Courser in English | BASIC CONCEPTS OF ELEMENTARY SCHOOL CIVICS EDUCATION |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 19 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh seluruh mahasiswa program studi PGSD UPGRIS. Mata kuliah ini memberikan wawasan awal dan mendasar mengenai pembelajaran PPKn di tingkat Sekolah Dasar secara filosofis, teoretis, dan praksis. Mata kuliah ini juga merupakan Mata kuliah prasyarat untuk mengambil mata kuliah ke-PKn-an SD di program studi PGSD pada semester selanjutnya, yakni mata kuliah Pendalaman Materi PKn SD, Model-model Pembelajaran PKn SD, dan Pengembangan Pembelajaran PKn SD.Dengan membedah body of knowledge, body of pedagogies, and theoritical basis dari PPKn, maka pembahasan materi akan dilaksanakan secara dialektis dan kritis. Bedah kepustakaan dan pemecahan masalah secara multiliterasi menjadi kegiatan utama dalam mata kuliah ini.
Learning Outcomes1.1. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan.
2.1. Mahasiswa menguasai pengetahuan kewarganegaraan dan karakter bangsa
3.1. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi prinsip dan teori Konsep Dasar PKn
References1. Darmadi, Hamid. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta
2. Drake, S. M. (2013). Menciptakan Kurikulum Terintegrasi yang Berbasis Standar Seri Standar Kurikulum Inti (Edisi Ketiga). Jakarta: Indeks.
3. Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.
4. Kalidjernih, F. K. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan.Bandung: Widya AKsara Press.
5. Levinson, M. (2014). Citizenship and Civic Education. In D. C. Phillips (Ed.), Encyclopedia of Educational Theory and Philosophy (pp. 134-138). Thousand Oaks, California: Sage.
6. Robet, R., & Tobi, H. B. (2014). Pengantar Sosiologi Kewarganegaraan Dari Marx Sampai Agamben. Serpong: CV Marjin Kiri.
7. Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.
8. Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh seluruh mahasiswa program studi PGSD UPGRIS. Mata kuliah ini memberikan wawasan awal dan mendasar mengenai pembelajaran PPKn di tingkat Sekolah Dasar secara filosofis, teoretis, dan praksis. Mata kuliah ini juga merupakan Mata kuliah prasyarat untuk mengambil mata kuliah ke-PKn-an SD di program studi PGSD pada semester selanjutnya, yakni mata kuliah Pendalaman Materi PKn SD, Model-model Pembelajaran PKn SD, dan Pengembangan Pembelajaran PKn SD.Dengan membedah body of knowledge, body of pedagogies, and theoritical basis dari PPKn, maka pembahasan materi akan dilaksanakan secara dialektis dan kritis. Bedah kepustakaan dan pemecahan masalah secara multiliterasi menjadi kegiatan utama dalam mata kuliah ini.
Learning Outcomes1.1. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan.
2.1. Mahasiswa menguasai pengetahuan kewarganegaraan dan karakter bangsa
3.1. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi prinsip dan teori Konsep Dasar PKn
References1. Darmadi, Hamid. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta
2. Drake, S. M. (2013). Menciptakan Kurikulum Terintegrasi yang Berbasis Standar Seri Standar Kurikulum Inti (Edisi Ketiga). Jakarta: Indeks.
3. Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.
4. Kalidjernih, F. K. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan.Bandung: Widya AKsara Press.
5. Levinson, M. (2014). Citizenship and Civic Education. In D. C. Phillips (Ed.), Encyclopedia of Educational Theory and Philosophy (pp. 134-138). Thousand Oaks, California: Sage.
6. Robet, R., & Tobi, H. B. (2014). Pengantar Sosiologi Kewarganegaraan Dari Marx Sampai Agamben. Serpong: CV Marjin Kiri.
7. Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.
8. Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh seluruh mahasiswa program studi PGSD UPGRIS. Mata kuliah ini memberikan wawasan awal dan mendasar mengenai pembelajaran PPKn di tingkat Sekolah Dasar secara filosofis, teoretis, dan praksis. Mata kuliah ini juga merupakan Mata kuliah prasyarat untuk mengambil mata kuliah ke-PKn-an SD di program studi PGSD pada semester selanjutnya, yakni mata kuliah Pendalaman Materi PKn SD, Model-model Pembelajaran PKn SD, dan Pengembangan Pembelajaran PKn SD.Dengan membedah body of knowledge, body of pedagogies, and theoritical basis dari PPKn, maka pembahasan materi akan dilaksanakan secara dialektis dan kritis. Bedah kepustakaan dan pemecahan masalah secara multiliterasi menjadi kegiatan utama dalam mata kuliah ini.
Learning Outcomes1.1. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan.
2.1. Mahasiswa menguasai pengetahuan kewarganegaraan dan karakter bangsa
3.1. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi prinsip dan teori Konsep Dasar PKn
References1. Darmadi, Hamid. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta
2. Drake, S. M. (2013). Menciptakan Kurikulum Terintegrasi yang Berbasis Standar Seri Standar Kurikulum Inti (Edisi Ketiga). Jakarta: Indeks.
3. Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.
4. Kalidjernih, F. K. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan.Bandung: Widya AKsara Press.
5. Levinson, M. (2014). Citizenship and Civic Education. In D. C. Phillips (Ed.), Encyclopedia of Educational Theory and Philosophy (pp. 134-138). Thousand Oaks, California: Sage.
6. Robet, R., & Tobi, H. B. (2014). Pengantar Sosiologi Kewarganegaraan Dari Marx Sampai Agamben. Serpong: CV Marjin Kiri.
7. Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.
8. Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh seluruh mahasiswa program studi PGSD UPGRIS. Mata kuliah ini memberikan wawasan awal dan mendasar mengenai pembelajaran PPKn di tingkat Sekolah Dasar secara filosofis, teoretis, dan praksis. Mata kuliah ini juga merupakan Mata kuliah prasyarat untuk mengambil mata kuliah ke-PKn-an SD di program studi PGSD pada semester selanjutnya, yakni mata kuliah Pendalaman Materi PKn SD, Model-model Pembelajaran PKn SD, dan Pengembangan Pembelajaran PKn SD.Dengan membedah body of knowledge, body of pedagogies, and theoritical basis dari PPKn, maka pembahasan materi akan dilaksanakan secara dialektis dan kritis. Bedah kepustakaan dan pemecahan masalah secara multiliterasi menjadi kegiatan utama dalam mata kuliah ini.
Learning Outcomes1.1. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan.
2.1. Mahasiswa menguasai pengetahuan kewarganegaraan dan karakter bangsa
3.1. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi prinsip dan teori Konsep Dasar PKn
References1. Darmadi, Hamid. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta
2. Drake, S. M. (2013). Menciptakan Kurikulum Terintegrasi yang Berbasis Standar Seri Standar Kurikulum Inti (Edisi Ketiga). Jakarta: Indeks.
3. Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.
4. Kalidjernih, F. K. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan.Bandung: Widya AKsara Press.
5. Levinson, M. (2014). Citizenship and Civic Education. In D. C. Phillips (Ed.), Encyclopedia of Educational Theory and Philosophy (pp. 134-138). Thousand Oaks, California: Sage.
6. Robet, R., & Tobi, H. B. (2014). Pengantar Sosiologi Kewarganegaraan Dari Marx Sampai Agamben. Serpong: CV Marjin Kiri.
7. Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.
8. Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh seluruh mahasiswa program studi PGSD UPGRIS. Mata kuliah ini memberikan wawasan awal dan mendasar mengenai pembelajaran PPKn di tingkat Sekolah Dasar secara filosofis, teoretis, dan praksis. Mata kuliah ini juga merupakan Mata kuliah prasyarat untuk mengambil mata kuliah ke-PKn-an SD di program studi PGSD pada semester selanjutnya, yakni mata kuliah Pendalaman Materi PKn SD, Model-model Pembelajaran PKn SD, dan Pengembangan Pembelajaran PKn SD.Dengan membedah body of knowledge, body of pedagogies, and theoritical basis dari PPKn, maka pembahasan materi akan dilaksanakan secara dialektis dan kritis. Bedah kepustakaan dan pemecahan masalah secara multiliterasi menjadi kegiatan utama dalam mata kuliah ini.
Learning Outcomes1.1. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan.
2.1. Mahasiswa menguasai pengetahuan kewarganegaraan dan karakter bangsa
3.1. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi prinsip dan teori Konsep Dasar PKn
References1. Darmadi, Hamid. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta
2. Drake, S. M. (2013). Menciptakan Kurikulum Terintegrasi yang Berbasis Standar Seri Standar Kurikulum Inti (Edisi Ketiga). Jakarta: Indeks.
3. Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.
4. Kalidjernih, F. K. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan.Bandung: Widya AKsara Press.
5. Levinson, M. (2014). Citizenship and Civic Education. In D. C. Phillips (Ed.), Encyclopedia of Educational Theory and Philosophy (pp. 134-138). Thousand Oaks, California: Sage.
6. Robet, R., & Tobi, H. B. (2014). Pengantar Sosiologi Kewarganegaraan Dari Marx Sampai Agamben. Serpong: CV Marjin Kiri.
7. Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.
8. Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh seluruh mahasiswa program studi PGSD UPGRIS. Mata kuliah ini memberikan wawasan awal dan mendasar mengenai pembelajaran PPKn di tingkat Sekolah Dasar secara filosofis, teoretis, dan praksis. Mata kuliah ini juga merupakan Mata kuliah prasyarat untuk mengambil mata kuliah ke-PKn-an SD di program studi PGSD pada semester selanjutnya, yakni mata kuliah Pendalaman Materi PKn SD, Model-model Pembelajaran PKn SD, dan Pengembangan Pembelajaran PKn SD.Dengan membedah body of knowledge, body of pedagogies, and theoritical basis dari PPKn, maka pembahasan materi akan dilaksanakan secara dialektis dan kritis. Bedah kepustakaan dan pemecahan masalah secara multiliterasi menjadi kegiatan utama dalam mata kuliah ini.
Learning Outcomes1.1. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan.
2.1. Mahasiswa menguasai pengetahuan kewarganegaraan dan karakter bangsa
3.1. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi prinsip dan teori Konsep Dasar PKn
References1. Darmadi, Hamid. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta
2. Drake, S. M. (2013). Menciptakan Kurikulum Terintegrasi yang Berbasis Standar Seri Standar Kurikulum Inti (Edisi Ketiga). Jakarta: Indeks.
3. Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.
4. Kalidjernih, F. K. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan.Bandung: Widya AKsara Press.
5. Levinson, M. (2014). Citizenship and Civic Education. In D. C. Phillips (Ed.), Encyclopedia of Educational Theory and Philosophy (pp. 134-138). Thousand Oaks, California: Sage.
6. Robet, R., & Tobi, H. B. (2014). Pengantar Sosiologi Kewarganegaraan Dari Marx Sampai Agamben. Serpong: CV Marjin Kiri.
7. Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.
8. Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh seluruh mahasiswa program studi PGSD UPGRIS. Mata kuliah ini memberikan wawasan awal dan mendasar mengenai pembelajaran PPKn di tingkat Sekolah Dasar secara filosofis, teoretis, dan praksis. Mata kuliah ini juga merupakan Mata kuliah prasyarat untuk mengambil mata kuliah ke-PKn-an SD di program studi PGSD pada semester selanjutnya, yakni mata kuliah Pendalaman Materi PKn SD, Model-model Pembelajaran PKn SD, dan Pengembangan Pembelajaran PKn SD.Dengan membedah body of knowledge, body of pedagogies, and theoritical basis dari PPKn, maka pembahasan materi akan dilaksanakan secara dialektis dan kritis. Bedah kepustakaan dan pemecahan masalah secara multiliterasi menjadi kegiatan utama dalam mata kuliah ini.
Learning Outcomes1.1. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan.
2.1. Mahasiswa menguasai pengetahuan kewarganegaraan dan karakter bangsa
3.1. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi prinsip dan teori Konsep Dasar PKn
References1. Darmadi, Hamid. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta
2. Drake, S. M. (2013). Menciptakan Kurikulum Terintegrasi yang Berbasis Standar Seri Standar Kurikulum Inti (Edisi Ketiga). Jakarta: Indeks.
3. Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.
4. Kalidjernih, F. K. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan.Bandung: Widya AKsara Press.
5. Levinson, M. (2014). Citizenship and Civic Education. In D. C. Phillips (Ed.), Encyclopedia of Educational Theory and Philosophy (pp. 134-138). Thousand Oaks, California: Sage.
6. Robet, R., & Tobi, H. B. (2014). Pengantar Sosiologi Kewarganegaraan Dari Marx Sampai Agamben. Serpong: CV Marjin Kiri.
7. Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.
8. Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh seluruh mahasiswa program studi PGSD UPGRIS. Mata kuliah ini memberikan wawasan awal dan mendasar mengenai pembelajaran PPKn di tingkat Sekolah Dasar secara filosofis, teoretis, dan praksis. Mata kuliah ini juga merupakan Mata kuliah prasyarat untuk mengambil mata kuliah ke-PKn-an SD di program studi PGSD pada semester selanjutnya, yakni mata kuliah Pendalaman Materi PKn SD, Model-model Pembelajaran PKn SD, dan Pengembangan Pembelajaran PKn SD.Dengan membedah body of knowledge, body of pedagogies, and theoritical basis dari PPKn, maka pembahasan materi akan dilaksanakan secara dialektis dan kritis. Bedah kepustakaan dan pemecahan masalah secara multiliterasi menjadi kegiatan utama dalam mata kuliah ini.
Learning Outcomes1.1. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan.
2.1. Mahasiswa menguasai pengetahuan kewarganegaraan dan karakter bangsa
3.1. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi prinsip dan teori Konsep Dasar PKn
References1. Darmadi, Hamid. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta
2. Drake, S. M. (2013). Menciptakan Kurikulum Terintegrasi yang Berbasis Standar Seri Standar Kurikulum Inti (Edisi Ketiga). Jakarta: Indeks.
3. Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.
4. Kalidjernih, F. K. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan.Bandung: Widya AKsara Press.
5. Levinson, M. (2014). Citizenship and Civic Education. In D. C. Phillips (Ed.), Encyclopedia of Educational Theory and Philosophy (pp. 134-138). Thousand Oaks, California: Sage.
6. Robet, R., & Tobi, H. B. (2014). Pengantar Sosiologi Kewarganegaraan Dari Marx Sampai Agamben. Serpong: CV Marjin Kiri.
7. Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.
8. Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh seluruh mahasiswa program studi PGSD UPGRIS. Mata kuliah ini memberikan wawasan awal dan mendasar mengenai pembelajaran PPKn di tingkat Sekolah Dasar secara filosofis, teoretis, dan praksis. Mata kuliah ini juga merupakan Mata kuliah prasyarat untuk mengambil mata kuliah ke-PKn-an SD di program studi PGSD pada semester selanjutnya, yakni mata kuliah Pendalaman Materi PKn SD, Model-model Pembelajaran PKn SD, dan Pengembangan Pembelajaran PKn SD.Dengan membedah body of knowledge, body of pedagogies, and theoritical basis dari PPKn, maka pembahasan materi akan dilaksanakan secara dialektis dan kritis. Bedah kepustakaan dan pemecahan masalah secara multiliterasi menjadi kegiatan utama dalam mata kuliah ini.
Learning Outcomes1.1. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan.
2.1. Mahasiswa menguasai pengetahuan kewarganegaraan dan karakter bangsa
3.1. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi prinsip dan teori Konsep Dasar PKn
References1. Darmadi, Hamid. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta
2. Drake, S. M. (2013). Menciptakan Kurikulum Terintegrasi yang Berbasis Standar Seri Standar Kurikulum Inti (Edisi Ketiga). Jakarta: Indeks.
3. Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.
4. Kalidjernih, F. K. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan.Bandung: Widya AKsara Press.
5. Levinson, M. (2014). Citizenship and Civic Education. In D. C. Phillips (Ed.), Encyclopedia of Educational Theory and Philosophy (pp. 134-138). Thousand Oaks, California: Sage.
6. Robet, R., & Tobi, H. B. (2014). Pengantar Sosiologi Kewarganegaraan Dari Marx Sampai Agamben. Serpong: CV Marjin Kiri.
7. Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.
8. Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh seluruh mahasiswa program studi PGSD UPGRIS. Mata kuliah ini memberikan wawasan awal dan mendasar mengenai pembelajaran PPKn di tingkat Sekolah Dasar secara filosofis, teoretis, dan praksis. Mata kuliah ini juga merupakan Mata kuliah prasyarat untuk mengambil mata kuliah ke-PKn-an SD di program studi PGSD pada semester selanjutnya, yakni mata kuliah Pendalaman Materi PKn SD, Model-model Pembelajaran PKn SD, dan Pengembangan Pembelajaran PKn SD.Dengan membedah body of knowledge, body of pedagogies, and theoritical basis dari PPKn, maka pembahasan materi akan dilaksanakan secara dialektis dan kritis. Bedah kepustakaan dan pemecahan masalah secara multiliterasi menjadi kegiatan utama dalam mata kuliah ini.
Learning Outcomes1.1. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan.
2.1. Mahasiswa menguasai pengetahuan kewarganegaraan dan karakter bangsa
3.1. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi prinsip dan teori Konsep Dasar PKn
References1. Darmadi, Hamid. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta
2. Drake, S. M. (2013). Menciptakan Kurikulum Terintegrasi yang Berbasis Standar Seri Standar Kurikulum Inti (Edisi Ketiga). Jakarta: Indeks.
3. Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.
4. Kalidjernih, F. K. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan.Bandung: Widya AKsara Press.
5. Levinson, M. (2014). Citizenship and Civic Education. In D. C. Phillips (Ed.), Encyclopedia of Educational Theory and Philosophy (pp. 134-138). Thousand Oaks, California: Sage.
6. Robet, R., & Tobi, H. B. (2014). Pengantar Sosiologi Kewarganegaraan Dari Marx Sampai Agamben. Serpong: CV Marjin Kiri.
7. Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.
8. Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh seluruh mahasiswa program studi PGSD UPGRIS. Mata kuliah ini memberikan wawasan awal dan mendasar mengenai pembelajaran PPKn di tingkat Sekolah Dasar secara filosofis, teoretis, dan praksis. Mata kuliah ini juga merupakan Mata kuliah prasyarat untuk mengambil mata kuliah ke-PKn-an SD di program studi PGSD pada semester selanjutnya, yakni mata kuliah Pendalaman Materi PKn SD, Model-model Pembelajaran PKn SD, dan Pengembangan Pembelajaran PKn SD.Dengan membedah body of knowledge, body of pedagogies, and theoritical basis dari PPKn, maka pembahasan materi akan dilaksanakan secara dialektis dan kritis. Bedah kepustakaan dan pemecahan masalah secara multiliterasi menjadi kegiatan utama dalam mata kuliah ini.
Learning Outcomes1.1. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan.
2.1. Mahasiswa menguasai pengetahuan kewarganegaraan dan karakter bangsa
3.1. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi prinsip dan teori Konsep Dasar PKn
References1. Darmadi, Hamid. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta
2. Drake, S. M. (2013). Menciptakan Kurikulum Terintegrasi yang Berbasis Standar Seri Standar Kurikulum Inti (Edisi Ketiga). Jakarta: Indeks.
3. Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.
4. Kalidjernih, F. K. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan.Bandung: Widya AKsara Press.
5. Levinson, M. (2014). Citizenship and Civic Education. In D. C. Phillips (Ed.), Encyclopedia of Educational Theory and Philosophy (pp. 134-138). Thousand Oaks, California: Sage.
6. Robet, R., & Tobi, H. B. (2014). Pengantar Sosiologi Kewarganegaraan Dari Marx Sampai Agamben. Serpong: CV Marjin Kiri.
7. Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.
8. Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh seluruh mahasiswa program studi PGSD UPGRIS. Mata kuliah ini memberikan wawasan awal dan mendasar mengenai pembelajaran PPKn di tingkat Sekolah Dasar secara filosofis, teoretis, dan praksis. Mata kuliah ini juga merupakan Mata kuliah prasyarat untuk mengambil mata kuliah ke-PKn-an SD di program studi PGSD pada semester selanjutnya, yakni mata kuliah Pendalaman Materi PKn SD, Model-model Pembelajaran PKn SD, dan Pengembangan Pembelajaran PKn SD.Dengan membedah body of knowledge, body of pedagogies, and theoritical basis dari PPKn, maka pembahasan materi akan dilaksanakan secara dialektis dan kritis. Bedah kepustakaan dan pemecahan masalah secara multiliterasi menjadi kegiatan utama dalam mata kuliah ini
Learning Outcomes1.1. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan.
2.1. Mahasiswa menguasai pengetahuan kewarganegaraan dan karakter bangsa
3.1. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi prinsip dan teori Konsep Dasar PKn
References1. Darmadi, Hamid. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta
2. Drake, S. M. (2013). Menciptakan Kurikulum Terintegrasi yang Berbasis Standar Seri Standar Kurikulum Inti (Edisi Ketiga). Jakarta: Indeks.
3. Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.
4. Kalidjernih, F. K. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan.Bandung: Widya AKsara Press.
5. Levinson, M. (2014). Citizenship and Civic Education. In D. C. Phillips (Ed.), Encyclopedia of Educational Theory and Philosophy (pp. 134-138). Thousand Oaks, California: Sage.
6. Robet, R., & Tobi, H. B. (2014). Pengantar Sosiologi Kewarganegaraan Dari Marx Sampai Agamben. Serpong: CV Marjin Kiri.
7. Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.
8. Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara
Details ...