Keanekaragaman Hewan, Curriculum : 2015


Courser in EnglishANIMAL DIVERSITY
ProgramPendidikan Biologi
SKS4 SKS
RPS18 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini diajarkan agar mahasiswa memiliki pengetahuan tentang karakteristik keanekaragaman hewan, konsep klasifikasi hewan berdasarkan ciri-ciri, mampu membuat sistem klasifikasi berdasarkan pengamatan sediaan atau lingkungan.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan                 :

Sikap

  1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  2. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  3. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  4. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul

Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni

Keterampilan Khusus

  1. Profil Pendidik Biologi
  1. Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, labboratorium, sekolah, dan masyarakat.
  2. Mampu menganalisis kurikulum biologi sekolah menengah dan implementasinya dalam pembelajaran biologi
  3. Mampu memecahkan permasalahan pendidikan biologi melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai konteks sekolah, perkembangan peserta didik, dan isu-isu pendidikan terkini
  4. Mampu menerapkan pedagogi spesifik untuk membelajarkan konsep biologi dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogi yang tepat sebagai implementasi technological pedagogical content knowledge (TPCK)

Pengetahuan

  1. Profil Pelaku Wirausaha Bidang Pembelajaran Biologi
  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar biologi serta terapannya
  2. Menguasai filosofi, pendekatan, metode, model, media, untuk mendukung pembelajaran biologi di kelas dan sekolah
  3. Menguasai pengetahuan tentang dasar-dasar pengelolaaan kewirausahaan serta memahami strategi pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien
  4. Menguasai prinsip-prinsip TIK yang mendukung proses pembelajaran biologi dan inovasi pengembangan produk-produk pembelajaran biologi.

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah         :

Sikap

  1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  2. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan pada kajian keanekaragaman hewan secara mandiri
  3. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan ketika melakukan tugas mata kuliah keanekaragaman hewan
  4. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul

Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan kajian keanekaragaman hewan
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahlian di kajian keanekaragaman hewan berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni

Keterampilan Khusus

  1. Mampu menerapkan konsep-konsep keanekaragaman hewan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat.
  2. Mampu memecahkan permasalahan dalam materi keanekaragaman hewan melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai konteks sekolah, perkembangan peserta didik, dan isu-isu pendidikan terkini

Pengetahuan

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar kajian keanekaragaman hewan serta terapannya

Menguasai pengetahuan tentang dasar-dasar pengelolaaan kewirausahaan serta memahami strategi pengelolaan semua sumber daya di bidang keanekaragaman hewan secara efektif dan efisien

References

Storer, T.I., R.L. Usinger, R.C., Stebbins, and J.W., Nybakken. 1978. General Zoology (fifth edition). Tata McGraw-Hill Publishing Company Ltd. New Delhi.

 

Campbell, N.A., J.B. Reece, L.A. Urry, M.L. Cain, S.A. Wasserman, P.V. Minorsky, dan R.B. Jackson. 2012. Biologi Jilid 2 (edisi kedelapan). Erlangga. Jakarta.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diajarkan agar mahasiswa memiliki pengetahuan tentang karakteristik keanekaragaman  hewan, konsep klasifikasi hewan berdasarkan ciri-ciri, mampu membuat sistem klasifikasi berdasarkan pengamatan sediaan atau lingkungan.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan                 :

Sikap

  1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  2. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  3. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  4. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul

Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni

Keterampilan Khusus

  1. Profil Pendidik Biologi
  1. Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, labboratorium, sekolah, dan masyarakat.
  2. Mampu menganalisis kurikulum biologi sekolah menengah dan implementasinya dalam pembelajaran biologi
  3. Mampu memecahkan permasalahan pendidikan biologi melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai konteks sekolah, perkembangan peserta didik, dan isu-isu pendidikan terkini
  4. Mampu menerapkan pedagogi spesifik untuk membelajarkan konsep biologi dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogi yang tepat sebagai implementasi technological pedagogical content knowledge (TPCK)

Pengetahuan

  1. Profil Pelaku Wirausaha Bidang Pembelajaran Biologi
  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar biologi serta terapannya
  2. Menguasai filosofi, pendekatan, metode, model, media, untuk mendukung pembelajaran biologi di kelas dan sekolah
  3. Menguasai pengetahuan tentang dasar-dasar pengelolaaan kewirausahaan serta memahami strategi pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien
  4. Menguasai prinsip-prinsip TIK yang mendukung proses pembelajaran biologi dan inovasi pengembangan produk-produk pembelajaran biologi.

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah         :

Sikap

  1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  2. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan pada kajian keanekaragaman hewan secara mandiri
  3. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan ketika melakukan tugas mata kuliah keanekaragaman hewan
  4. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul

Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan kajian keanekaragaman hewan
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahlian di kajian keanekaragaman hewan berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni

Keterampilan Khusus

  1. Mampu menerapkan konsep-konsep keanekaragaman hewan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat.
  2. Mampu memecahkan permasalahan dalam materi keanekaragaman hewan melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai konteks sekolah, perkembangan peserta didik, dan isu-isu pendidikan terkini

Pengetahuan

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar kajian keanekaragaman hewan serta terapannya
  2. Menguasai pengetahuan tentang dasar-dasar pengelolaaan kewirausahaan serta memahami strategi pengelolaan semua sumber daya di bidang keanekaragaman hewan secara efektif dan efisien

 

References

Sumber Belajar :

Radiopoetro. 1983. Zoologi. Jakarta : Erlangga.

Storer & Usinger. Dasar-dasar zoologi. Alih Bahasa Evi Luvina Dwisang.Tangerang: Binarupa aksara

Barnes.1974. Invertebrate Zoologi. Jepang : Toppan Company.

Hickman, Robert & Larson.1995. Integrated Principles of Zoology. England : WCB


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diajarkan agar mahasiswa memiliki pengetahuan tentang karakteristik keanekaragaman hewan, konsep klasifikasi hewan berdasarkan ciri-ciri, mampu membuat sistem klasifikasi berdasarkan pengamatan sediaan atau lingkungan

Learning Outcomes

Mahasiswa menguasai karakteristik keanekaragaman hewan, konsep klasifikasi hewan berdasarkan ciri-ciri, membuat sistem klasifikasi berdasarkan pengamatan sediaan atau lingkungan

References

•Storer et all. 1978. General Zoology. California: McGraw-Hill (utama)

•Campbell Jilid II (tambahan)

•Jurnal dan ebook


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diajarkan agar mahasiswa memiliki pengetahuan tentang karakteristik keanekaragaman hewan, konsep klasifikasi hewan berdasarkan ciri-ciri, mampu membuat sistem klasifikasi berdasarkan pengamatan sediaan atau lingkungan.

Learning Outcomes

Mahasiswa menguasai karakteristik keanekaragaman hewan, konsep klasifikasi hewan berdasarkan ciri-ciri, membuat sistem klasifikasi berdasarkan pengamatan sediaan atau lingkungan.

References

Radiopoetro. 1983. Zoologi. Jakarta : Erlangga.

Storer & Usinger. Dasar-dasar zoologi. Alih Bahasa Evi Luvina Dwisang.Tangerang: Binarupa aksara

Barnes.1974. Invertebrate Zoologi. Jepang : Toppan Company.

Hickman, Robert & Larson.1995. Integrated Principles of Zoology. England : WCB


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diajarkan agar mahasiswa memiliki pengetahuan tentang karakteristik keanekaragaman hewan, konsep klasifikasi hewan berdasarkan ciri-ciri, mampu membuat sistem klasifikasi berdasarkan pengamatan sediaan atau lingkungan

Learning Outcomes

Mahasiswa menguasai karakteristik keanekaragaman hewan, konsep klasifikasi hewan berdasarkan ciri-ciri, membuat sistem klasifikasi berdasarkan pengamatan sediaan atau lingkungan

References

•Storer et all. 1978. General Zoology. California: McGraw-Hill (utama)

•Campbell Jilid II (tambahan)

•Jurnal dan ebook


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diajarkan agar mahasiswa memiliki pengetahuan tentang karakteristik keanekaragaman hewan, konsep klasifikasi hewan berdasarkan ciri-ciri, mampu membuat sistem klasifikasi berdasarkan pengamatan sediaan atau lingkungan

Learning Outcomes

Mahasiswa menguasai karakteristik keanekaragaman hewan, konsep klasifikasi hewan berdasarkan ciri-ciri, membuat sistem klasifikasi berdasarkan pengamatan sediaan atau lingkungan

 

References

•Storer et all. 1978. General Zoology. California: McGraw-Hill (utama)

•Campbell Jilid II (tambahan)

•Jurnal dan ebook


Details ...