Courser in English | ANALYTICAL GEOMETRY |
Program | Pendidikan Matematika |
SKS | 3 SKS |
RPS | 24 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini dimaksudkan supaya mahasiswa dapat memiliki pengetahuan, pemahaman tentang : Sistem koordinat kartesius, jarak dua titik, Persamaan garis lurus, Jarak dua garis lurus, Persamaan normal garis jarak titik dan garis, Lingkaran, Persamaan lingkaran, Kuasa dua lingkaran, Kedudukan garis dan lingkaran, Persamaan parabola, Persamaan ellips, Persamaan hiperbola, Sistem koordinat ruang, Persamaan bidang datar dan persamaan normal, Sudut antara dua bidang rata, Jarak antara titik bidang, dan bidang ke bidang, Garis lurus dalam ruang, Tempat kedudukan dalam ruang, dan Bola. Serta dapat mengaplikasikan teori yang ada dalam menyelesaikan soal – soal.
Learning OutcomesCPMK1 | mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila, Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri (S3, S8, S9). | |||||
CPMK2 | a. Menguasai konsep teoretis pengetahuan matematika (kalkulus, geometri, aljabar, statistika,matematika terapan, analisis) yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya (P1) | |||||
CPMK3 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; (KU1) | |||||
CPMK4 | Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler, dengan pendekatan pembelajaran konstruktivis untuk mengembangkan HOT yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media berbasis ipteks, dan mengelaborasi kearifan lokal, sesuai standar proses pembelajaran matematika (KKb1) |
Utama | ||||||
D Suryadi H.S. Teori dan Soal: Ilmu Ukur Analitik Ruang. Fakultas MIPA Universitas Indonesia. 2001 | ||||||
Pendukung | ||||||
GeoGebra Web Resources Resources |
Details ...
Mata kuliah ini dimaksudkan supaya mahasiswa dapat memiliki pengetahuan, pemahaman tentang : Sistem koordinat kartesius, jarak dua titik, Persamaan garis lurus, Jarak dua garis lurus, Persamaan normal garis jarak titik dan garis, Lingkaran, Persamaan lingkaran, Kuasa dua lingkaran, Kedudukan garis dan lingkaran, Persamaan parabola, Persamaan ellips, Persamaan hiperbola, Sistem koordinat ruang, Persamaan bidang datar dan persamaan normal, Sudut antara dua bidang rata, Jarak antara titik bidang, dan bidang ke bidang, Garis lurus dalam ruang, Tempat kedudukan dalam ruang, dan Bola. Serta dapat mengaplikasikan teori yang ada dalam menyelesaikan soal – soal.
Learning OutcomesCPMK1 | mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila, Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri (S3, S8, S9). | |||||
CPMK2 | a. Menguasai konsep teoretis pengetahuan matematika (kalkulus, geometri, aljabar, statistika,matematika terapan, analisis) yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya (P1) | |||||
CPMK3 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; (KU1) | |||||
CPMK4 | Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler, dengan pendekatan pembelajaran konstruktivis untuk mengembangkan HOT yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media berbasis ipteks, dan mengelaborasi kearifan lokal, sesuai standar proses pembelajaran matematika (KKb1) |
Utama | ||||||
D Suryadi H.S. Teori dan Soal: Ilmu Ukur Analitik Ruang. Fakultas MIPA Universitas Indonesia. 2001 | ||||||
Pendukung | ||||||
GeoGebra Web Resources Resources |
Details ...
Mata kuliah ini dimaksudkan supaya mahasiswa dapat memiliki pengetahuan, pemahaman tentang : Sistem koordinat kartesius, jarak dua titik, Persamaan garis lurus, Jarak dua garis lurus, Persamaan normal garis jarak titik dan garis, Lingkaran, Persamaan lingkaran, Kuasa dua lingkaran, Kedudukan garis dan lingkaran, Persamaan parabola, Persamaan ellips, Persamaan hiperbola, Sistem koordinat ruang, Persamaan bidang datar dan persamaan normal, Sudut antara dua bidang rata, Jarak antara titik bidang, dan bidang ke bidang, Garis lurus dalam ruang, Tempat kedudukan dalam ruang, dan Bola. Serta dapat mengaplikasikan teori yang ada dalam menyelesaikan soal – soal.
Learning OutcomesCPMK1 | mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila, Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri (S3, S8, S9). | |||||
CPMK2 | a. Menguasai konsep teoretis pengetahuan matematika (kalkulus, geometri, aljabar, statistika,matematika terapan, analisis) yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya (P1) | |||||
CPMK3 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; (KU1) | |||||
CPMK4 | Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler, dengan pendekatan pembelajaran konstruktivis untuk mengembangkan HOT yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media berbasis ipteks, dan mengelaborasi kearifan lokal, sesuai standar proses pembelajaran matematika (KKb1) |
Utama | ||||||
D Suryadi H.S. Teori dan Soal: Ilmu Ukur Analitik Ruang. Fakultas MIPA Universitas Indonesia. 2001 | ||||||
Pendukung | ||||||
GeoGebra Web Resources Resources |
Details ...
Mata kuliah ini dimaksudkan supaya mahasiswa dapat memiliki pengetahuan, pemahaman tentang : Sistem koordinat kartesius, jarak dua titik, Persamaan garis lurus, Jarak dua garis lurus, Persamaan normal garis jarak titik dan garis, Lingkaran, Persamaan lingkaran, Kuasa dua lingkaran, Kedudukan garis dan lingkaran, Persamaan parabola, Persamaan ellips, Persamaan hiperbola, Sistem koordinat ruang, Persamaan bidang datar dan persamaan normal, Sudut antara dua bidang rata, Jarak antara titik bidang, dan bidang ke bidang, Garis lurus dalam ruang, Tempat kedudukan dalam ruang, dan Bola. Serta dapat mengaplikasikan teori yang ada dalam menyelesaikan soal – soal.
Learning OutcomesCPMK1 | mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila, Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri (S3, S8, S9). | |||||
CPMK2 | a. Menguasai konsep teoretis pengetahuan matematika (kalkulus, geometri, aljabar, statistika,matematika terapan, analisis) yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya (P1) | |||||
CPMK3 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; (KU1) | |||||
CPMK4 | Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler, dengan pendekatan pembelajaran konstruktivis untuk mengembangkan HOT yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media berbasis ipteks, dan mengelaborasi kearifan lokal, sesuai standar proses pembelajaran matematika (KKb1) |
Utama | ||||||
D Suryadi H.S. Teori dan Soal: Ilmu Ukur Analitik Ruang. Fakultas MIPA Universitas Indonesia. 2001 | ||||||
Pendukung | ||||||
GeoGebra Web Resources Resources |
Details ...
Mata kuliah ini dimaksudkan supaya mahasiswa dapat memiliki pengetahuan, pemahaman tentang : Sistem koordinat kartesius, jarak dua titik, Persamaan garis lurus, Jarak dua garis lurus, Persamaan normal garis jarak titik dan garis, Lingkaran, Persamaan lingkaran, Kuasa dua lingkaran, Kedudukan garis dan lingkaran, Persamaan parabola, Persamaan ellips, Persamaan hiperbola, Sistem koordinat ruang, Persamaan bidang datar dan persamaan normal, Sudut antara dua bidang rata, Jarak antara titik bidang, dan bidang ke bidang, Garis lurus dalam ruang, Tempat kedudukan dalam ruang, dan Bola. Serta dapat mengaplikasikan teori yang ada dalam menyelesaikan soal – soal.
Learning Outcomes- Menunjukkan perilaku religius dalam pengembangan atau implementasi geometri analitik dalam pemecahan masalah;
- Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi geometri analitik yang menumbuhkan pola pikir kritis dan pemecahan masalah, komunikatif, kreatif dan inovatif, kolaboratif, memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai karakter bangsa;
- memahami dan menguasai prinsip aljabar dan kedudukannya dalam geometri menuangkannya dalam pemecahan masalah geometri analitik yang tepat dan terukur;
- Menggunakan kemampuan metakognitif dalam pemecahan masalah geometri analitik;
- Mengembangkan prosedur pemecahan masalah geometri analitik dengan menggunakan software digital.
D Suryadi H.S. Teori dan Soal: Ilmu Ukur Analitik Ruang. Fakultas MIPA Universitas Indonesia. 2001
Details ...
Mata kuliah ini dimaksudkan supaya mahasiswa dapat memiliki pengetahuan, pemahaman tentang : Sistem koordinat kartesius, jarak dua titik, Persamaan garis lurus, Jarak dua garis lurus, Persamaan normal garis jarak titik dan garis, Lingkaran, Persamaan lingkaran, Kuasa dua lingkaran, Kedudukan garis dan lingkaran, Persamaan parabola, Persamaan ellips, Persamaan hiperbola, Sistem koordinat ruang, Persamaan bidang datar dan persamaan normal, Sudut antara dua bidang rata, Jarak antara titik bidang, dan bidang ke bidang, Garis lurus dalam ruang, Tempat kedudukan dalam ruang, dan Bola. Serta dapat mengaplikasikan teori yang ada dalam menyelesaikan soal – soal.
Learning Outcomes- Menunjukkan perilaku religius dalam pengembangan atau implementasi geometri analitik dalam pemecahan masalah;
- Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi geometri analitik yang menumbuhkan pola pikir kritis dan pemecahan masalah, komunikatif, kreatif dan inovatif, kolaboratif, memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai karakter bangsa;
- memahami dan menguasai prinsip aljabar dan kedudukannya dalam geometri menuangkannya dalam pemecahan masalah geometri analitik yang tepat dan terukur;
- Menggunakan kemampuan metakognitif dalam pemecahan masalah geometri analitik;
- Mengembangkan prosedur pemecahan masalah geometri analitik dengan menggunakan software digital.
D Suryadi H.S. Teori dan Soal: Ilmu Ukur Analitik Ruang. Fakultas MIPA Universitas Indonesia. 2001
Details ...
Mata kuliah ini dimaksudkan supaya mahasiswa dapat memiliki pengetahuan, pemahaman tentang : Sistem koordinat kartesius, jarak dua titik, Persamaan garis lurus, Jarak dua garis lurus, Persamaan normal garis jarak titik dan garis, Lingkaran, Persamaan lingkaran, Kuasa dua lingkaran, Kedudukan garis dan lingkaran, Persamaan parabola, Persamaan ellips, Persamaan hiperbola, Sistem koordinat ruang, Persamaan bidang datar dan persamaan normal, Sudut antara dua bidang rata, Jarak antara titik bidang, dan bidang ke bidang, Garis lurus dalam ruang, Tempat kedudukan dalam ruang, dan Bola. Serta dapat mengaplikasikan teori yang ada dalam menyelesaikan soal – soal.
Learning Outcomes- Menunjukkan perilaku religius dalam pengembangan atau implementasi geometri analitik dalam pemecahan masalah;
- Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi geometri analitik yang menumbuhkan pola pikir kritis dan pemecahan masalah, komunikatif, kreatif dan inovatif, kolaboratif, memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai karakter bangsa;
- memahami dan menguasai prinsip aljabar dan kedudukannya dalam geometri menuangkannya dalam pemecahan masalah geometri analitik yang tepat dan terukur;
- Menggunakan kemampuan metakognitif dalam pemecahan masalah geometri analitik;
- Mengembangkan prosedur pemecahan masalah geometri analitik dengan menggunakan software digital.
D Suryadi H.S. Teori dan Soal: Ilmu Ukur Analitik Ruang. Fakultas MIPA Universitas Indonesia. 2001
Details ...
Mata kuliah ini dimaksudkan supaya mahasiswa dapat memiliki pengetahuan, pemahaman tentang : Sistem koordinat kartesius, jarak dua titik, Persamaan garis lurus, Jarak dua garis lurus, Persamaan normal garis jarak titik dan garis, Lingkaran, Persamaan lingkaran, Kuasa dua lingkaran, Kedudukan garis dan lingkaran, Persamaan parabola, Persamaan ellips, Persamaan hiperbola, Sistem koordinat ruang, Persamaan bidang datar dan persamaan normal, Sudut antara dua bidang rata, Jarak antara titik bidang, dan bidang ke bidang, Garis lurus dalam ruang, Tempat kedudukan dalam ruang, dan Bola. Serta dapat mengaplikasikan teori yang ada dalam menyelesaikan soal – soal.
Learning Outcomes- Menunjukkan perilaku religius dalam pengembangan atau implementasi geometri analitik dalam pemecahan masalah;
- Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi geometri analitik yang menumbuhkan pola pikir kritis dan pemecahan masalah, komunikatif, kreatif dan inovatif, kolaboratif, memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai karakter bangsa;
- memahami dan menguasai prinsip aljabar dan kedudukannya dalam geometri menuangkannya dalam pemecahan masalah geometri analitik yang tepat dan terukur;
- Menggunakan kemampuan metakognitif dalam pemecahan masalah geometri analitik;
- Mengembangkan prosedur pemecahan masalah geometri analitik dengan menggunakan software digital.
- D Suryadi H.S. Teori dan Soal: Ilmu Ukur Analitik Ruang. Fakultas MIPA Universitas Indonesia. 2001
Sukirman. Geometri Analitik Bidang dan Ruang. Universitas Terbuka
Details ...
Mata kuliah ini dimaksudkan supaya mahasiswa dapat memiliki pengetahuan, pemahaman tentang : Sistem koordinat kartesius, jarak dua titik, Persamaan garis lurus, Jarak dua garis lurus, Persamaan normal garis jarak titik dan garis, Lingkaran, Persamaan lingkaran, Kuasa dua lingkaran, Kedudukan garis dan lingkaran, Persamaan parabola, Persamaan ellips, Persamaan hiperbola, Sistem koordinat ruang, Persamaan bidang datar dan persamaan normal, Sudut antara dua bidang rata, Jarak antara titik bidang, dan bidang ke bidang, Garis lurus dalam ruang, Tempat kedudukan dalam ruang, dan Bola. Serta dapat mengaplikasikan teori yang ada dalam menyelesaikan soal – soal.
Learning Outcomes- Menunjukkan perilaku religius dalam pengembangan atau implementasi geometri analitik dalam pemecahan masalah;
- Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi geometri analitik yang menumbuhkan pola pikir kritis dan pemecahan masalah, komunikatif, kreatif dan inovatif, kolaboratif, memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai karakter bangsa;
- memahami dan menguasai prinsip aljabar dan kedudukannya dalam geometri menuangkannya dalam pemecahan masalah geometri analitik yang tepat dan terukur;
- Menggunakan kemampuan metakognitif dalam pemecahan masalah geometri analitik;
- Mengembangkan prosedur pemecahan masalah geometri analitik dengan menggunakan software digital.
- D Suryadi H.S. Teori dan Soal: Ilmu Ukur Analitik Ruang. Fakultas MIPA Universitas Indonesia. 2001
Sukirman. Geometri Analitik Bidang dan Ruang. Universitas Terbuka
Details ...
Mata kuliah ini dimaksudkan supaya mahasiswa dapat memiliki pengetahuan, pemahaman tentang : Sistem koordinat kartesius, jarak dua titik, Persamaan garis lurus, Jarak dua garis lurus, Persamaan normal garis jarak titik dan garis, Lingkaran, Persamaan lingkaran, Kuasa dua lingkaran, Kedudukan garis dan lingkaran, Persamaan parabola, Persamaan ellips, Persamaan hiperbola, Sistem koordinat ruang, Persamaan bidang datar dan persamaan normal, Sudut antara dua bidang rata, Jarak antara titik bidang, dan bidang ke bidang, Garis lurus dalam ruang, Tempat kedudukan dalam ruang, dan Bola. Serta dapat mengaplikasikan teori yang ada dalam menyelesaikan soal – soal.
Learning Outcomes- Menunjukkan perilaku religius dalam pengembangan atau implementasi geometri analitik dalam pemecahan masalah;
- Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi geometri analitik yang menumbuhkan pola pikir kritis dan pemecahan masalah, komunikatif, kreatif dan inovatif, kolaboratif, memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai karakter bangsa;
- memahami dan menguasai prinsip aljabar dan kedudukannya dalam geometri menuangkannya dalam pemecahan masalah geometri analitik yang tepat dan terukur;
- Menggunakan kemampuan metakognitif dalam pemecahan masalah geometri analitik;
- Mengembangkan prosedur pemecahan masalah geometri analitik dengan menggunakan software digital.
- D Suryadi H.S. Teori dan Soal: Ilmu Ukur Analitik Ruang. Fakultas MIPA Universitas Indonesia. 2001
Sukirman. Geometri Analitik Bidang dan Ruang. Universitas Terbuka
Details ...
Mata kuliah ini dimaksudkan supaya mahasiswa dapat memiliki pengetahuan, pemahaman tentang : Sistem koordinat kartesius, jarak dua titik, Persamaan garis lurus, Jarak dua garis lurus, Persamaan normal garis jarak titik dan garis, Lingkaran, Persamaan lingkaran, Kuasa dua lingkaran, Kedudukan garis dan lingkaran, Persamaan parabola, Persamaan ellips, Persamaan hiperbola, Sistem koordinat ruang, Persamaan bidang datar dan persamaan normal, Sudut antara dua bidang rata, Jarak antara titik bidang, dan bidang ke bidang, Garis lurus dalam ruang, Tempat kedudukan dalam ruang, dan Bola. Serta dapat mengaplikasikan teori yang ada dalam menyelesaikan soal – soal.
Learning Outcomes- Menunjukkan perilaku religius dalam pengembangan atau implementasi geometri analitik dalam pemecahan masalah;
- Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi geometri analitik yang menumbuhkan pola pikir kritis dan pemecahan masalah, komunikatif, kreatif dan inovatif, kolaboratif, memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai karakter bangsa;
- memahami dan menguasai prinsip aljabar dan kedudukannya dalam geometri menuangkannya dalam pemecahan masalah geometri analitik yang tepat dan terukur;
- Menggunakan kemampuan metakognitif dalam pemecahan masalah geometri analitik;
- Mengembangkan prosedur pemecahan masalah geometri analitik dengan menggunakan software digital.
- D Suryadi H.S. Teori dan Soal: Ilmu Ukur Analitik Ruang. Fakultas MIPA Universitas Indonesia. 2001
Sukirman. Geometri Analitik Bidang dan Ruang. Universitas Terbuka
Details ...
Mata kuliah ini dimaksudkan supaya mahasiswa dapat memiliki pengetahuan, pemahaman tentang : Sistem koordinat kartesius, jarak dua titik, Persamaan garis lurus, Jarak dua garis lurus, Persamaan normal garis jarak titik dan garis, Lingkaran, Persamaan lingkaran, Kuasa dua lingkaran, Kedudukan garis dan lingkaran, Persamaan parabola, Persamaan ellips, Persamaan hiperbola, Sistem koordinat ruang, Persamaan bidang datar dan persamaan normal, Sudut antara dua bidang rata, Jarak antara titik bidang, dan bidang ke bidang, Garis lurus dalam ruang, Tempat kedudukan dalam ruang, dan Bola. Serta dapat mengaplikasikan teori yang ada dalam menyelesaikan soal – soal.
Learning Outcomes- Menunjukkan perilaku religius dalam pengembangan atau implementasi geometri analitik dalam pemecahan masalah;
- Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi geometri analitik yang menumbuhkan pola pikir kritis dan pemecahan masalah, komunikatif, kreatif dan inovatif, kolaboratif, memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai karakter bangsa;
- memahami dan menguasai prinsip aljabar dan kedudukannya dalam geometri menuangkannya dalam pemecahan masalah geometri analitik yang tepat dan terukur;
- Menggunakan kemampuan metakognitif dalam pemecahan masalah geometri analitik;
- Mengembangkan prosedur pemecahan masalah geometri analitik dengan menggunakan software digital.
- D Suryadi H.S. Teori dan Soal: Ilmu Ukur Analitik Ruang. Fakultas MIPA Universitas Indonesia. 2001
Sukirman. Geometri Analitik Bidang dan Ruang. Universitas Terbuka
Details ...