Bahasa Indonesia, Curriculum : 2018


Courser in EnglishINDONESIAN LANGUAGE
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Daerah
SKS2 SKS
RPS31 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Bahasa Indonesia merupakan mata kuliah dasar umum wajib bagi semua mahasiswa S1 UPGRIS. MKU dibelajarkan dengan pendekatan berbasis teks dengan memanfaatkan berbagai ragam teks dengan mengutamakan proyek berbasis kelompok (team based project) dan pembelajaran berbasis kasus/masalah (case method) sehingga mahasiswa mampu menerima, menghargai, dan menyukuri bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa resmi negara, menempatkan bahasa Indonesia sesuai dengan kedudukan dan fungsinya sebagai bahasa nasional dan bahasa resmi Negara, terampil menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dari tataran diksi, kalimat efektif, dan pengembangan paragraf dalam setiap konteks penggunaan bahasa Indonesia. Selain itu, mahasiswa juga terampil mereproduksi dan memprodukasi karya ilmiah sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia (EBI) dan kaidah selingkung tatatulis karya ilmiah di UPGRIS

Learning Outcomes

. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

S9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara

mandiri;

s10.

KU2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

KK8. Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran;

P1. Menguasai konsep teoritis tentang pedagogi

References

  1. Doyin, Muh dan Wagiran. (2013). Bahasa Indonesia: Pengantar Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: Unnes Press.
  2. Haryadi dan Zamzami. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud-Dikti
  3. Keraf, G. 1997. Komposisi.Ende Flores Nusa Tenggara Timur: Nusa Indah.
  4. Kosasih, E. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan: Cermat Berbahasa Indonesia.Bandung: Yrama Widya.
  5. Mudjianto dan Susanto, Gatut. 2010. Materi Pembelajaran Menyimak. Malang. A3 Malang.
  6. Musaba, Z. 1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.
  7. Parera, Jos Daniel. 1996.  Psikologi Keberbahasaan.  Jakarta:  Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP.
  8. Soedjito dan Hasan, M. 1986. Seri Membina Keterampilan Menulis Paragraf. Malang: Tanpa Penerbit
  9. Spandel, V. and Stigginis, R. J. 1990. Creating Writers. London: Longman.
  10. Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT
  11. Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
  12. Tarigan, Henry Guntur. 1998. Keterampilan Menyimak . Bandung : Angkasa
  13. Tarigan, Henry Guntur. 1988. Menyimak sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa
  14. Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara, dan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

 

 

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Bahasa Indonesia merupakan mata kuliah dasar umum wajib bagi semua mahasiswa S1 UPGRIS. MKU dibelajarkan dengan pendekatan berbasis teks dengan memanfaatkan berbagai ragam teks dengan mengutamakan proyek berbasis kelompok (team based project) dan pembelajaran berbasis kasus/masalah (case method) sehingga mahasiswa mampu menerima, menghargai, dan menyukuri bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa resmi negara, menempatkan bahasa Indonesia sesuai dengan kedudukan dan fungsinya sebagai bahasa nasional dan bahasa resmi Negara, terampil menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dari tataran diksi, kalimat efektif, dan pengembangan paragraf dalam setiap konteks penggunaan bahasa Indonesia. Selain itu, mahasiswa juga terampil mereproduksi dan memprodukasi karya ilmiah sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia (EBI) dan kaidah selingkung tatatulis karya ilmiah di UPGRIS

Learning Outcomes

. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

S9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara

mandiri;

s10.

KU2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

KK8. Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran;

P1. Menguasai konsep teoritis tentang pedagogi

References

  1. Doyin, Muh dan Wagiran. (2013). Bahasa Indonesia: Pengantar Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: Unnes Press.
  2. Haryadi dan Zamzami. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud-Dikti
  3. Keraf, G. 1997. Komposisi.Ende Flores Nusa Tenggara Timur: Nusa Indah.
  4. Kosasih, E. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan: Cermat Berbahasa Indonesia.Bandung: Yrama Widya.
  5. Mudjianto dan Susanto, Gatut. 2010. Materi Pembelajaran Menyimak. Malang. A3 Malang.
  6. Musaba, Z. 1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.
  7. Parera, Jos Daniel. 1996.  Psikologi Keberbahasaan.  Jakarta:  Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP.
  8. Soedjito dan Hasan, M. 1986. Seri Membina Keterampilan Menulis Paragraf. Malang: Tanpa Penerbit
  9. Spandel, V. and Stigginis, R. J. 1990. Creating Writers. London: Longman.
  10. Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT
  11. Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
  12. Tarigan, Henry Guntur. 1998. Keterampilan Menyimak . Bandung : Angkasa
  13. Tarigan, Henry Guntur. 1988. Menyimak sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa
  14. Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara, dan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

 

 

 


Details ...
Course Descriptions

-

Learning Outcomes

-

References

-


Details ...
Course Descriptions

-

  1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
  3. Mampu memakai bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
  4. Menguasai konsep-konsep utama bahasa Indonesia.

Learning Outcomes

-

  1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
  3. Mampu memakai bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
  4. Menguasai konsep-konsep utama bahasa Indonesia.

References

-

DAFTAR PUSTAKA:

Salam, Aprinus. 2008. Problematika Menulis di Indonesia.   dalam …. (lupa judul bukunya)

Alwi, Hasan, dkk. 1988. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2009. Ejaan Yang Disempurnakan dan Pedoman Pembentukan Istilah.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi Keempat. Jakarta: Balai Pustaka.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.

Kesuma, Tri Mastoyo Jati. 2001. Ragam-ragam Bahasa Indonesia. Jurusan Sastra Indonesia Universitas Gadjah Mada (Mimeo)

Poedjosoedarmo, Soepomo. 2001. Filsafat Bahasa. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta Press          


Details ...
Course Descriptions

-

  1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
  3. Mampu memakai bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
  4. Menguasai konsep-konsep utama bahasa Indonesia.

Learning Outcomes

-

  1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
  3. Mampu memakai bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
  4. Menguasai konsep-konsep utama bahasa Indonesia.

References

-

DAFTAR PUSTAKA:

Salam, Aprinus. 2008. Problematika Menulis di Indonesia.   dalam …. (lupa judul bukunya)

Alwi, Hasan, dkk. 1988. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2009. Ejaan Yang Disempurnakan dan Pedoman Pembentukan Istilah.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi Keempat. Jakarta: Balai Pustaka.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.

Kesuma, Tri Mastoyo Jati. 2001. Ragam-ragam Bahasa Indonesia. Jurusan Sastra Indonesia Universitas Gadjah Mada (Mimeo)

Poedjosoedarmo, Soepomo. 2001. Filsafat Bahasa. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta Press          


Details ...
Course Descriptions

-

  1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
  3. Mampu memakai bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
  4. Menguasai konsep-konsep utama bahasa Indonesia.

Learning Outcomes

-

  1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
  3. Mampu memakai bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
  4. Menguasai konsep-konsep utama bahasa Indonesia.

References

-

DAFTAR PUSTAKA:

Salam, Aprinus. 2008. Problematika Menulis di Indonesia.   dalam …. (lupa judul bukunya)

Alwi, Hasan, dkk. 1988. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2009. Ejaan Yang Disempurnakan dan Pedoman Pembentukan Istilah.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi Keempat. Jakarta: Balai Pustaka.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.

Kesuma, Tri Mastoyo Jati. 2001. Ragam-ragam Bahasa Indonesia. Jurusan Sastra Indonesia Universitas Gadjah Mada (Mimeo)

Poedjosoedarmo, Soepomo. 2001. Filsafat Bahasa. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta Press          


Details ...
Course Descriptions

-

  1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
  3. Mampu memakai bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
  4. Menguasai konsep-konsep utama bahasa Indonesia.

Learning Outcomes

-

  1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
  3. Mampu memakai bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
  4. Menguasai konsep-konsep utama bahasa Indonesia.

References

-

DAFTAR PUSTAKA:

Salam, Aprinus. 2008. Problematika Menulis di Indonesia.   dalam …. (lupa judul bukunya)

Alwi, Hasan, dkk. 1988. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2009. Ejaan Yang Disempurnakan dan Pedoman Pembentukan Istilah.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi Keempat. Jakarta: Balai Pustaka.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.

Kesuma, Tri Mastoyo Jati. 2001. Ragam-ragam Bahasa Indonesia. Jurusan Sastra Indonesia Universitas Gadjah Mada (Mimeo)

Poedjosoedarmo, Soepomo. 2001. Filsafat Bahasa. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta Press          


Details ...
Course Descriptions

-

  1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
  3. Mampu memakai bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
  4. Menguasai konsep-konsep utama bahasa Indonesia.

Learning Outcomes

-

  1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
  3. Mampu memakai bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
  4. Menguasai konsep-konsep utama bahasa Indonesia.

References

-

DAFTAR PUSTAKA:

Salam, Aprinus. 2008. Problematika Menulis di Indonesia.   dalam …. (lupa judul bukunya)

Alwi, Hasan, dkk. 1988. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2009. Ejaan Yang Disempurnakan dan Pedoman Pembentukan Istilah.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi Keempat. Jakarta: Balai Pustaka.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.

Kesuma, Tri Mastoyo Jati. 2001. Ragam-ragam Bahasa Indonesia. Jurusan Sastra Indonesia Universitas Gadjah Mada (Mimeo)

Poedjosoedarmo, Soepomo. 2001. Filsafat Bahasa. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta Press          


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai konsep-konsep kebahasaan dalam penggunaan Bahasa Indonesia baku untuk mendukung kajian atau laporan akademik sesuai bidang ilmu yang ditekuni.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.

 

  1. Keterampilan Umum

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora.

 

  1. Penguasaan Pengetahuan

Menguasai konsep-konsep dasar bahasa Indonesia.

 

  1. Keterampilan Khusus

Mampu menggunakan bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan sesuai bidang ilmu yang ditekuni.

 

 

References

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.

Alwi, Hasan, dkk. 1988. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Chaer, Abdul. 2011. Ragam Bahasa Ilmiah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi Keempat. Jakarta: Balai Pustaka.

Kesuma, Tri Mastoyo Jati. 2001. Ragam-ragam Bahasa Indonesia. Jurusan Sastra Indonesia Universitas Gadjah Mada (Mimeo).

Poedjosoedarmo, Soepomo. 2001. Filsafat Bahasa. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta Press.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Jakarta: Balai Pustaka.

Tim penulis. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi: Mahasiswa Strata Satu. Universitas PGRI Semarang.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai konsep-konsep kebahasaan dalam penggunaan Bahasa Indonesia baku untuk mendukung kajian atau laporan akademik sesuai bidang ilmu yang ditekuni.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.

 

  1. Keterampilan Umum

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora.

 

  1. Penguasaan Pengetahuan

Menguasai konsep-konsep dasar bahasa Indonesia.

 

  1. Keterampilan Khusus

Mampu menggunakan bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan sesuai bidang ilmu yang ditekuni.

 

 

References

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.

Alwi, Hasan, dkk. 1988. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Chaer, Abdul. 2011. Ragam Bahasa Ilmiah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi Keempat. Jakarta: Balai Pustaka.

Kesuma, Tri Mastoyo Jati. 2001. Ragam-ragam Bahasa Indonesia. Jurusan Sastra Indonesia Universitas Gadjah Mada (Mimeo).

Poedjosoedarmo, Soepomo. 2001. Filsafat Bahasa. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta Press.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Jakarta: Balai Pustaka.

Tim penulis. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi: Mahasiswa Strata Satu. Universitas PGRI Semarang.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai konsep-konsep kebahasaan dalam penggunaan Bahasa Indonesia baku untuk mendukung kajian atau laporan akademik sesuai bidang ilmu yang ditekuni.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.

 

  1. Keterampilan Umum

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora.

 

  1. Penguasaan Pengetahuan

Menguasai konsep-konsep dasar bahasa Indonesia.

 

  1. Keterampilan Khusus

Mampu menggunakan bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan sesuai bidang ilmu yang ditekuni.

 

 

References

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.

Alwi, Hasan, dkk. 1988. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Chaer, Abdul. 2011. Ragam Bahasa Ilmiah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi Keempat. Jakarta: Balai Pustaka.

Kesuma, Tri Mastoyo Jati. 2001. Ragam-ragam Bahasa Indonesia. Jurusan Sastra Indonesia Universitas Gadjah Mada (Mimeo).

Poedjosoedarmo, Soepomo. 2001. Filsafat Bahasa. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta Press.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Jakarta: Balai Pustaka.

Tim penulis. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi: Mahasiswa Strata Satu. Universitas PGRI Semarang.


Details ...