Pendidikan Jasmani dan Kesehatan di SD, Curriculum : 2015


Courser in EnglishPHYSICAL AND HEALTH EDUCATION IN THE ELEMENTARY SCHOOL
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS50 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata Kuliah Pendidikan Jasmni dan Kesehatan di SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk memiliki pengetahuan, pemahaman tentang pendidikan jasmani, olahraga, kesehatan di SD dan menguasai keterampilan dasar dalam proses  pembelajaran di SD.

Learning Outcomes

CPMK-1

Capaian Sikap

  1. Mahasiswa mampu memiliki sikap religius dalam menjalankan tugas mata kuliah pendidikan jasmani dan kesehatan di SD
  2. Mahasiswa mampu menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik dalam pendidikan jasmani dan kesehatan di SD
  3. Mahasiswa mampu memiliki sikap tanggung jawab dalam menjalankan tugas pendidikan jasmani dan kesehatan di SD

CPMK-2

Capaian Pengetahuan

  1. Mahasiswa mampu menguasai metode model pendekatan pembelajaran dan media pendidikan jasmani di sekolah dasar
  2. Mahasiswa mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan mempublikasikan berbagai kegiatan dalam ruang lingkup pendidikan jasmani di SD.
  3. Mahasiswa mampu menguasai penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar dalam pendidikan olahraga di SD

CPMK-3

Capaian Keterampilan

  1. Mahasiswa mampu mempraktikkan, merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan mempublikasikan berbagai kegiatan di ruang lingkup pendidikan jasmani di SD termasuk senam irama.
  2. Mahasiswa mampu berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik komunitas profesi sendiri dan profesi lainnya.

References

  1. Lutan, R. (2001). Mengajar pendidikan jasmani, pendekatan pendidikan gerak di SD. Jakarta: Depdiknas.
  2. Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development (4th ed.). New York: Sage Publications.
  3. Suyanto & Asep, J. (2013). Menjadi guru professional, strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Jakarta: Penerbit Erlangga
  4. Bompa, Tudor O. (1999). Periodization: theory and methodology of training (4th ed.). Dubuque, Iowa: Kendal/Hunt Publishing Company


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Pendidikan Jasmni dan Kesehatan di SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk memiliki pengetahuan, pemahaman tentang pendidikan jasmani, olahraga, kesehatan di SD dan menguasai keterampilan dasar dalam proses  pembelajaran di SD.

Learning Outcomes

CPMK-1

Capaian Sikap

  1. Mahasiswa mampu memiliki sikap religius dalam menjalankan tugas mata kuliah pendidikan jasmani dan kesehatan di SD
  2. Mahasiswa mampu menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik dalam pendidikan jasmani dan kesehatan di SD
  3. Mahasiswa mampu memiliki sikap tanggung jawab dalam menjalankan tugas pendidikan jasmani dan kesehatan di SD

CPMK-2

Capaian Pengetahuan

  1. Mahasiswa mampu menguasai metode model pendekatan pembelajaran dan media pendidikan jasmani di sekolah dasar
  2. Mahasiswa mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan mempublikasikan berbagai kegiatan dalam ruang lingkup pendidikan jasmani di SD.
  3. Mahasiswa mampu menguasai penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar dalam pendidikan olahraga di SD

CPMK-3

Capaian Keterampilan

  1. Mahasiswa mampu mempraktikkan, merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan mempublikasikan berbagai kegiatan di ruang lingkup pendidikan jasmani di SD termasuk senam irama.
  2. Mahasiswa mampu berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik komunitas profesi sendiri dan profesi lainnya.

References

  1. Lutan, R. (2001). Mengajar pendidikan jasmani, pendekatan pendidikan gerak di SD. Jakarta: Depdiknas.
  2. Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development (4th ed.). New York: Sage Publications.
  3. Suyanto & Asep, J. (2013). Menjadi guru professional, strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Jakarta: Penerbit Erlangga
  4. Bompa, Tudor O. (1999). Periodization: theory and methodology of training (4th ed.). Dubuque, Iowa: Kendal/Hunt Publishing Company


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Pendidikan Jasmni dan Kesehatan di SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk memiliki pengetahuan, pemahaman tentang pendidikan jasmani, olahraga, kesehatan di SD dan menguasai keterampilan dasar dalam proses  pembelajaran di SD.

Learning Outcomes

CPMK-1

Capaian Sikap

  1. Mahasiswa mampu memiliki sikap religius dalam menjalankan tugas mata kuliah pendidikan jasmani dan kesehatan di SD
  2. Mahasiswa mampu menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik dalam pendidikan jasmani dan kesehatan di SD
  3. Mahasiswa mampu memiliki sikap tanggung jawab dalam menjalankan tugas pendidikan jasmani dan kesehatan di SD

CPMK-2

Capaian Pengetahuan

  1. Mahasiswa mampu menguasai metode model pendekatan pembelajaran dan media pendidikan jasmani di sekolah dasar
  2. Mahasiswa mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan mempublikasikan berbagai kegiatan dalam ruang lingkup pendidikan jasmani di SD.
  3. Mahasiswa mampu menguasai penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar dalam pendidikan olahraga di SD

CPMK-3

Capaian Keterampilan

  1. Mahasiswa mampu mempraktikkan, merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan mempublikasikan berbagai kegiatan di ruang lingkup pendidikan jasmani di SD termasuk senam irama.
  2. Mahasiswa mampu berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik komunitas profesi sendiri dan profesi lainnya.

References

  1. Lutan, R. (2001). Mengajar pendidikan jasmani, pendekatan pendidikan gerak di SD. Jakarta: Depdiknas.
  2. Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development (4th ed.). New York: Sage Publications.
  3. Suyanto & Asep, J. (2013). Menjadi guru professional, strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Jakarta: Penerbit Erlangga
  4. Bompa, Tudor O. (1999). Periodization: theory and methodology of training (4th ed.). Dubuque, Iowa: Kendal/Hunt Publishing Company


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Pendidikan Jasmni dan Kesehatan di SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk memiliki pengetahuan, pemahaman tentang pendidikan jasmani, olahraga, kesehatan di SD dan menguasai keterampilan dasar dalam proses  pembelajaran di SD.

Learning Outcomes

CPMK-1

Capaian Sikap

  1. Mahasiswa mampu memiliki sikap religius dalam menjalankan tugas mata kuliah pendidikan jasmani dan kesehatan di SD
  2. Mahasiswa mampu menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik dalam pendidikan jasmani dan kesehatan di SD
  3. Mahasiswa mampu memiliki sikap tanggung jawab dalam menjalankan tugas pendidikan jasmani dan kesehatan di SD

CPMK-2

Capaian Pengetahuan

  1. Mahasiswa mampu menguasai metode model pendekatan pembelajaran dan media pendidikan jasmani di sekolah dasar
  2. Mahasiswa mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan mempublikasikan berbagai kegiatan dalam ruang lingkup pendidikan jasmani di SD.
  3. Mahasiswa mampu menguasai penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar dalam pendidikan olahraga di SD

CPMK-3

Capaian Keterampilan

  1. Mahasiswa mampu mempraktikkan, merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan mempublikasikan berbagai kegiatan di ruang lingkup pendidikan jasmani di SD termasuk senam irama.
  2. Mahasiswa mampu berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik komunitas profesi sendiri dan profesi lainnya.

References

  1. Lutan, R. (2001). Mengajar pendidikan jasmani, pendekatan pendidikan gerak di SD. Jakarta: Depdiknas.
  2. Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development (4th ed.). New York: Sage Publications.
  3. Suyanto & Asep, J. (2013). Menjadi guru professional, strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Jakarta: Penerbit Erlangga
  4. Bompa, Tudor O. (1999). Periodization: theory and methodology of training (4th ed.). Dubuque, Iowa: Kendal/Hunt Publishing Company


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Pendidikan Jasmni dan Kesehatan di SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk memiliki pengetahuan, pemahaman tentang pendidikan jasmani, olahraga, kesehatan di SD dan menguasai keterampilan dasar dalam proses  pembelajaran di SD.

Learning Outcomes

CPMK-1

Capaian Sikap

  1. Mahasiswa mampu memiliki sikap religius dalam menjalankan tugas mata kuliah pendidikan jasmani dan kesehatan di SD
  2. Mahasiswa mampu menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik dalam pendidikan jasmani dan kesehatan di SD
  3. Mahasiswa mampu memiliki sikap tanggung jawab dalam menjalankan tugas pendidikan jasmani dan kesehatan di SD

CPMK-2

Capaian Pengetahuan

  1. Mahasiswa mampu menguasai metode model pendekatan pembelajaran dan media pendidikan jasmani di sekolah dasar
  2. Mahasiswa mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan mempublikasikan berbagai kegiatan dalam ruang lingkup pendidikan jasmani di SD.
  3. Mahasiswa mampu menguasai penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar dalam pendidikan olahraga di SD

CPMK-3

Capaian Keterampilan

  1. Mahasiswa mampu mempraktikkan, merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan mempublikasikan berbagai kegiatan di ruang lingkup pendidikan jasmani di SD termasuk senam irama.
  2. Mahasiswa mampu berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik komunitas profesi sendiri dan profesi lainnya.

References

  1. Lutan, R. (2001). Mengajar pendidikan jasmani, pendekatan pendidikan gerak di SD. Jakarta: Depdiknas.
  2. Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development (4th ed.). New York: Sage Publications.
  3. Suyanto & Asep, J. (2013). Menjadi guru professional, strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Jakarta: Penerbit Erlangga
  4. Bompa, Tudor O. (1999). Periodization: theory and methodology of training (4th ed.). Dubuque, Iowa: Kendal/Hunt Publishing Company


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Pendidikan Jasmni dan Kesehatan di SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk memiliki pengetahuan, pemahaman tentang pendidikan jasmani, olahraga, kesehatan di SD dan menguasai keterampilan dasar dalam proses  pembelajaran di SD.

Learning Outcomes

CPMK-1

Capaian Sikap

  1. Mahasiswa mampu memiliki sikap religius dalam menjalankan tugas mata kuliah pendidikan jasmani dan kesehatan di SD
  2. Mahasiswa mampu menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik dalam pendidikan jasmani dan kesehatan di SD
  3. Mahasiswa mampu memiliki sikap tanggung jawab dalam menjalankan tugas pendidikan jasmani dan kesehatan di SD

CPMK-2

Capaian Pengetahuan

  1. Mahasiswa mampu menguasai metode model pendekatan pembelajaran dan media pendidikan jasmani di sekolah dasar
  2. Mahasiswa mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan mempublikasikan berbagai kegiatan dalam ruang lingkup pendidikan jasmani di SD.
  3. Mahasiswa mampu menguasai penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar dalam pendidikan olahraga di SD

CPMK-3

Capaian Keterampilan

  1. Mahasiswa mampu mempraktikkan, merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan mempublikasikan berbagai kegiatan di ruang lingkup pendidikan jasmani di SD termasuk senam irama.
  2. Mahasiswa mampu berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik komunitas profesi sendiri dan profesi lainnya.

References

  1. Lutan, R. (2001). Mengajar pendidikan jasmani, pendekatan pendidikan gerak di SD. Jakarta: Depdiknas.
  2. Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development (4th ed.). New York: Sage Publications.
  3. Suyanto & Asep, J. (2013). Menjadi guru professional, strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Jakarta: Penerbit Erlangga
  4. Bompa, Tudor O. (1999). Periodization: theory and methodology of training (4th ed.). Dubuque, Iowa: Kendal/Hunt Publishing Company


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Pendidikan Jasmni dan Kesehatan di SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk memiliki pengetahuan, pemahaman tentang pendidikan jasmani, olahraga, kesehatan di SD dan menguasai keterampilan dasar dalam proses  pembelajaran di SD.

Learning Outcomes

CPMK-1

Capaian Sikap

  1. Mahasiswa mampu memiliki sikap religius dalam menjalankan tugas mata kuliah pendidikan jasmani dan kesehatan di SD
  2. Mahasiswa mampu menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik dalam pendidikan jasmani dan kesehatan di SD
  3. Mahasiswa mampu memiliki sikap tanggung jawab dalam menjalankan tugas pendidikan jasmani dan kesehatan di SD

CPMK-2

Capaian Pengetahuan

  1. Mahasiswa mampu menguasai metode model pendekatan pembelajaran dan media pendidikan jasmani di sekolah dasar
  2. Mahasiswa mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan mempublikasikan berbagai kegiatan dalam ruang lingkup pendidikan jasmani di SD.
  3. Mahasiswa mampu menguasai penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar dalam pendidikan olahraga di SD

CPMK-3

Capaian Keterampilan

  1. Mahasiswa mampu mempraktikkan, merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan mempublikasikan berbagai kegiatan di ruang lingkup pendidikan jasmani di SD termasuk senam irama.
  2. Mahasiswa mampu berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik komunitas profesi sendiri dan profesi lainnya.

References

  1. Lutan, R. (2001). Mengajar pendidikan jasmani, pendekatan pendidikan gerak di SD. Jakarta: Depdiknas.
  2. Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development (4th ed.). New York: Sage Publications.
  3. Suyanto & Asep, J. (2013). Menjadi guru professional, strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Jakarta: Penerbit Erlangga
  4. Bompa, Tudor O. (1999). Periodization: theory and methodology of training (4th ed.). Dubuque, Iowa: Kendal/Hunt Publishing Company


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Pendidikan Jasmni dan Kesehatan di SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk memiliki pengetahuan, pemahaman tentang pendidikan jasmani, olahraga, kesehatan di SD dan menguasai keterampilan dasar dalam proses  pembelajaran di SD.

Learning Outcomes

CPMK-1

Capaian Sikap

  1. Mahasiswa mampu memiliki sikap religius dalam menjalankan tugas mata kuliah pendidikan jasmani dan kesehatan di SD
  2. Mahasiswa mampu menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik dalam pendidikan jasmani dan kesehatan di SD
  3. Mahasiswa mampu memiliki sikap tanggung jawab dalam menjalankan tugas pendidikan jasmani dan kesehatan di SD

CPMK-2

Capaian Pengetahuan

  1. Mahasiswa mampu menguasai metode model pendekatan pembelajaran dan media pendidikan jasmani di sekolah dasar
  2. Mahasiswa mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan mempublikasikan berbagai kegiatan dalam ruang lingkup pendidikan jasmani di SD.
  3. Mahasiswa mampu menguasai penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar dalam pendidikan olahraga di SD

CPMK-3

Capaian Keterampilan

  1. Mahasiswa mampu mempraktikkan, merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan mempublikasikan berbagai kegiatan di ruang lingkup pendidikan jasmani di SD termasuk senam irama.
  2. Mahasiswa mampu berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik komunitas profesi sendiri dan profesi lainnya.

References

  1. Lutan, R. (2001). Mengajar pendidikan jasmani, pendekatan pendidikan gerak di SD. Jakarta: Depdiknas.
  2. Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development (4th ed.). New York: Sage Publications.
  3. Suyanto & Asep, J. (2013). Menjadi guru professional, strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Jakarta: Penerbit Erlangga
  4. Bompa, Tudor O. (1999). Periodization: theory and methodology of training (4th ed.). Dubuque, Iowa: Kendal/Hunt Publishing Company


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Pendidikan Jasmni dan Kesehatan di SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk memiliki pengetahuan, pemahaman tentang pendidikan jasmani, olahraga, kesehatan di SD dan menguasai keterampilan dasar dalam proses  pembelajaran di SD.

Learning Outcomes

CPMK-1

Capaian Sikap

  1. Mahasiswa mampu memiliki sikap religius dalam menjalankan tugas mata kuliah pendidikan jasmani dan kesehatan di SD
  2. Mahasiswa mampu menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik dalam pendidikan jasmani dan kesehatan di SD
  3. Mahasiswa mampu memiliki sikap tanggung jawab dalam menjalankan tugas pendidikan jasmani dan kesehatan di SD

CPMK-2

Capaian Pengetahuan

  1. Mahasiswa mampu menguasai metode model pendekatan pembelajaran dan media pendidikan jasmani di sekolah dasar
  2. Mahasiswa mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan mempublikasikan berbagai kegiatan dalam ruang lingkup pendidikan jasmani di SD.
  3. Mahasiswa mampu menguasai penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar dalam pendidikan olahraga di SD

CPMK-3

Capaian Keterampilan

  1. Mahasiswa mampu mempraktikkan, merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan mempublikasikan berbagai kegiatan di ruang lingkup pendidikan jasmani di SD termasuk senam irama.
  2. Mahasiswa mampu berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik komunitas profesi sendiri dan profesi lainnya.

References

  1. Lutan, R. (2001). Mengajar pendidikan jasmani, pendekatan pendidikan gerak di SD. Jakarta: Depdiknas.
  2. Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development (4th ed.). New York: Sage Publications.
  3. Suyanto & Asep, J. (2013). Menjadi guru professional, strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Jakarta: Penerbit Erlangga
  4. Bompa, Tudor O. (1999). Periodization: theory and methodology of training (4th ed.). Dubuque, Iowa: Kendal/Hunt Publishing Company


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Pendidikan Jasmni dan Kesehatan di SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk memiliki pengetahuan, pemahaman tentang pendidikan jasmani, olahraga, kesehatan di SD dan menguasai keterampilan dasar dalam proses  pembelajaran di SD.

Learning Outcomes

CPMK-1

Capaian Sikap

  1. Mahasiswa mampu memiliki sikap religius dalam menjalankan tugas mata kuliah pendidikan jasmani dan kesehatan di SD
  2. Mahasiswa mampu menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik dalam pendidikan jasmani dan kesehatan di SD
  3. Mahasiswa mampu memiliki sikap tanggung jawab dalam menjalankan tugas pendidikan jasmani dan kesehatan di SD

CPMK-2

Capaian Pengetahuan

  1. Mahasiswa mampu menguasai metode model pendekatan pembelajaran dan media pendidikan jasmani di sekolah dasar
  2. Mahasiswa mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan mempublikasikan berbagai kegiatan dalam ruang lingkup pendidikan jasmani di SD.
  3. Mahasiswa mampu menguasai penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar dalam pendidikan olahraga di SD

CPMK-3

Capaian Keterampilan

  1. Mahasiswa mampu mempraktikkan, merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan mempublikasikan berbagai kegiatan di ruang lingkup pendidikan jasmani di SD termasuk senam irama.
  2. Mahasiswa mampu berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik komunitas profesi sendiri dan profesi lainnya.

References

  1. Lutan, R. (2001). Mengajar pendidikan jasmani, pendekatan pendidikan gerak di SD. Jakarta: Depdiknas.
  2. Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development (4th ed.). New York: Sage Publications.
  3. Suyanto & Asep, J. (2013). Menjadi guru professional, strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Jakarta: Penerbit Erlangga
  4. Bompa, Tudor O. (1999). Periodization: theory and methodology of training (4th ed.). Dubuque, Iowa: Kendal/Hunt Publishing Company


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Pendidikan Jasmni dan Kesehatan di SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk memiliki pengetahuan, pemahaman tentang pendidikan jasmani, olahraga, kesehatan di SD dan menguasai keterampilan dasar dalam proses  pembelajaran di SD.

Learning Outcomes

CPMK-1

Capaian Sikap

  1. Mahasiswa mampu memiliki sikap religius dalam menjalankan tugas mata kuliah pendidikan jasmani dan kesehatan di SD
  2. Mahasiswa mampu menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik dalam pendidikan jasmani dan kesehatan di SD
  3. Mahasiswa mampu memiliki sikap tanggung jawab dalam menjalankan tugas pendidikan jasmani dan kesehatan di SD

CPMK-2

Capaian Pengetahuan

  1. Mahasiswa mampu menguasai metode model pendekatan pembelajaran dan media pendidikan jasmani di sekolah dasar
  2. Mahasiswa mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan mempublikasikan berbagai kegiatan dalam ruang lingkup pendidikan jasmani di SD.
  3. Mahasiswa mampu menguasai penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar dalam pendidikan olahraga di SD

CPMK-3

Capaian Keterampilan

  1. Mahasiswa mampu mempraktikkan, merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan mempublikasikan berbagai kegiatan di ruang lingkup pendidikan jasmani di SD termasuk senam irama.
  2. Mahasiswa mampu berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik komunitas profesi sendiri dan profesi lainnya.

References

  1. Lutan, R. (2001). Mengajar pendidikan jasmani, pendekatan pendidikan gerak di SD. Jakarta: Depdiknas.
  2. Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development (4th ed.). New York: Sage Publications.
  3. Suyanto & Asep, J. (2013). Menjadi guru professional, strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Jakarta: Penerbit Erlangga
  4. Bompa, Tudor O. (1999). Periodization: theory and methodology of training (4th ed.). Dubuque, Iowa: Kendal/Hunt Publishing Company


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Penjasorkes merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani,
mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisitentang pemahaman tentang kedudukan, fungsi, serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi, hubunganantara olahraga dengan kebugaran dan kesehatan.

Learning Outcomes

Mahasiswa diharapkan mengetahui, memahami penjasorkes serta menumbuhkan rasa sportifitas dan menjaga kebugaran jasmani yang dicapai
melalui kegiatan dan muatan penjasorkes serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

References

Samsudin. 2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SD. Jakarta: PT.Fajar Putra Grafika


Details ...