Psikologi Perkembangan Anak, Curriculum : 2015


Courser in EnglishDevelopmental Psychology for Children
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS2 SKS
RPS17 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Perkuliahan ini membahas konsep dasar psikologi perkembangan, teori dan hukum perkembangan, fase dan tugas perkembangan, konsep penelitian dalam psikologi perkembangan, masa prenatal, bayi, kanak-kanak awal, kanak-kanak akhir disertai dengan analisis kasus.

Learning Outcomes

Memberikan, mengukur, dan menerangkan perubahan tingkah laku serta kemampuan yg sedang berkembang sesuai tingkat usia dan yg mempunyai ciri – ciri universal.
Mempelajari karakteristik umum perkembangan peserta didik (kognitif, fisik,psikososial)
Mempelajari perbedaan yang bersifat pribadi pada tahapan /masa perkembangan tertentu.
Mempelajari tingkah laku anak pada lingkungan tertentu yg menimbulkan reaksi berbeda.
Mempelajari penyimpangan tingkah laku yang dialami seseorang (kenakalan,kelainan dalam fisik, intelek dll)

References

-


Details ...
Course Descriptions

Perkuliahan ini membahas konsep dasar psikologi perkembangan, teori dan hukum perkembangan, fase dan tugas perkembangan, konsep penelitian dalam psikologi perkembangan, masa prenatal, bayi, kanak-kanak awal, kanak-kanak akhir disertai dengan analisis kasus.

Learning Outcomes

Memberikan, mengukur, dan menerangkan perubahan tingkah laku serta kemampuan yg sedang berkembang sesuai tingkat usia dan yg mempunyai ciri – ciri universal.
Mempelajari karakteristik umum perkembangan peserta didik (kognitif, fisik,psikososial)
Mempelajari perbedaan yang bersifat pribadi pada tahapan /masa perkembangan tertentu.
Mempelajari tingkah laku anak pada lingkungan tertentu yg menimbulkan reaksi berbeda.
Mempelajari penyimpangan tingkah laku yang dialami seseorang (kenakalan,kelainan dalam fisik, intelek dll)

References

-


Details ...
Course Descriptions

Perkuliahan ini membahas konsep dasar psikologi perkembangan, teori dan hukum perkembangan, fase dan tugas perkembangan, konsep penelitian dalam psikologi perkembangan, masa prenatal, bayi, kanak-kanak awal, kanak-kanak akhir disertai dengan analisis kasus.

Learning Outcomes

Memberikan, mengukur, dan menerangkan perubahan tingkah laku serta kemampuan yg sedang berkembang sesuai tingkat usia dan yg mempunyai ciri – ciri universal.
Mempelajari karakteristik umum perkembangan peserta didik (kognitif, fisik,psikososial)
Mempelajari perbedaan yang bersifat pribadi pada tahapan /masa perkembangan tertentu.
Mempelajari tingkah laku anak pada lingkungan tertentu yg menimbulkan reaksi berbeda.
Mempelajari penyimpangan tingkah laku yang dialami seseorang (kenakalan,kelainan dalam fisik, intelek dll)

References

-


Details ...
Course Descriptions

Perkuliahan ini membahas konsep dasar psikologi perkembangan, teori dan hukum perkembangan, fase dan tugas perkembangan, konsep penelitian dalam psikologi perkembangan, masa prenatal, bayi, kanak-kanak awal, kanak-kanak akhir disertai dengan analisis kasus.

Learning Outcomes

Memberikan, mengukur, dan menerangkan perubahan tingkah laku serta kemampuan yg sedang berkembang sesuai tingkat usia dan yg mempunyai ciri – ciri universal.
Mempelajari karakteristik umum perkembangan peserta didik (kognitif, fisik,psikososial)
Mempelajari perbedaan yang bersifat pribadi pada tahapan /masa perkembangan tertentu.
Mempelajari tingkah laku anak pada lingkungan tertentu yg menimbulkan reaksi berbeda.
Mempelajari penyimpangan tingkah laku yang dialami seseorang (kenakalan,kelainan dalam fisik, intelek dll)

References

-


Details ...
Course Descriptions

Perkuliahan ini membahas konsep dasar psikologi perkembangan, teori dan hukum perkembangan, fase dan tugas perkembangan, konsep penelitian dalam psikologi perkembangan, masa prenatal, bayi, kanak-kanak awal, kanak-kanak akhir disertai dengan analisis kasus.

Learning Outcomes

Memberikan, mengukur, dan menerangkan perubahan tingkah laku serta kemampuan yg sedang berkembang sesuai tingkat usia dan yg mempunyai ciri – ciri universal.
Mempelajari karakteristik umum perkembangan peserta didik (kognitif, fisik,psikososial)
Mempelajari perbedaan yang bersifat pribadi pada tahapan /masa perkembangan tertentu.
Mempelajari tingkah laku anak pada lingkungan tertentu yg menimbulkan reaksi berbeda.
Mempelajari penyimpangan tingkah laku yang dialami seseorang (kenakalan,kelainan dalam fisik, intelek dll)

References

-


Details ...
Course Descriptions

Perkuliahan ini membahas konsep dasar psikologi perkembangan, teori dan hukum perkembangan, fase dan tugas perkembangan, konsep penelitian dalam psikologi perkembangan, masa prenatal, bayi, kanak-kanak awal, kanak-kanak akhir disertai dengan analisis kasus.

Learning Outcomes

Memberikan, mengukur, dan menerangkan perubahan tingkah laku serta kemampuan yg sedang berkembang sesuai tingkat usia dan yg mempunyai ciri – ciri universal.
Mempelajari karakteristik umum perkembangan peserta didik (kognitif, fisik,psikososial)
Mempelajari perbedaan yang bersifat pribadi pada tahapan /masa perkembangan tertentu.
Mempelajari tingkah laku anak pada lingkungan tertentu yg menimbulkan reaksi berbeda.
Mempelajari penyimpangan tingkah laku yang dialami seseorang (kenakalan,kelainan dalam fisik, intelek dll)

References

-


Details ...
Course Descriptions

Perkuliahan ini membahas konsep dasar psikologi perkembangan, teori dan hukum perkembangan, fase dan tugas perkembangan, konsep penelitian dalam psikologi perkembangan, masa prenatal, bayi, kanak-kanak awal, kanak-kanak akhir disertai dengan analisis kasus.

Learning Outcomes

Memberikan, mengukur, dan menerangkan perubahan tingkah laku serta kemampuan yg sedang berkembang sesuai tingkat usia dan yg mempunyai ciri – ciri universal.
Mempelajari karakteristik umum perkembangan peserta didik (kognitif, fisik,psikososial)
Mempelajari perbedaan yang bersifat pribadi pada tahapan /masa perkembangan tertentu.
Mempelajari tingkah laku anak pada lingkungan tertentu yg menimbulkan reaksi berbeda.
Mempelajari penyimpangan tingkah laku yang dialami seseorang (kenakalan,kelainan dalam fisik, intelek dll)

References

-


Details ...
Course Descriptions

Perkuliahan ini membahas konsep dasar psikologi perkembangan, teori dan hukum perkembangan, fase dan tugas perkembangan, konsep penelitian dalam psikologi perkembangan, masa prenatal, bayi, kanak-kanak awal, kanak-kanak akhir disertai dengan analisis kasus.

Learning Outcomes

Memberikan, mengukur, dan menerangkan perubahan tingkah laku serta kemampuan yg sedang berkembang sesuai tingkat usia dan yg mempunyai ciri – ciri universal.
Mempelajari karakteristik umum perkembangan peserta didik (kognitif, fisik,psikososial)
Mempelajari perbedaan yang bersifat pribadi pada tahapan /masa perkembangan tertentu.
Mempelajari tingkah laku anak pada lingkungan tertentu yg menimbulkan reaksi berbeda.
Mempelajari penyimpangan tingkah laku yang dialami seseorang (kenakalan,kelainan dalam fisik, intelek dll)

References

-


Details ...
Course Descriptions

Perkuliahan ini membahas konsep dasar psikologi perkembangan, teori dan hukum perkembangan, fase dan tugas perkembangan, konsep penelitian dalam psikologi perkembangan, masa prenatal, bayi, kanak-kanak awal, kanak-kanak akhir disertai dengan analisis kasus.

Learning Outcomes

Memberikan, mengukur, dan menerangkan perubahan tingkah laku serta kemampuan yg sedang berkembang sesuai tingkat usia dan yg mempunyai ciri – ciri universal.
Mempelajari karakteristik umum perkembangan peserta didik (kognitif, fisik,psikososial)
Mempelajari perbedaan yang bersifat pribadi pada tahapan /masa perkembangan tertentu.
Mempelajari tingkah laku anak pada lingkungan tertentu yg menimbulkan reaksi berbeda.
Mempelajari penyimpangan tingkah laku yang dialami seseorang (kenakalan,kelainan dalam fisik, intelek dll)

References

-


Details ...
Course Descriptions

Psikologi perkembangan anak merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai konsep perkembangan manusia khusunya masa

secara umum dan hubungannya dengan perkembangan anak, teori perkembangan, hukum,  prinsip perkembangan, aspek perkembangan (fisik , intelektual, emosi, sosial, dan moral), periodisasi perkembangan manusia, perkembangan masa kanak awal dan  akhir serta permasalahan anak.

Learning Outcomes

Setelah mendapatkan perkuliahan ini mahasiswa diharapkan:

1. Memahami hakekat perkembangan

2. Memahami periodisasi dan tugas perkembangan anak

3. Memahami aspek – aspek perkembangan

4. Memahami teori dan hukum perkembangan anak

5. Memahami ragam penelitian dalam bidang psikologi perkembangan

6. Memahami masa prenatal, bayi, masa anak awal dan akhir

7. Memahami prmasalahan yang dialami anak awal dan anak akhir

 

References

  1. Ch. Hari Soetjiningsih. 2012. Perkembanga Anak. Jakarta: Prenada
  2. Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Disik. Bandug: Remaja Rosdakarya
  3. Durand V.Mark. 2006. Psikologi Abnormal. Alih Bahasa: Helly Prajitno Sucipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  4. Enung Fatimah. 2010. Psikologi Perkembangan( Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
  5. Hurlock, E.B.1993. Perkembangan anak jilid 1 & 2. Jakarta : Erlangga.
  6. ----------, 1991. Psikologi Perkembanga. Suatu Pendekatan Sepanjang rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
  7. Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembagan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  8. Mulyati Sumantri. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka
  9. Papalia,Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
  10. Santrock., 2002. Perkembangan masa hidup jilid 1.  Jakarta : Erlangga
  11. Syamsu Yusuf, 2001. Psikologi Perkembangan anak & remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Details ...
Course Descriptions

Psikologi perkembangan anak merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai konsep perkembangan manusia khusunya masa

secara umum dan hubungannya dengan perkembangan anak, teori perkembangan, hukum,  prinsip perkembangan, aspek perkembangan (fisik , intelektual, emosi, sosial, dan moral), periodisasi perkembangan manusia, perkembangan masa kanak awal dan  akhir serta permasalahan anak.

Learning Outcomes

Setelah mendapatkan perkuliahan ini mahasiswa diharapkan:

1. Memahami hakekat perkembangan

2. Memahami periodisasi dan tugas perkembangan anak

3. Memahami aspek – aspek perkembangan

4. Memahami teori dan hukum perkembangan anak

5. Memahami ragam penelitian dalam bidang psikologi perkembangan

6. Memahami masa prenatal, bayi, masa anak awal dan akhir

7. Memahami prmasalahan yang dialami anak awal dan anak akhir

 

References

  1. Ch. Hari Soetjiningsih. 2012. Perkembanga Anak. Jakarta: Prenada
  2. Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Disik. Bandug: Remaja Rosdakarya
  3. Durand V.Mark. 2006. Psikologi Abnormal. Alih Bahasa: Helly Prajitno Sucipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  4. Enung Fatimah. 2010. Psikologi Perkembangan( Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
  5. Hurlock, E.B.1993. Perkembangan anak jilid 1 & 2. Jakarta : Erlangga.
  6. ----------, 1991. Psikologi Perkembanga. Suatu Pendekatan Sepanjang rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
  7. Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembagan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  8. Mulyati Sumantri. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka
  9. Papalia,Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
  10. Santrock., 2002. Perkembangan masa hidup jilid 1.  Jakarta : Erlangga
  11. Syamsu Yusuf, 2001. Psikologi Perkembangan anak & remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Details ...
Course Descriptions

Psikologi perkembangan anak merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai konsep perkembangan manusia khusunya masa

secara umum dan hubungannya dengan perkembangan anak, teori perkembangan, hukum,  prinsip perkembangan, aspek perkembangan (fisik , intelektual, emosi, sosial, dan moral), periodisasi perkembangan manusia, perkembangan masa kanak awal dan  akhir serta permasalahan anak.

Learning Outcomes

Setelah mendapatkan perkuliahan ini mahasiswa diharapkan:

1. Memahami hakekat perkembangan

2. Memahami periodisasi dan tugas perkembangan anak

3. Memahami aspek – aspek perkembangan

4. Memahami teori dan hukum perkembangan anak

5. Memahami ragam penelitian dalam bidang psikologi perkembangan

6. Memahami masa prenatal, bayi, masa anak awal dan akhir

7. Memahami prmasalahan yang dialami anak awal dan anak akhir

 

References

  1. Ch. Hari Soetjiningsih. 2012. Perkembanga Anak. Jakarta: Prenada
  2. Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Disik. Bandug: Remaja Rosdakarya
  3. Durand V.Mark. 2006. Psikologi Abnormal. Alih Bahasa: Helly Prajitno Sucipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  4. Enung Fatimah. 2010. Psikologi Perkembangan( Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
  5. Hurlock, E.B.1993. Perkembangan anak jilid 1 & 2. Jakarta : Erlangga.
  6. ----------, 1991. Psikologi Perkembanga. Suatu Pendekatan Sepanjang rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
  7. Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembagan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  8. Mulyati Sumantri. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka
  9. Papalia,Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
  10. Santrock., 2002. Perkembangan masa hidup jilid 1.  Jakarta : Erlangga
  11. Syamsu Yusuf, 2001. Psikologi Perkembangan anak & remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Details ...