Courser in English | Developmental Psychology for Children |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 17 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Psikologi perkembangan anak merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai konsep perkembangan manusia khusunya masa
secara umum dan hubungannya dengan perkembangan anak, teori perkembangan, hukum, prinsip perkembangan, aspek perkembangan (fisik , intelektual, emosi, sosial, dan moral), periodisasi perkembangan manusia, perkembangan masa kanak awal dan akhir serta permasalahan anak.
Learning OutcomesSetelah mendapatkan perkuliahan ini mahasiswa diharapkan:
1. Memahami hakekat perkembangan
2. Memahami periodisasi dan tugas perkembangan anak
3. Memahami aspek – aspek perkembangan
4. Memahami teori dan hukum perkembangan anak
5. Memahami ragam penelitian dalam bidang psikologi perkembangan
6. Memahami masa prenatal, bayi, masa anak awal dan akhir
7. Memahami prmasalahan yang dialami anak awal dan anak akhir
References
- Ch. Hari Soetjiningsih. 2012. Perkembanga Anak. Jakarta: Prenada
- Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Disik. Bandug: Remaja Rosdakarya
- Durand V.Mark. 2006. Psikologi Abnormal. Alih Bahasa: Helly Prajitno Sucipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Enung Fatimah. 2010. Psikologi Perkembangan( Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
- Hurlock, E.B.1993. Perkembangan anak jilid 1 & 2. Jakarta : Erlangga.
- ----------, 1991. Psikologi Perkembanga. Suatu Pendekatan Sepanjang rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
- Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembagan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Mulyati Sumantri. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka
- Papalia,Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
- Santrock., 2002. Perkembangan masa hidup jilid 1. Jakarta : Erlangga
- Syamsu Yusuf, 2001. Psikologi Perkembangan anak & remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Details ...
Mata kuliah ini membahas berkaitan dengan konsep dasar perkembangan anak - anak awal dan akhir, tugas perkembangan, hukum perkembangan, karakteristik di setiap perkembangannya, tahap - tahap perekmbangan serta permsalashan yang dialami anak- anak awal dan akhir
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami dan mengaplikasikan konsep dasar psikologi perkembangan anak, konsep tahap dan tugas perkembangan, factor yang mempengaruhi perkembangan anak, teori psikologi perkembangan dari beberapa pendekatan seperti psikoanalisi, humanistic, behavioristik serta permasalahan yang dialam anak - anak.
Referencesa.Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
b.Mulyati Sumantri. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka
c.Papalia,Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
d.Santrock., 2002. Perkembangan masa hidup jilid 1. Jakarta : Erlangga
e.Syamsu Yusuf, 2001. Psikologi Perkembangan anak & remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Details ...
Mata kuliah ini membahas berkaitan dengan konsep dasar perkembangan anak - anak awal dan akhir, tugas perkembangan, hukum perkembangan, karakteristik di setiap perkembangannya, tahap - tahap perekmbangan serta permsalashan yang dialami anak- anak awal dan akhir
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami dan mengaplikasikan konsep dasar psikologi perkembangan anak, konsep tahap dan tugas perkembangan, factor yang mempengaruhi perkembangan anak, teori psikologi perkembangan dari beberapa pendekatan seperti psikoanalisi, humanistic, behavioristik serta permasalahan yang dialam anak - anak.
Referencesa.Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
b.Mulyati Sumantri. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka
c.Papalia,Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
d.Santrock., 2002. Perkembangan masa hidup jilid 1. Jakarta : Erlangga
e.Syamsu Yusuf, 2001. Psikologi Perkembangan anak & remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Details ...
Psikologi Perkembangan Anak membahas lifespan manusia pada masa konsepsi, bayi, dan anak yang meliputi perkembangan fisik, kognitif dan psikososial.
Learning OutcomesSetelah mempelajari materi ini, mahasiswa mampu memahami dan menguasai konsep dasar, teori dan karakteristik tahap-tahap perkembangan manusia serta implikasinya dalam proses pembelajaran
References-
Details ...
Psikologi Perkembangan Anak membahas lifespan manusia pada masa konsepsi, bayi, dan anak yang meliputi perkembangan fisik, kognitif dan psikososial.
Learning OutcomesSetelah mempelajari materi ini, mahasiswa mampu memahami dan menguasai konsep dasar, teori dan karakteristik tahap-tahap perkembangan manusia serta implikasinya dalam proses pembelajaran
References-
Details ...
Mata Kuliah Psikologi Perkembangan anak mempelajari konsep perkembangan secara umum dan hubungannya dengan perkembangan anak, teori perkembangan, prinsip perkembangan, aspek perkembangan (fisik , intelektual, emosi, sosial, dan moral), periodisasi perkembangan manusia, perkembangan masa kanak awal dan akhir serta permasalahan anak.
Learning Outcomes
Setelah mendapatkan perkuliahan ini mahasiswa diharapkan:
- Memiliki pemahaman tentang konsep dasar psikologi perkembangan anak
- Memiliki kemampuan memahami perkembangan anak dari setiap periode,tugas dan aspek perkembangannya
- Memiliki pemahaman tentang berbagai macam teori dan hukum perkembangan
- memiliki pemahaman tentang berbagai macam metode dalam psikologi perkembangan
- Mengenali secara umum berbagai macam gangguan perkembangan pada anak
References
a.Ch. Hari Soetjiningsih. 2012. Perkembanga Anak. Jakarta: Prenada
b.Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandug: Remaja Rosdakarya
c.Enung Fatimah. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
d.Hurlock, E.B.1993. Perkembangan anak jilid 1 & 2. Jakarta : Erlangga.
e.----------, 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
f. Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta:Pustaka Pelajar
g.Mulyati Sumantri. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka
h.Papalia,Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
i.Santrock., 2002. Perkembangan masa hidup jilid 1. Jakarta : Erlangga
j.Syamsu Yusuf, 2001. Psikologi Perkembangan anak & remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Details ...
Mata Kuliah Psikologi Perkembangan anak mempelajari konsep perkembangan secara umum dan hubungannya dengan perkembangan anak, teori perkembangan, prinsip perkembangan, aspek perkembangan (fisik , intelektual, emosi, sosial, dan moral), periodisasi perkembangan manusia, perkembangan masa kanak awal dan akhir serta permasalahan anak.
Learning Outcomes
Setelah mendapatkan perkuliahan ini mahasiswa diharapkan:
- Memiliki pemahaman tentang konsep dasar psikologi perkembangan anak
- Memiliki kemampuan memahami perkembangan anak dari setiap periode,tugas dan aspek perkembangannya
- Memiliki pemahaman tentang berbagai macam teori dan hukum perkembangan
- memiliki pemahaman tentang berbagai macam metode dalam psikologi perkembangan
- Mengenali secara umum berbagai macam gangguan perkembangan pada anak
References
a.Ch. Hari Soetjiningsih. 2012. Perkembanga Anak. Jakarta: Prenada
b.Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandug: Remaja Rosdakarya
c.Enung Fatimah. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
d.Hurlock, E.B.1993. Perkembangan anak jilid 1 & 2. Jakarta : Erlangga.
e.----------, 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
f. Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta:Pustaka Pelajar
g.Mulyati Sumantri. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka
h.Papalia,Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
i.Santrock., 2002. Perkembangan masa hidup jilid 1. Jakarta : Erlangga
j.Syamsu Yusuf, 2001. Psikologi Perkembangan anak & remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Details ...
Mata Kuliah Psikologi Perkembangan anak mempelajari konsep perkembangan secara umum dan hubungannya dengan perkembangan anak, teori perkembangan, prinsip perkembangan, aspek perkembangan (fisik , intelektual, emosi, sosial, dan moral), periodisasi perkembangan manusia, perkembangan masa kanak awal dan akhir serta permasalahan anak.
Learning Outcomes
Setelah mendapatkan perkuliahan ini mahasiswa diharapkan:
- Memiliki pemahaman tentang konsep dasar psikologi perkembangan anak
- Memiliki kemampuan memahami perkembangan anak dari setiap periode,tugas dan aspek perkembangannya
- Memiliki pemahaman tentang berbagai macam teori dan hukum perkembangan
- memiliki pemahaman tentang berbagai macam metode dalam psikologi perkembangan
- Mengenali secara umum berbagai macam gangguan perkembangan pada anak
References
a.Ch. Hari Soetjiningsih. 2012. Perkembanga Anak. Jakarta: Prenada
b.Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandug: Remaja Rosdakarya
c.Enung Fatimah. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
d.Hurlock, E.B.1993. Perkembangan anak jilid 1 & 2. Jakarta : Erlangga.
e.----------, 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
f. Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta:Pustaka Pelajar
g.Mulyati Sumantri. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka
h.Papalia,Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
i.Santrock., 2002. Perkembangan masa hidup jilid 1. Jakarta : Erlangga
j.Syamsu Yusuf, 2001. Psikologi Perkembangan anak & remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Details ...
mata kuliah psikologi perkembangan anak mempelajari konsep dasar perkembangan secara umum dan hubungannya dengan perkembangan anak, teori perkembangan (fisik, intelektual, emosi,sosial,dan moral),mperiodisasi perkembanagn manusia, perkembangan amsa anak awal dan akhir serta permaslahan pada usia anak
Learning Outcomessetelah mendapatkan perkuliahan ini, diharapkan mahasiswa dapat:
1. memiliki pemahaman ntentang konsep dasar perkembangan anak
2. memiliki kemampuan memahami perkebangan anak di setiap periodisasinya
3. memiliki pemahman tentang berbagai macam teori dan hukum perkembangan
4. Memiliki pemahaman tentang berbagai macam metode dalam psikologi perkembangan
5. mampu mengenali berbagai macam gangguan perkembangan pada anak
Referencesa.Ch. Hari Soetjiningsih. 2012. Perkembanga Anak. Jakarta: Prenada
b.Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandug: Remaja Rosdakarya
c.Enung Fatimah. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
d.Hurlock, E.B.1993. Perkembangan anak jilid 1 & 2. Jakarta : Erlangga.
e.----------, 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
Details ...
mata kuliah psikologi perkembangan anak mempelajari konsep dasar perkembangan secara umum dan hubungannya dengan perkembangan anak, teori perkembangan (fisik, intelektual, emosi,sosial,dan moral),mperiodisasi perkembanagn manusia, perkembangan amsa anak awal dan akhir serta permaslahan pada usia anak
Learning Outcomessetelah mendapatkan perkuliahan ini, diharapkan mahasiswa dapat:
1. memiliki pemahaman ntentang konsep dasar perkembangan anak
2. memiliki kemampuan memahami perkebangan anak di setiap periodisasinya
3. memiliki pemahman tentang berbagai macam teori dan hukum perkembangan
4. Memiliki pemahaman tentang berbagai macam metode dalam psikologi perkembangan
5. mampu mengenali berbagai macam gangguan perkembangan pada anak
Referencesa.Ch. Hari Soetjiningsih. 2012. Perkembanga Anak. Jakarta: Prenada
b.Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandug: Remaja Rosdakarya
c.Enung Fatimah. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
d.Hurlock, E.B.1993. Perkembangan anak jilid 1 & 2. Jakarta : Erlangga.
e.----------, 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
Details ...