pengetahuan  :
Menguasai konsep-konsep dasar bahasa dan linguistik.

References

Chaer, Abdul. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta

Widodo. 2004. Fonologi Bahasa Jawa. Semarang

Alwi, Hasan (Peny.) 1993. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Kridalaksana, Harimurti, 1982. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia.

Lass, Roger. 1988. Fonologi (Terj.) Warsono. Cambridge: Cambridge University Press.

Marsono, 1986. Fonetik. Yogyakarta: UGM Press.

Parera, Jos Daniel. 1983. Fonetik dan Fonemik. Ende, Flores: Nusa Indah.

Samsuri, 1978. Analisa Bahasa. Jakarta: Erlangga.

Yakop Colin and John Clark, 1991. Introduction to Phonetics and Phonemics. Cambridge: Basil Black Well, Ltd.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah cabang mikrolinguistik ini sebagai bekal bagi mahasiswa perihal khazanah pengetahuan di bidang Fonologi.

Learning Outcomes

  1. Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang fonologi secara mandiri;
  2. KU: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang fonologi, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  3. KK: Terampil berbahasa dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis.
  4. PP: Menguasai konsep-konsep dasar fonologi dan penelitian fonologi bahasa Indonesia.

References

Alwi, Hasan dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.

Chaer, Abdul. 2009. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Marsono. 1999. Fonetik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Muslich, Masnur. 2008. Fonologi Bahasa Indonesia Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Siswanto, dkk. 2016. Pengantar Fonologi. Surakarta: Cakrawala Media.

Verhaar, J.W.M. 1996. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah cabang mikrolinguistik ini sebagai bekal bagi mahasiswa perihal khazanah pengetahuan di bidang Fonologi.

Learning Outcomes

  1. Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang fonologi secara mandiri;
  2. KU: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang fonologi, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  3. KK: Terampil berbahasa dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis.
  4. PP: Menguasai konsep-konsep dasar fonologi dan penelitian fonologi bahasa Indonesia.

References

Alwi, Hasan dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.

Chaer, Abdul. 2009. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Marsono. 1999. Fonetik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Muslich, Masnur. 2008. Fonologi Bahasa Indonesia Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Siswanto, dkk. 2016. Pengantar Fonologi. Surakarta: Cakrawala Media.

Verhaar, J.W.M. 1996. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.


Details ...
Course Descriptions

MINGGU KE-

KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN

BAHAN KAJIAN

(MATERI PERKULIAHAN)

BENTUK PEMBELAJARAN

PENGALAMAN BELAJAR

WAKTU BELAJAR (MENIT)

KRITERIA PENILAIAN (INDIKATOR)

BOBOT NILAI

1

2

3

4

 

5

6

7

 

 

 

 

 

TM

TT

M

 

 

1-2

Mahasiswa mampu menjelaskan sekitar fonetik.

konsep fona/fon

-project based learning

-tanya jawab

-penjelasan

 

memiliki kemampuan menjelaskan sekitar fonetiksecara lisan dan atau tulis,

200

200

240

Kemampuan mnejelaskan sekitar fonetik

 

12%

3-5

Mahasiswa mampu mendeskripsikan fona segmental

Fona segmental

-kooperatif learning

-penjelasan

memiliki kemampuan untuk menunjukkan pemahaman dan mendeskripsikan, serta kemampuan bekerjasama

300

300

3600

kemampuan mendeskripsikan fona segmental

 

18%

6, 7

Mahasiswa mampu mendeskripsikan pengaruh bunyi dan trankripsi

Pengaruh bunyi dan transkripsi

-model discovery learning

-presentasi

-tanya jawab

-penjelasan

 

memiliki kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama secara kompak, teliti, dan cermat

200

200 0

2400

kemampuan mendekripsikan pengaruh bunyi dan transkripsi

 

12%

 8

Mahasiswa mampu mendeskripsikan fona suprasegmental

Fona suprasegmental

-project based learning

-diskusi

-penjelasan 

memiliki kemampuan menguraikan dan menerapkan prosedur analisis fonem secara cermat, berdiskusi, dan presentasi

 

100

100

120

kemampuan menguraikan dan menerapkan prosedur analisis fonem, kecermatan analisis, dan kemampuan bekerjasama

6%

9

UTS

 

 

 

90

 

 

 

 

10

Mahasiswa mampu mendeskripsikan pengertian2 prinsip tentang fonem

pengertian2 prinsip tentang fonem

-model discovery learning

-presentasi

-tanya jawab

-penjelasan

 

memiliki kemampuan menguraikan pengertian2 prinsip tentang fonem

100

100

120

kemampuan menguraikan pengertian2 prinsip tentang fonem

 

6%

  11

Mahasiswa mampu mengidentifikasi penentuan dan pemetaan fonem .

penentuan dan pemetaan fonem .

-model discovery learning

-presentasi

-tanya jawab

-penjelasan

 

memiliki kemampuan mengidentifikasi penentuan dan pemetaan fonem .

100

100

120

kemampuan mengidentifikasi penentuan dan pemetaan fonem .dan kemampuan berkomunikasi

 

6%

12-13

Mahasiswa mampu mengidentifikasi klasifikasi distribusi fonem

distribusi fonem

-kooperatif learning

-penjelasan

memiliki kemampuan mengidentifikasi klasifikasi distribusi fonem

200

200

240

kemampuan mengidentifikasi klasifikasi distribusi fonem

12%

14

Mahasiswa mampu mendeskripsikan unsur-unsur opsional dalam realisasi

unsur-unsur opsional dalam realisasi

-kooperatif learning

-penjelasan

memiliki kemampuan mndeskripsikan unsur-unsur opsional dalam realisasi

100

100

120

kemampuan mendeskripsikan unsur-unsur opsional i unsur-unsur opsional dalam realisasi

6%

15

Mahasiswa mampu mendeskripsikan ilmu fonem dan ejaan

ilmu fonem dan ejaan

-model discovery learning

-tanya jawab

-penjelasan

 

memiliki kemampuan mendeskripsikan ilmu fonem dan ejaan

100

100

120

kemampuan mendeskripsikan ilmu fonem dan ejaannkemampuan berkomunikasi

6%

16

UAS

 

 

 

 

 

 

 

 

Learning Outcomes

  1. Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang fonologi secara mandiri;
  2. KU: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang fonologi, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  3. KK: Terampil berbahasa dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis.
  4. PP: Menguasai konsep-konsep dasar fonologi dan penelitian fonologi bahasa Indonesia.

References

Alwi, Hasan dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.

Chaer, Abdul. 2009. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Marsono. 1999. Fonetik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Muslich, Masnur. 2008. Fonologi Bahasa Indonesia Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Siswanto, dkk. 2016. Pengantar Fonologi. Surakarta: Cakrawala Media.

Verhaar, J.W.M. 1996. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.


Details ...