Magang II, Curriculum : 2015


Courser in EnglishSCHOOL INTERNSHIP II
ProgramPendidikan Bahasa Inggris
SKS2 SKS
RPS31 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan
menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching.
Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1
minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik
peer teaching di kampus.

Learning Outcomes

Mahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terbatas guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.

References

Indiati, Intan dan Listyaning Sumardiyani. 2018. Reflective Microteaching. UPGRISPress
Pedoman Magang 2 Tahun 2018. Pusat Krikulum, PBM dan PPL, LPP UPGRIS
Permenristekdikti no 55 Tahun 2017 tentang StandarPendidikan Guru


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan
menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching.
Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1
minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik
peer teaching di kampus.

Learning Outcomes

Mahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terbatas guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.

References

Indiati, Intan dan Listyaning Sumardiyani. 2018. Reflective Microteaching. UPGRISPress
Pedoman Magang 2 Tahun 2018. Pusat Krikulum, PBM dan PPL, LPP UPGRIS
Permenristekdikti no 55 Tahun 2017 tentang StandarPendidikan Guru


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan
menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching.
Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1
minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik
peer teaching di kampus.

Learning Outcomes

Mahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terbatas guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.

References

Indiati, Intan dan Listyaning Sumardiyani. 2018. Reflective Microteaching. UPGRISPress
Pedoman Magang 2 Tahun 2018. Pusat Krikulum, PBM dan PPL, LPP UPGRIS
Permenristekdikti no 55 Tahun 2017 tentang StandarPendidikan Guru


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan
menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching.
Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1
minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik
peer teaching di kampus.

Learning Outcomes

Mahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terbatas guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.

References

Indiati, Intan dan Listyaning Sumardiyani. 2018. Reflective Microteaching. UPGRISPress
Pedoman Magang 2 Tahun 2018. Pusat Krikulum, PBM dan PPL, LPP UPGRIS
Permenristekdikti no 55 Tahun 2017 tentang StandarPendidikan Guru


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan
menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching.
Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1
minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik
peer teaching di kampus.

Learning Outcomes

Mahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terbatas guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.

References

Indiati, Intan dan Listyaning Sumardiyani. 2018. Reflective Microteaching. UPGRISPress
Pedoman Magang 2 Tahun 2018. Pusat Krikulum, PBM dan PPL, LPP UPGRIS
Permenristekdikti no 55 Tahun 2017 tentang StandarPendidikan Guru


Details ...
Course Descriptions

Magang 2 ..

Learning Outcomes

-

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : 1) mempelajari teori dan praktik pembuatan perangkat pembelajaran, di kampus 2) Telaah perangkat pembelajarn, strategi pembelajaran dan system evaluasi melalui Magang selama 2 minggu di sekolah latihan, 3) praktik peer teaching di kampus.

Learning Outcomes

Mahasiswa penuh percaya diri  menjadi calon pendidik yang memiliki

seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga

mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran

guna menunjang tercapainya penguasaan  kompetensi pedagogik, kepribadian,

sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.

References

 Silabus K-13


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menyiapakan mahasiswa supaya memiliki pengetahuan dan bekal berdasarkan pengamatan langsung di sekolah. Di bawah bimbingan para guru kelas mahasiswa belajar bagaimana menyiapkan perangkat pembelajaran dan melihat model mengajar dari guru di kelas

Learning Outcomes

Pada akhir perkuliahan, mahasiswa telah memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang berupa penyiapan RPP, media, mengevaluas, kelas management dan ketrampilan dasar mengajar setelah melakukan pengamatan di sekolah latihan

References

Speaking for instructional Purpose

Pedoman magang


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : 1) mempelajari teori dan praktik pembuatan perangkat pembelajaran, di kampus 2) Telaah perangkat pembelajarn, strategi pembelajaran dan system evaluasi melalui Magang selama 2 minggu di sekolah latihan, 3) praktik peer teaching di kampus. 

Learning Outcomes

Mahasiswa penuh percaya diri  menjadi calon pendidik yang memiliki

seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga

mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran

guna menunjang tercapainya penguasaan  kompetensi pedagogik, kepribadian,

sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.

References

Pedoman Magang 2 terbitan Upgris


Details ...
Course Descriptions

Program Magang 2 merupakan kegiatan yang memberikan pengalaman awal untuk membangun jatidiri pendidik, memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi, memantapkan kemampuan awal mahasiswa calon guru, mengembangkan perangkat pembelajaran dan kecakapan pedagogis dalam membangun bidang keahlian pendidikan

Learning Outcomes

Program Magang II Kependidikan bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran melalui:

  1. penelaahan kurikulum dan perangkat pembelajaran/ layanan yang digunakan guru (silabus, pemetaan tema, RPP/ RPL, media, bahan ajar, LKPD, dan instrumen penilaian);
  2. penelaahan strategi pembelajaran/ layanan;
  3. penelaahan sistem evaluasi;
  4. pengembangan perangkat pembelajaran (silabus, RPP, media, bahan ajar, LKPD, dan instrumen penilaian);
  5. pelaksanaan PBM dalam bentuk peer teaching/ peer counseling.

References

Referensi :

1. Pedoman Magang UPGRIS tahun 2017

2. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016
tentang
Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah

3.Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016
tentang
Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah

4. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah

5. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang
Standar Penilaian Pendidikan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : 1) mempelajari teori dan praktik pembuatan perangkat pembelajaran, di kampus 2) Telaah perangkat pembelajarn, strategi pembelajaran dan system evaluasi melalui Magang selama 2 minggu di sekolah latihan, 3) praktik peer teaching di kampus. 

Learning Outcomes

Mahasiswa penuh percaya diri  menjadi calon pendidik yang memiliki

seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga

mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran

guna menunjang tercapainya penguasaan  kompetensi pedagogik, kepribadian,

sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.

 

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujaun memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latiha peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian: Telaah perangkat pembelajaran, startegi pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik peer teaching di kampus.

Learning Outcomes

Mahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terbatas guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.

References

Pedoman Magang 2 tahun 2018. Pusat Kurikulum, PBM dan PPL, LPP UPGRIS

Permenristekdikti no. 55 tahun 2017 tentang Standar Pendidikan Guru


Details ...