Courser in English | EDUCATION OF NATURAL SCIENCE FOR ELEMENTARY SCHOOL |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 51 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Pendidikan IPA SD merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji filosofis dan psikologis serta kurikulum yang mendasari pembelajaran IPA di SD, mengkaji berbagai pendekatan, strategi, metode, model dan materi yang mendasari pada bidang IPA SD, terampil dalam merancang perangkat pembelajaran serta bersimulasi secara peer teaching mengajar kelas tinggi dan rendah.
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pendidikan IPA SD, mahasiswa mampu:
1. Menganalisis hakikat IPA dan Pendidikan IPA di dalam kurikulum dan pembelajaran dengan penuh kesungguhan (S9, P4, KK1, KK4).
2. Mengimplementasikan teori belajar, model, metode, pendekatan pembelajaran IPA di Sekolah Dasar sesuai perkembangan kurikulum (S9, P4, KU1, KK4).
3. Mengidentifikasi kesesuaian silabus, RPP dan materi ajar IPA dengan model, metode, pendekatan yang sesuai dengan kurikulum IPA di SD dengan penuh tanggungjawab (S9, KK4, P4, P5)
4. Mengimplementasikan pembelajaran IPA di kelas rendah dan kelas tinggi sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab. (S9, KK4, P4, P5)
References- Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
- Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
- Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
- Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
- Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru.Jakarta: Rajagrafindo Persada.
- Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama
- Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.
Details ...
Mata kuliah Pendidikan IPA SD merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji filosofis dan psikologis serta kurikulum yang mendasari pembelajaran IPA di SD, mengkaji berbagai pendekatan, strategi, metode, model dan materi yang mendasari pada bidang IPA SD, terampil dalam merancang perangkat pembelajaran serta bersimulasi secara peer teaching mengajar kelas tinggi dan rendah.
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pendidikan IPA SD, mahasiswa mampu:
1. Menganalisis hakikat IPA dan Pendidikan IPA di dalam kurikulum dan pembelajaran dengan penuh kesungguhan (S9, P4, KK1, KK4).
2. Mengimplementasikan teori belajar, model, metode, pendekatan pembelajaran IPA di Sekolah Dasar sesuai perkembangan kurikulum (S9, P4, KU1, KK4).
3. Mengidentifikasi kesesuaian silabus, RPP dan materi ajar IPA dengan model, metode, pendekatan yang sesuai dengan kurikulum IPA di SD dengan penuh tanggungjawab (S9, KK4, P4, P5)
4. Mengimplementasikan pembelajaran IPA di kelas rendah dan kelas tinggi sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab. (S9, KK4, P4, P5)
References- Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
- Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
- Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
- Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
- Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru.Jakarta: Rajagrafindo Persada.
- Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama
- Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.
Details ...
Mata kuliah Pendidikan IPA SD merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji filosofis dan psikologis serta kurikulum yang mendasari pembelajaran IPA di SD, mengkaji berbagai pendekatan, strategi, metode, model dan materi yang mendasari pada bidang IPA SD, terampil dalam merancang perangkat pembelajaran serta bersimulasi secara peer teaching mengajar kelas tinggi dan rendah.
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pendidikan IPA SD, mahasiswa mampu:
1. Menganalisis hakikat IPA dan Pendidikan IPA di dalam kurikulum dan pembelajaran dengan penuh kesungguhan (S9, P4, KK1, KK4).
2. Mengimplementasikan teori belajar, model, metode, pendekatan pembelajaran IPA di Sekolah Dasar sesuai perkembangan kurikulum (S9, P4, KU1, KK4).
3. Mengidentifikasi kesesuaian silabus, RPP dan materi ajar IPA dengan model, metode, pendekatan yang sesuai dengan kurikulum IPA di SD dengan penuh tanggungjawab (S9, KK4, P4, P5)
4. Mengimplementasikan pembelajaran IPA di kelas rendah dan kelas tinggi sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab. (S9, KK4, P4, P5)
References- Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
- Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
- Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
- Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
- Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru.Jakarta: Rajagrafindo Persada.
- Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama
- Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.
Details ...
Mata kuliah Pendidikan IPA SD merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji filosofis dan psikologis serta kurikulum yang mendasari pembelajaran IPA di SD, mengkaji berbagai pendekatan, strategi, metode, model dan materi yang mendasari pada bidang IPA SD, terampil dalam merancang perangkat pembelajaran serta bersimulasi secara peer teaching mengajar kelas tinggi dan rendah.
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pendidikan IPA SD, mahasiswa mampu:
1. Menganalisis hakikat IPA dan Pendidikan IPA di dalam kurikulum dan pembelajaran dengan penuh kesungguhan (S9, P4, KK1, KK4).
2. Mengimplementasikan teori belajar, model, metode, pendekatan pembelajaran IPA di Sekolah Dasar sesuai perkembangan kurikulum (S9, P4, KU1, KK4).
3. Mengidentifikasi kesesuaian silabus, RPP dan materi ajar IPA dengan model, metode, pendekatan yang sesuai dengan kurikulum IPA di SD dengan penuh tanggungjawab (S9, KK4, P4, P5)
4. Mengimplementasikan pembelajaran IPA di kelas rendah dan kelas tinggi sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab. (S9, KK4, P4, P5)
References- Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
- Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
- Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
- Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
- Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru.Jakarta: Rajagrafindo Persada.
- Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama
- Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.
Details ...
Mata kuliah Pendidikan IPA SD merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji filosofis dan psikologis serta kurikulum yang mendasari pembelajaran IPA di SD, mengkaji berbagai pendekatan, strategi, metode, model dan materi yang mendasari pada bidang IPA SD, terampil dalam merancang perangkat pembelajaran serta bersimulasi secara peer teaching mengajar kelas tinggi dan rendah.
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pendidikan IPA SD, mahasiswa mampu:
1. Menganalisis hakikat IPA dan Pendidikan IPA di dalam kurikulum dan pembelajaran dengan penuh kesungguhan (S9, P4, KK1, KK4).
2. Mengimplementasikan teori belajar, model, metode, pendekatan pembelajaran IPA di Sekolah Dasar sesuai perkembangan kurikulum (S9, P4, KU1, KK4).
3. Mengidentifikasi kesesuaian silabus, RPP dan materi ajar IPA dengan model, metode, pendekatan yang sesuai dengan kurikulum IPA di SD dengan penuh tanggungjawab (S9, KK4, P4, P5)
4. Mengimplementasikan pembelajaran IPA di kelas rendah dan kelas tinggi sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab. (S9, KK4, P4, P5)
References- Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
- Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
- Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
- Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
- Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru.Jakarta: Rajagrafindo Persada.
- Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama
- Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.
Details ...
Mata kuliah Pendidikan IPA SD merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji filosofis dan psikologis serta kurikulum yang mendasari pembelajaran IPA di SD, mengkaji berbagai pendekatan, strategi, metode, model dan materi yang mendasari pada bidang IPA SD, terampil dalam merancang perangkat pembelajaran serta bersimulasi secara peer teaching mengajar kelas tinggi dan rendah.
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pendidikan IPA SD, mahasiswa mampu:
1. Menganalisis hakikat IPA dan Pendidikan IPA di dalam kurikulum dan pembelajaran dengan penuh kesungguhan (S9, P4, KK1, KK4).
2. Mengimplementasikan teori belajar, model, metode, pendekatan pembelajaran IPA di Sekolah Dasar sesuai perkembangan kurikulum (S9, P4, KU1, KK4).
3. Mengidentifikasi kesesuaian silabus, RPP dan materi ajar IPA dengan model, metode, pendekatan yang sesuai dengan kurikulum IPA di SD dengan penuh tanggungjawab (S9, KK4, P4, P5)
4. Mengimplementasikan pembelajaran IPA di kelas rendah dan kelas tinggi sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab. (S9, KK4, P4, P5)
References- Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
- Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
- Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
- Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
- Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru.Jakarta: Rajagrafindo Persada.
- Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama
- Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.
Details ...
Mata kuliah Pendidikan IPA SD merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji filosofis dan psikologis serta kurikulum yang mendasari pembelajaran IPA di SD, mengkaji berbagai pendekatan, strategi, metode, model dan materi yang mendasari pada bidang IPA SD, terampil dalam merancang perangkat pembelajaran serta bersimulasi secara peer teaching mengajar kelas tinggi dan rendah.
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pendidikan IPA SD, mahasiswa mampu:
1. Menganalisis hakikat IPA dan Pendidikan IPA di dalam kurikulum dan pembelajaran dengan penuh kesungguhan (S9, P4, KK1, KK4).
2. Mengimplementasikan teori belajar, model, metode, pendekatan pembelajaran IPA di Sekolah Dasar sesuai perkembangan kurikulum (S9, P4, KU1, KK4).
3. Mengidentifikasi kesesuaian silabus, RPP dan materi ajar IPA dengan model, metode, pendekatan yang sesuai dengan kurikulum IPA di SD dengan penuh tanggungjawab (S9, KK4, P4, P5)
4. Mengimplementasikan pembelajaran IPA di kelas rendah dan kelas tinggi sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab. (S9, KK4, P4, P5)
References- Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
- Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
- Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
- Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
- Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru.Jakarta: Rajagrafindo Persada.
- Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama
- Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.
Details ...
Mata kuliah Pendidikan IPA SD merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji filosofis dan psikologis serta kurikulum yang mendasari pembelajaran IPA di SD, mengkaji berbagai pendekatan, strategi, metode, model dan materi yang mendasari pada bidang IPA SD, terampil dalam merancang perangkat pembelajaran serta bersimulasi secara peer teaching mengajar kelas tinggi dan rendah.
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pendidikan IPA SD, mahasiswa mampu:
1. Menganalisis hakikat IPA dan Pendidikan IPA di dalam kurikulum dan pembelajaran dengan penuh kesungguhan (S9, P4, KK1, KK4).
2. Mengimplementasikan teori belajar, model, metode, pendekatan pembelajaran IPA di Sekolah Dasar sesuai perkembangan kurikulum (S9, P4, KU1, KK4).
3. Mengidentifikasi kesesuaian silabus, RPP dan materi ajar IPA dengan model, metode, pendekatan yang sesuai dengan kurikulum IPA di SD dengan penuh tanggungjawab (S9, KK4, P4, P5)
4. Mengimplementasikan pembelajaran IPA di kelas rendah dan kelas tinggi sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab. (S9, KK4, P4, P5)
References- Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
- Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
- Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
- Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
- Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru.Jakarta: Rajagrafindo Persada.
- Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama
- Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.
Details ...
Mata kuliah Pendidikan IPA SD merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji filosofis dan psikologis serta kurikulum yang mendasari pembelajaran IPA di SD, mengkaji berbagai pendekatan, strategi, metode, model dan materi yang mendasari pada bidang IPA SD, terampil dalam merancang perangkat pembelajaran serta bersimulasi secara peer teaching mengajar kelas tinggi dan rendah.
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pendidikan IPA SD, mahasiswa mampu:
1. Menganalisis hakikat IPA dan Pendidikan IPA di dalam kurikulum dan pembelajaran dengan penuh kesungguhan (S9, P4, KK1, KK4).
2. Mengimplementasikan teori belajar, model, metode, pendekatan pembelajaran IPA di Sekolah Dasar sesuai perkembangan kurikulum (S9, P4, KU1, KK4).
3. Mengidentifikasi kesesuaian silabus, RPP dan materi ajar IPA dengan model, metode, pendekatan yang sesuai dengan kurikulum IPA di SD dengan penuh tanggungjawab (S9, KK4, P4, P5)
4. Mengimplementasikan pembelajaran IPA di kelas rendah dan kelas tinggi sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab. (S9, KK4, P4, P5)
References- Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
- Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
- Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
- Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
- Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru.Jakarta: Rajagrafindo Persada.
- Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama
- Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.
Details ...
Mata kuliah Pendidikan IPA SD merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji filosofis dan psikologis serta kurikulum yang mendasari pembelajaran IPA di SD, mengkaji berbagai pendekatan, strategi, metode, model dan materi yang mendasari pada bidang IPA SD, terampil dalam merancang perangkat pembelajaran serta bersimulasi secara peer teaching mengajar kelas tinggi dan rendah.
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pendidikan IPA SD, mahasiswa mampu:
1. Menganalisis hakikat IPA dan Pendidikan IPA di dalam kurikulum dan pembelajaran dengan penuh kesungguhan (S9, P4, KK1, KK4).
2. Mengimplementasikan teori belajar, model, metode, pendekatan pembelajaran IPA di Sekolah Dasar sesuai perkembangan kurikulum (S9, P4, KU1, KK4).
3. Mengidentifikasi kesesuaian silabus, RPP dan materi ajar IPA dengan model, metode, pendekatan yang sesuai dengan kurikulum IPA di SD dengan penuh tanggungjawab (S9, KK4, P4, P5)
4. Mengimplementasikan pembelajaran IPA di kelas rendah dan kelas tinggi sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab. (S9, KK4, P4, P5)
References- Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
- Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
- Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
- Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
- Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru.Jakarta: Rajagrafindo Persada.
- Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama
- Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.
Details ...
Mata kuliah Pendidikan IPA SD merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji filosofis dan psikologis serta kurikulum yang mendasari pembelajaran IPA di SD, mengkaji berbagai pendekatan, strategi, metode, model dan materi yang mendasari pada bidang IPA SD, terampil dalam merancang perangkat pembelajaran serta bersimulasi secara peer teaching mengajar kelas tinggi dan rendah.
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pendidikan IPA SD, mahasiswa mampu:
1. Menganalisis hakikat IPA dan Pendidikan IPA di dalam kurikulum dan pembelajaran dengan penuh kesungguhan (S9, P4, KK1, KK4).
2. Mengimplementasikan teori belajar, model, metode, pendekatan pembelajaran IPA di Sekolah Dasar sesuai perkembangan kurikulum (S9, P4, KU1, KK4).
3. Mengidentifikasi kesesuaian silabus, RPP dan materi ajar IPA dengan model, metode, pendekatan yang sesuai dengan kurikulum IPA di SD dengan penuh tanggungjawab (S9, KK4, P4, P5)
4. Mengimplementasikan pembelajaran IPA di kelas rendah dan kelas tinggi sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab. (S9, KK4, P4, P5)
References- Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
- Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
- Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
- Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
- Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru.Jakarta: Rajagrafindo Persada.
- Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama
- Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.
Details ...
Mahasiswa dapat mengkaji filosofis dan psikologis serta kurikulum yang mendasari pembelajaran IPA di SD, mengkaji berbagai pendekatan, strategi, metode, model dan materi yang mendasari pada bidang IPA SD, terampil dalam merancang perangkat pembelajaran serta bersimulasi secara peer teaching mengajar kelas tinggi dan rendah.
Learning OutcomesMampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Mahasiswa mampu menguasai dan mengimplementasikan dalam pembelajaran
References- Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
- Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
- Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
- Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
- Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru.Jakarta: Rajagrafindo Persada.
- Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Details ...