Metode Penelitian Kuantitatif, Curriculum : 2015


Courser in EnglishQUANTITATIVE RESEARCH METHODS
ProgramPendidikan Matematika
SKS2 SKS
RPS19 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Kajian mata kuliah ini meliputi konsep, karakteristik, dan teknik  metode ilmiah, alamiah, penelitian dan pengembangan serta penelitian dengan metode gabungan (mixed methode), dan dapat menerapkannya dalam menyelesaikan/ memecahkan masalah melalui kegiatan penelitian yang diujudkan dalam tugas akhir (skripsi)

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai
  • Percaya akan keagungan Tuhan atas alam dan seisinya.
  • Berkarya dengan menjunjung tinggi norma dan etika.
  • Bekerja dengan teliti, dan sungguh-sungguh.
  • Menghargai keberagaman pandangan/ pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  • Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial.
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.              
  1. Keterampilan Umum
  • Mampu mengidentifikasi masalah yang menjadi obyek penelitian, dan menjadikan objek penelitian.
  • Mampu melaksanakan dan mengembangkan penelitian pendidikan matematika.
  1. Penguasaan Pengetahuan
  • Menguasai teori dan konsep, serta teknis implementasinya dalam penelitian pendidikan matematika.
  • Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pendidikan matematika.
  1. Keterampilan Khusus
  • Melaksanakan penelitian pendidikan matematika pada satuan pendidikan formal maupun non formal.
  • Mampu menerapkan konsep penelitian pada bidang lain.

References

  1. Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
  2. Fraenkel & Wallen, How to Design and Evaluate Research in Education, New York: Jhon Willey & Sons, 1993.
  3. Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset, 1988.
  4. Haker, A. David; Kumara, V. & Day, George S., Marketing Research,4th edition, New York: Jhon Willey & Sons, 1998.
  5. Kerlinger, F.N., Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.
  6. Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.
  7. Moleong, L.J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
  8. Singarimbun, M. & Effendi, S., Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES, 1987.
  9. Soeratno, Metodologi Riset Khusus, Jakarta: Karunika – Universitas Terbuka, 1987.
  10. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wiriatama, Rochiati., Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.


Details ...
Course Descriptions

Kajian mata kuliah ini meliputi konsep, karakteristik, dan teknik  metode ilmiah, alamiah, penelitian dan pengembangan serta penelitian dengan metode gabungan (mixed methode), dan dapat menerapkannya dalam menyelesaikan/ memecahkan masalah melalui kegiatan penelitian yang diujudkan dalam tugas akhir (skripsi)

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai
  • Percaya akan keagungan Tuhan atas alam dan seisinya.
  • Berkarya dengan menjunjung tinggi norma dan etika.
  • Bekerja dengan teliti, dan sungguh-sungguh.
  • Menghargai keberagaman pandangan/ pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  • Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial.
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.              
  1. Keterampilan Umum
  • Mampu mengidentifikasi masalah yang menjadi obyek penelitian, dan menjadikan objek penelitian.
  • Mampu melaksanakan dan mengembangkan penelitian pendidikan matematika.
  1. Penguasaan Pengetahuan
  • Menguasai teori dan konsep, serta teknis implementasinya dalam penelitian pendidikan matematika.
  • Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pendidikan matematika.
  1. Keterampilan Khusus
  • Melaksanakan penelitian pendidikan matematika pada satuan pendidikan formal maupun non formal.
  • Mampu menerapkan konsep penelitian pada bidang lain.

References

  1. Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
  2. Fraenkel & Wallen, How to Design and Evaluate Research in Education, New York: Jhon Willey & Sons, 1993.
  3. Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset, 1988.
  4. Haker, A. David; Kumara, V. & Day, George S., Marketing Research,4th edition, New York: Jhon Willey & Sons, 1998.
  5. Kerlinger, F.N., Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.
  6. Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.
  7. Moleong, L.J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
  8. Singarimbun, M. & Effendi, S., Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES, 1987.
  9. Soeratno, Metodologi Riset Khusus, Jakarta: Karunika – Universitas Terbuka, 1987.
  10. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wiriatama, Rochiati., Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.


Details ...
Course Descriptions

Kajian mata kuliah ini meliputi konsep, karakteristik, dan teknik  metode ilmiah, alamiah, penelitian dan pengembangan serta penelitian dengan metode gabungan (mixed methode), dan dapat menerapkannya dalam menyelesaikan/ memecahkan masalah melalui kegiatan penelitian yang diujudkan dalam tugas akhir (skripsi)

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai
  • Percaya akan keagungan Tuhan atas alam dan seisinya.
  • Berkarya dengan menjunjung tinggi norma dan etika.
  • Bekerja dengan teliti, dan sungguh-sungguh.
  • Menghargai keberagaman pandangan/ pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  • Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial.
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.              
  1. Keterampilan Umum
  • Mampu mengidentifikasi masalah yang menjadi obyek penelitian, dan menjadikan objek penelitian.
  • Mampu melaksanakan dan mengembangkan penelitian pendidikan matematika.
  1. Penguasaan Pengetahuan
  • Menguasai teori dan konsep, serta teknis implementasinya dalam penelitian pendidikan matematika.
  • Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pendidikan matematika.
  1. Keterampilan Khusus
  • Melaksanakan penelitian pendidikan matematika pada satuan pendidikan formal maupun non formal.
  • Mampu menerapkan konsep penelitian pada bidang lain.

References

  1. Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
  2. Fraenkel & Wallen, How to Design and Evaluate Research in Education, New York: Jhon Willey & Sons, 1993.
  3. Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset, 1988.
  4. Haker, A. David; Kumara, V. & Day, George S., Marketing Research,4th edition, New York: Jhon Willey & Sons, 1998.
  5. Kerlinger, F.N., Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.
  6. Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.
  7. Moleong, L.J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
  8. Singarimbun, M. & Effendi, S., Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES, 1987.
  9. Soeratno, Metodologi Riset Khusus, Jakarta: Karunika – Universitas Terbuka, 1987.
  10. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wiriatama, Rochiati., Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.


Details ...
Course Descriptions

Kajian mata kuliah ini meliputi konsep, karakteristik, dan teknik  metode ilmiah, alamiah, penelitian dan pengembangan serta penelitian dengan metode gabungan (mixed methode), dan dapat menerapkannya dalam menyelesaikan/ memecahkan masalah melalui kegiatan penelitian yang diujudkan dalam tugas akhir (skripsi)

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai
  • Percaya akan keagungan Tuhan atas alam dan seisinya.
  • Berkarya dengan menjunjung tinggi norma dan etika.
  • Bekerja dengan teliti, dan sungguh-sungguh.
  • Menghargai keberagaman pandangan/ pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  • Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial.
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.              
  1. Keterampilan Umum
  • Mampu mengidentifikasi masalah yang menjadi obyek penelitian, dan menjadikan objek penelitian.
  • Mampu melaksanakan dan mengembangkan penelitian pendidikan matematika.
  1. Penguasaan Pengetahuan
  • Menguasai teori dan konsep, serta teknis implementasinya dalam penelitian pendidikan matematika.
  • Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pendidikan matematika.
  1. Keterampilan Khusus
  • Melaksanakan penelitian pendidikan matematika pada satuan pendidikan formal maupun non formal.
  • Mampu menerapkan konsep penelitian pada bidang lain.

References

  1. Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
  2. Fraenkel & Wallen, How to Design and Evaluate Research in Education, New York: Jhon Willey & Sons, 1993.
  3. Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset, 1988.
  4. Haker, A. David; Kumara, V. & Day, George S., Marketing Research,4th edition, New York: Jhon Willey & Sons, 1998.
  5. Kerlinger, F.N., Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.
  6. Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.
  7. Moleong, L.J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
  8. Singarimbun, M. & Effendi, S., Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES, 1987.
  9. Soeratno, Metodologi Riset Khusus, Jakarta: Karunika – Universitas Terbuka, 1987.
  10. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wiriatama, Rochiati., Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.


Details ...
Course Descriptions

Kajian mata kuliah ini meliputi konsep, karakteristik, dan teknik  metode ilmiah, alamiah, penelitian dan pengembangan serta penelitian dengan metode gabungan (mixed methode), dan dapat menerapkannya dalam menyelesaikan/ memecahkan masalah melalui kegiatan penelitian yang diujudkan dalam tugas akhir (skripsi)

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai
  • Percaya akan keagungan Tuhan atas alam dan seisinya.
  • Berkarya dengan menjunjung tinggi norma dan etika.
  • Bekerja dengan teliti, dan sungguh-sungguh.
  • Menghargai keberagaman pandangan/ pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  • Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial.
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.              
  1. Keterampilan Umum
  • Mampu mengidentifikasi masalah yang menjadi obyek penelitian, dan menjadikan objek penelitian.
  • Mampu melaksanakan dan mengembangkan penelitian pendidikan matematika.
  1. Penguasaan Pengetahuan
  • Menguasai teori dan konsep, serta teknis implementasinya dalam penelitian pendidikan matematika.
  • Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pendidikan matematika.
  1. Keterampilan Khusus
  • Melaksanakan penelitian pendidikan matematika pada satuan pendidikan formal maupun non formal.
  • Mampu menerapkan konsep penelitian pada bidang lain.

References

  1. Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
  2. Fraenkel & Wallen, How to Design and Evaluate Research in Education, New York: Jhon Willey & Sons, 1993.
  3. Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset, 1988.
  4. Haker, A. David; Kumara, V. & Day, George S., Marketing Research,4th edition, New York: Jhon Willey & Sons, 1998.
  5. Kerlinger, F.N., Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.
  6. Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.
  7. Moleong, L.J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
  8. Singarimbun, M. & Effendi, S., Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES, 1987.
  9. Soeratno, Metodologi Riset Khusus, Jakarta: Karunika – Universitas Terbuka, 1987.
  10. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wiriatama, Rochiati., Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.


Details ...
Course Descriptions

Kajian mata kuliah ini meliputi konsep, karakteristik, dan teknik  metode ilmiah, alamiah, penelitian dan pengembangan serta penelitian dengan metode gabungan (mixed methode), dan dapat menerapkannya dalam menyelesaikan/ memecahkan masalah melalui kegiatan penelitian yang diujudkan dalam tugas akhir (skripsi)

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai
  • Percaya akan keagungan Tuhan atas alam dan seisinya.
  • Berkarya dengan menjunjung tinggi norma dan etika.
  • Bekerja dengan teliti, dan sungguh-sungguh.
  • Menghargai keberagaman pandangan/ pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  • Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial.
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.              
  1. Keterampilan Umum
  • Mampu mengidentifikasi masalah yang menjadi obyek penelitian, dan menjadikan objek penelitian.
  • Mampu melaksanakan dan mengembangkan penelitian pendidikan matematika.
  1. Penguasaan Pengetahuan
  • Menguasai teori dan konsep, serta teknis implementasinya dalam penelitian pendidikan matematika.
  • Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pendidikan matematika.
  1. Keterampilan Khusus
  • Melaksanakan penelitian pendidikan matematika pada satuan pendidikan formal maupun non formal.
  • Mampu menerapkan konsep penelitian pada bidang lain.

References

  1. Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
  2. Fraenkel & Wallen, How to Design and Evaluate Research in Education, New York: Jhon Willey & Sons, 1993.
  3. Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset, 1988.
  4. Haker, A. David; Kumara, V. & Day, George S., Marketing Research,4th edition, New York: Jhon Willey & Sons, 1998.
  5. Kerlinger, F.N., Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.
  6. Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.
  7. Moleong, L.J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
  8. Singarimbun, M. & Effendi, S., Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES, 1987.
  9. Soeratno, Metodologi Riset Khusus, Jakarta: Karunika – Universitas Terbuka, 1987.
  10. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wiriatama, Rochiati., Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.


Details ...
Course Descriptions

Metode penelitian kuantitati membahas : konsep dasar pengetahuan, berpikir ilmiah, penelitian ilmiah, jenis-jenis penelitian, metode peneitian, variabel penelitian, perumusan masalah, hipothesis peneilian, Populasi dan sampel, Variabel dan desain penelitian, metode pengumpulan dana seta metode pengolahan data.

 

Learning Outcomes

1. Mahasiswa mampu membedakan penelitian deskriptis, korelasional, komparati, pengembangan, dan PTK

2. Mahasiswa mampu menyusun propsal penelitian kuantitati

References

-


Details ...
Course Descriptions

Metode penelitian kuantitati membahas : konsep dasar pengetahuan, berpikir ilmiah, penelitian ilmiah, jenis-jenis penelitian, metode peneitian, variabel penelitian, perumusan masalah, hipothesis peneilian, Populasi dan sampel, Variabel dan desain penelitian, metode pengumpulan dana seta metode pengolahan data.

 

Learning Outcomes

1. Mahasiswa mampu membedakan penelitian deskriptis, korelasional, komparati, pengembangan, dan PTK

2. Mahasiswa mampu menyusun propsal penelitian kuantitati

References

-


Details ...
Course Descriptions

Metode penelitian kuantitati membahas : konsep dasar pengetahuan, berpikir ilmiah, penelitian ilmiah, jenis-jenis penelitian, metode peneitian, variabel penelitian, perumusan masalah, hipothesis peneilian, Populasi dan sampel, Variabel dan desain penelitian, metode pengumpulan dana seta metode pengolahan data.

 

Learning Outcomes

1. Mahasiswa mampu membedakan penelitian deskriptis, korelasional, komparati, pengembangan, dan PTK

2. Mahasiswa mampu menyusun propsal penelitian kuantitati

References

-


Details ...
Course Descriptions

Kajian mata kuliah ini  meliputi konsep, karakteristik, dan teknik  metode ilmiah, alamiah, penelitian dan pengembangan serta penelitian dengan metode gabungan (mixed methode), dan dapat menerapkannya dalam menyelesaikan/ memecahkan masalah melalui kegiatan penelitian yang diujudkan dalam tugas akhir (skripsi)

Learning Outcomes

A. Sikap dan Tata Nilai

  1. Percaya akan keagungan Tuhan atas alam dan seisinya.
  2. Berkarya dengan menjunjung tinggi norma dan etika.
  3. Bekerja dengan teliti, dan sungguh-sungguh.
  4. Menghargai keberagaman pandangan/pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  5. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial.
  6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  7. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

 

B. Keterampilan Umum

  1. Mampu  mengidentifikasi masalah yang menjadi obyek penelitian, dan menjadikan objek penelitian.
  2. Mampu melaksanakan dan mengembangkan penelitian pendidikan matematika.

C. Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai teori dan konsep, serta teknis implementasinya dalam penelitian pendidikan matematika.
  2. Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pendidikan matematika.

D. Keterampilan Khusus

  1. Melaksanakan penelitian pendidikan matematika pada satuan pendidikan formal maupun non formal.
  2. Mampu menerapkan konsep penelitian pada bidang lain.

References

  1. Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
  2. Fraenkel & Wallen, How to Design and Evaluate Research in Education, New York: Jhon Willey & Sons, 1993.
  3. Haker, A. David; Kumara, V. & Day, George S., Marketing Research, 4th edition, New York: Jhon Willey & Sons, 1998.
  4. Kerlinger, F.N., Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.
  5. Moleong, L.J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
  6. Singarimbun, M. & Effendi, S., Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES, 1987.
  7. Soeratno, Metodologi Riset Khusus, Jakarta: Karunika – Universitas Terbuka, 1987.
  8. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
  9. Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif
  10. Wiriatama, Rochiati., Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.


Details ...
Course Descriptions

Kajian mata kuliah ini  meliputi konsep, karakteristik, dan teknik  metode ilmiah, alamiah, penelitian dan pengembangan serta penelitian dengan metode gabungan (mixed methode), dan dapat menerapkannya dalam menyelesaikan/ memecahkan masalah melalui kegiatan penelitian yang diujudkan dalam tugas akhir (skripsi)

Learning Outcomes

A. Sikap dan Tata Nilai

  1. Percaya akan keagungan Tuhan atas alam dan seisinya.
  2. Berkarya dengan menjunjung tinggi norma dan etika.
  3. Bekerja dengan teliti, dan sungguh-sungguh.
  4. Menghargai keberagaman pandangan/pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  5. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial.
  6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  7. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

 

B. Keterampilan Umum

  1. Mampu  mengidentifikasi masalah yang menjadi obyek penelitian, dan menjadikan objek penelitian.
  2. Mampu melaksanakan dan mengembangkan penelitian pendidikan matematika.

C. Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai teori dan konsep, serta teknis implementasinya dalam penelitian pendidikan matematika.
  2. Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pendidikan matematika.

D. Keterampilan Khusus

  1. Melaksanakan penelitian pendidikan matematika pada satuan pendidikan formal maupun non formal.
  2. Mampu menerapkan konsep penelitian pada bidang lain.

References

  1. Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
  2. Fraenkel & Wallen, How to Design and Evaluate Research in Education, New York: Jhon Willey & Sons, 1993.
  3. Haker, A. David; Kumara, V. & Day, George S., Marketing Research, 4th edition, New York: Jhon Willey & Sons, 1998.
  4. Kerlinger, F.N., Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.
  5. Moleong, L.J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
  6. Singarimbun, M. & Effendi, S., Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES, 1987.
  7. Soeratno, Metodologi Riset Khusus, Jakarta: Karunika – Universitas Terbuka, 1987.
  8. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
  9. Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif
  10. Wiriatama, Rochiati., Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.


Details ...
Course Descriptions

Kajian mata kuliah ini  meliputi konsep, karakteristik, dan teknik  metode ilmiah, alamiah, penelitian dan pengembangan serta penelitian dengan metode gabungan (mixed methode), dan dapat menerapkannya dalam menyelesaikan/ memecahkan masalah melalui kegiatan penelitian yang diujudkan dalam tugas akhir (skripsi)

Learning Outcomes

A. Sikap dan Tata Nilai

  1. Percaya akan keagungan Tuhan atas alam dan seisinya.
  2. Berkarya dengan menjunjung tinggi norma dan etika.
  3. Bekerja dengan teliti, dan sungguh-sungguh.
  4. Menghargai keberagaman pandangan/pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  5. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial.
  6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  7. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

 

B. Keterampilan Umum

  1. Mampu  mengidentifikasi masalah yang menjadi obyek penelitian, dan menjadikan objek penelitian.
  2. Mampu melaksanakan dan mengembangkan penelitian pendidikan matematika.

C. Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai teori dan konsep, serta teknis implementasinya dalam penelitian pendidikan matematika.
  2. Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pendidikan matematika.

D. Keterampilan Khusus

  1. Melaksanakan penelitian pendidikan matematika pada satuan pendidikan formal maupun non formal.
  2. Mampu menerapkan konsep penelitian pada bidang lain.

References

  1. Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
  2. Fraenkel & Wallen, How to Design and Evaluate Research in Education, New York: Jhon Willey & Sons, 1993.
  3. Haker, A. David; Kumara, V. & Day, George S., Marketing Research, 4th edition, New York: Jhon Willey & Sons, 1998.
  4. Kerlinger, F.N., Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.
  5. Moleong, L.J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
  6. Singarimbun, M. & Effendi, S., Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES, 1987.
  7. Soeratno, Metodologi Riset Khusus, Jakarta: Karunika – Universitas Terbuka, 1987.
  8. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
  9. Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif
  10. Wiriatama, Rochiati., Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.


Details ...