Belajar dan Pembelajaran AUD, Curriculum : 2015


Courser in EnglishTeaching And Learning of Early Childhood
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS2 SKS
RPS20 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini mempelajari teori-teori belajar anak usia dini dan penerapnnya dalam pembelajaran, agar mahasiswa dapat menganalisis pembelajaran yang terjadi dilembaga pendidikan anak usia dini. Mata kuliah ini mengkaji tentang hakekat belajar, karakteristik belajar anak, belajar dan bermain, faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar anak dan pembelajaran yang meliputi prinsip-prinsip pembelajaran serta model-model pembelajaran anak usia dini.

Learning Outcomes

Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melaksanakan  pemahaman ilmu belajar dan pembelajaran pada anak usia dini  secara signifikan  dalam melaksanakan proses pembelajaran di Satuan Pendidikan Guru  Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD).Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melaksanakan  pemahaman ilmu belajar dan pembelajaran pada anak usia dini  secara signifikan  dalam melaksanakan proses pembelajaran di Satuan Pendidikan Guru  Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD).

References

  1. Getstwiciki, Carol.2007. developmentally appropriate practice, curriculum and development in early educations. canada: thomson delmar learning
  2. Hergenhanhn dan Matthew h.Olson.2008. theories of learning (teori belajar), jakarta: kencana prenada media group yogyakarta, fip uny
  3. Hamalik Oemar, 2005. Proses Belajar Mengajar,Jakarta: Sinar Grafika
  4. Martini jamaris, 2010. orientasi dalam psikologi pendidikan,. jakarta: yayasan penamas murni
  5. Martini jamaris, 2006. perkembangan dan pengembangan  anak usia dini taman kanak-kanan, jakarta grasindo
  6. Papalia, diane, e,etc. 2008. human development (psikologi perkembangan, terjemahan a.k. anwar). jakarta: kencana prenada media group
  7. Richard i. arends, 2008. learning to teach (belajar untuk mengajar, terjemahan. helly soetjipto dan sri mulyantini soetjipto, edisi ke tujuh).  yogyakarta: pustaka pelajar.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mempelajari teori-teori belajar anak usia dini dan penerapnnya dalam pembelajaran, agar mahasiswa dapat menganalisis pembelajaran yang terjadi dilembaga pendidikan anak usia dini. Mata kuliah ini mengkaji tentang hakekat belajar, karakteristik belajar anak, belajar dan bermain, faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar anak dan pembelajaran yang meliputi prinsip-prinsip pembelajaran serta model-model pembelajaran anak usia dini.

Learning Outcomes

Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melaksanakan  pemahaman ilmu belajar dan pembelajaran pada anak usia dini  secara signifikan  dalam melaksanakan proses pembelajaran di Satuan Pendidikan Guru  Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD).Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melaksanakan  pemahaman ilmu belajar dan pembelajaran pada anak usia dini  secara signifikan  dalam melaksanakan proses pembelajaran di Satuan Pendidikan Guru  Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD).

References

  1. Getstwiciki, Carol.2007. developmentally appropriate practice, curriculum and development in early educations. canada: thomson delmar learning
  2. Hergenhanhn dan Matthew h.Olson.2008. theories of learning (teori belajar), jakarta: kencana prenada media group yogyakarta, fip uny
  3. Hamalik Oemar, 2005. Proses Belajar Mengajar,Jakarta: Sinar Grafika
  4. Martini jamaris, 2010. orientasi dalam psikologi pendidikan,. jakarta: yayasan penamas murni
  5. Martini jamaris, 2006. perkembangan dan pengembangan  anak usia dini taman kanak-kanan, jakarta grasindo
  6. Papalia, diane, e,etc. 2008. human development (psikologi perkembangan, terjemahan a.k. anwar). jakarta: kencana prenada media group
  7. Richard i. arends, 2008. learning to teach (belajar untuk mengajar, terjemahan. helly soetjipto dan sri mulyantini soetjipto, edisi ke tujuh).  yogyakarta: pustaka pelajar.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mempelajari teori-teori belajar anak usia dini dan penerapnnya dalam pembelajaran, agar mahasiswa dapat menganalisis pembelajaran yang terjadi dilembaga pendidikan anak usia dini. Mata kuliah ini mengkaji tentang hakekat belajar, karakteristik belajar anak, belajar dan bermain, faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar anak dan pembelajaran yang meliputi prinsip-prinsip pembelajaran serta model-model pembelajaran anak usia dini.Mata kuliah ini mempelajari teori-teori belajar anak usia dini dan penerapnnya dalam pembelajaran, agar mahasiswa dapat menganalisis pembelajaran yang terjadi dilembaga pendidikan anak usia dini.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti pembelajaran mata kuliah Belajar dan Pembelajaran pada Anak Usia Dini ini, mahasiswa diharapkan mengetahui, memahami dan mampu mengimplementasikan konsep-konsep belajar dan pembelajaran dengan akar pengetahuan , konsep, teknik, metode belajar mengajar,model, tujuan dan menerapkan konsep belajar dan pembelajaran pada anak usia dini secara baik.

References

  1. Getstwiciki, Carol.2007. developmentally appropriate practice, curriculum and development in early educations. canada: thomson delmar learning
  2. Hergenhanhn dan Matthew h.Olson.2008. theories of learning (teori belajar), jakarta: kencana prenada media group yogyakarta, fip uny
  3. Hamalik Oemar, 2005. Proses Belajar Mengajar,Jakarta: Sinar Grafika
  4. Martini jamaris, 2010. orientasi dalam psikologi pendidikan,. jakarta: yayasan penamas murni
  5. Martini jamaris, 2006. perkembangan dan pengembangan  anak usia dini taman kanak-kanan, jakarta grasindo
  6. Papalia, diane, e,etc. 2008. human development (psikologi perkembangan, terjemahan a.k. anwar). jakarta: kencana prenada media group
  7. Richard i. arends, 2008. learning to teach (belajar untuk mengajar, terjemahan. helly soetjipto dan sri mulyantini soetjipto, edisi ke tujuh).  yogyakarta: pustaka pelajar.


Details ...
Course Descriptions

mata kuliah ini membahas mengenai interaksi antara peserta didik dengan pendidik dalam ruang lingkup pendidikan usia dini dan pendidikan dasar. mahasiswa akan menganalisis konsep dan teori pembelajaran berdasarkan pengalaman dan pengamatannya di daerah masing-masing, kemudian mencoba untuk merancang sebuah praktik pembelajaran.

Learning Outcomes

setelah menempuh perkuliahan ini mahasiswa diharapkan telah mempunyai kemampuan

1. memahami konsep belajar dan pembelajaran

2. mampu menganalisis kondisi pembelajaran disekitar lingkungan masing-masing dengan menggunakan konsep belajar dan pembelajaran.

4. mampu mempunyai rancangan awal inovasi dalam praktik pembelajaran

References

  1. Djamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: RinekaCipta.
  1. Grafura Lubis, Ari Wijayanti. 2016. 100 Masalah Pembelajaran Indentifikasi dan Solusi Masalah Teknis Pengelolaan Pembelajaran di Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  1. Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  1. Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  1. Mulyasa, Dadang Iskandar, Wiwik Dyah Aryani. 2016. Revolusi dan Inovasi Pembelajaran Sesuai Standar Proses. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
  1. Ratumanan, Tanwey Gerson. 2015. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.
  1. Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
  1. Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Terjemahan oleh Raisul Muttaqien. Bandung: Nusamedia.
  1. Suripto. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Deeppublish.
  1. Uno, Hamzah B, Satria Koni. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  1. Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. 2016. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.

 


Details ...
Course Descriptions

mata kuliah ini membahas mengenai interaksi antara peserta didik dengan pendidik dalam ruang lingkup pendidikan usia dini dan pendidikan dasar. mahasiswa akan menganalisis konsep dan teori pembelajaran berdasarkan pengalaman dan pengamatannya di daerah masing-masing, kemudian mencoba untuk merancang sebuah praktik pembelajaran.

Learning Outcomes

setelah menempuh perkuliahan ini mahasiswa diharapkan telah mempunyai kemampuan

1. memahami konsep belajar dan pembelajaran

2. mampu menganalisis kondisi pembelajaran disekitar lingkungan masing-masing dengan menggunakan konsep belajar dan pembelajaran.

4. mampu mempunyai rancangan awal inovasi dalam praktik pembelajaran

References

  1. Djamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: RinekaCipta.
  1. Grafura Lubis, Ari Wijayanti. 2016. 100 Masalah Pembelajaran Indentifikasi dan Solusi Masalah Teknis Pengelolaan Pembelajaran di Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  1. Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  1. Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  1. Mulyasa, Dadang Iskandar, Wiwik Dyah Aryani. 2016. Revolusi dan Inovasi Pembelajaran Sesuai Standar Proses. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
  1. Ratumanan, Tanwey Gerson. 2015. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.
  1. Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
  1. Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Terjemahan oleh Raisul Muttaqien. Bandung: Nusamedia.
  1. Suripto. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Deeppublish.
  1. Uno, Hamzah B, Satria Koni. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  1. Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. 2016. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.

 


Details ...
Course Descriptions

mata kuliah ini membahas mengenai interaksi antara peserta didik dengan pendidik dalam ruang lingkup pendidikan usia dini dan pendidikan dasar. mahasiswa akan menganalisis konsep dan teori pembelajaran berdasarkan pengalaman dan pengamatannya di daerah masing-masing, kemudian mencoba untuk merancang sebuah praktik pembelajaran.

Learning Outcomes

setelah menempuh perkuliahan ini mahasiswa diharapkan telah mempunyai kemampuan

1. memahami konsep belajar dan pembelajaran

2. mampu menganalisis kondisi pembelajaran disekitar lingkungan masing-masing dengan menggunakan konsep belajar dan pembelajaran.

4. mampu mempunyai rancangan awal inovasi dalam praktik pembelajaran

References

  1. Djamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: RinekaCipta.
  1. Grafura Lubis, Ari Wijayanti. 2016. 100 Masalah Pembelajaran Indentifikasi dan Solusi Masalah Teknis Pengelolaan Pembelajaran di Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  1. Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  1. Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  1. Mulyasa, Dadang Iskandar, Wiwik Dyah Aryani. 2016. Revolusi dan Inovasi Pembelajaran Sesuai Standar Proses. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
  1. Ratumanan, Tanwey Gerson. 2015. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.
  1. Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
  1. Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Terjemahan oleh Raisul Muttaqien. Bandung: Nusamedia.
  1. Suripto. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Deeppublish.
  1. Uno, Hamzah B, Satria Koni. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  1. Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. 2016. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.

 


Details ...
Course Descriptions

mata kuliah ini membahas mengenai interaksi antara peserta didik dengan pendidik dalam ruang lingkup pendidikan usia dini dan pendidikan dasar. mahasiswa akan menganalisis konsep dan teori pembelajaran berdasarkan pengalaman dan pengamatannya di daerah masing-masing, kemudian mencoba untuk merancang sebuah praktik pembelajaran.

Learning Outcomes

setelah menempuh perkuliahan ini mahasiswa diharapkan telah mempunyai kemampuan

1. memahami konsep belajar dan pembelajaran

2. mampu menganalisis kondisi pembelajaran disekitar lingkungan masing-masing dengan menggunakan konsep belajar dan pembelajaran.

4. mampu mempunyai rancangan awal inovasi dalam praktik pembelajaran

References

  1. Djamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: RinekaCipta.
  1. Grafura Lubis, Ari Wijayanti. 2016. 100 Masalah Pembelajaran Indentifikasi dan Solusi Masalah Teknis Pengelolaan Pembelajaran di Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  1. Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  1. Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  1. Mulyasa, Dadang Iskandar, Wiwik Dyah Aryani. 2016. Revolusi dan Inovasi Pembelajaran Sesuai Standar Proses. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
  1. Ratumanan, Tanwey Gerson. 2015. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.
  1. Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
  1. Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Terjemahan oleh Raisul Muttaqien. Bandung: Nusamedia.
  1. Suripto. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Deeppublish.
  1. Uno, Hamzah B, Satria Koni. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  1. Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. 2016. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.

 


Details ...
Course Descriptions

mata kuliah ini membahas mengenai interaksi antara peserta didik dengan pendidik dalam ruang lingkup pendidikan usia dini dan pendidikan dasar. mahasiswa akan menganalisis konsep dan teori pembelajaran berdasarkan pengalaman dan pengamatannya di daerah masing-masing, kemudian mencoba untuk merancang sebuah praktik pembelajaran.

Learning Outcomes

setelah menempuh perkuliahan ini mahasiswa diharapkan telah mempunyai kemampuan

1. memahami konsep belajar dan pembelajaran

2. mampu menganalisis kondisi pembelajaran disekitar lingkungan masing-masing dengan menggunakan konsep belajar dan pembelajaran.

4. mampu mempunyai rancangan awal inovasi dalam praktik pembelajaran

References

  1. Djamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: RinekaCipta.
  1. Grafura Lubis, Ari Wijayanti. 2016. 100 Masalah Pembelajaran Indentifikasi dan Solusi Masalah Teknis Pengelolaan Pembelajaran di Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  1. Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  1. Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  1. Mulyasa, Dadang Iskandar, Wiwik Dyah Aryani. 2016. Revolusi dan Inovasi Pembelajaran Sesuai Standar Proses. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
  1. Ratumanan, Tanwey Gerson. 2015. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.
  1. Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
  1. Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Terjemahan oleh Raisul Muttaqien. Bandung: Nusamedia.
  1. Suripto. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Deeppublish.
  1. Uno, Hamzah B, Satria Koni. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  1. Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. 2016. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mempelajari teori-teori belajar anak usia dini dan penerapnnya dalam pembelajaran, agar mahasiswa dapat menganalisis pembelajaran yang terjadi dilembaga pendidikan anak usia dini. Mata kuliah ini mengkaji tentang hakekat belajar, karakteristik belajar anak, belajar dan bermain, faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar anak dan pembelajaran yang meliputi prinsip-prinsip pembelajaran serta model-model pembelajaran anak usia dini.Mata kuliah ini mempelajari teori-teori belajar anak usia dini dan penerapnnya dalam pembelajaran, agar mahasiswa dapat menganalisis pembelajaran yang terjadi dilembaga pendidikan anak usia dini. Mata kuliah ini mengkaji tentang hakekat belajar, karakteristik belajar anak, belajar dan bermain, faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar anak dan pembelajaran yang meliputi prinsip-prinsip pembelajaran serta model-model pembelajaran anak usia dini.

Learning Outcomes

Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melaksanakan  pemahaman ilmu belajar dan pembelajaran pada anak usia dini  secara signifikan  dalam melaksanakan proses pembelajaran di Satuan Pendidikan Guru  Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD).

References

  1. Daftar Pustaka

 

  1. Getstwiciki, Carol.2007. developmentally appropriate practice, curriculum and development in early educations. canada: thomson delmar learning
  2. Hergenhanhn dan Matthew h.Olson.2008. theories of learning (teori belajar), jakarta: kencana prenada media group yogyakarta, fip uny
  3. Hamalik Oemar, 2005. Proses Belajar Mengajar,Jakarta: Sinar Grafika
  4. Martini jamaris, 2010. orientasi dalam psikologi pendidikan,. jakarta: yayasan penamas murni
  5. Martini jamaris, 2006. perkembangan dan pengembangan  anak usia dini taman kanak-kanan, jakarta grasindo
  6. Papalia, diane, e,etc. 2008. human development (psikologi perkembangan, terjemahan a.k. anwar). jakarta: kencana prenada media group
  7. Richard i. arends, 2008. learning to teach (belajar untuk mengajar, terjemahan. helly soetjipto dan sri mulyantini soetjipto, edisi ke tujuh).  yogyakarta: pustaka pelajar.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mempelajari teori-teori belajar anak usia dini dan penerapnnya dalam pembelajaran, agar mahasiswa dapat menganalisis pembelajaran yang terjadi dilembaga pendidikan anak usia dini. Mata kuliah ini mengkaji tentang hakekat belajar, karakteristik belajar anak, belajar dan bermain, faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar anak dan pembelajaran yang meliputi prinsip-prinsip pembelajaran serta model-model pembelajaran anak usia dini.Mata kuliah ini mempelajari teori-teori belajar anak usia dini dan penerapnnya dalam pembelajaran, agar mahasiswa dapat menganalisis pembelajaran yang terjadi dilembaga pendidikan anak usia dini. Mata kuliah ini mengkaji tentang hakekat belajar, karakteristik belajar anak, belajar dan bermain, faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar anak dan pembelajaran yang meliputi prinsip-prinsip pembelajaran serta model-model pembelajaran anak usia dini.

Learning Outcomes

Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melaksanakan  pemahaman ilmu belajar dan pembelajaran pada anak usia dini  secara signifikan  dalam melaksanakan proses pembelajaran di Satuan Pendidikan Guru  Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD).

References

  1. Daftar Pustaka

 

  1. Getstwiciki, Carol.2007. developmentally appropriate practice, curriculum and development in early educations. canada: thomson delmar learning
  2. Hergenhanhn dan Matthew h.Olson.2008. theories of learning (teori belajar), jakarta: kencana prenada media group yogyakarta, fip uny
  3. Hamalik Oemar, 2005. Proses Belajar Mengajar,Jakarta: Sinar Grafika
  4. Martini jamaris, 2010. orientasi dalam psikologi pendidikan,. jakarta: yayasan penamas murni
  5. Martini jamaris, 2006. perkembangan dan pengembangan  anak usia dini taman kanak-kanan, jakarta grasindo
  6. Papalia, diane, e,etc. 2008. human development (psikologi perkembangan, terjemahan a.k. anwar). jakarta: kencana prenada media group
  7. Richard i. arends, 2008. learning to teach (belajar untuk mengajar, terjemahan. helly soetjipto dan sri mulyantini soetjipto, edisi ke tujuh).  yogyakarta: pustaka pelajar.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mempelajari teori-teori belajar anak usia dini dan penerapnnya dalam pembelajaran, agar mahasiswa dapat menganalisis pembelajaran yang terjadi dilembaga pendidikan anak usia dini. Mata kuliah ini mengkaji tentang hakekat belajar, karakteristik belajar anak, belajar dan bermain, faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar anak dan pembelajaran yang meliputi prinsip-prinsip pembelajaran serta model-model pembelajaran anak usia dini.Mata kuliah ini mempelajari teori-teori belajar anak usia dini dan penerapnnya dalam pembelajaran, agar mahasiswa dapat menganalisis pembelajaran yang terjadi dilembaga pendidikan anak usia dini. Mata kuliah ini mengkaji tentang hakekat belajar, karakteristik belajar anak, belajar dan bermain, faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar anak dan pembelajaran yang meliputi prinsip-prinsip pembelajaran serta model-model pembelajaran anak usia dini.

Learning Outcomes

Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melaksanakan  pemahaman ilmu belajar dan pembelajaran pada anak usia dini  secara signifikan  dalam melaksanakan proses pembelajaran di Satuan Pendidikan Guru  Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD).

References

  1. Daftar Pustaka

 

  1. Getstwiciki, Carol.2007. developmentally appropriate practice, curriculum and development in early educations. canada: thomson delmar learning
  2. Hergenhanhn dan Matthew h.Olson.2008. theories of learning (teori belajar), jakarta: kencana prenada media group yogyakarta, fip uny
  3. Hamalik Oemar, 2005. Proses Belajar Mengajar,Jakarta: Sinar Grafika
  4. Martini jamaris, 2010. orientasi dalam psikologi pendidikan,. jakarta: yayasan penamas murni
  5. Martini jamaris, 2006. perkembangan dan pengembangan  anak usia dini taman kanak-kanan, jakarta grasindo
  6. Papalia, diane, e,etc. 2008. human development (psikologi perkembangan, terjemahan a.k. anwar). jakarta: kencana prenada media group
  7. Richard i. arends, 2008. learning to teach (belajar untuk mengajar, terjemahan. helly soetjipto dan sri mulyantini soetjipto, edisi ke tujuh).  yogyakarta: pustaka pelajar.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mempelajari teori-teori belajar anak usia dini dan penerapnnya dalam pembelajaran, agar mahasiswa dapat menganalisis pembelajaran yang terjadi dilembaga pendidikan anak usia dini. Mata kuliah ini mengkaji tentang hakekat belajar, karakteristik belajar anak, belajar dan bermain, faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar anak dan pembelajaran yang meliputi prinsip-prinsip pembelajaran serta model-model pembelajaran anak usia dini.Mata kuliah ini mempelajari teori-teori belajar anak usia dini dan penerapnnya dalam pembelajaran, agar mahasiswa dapat menganalisis pembelajaran yang terjadi dilembaga pendidikan anak usia dini. Mata kuliah ini mengkaji tentang hakekat belajar, karakteristik belajar anak, belajar dan bermain, faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar anak dan pembelajaran yang meliputi prinsip-prinsip pembelajaran serta model-model pembelajaran anak usia dini.

Learning Outcomes

Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melaksanakan  pemahaman ilmu belajar dan pembelajaran pada anak usia dini  secara signifikan  dalam melaksanakan proses pembelajaran di Satuan Pendidikan Guru  Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD).

References

  1. Daftar Pustaka

 

  1. Getstwiciki, Carol.2007. developmentally appropriate practice, curriculum and development in early educations. canada: thomson delmar learning
  2. Hergenhanhn dan Matthew h.Olson.2008. theories of learning (teori belajar), jakarta: kencana prenada media group yogyakarta, fip uny
  3. Hamalik Oemar, 2005. Proses Belajar Mengajar,Jakarta: Sinar Grafika
  4. Martini jamaris, 2010. orientasi dalam psikologi pendidikan,. jakarta: yayasan penamas murni
  5. Martini jamaris, 2006. perkembangan dan pengembangan  anak usia dini taman kanak-kanan, jakarta grasindo
  6. Papalia, diane, e,etc. 2008. human development (psikologi perkembangan, terjemahan a.k. anwar). jakarta: kencana prenada media group
  7. Richard i. arends, 2008. learning to teach (belajar untuk mengajar, terjemahan. helly soetjipto dan sri mulyantini soetjipto, edisi ke tujuh).  yogyakarta: pustaka pelajar.

 


Details ...