Courser in English | Group Guidance |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 21 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah bimbingan kelompok ini merupakan matakuliah wajib yang ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berisi tentang konsep BKp, proses terbentuknya kelompok, dinamika kelompok, dan unsur-unsur utama suasana kelompok, tujuan, fungsi, komponen dan asas-asas BKp, Karakteristik, keterampilan dan peran PK, persamaan dan perbedaan BKp dengan KKp, teknik-teknik BKp, tahapan-tahapan BKp dan menyusun RPL BKp.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran (CP)
|
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPL1 (S6) |
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPL2 (S8) |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPL3 (P4) |
Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan. |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPL4 (P8) |
Menguasai pendekatan, prosedur, metode dan teknik bimbingan secara individual, kelompok dan klasikal maupun antar kelas. |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPL5 (KU2) |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPL6 (KK5) |
Terampil merancang pelayanan bimbingan dan konseling dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan. |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPL7 (KK8) |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan. |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPL8 (KK10) |
Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan. |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPMK1 |
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (CPL1). |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPMK2 |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam layanan Bimbingan Kelompok (CPL2). |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPMK3 |
Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan kelompok (CPL3). |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPMK4 |
Menguasai pendekatan, prosedur, metode dan teknik bimbingan kelompok (CPL4). |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPMK5 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bimbingan kelompok (CPL5). |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPMK6 |
Terampil merancang pelayanan bimbingan dan konseling dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan (CPL6). |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPMK7 |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan kelompok (CPL7). |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPMK8 |
Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan dalam layanan Bimbingan Kelompok (CPL8). |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub- CPMK) |
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Sub-CPMK1 |
Mampu menjelaskan Konsep Dasar Bimbingan Kelompok (C2, A3) (CPL3) |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Sub-CPMK2 |
Mampu menguraikan Proses terbentuknya kelompok (C4, A4) (CPL1, CPL2) |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Sub-CPMK3 |
Mampu menerapkan Dinamika Kelompok dalam BKp (C3, A4) (CPL4) |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Sub-CPMK4 |
Mampu menerapkan Pemimpin Kelompok (PK) dalam BKp (C4, A5) (CPL5) |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Sub-CPMK5 |
Mampu membandingkan Persamaan BKp dengan KKp dan Perbedaan BKp dengan KKp (C5, A5) (CPL3) |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Sub-CPMK6 |
Mampu menerapkan Prosedur dan Teknik bimbingan kelompok: diskusi kelompok, Role playing, home room yang terdiri dari: a). Pengertian/ konsep, b).Prosedur (cara pelaksanaan), dan c). Kekurangan dan kelebihan (CPL6) |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Sub-CPMK7 |
Mampu merinci jenis-jenis BKp (C4, A4) (CPL4, CPL5) |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Sub-CPMK8 |
Mampu menguraikan tahap-tahap dalam pelaksanaan BKp (C4, A5) (CPL5, CPL6) |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Sub-CPMK9 |
Mampu Membuat Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) BKp (C6, A5) (CPL7, CPL8) |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Korelasi CPMK terhadap Sub-CPMK |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
Pustaka |
Utama |
|
|
||
Pendukung |
|
|
|
Details ...
Mata kuliah bimbingan kelompok ini merupakan matakuliah wajib yang ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berisi tentang konsep BKp, proses terbentuknya kelompok, dinamika kelompok, dan unsur-unsur utama suasana kelompok, tujuan, fungsi, komponen dan asas-asas BKp, Karakteristik, keterampilan dan peran PK, persamaan dan perbedaan BKp dengan KKp, teknik-teknik BKp, tahapan-tahapan BKp dan menyusun RPL BKp.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran (CP)
|
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPL1 (S6) |
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPL2 (S8) |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPL3 (P4) |
Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan. |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPL4 (P8) |
Menguasai pendekatan, prosedur, metode dan teknik bimbingan secara individual, kelompok dan klasikal maupun antar kelas. |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPL5 (KU2) |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPL6 (KK5) |
Terampil merancang pelayanan bimbingan dan konseling dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan. |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPL7 (KK8) |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan. |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPL8 (KK10) |
Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan. |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPMK1 |
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (CPL1). |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPMK2 |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam layanan Bimbingan Kelompok (CPL2). |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPMK3 |
Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan kelompok (CPL3). |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPMK4 |
Menguasai pendekatan, prosedur, metode dan teknik bimbingan kelompok (CPL4). |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPMK5 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bimbingan kelompok (CPL5). |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPMK6 |
Terampil merancang pelayanan bimbingan dan konseling dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan (CPL6). |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPMK7 |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan kelompok (CPL7). |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPMK8 |
Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan dalam layanan Bimbingan Kelompok (CPL8). |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub- CPMK) |
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Sub-CPMK1 |
Mampu menjelaskan Konsep Dasar Bimbingan Kelompok (C2, A3) (CPL3) |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Sub-CPMK2 |
Mampu menguraikan Proses terbentuknya kelompok (C4, A4) (CPL1, CPL2) |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Sub-CPMK3 |
Mampu menerapkan Dinamika Kelompok dalam BKp (C3, A4) (CPL4) |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Sub-CPMK4 |
Mampu menerapkan Pemimpin Kelompok (PK) dalam BKp (C4, A5) (CPL5) |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Sub-CPMK5 |
Mampu membandingkan Persamaan BKp dengan KKp dan Perbedaan BKp dengan KKp (C5, A5) (CPL3) |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Sub-CPMK6 |
Mampu menerapkan Prosedur dan Teknik bimbingan kelompok: diskusi kelompok, Role playing, home room yang terdiri dari: a). Pengertian/ konsep, b).Prosedur (cara pelaksanaan), dan c). Kekurangan dan kelebihan (CPL6) |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Sub-CPMK7 |
Mampu merinci jenis-jenis BKp (C4, A4) (CPL4, CPL5) |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Sub-CPMK8 |
Mampu menguraikan tahap-tahap dalam pelaksanaan BKp (C4, A5) (CPL5, CPL6) |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Sub-CPMK9 |
Mampu Membuat Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) BKp (C6, A5) (CPL7, CPL8) |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Korelasi CPMK terhadap Sub-CPMK |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
Pustaka |
Utama |
|
|
||
Pendukung |
|
|
|
Details ...
Mata kuliah bimbingan kelompok ini merupakan matakuliah wajib yang ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berisi tentang konsep BKp, proses terbentuknya kelompok, dinamika kelompok, dan unsur-unsur utama suasana kelompok, tujuan, fungsi, komponen dan asas-asas BKp, Karakteristik, keterampilan dan peran PK, persamaan dan perbedaan BKp dengan KKp, teknik-teknik BKp, tahapan-tahapan BKp dan menyusun RPL BKp.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran (CP)
|
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPL1 (S6) |
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPL2 (S8) |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPL3 (P4) |
Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan. |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPL4 (P8) |
Menguasai pendekatan, prosedur, metode dan teknik bimbingan secara individual, kelompok dan klasikal maupun antar kelas. |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPL5 (KU2) |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPL6 (KK5) |
Terampil merancang pelayanan bimbingan dan konseling dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan. |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPL7 (KK8) |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan. |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPL8 (KK10) |
Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan. |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPMK1 |
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (CPL1). |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPMK2 |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam layanan Bimbingan Kelompok (CPL2). |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPMK3 |
Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan kelompok (CPL3). |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPMK4 |
Menguasai pendekatan, prosedur, metode dan teknik bimbingan kelompok (CPL4). |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPMK5 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bimbingan kelompok (CPL5). |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPMK6 |
Terampil merancang pelayanan bimbingan dan konseling dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan (CPL6). |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPMK7 |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan kelompok (CPL7). |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPMK8 |
Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan dalam layanan Bimbingan Kelompok (CPL8). |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub- CPMK) |
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Sub-CPMK1 |
Mampu menjelaskan Konsep Dasar Bimbingan Kelompok (C2, A3) (CPL3) |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Sub-CPMK2 |
Mampu menguraikan Proses terbentuknya kelompok (C4, A4) (CPL1, CPL2) |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Sub-CPMK3 |
Mampu menerapkan Dinamika Kelompok dalam BKp (C3, A4) (CPL4) |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Sub-CPMK4 |
Mampu menerapkan Pemimpin Kelompok (PK) dalam BKp (C4, A5) (CPL5) |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Sub-CPMK5 |
Mampu membandingkan Persamaan BKp dengan KKp dan Perbedaan BKp dengan KKp (C5, A5) (CPL3) |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Sub-CPMK6 |
Mampu menerapkan Prosedur dan Teknik bimbingan kelompok: diskusi kelompok, Role playing, home room yang terdiri dari: a). Pengertian/ konsep, b).Prosedur (cara pelaksanaan), dan c). Kekurangan dan kelebihan (CPL6) |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Sub-CPMK7 |
Mampu merinci jenis-jenis BKp (C4, A4) (CPL4, CPL5) |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Sub-CPMK8 |
Mampu menguraikan tahap-tahap dalam pelaksanaan BKp (C4, A5) (CPL5, CPL6) |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Sub-CPMK9 |
Mampu Membuat Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) BKp (C6, A5) (CPL7, CPL8) |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Korelasi CPMK terhadap Sub-CPMK |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
Pustaka |
Utama |
|
|
||
Pendukung |
|
|
|
Details ...
Mata kuliah bimbingan kelompok ini merupakan matakuliah wajib yang ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berisi tentang konsep BKp, proses terbentuknya kelompok, dinamika kelompok, dan unsur-unsur utama suasana kelompok, tujuan, fungsi, komponen dan asas-asas BKp, Karakteristik, keterampilan dan peran PK, persamaan dan perbedaan BKp dengan KKp, teknik-teknik BKp, tahapan-tahapan BKp dan menyusun RPL BKp.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran (CP)
|
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPL1 (S6) |
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPL2 (S8) |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPL3 (P4) |
Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan. |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPL4 (P8) |
Menguasai pendekatan, prosedur, metode dan teknik bimbingan secara individual, kelompok dan klasikal maupun antar kelas. |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPL5 (KU2) |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPL6 (KK5) |
Terampil merancang pelayanan bimbingan dan konseling dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan. |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPL7 (KK8) |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan. |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPL8 (KK10) |
Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan. |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPMK1 |
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (CPL1). |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPMK2 |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam layanan Bimbingan Kelompok (CPL2). |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPMK3 |
Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan kelompok (CPL3). |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPMK4 |
Menguasai pendekatan, prosedur, metode dan teknik bimbingan kelompok (CPL4). |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPMK5 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bimbingan kelompok (CPL5). |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPMK6 |
Terampil merancang pelayanan bimbingan dan konseling dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan (CPL6). |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPMK7 |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan kelompok (CPL7). |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPMK8 |
Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan dalam layanan Bimbingan Kelompok (CPL8). |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub- CPMK) |
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Sub-CPMK1 |
Mampu menjelaskan Konsep Dasar Bimbingan Kelompok (C2, A3) (CPL3) |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Sub-CPMK2 |
Mampu menguraikan Proses terbentuknya kelompok (C4, A4) (CPL1, CPL2) |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Sub-CPMK3 |
Mampu menerapkan Dinamika Kelompok dalam BKp (C3, A4) (CPL4) |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Sub-CPMK4 |
Mampu menerapkan Pemimpin Kelompok (PK) dalam BKp (C4, A5) (CPL5) |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Sub-CPMK5 |
Mampu membandingkan Persamaan BKp dengan KKp dan Perbedaan BKp dengan KKp (C5, A5) (CPL3) |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Sub-CPMK6 |
Mampu menerapkan Prosedur dan Teknik bimbingan kelompok: diskusi kelompok, Role playing, home room yang terdiri dari: a). Pengertian/ konsep, b).Prosedur (cara pelaksanaan), dan c). Kekurangan dan kelebihan (CPL6) |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Sub-CPMK7 |
Mampu merinci jenis-jenis BKp (C4, A4) (CPL4, CPL5) |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Sub-CPMK8 |
Mampu menguraikan tahap-tahap dalam pelaksanaan BKp (C4, A5) (CPL5, CPL6) |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Sub-CPMK9 |
Mampu Membuat Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) BKp (C6, A5) (CPL7, CPL8) |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Korelasi CPMK terhadap Sub-CPMK |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
Pustaka |
Utama |
|
|
||
Pendukung |
|
|
|
Details ...
Mata kuliah bimbingan kelompok ini merupakan matakuliah wajib yang ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berisi tentang konsep BKp, proses terbentuknya kelompok, dinamika kelompok, dan unsur-unsur utama suasana kelompok, tujuan, fungsi, komponen dan asas-asas BKp, Karakteristik, keterampilan dan peran PK, persamaan dan perbedaan BKp dengan KKp, teknik-teknik BKp, tahapan-tahapan BKp dan menyusun RPL BKp.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran (CP)
|
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPL1 (S6) |
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPL2 (S8) |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPL3 (P4) |
Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan. |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPL4 (P8) |
Menguasai pendekatan, prosedur, metode dan teknik bimbingan secara individual, kelompok dan klasikal maupun antar kelas. |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPL5 (KU2) |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPL6 (KK5) |
Terampil merancang pelayanan bimbingan dan konseling dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan. |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPL7 (KK8) |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan. |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPL8 (KK10) |
Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan. |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPMK1 |
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (CPL1). |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPMK2 |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam layanan Bimbingan Kelompok (CPL2). |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPMK3 |
Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan kelompok (CPL3). |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPMK4 |
Menguasai pendekatan, prosedur, metode dan teknik bimbingan kelompok (CPL4). |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPMK5 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bimbingan kelompok (CPL5). |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPMK6 |
Terampil merancang pelayanan bimbingan dan konseling dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan (CPL6). |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPMK7 |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan kelompok (CPL7). |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
CPMK8 |
Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan dalam layanan Bimbingan Kelompok (CPL8). |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub- CPMK) |
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Sub-CPMK1 |
Mampu menjelaskan Konsep Dasar Bimbingan Kelompok (C2, A3) (CPL3) |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Sub-CPMK2 |
Mampu menguraikan Proses terbentuknya kelompok (C4, A4) (CPL1, CPL2) |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Sub-CPMK3 |
Mampu menerapkan Dinamika Kelompok dalam BKp (C3, A4) (CPL4) |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Sub-CPMK4 |
Mampu menerapkan Pemimpin Kelompok (PK) dalam BKp (C4, A5) (CPL5) |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Sub-CPMK5 |
Mampu membandingkan Persamaan BKp dengan KKp dan Perbedaan BKp dengan KKp (C5, A5) (CPL3) |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Sub-CPMK6 |
Mampu menerapkan Prosedur dan Teknik bimbingan kelompok: diskusi kelompok, Role playing, home room yang terdiri dari: a). Pengertian/ konsep, b).Prosedur (cara pelaksanaan), dan c). Kekurangan dan kelebihan (CPL6) |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Sub-CPMK7 |
Mampu merinci jenis-jenis BKp (C4, A4) (CPL4, CPL5) |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Sub-CPMK8 |
Mampu menguraikan tahap-tahap dalam pelaksanaan BKp (C4, A5) (CPL5, CPL6) |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Sub-CPMK9 |
Mampu Membuat Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) BKp (C6, A5) (CPL7, CPL8) |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Korelasi CPMK terhadap Sub-CPMK |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
Pustaka |
Utama |
|
|
||
Pendukung |
|
|
|
Details ...
Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah pokok yang membahas tentang konsep BKp, proses terbentuknya kelompok, dinamika kelompok, dan unsur-unsur utama suasana kelompok, tujuan, fungsi, komponen dan asas-asas BKp, Karakteristik, keterampilan dan peran PK, persamaan dan perbedaan BKp dengan KKp, teknik-teknik BKp dan tahapan-tahapan BKp.
Learning OutcomesSetelah lulus mata kuliah ini, mahasiswa memiliki kemampuan untuk memahami dan melaksanakan kegiatan BKp
ReferencesReferensi
Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nurihsan, Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.
-----------, (2001). Panduan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
-----------, (2004). Seri Layanan Konseling Layanan Bimbingan Konseling Kelompok. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas IlmuPendidikan Universitas Negeri Padang.
Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sukardi, Ketut Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching.
Winkel W.S dan Sri Hastuti. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Wibowo, Eddy Mungin. 2004. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: LPMP
Details ...
Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah pokok yang membahas tentang konsep BKp, proses terbentuknya kelompok, dinamika kelompok, dan unsur-unsur utama suasana kelompok, tujuan, fungsi, komponen dan asas-asas BKp, Karakteristik, keterampilan dan peran PK, persamaan dan perbedaan BKp dengan KKp, teknik-teknik BKp dan tahapan-tahapan BKp.
Learning OutcomesSetelah lulus mata kuliah ini, mahasiswa memiliki kemampuan untuk memahami dan melaksanakan kegiatan BKp
ReferencesReferensi
Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nurihsan, Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.
-----------, (2001). Panduan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
-----------, (2004). Seri Layanan Konseling Layanan Bimbingan Konseling Kelompok. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas IlmuPendidikan Universitas Negeri Padang.
Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sukardi, Ketut Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching.
Winkel W.S dan Sri Hastuti. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Wibowo, Eddy Mungin. 2004. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: LPMP
Details ...
Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah pokok yang membahas tentang konsep BKp, proses terbentuknya kelompok, dinamika kelompok, dan unsur-unsur utama suasana kelompok, tujuan, fungsi, komponen dan asas-asas BKp, Karakteristik, keterampilan dan peran PK, persamaan dan perbedaan BKp dengan KKp, teknik-teknik BKp dan tahapan-tahapan BKp.
Learning OutcomesSetelah lulus mata kuliah ini, mahasiswa memiliki kemampuan untuk memahami dan melaksanakan kegiatan BKp
ReferencesReferensi
Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nurihsan, Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.
-----------, (2001). Panduan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
-----------, (2004). Seri Layanan Konseling Layanan Bimbingan Konseling Kelompok. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas IlmuPendidikan Universitas Negeri Padang.
Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sukardi, Ketut Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching.
Winkel W.S dan Sri Hastuti. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Wibowo, Eddy Mungin. 2004. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: LPMP
Details ...
Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah pokok yang membahas tentang konsep BKp, proses terbentuknya kelompok, dinamika kelompok, dan unsur-unsur utama suasana kelompok, tujuan, fungsi, komponen dan asas-asas BKp, Karakteristik, keterampilan dan peran PK, persamaan dan perbedaan BKp dengan KKp, teknik-teknik BKp dan tahapan-tahapan BKp.
Learning OutcomesSetelah lulus mata kuliah ini, mahasiswa memiliki kemampuan untuk memahami dan melaksanakan kegiatan BKp
ReferencesReferensi
Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nurihsan, Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.
-----------, (2001). Panduan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
-----------, (2004). Seri Layanan Konseling Layanan Bimbingan Konseling Kelompok. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas IlmuPendidikan Universitas Negeri Padang.
Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sukardi, Ketut Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching.
Winkel W.S dan Sri Hastuti. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Wibowo, Eddy Mungin. 2004. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: LPMP
Details ...
Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah pokok yang membahas tentang konsep BKp, proses terbentuknya kelompok, dinamika kelompok, dan unsur-unsur utama suasana kelompok, tujuan, fungsi, komponen dan asas-asas BKp, Karakteristik, keterampilan dan peran PK, persamaan dan perbedaan BKp dengan KKp, teknik-teknik BKp dan tahapan-tahapan BKp.
Learning OutcomesSetelah lulus mata kuliah ini, mahasiswa memiliki kemampuan untuk memahami dan melaksanakan kegiatan BKp
ReferencesPrayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nurihsan, Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.
-----------, (2001). Panduan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
-----------, (2004). Seri Layanan Konseling Layanan Bimbingan Konseling Kelompok. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas IlmuPendidikan Universitas Negeri Padang.
Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sukardi, Ketut Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching.
Winkel W.S dan Sri Hastuti. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Wibowo, Eddy Mungin. 2004. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: LPMP
Details ...
Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah pokok yang membahas tentang konsep BKp, proses terbentuknya kelompok, dinamika kelompok, dan unsur-unsur utama suasana kelompok, tujuan, fungsi, komponen dan asas-asas BKp, Karakteristik, keterampilan dan peran PK, persamaan dan perbedaan BKp dengan KKp, teknik-teknik BKp dan tahapan-tahapan BKp.
Learning OutcomesSetelah lulus mata kuliah ini, mahasiswa memiliki kemampuan untuk memahami dan melaksanakan kegiatan BKp
ReferencesPrayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nurihsan, Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.
-----------, (2001). Panduan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
-----------, (2004). Seri Layanan Konseling Layanan Bimbingan Konseling Kelompok. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas IlmuPendidikan Universitas Negeri Padang.
Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sukardi, Ketut Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching.
Winkel W.S dan Sri Hastuti. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Wibowo, Eddy Mungin. 2004. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: LPMP
Details ...
Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah pokok yang membahas tentang konsep BKp, proses terbentuknya kelompok, dinamika kelompok, dan unsur-unsur utama suasana kelompok, tujuan, fungsi, komponen dan asas-asas BKp, Karakteristik, keterampilan dan peran PK, persamaan dan perbedaan BKp dengan KKp, teknik-teknik BKp dan tahapan-tahapan BKp.
Learning OutcomesSetelah lulus mata kuliah ini, mahasiswa memiliki kemampuan untuk memahami dan melaksanakan kegiatan BKp
ReferencesPrayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nurihsan, Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.
-----------, (2001). Panduan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
-----------, (2004). Seri Layanan Konseling Layanan Bimbingan Konseling Kelompok. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas IlmuPendidikan Universitas Negeri Padang.
Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sukardi, Ketut Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching.
Winkel W.S dan Sri Hastuti. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Wibowo, Eddy Mungin. 2004. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: LPMP
Details ...