Courser in English | SCHOOL INTERNSHIP II |
Program | Pendidikan Bahasa Inggris |
SKS | 2 SKS |
RPS | 31 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan
menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching.
Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1
minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik
peer teaching di kampus.
Mahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terbatas guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.
ReferencesIndiati, Intan dan Listyaning Sumardiyani. 2018. Reflective Microteaching. UPGRISPress
Pedoman Magang 2 Tahun 2018. Pusat Krikulum, PBM dan PPL, LPP UPGRIS
Permenristekdikti no 55 Tahun 2017 tentang StandarPendidikan Guru
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan
menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching.
Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1
minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik
peer teaching di kampus.
Mahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terbatas guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.
ReferencesIndiati, Intan dan Listyaning Sumardiyani. 2018. Reflective Microteaching. UPGRISPress
Pedoman Magang 2 Tahun 2018. Pusat Krikulum, PBM dan PPL, LPP UPGRIS
Permenristekdikti no 55 Tahun 2017 tentang StandarPendidikan Guru
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan
menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching.
Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1
minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik
peer teaching di kampus.
Mahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terbatas guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.
ReferencesIndiati, Intan dan Listyaning Sumardiyani. 2018. Reflective Microteaching. UPGRISPress
Pedoman Magang 2 Tahun 2018. Pusat Krikulum, PBM dan PPL, LPP UPGRIS
Permenristekdikti no 55 Tahun 2017 tentang StandarPendidikan Guru
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan
menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching.
Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1
minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik
peer teaching di kampus.
Mahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terbatas guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.
ReferencesIndiati, Intan dan Listyaning Sumardiyani. 2018. Reflective Microteaching. UPGRISPress
Pedoman Magang 2 Tahun 2018. Pusat Krikulum, PBM dan PPL, LPP UPGRIS
Permenristekdikti no 55 Tahun 2017 tentang StandarPendidikan Guru
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan
menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching.
Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1
minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik
peer teaching di kampus.
Mahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terbatas guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.
ReferencesIndiati, Intan dan Listyaning Sumardiyani. 2018. Reflective Microteaching. UPGRISPress
Pedoman Magang 2 Tahun 2018. Pusat Krikulum, PBM dan PPL, LPP UPGRIS
Permenristekdikti no 55 Tahun 2017 tentang StandarPendidikan Guru
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : 1) mempelajari teori dan praktik pembuatan perangkat pembelajaran, di kampus 2) Telaah perangkat pembelajarn, strategi pembelajaran dan system evaluasi melalui Magang selama 2 minggu di sekolah latihan, 3) praktik peer teaching di kampus.
Learning OutcomesMahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki
seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga
mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran
guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian,
sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.
References
Silabus K-13 |
Details ...
Mata kuliah ini menyiapakan mahasiswa supaya memiliki pengetahuan dan bekal berdasarkan pengamatan langsung di sekolah. Di bawah bimbingan para guru kelas mahasiswa belajar bagaimana menyiapkan perangkat pembelajaran dan melihat model mengajar dari guru di kelas
Learning OutcomesPada akhir perkuliahan, mahasiswa telah memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang berupa penyiapan RPP, media, mengevaluas, kelas management dan ketrampilan dasar mengajar setelah melakukan pengamatan di sekolah latihan
ReferencesSpeaking for instructional Purpose
Pedoman magang
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : 1) mempelajari teori dan praktik pembuatan perangkat pembelajaran, di kampus 2) Telaah perangkat pembelajarn, strategi pembelajaran dan system evaluasi melalui Magang selama 2 minggu di sekolah latihan, 3) praktik peer teaching di kampus.
Learning OutcomesMahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki
seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga
mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran
guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian,
sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.
ReferencesPedoman Magang 2 terbitan Upgris
Details ...
Program Magang 2 merupakan kegiatan yang memberikan pengalaman awal untuk membangun jatidiri pendidik, memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi, memantapkan kemampuan awal mahasiswa calon guru, mengembangkan perangkat pembelajaran dan kecakapan pedagogis dalam membangun bidang keahlian pendidikan
Learning OutcomesProgram Magang II Kependidikan bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran melalui:
- penelaahan kurikulum dan perangkat pembelajaran/ layanan yang digunakan guru (silabus, pemetaan tema, RPP/ RPL, media, bahan ajar, LKPD, dan instrumen penilaian);
- penelaahan strategi pembelajaran/ layanan;
- penelaahan sistem evaluasi;
- pengembangan perangkat pembelajaran (silabus, RPP, media, bahan ajar, LKPD, dan instrumen penilaian);
- pelaksanaan PBM dalam bentuk peer teaching/ peer counseling.
Referensi :
1. Pedoman Magang UPGRIS tahun 2017
2. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah
3.Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah
4. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah
5. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : 1) mempelajari teori dan praktik pembuatan perangkat pembelajaran, di kampus 2) Telaah perangkat pembelajarn, strategi pembelajaran dan system evaluasi melalui Magang selama 2 minggu di sekolah latihan, 3) praktik peer teaching di kampus.
Learning OutcomesMahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki
seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga
mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran
guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian,
sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.
References
-
Details ...
Mata kuliah ini bertujaun memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latiha peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian: Telaah perangkat pembelajaran, startegi pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik peer teaching di kampus.
Learning OutcomesMahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terbatas guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.
ReferencesPedoman Magang 2 tahun 2018. Pusat Kurikulum, PBM dan PPL, LPP UPGRIS
Permenristekdikti no. 55 tahun 2017 tentang Standar Pendidikan Guru
Details ...