Courser in English | PHYSICAL AND HEALTH EDUCATION IN THE ELEMENTARY SCHOOL |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 50 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata Kuliah Pendidikan Jasmni dan Kesehatan di SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk memiliki pengetahuan, pemahaman tentang pendidikan jasmani, olahraga, kesehatan di SD dan menguasai keterampilan dasar dalam proses pembelajaran di SD.
Learning Outcomes
CPMK-1 |
Capaian Sikap
|
CPMK-2 |
Capaian Pengetahuan
|
CPMK-3 |
Capaian Keterampilan
|
- Lutan, R. (2001). Mengajar pendidikan jasmani, pendekatan pendidikan gerak di SD. Jakarta: Depdiknas.
- Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development (4th ed.). New York: Sage Publications.
- Suyanto & Asep, J. (2013). Menjadi guru professional, strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Jakarta: Penerbit Erlangga
- Bompa, Tudor O. (1999). Periodization: theory and methodology of training (4th ed.). Dubuque, Iowa: Kendal/Hunt Publishing Company
Details ...
Mata Kuliah Pendidikan Jasmni dan Kesehatan di SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk memiliki pengetahuan, pemahaman tentang pendidikan jasmani, olahraga, kesehatan di SD dan menguasai keterampilan dasar dalam proses pembelajaran di SD.
Learning Outcomes
CPMK-1 |
Capaian Sikap
|
CPMK-2 |
Capaian Pengetahuan
|
CPMK-3 |
Capaian Keterampilan
|
- Lutan, R. (2001). Mengajar pendidikan jasmani, pendekatan pendidikan gerak di SD. Jakarta: Depdiknas.
- Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development (4th ed.). New York: Sage Publications.
- Suyanto & Asep, J. (2013). Menjadi guru professional, strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Jakarta: Penerbit Erlangga
- Bompa, Tudor O. (1999). Periodization: theory and methodology of training (4th ed.). Dubuque, Iowa: Kendal/Hunt Publishing Company
Details ...
Mata Kuliah Pendidikan Jasmni dan Kesehatan di SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk memiliki pengetahuan, pemahaman tentang pendidikan jasmani, olahraga, kesehatan di SD dan menguasai keterampilan dasar dalam proses pembelajaran di SD.
Learning Outcomes
CPMK-1 |
Capaian Sikap
|
CPMK-2 |
Capaian Pengetahuan
|
CPMK-3 |
Capaian Keterampilan
|
- Lutan, R. (2001). Mengajar pendidikan jasmani, pendekatan pendidikan gerak di SD. Jakarta: Depdiknas.
- Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development (4th ed.). New York: Sage Publications.
- Suyanto & Asep, J. (2013). Menjadi guru professional, strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Jakarta: Penerbit Erlangga
- Bompa, Tudor O. (1999). Periodization: theory and methodology of training (4th ed.). Dubuque, Iowa: Kendal/Hunt Publishing Company
Details ...
Mata Kuliah Pendidikan Jasmni dan Kesehatan di SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk memiliki pengetahuan, pemahaman tentang pendidikan jasmani, olahraga, kesehatan di SD dan menguasai keterampilan dasar dalam proses pembelajaran di SD.
Learning Outcomes
CPMK-1 |
Capaian Sikap
|
CPMK-2 |
Capaian Pengetahuan
|
CPMK-3 |
Capaian Keterampilan
|
- Lutan, R. (2001). Mengajar pendidikan jasmani, pendekatan pendidikan gerak di SD. Jakarta: Depdiknas.
- Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development (4th ed.). New York: Sage Publications.
- Suyanto & Asep, J. (2013). Menjadi guru professional, strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Jakarta: Penerbit Erlangga
- Bompa, Tudor O. (1999). Periodization: theory and methodology of training (4th ed.). Dubuque, Iowa: Kendal/Hunt Publishing Company
Details ...
Mata Kuliah Pendidikan Jasmni dan Kesehatan di SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk memiliki pengetahuan, pemahaman tentang pendidikan jasmani, olahraga, kesehatan di SD dan menguasai keterampilan dasar dalam proses pembelajaran di SD.
Learning Outcomes
CPMK-1 |
Capaian Sikap
|
CPMK-2 |
Capaian Pengetahuan
|
CPMK-3 |
Capaian Keterampilan
|
- Lutan, R. (2001). Mengajar pendidikan jasmani, pendekatan pendidikan gerak di SD. Jakarta: Depdiknas.
- Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development (4th ed.). New York: Sage Publications.
- Suyanto & Asep, J. (2013). Menjadi guru professional, strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Jakarta: Penerbit Erlangga
- Bompa, Tudor O. (1999). Periodization: theory and methodology of training (4th ed.). Dubuque, Iowa: Kendal/Hunt Publishing Company
Details ...
Mata Kuliah Pendidikan Jasmni dan Kesehatan di SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk memiliki pengetahuan, pemahaman tentang pendidikan jasmani, olahraga, kesehatan di SD dan menguasai keterampilan dasar dalam proses pembelajaran di SD.
Learning Outcomes
CPMK-1 |
Capaian Sikap
|
CPMK-2 |
Capaian Pengetahuan
|
CPMK-3 |
Capaian Keterampilan
|
- Lutan, R. (2001). Mengajar pendidikan jasmani, pendekatan pendidikan gerak di SD. Jakarta: Depdiknas.
- Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development (4th ed.). New York: Sage Publications.
- Suyanto & Asep, J. (2013). Menjadi guru professional, strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Jakarta: Penerbit Erlangga
- Bompa, Tudor O. (1999). Periodization: theory and methodology of training (4th ed.). Dubuque, Iowa: Kendal/Hunt Publishing Company
Details ...
Mata Kuliah Pendidikan Jasmni dan Kesehatan di SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk memiliki pengetahuan, pemahaman tentang pendidikan jasmani, olahraga, kesehatan di SD dan menguasai keterampilan dasar dalam proses pembelajaran di SD.
Learning Outcomes
CPMK-1 |
Capaian Sikap
|
CPMK-2 |
Capaian Pengetahuan
|
CPMK-3 |
Capaian Keterampilan
|
- Lutan, R. (2001). Mengajar pendidikan jasmani, pendekatan pendidikan gerak di SD. Jakarta: Depdiknas.
- Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development (4th ed.). New York: Sage Publications.
- Suyanto & Asep, J. (2013). Menjadi guru professional, strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Jakarta: Penerbit Erlangga
- Bompa, Tudor O. (1999). Periodization: theory and methodology of training (4th ed.). Dubuque, Iowa: Kendal/Hunt Publishing Company
Details ...
Mata Kuliah Pendidikan Jasmni dan Kesehatan di SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk memiliki pengetahuan, pemahaman tentang pendidikan jasmani, olahraga, kesehatan di SD dan menguasai keterampilan dasar dalam proses pembelajaran di SD.
Learning Outcomes
CPMK-1 |
Capaian Sikap
|
CPMK-2 |
Capaian Pengetahuan
|
CPMK-3 |
Capaian Keterampilan
|
- Lutan, R. (2001). Mengajar pendidikan jasmani, pendekatan pendidikan gerak di SD. Jakarta: Depdiknas.
- Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development (4th ed.). New York: Sage Publications.
- Suyanto & Asep, J. (2013). Menjadi guru professional, strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Jakarta: Penerbit Erlangga
- Bompa, Tudor O. (1999). Periodization: theory and methodology of training (4th ed.). Dubuque, Iowa: Kendal/Hunt Publishing Company
Details ...
Mata Kuliah Pendidikan Jasmni dan Kesehatan di SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk memiliki pengetahuan, pemahaman tentang pendidikan jasmani, olahraga, kesehatan di SD dan menguasai keterampilan dasar dalam proses pembelajaran di SD.
Learning Outcomes
CPMK-1 |
Capaian Sikap
|
CPMK-2 |
Capaian Pengetahuan
|
CPMK-3 |
Capaian Keterampilan
|
- Lutan, R. (2001). Mengajar pendidikan jasmani, pendekatan pendidikan gerak di SD. Jakarta: Depdiknas.
- Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development (4th ed.). New York: Sage Publications.
- Suyanto & Asep, J. (2013). Menjadi guru professional, strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Jakarta: Penerbit Erlangga
- Bompa, Tudor O. (1999). Periodization: theory and methodology of training (4th ed.). Dubuque, Iowa: Kendal/Hunt Publishing Company
Details ...
Mata Kuliah Pendidikan Jasmni dan Kesehatan di SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk memiliki pengetahuan, pemahaman tentang pendidikan jasmani, olahraga, kesehatan di SD dan menguasai keterampilan dasar dalam proses pembelajaran di SD.
Learning Outcomes
CPMK-1 |
Capaian Sikap
|
CPMK-2 |
Capaian Pengetahuan
|
CPMK-3 |
Capaian Keterampilan
|
- Lutan, R. (2001). Mengajar pendidikan jasmani, pendekatan pendidikan gerak di SD. Jakarta: Depdiknas.
- Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development (4th ed.). New York: Sage Publications.
- Suyanto & Asep, J. (2013). Menjadi guru professional, strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Jakarta: Penerbit Erlangga
- Bompa, Tudor O. (1999). Periodization: theory and methodology of training (4th ed.). Dubuque, Iowa: Kendal/Hunt Publishing Company
Details ...
Mata Kuliah Pendidikan Jasmni dan Kesehatan di SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk memiliki pengetahuan, pemahaman tentang pendidikan jasmani, olahraga, kesehatan di SD dan menguasai keterampilan dasar dalam proses pembelajaran di SD.
Learning Outcomes
CPMK-1 |
Capaian Sikap
|
CPMK-2 |
Capaian Pengetahuan
|
CPMK-3 |
Capaian Keterampilan
|
- Lutan, R. (2001). Mengajar pendidikan jasmani, pendekatan pendidikan gerak di SD. Jakarta: Depdiknas.
- Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development (4th ed.). New York: Sage Publications.
- Suyanto & Asep, J. (2013). Menjadi guru professional, strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Jakarta: Penerbit Erlangga
- Bompa, Tudor O. (1999). Periodization: theory and methodology of training (4th ed.). Dubuque, Iowa: Kendal/Hunt Publishing Company
Details ...
Mata Kuliah Penjasorkes merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani,
mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisitentang pemahaman tentang kedudukan, fungsi, serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi, hubunganantara olahraga dengan kebugaran dan kesehatan.
Mahasiswa diharapkan mengetahui, memahami penjasorkes serta menumbuhkan rasa sportifitas dan menjaga kebugaran jasmani yang dicapai
melalui kegiatan dan muatan penjasorkes serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Samsudin. 2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SD. Jakarta: PT.Fajar Putra Grafika
Details ...