Courser in English | Indonesian Language Phonology |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 13 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
MINGGU KE- |
KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN |
BAHAN KAJIAN (MATERI PERKULIAHAN) |
BENTUK PEMBELAJARAN |
PENGALAMAN BELAJAR |
WAKTU BELAJAR (MENIT) |
KRITERIA PENILAIAN (INDIKATOR) |
BOBOT NILAI |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
|
5 |
6 |
7 |
||
|
|
|
|
|
TM |
TT |
M |
|
|
1-2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan sekitar fonetik. |
konsep fona/fon |
-project based learning -tanya jawab -penjelasan
|
memiliki kemampuan menjelaskan sekitar fonetiksecara lisan dan atau tulis, |
200 |
200 |
240 |
Kemampuan mnejelaskan sekitar fonetik
|
12% |
3-5 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan fona segmental |
Fona segmental |
-kooperatif learning -penjelasan |
memiliki kemampuan untuk menunjukkan pemahaman dan mendeskripsikan, serta kemampuan bekerjasama |
300 |
300 |
3600 |
kemampuan mendeskripsikan fona segmental
|
18% |
6, 7 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan pengaruh bunyi dan trankripsi |
Pengaruh bunyi dan transkripsi |
-model discovery learning -presentasi -tanya jawab -penjelasan
|
memiliki kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama secara kompak, teliti, dan cermat |
200 |
200 0 |
2400 |
kemampuan mendekripsikan pengaruh bunyi dan transkripsi
|
12% |
8 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan fona suprasegmental |
Fona suprasegmental |
-project based learning -diskusi -penjelasan |
memiliki kemampuan menguraikan dan menerapkan prosedur analisis fonem secara cermat, berdiskusi, dan presentasi
|
100 |
100 |
120 |
kemampuan menguraikan dan menerapkan prosedur analisis fonem, kecermatan analisis, dan kemampuan bekerjasama |
6% |
9 |
UTS |
|
|
|
90 |
|
|
|
|
10 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan pengertian2 prinsip tentang fonem |
pengertian2 prinsip tentang fonem |
-model discovery learning -presentasi -tanya jawab -penjelasan
|
memiliki kemampuan menguraikan pengertian2 prinsip tentang fonem |
100 |
100 |
120 |
kemampuan menguraikan pengertian2 prinsip tentang fonem
|
6% |
11 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi penentuan dan pemetaan fonem . |
penentuan dan pemetaan fonem . |
-model discovery learning -presentasi -tanya jawab -penjelasan
|
memiliki kemampuan mengidentifikasi penentuan dan pemetaan fonem . |
100 |
100 |
120 |
kemampuan mengidentifikasi penentuan dan pemetaan fonem .dan kemampuan berkomunikasi
|
6% |
12-13 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi klasifikasi distribusi fonem |
distribusi fonem |
-kooperatif learning -penjelasan |
memiliki kemampuan mengidentifikasi klasifikasi distribusi fonem |
200 |
200 |
240 |
kemampuan mengidentifikasi klasifikasi distribusi fonem |
12% |
14 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan unsur-unsur opsional dalam realisasi |
unsur-unsur opsional dalam realisasi |
-kooperatif learning -penjelasan |
memiliki kemampuan mndeskripsikan unsur-unsur opsional dalam realisasi |
100 |
100 |
120 |
kemampuan mendeskripsikan unsur-unsur opsional i unsur-unsur opsional dalam realisasi |
6% |
15 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan ilmu fonem dan ejaan |
ilmu fonem dan ejaan |
-model discovery learning -tanya jawab -penjelasan
|
memiliki kemampuan mendeskripsikan ilmu fonem dan ejaan |
100 |
100 |
120 |
kemampuan mendeskripsikan ilmu fonem dan ejaannkemampuan berkomunikasi |
6% |
16 |
UAS |
|
|
|
|
|
|
|
|
- Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang fonologi secara mandiri;
- KU: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang fonologi, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
- KK: Terampil berbahasa dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis.
- PP: Menguasai konsep-konsep dasar fonologi dan penelitian fonologi bahasa Indonesia.
Alwi, Hasan dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.
Chaer, Abdul. 2009. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Marsono. 1999. Fonetik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Muslich, Masnur. 2008. Fonologi Bahasa Indonesia Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Siswanto, dkk. 2016. Pengantar Fonologi. Surakarta: Cakrawala Media.
Verhaar, J.W.M. 1996. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Details ...