Pendidikan IPA SD, Curriculum : 2015


Courser in EnglishEDUCATION OF NATURAL SCIENCE FOR ELEMENTARY SCHOOL
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS51 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mahasiswa dapat mengkaji filosofis dan psikologis serta kurikulum yang mendasari pembelajaran IPA di SD, mengkaji berbagai pendekatan, strategi, metode, model dan materi yang mendasari pada bidang IPA SD, terampil dalam merancang perangkat pembelajaran serta bersimulasi secara peer teaching mengajar kelas tinggi dan rendah.

Learning Outcomes

Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau  implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

Mahasiswa mampu menguasai dan mengimplementasikan dalam pembelajaran

References

  1. Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
  2. Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
  3. Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
  4. Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
  5. Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru.Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  6. Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  7. Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat mengkaji filosofis dan psikologis serta kurikulum yang mendasari pembelajaran IPA di SD, mengkaji berbagai pendekatan, strategi, metode, model dan materi yang mendasari pada bidang IPA SD, terampil dalam merancang perangkat pembelajaran serta bersimulasi secara peer teaching mengajar kelas tinggi dan rendah.

Learning Outcomes

Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau  implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

Mahasiswa mampu menguasai dan mengimplementasikan dalam pembelajaran

References

  1. Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
  2. Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
  3. Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
  4. Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
  5. Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru.Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  6. Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  7. Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat mengkaji filosofis dan psikologis serta kurikulum yang mendasari pembelajaran IPA di SD, mengkaji berbagai pendekatan, strategi, metode, model dan materi yang mendasari pada bidang IPA SD, terampil dalam merancang perangkat pembelajaran serta bersimulasi secara peer teaching mengajar kelas tinggi dan rendah.

Learning Outcomes

Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau  implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

Mahasiswa mampu menguasai dan mengimplementasikan dalam pembelajaran

References

  1. Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
  2. Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
  3. Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
  4. Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
  5. Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru.Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  6. Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  7. Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat mengkaji filosofis dan psikologis serta kurikulum yang mendasari pembelajaran IPA di SD, mengkaji berbagai pendekatan, strategi, metode, model dan materi yang mendasari pada bidang IPA SD, terampil dalam merancang perangkat pembelajaran serta bersimulasi secara peer teaching mengajar kelas tinggi dan rendah.

Learning Outcomes

Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau  implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

Mahasiswa mampu menguasai dan mengimplementasikan dalam pembelajaran

References

  1. Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
  2. Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
  3. Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
  4. Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
  5. Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru.Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  6. Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  7. Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat mengkaji filosofis dan psikologis serta kurikulum yang mendasari pembelajaran IPA di SD, mengkaji berbagai pendekatan, strategi, metode, model dan materi yang mendasari pada bidang IPA SD, terampil dalam merancang perangkat pembelajaran serta bersimulasi secara peer teaching mengajar kelas tinggi dan rendah.

Learning Outcomes

Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau  implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

Mahasiswa mampu menguasai dan mengimplementasikan dalam pembelajaran

References

  1. Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
  2. Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
  3. Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
  4. Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
  5. Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru.Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  6. Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  7. Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat mengkaji filosofis dan psikologis serta kurikulum yang mendasari pembelajaran IPA di SD, mengkaji berbagai pendekatan, strategi, metode, model dan materi yang mendasari pada bidang IPA SD, terampil dalam merancang perangkat pembelajaran serta bersimulasi secara peer teaching mengajar kelas tinggi dan rendah.

Learning Outcomes

Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau  implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

Mahasiswa mampu menguasai dan mengimplementasikan dalam pembelajaran

References

  1. Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
  2. Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
  3. Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
  4. Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
  5. Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru.Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  6. Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  7. Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat mengkaji filosofis dan psikologis serta kurikulum yang mendasari pembelajaran IPA di SD, mengkaji berbagai pendekatan, strategi, metode, model dan materi yang mendasari pada bidang IPA SD, terampil dalam merancang perangkat pembelajaran serta bersimulasi secara peer teaching mengajar kelas tinggi dan rendah.

Learning Outcomes

Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau  implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

Mahasiswa mampu menguasai dan mengimplementasikan dalam pembelajaran

References

  1. Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
  2. Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
  3. Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
  4. Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
  5. Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru.Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  6. Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  7. Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat mengkaji filosofis dan psikologis serta kurikulum yang mendasari pembelajaran IPA di SD, mengkaji berbagai pendekatan, strategi, metode, model dan materi yang mendasari pada bidang IPA SD, terampil dalam merancang perangkat pembelajaran serta bersimulasi secara peer teaching mengajar kelas tinggi dan rendah.

Learning Outcomes

Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau  implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

Mahasiswa mampu menguasai dan mengimplementasikan dalam pembelajaran

References

  1. Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
  2. Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
  3. Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
  4. Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
  5. Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru.Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  6. Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  7. Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat mengkaji filosofis dan psikologis serta kurikulum yang mendasari pembelajaran IPA di SD, mengkaji berbagai pendekatan, strategi, metode, model dan materi yang mendasari pada bidang IPA SD, terampil dalam merancang perangkat pembelajaran serta bersimulasi secara peer teaching mengajar kelas tinggi dan rendah

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Sikap

      1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
      2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
      3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
      4. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
      5. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
      6. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
      7. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
      8. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
      9. Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Tenaga Pendidik di SD

  1. Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau  implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  4. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Peneliti Pendidikan di SD

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Praktisi Pendidikan di SD

  1. Mengambil keputusan secara tepat dalam  konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  2. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.

References

Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu 
•Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
 Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. UPI Press
 Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Prestasi Pustaka Publisher
 Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Rajagrafindo Persada
 Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.
 Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Refika Aditama


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat mengkaji filosofis dan psikologis serta kurikulum yang mendasari pembelajaran IPA di SD, mengkaji berbagai pendekatan, strategi, metode, model dan materi yang mendasari pada bidang IPA SD, terampil dalam merancang perangkat pembelajaran serta bersimulasi secara peer teaching mengajar kelas tinggi dan rendah

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Sikap

      1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
      2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
      3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
      4. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
      5. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
      6. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
      7. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
      8. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
      9. Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Tenaga Pendidik di SD

  1. Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau  implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  4. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Peneliti Pendidikan di SD

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Praktisi Pendidikan di SD

  1. Mengambil keputusan secara tepat dalam  konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  2. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.

References

Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu 
•Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
 Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. UPI Press
 Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Prestasi Pustaka Publisher
 Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Rajagrafindo Persada
 Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.
 Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Refika Aditama


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat mengkaji filosofis dan psikologis serta kurikulum yang mendasari pembelajaran IPA di SD, mengkaji berbagai pendekatan, strategi, metode, model dan materi yang mendasari pada bidang IPA SD, terampil dalam merancang perangkat pembelajaran serta bersimulasi secara peer teaching mengajar kelas tinggi dan rendah

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Sikap

      1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
      2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
      3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
      4. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
      5. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
      6. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
      7. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
      8. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
      9. Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Tenaga Pendidik di SD

  1. Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau  implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  4. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Peneliti Pendidikan di SD

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Praktisi Pendidikan di SD

  1. Mengambil keputusan secara tepat dalam  konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  2. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.

References

Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu 
•Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
 Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. UPI Press
 Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Prestasi Pustaka Publisher
 Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Rajagrafindo Persada
 Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.
 Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Refika Aditama


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat mengkaji filosofis dan psikologis serta kurikulum yang mendasari pembelajaran IPA di SD, mengkaji berbagai pendekatan, strategi, metode, model dan materi yang mendasari pada bidang IPA SD, terampil dalam merancang perangkat pembelajaran serta bersimulasi secara peer teaching mengajar kelas tinggi dan rendah

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Sikap

      1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
      2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
      3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
      4. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
      5. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
      6. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
      7. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
      8. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
      9. Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Tenaga Pendidik di SD

  1. Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau  implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  4. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Peneliti Pendidikan di SD

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Praktisi Pendidikan di SD

  1. Mengambil keputusan secara tepat dalam  konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  2. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.

References

Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu 
•Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
 Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. UPI Press
 Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Prestasi Pustaka Publisher
 Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Rajagrafindo Persada
 Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.
 Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Refika Aditama


Details ...