Keanekaragaman Hewan, Curriculum : 2015


Courser in EnglishANIMAL DIVERSITY
ProgramPendidikan Biologi
SKS4 SKS
RPS18 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini diajarkan agar mahasiswa memiliki pengetahuan tentang karakteristik keanekaragaman  hewan, konsep klasifikasi hewan berdasarkan ciri-ciri, mampu membuat sistem klasifikasi berdasarkan pengamatan sediaan atau lingkungan.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dengan berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya, untuk menguasai konsep, prinsip, dan prosedur dasar biologi berkaitan dengan struktur dan perkembangan hewan melalui kerja ilmiah dan berpikir ilmiah sesuai dengan kedalaman dan keluasan bagi pembelajaran biologi di sekolah yang berorientasi kearifan lokal dan berwawasan pembangunan berkelanjutan (S9, KU1, P1).
  2. Mahasiswa memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul untuk mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni dengan mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi (S12,KU3, KU11).
  3. Mahasiswa mampu menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan dalam  menerapkan pengetahuan tentang dasar pengelolaan kewirausahaan dan strategi pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien dengan mengakomodasi nilai-nilai kewirausahaan, serta melakukan pendalaman bidang kajian dengan lingkungan dan perkembangan jaman (S10, KK9, KK10).

References

Radiopoetro. 1983. Zoologi. Jakarta : Erlangga.

Storer & Usinger. Dasar-dasar zoologi. Alih Bahasa Evi Luvina Dwisang.Tangerang: Binarupa aksara

Barnes.1974. Invertebrate Zoologi. Jepang : Toppan Company.

Hickman, Robert & Larson.1995. Integrated Principles of Zoology. England : WCB

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diajarkan agar mahasiswa memiliki pengetahuan tentang karakteristik keanekaragaman  hewan, konsep klasifikasi hewan berdasarkan ciri-ciri, mampu membuat sistem klasifikasi berdasarkan pengamatan sediaan atau lingkungan.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dengan berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya, untuk menguasai konsep, prinsip, dan prosedur dasar biologi berkaitan dengan struktur dan perkembangan hewan melalui kerja ilmiah dan berpikir ilmiah sesuai dengan kedalaman dan keluasan bagi pembelajaran biologi di sekolah yang berorientasi kearifan lokal dan berwawasan pembangunan berkelanjutan (S9, KU1, P1).
  2. Mahasiswa memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul untuk mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni dengan mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi (S12,KU3, KU11).
  3. Mahasiswa mampu menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan dalam  menerapkan pengetahuan tentang dasar pengelolaan kewirausahaan dan strategi pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien dengan mengakomodasi nilai-nilai kewirausahaan, serta melakukan pendalaman bidang kajian dengan lingkungan dan perkembangan jaman (S10, KK9, KK10).

References

Radiopoetro. 1983. Zoologi. Jakarta : Erlangga.

Storer & Usinger. Dasar-dasar zoologi. Alih Bahasa Evi Luvina Dwisang.Tangerang: Binarupa aksara

Barnes.1974. Invertebrate Zoologi. Jepang : Toppan Company.

Hickman, Robert & Larson.1995. Integrated Principles of Zoology. England : WCB

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diajarkan agar mahasiswa memiliki pengetahuan tentang karakteristik keanekaragaman  hewan, konsep klasifikasi hewan berdasarkan ciri-ciri, mampu membuat sistem klasifikasi berdasarkan pengamatan sediaan atau lingkungan.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran

 

CAPAIAN LULUSAN

Ranah Sikap

S9.       Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

S10.     Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

S12.     Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul

 

Pengetahuan

P1.       Menguasai konsep, prinsip, dan prosedur dasar biologi berkaitan dengan biologi sel dan molekul, fisiologi, genetika, struktur dan perkembangan, biosistematika, evolusi dan ekologi serta terapannya melalui kerja ilmiah dan berpikir ilmiah sesuai dengan kedalaman dan keluasan bagi pembelajaran biologi di sekolah yang berorientasi kearifan lokal dan berwawasan pembangunan berkelanjutan.

 

Keterampilan Umum

KU 1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya.

KU 3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.

KU 11. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

Keterampilan Khusus

KK 9.    Menerapkan pengetahuan tentang dasar pengelolaan kewirausahaan dan strategi pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien dengan mengakomodasi nilai-nilai kewirausahaan.

KK 10.  Melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jaman.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH

  1. Mahasiswa memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul dengan berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks keanekaragaman hewan melalui berpikir ilmiah sesuai dengan kedalaman dan keluasan bagi pembelajaran biologi di sekolah yang berorientasi kearifan lokal dan berwawasan pembangunan berkelanjutan (S12, KU1, P1).
  2. Mahasiswa menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri untuk mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi untuk menguasai prosedur dasar biologi berkaitan dengan keanekaragaman hewan serta terapannya melalui kerja ilmiah dengan mendokumentasikan data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi (S9, P1, KU3, KU11).
  3. Mahasiswa mampu menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan dalam  menerapkan pengetahuankeanekaragaman hewan melalui strategi pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien dengan mengakomodasi nilai-nilai kewirausahaan, serta melakukan pendalaman bidang kajian dengan lingkungan dan perkembangan jaman (S10, P1, KK9, KK10,).  

References

Sumber Belajar : Radiopoetro. 1983. Zoologi. Jakarta : Erlangga.

Storer & Usinger. Dasar-dasar zoologi. Alih Bahasa Evi Luvina Dwisang.Tangerang: Binarupa aksara

Barnes.1974. Invertebrate Zoologi. Jepang : Toppan Company.

Hickman, Robert & Larson.1995. Integrated Principles of Zoology. England : WCB

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diajarkan agar mahasiswa memiliki pengetahuan tentang karakteristik keanekaragaman  hewan, konsep klasifikasi hewan berdasarkan ciri-ciri, mampu membuat sistem klasifikasi berdasarkan pengamatan sediaan atau lingkungan.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran

 

CAPAIAN LULUSAN

Ranah Sikap

S9.       Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

S10.     Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

S12.     Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul

 

Pengetahuan

P1.       Menguasai konsep, prinsip, dan prosedur dasar biologi berkaitan dengan biologi sel dan molekul, fisiologi, genetika, struktur dan perkembangan, biosistematika, evolusi dan ekologi serta terapannya melalui kerja ilmiah dan berpikir ilmiah sesuai dengan kedalaman dan keluasan bagi pembelajaran biologi di sekolah yang berorientasi kearifan lokal dan berwawasan pembangunan berkelanjutan.

 

Keterampilan Umum

KU 1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya.

KU 3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.

KU 11. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

Keterampilan Khusus

KK 9.    Menerapkan pengetahuan tentang dasar pengelolaan kewirausahaan dan strategi pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien dengan mengakomodasi nilai-nilai kewirausahaan.

KK 10.  Melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jaman.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH

  1. Mahasiswa memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul dengan berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks keanekaragaman hewan melalui berpikir ilmiah sesuai dengan kedalaman dan keluasan bagi pembelajaran biologi di sekolah yang berorientasi kearifan lokal dan berwawasan pembangunan berkelanjutan (S12, KU1, P1).
  2. Mahasiswa menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri untuk mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi untuk menguasai prosedur dasar biologi berkaitan dengan keanekaragaman hewan serta terapannya melalui kerja ilmiah dengan mendokumentasikan data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi (S9, P1, KU3, KU11).
  3. Mahasiswa mampu menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan dalam  menerapkan pengetahuankeanekaragaman hewan melalui strategi pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien dengan mengakomodasi nilai-nilai kewirausahaan, serta melakukan pendalaman bidang kajian dengan lingkungan dan perkembangan jaman (S10, P1, KK9, KK10,).  

References

Sumber Belajar : Radiopoetro. 1983. Zoologi. Jakarta : Erlangga.

Storer & Usinger. Dasar-dasar zoologi. Alih Bahasa Evi Luvina Dwisang.Tangerang: Binarupa aksara

Barnes.1974. Invertebrate Zoologi. Jepang : Toppan Company.

Hickman, Robert & Larson.1995. Integrated Principles of Zoology. England : WCB

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diajarkan agar mahasiswa memiliki pengetahuan tentang karakteristik keanekaragaman  hewan, konsep klasifikasi hewan berdasarkan ciri-ciri, mampu membuat sistem klasifikasi berdasarkan pengamatan sediaan atau lingkungan.

Learning Outcomes

Mahasiswa menguasai karakteristik keanekaragaman  hewan, konsep klasifikasi hewan berdasarkan ciri-ciri, membuat sistem  klasifikasi berdasarkan pengamatan sediaan atau lingkungan

References

 

      Radiopoetro. 1983. Zoologi. Jakarta : Erlangga.

Storer & Usinger. Dasar-dasar zoologi. Alih Bahasa Evi Luvina Dwisang.Tangerang: Binarupa aksara

Barnes.1974. Invertebrate Zoologi. Jepang : Toppan Company.

Hickman, Robert & Larson.1995. Integrated Principles of Zoology. England : WCB


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diajarkan agar mahasiswa memiliki pengetahuan tentang karakteristik keanekaragaman  hewan, konsep klasifikasi hewan berdasarkan ciri-ciri, mampu membuat sistem klasifikasi berdasarkan pengamatan sediaan atau lingkungan.

Learning Outcomes

Mahasiswa menguasai karakteristik keanekaragaman  hewan, konsep klasifikasi hewan berdasarkan ciri-ciri, membuat sistem  klasifikasi berdasarkan pengamatan sediaan atau lingkungan

References

 

      Radiopoetro. 1983. Zoologi. Jakarta : Erlangga.

Storer & Usinger. Dasar-dasar zoologi. Alih Bahasa Evi Luvina Dwisang.Tangerang: Binarupa aksara

Barnes.1974. Invertebrate Zoologi. Jepang : Toppan Company.

Hickman, Robert & Larson.1995. Integrated Principles of Zoology. England : WCB


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diajarkan agar mahasiswa memiliki pengetahuan tentang karakteristik keanekaragaman  hewan, konsep klasifikasi hewan berdasarkan ciri-ciri, mampu membuat sistem klasifikasi berdasarkan pengamatan sediaan atau lingkungan.

Learning Outcomes

Mahasiswa menguasai karakteristik keanekaragaman  hewan, konsep klasifikasi hewan berdasarkan ciri-ciri, membuat sistem  klasifikasi berdasarkan pengamatan sediaan atau lingkungan

References

 

      Radiopoetro. 1983. Zoologi. Jakarta : Erlangga.

Storer & Usinger. Dasar-dasar zoologi. Alih Bahasa Evi Luvina Dwisang.Tangerang: Binarupa aksara

Barnes.1974. Invertebrate Zoologi. Jepang : Toppan Company.

Hickman, Robert & Larson.1995. Integrated Principles of Zoology. England : WCB


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diajarkan agar mahasiswa memiliki pengetahuan tentang karakteristik keanekaragaman hewan, konsep klasifikasi hewan berdasarkan ciri-ciri, mampu membuat sistem klasifikasi berdasarkan pengamatan sediaan atau lingkungan.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan                 :

Sikap

  1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  2. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  3. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  4. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul

Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni

Keterampilan Khusus

  1. Profil Pendidik Biologi
  1. Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, labboratorium, sekolah, dan masyarakat.
  2. Mampu menganalisis kurikulum biologi sekolah menengah dan implementasinya dalam pembelajaran biologi
  3. Mampu memecahkan permasalahan pendidikan biologi melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai konteks sekolah, perkembangan peserta didik, dan isu-isu pendidikan terkini
  4. Mampu menerapkan pedagogi spesifik untuk membelajarkan konsep biologi dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogi yang tepat sebagai implementasi technological pedagogical content knowledge (TPCK)

Pengetahuan

  1. Profil Pelaku WirausahaBidang Pembelajaran Biologi
  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar biologi serta terapannya
  2. Menguasai filosofi, pendekatan, metode, model, media, untuk mendukung pembelajaran biologi di kelas dan sekolah
  3. Menguasai pengetahuan tentang dasar-dasar pengelolaaan kewirausahaan serta memahami strategi pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien
  4. Menguasai prinsip-prinsip TIK yang mendukung proses pembelajaran biologi dan inovasi pengembangan produk-produk pembelajaran biologi.

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah         :

Sikap

  1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  2. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan pada kajian keanekaragaman hewan secara mandiri
  3. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan ketika melakukan tugas mata kuliah keanekaragaman hewan
  4. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul

Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan kajian keanekaragaman hewan
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahlian di kajian keanekaragaman hewan berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni

Keterampilan Khusus

  1. Mampu menerapkan konsep-konsep keanekaragaman hewan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat.
  2. Mampu memecahkan permasalahan dalam materikeanekaragaman hewan melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai konteks sekolah, perkembangan peserta didik, dan isu-isu pendidikan terkini

Pengetahuan

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar kajiankeanekaragaman hewan serta terapannya

Menguasai pengetahuan tentang dasar-dasar pengelolaaan kewirausahaan serta memahami strategi pengelolaan semua sumber daya di bidang keanekaragaman hewan secara efektif dan efisien

References

-


Details ...
Course Descriptions

kuliah ini diajarkan agar mahasiswa memiliki pengetahuan tentang karakteristik keanekaragaman hewan, konsep klasifikasi hewan berdasarkan ciri-ciri, mampu membuat sistem klasifikasi berdasarkan pengamatan sediaan atau lingkungan

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan                 :

Sikap

  1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  2. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  3. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  4. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul

Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni

Keterampilan Khusus

  1. Profil Pendidik Biologi
  1. Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, labboratorium, sekolah, dan masyarakat.
  2. Mampu menganalisis kurikulum biologi sekolah menengah dan implementasinya dalam pembelajaran biologi
  3. Mampu memecahkan permasalahan pendidikan biologi melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai konteks sekolah, perkembangan peserta didik, dan isu-isu pendidikan terkini
  4. Mampu menerapkan pedagogi spesifik untuk membelajarkan konsep biologi dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogi yang tepat sebagai implementasi technological pedagogical content knowledge (TPCK)

Pengetahuan

  1. Profil Pelaku WirausahaBidang Pembelajaran Biologi
  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar biologi serta terapannya
  2. Menguasai filosofi, pendekatan, metode, model, media, untuk mendukung pembelajaran biologi di kelas dan sekolah
  3. Menguasai pengetahuan tentang dasar-dasar pengelolaaan kewirausahaan serta memahami strategi pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien
  4. Menguasai prinsip-prinsip TIK yang mendukung proses pembelajaran biologi dan inovasi pengembangan produk-produk pembelajaran biologi.

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah         :

Sikap

  1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  2. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan pada kajian keanekaragaman hewan secara mandiri
  3. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan ketika melakukan tugas mata kuliah keanekaragaman hewan
  4. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul

Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan kajian keanekaragaman hewan
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahlian di kajian keanekaragaman hewan berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni

Keterampilan Khusus

  1. Mampu menerapkan konsep-konsep keanekaragaman hewan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat.
  2. Mampu memecahkan permasalahan dalam materikeanekaragaman hewan melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai konteks sekolah, perkembangan peserta didik, dan isu-isu pendidikan terkini

Pengetahuan

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar kajiankeanekaragaman hewan serta terapannya

Menguasai pengetahuan tentang dasar-dasar pengelolaaan kewirausahaan serta memahami strategi pengelolaan semua sumber daya di bidang keanekaragaman hewan secara efektif dan efisien

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diajarkan agar mahasiswa memiliki pengetahuan tentang karakteristik keanekaragaman hewan, konsep klasifikasi hewan berdasarkan ciri-ciri, mampu membuat sistem klasifikasi berdasarkan pengamatan sediaan atau lingkungan.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan                 :

Sikap

  1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  2. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  3. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  4. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul

Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni

Keterampilan Khusus

  1. Profil Pendidik Biologi
  1. Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, labboratorium, sekolah, dan masyarakat.
  2. Mampu menganalisis kurikulum biologi sekolah menengah dan implementasinya dalam pembelajaran biologi
  3. Mampu memecahkan permasalahan pendidikan biologi melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai konteks sekolah, perkembangan peserta didik, dan isu-isu pendidikan terkini
  4. Mampu menerapkan pedagogi spesifik untuk membelajarkan konsep biologi dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogi yang tepat sebagai implementasi technological pedagogical content knowledge (TPCK)

Pengetahuan

  1. Profil Pelaku WirausahaBidang Pembelajaran Biologi
  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar biologi serta terapannya
  2. Menguasai filosofi, pendekatan, metode, model, media, untuk mendukung pembelajaran biologi di kelas dan sekolah
  3. Menguasai pengetahuan tentang dasar-dasar pengelolaaan kewirausahaan serta memahami strategi pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien
  4. Menguasai prinsip-prinsip TIK yang mendukung proses pembelajaran biologi dan inovasi pengembangan produk-produk pembelajaran biologi.

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah         :

Sikap

  1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  2. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan pada kajian keanekaragaman hewan secara mandiri
  3. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan ketika melakukan tugas mata kuliah keanekaragaman hewan
  4. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul

Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan kajian keanekaragaman hewan
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahlian di kajian keanekaragaman hewan berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni

Keterampilan Khusus

  1. Mampu menerapkan konsep-konsep keanekaragaman hewan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat.
  2. Mampu memecahkan permasalahan dalam materikeanekaragaman hewan melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai konteks sekolah, perkembangan peserta didik, dan isu-isu pendidikan terkini

Pengetahuan

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar kajiankeanekaragaman hewan serta terapannya

Menguasai pengetahuan tentang dasar-dasar pengelolaaan kewirausahaan serta memahami strategi pengelolaan semua sumber daya di bidang keanekaragaman hewan secara efektif dan efisien

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diajarkan agar mahasiswa memiliki pengetahuan tentang karakteristik keanekaragaman hewan, konsep klasifikasi hewan berdasarkan ciri-ciri, mampu membuat sistem klasifikasi berdasarkan pengamatan sediaan atau lingkungan.

Learning Outcomes

Sikap

  1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  2. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan pada kajian keanekaragaman hewan secara mandiri
  3. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan ketika melakukan tugas mata kuliah keanekaragaman hewan
  4. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul

Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan kajian keanekaragaman hewan
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahlian di kajian keanekaragaman hewan berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni

Keterampilan Khusus

  1. Mampu menerapkan konsep-konsep keanekaragaman hewan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat.
  2. Mampu memecahkan permasalahan dalam materi keanekaragaman hewan melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai konteks sekolah, perkembangan peserta didik, dan isu-isu pendidikan terkini

Pengetahuan

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar kajian keanekaragaman hewan serta terapannya

Menguasai pengetahuan tentang dasar-dasar pengelolaaan kewirausahaan serta memahami strategi pengelolaan semua sumber daya di bidang keanekaragaman hewan secara efektif dan efisien

References

Storer, T.I., R.L. Usinger, R.C., Stebbins, and J.W., Nybakken. 1978. General Zoology (fifth edition). Tata McGraw-Hill Publishing Company Ltd. New Delhi.

Campbell, N.A., J.B. Reece, L.A. Urry, M.L. Cain, S.A. Wasserman, P.V. Minorsky, dan R.B. Jackson. 2012. Biologi Jilid 2 (edisi kedelapan). Erlangga. Jakarta.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diajarkan agar mahasiswa memiliki pengetahuan tentang karakteristik keanekaragaman hewan, konsep klasifikasi hewan berdasarkan ciri-ciri, mampu membuat sistem klasifikasi berdasarkan pengamatan sediaan atau lingkungan.

Learning Outcomes

Sikap

  1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  2. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan pada kajian keanekaragaman hewan secara mandiri
  3. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan ketika melakukan tugas mata kuliah keanekaragaman hewan
  4. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul

Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan kajian keanekaragaman hewan
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahlian di kajian keanekaragaman hewan berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni

Keterampilan Khusus

  1. Mampu menerapkan konsep-konsep keanekaragaman hewan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat.
  2. Mampu memecahkan permasalahan dalam materi keanekaragaman hewan melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai konteks sekolah, perkembangan peserta didik, dan isu-isu pendidikan terkini

Pengetahuan

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar kajian keanekaragaman hewan serta terapannya

Menguasai pengetahuan tentang dasar-dasar pengelolaaan kewirausahaan serta memahami strategi pengelolaan semua sumber daya di bidang keanekaragaman hewan secara efektif dan efisien

References

Storer, T.I., R.L. Usinger, R.C., Stebbins, and J.W., Nybakken. 1978. General Zoology (fifth edition). Tata McGraw-Hill Publishing Company Ltd. New Delhi.

Campbell, N.A., J.B. Reece, L.A. Urry, M.L. Cain, S.A. Wasserman, P.V. Minorsky, dan R.B. Jackson. 2012. Biologi Jilid 2 (edisi kedelapan). Erlangga. Jakarta.


Details ...