Konsep Dasar PKn SD, Curriculum : 2020


Courser in EnglishBASIC CONCEPTS OF ELEMENTARY SCHOOL CIVICS EDUCATION
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS19 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh seluruh  mahasiswa  program studi PGSD UPGRIS. Mata kuliah ini memberikan wawasan awal dan mendasar mengenai pembelajaran PPKn di tingkat Sekolah Dasar secara filosofis, teoretis, dan praksis. Mata kuliah  ini  juga  merupakan  Mata kuliah  prasyarat  untuk  mengambil  mata  kuliah  ke-PKn-an  SD  di program studi PGSD pada semester selanjutnya, yakni mata kuliah Pendalaman Materi PKn SD, Model-model Pembelajaran PKn  SD,  dan  Pengembangan  Pembelajaran  PKn  SD.Dengan  membedah body of knowledge, body of pedagogies, and theoritical basis dari  PPKn, maka pembahasan materi akan dilaksanakan secara dialektis dan kritis. Bedah kepustakaan dan pemecahan masalah secara multiliterasi menjadi kegiatan utama dalam mata kuliah ini

Learning Outcomes

1.1. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan.

2.1. Mahasiswa menguasai pengetahuan kewarganegaraan dan karakter bangsa

3.1. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi prinsip dan teori Konsep Dasar PKn

References

1.  Darmadi, Hamid. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta

2.  Drake, S. M. (2013). Menciptakan Kurikulum Terintegrasi yang Berbasis Standar Seri Standar Kurikulum Inti (Edisi Ketiga). Jakarta: Indeks.

3.  Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.

4.  Kalidjernih, F. K. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan.Bandung: Widya AKsara Press.

5.  Levinson, M. (2014). Citizenship and Civic Education. In D. C. Phillips (Ed.), Encyclopedia of Educational Theory and Philosophy (pp. 134-138). Thousand Oaks, California: Sage.

6.  Robet, R., & Tobi, H. B. (2014). Pengantar Sosiologi Kewarganegaraan Dari Marx Sampai Agamben. Serpong: CV Marjin Kiri.

7.  Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

8.  Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh seluruh  mahasiswa  program studi PGSD UPGRIS. Mata kuliah ini memberikan wawasan awal dan mendasar mengenai pembelajaran PPKn di tingkat Sekolah Dasar secara filosofis, teoretis, dan praksis. Mata kuliah  ini  juga  merupakan  Mata kuliah  prasyarat  untuk  mengambil  mata  kuliah  ke-PKn-an  SD  di program studi PGSD pada semester selanjutnya, yakni mata kuliah Pendalaman Materi PKn SD, Model-model Pembelajaran PKn  SD,  dan  Pengembangan  Pembelajaran  PKn  SD.Dengan  membedah body of knowledge, body of pedagogies, and theoritical basis dari  PPKn, maka pembahasan materi akan dilaksanakan secara dialektis dan kritis. Bedah kepustakaan dan pemecahan masalah secara multiliterasi menjadi kegiatan utama dalam mata kuliah ini

Learning Outcomes

1.1. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan.

2.1. Mahasiswa menguasai pengetahuan kewarganegaraan dan karakter bangsa

3.1. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi prinsip dan teori Konsep Dasar PKn

References

1.  Darmadi, Hamid. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta

2.  Drake, S. M. (2013). Menciptakan Kurikulum Terintegrasi yang Berbasis Standar Seri Standar Kurikulum Inti (Edisi Ketiga). Jakarta: Indeks.

3.  Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.

4.  Kalidjernih, F. K. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan.Bandung: Widya AKsara Press.

5.  Levinson, M. (2014). Citizenship and Civic Education. In D. C. Phillips (Ed.), Encyclopedia of Educational Theory and Philosophy (pp. 134-138). Thousand Oaks, California: Sage.

6.  Robet, R., & Tobi, H. B. (2014). Pengantar Sosiologi Kewarganegaraan Dari Marx Sampai Agamben. Serpong: CV Marjin Kiri.

7.  Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

8.  Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh seluruh  mahasiswa  program studi PGSD UPGRIS. Mata kuliah ini memberikan wawasan awal dan mendasar mengenai pembelajaran PPKn di tingkat Sekolah Dasar secara filosofis, teoretis, dan praksis. Mata kuliah  ini  juga  merupakan  Mata kuliah  prasyarat  untuk  mengambil  mata  kuliah  ke-PKn-an  SD  di program studi PGSD pada semester selanjutnya, yakni mata kuliah Pendalaman Materi PKn SD, Model-model Pembelajaran PKn  SD,  dan  Pengembangan  Pembelajaran  PKn  SD.Dengan  membedah body of knowledge, body of pedagogies, and theoritical basis dari  PPKn, maka pembahasan materi akan dilaksanakan secara dialektis dan kritis. Bedah kepustakaan dan pemecahan masalah secara multiliterasi menjadi kegiatan utama dalam mata kuliah ini

Learning Outcomes

1.1. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan.

2.1. Mahasiswa menguasai pengetahuan kewarganegaraan dan karakter bangsa

3.1. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi prinsip dan teori Konsep Dasar PKn

References

1.  Darmadi, Hamid. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta

2.  Drake, S. M. (2013). Menciptakan Kurikulum Terintegrasi yang Berbasis Standar Seri Standar Kurikulum Inti (Edisi Ketiga). Jakarta: Indeks.

3.  Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.

4.  Kalidjernih, F. K. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan.Bandung: Widya AKsara Press.

5.  Levinson, M. (2014). Citizenship and Civic Education. In D. C. Phillips (Ed.), Encyclopedia of Educational Theory and Philosophy (pp. 134-138). Thousand Oaks, California: Sage.

6.  Robet, R., & Tobi, H. B. (2014). Pengantar Sosiologi Kewarganegaraan Dari Marx Sampai Agamben. Serpong: CV Marjin Kiri.

7.  Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

8.  Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh seluruh  mahasiswa  program studi PGSD UPGRIS. Mata kuliah ini memberikan wawasan awal dan mendasar mengenai pembelajaran PPKn di tingkat Sekolah Dasar secara filosofis, teoretis, dan praksis. Mata kuliah  ini  juga  merupakan  Mata kuliah  prasyarat  untuk  mengambil  mata  kuliah  ke-PKn-an  SD  di program studi PGSD pada semester selanjutnya, yakni mata kuliah Pendalaman Materi PKn SD, Model-model Pembelajaran PKn  SD,  dan  Pengembangan  Pembelajaran  PKn  SD.Dengan  membedah body of knowledge, body of pedagogies, and theoritical basis dari  PPKn, maka pembahasan materi akan dilaksanakan secara dialektis dan kritis. Bedah kepustakaan dan pemecahan masalah secara multiliterasi menjadi kegiatan utama dalam mata kuliah ini

Learning Outcomes

1.1. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan.

2.1. Mahasiswa menguasai pengetahuan kewarganegaraan dan karakter bangsa

3.1. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi prinsip dan teori Konsep Dasar PKn

References

1.  Darmadi, Hamid. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta

2.  Drake, S. M. (2013). Menciptakan Kurikulum Terintegrasi yang Berbasis Standar Seri Standar Kurikulum Inti (Edisi Ketiga). Jakarta: Indeks.

3.  Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.

4.  Kalidjernih, F. K. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan.Bandung: Widya AKsara Press.

5.  Levinson, M. (2014). Citizenship and Civic Education. In D. C. Phillips (Ed.), Encyclopedia of Educational Theory and Philosophy (pp. 134-138). Thousand Oaks, California: Sage.

6.  Robet, R., & Tobi, H. B. (2014). Pengantar Sosiologi Kewarganegaraan Dari Marx Sampai Agamben. Serpong: CV Marjin Kiri.

7.  Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

8.  Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh seluruh  mahasiswa  program studi PGSD UPGRIS. Mata kuliah ini memberikan wawasan awal dan mendasar mengenai pembelajaran PPKn di tingkat Sekolah Dasar secara filosofis, teoretis, dan praksis. Mata kuliah  ini  juga  merupakan  Mata kuliah  prasyarat  untuk  mengambil  mata  kuliah  ke-PKn-an  SD  di program studi PGSD pada semester selanjutnya, yakni mata kuliah Pendalaman Materi PKn SD, Model-model Pembelajaran PKn  SD,  dan  Pengembangan  Pembelajaran  PKn  SD.Dengan  membedah body of knowledge, body of pedagogies, and theoritical basis dari  PPKn, maka pembahasan materi akan dilaksanakan secara dialektis dan kritis. Bedah kepustakaan dan pemecahan masalah secara multiliterasi menjadi kegiatan utama dalam mata kuliah ini

Learning Outcomes

1.1. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan.

2.1. Mahasiswa menguasai pengetahuan kewarganegaraan dan karakter bangsa

3.1. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi prinsip dan teori Konsep Dasar PKn

References

1.  Darmadi, Hamid. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta

2.  Drake, S. M. (2013). Menciptakan Kurikulum Terintegrasi yang Berbasis Standar Seri Standar Kurikulum Inti (Edisi Ketiga). Jakarta: Indeks.

3.  Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.

4.  Kalidjernih, F. K. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan.Bandung: Widya AKsara Press.

5.  Levinson, M. (2014). Citizenship and Civic Education. In D. C. Phillips (Ed.), Encyclopedia of Educational Theory and Philosophy (pp. 134-138). Thousand Oaks, California: Sage.

6.  Robet, R., & Tobi, H. B. (2014). Pengantar Sosiologi Kewarganegaraan Dari Marx Sampai Agamben. Serpong: CV Marjin Kiri.

7.  Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

8.  Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh seluruh  mahasiswa  program studi PGSD UPGRIS. Mata kuliah ini memberikan wawasan awal dan mendasar mengenai pembelajaran PPKn di tingkat Sekolah Dasar secara filosofis, teoretis, dan praksis. Mata kuliah  ini  juga  merupakan  Mata kuliah  prasyarat  untuk  mengambil  mata  kuliah  ke-PKn-an  SD  di program studi PGSD pada semester selanjutnya, yakni mata kuliah Pendalaman Materi PKn SD, Model-model Pembelajaran PKn  SD,  dan  Pengembangan  Pembelajaran  PKn  SD.Dengan  membedah body of knowledge, body of pedagogies, and theoritical basis dari  PPKn, maka pembahasan materi akan dilaksanakan secara dialektis dan kritis. Bedah kepustakaan dan pemecahan masalah secara multiliterasi menjadi kegiatan utama dalam mata kuliah ini

Learning Outcomes

1.1. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan.

2.1. Mahasiswa menguasai pengetahuan kewarganegaraan dan karakter bangsa

3.1. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi prinsip dan teori Konsep Dasar PKn

References

1.  Darmadi, Hamid. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta

2.  Drake, S. M. (2013). Menciptakan Kurikulum Terintegrasi yang Berbasis Standar Seri Standar Kurikulum Inti (Edisi Ketiga). Jakarta: Indeks.

3.  Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.

4.  Kalidjernih, F. K. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan.Bandung: Widya AKsara Press.

5.  Levinson, M. (2014). Citizenship and Civic Education. In D. C. Phillips (Ed.), Encyclopedia of Educational Theory and Philosophy (pp. 134-138). Thousand Oaks, California: Sage.

6.  Robet, R., & Tobi, H. B. (2014). Pengantar Sosiologi Kewarganegaraan Dari Marx Sampai Agamben. Serpong: CV Marjin Kiri.

7.  Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

8.  Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh seluruh  mahasiswa  program studi PGSD UPGRIS. Mata kuliah ini memberikan wawasan awal dan mendasar mengenai pembelajaran PPKn di tingkat Sekolah Dasar secara filosofis, teoretis, dan praksis. Mata kuliah  ini  juga  merupakan  Mata kuliah  prasyarat  untuk  mengambil  mata  kuliah  ke-PKn-an  SD  di program studi PGSD pada semester selanjutnya, yakni mata kuliah Pendalaman Materi PKn SD, Model-model Pembelajaran PKn  SD,  dan  Pengembangan  Pembelajaran  PKn  SD.Dengan  membedah body of knowledge, body of pedagogies, and theoritical basis dari  PPKn, maka pembahasan materi akan dilaksanakan secara dialektis dan kritis. Bedah kepustakaan dan pemecahan masalah secara multiliterasi menjadi kegiatan utama dalam mata kuliah ini

Learning Outcomes

1.1. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan.

2.1. Mahasiswa menguasai pengetahuan kewarganegaraan dan karakter bangsa

3.1. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi prinsip dan teori Konsep Dasar PKn

References

1.  Darmadi, Hamid. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta

2.  Drake, S. M. (2013). Menciptakan Kurikulum Terintegrasi yang Berbasis Standar Seri Standar Kurikulum Inti (Edisi Ketiga). Jakarta: Indeks.

3.  Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila: Historis, Kultural, Filosofis, Yuridis, dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.

4.  Kalidjernih, F. K. (2009). Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan.Bandung: Widya AKsara Press.

5.  Levinson, M. (2014). Citizenship and Civic Education. In D. C. Phillips (Ed.), Encyclopedia of Educational Theory and Philosophy (pp. 134-138). Thousand Oaks, California: Sage.

6.  Robet, R., & Tobi, H. B. (2014). Pengantar Sosiologi Kewarganegaraan Dari Marx Sampai Agamben. Serpong: CV Marjin Kiri.

7.  Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

8.  Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara


Details ...