Courser in English | Group Guidance |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 21 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah pokok yang membahas tentang konsep BKp, proses terbentuknya kelompok, dinamika kelompok, dan unsur-unsur utama suasana kelompok, tujuan, fungsi, komponen dan asas-asas BKp, Karakteristik, keterampilan dan peran PK, persamaan dan perbedaan BKp dengan KKp, teknik-teknik BKp dan tahapan-tahapan BKp.
Learning OutcomesSetelah lulus mata kuliah ini, mahasiswa memiliki kemampuan untuk memahami dan melaksanakan kegiatan BKp
ReferencesPrayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nurihsan, Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.
-----------, (2001). Panduan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
-----------, (2004). Seri Layanan Konseling Layanan Bimbingan Konseling Kelompok. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas IlmuPendidikan Universitas Negeri Padang.
Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sukardi, Ketut Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching.
Winkel W.S dan Sri Hastuti. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Wibowo, Eddy Mungin. 2004. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: LPMP
Details ...
Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah pokok yang membahas tentang konsep BKp, proses terbentuknya kelompok, dinamika kelompok, dan unsur-unsur utama suasana kelompok, tujuan, fungsi, komponen dan asas-asas BKp, Karakteristik, keterampilan dan peran PK, persamaan dan perbedaan BKp dengan KKp, teknik-teknik BKp dan tahapan-tahapan BKp.
Learning OutcomesSetelah lulus mata kuliah ini, mahasiswa memiliki kemampuan untuk memahami dan melaksanakan kegiatan BKp
ReferencesBuku/bacaan pokok dalam perkuliahan ini adalah:
Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nurihsan, Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.
-----------, (2001). Panduan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
-----------, (2004). Seri Layanan Konseling Layanan Bimbingan Konseling Kelompok. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas IlmuPendidikan Universitas Negeri Padang.
Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sukardi, Ketut Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching.
Winkel W.S dan Sri Hastuti. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Wibowo, Eddy Mungin. 2004. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: LPMP
Details ...
Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah pokok yang membahas tentang konsep BKp, proses terbentuknya kelompok, dinamika kelompok, dan unsur-unsur utama suasana kelompok, tujuan, fungsi, komponen dan asas-asas BKp, Karakteristik, keterampilan dan peran PK, persamaan dan perbedaan BKp dengan KKp, teknik-teknik BKp dan tahapan-tahapan BKp.
Learning OutcomesSetelah lulus mata kuliah ini, mahasiswa memiliki kemampuan untuk memahami dan melaksanakan kegiatan BKp
ReferencesBuku/bacaan pokok dalam perkuliahan ini adalah:
Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nurihsan, Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.
-----------, (2001). Panduan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
-----------, (2004). Seri Layanan Konseling Layanan Bimbingan Konseling Kelompok. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas IlmuPendidikan Universitas Negeri Padang.
Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sukardi, Ketut Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching.
Winkel W.S dan Sri Hastuti. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Wibowo, Eddy Mungin. 2004. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: LPMP
Details ...
Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah pokok yang membahas tentang konsep BKp, proses terbentuknya kelompok, dinamika kelompok, dan unsur-unsur utama suasana kelompok, tujuan, fungsi, komponen dan asas-asas BKp, Karakteristik, keterampilan dan peran PK, persamaan dan perbedaan BKp dengan KKp, teknik-teknik BKp dan tahapan-tahapan BKp.
Learning OutcomesSetelah lulus mata kuliah ini, mahasiswa memiliki kemampuan untuk memahami dan melaksanakan kegiatan BKp
ReferencesBuku/bacaan pokok dalam perkuliahan ini adalah:
Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nurihsan, Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.
-----------, (2001). Panduan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
-----------, (2004). Seri Layanan Konseling Layanan Bimbingan Konseling Kelompok. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas IlmuPendidikan Universitas Negeri Padang.
Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sukardi, Ketut Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching.
Winkel W.S dan Sri Hastuti. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Wibowo, Eddy Mungin. 2004. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: LPMP
Details ...
Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah pokok yang membahas tentang konsep BKp, proses terbentuknya kelompok, dinamika kelompok, dan unsur-unsur utama suasana kelompok, tujuan, fungsi, komponen dan asas-asas BKp, Karakteristik, keterampilan dan peran PK, persamaan dan perbedaan BKp dengan KKp, teknik-teknik BKp dan tahapan-tahapan BKp.
Learning OutcomesSetelah lulus mata kuliah ini, mahasiswa memiliki kemampuan untuk memahami dan melaksanakan kegiatan BKp
ReferencesBuku/bacaan pokok dalam perkuliahan ini adalah:
Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nurihsan, Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.
-----------, (2001). Panduan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
-----------, (2004). Seri Layanan Konseling Layanan Bimbingan Konseling Kelompok. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas IlmuPendidikan Universitas Negeri Padang.
Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sukardi, Ketut Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching.
Winkel W.S dan Sri Hastuti. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Wibowo, Eddy Mungin. 2004. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: LPMP
Details ...
Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah pokok yang membahas tentang konsep BKp, proses terbentuknya kelompok, dinamika kelompok, dan unsur-unsur utama suasana kelompok, tujuan, fungsi, komponen dan asas-asas BKp, Karakteristik, keterampilan dan peran PK, persamaan dan perbedaan BKp dengan KKp, teknik-teknik BKp dan tahapan-tahapan BKp.
Setelah lulus mata kuliah ini, mahasiswa memiliki kemampuan untuk memahami dan melaksanakan kegiatan BKp
Buku/bacaan pokok dalam perkuliahan ini adalah:
Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nurihsan, Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.
-----------, (2001). Panduan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
-----------, (2004). Seri Layanan Konseling Layanan Bimbingan Konseling Kelompok. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas IlmuPendidikan Universitas Negeri Padang.
Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sukardi, Ketut Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching.
Winkel W.S dan Sri Hastuti. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Wibowo, Eddy Mungin. 2004. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: LPMP
Details ...
Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah pokok yang membahas tentang konsep BKp, proses terbentuknya kelompok, dinamika kelompok, dan unsur-unsur utama suasana kelompok, tujuan, fungsi, komponen dan asas-asas BKp, Karakteristik, keterampilan dan peran PK, persamaan dan perbedaan BKp dengan KKp, teknik-teknik BKp dan tahapan-tahapan BKp.
Setelah lulus mata kuliah ini, mahasiswa memiliki kemampuan untuk memahami dan melaksanakan kegiatan BKp
Buku/bacaan pokok dalam perkuliahan ini adalah:
Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nurihsan, Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.
-----------, (2001). Panduan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
-----------, (2004). Seri Layanan Konseling Layanan Bimbingan Konseling Kelompok. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas IlmuPendidikan Universitas Negeri Padang.
Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sukardi, Ketut Dewa. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Quantum Teaching.
Winkel W.S dan Sri Hastuti. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Wibowo, Eddy Mungin. 2004. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Semarang: LPMP
Details ...