Courser in English | SENIOR HIGH SCHOOL MATHEMATICS |
Program | Pendidikan Matematika |
SKS | 2 SKS |
RPS | 33 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Matematika SLTA adalah matakuliah wajib dengan bobot 2 sks dengan pembagian 2 sks teori ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu mengkonstruksi materi matematika SLTA berbasis kesalahan pemahaman siswa sebagai upaya mengembangkan potensi peserta didik secara optimal serta menyelesaikan soal HOTs terkait matemati matematika SLTA. Secara khusus, setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu membuat peta konsep, Penguasaan konsep Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel, Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel, Fungsi, Trigonometri, Program Linear, Program Linier Dua Variabel, Matriks, Barisan dan Deret, Limit Fungsi Aljabar, Turunan Fungsi Aljabar, Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar, sehingga pada akhirnya mahasiswa mampu mengkonstruksi materi matematika SLTA berbasis kesalahan pemahaman siswa serta menyelesaikan soal HOTs. Luaran mata kuliah berupa konstruksi materi matematika SLTA berbasis kesalahan pemahaman siswa, soal dan penyelesaian terkait matematika SLTA. |
CPL-PRODI (Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi) Yang Dibebankan Pada Mata Kuliah | ||||||
S4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa | |||||
S11 | Memiliki sikap Unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis. | |||||
P2 | Menguasai konsep pedagogik-didaktik matematika untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan menengah yang berorientasi pada kecakapan hidup | |||||
P5 | Menguasai konsep teoritis matematika meliputi logika matematika, matematika diskrit, aljabar, analisis, geometri, teori peluang dan statistika, prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear, persamaan diferensial, dan metode numerik, yang mendukung pembelajaran matematika di pendidikan dasar dan menengah serta untuk studi lanjut. | |||||
KU4 | Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal | |||||
KK2 | Mampu mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya | |||||
KK7 | Menumbuhkan pola pemikiran HOTs melalui penerapan keterampilan 6C (Communication, Collaboration, Critical thinking, Creative thinking, Computational logic, Compassion dan Civicresponsibility) dalam matematika | |||||
CPMK (Capaian Pembelajaran Matakuliah): Setelah menempuh mata kuliah Matematika SLTA melalui pembelajaran mandiri maupun kolaboratif, mahasiswa diharapkan mampu: | ||||||
CPMK1 | Mengaplikasikan konsep pedagogik-didaktik matematika untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan menengah melalui konstruksi materi matematika SLTA berbasis kesalahan pemahaman siswa sebagai upaya mengembangkan potensi peserta didik secara optimal [S4, P2, KU4, KK2] | |||||
CPMK2 | Mengaplikasikan konsep teoretis matematika SLTA melalui penyelesaian permasalahan Matematika SLTA untuk menumbuhkan pola pemikiran HOTs untuk menumbuhkan sikap unggul dan berintegritas melalui pembelajaran kolaboratif berbasis keanekaragaman pandangan [S11, P5, KK7] |
Utama | ||||||
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas X SMA/MA/SMK/MAK, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta | ||||||
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta Jakarta. |
||||||
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta | ||||||
Sumber artikel lain: http://scholar.google.co.id | ||||||
Pendukung | ||||||
Video Pembelajaran |
Details ...
Mata kuliah Matematika SLTA adalah matakuliah wajib dengan bobot 2 sks dengan pembagian 2 sks teori ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu mengkonstruksi materi matematika SLTA berbasis kesalahan pemahaman siswa sebagai upaya mengembangkan potensi peserta didik secara optimal serta menyelesaikan soal HOTs terkait matemati matematika SLTA. Secara khusus, setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu membuat peta konsep, Penguasaan konsep Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel, Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel, Fungsi, Trigonometri, Program Linear, Program Linier Dua Variabel, Matriks, Barisan dan Deret, Limit Fungsi Aljabar, Turunan Fungsi Aljabar, Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar, sehingga pada akhirnya mahasiswa mampu mengkonstruksi materi matematika SLTA berbasis kesalahan pemahaman siswa serta menyelesaikan soal HOTs. Luaran mata kuliah berupa konstruksi materi matematika SLTA berbasis kesalahan pemahaman siswa, soal dan penyelesaian terkait matematika SLTA. |
CPL-PRODI (Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi) Yang Dibebankan Pada Mata Kuliah | ||||||
S4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa | |||||
S11 | Memiliki sikap Unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis. | |||||
P2 | Menguasai konsep pedagogik-didaktik matematika untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan menengah yang berorientasi pada kecakapan hidup | |||||
P5 | Menguasai konsep teoritis matematika meliputi logika matematika, matematika diskrit, aljabar, analisis, geometri, teori peluang dan statistika, prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear, persamaan diferensial, dan metode numerik, yang mendukung pembelajaran matematika di pendidikan dasar dan menengah serta untuk studi lanjut. | |||||
KU4 | Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal | |||||
KK2 | Mampu mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya | |||||
KK7 | Menumbuhkan pola pemikiran HOTs melalui penerapan keterampilan 6C (Communication, Collaboration, Critical thinking, Creative thinking, Computational logic, Compassion dan Civicresponsibility) dalam matematika | |||||
CPMK (Capaian Pembelajaran Matakuliah): Setelah menempuh mata kuliah Matematika SLTA melalui pembelajaran mandiri maupun kolaboratif, mahasiswa diharapkan mampu: | ||||||
CPMK1 | Mengaplikasikan konsep pedagogik-didaktik matematika untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan menengah melalui konstruksi materi matematika SLTA berbasis kesalahan pemahaman siswa sebagai upaya mengembangkan potensi peserta didik secara optimal [S4, P2, KU4, KK2] | |||||
CPMK2 | Mengaplikasikan konsep teoretis matematika SLTA melalui penyelesaian permasalahan Matematika SLTA untuk menumbuhkan pola pemikiran HOTs untuk menumbuhkan sikap unggul dan berintegritas melalui pembelajaran kolaboratif berbasis keanekaragaman pandangan [S11, P5, KK7] |
Utama | ||||||
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas X SMA/MA/SMK/MAK, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta | ||||||
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta Jakarta. |
||||||
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta | ||||||
Sumber artikel lain: http://scholar.google.co.id | ||||||
Pendukung | ||||||
Video Pembelajaran |
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang kemampuan matematis dan konsep materi SLTA
Learning Outcomes1. menguasai konsep matematika dalam pembelajaran di SLTA
2. menguasai materi matematika SLTA
3.menguasai konsep teoritis secara konseptual dan prosedural dalam menyelesaikan masalah matematika SLTA
ReferencesBuku Matematika SLTA kurikulum 2013
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang kemampuan matematis dan konsep materi SLTA
Learning Outcomes1. menguasai konsep matematika dalam pembelajaran di SLTA
2. menguasai materi matematika SLTA
3.menguasai konsep teoritis secara konseptual dan prosedural dalam menyelesaikan masalah matematika SLTA
ReferencesBuku Matematika SLTA kurikulum 2013
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang kemampuan matematis dan konsep materi SLTA
Learning Outcomes1. menguasai konsep matematika dalam pembelajaran di SLTA
2. menguasai materi matematika SLTA
3.menguasai konsep teoritis secara konseptual dan prosedural dalam menyelesaikan masalah matematika SLTA
ReferencesBuku Matematika SLTA kurikulum 2013
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang kemampuan matematis dan konsep materi SLTA
Learning Outcomes1. menguasai konsep matematika dalam pembelajaran di SLTA
2. menguasai materi matematika SLTA
3.menguasai konsep teoritis secara konseptual dan prosedural dalam menyelesaikan masalah matematika SLTA
ReferencesBuku Matematika SLTA kurikulum 2013
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang kemampuan matematis dan konsep materi SLTA
Learning Outcomes1. menguasai konsep matematika dalam pembelajaran di SLTA
2. menguasai materi matematika SLTA
3.menguasai konsep teoritis secara konseptual dan prosedural dalam menyelesaikan masalah matematika SLTA
ReferencesBuku Matematika SLTA kurikulum 2013
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang kemampuan matematis dan konsep materi SLTA
Learning Outcomes1. menguasai konsep matematika dalam pembelajaran di SLTA
2. menguasai materi matematika SLTA
3.menguasai konsep teoritis secara konseptual dan prosedural dalam menyelesaikan masalah matematika SLTA
ReferencesBuku Matematika SLTA kurikulum 2013
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang kemampuan matematis dan konsep materi SLTA
Learning Outcomes1. Menguasai konsep matematika dalam pembelajaran di SLTA
2. Menguasai materi matematika SLTA
3. Menguasai konsep teoritis secara konseptual dan prosedural dalam menyelesaikan masalah matematika SLTA
References
Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013, Jurnal dan Buku tentang kemampuan mateamtis siswa
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang kemampuan matematis dan konsep materi SLTA
Learning Outcomes1. Menguasai konsep matematika dalam pembelajaran di SLTA
2. Menguasai materi matematika SLTA
3. Menguasai konsep teoritis secara konseptual dan prosedural dalam menyelesaikan masalah matematika SLTA
References
Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013, Jurnal dan Buku tentang kemampuan mateamtis siswa
Details ...
mata kuliah matematika SLTA adalah mata kuliah yang membahas materi-materi matematika SMA/MA secara konseptual meliputi materi aljabar, geometeri, statistik, peluang, trigonometri, barisan deret dan matriks secara holisitk dan mendalam untuk bekal mahasiswa mengajar di jenjang SMA
Learning Outcomescapaian yang diharapkan adalah:
- mahasiswa mampu menguasai materi matematika SMA secara holistik baik konsep dan penerapannya dalam pembelajaran di sekolah
- mahasiswa diharapkan mampu memilih cara yang sesuai untuk membelajarkan materi matematika SMA meliputi aljabar, geometeri, statistik, peluang, trigonometri, barisan deret dan matriks s
- Tim matematika . 1990.matematika program pengetahuan budaya untuk kelas 2 semester 3 SMA. PT.Intan Pariwara : Jakarta
- Wilson Simangunsong.1997. Soal dan penyelesaian matematika dasar.Erlangga : Jakarta.
- Siti Marwiyanti & Chafidzah.2006. Matematika untuk SMK kelas X semester genap.Swadaya Murni: Jakarta.
- Koko Martono, R. Eryanto, dan firmansyahNoor.2008. Matematika dan Kecakapan Hidup untuk SMA Kelas X Jilid 10A. Ganeca Exact: Bekasi.
- Sartono Wirodikromo.2006. Matematika SMA kelas X, XI, XII Penerbit Erlangga Jakarta
Details ...
mata kuliah matematika SLTA adalah mata kuliah yang membahas materi-materi matematika SMA/MA secara konseptual meliputi materi aljabar, geometeri, statistik, peluang, trigonometri, barisan deret dan matriks secara holisitk dan mendalam untuk bekal mahasiswa mengajar di jenjang SMA
Learning Outcomescapaian yang diharapkan adalah:
- mahasiswa mampu menguasai materi matematika SMA secara holistik baik konsep dan penerapannya dalam pembelajaran di sekolah
- mahasiswa diharapkan mampu memilih cara yang sesuai untuk membelajarkan materi matematika SMA meliputi aljabar, geometeri, statistik, peluang, trigonometri, barisan deret dan matriks s
- Tim matematika . 1990.matematika program pengetahuan budaya untuk kelas 2 semester 3 SMA. PT.Intan Pariwara : Jakarta
- Wilson Simangunsong.1997. Soal dan penyelesaian matematika dasar.Erlangga : Jakarta.
- Siti Marwiyanti & Chafidzah.2006. Matematika untuk SMK kelas X semester genap.Swadaya Murni: Jakarta.
- Koko Martono, R. Eryanto, dan firmansyahNoor.2008. Matematika dan Kecakapan Hidup untuk SMA Kelas X Jilid 10A. Ganeca Exact: Bekasi.
- Sartono Wirodikromo.2006. Matematika SMA kelas X, XI, XII Penerbit Erlangga Jakarta
Details ...