Bimbingan Kelompok , Curriculum : 2015


Courser in EnglishGroup Guidance
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS2 SKS
RPS21 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah bimbingan kelompok ini  merupakan matakuliah wajib yang ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berisi tentang konsep BKp, proses terbentuknya kelompok, dinamika kelompok, dan unsur-unsur utama suasana kelompok, tujuan, fungsi, komponen dan asas-asas BKp, Karakteristik, keterampilan dan peran PK, persamaan dan perbedaan BKp dengan KKp, teknik-teknik BKp, tahapan-tahapan BKp dan menyusun RPL BKp.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran (CP)

 

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

 

 

CPL1 (S6)

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

 

CPL2 (S8)

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

 

CPL3 (P4)

Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan.

 

CPL4 (P8)

Menguasai pendekatan, prosedur, metode dan teknik bimbingan secara individual, kelompok dan klasikal maupun antar kelas.

 

CPL5 (KU2)

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

 

CPL6 (KK5)

Terampil merancang pelayanan bimbingan dan konseling dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan.

 

CPL7 (KK8)

Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program

 bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan.

 

CPL8 (KK10)

Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan.

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

 

CPMK1

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (CPL1).

 

CPMK2

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam layanan Bimbingan Kelompok (CPL2).

 

CPMK3

Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan kelompok (CPL3).

 

CPMK4

Menguasai pendekatan, prosedur, metode dan teknik bimbingan kelompok (CPL4).

 

CPMK5

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bimbingan kelompok  (CPL5).

 

CPMK6

Terampil merancang pelayanan bimbingan dan konseling dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan (CPL6).

 

CPMK7

Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program

 bimbingan kelompok (CPL7).

 

CPMK8

Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan dalam layanan Bimbingan Kelompok (CPL8).

 

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub- CPMK)

 

 

Sub-CPMK1

Mampu menjelaskan Konsep Dasar Bimbingan Kelompok (C2, A3) (CPL3)

 

Sub-CPMK2

Mampu menguraikan Proses terbentuknya kelompok (C4, A4) (CPL1, CPL2)

 

 

Sub-CPMK3

Mampu menerapkan Dinamika Kelompok dalam BKp (C3, A4) (CPL4)

 

 

Sub-CPMK4

Mampu menerapkan Pemimpin Kelompok (PK) dalam BKp (C4, A5) (CPL5)

 

 

Sub-CPMK5

Mampu membandingkan Persamaan BKp dengan KKp dan Perbedaan BKp dengan KKp (C5, A5) (CPL3)

 

 

Sub-CPMK6

Mampu menerapkan Prosedur dan Teknik bimbingan kelompok: diskusi kelompok, Role playing, home room yang terdiri dari: a). Pengertian/ konsep, b).Prosedur (cara pelaksanaan), dan c). Kekurangan dan kelebihan (CPL6)

 

 

Sub-CPMK7

Mampu merinci jenis-jenis BKp (C4, A4) (CPL4, CPL5)

 

 

Sub-CPMK8

Mampu menguraikan tahap-tahap dalam pelaksanaan BKp (C4, A5) (CPL5, CPL6)

 

 

Sub-CPMK9

Mampu Membuat Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) BKp (C6, A5) (CPL7, CPL8)

 

 

Korelasi CPMK terhadap Sub-CPMK

 

 

 

Sub-CPMK1

Sub-CPMK2

Sub-CPMK3

Sub-CPMK4

Sub-CPMK5

Sub-CPMK6

Sub-CPMK7

Sub-CPMK8

Sub-CPMK9

CPMK1

 

 

 

 

 

 

 

 

CPMK2

 

 

 

 

 

 

 

 

CPMK3

√ 

 

 

 

 

 

 

 

CPMK4

 

 

 

 

 

 

 

 

CPMK5

 

 

 

 

 

 

CPMK6

 

 

 

 

 

 

 

CPMK7

 

 

 

 

 

 

 

 

CPMK8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

References

Pustaka

Utama

 

  1. Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.
  2.  Nurihsan, Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.
  3.  -----------, (2001). Panduan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
  4.  -----------, (2004). Seri Layanan Konseling Layanan Bimbingan Konseling Kelompok. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas IlmuPendidikan Universitas Negeri Padang.
  5. Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
  6. Sukardi, Ketut Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching.
  7. Winkel W.S dan Sri Hastuti. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
  8. Wibowo, Eddy Mungin. 2004. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: LPMP

Pendukung

 

  1. Jurnal.
  2. Artikel


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah bimbingan kelompok ini  merupakan matakuliah wajib yang ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berisi tentang konsep BKp, proses terbentuknya kelompok, dinamika kelompok, dan unsur-unsur utama suasana kelompok, tujuan, fungsi, komponen dan asas-asas BKp, Karakteristik, keterampilan dan peran PK, persamaan dan perbedaan BKp dengan KKp, teknik-teknik BKp, tahapan-tahapan BKp dan menyusun RPL BKp.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran (CP)

 

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

 

 

CPL1 (S6)

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

 

CPL2 (S8)

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

 

CPL3 (P4)

Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan.

 

CPL4 (P8)

Menguasai pendekatan, prosedur, metode dan teknik bimbingan secara individual, kelompok dan klasikal maupun antar kelas.

 

CPL5 (KU2)

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

 

CPL6 (KK5)

Terampil merancang pelayanan bimbingan dan konseling dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan.

 

CPL7 (KK8)

Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program

 bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan.

 

CPL8 (KK10)

Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan.

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

 

CPMK1

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (CPL1).

 

CPMK2

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam layanan Bimbingan Kelompok (CPL2).

 

CPMK3

Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan kelompok (CPL3).

 

CPMK4

Menguasai pendekatan, prosedur, metode dan teknik bimbingan kelompok (CPL4).

 

CPMK5

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bimbingan kelompok  (CPL5).

 

CPMK6

Terampil merancang pelayanan bimbingan dan konseling dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan (CPL6).

 

CPMK7

Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program

 bimbingan kelompok (CPL7).

 

CPMK8

Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan dalam layanan Bimbingan Kelompok (CPL8).

 

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub- CPMK)

 

 

Sub-CPMK1

Mampu menjelaskan Konsep Dasar Bimbingan Kelompok (C2, A3) (CPL3)

 

Sub-CPMK2

Mampu menguraikan Proses terbentuknya kelompok (C4, A4) (CPL1, CPL2)

 

 

Sub-CPMK3

Mampu menerapkan Dinamika Kelompok dalam BKp (C3, A4) (CPL4)

 

 

Sub-CPMK4

Mampu menerapkan Pemimpin Kelompok (PK) dalam BKp (C4, A5) (CPL5)

 

 

Sub-CPMK5

Mampu membandingkan Persamaan BKp dengan KKp dan Perbedaan BKp dengan KKp (C5, A5) (CPL3)

 

 

Sub-CPMK6

Mampu menerapkan Prosedur dan Teknik bimbingan kelompok: diskusi kelompok, Role playing, home room yang terdiri dari: a). Pengertian/ konsep, b).Prosedur (cara pelaksanaan), dan c). Kekurangan dan kelebihan (CPL6)

 

 

Sub-CPMK7

Mampu merinci jenis-jenis BKp (C4, A4) (CPL4, CPL5)

 

 

Sub-CPMK8

Mampu menguraikan tahap-tahap dalam pelaksanaan BKp (C4, A5) (CPL5, CPL6)

 

 

Sub-CPMK9

Mampu Membuat Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) BKp (C6, A5) (CPL7, CPL8)

 

 

Korelasi CPMK terhadap Sub-CPMK

 

 

 

Sub-CPMK1

Sub-CPMK2

Sub-CPMK3

Sub-CPMK4

Sub-CPMK5

Sub-CPMK6

Sub-CPMK7

Sub-CPMK8

Sub-CPMK9

CPMK1

 

 

 

 

 

 

 

 

CPMK2

 

 

 

 

 

 

 

 

CPMK3

√ 

 

 

 

 

 

 

 

CPMK4

 

 

 

 

 

 

 

 

CPMK5

 

 

 

 

 

 

CPMK6

 

 

 

 

 

 

 

CPMK7

 

 

 

 

 

 

 

 

CPMK8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

References

Pustaka

Utama

 

  1. Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.
  2.  Nurihsan, Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.
  3.  -----------, (2001). Panduan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
  4.  -----------, (2004). Seri Layanan Konseling Layanan Bimbingan Konseling Kelompok. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas IlmuPendidikan Universitas Negeri Padang.
  5. Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
  6. Sukardi, Ketut Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching.
  7. Winkel W.S dan Sri Hastuti. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
  8. Wibowo, Eddy Mungin. 2004. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: LPMP

Pendukung

 

  1. Jurnal.
  2. Artikel


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah bimbingan kelompok ini  merupakan matakuliah wajib yang ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berisi tentang konsep BKp, proses terbentuknya kelompok, dinamika kelompok, dan unsur-unsur utama suasana kelompok, tujuan, fungsi, komponen dan asas-asas BKp, Karakteristik, keterampilan dan peran PK, persamaan dan perbedaan BKp dengan KKp, teknik-teknik BKp, tahapan-tahapan BKp dan menyusun RPL BKp.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran (CP)

 

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

 

 

CPL1 (S6)

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

 

CPL2 (S8)

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

 

CPL3 (P4)

Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan.

 

CPL4 (P8)

Menguasai pendekatan, prosedur, metode dan teknik bimbingan secara individual, kelompok dan klasikal maupun antar kelas.

 

CPL5 (KU2)

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

 

CPL6 (KK5)

Terampil merancang pelayanan bimbingan dan konseling dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan.

 

CPL7 (KK8)

Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program

 bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan.

 

CPL8 (KK10)

Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan.

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

 

CPMK1

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (CPL1).

 

CPMK2

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam layanan Bimbingan Kelompok (CPL2).

 

CPMK3

Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan kelompok (CPL3).

 

CPMK4

Menguasai pendekatan, prosedur, metode dan teknik bimbingan kelompok (CPL4).

 

CPMK5

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bimbingan kelompok  (CPL5).

 

CPMK6

Terampil merancang pelayanan bimbingan dan konseling dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan (CPL6).

 

CPMK7

Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program

 bimbingan kelompok (CPL7).

 

CPMK8

Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan dalam layanan Bimbingan Kelompok (CPL8).

 

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub- CPMK)

 

 

Sub-CPMK1

Mampu menjelaskan Konsep Dasar Bimbingan Kelompok (C2, A3) (CPL3)

 

Sub-CPMK2

Mampu menguraikan Proses terbentuknya kelompok (C4, A4) (CPL1, CPL2)

 

 

Sub-CPMK3

Mampu menerapkan Dinamika Kelompok dalam BKp (C3, A4) (CPL4)

 

 

Sub-CPMK4

Mampu menerapkan Pemimpin Kelompok (PK) dalam BKp (C4, A5) (CPL5)

 

 

Sub-CPMK5

Mampu membandingkan Persamaan BKp dengan KKp dan Perbedaan BKp dengan KKp (C5, A5) (CPL3)

 

 

Sub-CPMK6

Mampu menerapkan Prosedur dan Teknik bimbingan kelompok: diskusi kelompok, Role playing, home room yang terdiri dari: a). Pengertian/ konsep, b).Prosedur (cara pelaksanaan), dan c). Kekurangan dan kelebihan (CPL6)

 

 

Sub-CPMK7

Mampu merinci jenis-jenis BKp (C4, A4) (CPL4, CPL5)

 

 

Sub-CPMK8

Mampu menguraikan tahap-tahap dalam pelaksanaan BKp (C4, A5) (CPL5, CPL6)

 

 

Sub-CPMK9

Mampu Membuat Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) BKp (C6, A5) (CPL7, CPL8)

 

 

Korelasi CPMK terhadap Sub-CPMK

 

 

 

Sub-CPMK1

Sub-CPMK2

Sub-CPMK3

Sub-CPMK4

Sub-CPMK5

Sub-CPMK6

Sub-CPMK7

Sub-CPMK8

Sub-CPMK9

CPMK1

 

 

 

 

 

 

 

 

CPMK2

 

 

 

 

 

 

 

 

CPMK3

√ 

 

 

 

 

 

 

 

CPMK4

 

 

 

 

 

 

 

 

CPMK5

 

 

 

 

 

 

CPMK6

 

 

 

 

 

 

 

CPMK7

 

 

 

 

 

 

 

 

CPMK8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

References

Pustaka

Utama

 

  1. Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.
  2.  Nurihsan, Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.
  3.  -----------, (2001). Panduan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
  4.  -----------, (2004). Seri Layanan Konseling Layanan Bimbingan Konseling Kelompok. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas IlmuPendidikan Universitas Negeri Padang.
  5. Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
  6. Sukardi, Ketut Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching.
  7. Winkel W.S dan Sri Hastuti. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
  8. Wibowo, Eddy Mungin. 2004. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: LPMP

Pendukung

 

  1. Jurnal.
  2. Artikel


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah bimbingan kelompok ini  merupakan matakuliah wajib yang ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berisi tentang konsep BKp, proses terbentuknya kelompok, dinamika kelompok, dan unsur-unsur utama suasana kelompok, tujuan, fungsi, komponen dan asas-asas BKp, Karakteristik, keterampilan dan peran PK, persamaan dan perbedaan BKp dengan KKp, teknik-teknik BKp, tahapan-tahapan BKp dan menyusun RPL BKp.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran (CP)

 

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

 

 

CPL1 (S6)

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

 

CPL2 (S8)

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

 

CPL3 (P4)

Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan.

 

CPL4 (P8)

Menguasai pendekatan, prosedur, metode dan teknik bimbingan secara individual, kelompok dan klasikal maupun antar kelas.

 

CPL5 (KU2)

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

 

CPL6 (KK5)

Terampil merancang pelayanan bimbingan dan konseling dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan.

 

CPL7 (KK8)

Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program

 bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan.

 

CPL8 (KK10)

Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan.

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

 

CPMK1

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (CPL1).

 

CPMK2

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam layanan Bimbingan Kelompok (CPL2).

 

CPMK3

Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan kelompok (CPL3).

 

CPMK4

Menguasai pendekatan, prosedur, metode dan teknik bimbingan kelompok (CPL4).

 

CPMK5

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bimbingan kelompok  (CPL5).

 

CPMK6

Terampil merancang pelayanan bimbingan dan konseling dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan (CPL6).

 

CPMK7

Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program

 bimbingan kelompok (CPL7).

 

CPMK8

Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan dalam layanan Bimbingan Kelompok (CPL8).

 

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub- CPMK)

 

 

Sub-CPMK1

Mampu menjelaskan Konsep Dasar Bimbingan Kelompok (C2, A3) (CPL3)

 

Sub-CPMK2

Mampu menguraikan Proses terbentuknya kelompok (C4, A4) (CPL1, CPL2)

 

 

Sub-CPMK3

Mampu menerapkan Dinamika Kelompok dalam BKp (C3, A4) (CPL4)

 

 

Sub-CPMK4

Mampu menerapkan Pemimpin Kelompok (PK) dalam BKp (C4, A5) (CPL5)

 

 

Sub-CPMK5

Mampu membandingkan Persamaan BKp dengan KKp dan Perbedaan BKp dengan KKp (C5, A5) (CPL3)

 

 

Sub-CPMK6

Mampu menerapkan Prosedur dan Teknik bimbingan kelompok: diskusi kelompok, Role playing, home room yang terdiri dari: a). Pengertian/ konsep, b).Prosedur (cara pelaksanaan), dan c). Kekurangan dan kelebihan (CPL6)

 

 

Sub-CPMK7

Mampu merinci jenis-jenis BKp (C4, A4) (CPL4, CPL5)

 

 

Sub-CPMK8

Mampu menguraikan tahap-tahap dalam pelaksanaan BKp (C4, A5) (CPL5, CPL6)

 

 

Sub-CPMK9

Mampu Membuat Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) BKp (C6, A5) (CPL7, CPL8)

 

 

Korelasi CPMK terhadap Sub-CPMK

 

 

 

Sub-CPMK1

Sub-CPMK2

Sub-CPMK3

Sub-CPMK4

Sub-CPMK5

Sub-CPMK6

Sub-CPMK7

Sub-CPMK8

Sub-CPMK9

CPMK1

 

 

 

 

 

 

 

 

CPMK2

 

 

 

 

 

 

 

 

CPMK3

√ 

 

 

 

 

 

 

 

CPMK4

 

 

 

 

 

 

 

 

CPMK5

 

 

 

 

 

 

CPMK6

 

 

 

 

 

 

 

CPMK7

 

 

 

 

 

 

 

 

CPMK8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

References

Pustaka

Utama

 

  1. Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.
  2.  Nurihsan, Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.
  3.  -----------, (2001). Panduan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
  4.  -----------, (2004). Seri Layanan Konseling Layanan Bimbingan Konseling Kelompok. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas IlmuPendidikan Universitas Negeri Padang.
  5. Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
  6. Sukardi, Ketut Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching.
  7. Winkel W.S dan Sri Hastuti. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
  8. Wibowo, Eddy Mungin. 2004. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: LPMP

Pendukung

 

  1. Jurnal.
  2. Artikel


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah bimbingan kelompok ini  merupakan matakuliah wajib yang ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berisi tentang konsep BKp, proses terbentuknya kelompok, dinamika kelompok, dan unsur-unsur utama suasana kelompok, tujuan, fungsi, komponen dan asas-asas BKp, Karakteristik, keterampilan dan peran PK, persamaan dan perbedaan BKp dengan KKp, teknik-teknik BKp, tahapan-tahapan BKp dan menyusun RPL BKp.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran (CP)

 

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

 

 

CPL1 (S6)

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

 

CPL2 (S8)

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

 

CPL3 (P4)

Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan.

 

CPL4 (P8)

Menguasai pendekatan, prosedur, metode dan teknik bimbingan secara individual, kelompok dan klasikal maupun antar kelas.

 

CPL5 (KU2)

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

 

CPL6 (KK5)

Terampil merancang pelayanan bimbingan dan konseling dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan.

 

CPL7 (KK8)

Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program

 bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan.

 

CPL8 (KK10)

Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan.

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

 

CPMK1

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (CPL1).

 

CPMK2

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam layanan Bimbingan Kelompok (CPL2).

 

CPMK3

Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan kelompok (CPL3).

 

CPMK4

Menguasai pendekatan, prosedur, metode dan teknik bimbingan kelompok (CPL4).

 

CPMK5

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bimbingan kelompok  (CPL5).

 

CPMK6

Terampil merancang pelayanan bimbingan dan konseling dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan (CPL6).

 

CPMK7

Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program

 bimbingan kelompok (CPL7).

 

CPMK8

Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan dalam layanan Bimbingan Kelompok (CPL8).

 

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub- CPMK)

 

 

Sub-CPMK1

Mampu menjelaskan Konsep Dasar Bimbingan Kelompok (C2, A3) (CPL3)

 

Sub-CPMK2

Mampu menguraikan Proses terbentuknya kelompok (C4, A4) (CPL1, CPL2)

 

 

Sub-CPMK3

Mampu menerapkan Dinamika Kelompok dalam BKp (C3, A4) (CPL4)

 

 

Sub-CPMK4

Mampu menerapkan Pemimpin Kelompok (PK) dalam BKp (C4, A5) (CPL5)

 

 

Sub-CPMK5

Mampu membandingkan Persamaan BKp dengan KKp dan Perbedaan BKp dengan KKp (C5, A5) (CPL3)

 

 

Sub-CPMK6

Mampu menerapkan Prosedur dan Teknik bimbingan kelompok: diskusi kelompok, Role playing, home room yang terdiri dari: a). Pengertian/ konsep, b).Prosedur (cara pelaksanaan), dan c). Kekurangan dan kelebihan (CPL6)

 

 

Sub-CPMK7

Mampu merinci jenis-jenis BKp (C4, A4) (CPL4, CPL5)

 

 

Sub-CPMK8

Mampu menguraikan tahap-tahap dalam pelaksanaan BKp (C4, A5) (CPL5, CPL6)

 

 

Sub-CPMK9

Mampu Membuat Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) BKp (C6, A5) (CPL7, CPL8)

 

 

Korelasi CPMK terhadap Sub-CPMK

 

 

 

Sub-CPMK1

Sub-CPMK2

Sub-CPMK3

Sub-CPMK4

Sub-CPMK5

Sub-CPMK6

Sub-CPMK7

Sub-CPMK8

Sub-CPMK9

CPMK1

 

 

 

 

 

 

 

 

CPMK2

 

 

 

 

 

 

 

 

CPMK3

√ 

 

 

 

 

 

 

 

CPMK4

 

 

 

 

 

 

 

 

CPMK5

 

 

 

 

 

 

CPMK6

 

 

 

 

 

 

 

CPMK7

 

 

 

 

 

 

 

 

CPMK8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

References

Pustaka

Utama

 

  1. Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.
  2.  Nurihsan, Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.
  3.  -----------, (2001). Panduan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
  4.  -----------, (2004). Seri Layanan Konseling Layanan Bimbingan Konseling Kelompok. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas IlmuPendidikan Universitas Negeri Padang.
  5. Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
  6. Sukardi, Ketut Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching.
  7. Winkel W.S dan Sri Hastuti. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
  8. Wibowo, Eddy Mungin. 2004. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: LPMP

Pendukung

 

  1. Jurnal.
  2. Artikel


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah pokok yang membahas tentang konsep BKp, proses terbentuknya kelompok, dinamika  kelompok, dan unsur-unsur utama suasana kelompok, tujuan, fungsi, komponen dan asas-asas BKp, Karakteristik, keterampilan dan peran PK, persamaan dan perbedaan BKp dengan KKp, teknik-teknik BKp dan tahapan-tahapan BKp.

Learning Outcomes

Setelah lulus mata kuliah ini, mahasiswa memiliki kemampuan untuk memahami dan melaksanakan kegiatan BKp

References

Referensi

Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nurihsan, Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.

-----------, (2001). Panduan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

-----------, (2004). Seri Layanan Konseling Layanan Bimbingan Konseling Kelompok. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas IlmuPendidikan Universitas Negeri Padang.

Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sukardi, Ketut Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching.

Winkel W.S dan Sri Hastuti. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Wibowo, Eddy Mungin. 2004. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: LPMP


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah pokok yang membahas tentang konsep BKp, proses terbentuknya kelompok, dinamika  kelompok, dan unsur-unsur utama suasana kelompok, tujuan, fungsi, komponen dan asas-asas BKp, Karakteristik, keterampilan dan peran PK, persamaan dan perbedaan BKp dengan KKp, teknik-teknik BKp dan tahapan-tahapan BKp.

Learning Outcomes

Setelah lulus mata kuliah ini, mahasiswa memiliki kemampuan untuk memahami dan melaksanakan kegiatan BKp

References

Referensi

Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nurihsan, Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.

-----------, (2001). Panduan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

-----------, (2004). Seri Layanan Konseling Layanan Bimbingan Konseling Kelompok. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas IlmuPendidikan Universitas Negeri Padang.

Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sukardi, Ketut Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching.

Winkel W.S dan Sri Hastuti. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Wibowo, Eddy Mungin. 2004. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: LPMP


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah pokok yang membahas tentang konsep BKp, proses terbentuknya kelompok, dinamika  kelompok, dan unsur-unsur utama suasana kelompok, tujuan, fungsi, komponen dan asas-asas BKp, Karakteristik, keterampilan dan peran PK, persamaan dan perbedaan BKp dengan KKp, teknik-teknik BKp dan tahapan-tahapan BKp.

Learning Outcomes

Setelah lulus mata kuliah ini, mahasiswa memiliki kemampuan untuk memahami dan melaksanakan kegiatan BKp

References

Referensi

Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nurihsan, Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.

-----------, (2001). Panduan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

-----------, (2004). Seri Layanan Konseling Layanan Bimbingan Konseling Kelompok. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas IlmuPendidikan Universitas Negeri Padang.

Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sukardi, Ketut Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching.

Winkel W.S dan Sri Hastuti. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Wibowo, Eddy Mungin. 2004. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: LPMP


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah pokok yang membahas tentang konsep BKp, proses terbentuknya kelompok, dinamika  kelompok, dan unsur-unsur utama suasana kelompok, tujuan, fungsi, komponen dan asas-asas BKp, Karakteristik, keterampilan dan peran PK, persamaan dan perbedaan BKp dengan KKp, teknik-teknik BKp dan tahapan-tahapan BKp.

Learning Outcomes

Setelah lulus mata kuliah ini, mahasiswa memiliki kemampuan untuk memahami dan melaksanakan kegiatan BKp

References

Referensi

Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nurihsan, Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.

-----------, (2001). Panduan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

-----------, (2004). Seri Layanan Konseling Layanan Bimbingan Konseling Kelompok. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas IlmuPendidikan Universitas Negeri Padang.

Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sukardi, Ketut Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching.

Winkel W.S dan Sri Hastuti. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Wibowo, Eddy Mungin. 2004. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: LPMP


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah pokok yang membahas tentang konsep BKp, proses terbentuknya kelompok, dinamika  kelompok, dan unsur-unsur utama suasana kelompok, tujuan, fungsi, komponen dan asas-asas BKp, Karakteristik, keterampilan dan peran PK, persamaan dan perbedaan BKp dengan KKp, teknik-teknik BKp dan tahapan-tahapan BKp.

Learning Outcomes

Setelah lulus mata kuliah ini, mahasiswa memiliki kemampuan untuk memahami dan melaksanakan kegiatan BKp

References

Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nurihsan, Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.

-----------, (2001). Panduan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

-----------, (2004). Seri Layanan Konseling Layanan Bimbingan Konseling Kelompok. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas IlmuPendidikan Universitas Negeri Padang.

Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sukardi, Ketut Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching.

Winkel W.S dan Sri Hastuti. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Wibowo, Eddy Mungin. 2004. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: LPMP


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah pokok yang membahas tentang konsep BKp, proses terbentuknya kelompok, dinamika  kelompok, dan unsur-unsur utama suasana kelompok, tujuan, fungsi, komponen dan asas-asas BKp, Karakteristik, keterampilan dan peran PK, persamaan dan perbedaan BKp dengan KKp, teknik-teknik BKp dan tahapan-tahapan BKp.

Learning Outcomes

Setelah lulus mata kuliah ini, mahasiswa memiliki kemampuan untuk memahami dan melaksanakan kegiatan BKp

References

Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nurihsan, Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.

-----------, (2001). Panduan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

-----------, (2004). Seri Layanan Konseling Layanan Bimbingan Konseling Kelompok. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas IlmuPendidikan Universitas Negeri Padang.

Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sukardi, Ketut Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching.

Winkel W.S dan Sri Hastuti. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Wibowo, Eddy Mungin. 2004. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: LPMP


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah pokok yang membahas tentang konsep BKp, proses terbentuknya kelompok, dinamika  kelompok, dan unsur-unsur utama suasana kelompok, tujuan, fungsi, komponen dan asas-asas BKp, Karakteristik, keterampilan dan peran PK, persamaan dan perbedaan BKp dengan KKp, teknik-teknik BKp dan tahapan-tahapan BKp.

Learning Outcomes

Setelah lulus mata kuliah ini, mahasiswa memiliki kemampuan untuk memahami dan melaksanakan kegiatan BKp

References

Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nurihsan, Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.

-----------, (2001). Panduan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

-----------, (2004). Seri Layanan Konseling Layanan Bimbingan Konseling Kelompok. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas IlmuPendidikan Universitas Negeri Padang.

Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sukardi, Ketut Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching.

Winkel W.S dan Sri Hastuti. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Wibowo, Eddy Mungin. 2004. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: LPMP


Details ...