Courser in English | SENIOR HIGH SCHOOL MATHEMATICS |
Program | Pendidikan Matematika |
SKS | 2 SKS |
RPS | 33 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Matakuliah ini berisi tentang pemeahaman mahasiswa dalam membuat peta konsep, pemahaman mahasiswa dalam menguasai konsep secara teoritis pedagogi materi - materi matematika SLTA , mengidentifikasi kesulitan pemahaman peserta didik terkait materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel, Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel, Fungsi, Trigonometri, Program Linear, Program Linier Dua Variabel, Matriks, Barisan dan Deret, Limit Fungsi Aljabar, Turunan Fungsi Aljabar, Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar, dan menyelesaiakn masalah - masalah HOTs.
Learning OutcomesP1 | Menguasai konsep teoretis pengetahuan matematika (kalkulus, geometri, aljabar, statistika,matematika terapan, analisis) yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya; | |||||
P2 | Menguasai konsep teoretis pedagogi matematika yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya | |||||
KU1 | Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan matematika dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang matematika; | |||||
KU2 | Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran | |||||
KK1 | Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya | |||||
CPMK (Capaian Pembelajaran Matakuliah) | ||||||
CPMK1 | 1. Menguasai konsep teoretis pengetahuan matematika SLTA untuk mengembangkan HOT melalui kegiatan analisis peta konsep dan ketrampilan penyelesaian masalah dengan saling bekerjasama dalam menerapkan pemikiran logis, kritis,sistematis dan inovatif melaui diskusi [S3, P1, KU1] | |||||
CPMK2 | 2. Menguasai konsep teoretis pedagogi matematika SLTA melalui kegiatan mengidentifikasi kesulitan pemahaman materi dan dapat mendesain rencana solusinya untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal dengan penuh tanggung jawab[S9, P2, KU2, KK1] |
Utama | ||||||
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas X SMA/MA/SMK/MAK, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta | ||||||
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta Jakarta. |
||||||
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta | ||||||
Sumber artikel lain: http://scholar.google.co.id | ||||||
Pendukung | ||||||
Video Pembelajaran |
Details ...
Matakuliah ini berisi tentang pemeahaman mahasiswa dalam membuat peta konsep, pemahaman mahasiswa dalam menguasai konsep secara teoritis pedagogi materi - materi matematika SLTA , mengidentifikasi kesulitan pemahaman peserta didik terkait materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel, Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel, Fungsi, Trigonometri, Program Linear, Program Linier Dua Variabel, Matriks, Barisan dan Deret, Limit Fungsi Aljabar, Turunan Fungsi Aljabar, Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar, dan menyelesaiakn masalah - masalah HOTs.
Learning OutcomesP1 | Menguasai konsep teoretis pengetahuan matematika (kalkulus, geometri, aljabar, statistika,matematika terapan, analisis) yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya; | |||||
P2 | Menguasai konsep teoretis pedagogi matematika yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya | |||||
KU1 | Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan matematika dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang matematika; | |||||
KU2 | Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran | |||||
KK1 | Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya | |||||
CPMK (Capaian Pembelajaran Matakuliah) | ||||||
CPMK1 | 1. Menguasai konsep teoretis pengetahuan matematika SLTA untuk mengembangkan HOT melalui kegiatan analisis peta konsep dan ketrampilan penyelesaian masalah dengan saling bekerjasama dalam menerapkan pemikiran logis, kritis,sistematis dan inovatif melaui diskusi [S3, P1, KU1] | |||||
CPMK2 | 2. Menguasai konsep teoretis pedagogi matematika SLTA melalui kegiatan mengidentifikasi kesulitan pemahaman materi dan dapat mendesain rencana solusinya untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal dengan penuh tanggung jawab[S9, P2, KU2, KK1] |
Utama | ||||||
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas X SMA/MA/SMK/MAK, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta | ||||||
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta Jakarta. |
||||||
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta | ||||||
Sumber artikel lain: http://scholar.google.co.id | ||||||
Pendukung | ||||||
Video Pembelajaran |
Details ...
Matakuliah ini berisi tentang pemeahaman mahasiswa dalam membuat peta konsep, pemahaman mahasiswa dalam menguasai konsep secara teoritis pedagogi materi - materi matematika SLTA , mengidentifikasi kesulitan pemahaman peserta didik terkait materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel, Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel, Fungsi, Trigonometri, Program Linear, Program Linier Dua Variabel, Matriks, Barisan dan Deret, Limit Fungsi Aljabar, Turunan Fungsi Aljabar, Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar, dan menyelesaiakn masalah - masalah HOTs.
Learning OutcomesP1 | Menguasai konsep teoretis pengetahuan matematika (kalkulus, geometri, aljabar, statistika,matematika terapan, analisis) yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya; | |||||
P2 | Menguasai konsep teoretis pedagogi matematika yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya | |||||
KU1 | Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan matematika dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang matematika; | |||||
KU2 | Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran | |||||
KK1 | Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya | |||||
CPMK (Capaian Pembelajaran Matakuliah) | ||||||
CPMK1 | 1. Menguasai konsep teoretis pengetahuan matematika SLTA untuk mengembangkan HOT melalui kegiatan analisis peta konsep dan ketrampilan penyelesaian masalah dengan saling bekerjasama dalam menerapkan pemikiran logis, kritis,sistematis dan inovatif melaui diskusi [S3, P1, KU1] | |||||
CPMK2 | 2. Menguasai konsep teoretis pedagogi matematika SLTA melalui kegiatan mengidentifikasi kesulitan pemahaman materi dan dapat mendesain rencana solusinya untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal dengan penuh tanggung jawab[S9, P2, KU2, KK1] |
Utama | ||||||
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas X SMA/MA/SMK/MAK, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta | ||||||
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta Jakarta. |
||||||
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta | ||||||
Sumber artikel lain: http://scholar.google.co.id | ||||||
Pendukung | ||||||
Video Pembelajaran |
Details ...
Matakuliah ini berisi tentang pemeahaman mahasiswa dalam membuat peta konsep, pemahaman mahasiswa dalam menguasai konsep secara teoritis pedagogi materi - materi matematika SLTA , mengidentifikasi kesulitan pemahaman peserta didik terkait materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel, Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel, Fungsi, Trigonometri, Program Linear, Program Linier Dua Variabel, Matriks, Barisan dan Deret, Limit Fungsi Aljabar, Turunan Fungsi Aljabar, Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar, dan menyelesaiakn masalah - masalah HOTs.
Learning OutcomesP1 | Menguasai konsep teoretis pengetahuan matematika (kalkulus, geometri, aljabar, statistika,matematika terapan, analisis) yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya; | |||||
P2 | Menguasai konsep teoretis pedagogi matematika yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya | |||||
KU1 | Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan matematika dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang matematika; | |||||
KU2 | Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran | |||||
KK1 | Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya | |||||
CPMK (Capaian Pembelajaran Matakuliah) | ||||||
CPMK1 | 1. Menguasai konsep teoretis pengetahuan matematika SLTA untuk mengembangkan HOT melalui kegiatan analisis peta konsep dan ketrampilan penyelesaian masalah dengan saling bekerjasama dalam menerapkan pemikiran logis, kritis,sistematis dan inovatif melaui diskusi [S3, P1, KU1] | |||||
CPMK2 | 2. Menguasai konsep teoretis pedagogi matematika SLTA melalui kegiatan mengidentifikasi kesulitan pemahaman materi dan dapat mendesain rencana solusinya untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal dengan penuh tanggung jawab[S9, P2, KU2, KK1] |
Utama | ||||||
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas X SMA/MA/SMK/MAK, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta | ||||||
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta Jakarta. |
||||||
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta | ||||||
Sumber artikel lain: http://scholar.google.co.id | ||||||
Pendukung | ||||||
Video Pembelajaran |
Details ...
Meliputi kajian materi matematika SMA, yaitu: Bilangan Riil, Aproksimasi Kesalahan Pengukuran, Logika Matematika, Persamaan dan Pertidaksamaan (Linier dan Kuadrat), Matriks, Relasi dan Fungsi (Linier dan Kuadrat), Program Linier, Barisan dan Deret Bilangan, Trigonometri, Hitung Keuangan, Geometri Dimensi Dua dan Tiga, Vektor, Peluang, Statistika, dan Kalkulus (Limit, Turunan, dan Integral).
Learning Outcomes
Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah, menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika, memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh pada materi matematika SMA
ReferencesBuku Guru dan Buku Siswa Matematika SLTA
Details ...
Meliputi kajian materi matematika SMA, yaitu: Bilangan Riil, Aproksimasi Kesalahan Pengukuran, Logika Matematika, Persamaan dan Pertidaksamaan (Linier dan Kuadrat), Matriks, Relasi dan Fungsi (Linier dan Kuadrat), Program Linier, Barisan dan Deret Bilangan, Trigonometri, Hitung Keuangan, Geometri Dimensi Dua dan Tiga, Vektor, Peluang, Statistika, dan Kalkulus (Limit, Turunan, dan Integral).
Learning Outcomes
Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah, menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika, memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh pada materi matematika SMA
ReferencesBuku Guru dan Buku Siswa Matematika SLTA
Details ...
Meliputi kajian materi matematika SMA, yaitu: Bilangan Riil, Aproksimasi Kesalahan Pengukuran, Logika Matematika, Persamaan dan Pertidaksamaan (Linier dan Kuadrat), Matriks, Relasi dan Fungsi (Linier dan Kuadrat), Program Linier, Barisan dan Deret Bilangan, Trigonometri, Hitung Keuangan, Geometri Dimensi Dua dan Tiga, Vektor, Peluang, Statistika, dan Kalkulus (Limit, Turunan, dan Integral).
Learning Outcomes
Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah, menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika, memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh pada materi matematika SMA
ReferencesBuku Guru dan Buku Siswa Matematika SLTA
Details ...
Mata Kuliah Matematika SLTA berisi materi tentang kurikulum dan materi yang dipelajari di tingkat SLTA kelas X dan XI berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi, yaitu Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel, Sistem Persamaan Linie Tiga Variabel, Fungsi, Trigonometri, Logika Matematika, Program Linier Dua Variabel, Matriks, Barisan dan Deret, Limit Fungsi Aljabar, Turunan Fungsi Aljabar, Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar
Learning Outcomes- Menguasai materi matematika sekolah
- Mampu mengkaji dan mengimplementasikan materi matematika dalam pembelajaran
- Budhi, W , Kartasasmita, BG. 2015. Berpikir Matematis Matematika Untuk Semua. Jakarta: Erlangga
- Kemendikbud. 2016. SILABUS MATA PELAJARAN SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH/SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (SMA/MA/SMK/MAK). Jakarta
- Sukino. 2014. Matematika Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu Alam. Jakarta: Erlangga
- Supatmono, C, Sriyanto. 2011. Matematika Kontekstual Untuk SMA/MA Kelas X. Klaten: Intan Pariwara
- Tampomas, H. 2008. Seribu Pena Matematika Jilid 1 untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga
Details ...
Mata Kuliah Matematika SLTA berisi materi tentang kurikulum dan materi yang dipelajari di tingkat SLTA kelas X dan XI berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi, yaitu Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel, Sistem Persamaan Linie Tiga Variabel, Fungsi, Trigonometri, Logika Matematika, Program Linier Dua Variabel, Matriks, Barisan dan Deret, Limit Fungsi Aljabar, Turunan Fungsi Aljabar, Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar
Learning Outcomes- Menguasai materi matematika sekolah
- Mampu mengkaji dan mengimplementasikan materi matematika dalam pembelajaran
- Budhi, W , Kartasasmita, BG. 2015. Berpikir Matematis Matematika Untuk Semua. Jakarta: Erlangga
- Kemendikbud. 2016. SILABUS MATA PELAJARAN SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH/SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (SMA/MA/SMK/MAK). Jakarta
- Sukino. 2014. Matematika Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu Alam. Jakarta: Erlangga
- Supatmono, C, Sriyanto. 2011. Matematika Kontekstual Untuk SMA/MA Kelas X. Klaten: Intan Pariwara
- Tampomas, H. 2008. Seribu Pena Matematika Jilid 1 untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga
Details ...
Mata Kuliah Matematika SLTA berisi materi tentang kurikulum dan materi yang dipelajari di tingkat SLTA kelas X dan XI berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi, yaitu Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel, Sistem Persamaan Linie Tiga Variabel, Fungsi, Trigonometri, Logika Matematika, Program Linier Dua Variabel, Matriks, Barisan dan Deret, Limit Fungsi Aljabar, Turunan Fungsi Aljabar, Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar
Learning Outcomes- Menguasai materi matematika sekolah
- Mampu mengkaji dan mengimplementasikan materi matematika dalam pembelajaran
- Budhi, W , Kartasasmita, BG. 2015. Berpikir Matematis Matematika Untuk Semua. Jakarta: Erlangga
- Kemendikbud. 2016. SILABUS MATA PELAJARAN SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH/SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (SMA/MA/SMK/MAK). Jakarta
- Sukino. 2014. Matematika Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu Alam. Jakarta: Erlangga
- Supatmono, C, Sriyanto. 2011. Matematika Kontekstual Untuk SMA/MA Kelas X. Klaten: Intan Pariwara
- Tampomas, H. 2008. Seribu Pena Matematika Jilid 1 untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga
Details ...
Mata Kuliah Matematika SLTA berisi materi tentang kurikulum dan materi yang dipelajari di tingkat SLTA kelas X dan XI berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi, yaitu Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel, Sistem Persamaan Linie Tiga Variabel, Fungsi, Trigonometri, Logika Matematika, Program Linier Dua Variabel, Matriks, Barisan dan Deret, Limit Fungsi Aljabar, Turunan Fungsi Aljabar, Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar
Learning Outcomes- Menguasai materi matematika sekolah
- Mampu mengkaji dan mengimplementasikan materi matematika dalam pembelajaran
- Budhi, W , Kartasasmita, BG. 2015. Berpikir Matematis Matematika Untuk Semua. Jakarta: Erlangga
- Kemendikbud. 2016. SILABUS MATA PELAJARAN SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH/SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (SMA/MA/SMK/MAK). Jakarta
- Sukino. 2014. Matematika Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu Alam. Jakarta: Erlangga
- Supatmono, C, Sriyanto. 2011. Matematika Kontekstual Untuk SMA/MA Kelas X. Klaten: Intan Pariwara
- Tampomas, H. 2008. Seribu Pena Matematika Jilid 1 untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga
Details ...
Mata Kuliah Matematika SLTA berisi materi tentang kurikulum dan materi yang dipelajari di tingkat SLTA kelas X dan XI berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi, yaitu Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel, Sistem Persamaan Linie Tiga Variabel, Fungsi, Trigonometri, Logika Matematika, Program Linier Dua Variabel, Matriks, Barisan dan Deret, Limit Fungsi Aljabar, Turunan Fungsi Aljabar, Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar
Learning Outcomes- Menguasai materi matematika sekolah
- Mampu mengkaji dan mengimplementasikan materi matematika dalam pembelajaran
- Budhi, W , Kartasasmita, BG. 2015. Berpikir Matematis Matematika Untuk Semua. Jakarta: Erlangga
- Kemendikbud. 2016. SILABUS MATA PELAJARAN SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH/SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (SMA/MA/SMK/MAK). Jakarta
- Sukino. 2014. Matematika Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu Alam. Jakarta: Erlangga
- Supatmono, C, Sriyanto. 2011. Matematika Kontekstual Untuk SMA/MA Kelas X. Klaten: Intan Pariwara
- Tampomas, H. 2008. Seribu Pena Matematika Jilid 1 untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga
Details ...