Courser in English | Teaching And Learning of Early Childhood |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 2 SKS |
RPS | 20 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Hakikat Belajar dan Pembelajaran AUD; Hakikat, Ciri dan Komponen Teori Belajar Mengajar; Makna Belajar dan Faktor Pendukung Belajar; Motivasi Belajar; Masalah-Masalah Belajar; Pendekatan CBSA dalam Pembelajaran; Metode Pembelajaran; Model Pembelajaran; Desain Pembelajaran Pendidikan; Variasi Mengajar; Pengelolaan Kelas; Keberhasilan Belajar Mengajar, dan Merancang Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami dan mengerti materi perkuliahan tentang "Strategi Belajar Mengajar AUD" secara umum untuk dapat diimplementasikan ke dalam suatu rencana pembelajaran PAUD
References- Darsono, M. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.
- Djamarah, S. B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
- Hariwijaya., Bertiani Eka Sukaca. 2009. PAUD: Melejitkan Potensi Anak dengan Pendidikan Sejak Dini. Yogyakarta: Mahadika Publishing.
- Hamalik, O. 2002. Psikologi Belajar & Mengajar. Bandung: Algensindo.
- Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pusaka Setia.
- Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Insan Madani.
- Hurlock, E. B. 1999. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
- Majid, A. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya
- Mudjiono, D. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
- Prawiradilaga, D.S. 2007. Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: UNJ
- Pribadi, B. A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
- Semiawan, Conny, R. 2008. Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. Indeks. (Buku Tambahan)
- Wiyani, N. A. 2013. Desain Pembelajaran Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
- Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: Yuma Presindo.
Details ...
mata kuliah ini membahas tentang teori-teori pembelajaran yang bisa dilaksanakan dan diterapkan di dalam pembelajaran.
Learning Outcomesmahasiswa mampu menerapkan pembelajaran sesuai dengan teori-teori belajar yang ada
Referencesnana sudjana, 2010, belajar dan pembelajaran, Jakarta
Details ...
Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memiliki wawasan tentang berbagai konsep dan teori belajar serta peluang penerapannya dalam konteks pembelajaran. Materi yang disajikan dalam mata kuliah ini mencakup hakekat belajar dan pembelajaran, teori belajar behavioristik, teori belajar kognitif dan penerapannya, konsep dan implikasi teori belajar social, prinsip-prinsip belajar dan pembelajaran, serta cara belajar siswa aktif. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memahami serta menggunakan konsep-teori berkaitan dengan belajar dan pembelajaran di PAUD
Learning OutcomesMemiliki kemampuan manajerial dalam penyelenggaraan lembaga PAUD
ReferencesSemiawan, Conny R. 2008. Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks
Baharuddin & Wahyuni, Esa Nur.2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Woolfolk, Anita. 2009. Educational Psychology. Jogjakarta: Pustaka Pelajar
Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Details ...
Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memiliki wawasan tentang berbagai konsep dan teori belajar serta peluang penerapannya dalam konteks pembelajaran. Materi yang disajikan dalam mata kuliah ini mencakup hakekat belajar dan pembelajaran, teori belajar behavioristik, teori belajar kognitif dan penerapannya, konsep dan implikasi teori belajar social, prinsip-prinsip belajar dan pembelajaran, serta cara belajar siswa aktif. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memahami serta menggunakan konsep-teori berkaitan dengan belajar dan pembelajaran di PAUD
Learning OutcomesMemiliki kemampuan manajerial dalam penyelenggaraan lembaga PAUD
ReferencesSemiawan, Conny R. 2008. Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks
Baharuddin & Wahyuni, Esa Nur.2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Woolfolk, Anita. 2009. Educational Psychology. Jogjakarta: Pustaka Pelajar
Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Details ...
Kontrak Perkuliahan; Hakikat Belajar dan Pembelajaran AUD; Teori: Belajar dan Pembelajaran; Analisis Perkembangan Peserta Didik; Motivasi Belajar; Masalah – Masalah Belajar; Pendekatan CBSA dalam Pembelajaran; Desain Pembelajaran Pendidikan; Media Pembelajaran; Metode Pembelajaran; Model Pembelajaran; Keberhasilan Belajar Mengajar; Variasi Mengajar; dan Dasar – dasar Pengembangan Kurikulum
Learning Outcomes- Sikap dan Tata Nilai.
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
- Menginternalisasinilai, norma, dan etika akademik.
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- Darsono, M. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.
- Djamarah, S. B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
- Hamalik, O. 2002. Psikologi Belajar & Mengajar. Bandung: Algensindo.
- Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pusaka Setia.
- Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Insan Madani.
- Hurlock, E. B. 1999. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
- Majid, A. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya
- Mudjiono, D. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
- Prawiradilaga, D.S. 2007. Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: UNJ
- Pribadi, B. A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat
- Wiyani, N. A. 2013. Desain Pembelajaran Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
- Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : Yuma Presindo
Details ...
Kontrak Perkuliahan; Hakikat Belajar dan Pembelajaran AUD; Teori: Belajar dan Pembelajaran; Analisis Perkembangan Peserta Didik; Motivasi Belajar; Masalah – Masalah Belajar; Pendekatan CBSA dalam Pembelajaran; Desain Pembelajaran Pendidikan; Media Pembelajaran; Metode Pembelajaran; Model Pembelajaran; Keberhasilan Belajar Mengajar; Variasi Mengajar; dan Dasar – dasar Pengembangan Kurikulum
Learning Outcomes- Sikap dan Tata Nilai.
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
- Menginternalisasinilai, norma, dan etika akademik.
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- Darsono, M. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.
- Djamarah, S. B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
- Hamalik, O. 2002. Psikologi Belajar & Mengajar. Bandung: Algensindo.
- Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pusaka Setia.
- Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Insan Madani.
- Hurlock, E. B. 1999. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
- Majid, A. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya
- Mudjiono, D. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
- Prawiradilaga, D.S. 2007. Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: UNJ
- Pribadi, B. A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat
- Wiyani, N. A. 2013. Desain Pembelajaran Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
- Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : Yuma Presindo
Details ...
Kontrak Perkuliahan; Hakikat Belajar dan Pembelajaran AUD; Teori: Belajar dan Pembelajaran; Analisis Perkembangan Peserta Didik; Motivasi Belajar; Masalah – Masalah Belajar; Pendekatan CBSA dalam Pembelajaran; Desain Pembelajaran Pendidikan; Media Pembelajaran; Metode Pembelajaran; Model Pembelajaran; Keberhasilan Belajar Mengajar; Variasi Mengajar; dan Dasar – dasar Pengembangan Kurikulum
Learning Outcomes- Sikap dan Tata Nilai.
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
- Menginternalisasinilai, norma, dan etika akademik.
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- Darsono, M. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.
- Djamarah, S. B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
- Hamalik, O. 2002. Psikologi Belajar & Mengajar. Bandung: Algensindo.
- Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pusaka Setia.
- Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Insan Madani.
- Hurlock, E. B. 1999. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
- Majid, A. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya
- Mudjiono, D. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
- Prawiradilaga, D.S. 2007. Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: UNJ
- Pribadi, B. A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat
- Wiyani, N. A. 2013. Desain Pembelajaran Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
- Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : Yuma Presindo
Details ...
Kontrak Perkuliahan; Hakikat Belajar dan Pembelajaran AUD; Teori: Belajar dan Pembelajaran; Analisis Perkembangan Peserta Didik; Motivasi Belajar; Masalah – Masalah Belajar; Pendekatan CBSA dalam Pembelajaran; Desain Pembelajaran Pendidikan; Media Pembelajaran; Metode Pembelajaran; Model Pembelajaran; Keberhasilan Belajar Mengajar; Variasi Mengajar; dan Dasar – dasar Pengembangan Kurikulum
Learning Outcomes- Sikap dan Tata Nilai.
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
- Menginternalisasinilai, norma, dan etika akademik.
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- Darsono, M. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.
- Djamarah, S. B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
- Hamalik, O. 2002. Psikologi Belajar & Mengajar. Bandung: Algensindo.
- Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pusaka Setia.
- Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Insan Madani.
- Hurlock, E. B. 1999. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
- Majid, A. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya
- Mudjiono, D. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
- Prawiradilaga, D.S. 2007. Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: UNJ
- Pribadi, B. A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat
- Wiyani, N. A. 2013. Desain Pembelajaran Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
- Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : Yuma Presindo
Details ...