Fonologi Bahasa Indonesia, Curriculum : 2015


Courser in EnglishIndonesian Language Phonology
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS13 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

MINGGU KE-

KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN

BAHAN KAJIAN

(MATERI PERKULIAHAN)

BENTUK PEMBELAJARAN

PENGALAMAN BELAJAR

WAKTU BELAJAR (MENIT)

KRITERIA PENILAIAN (INDIKATOR)

BOBOT NILAI

1

2

3

4

 

5

6

7

 

 

 

 

 

TM

TT

M

 

 

1-2

Mahasiswa mampu menjelaskan sekitar fonetik.

konsep fona/fon

-project based learning

-tanya jawab

-penjelasan

 

memiliki kemampuan menjelaskan sekitar fonetiksecara lisan dan atau tulis,

200

200

240

Kemampuan mnejelaskan sekitar fonetik

 

12%

3-5

Mahasiswa mampu mendeskripsikan fona segmental

Fona segmental

-kooperatif learning

-penjelasan

memiliki kemampuan untuk menunjukkan pemahaman dan mendeskripsikan, serta kemampuan bekerjasama

300

300

3600

kemampuan mendeskripsikan fona segmental

 

18%

6, 7

Mahasiswa mampu mendeskripsikan pengaruh bunyi dan trankripsi

Pengaruh bunyi dan transkripsi

-model discovery learning

-presentasi

-tanya jawab

-penjelasan

 

memiliki kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama secara kompak, teliti, dan cermat

200

200 0

2400

kemampuan mendekripsikan pengaruh bunyi dan transkripsi

 

12%

 8

Mahasiswa mampu mendeskripsikan fona suprasegmental

Fona suprasegmental

-project based learning

-diskusi

-penjelasan 

memiliki kemampuan menguraikan dan menerapkan prosedur analisis fonem secara cermat, berdiskusi, dan presentasi

 

100

100

120

kemampuan menguraikan dan menerapkan prosedur analisis fonem, kecermatan analisis, dan kemampuan bekerjasama

6%

9

UTS

 

 

 

90

 

 

 

 

10

Mahasiswa mampu mendeskripsikan pengertian2 prinsip tentang fonem

pengertian2 prinsip tentang fonem

-model discovery learning

-presentasi

-tanya jawab

-penjelasan

 

memiliki kemampuan menguraikan pengertian2 prinsip tentang fonem

100

100

120

kemampuan menguraikan pengertian2 prinsip tentang fonem

 

6%

  11

Mahasiswa mampu mengidentifikasi penentuan dan pemetaan fonem .

penentuan dan pemetaan fonem .

-model discovery learning

-presentasi

-tanya jawab

-penjelasan

 

memiliki kemampuan mengidentifikasi penentuan dan pemetaan fonem .

100

100

120

kemampuan mengidentifikasi penentuan dan pemetaan fonem .dan kemampuan berkomunikasi

 

6%

12-13

Mahasiswa mampu mengidentifikasi klasifikasi distribusi fonem

distribusi fonem

-kooperatif learning

-penjelasan

memiliki kemampuan mengidentifikasi klasifikasi distribusi fonem

200

200

240

kemampuan mengidentifikasi klasifikasi distribusi fonem

12%

14

Mahasiswa mampu mendeskripsikan unsur-unsur opsional dalam realisasi

unsur-unsur opsional dalam realisasi

-kooperatif learning

-penjelasan

memiliki kemampuan mndeskripsikan unsur-unsur opsional dalam realisasi

100

100

120

kemampuan mendeskripsikan unsur-unsur opsional i unsur-unsur opsional dalam realisasi

6%

15

Mahasiswa mampu mendeskripsikan ilmu fonem dan ejaan

ilmu fonem dan ejaan

-model discovery learning

-tanya jawab

-penjelasan

 

memiliki kemampuan mendeskripsikan ilmu fonem dan ejaan

100

100

120

kemampuan mendeskripsikan ilmu fonem dan ejaannkemampuan berkomunikasi

6%

16

UAS

 

 

 

 

 

 

 

 

Learning Outcomes

  1. Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang fonologi secara mandiri;
  2. KU: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang fonologi, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  3. KK: Terampil berbahasa dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis.
  4. PP: Menguasai konsep-konsep dasar fonologi dan penelitian fonologi bahasa Indonesia.

References

Alwi, Hasan dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.

Chaer, Abdul. 2009. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Marsono. 1999. Fonetik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Muslich, Masnur. 2008. Fonologi Bahasa Indonesia Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Siswanto, dkk. 2016. Pengantar Fonologi. Surakarta: Cakrawala Media.

Verhaar, J.W.M. 1996. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.


Details ...