Courser in English | Developmental Psychology for Children |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 17 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
-
Details ...
-
Details ...
-
Details ...
-
Details ...
-
Details ...
-
Details ...
-
Details ...
-
Details ...
-
Details ...
Psikologi perkembangan anak merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai konsep perkembangan manusia khusunya masa
secara umum dan hubungannya dengan perkembangan anak, teori perkembangan, hukum, prinsip perkembangan, aspek perkembangan (fisik , intelektual, emosi, sosial, dan moral), periodisasi perkembangan manusia, perkembangan masa kanak awal dan akhir serta permasalahan anak.
Learning OutcomesSetelah mendapatkan perkuliahan ini mahasiswa diharapkan:
1. Memahami hakekat perkembangan
2. Memahami periodisasi dan tugas perkembangan anak
3. Memahami aspek – aspek perkembangan
4. Memahami teori dan hukum perkembangan anak
5. Memahami ragam penelitian dalam bidang psikologi perkembangan
6. Memahami masa prenatal, bayi, masa anak awal dan akhir
7. Memahami prmasalahan yang dialami anak awal dan anak akhir
References
- Ch. Hari Soetjiningsih. 2012. Perkembanga Anak. Jakarta: Prenada
- Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Disik. Bandug: Remaja Rosdakarya
- Durand V.Mark. 2006. Psikologi Abnormal. Alih Bahasa: Helly Prajitno Sucipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Enung Fatimah. 2010. Psikologi Perkembangan( Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
- Hurlock, E.B.1993. Perkembangan anak jilid 1 & 2. Jakarta : Erlangga.
- ----------, 1991. Psikologi Perkembanga. Suatu Pendekatan Sepanjang rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
- Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembagan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Mulyati Sumantri. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka
- Papalia,Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
- Santrock., 2002. Perkembangan masa hidup jilid 1. Jakarta : Erlangga
- Syamsu Yusuf, 2001. Psikologi Perkembangan anak & remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Details ...
Psikologi perkembangan anak merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai konsep perkembangan manusia khusunya masa
secara umum dan hubungannya dengan perkembangan anak, teori perkembangan, hukum, prinsip perkembangan, aspek perkembangan (fisik , intelektual, emosi, sosial, dan moral), periodisasi perkembangan manusia, perkembangan masa kanak awal dan akhir serta permasalahan anak.
Learning OutcomesSetelah mendapatkan perkuliahan ini mahasiswa diharapkan:
1. Memahami hakekat perkembangan
2. Memahami periodisasi dan tugas perkembangan anak
3. Memahami aspek – aspek perkembangan
4. Memahami teori dan hukum perkembangan anak
5. Memahami ragam penelitian dalam bidang psikologi perkembangan
6. Memahami masa prenatal, bayi, masa anak awal dan akhir
7. Memahami prmasalahan yang dialami anak awal dan anak akhir
References
- Ch. Hari Soetjiningsih. 2012. Perkembanga Anak. Jakarta: Prenada
- Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Disik. Bandug: Remaja Rosdakarya
- Durand V.Mark. 2006. Psikologi Abnormal. Alih Bahasa: Helly Prajitno Sucipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Enung Fatimah. 2010. Psikologi Perkembangan( Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
- Hurlock, E.B.1993. Perkembangan anak jilid 1 & 2. Jakarta : Erlangga.
- ----------, 1991. Psikologi Perkembanga. Suatu Pendekatan Sepanjang rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
- Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembagan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Mulyati Sumantri. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka
- Papalia,Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
- Santrock., 2002. Perkembangan masa hidup jilid 1. Jakarta : Erlangga
- Syamsu Yusuf, 2001. Psikologi Perkembangan anak & remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Details ...
Psikologi perkembangan anak merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai konsep perkembangan manusia khusunya masa
secara umum dan hubungannya dengan perkembangan anak, teori perkembangan, hukum, prinsip perkembangan, aspek perkembangan (fisik , intelektual, emosi, sosial, dan moral), periodisasi perkembangan manusia, perkembangan masa kanak awal dan akhir serta permasalahan anak.
Learning OutcomesSetelah mendapatkan perkuliahan ini mahasiswa diharapkan:
1. Memahami hakekat perkembangan
2. Memahami periodisasi dan tugas perkembangan anak
3. Memahami aspek – aspek perkembangan
4. Memahami teori dan hukum perkembangan anak
5. Memahami ragam penelitian dalam bidang psikologi perkembangan
6. Memahami masa prenatal, bayi, masa anak awal dan akhir
7. Memahami prmasalahan yang dialami anak awal dan anak akhir
References
- Ch. Hari Soetjiningsih. 2012. Perkembanga Anak. Jakarta: Prenada
- Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Disik. Bandug: Remaja Rosdakarya
- Durand V.Mark. 2006. Psikologi Abnormal. Alih Bahasa: Helly Prajitno Sucipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Enung Fatimah. 2010. Psikologi Perkembangan( Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
- Hurlock, E.B.1993. Perkembangan anak jilid 1 & 2. Jakarta : Erlangga.
- ----------, 1991. Psikologi Perkembanga. Suatu Pendekatan Sepanjang rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
- Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembagan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Mulyati Sumantri. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka
- Papalia,Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
- Santrock., 2002. Perkembangan masa hidup jilid 1. Jakarta : Erlangga
- Syamsu Yusuf, 2001. Psikologi Perkembangan anak & remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Details ...