Magang II, Curriculum : 2015


Courser in EnglishSCHOOL INTERNSHIP II
ProgramPendidikan Bahasa Inggris
SKS2 SKS
RPS31 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Matakuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pembelajaran) berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi

Learning Outcomes

1. Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran

2. Mampu mengelola kurikulum

3. Memilih secara adekuat pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran

4. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran

5. Menerapkan pegetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian

6. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara madiri

7. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik

References

Hasibuan dan Moedjiono. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya. 

 

Ipah, DN. 1985. Keterampilan Memberi PenguatanJakarta: Dirjen Dikti.

 

Jhon I Bola. 1985. Keterampilan Mengelola Kelas. Jakarta:  Dirjen Dikti.

 

La Sulo, et al. 1980. Micro-Teaching. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru (P3G), Depdikbud.

 

Mapassaro dan La Sulo. 1982. Pengembangan Program Pengalaman Lapangan. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru (P3G), Depdikbud.

 

Raflis Kosasi dan Raka Joni. T. 1985. Keterampilan Menjelaskan. Jakarta: Dirjen Dikti.

 

Raflis Kosasi. 1985. Keterampilan Mengadakan Varias., Jakarta: Dirjen Dikti.

 

Retnaningdyastuti. 2006. Pembelajaran Micro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang.

 

Soli Abimanyu. 1985. Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran.  Jakarta: Dirjen Dikti.

 

Soli Abimanyu dan Ipah, DN. 1985. Keterampilan Bertanya Dasar dan Lanjut Jakarta: Dirjen Dikti.

Wardani, I.G.A dan Raka Joni, K. 1985. Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan PeroranganJakarta: Dirjen Dikti.

 

 

 


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pembelajaran) berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi

Learning Outcomes

1. Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran

2. Mampu mengelola kurikulum

3. Memilih secara adekuat pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran

4. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran

5. Menerapkan pegetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian

6. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara madiri

7. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik

References

Hasibuan dan Moedjiono. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya. 

 

Ipah, DN. 1985. Keterampilan Memberi PenguatanJakarta: Dirjen Dikti.

 

Jhon I Bola. 1985. Keterampilan Mengelola Kelas. Jakarta:  Dirjen Dikti.

 

La Sulo, et al. 1980. Micro-Teaching. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru (P3G), Depdikbud.

 

Mapassaro dan La Sulo. 1982. Pengembangan Program Pengalaman Lapangan. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru (P3G), Depdikbud.

 

Raflis Kosasi dan Raka Joni. T. 1985. Keterampilan Menjelaskan. Jakarta: Dirjen Dikti.

 

Raflis Kosasi. 1985. Keterampilan Mengadakan Varias., Jakarta: Dirjen Dikti.

 

Retnaningdyastuti. 2006. Pembelajaran Micro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang.

 

Soli Abimanyu. 1985. Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran.  Jakarta: Dirjen Dikti.

 

Soli Abimanyu dan Ipah, DN. 1985. Keterampilan Bertanya Dasar dan Lanjut Jakarta: Dirjen Dikti.

Wardani, I.G.A dan Raka Joni, K. 1985. Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan PeroranganJakarta: Dirjen Dikti.

 

 

 


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pembelajaran) berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi

Learning Outcomes

1. Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran

2. Mampu mengelola kurikulum

3. Memilih secara adekuat pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran

4. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran

5. Menerapkan pegetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian

6. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara madiri

7. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik

References

Hasibuan dan Moedjiono. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya. 

 

Ipah, DN. 1985. Keterampilan Memberi PenguatanJakarta: Dirjen Dikti.

 

Jhon I Bola. 1985. Keterampilan Mengelola Kelas. Jakarta:  Dirjen Dikti.

 

La Sulo, et al. 1980. Micro-Teaching. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru (P3G), Depdikbud.

 

Mapassaro dan La Sulo. 1982. Pengembangan Program Pengalaman Lapangan. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru (P3G), Depdikbud.

 

Raflis Kosasi dan Raka Joni. T. 1985. Keterampilan Menjelaskan. Jakarta: Dirjen Dikti.

 

Raflis Kosasi. 1985. Keterampilan Mengadakan Varias., Jakarta: Dirjen Dikti.

 

Retnaningdyastuti. 2006. Pembelajaran Micro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang.

 

Soli Abimanyu. 1985. Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran.  Jakarta: Dirjen Dikti.

 

Soli Abimanyu dan Ipah, DN. 1985. Keterampilan Bertanya Dasar dan Lanjut Jakarta: Dirjen Dikti.

Wardani, I.G.A dan Raka Joni, K. 1985. Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan PeroranganJakarta: Dirjen Dikti.

 

 

 


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pembelajaran) berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi

Learning Outcomes

1. Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran

2. Mampu mengelola kurikulum

3. Memilih secara adekuat pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran

4. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran

5. Menerapkan pegetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian

6. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara madiri

7. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik

References

Hasibuan dan Moedjiono. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya. 

 

Ipah, DN. 1985. Keterampilan Memberi PenguatanJakarta: Dirjen Dikti.

 

Jhon I Bola. 1985. Keterampilan Mengelola Kelas. Jakarta:  Dirjen Dikti.

 

La Sulo, et al. 1980. Micro-Teaching. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru (P3G), Depdikbud.

 

Mapassaro dan La Sulo. 1982. Pengembangan Program Pengalaman Lapangan. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru (P3G), Depdikbud.

 

Raflis Kosasi dan Raka Joni. T. 1985. Keterampilan Menjelaskan. Jakarta: Dirjen Dikti.

 

Raflis Kosasi. 1985. Keterampilan Mengadakan Varias., Jakarta: Dirjen Dikti.

 

Retnaningdyastuti. 2006. Pembelajaran Micro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang.

 

Soli Abimanyu. 1985. Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran.  Jakarta: Dirjen Dikti.

 

Soli Abimanyu dan Ipah, DN. 1985. Keterampilan Bertanya Dasar dan Lanjut Jakarta: Dirjen Dikti.

Wardani, I.G.A dan Raka Joni, K. 1985. Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan PeroranganJakarta: Dirjen Dikti.

 

 

 


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pembelajaran) berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi

Learning Outcomes

1. Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran

2. Mampu mengelola kurikulum

3. Memilih secara adekuat pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran

4. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran

5. Menerapkan pegetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian

6. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara madiri

7. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik

References

Hasibuan dan Moedjiono. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya. 

 

Ipah, DN. 1985. Keterampilan Memberi PenguatanJakarta: Dirjen Dikti.

 

Jhon I Bola. 1985. Keterampilan Mengelola Kelas. Jakarta:  Dirjen Dikti.

 

La Sulo, et al. 1980. Micro-Teaching. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru (P3G), Depdikbud.

 

Mapassaro dan La Sulo. 1982. Pengembangan Program Pengalaman Lapangan. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru (P3G), Depdikbud.

 

Raflis Kosasi dan Raka Joni. T. 1985. Keterampilan Menjelaskan. Jakarta: Dirjen Dikti.

 

Raflis Kosasi. 1985. Keterampilan Mengadakan Varias., Jakarta: Dirjen Dikti.

 

Retnaningdyastuti. 2006. Pembelajaran Micro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang.

 

Soli Abimanyu. 1985. Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran.  Jakarta: Dirjen Dikti.

 

Soli Abimanyu dan Ipah, DN. 1985. Keterampilan Bertanya Dasar dan Lanjut Jakarta: Dirjen Dikti.

Wardani, I.G.A dan Raka Joni, K. 1985. Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan PeroranganJakarta: Dirjen Dikti.

 

 

 


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pembelajaran) berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi

Learning Outcomes

1. Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran

2. Mampu mengelola kurikulum

3. Memilih secara adekuat pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran

4. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran

5. Menerapkan pegetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian

6. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara madiri

7. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik

References

Hasibuan dan Moedjiono. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya. 

 

Ipah, DN. 1985. Keterampilan Memberi PenguatanJakarta: Dirjen Dikti.

 

Jhon I Bola. 1985. Keterampilan Mengelola Kelas. Jakarta:  Dirjen Dikti.

 

La Sulo, et al. 1980. Micro-Teaching. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru (P3G), Depdikbud.

 

Mapassaro dan La Sulo. 1982. Pengembangan Program Pengalaman Lapangan. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru (P3G), Depdikbud.

 

Raflis Kosasi dan Raka Joni. T. 1985. Keterampilan Menjelaskan. Jakarta: Dirjen Dikti.

 

Raflis Kosasi. 1985. Keterampilan Mengadakan Varias., Jakarta: Dirjen Dikti.

 

Retnaningdyastuti. 2006. Pembelajaran Micro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang.

 

Soli Abimanyu. 1985. Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran.  Jakarta: Dirjen Dikti.

 

Soli Abimanyu dan Ipah, DN. 1985. Keterampilan Bertanya Dasar dan Lanjut Jakarta: Dirjen Dikti.

Wardani, I.G.A dan Raka Joni, K. 1985. Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan PeroranganJakarta: Dirjen Dikti.

 

 

 


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pembelajaran) berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi

Learning Outcomes

1. Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran

2. Mampu mengelola kurikulum

3. Memilih secara adekuat pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran

4. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran

5. Menerapkan pegetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian

6. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara madiri

7. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik

References

Hasibuan dan Moedjiono. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya. 

 

Ipah, DN. 1985. Keterampilan Memberi PenguatanJakarta: Dirjen Dikti.

 

Jhon I Bola. 1985. Keterampilan Mengelola Kelas. Jakarta:  Dirjen Dikti.

 

La Sulo, et al. 1980. Micro-Teaching. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru (P3G), Depdikbud.

 

Mapassaro dan La Sulo. 1982. Pengembangan Program Pengalaman Lapangan. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru (P3G), Depdikbud.

 

Raflis Kosasi dan Raka Joni. T. 1985. Keterampilan Menjelaskan. Jakarta: Dirjen Dikti.

 

Raflis Kosasi. 1985. Keterampilan Mengadakan Varias., Jakarta: Dirjen Dikti.

 

Retnaningdyastuti. 2006. Pembelajaran Micro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang.

 

Soli Abimanyu. 1985. Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran.  Jakarta: Dirjen Dikti.

 

Soli Abimanyu dan Ipah, DN. 1985. Keterampilan Bertanya Dasar dan Lanjut Jakarta: Dirjen Dikti.

Wardani, I.G.A dan Raka Joni, K. 1985. Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan PeroranganJakarta: Dirjen Dikti.

 

 

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1 minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik peer teaching di kampus.

Learning Outcomes

Mahasiswa penuh percaya diri  menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terbatas guna menunjang tercapainya penguasaan  kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.

 

References

Pedoman Magang 2 Universitas PGRI Semarang tahun 2019

Ketrampilan Dasar Mengajar


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1 minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik peer teaching di kampus.

Learning Outcomes

Mahasiswa penuh percaya diri  menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terbatas guna menunjang tercapainya penguasaan  kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.

 

References

Pedoman Magang 2 Universitas PGRI Semarang tahun 2019

Ketrampilan Dasar Mengajar


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1 minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik peer teaching di kampus.

Learning Outcomes

Mahasiswa penuh percaya diri  menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terbatas guna menunjang tercapainya penguasaan  kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.

 

References

Pedoman Magang 2 Universitas PGRI Semarang tahun 2019

Ketrampilan Dasar Mengajar


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1 minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik peer teaching di kampus.

Learning Outcomes

Mahasiswa penuh percaya diri  menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terbatas guna menunjang tercapainya penguasaan  kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.

 

References

Pedoman Magang 2 Universitas PGRI Semarang tahun 2019

Ketrampilan Dasar Mengajar


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1 minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik peer teaching di kampus.

Learning Outcomes

Mahasiswa penuh percaya diri  menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terbatas guna menunjang tercapainya penguasaan  kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.

 

References

Pedoman Magang 2 Universitas PGRI Semarang tahun 2019

Ketrampilan Dasar Mengajar


Details ...