Matematika SLTA, Curriculum : 2015


Courser in EnglishSENIOR HIGH SCHOOL MATHEMATICS
ProgramPendidikan Matematika
SKS2 SKS
RPS33 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Matakuliah ini berisi tentang pemeahaman mahasiswa dalam membuat peta konsep, pemahaman mahasiswa dalam menguasai konsep secara teoritis pedagogi materi - materi matematika SLTA , mengidentifikasi kesulitan pemahaman peserta didik terkait materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel, Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel, Fungsi, Trigonometri, Program Linear, Program Linier Dua Variabel, Matriks,  Barisan dan Deret, Limit Fungsi Aljabar, Turunan Fungsi Aljabar, Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar, dan menyelesaiakn masalah - masalah HOTs.

Learning Outcomes

P1 Menguasai konsep teoretis pengetahuan matematika (kalkulus, geometri, aljabar, statistika,matematika terapan, analisis) yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya; 
P2 Menguasai konsep teoretis pedagogi matematika yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya
KU1 Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan matematika dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang matematika;
KU2 Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran           
KK1 Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan  dapat mendesain rencana solusinya
CPMK (Capaian Pembelajaran Matakuliah)
CPMK1 1. Menguasai konsep teoretis pengetahuan matematika SLTA untuk mengembangkan HOT melalui kegiatan analisis peta konsep dan ketrampilan penyelesaian masalah dengan saling  bekerjasama dalam menerapkan pemikiran logis, kritis,sistematis dan inovatif melaui diskusi [S3, P1, KU1]
CPMK2 2. Menguasai konsep teoretis pedagogi matematika SLTA melalui kegiatan mengidentifikasi kesulitan pemahaman materi dan dapat mendesain rencana solusinya untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal dengan penuh tanggung jawab[S9, P2, KU2, KK1]

References

Utama  
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas X SMA/MA/SMK/MAK, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta
Jakarta.
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta
Sumber artikel lain: http://scholar.google.co.id 
Pendukung  
Video Pembelajaran 


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini berisi tentang pemeahaman mahasiswa dalam membuat peta konsep, pemahaman mahasiswa dalam menguasai konsep secara teoritis pedagogi materi - materi matematika SLTA , mengidentifikasi kesulitan pemahaman peserta didik terkait materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel, Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel, Fungsi, Trigonometri, Program Linear, Program Linier Dua Variabel, Matriks,  Barisan dan Deret, Limit Fungsi Aljabar, Turunan Fungsi Aljabar, Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar, dan menyelesaiakn masalah - masalah HOTs.

Learning Outcomes

P1 Menguasai konsep teoretis pengetahuan matematika (kalkulus, geometri, aljabar, statistika,matematika terapan, analisis) yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya; 
P2 Menguasai konsep teoretis pedagogi matematika yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya
KU1 Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan matematika dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang matematika;
KU2 Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran           
KK1 Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan  dapat mendesain rencana solusinya
CPMK (Capaian Pembelajaran Matakuliah)
CPMK1 1. Menguasai konsep teoretis pengetahuan matematika SLTA untuk mengembangkan HOT melalui kegiatan analisis peta konsep dan ketrampilan penyelesaian masalah dengan saling  bekerjasama dalam menerapkan pemikiran logis, kritis,sistematis dan inovatif melaui diskusi [S3, P1, KU1]
CPMK2 2. Menguasai konsep teoretis pedagogi matematika SLTA melalui kegiatan mengidentifikasi kesulitan pemahaman materi dan dapat mendesain rencana solusinya untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal dengan penuh tanggung jawab[S9, P2, KU2, KK1]

References

Utama  
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas X SMA/MA/SMK/MAK, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta
Jakarta.
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta
Sumber artikel lain: http://scholar.google.co.id 
Pendukung  
Video Pembelajaran 


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini berisi tentang pemeahaman mahasiswa dalam membuat peta konsep, pemahaman mahasiswa dalam menguasai konsep secara teoritis pedagogi materi - materi matematika SLTA , mengidentifikasi kesulitan pemahaman peserta didik terkait materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel, Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel, Fungsi, Trigonometri, Program Linear, Program Linier Dua Variabel, Matriks,  Barisan dan Deret, Limit Fungsi Aljabar, Turunan Fungsi Aljabar, Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar, dan menyelesaiakn masalah - masalah HOTs.

Learning Outcomes

P1 Menguasai konsep teoretis pengetahuan matematika (kalkulus, geometri, aljabar, statistika,matematika terapan, analisis) yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya; 
P2 Menguasai konsep teoretis pedagogi matematika yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya
KU1 Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan matematika dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang matematika;
KU2 Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran           
KK1 Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan  dapat mendesain rencana solusinya
CPMK (Capaian Pembelajaran Matakuliah)
CPMK1 1. Menguasai konsep teoretis pengetahuan matematika SLTA untuk mengembangkan HOT melalui kegiatan analisis peta konsep dan ketrampilan penyelesaian masalah dengan saling  bekerjasama dalam menerapkan pemikiran logis, kritis,sistematis dan inovatif melaui diskusi [S3, P1, KU1]
CPMK2 2. Menguasai konsep teoretis pedagogi matematika SLTA melalui kegiatan mengidentifikasi kesulitan pemahaman materi dan dapat mendesain rencana solusinya untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal dengan penuh tanggung jawab[S9, P2, KU2, KK1]

References

Utama  
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas X SMA/MA/SMK/MAK, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta
Jakarta.
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta
Sumber artikel lain: http://scholar.google.co.id 
Pendukung  
Video Pembelajaran 


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini berisi tentang pemeahaman mahasiswa dalam membuat peta konsep, pemahaman mahasiswa dalam menguasai konsep secara teoritis pedagogi materi - materi matematika SLTA , mengidentifikasi kesulitan pemahaman peserta didik terkait materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel, Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel, Fungsi, Trigonometri, Program Linear, Program Linier Dua Variabel, Matriks,  Barisan dan Deret, Limit Fungsi Aljabar, Turunan Fungsi Aljabar, Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar, dan menyelesaiakn masalah - masalah HOTs.

Learning Outcomes

P1 Menguasai konsep teoretis pengetahuan matematika (kalkulus, geometri, aljabar, statistika,matematika terapan, analisis) yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya; 
P2 Menguasai konsep teoretis pedagogi matematika yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya
KU1 Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan matematika dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang matematika;
KU2 Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran           
KK1 Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan  dapat mendesain rencana solusinya
CPMK (Capaian Pembelajaran Matakuliah)
CPMK1 1. Menguasai konsep teoretis pengetahuan matematika SLTA untuk mengembangkan HOT melalui kegiatan analisis peta konsep dan ketrampilan penyelesaian masalah dengan saling  bekerjasama dalam menerapkan pemikiran logis, kritis,sistematis dan inovatif melaui diskusi [S3, P1, KU1]
CPMK2 2. Menguasai konsep teoretis pedagogi matematika SLTA melalui kegiatan mengidentifikasi kesulitan pemahaman materi dan dapat mendesain rencana solusinya untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal dengan penuh tanggung jawab[S9, P2, KU2, KK1]

References

Utama  
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas X SMA/MA/SMK/MAK, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta
Jakarta.
Kemendikbud. 2014. Matematika Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK, Edisi Revisi.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta
Sumber artikel lain: http://scholar.google.co.id 
Pendukung  
Video Pembelajaran 


Details ...
Course Descriptions

Meliputi kajian materi matematika SMA, yaitu: Bilangan Riil, Aproksimasi Kesalahan Pengukuran, Logika Matematika, Persamaan dan Pertidaksamaan (Linier dan Kuadrat), Matriks, Relasi dan Fungsi (Linier dan Kuadrat), Program Linier, Barisan dan Deret Bilangan, Trigonometri, Hitung Keuangan, Geometri Dimensi Dua dan Tiga, Vektor, Peluang, Statistika, dan Kalkulus (Limit, Turunan, dan Integral).

 

Learning Outcomes

Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah, menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan  matematika, memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika,  menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh pada materi matematika SMA

References

Buku Guru dan Buku Siswa Matematika SLTA


Details ...
Course Descriptions

Meliputi kajian materi matematika SMA, yaitu: Bilangan Riil, Aproksimasi Kesalahan Pengukuran, Logika Matematika, Persamaan dan Pertidaksamaan (Linier dan Kuadrat), Matriks, Relasi dan Fungsi (Linier dan Kuadrat), Program Linier, Barisan dan Deret Bilangan, Trigonometri, Hitung Keuangan, Geometri Dimensi Dua dan Tiga, Vektor, Peluang, Statistika, dan Kalkulus (Limit, Turunan, dan Integral).

 

Learning Outcomes

Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah, menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan  matematika, memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika,  menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh pada materi matematika SMA

References

Buku Guru dan Buku Siswa Matematika SLTA


Details ...
Course Descriptions

Meliputi kajian materi matematika SMA, yaitu: Bilangan Riil, Aproksimasi Kesalahan Pengukuran, Logika Matematika, Persamaan dan Pertidaksamaan (Linier dan Kuadrat), Matriks, Relasi dan Fungsi (Linier dan Kuadrat), Program Linier, Barisan dan Deret Bilangan, Trigonometri, Hitung Keuangan, Geometri Dimensi Dua dan Tiga, Vektor, Peluang, Statistika, dan Kalkulus (Limit, Turunan, dan Integral).

 

Learning Outcomes

Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah, menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan  matematika, memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika,  menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh pada materi matematika SMA

References

Buku Guru dan Buku Siswa Matematika SLTA


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Matematika SLTA berisi materi tentang kurikulum dan materi yang dipelajari di tingkat SLTA kelas X dan XI berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi, yaitu Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel, Sistem Persamaan Linie Tiga Variabel, Fungsi, Trigonometri, Logika Matematika, Program Linier Dua Variabel, Matriks, Barisan dan Deret, Limit Fungsi Aljabar, Turunan Fungsi Aljabar, Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar

Learning Outcomes

  1. Menguasai materi matematika sekolah
  2. Mampu mengkaji dan mengimplementasikan materi matematika dalam pembelajaran

References

  1. Budhi, W , Kartasasmita, BG. 2015. Berpikir Matematis Matematika Untuk Semua. Jakarta: Erlangga
  2. Kemendikbud. 2016. SILABUS MATA PELAJARAN SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH/SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (SMA/MA/SMK/MAK). Jakarta
  3. Sukino. 2014. Matematika Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu Alam. Jakarta: Erlangga
  4. Supatmono, C, Sriyanto. 2011. Matematika Kontekstual Untuk SMA/MA Kelas X. Klaten: Intan Pariwara
  5. Tampomas, H. 2008. Seribu Pena Matematika Jilid 1 untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Matematika SLTA berisi materi tentang kurikulum dan materi yang dipelajari di tingkat SLTA kelas X dan XI berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi, yaitu Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel, Sistem Persamaan Linie Tiga Variabel, Fungsi, Trigonometri, Logika Matematika, Program Linier Dua Variabel, Matriks, Barisan dan Deret, Limit Fungsi Aljabar, Turunan Fungsi Aljabar, Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar

Learning Outcomes

  1. Menguasai materi matematika sekolah
  2. Mampu mengkaji dan mengimplementasikan materi matematika dalam pembelajaran

References

  1. Budhi, W , Kartasasmita, BG. 2015. Berpikir Matematis Matematika Untuk Semua. Jakarta: Erlangga
  2. Kemendikbud. 2016. SILABUS MATA PELAJARAN SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH/SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (SMA/MA/SMK/MAK). Jakarta
  3. Sukino. 2014. Matematika Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu Alam. Jakarta: Erlangga
  4. Supatmono, C, Sriyanto. 2011. Matematika Kontekstual Untuk SMA/MA Kelas X. Klaten: Intan Pariwara
  5. Tampomas, H. 2008. Seribu Pena Matematika Jilid 1 untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Matematika SLTA berisi materi tentang kurikulum dan materi yang dipelajari di tingkat SLTA kelas X dan XI berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi, yaitu Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel, Sistem Persamaan Linie Tiga Variabel, Fungsi, Trigonometri, Logika Matematika, Program Linier Dua Variabel, Matriks, Barisan dan Deret, Limit Fungsi Aljabar, Turunan Fungsi Aljabar, Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar

Learning Outcomes

  1. Menguasai materi matematika sekolah
  2. Mampu mengkaji dan mengimplementasikan materi matematika dalam pembelajaran

References

  1. Budhi, W , Kartasasmita, BG. 2015. Berpikir Matematis Matematika Untuk Semua. Jakarta: Erlangga
  2. Kemendikbud. 2016. SILABUS MATA PELAJARAN SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH/SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (SMA/MA/SMK/MAK). Jakarta
  3. Sukino. 2014. Matematika Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu Alam. Jakarta: Erlangga
  4. Supatmono, C, Sriyanto. 2011. Matematika Kontekstual Untuk SMA/MA Kelas X. Klaten: Intan Pariwara
  5. Tampomas, H. 2008. Seribu Pena Matematika Jilid 1 untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Matematika SLTA berisi materi tentang kurikulum dan materi yang dipelajari di tingkat SLTA kelas X dan XI berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi, yaitu Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel, Sistem Persamaan Linie Tiga Variabel, Fungsi, Trigonometri, Logika Matematika, Program Linier Dua Variabel, Matriks, Barisan dan Deret, Limit Fungsi Aljabar, Turunan Fungsi Aljabar, Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar

Learning Outcomes

  1. Menguasai materi matematika sekolah
  2. Mampu mengkaji dan mengimplementasikan materi matematika dalam pembelajaran

References

  1. Budhi, W , Kartasasmita, BG. 2015. Berpikir Matematis Matematika Untuk Semua. Jakarta: Erlangga
  2. Kemendikbud. 2016. SILABUS MATA PELAJARAN SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH/SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (SMA/MA/SMK/MAK). Jakarta
  3. Sukino. 2014. Matematika Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu Alam. Jakarta: Erlangga
  4. Supatmono, C, Sriyanto. 2011. Matematika Kontekstual Untuk SMA/MA Kelas X. Klaten: Intan Pariwara
  5. Tampomas, H. 2008. Seribu Pena Matematika Jilid 1 untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Matematika SLTA berisi materi tentang kurikulum dan materi yang dipelajari di tingkat SLTA kelas X dan XI berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi, yaitu Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel, Sistem Persamaan Linie Tiga Variabel, Fungsi, Trigonometri, Logika Matematika, Program Linier Dua Variabel, Matriks, Barisan dan Deret, Limit Fungsi Aljabar, Turunan Fungsi Aljabar, Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar

Learning Outcomes

  1. Menguasai materi matematika sekolah
  2. Mampu mengkaji dan mengimplementasikan materi matematika dalam pembelajaran

References

  1. Budhi, W , Kartasasmita, BG. 2015. Berpikir Matematis Matematika Untuk Semua. Jakarta: Erlangga
  2. Kemendikbud. 2016. SILABUS MATA PELAJARAN SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH/SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (SMA/MA/SMK/MAK). Jakarta
  3. Sukino. 2014. Matematika Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu Alam. Jakarta: Erlangga
  4. Supatmono, C, Sriyanto. 2011. Matematika Kontekstual Untuk SMA/MA Kelas X. Klaten: Intan Pariwara
  5. Tampomas, H. 2008. Seribu Pena Matematika Jilid 1 untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga


Details ...