Courser in English | INDONESIAN LANGUAGE |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah |
SKS | 2 SKS |
RPS | 31 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai konsep-konsep kebahasaan dalam penggunaan Bahasa Indonesia baku untuk mendukung kajian atau laporan akademik sesuai bidang ilmu yang ditekuni.
Learning Outcomes- Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.
- Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora.
- Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep dasar bahasa Indonesia.
- Keterampilan Khusus
Mampu menggunakan bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan sesuai bidang ilmu yang ditekuni.
References
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.
Alwi, Hasan, dkk. 1988. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Chaer, Abdul. 2011. Ragam Bahasa Ilmiah. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi Keempat. Jakarta: Balai Pustaka.
Kesuma, Tri Mastoyo Jati. 2001. Ragam-ragam Bahasa Indonesia. Jurusan Sastra Indonesia Universitas Gadjah Mada (Mimeo).
Poedjosoedarmo, Soepomo. 2001. Filsafat Bahasa. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta Press.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Jakarta: Balai Pustaka.
Tim penulis. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi: Mahasiswa Strata Satu. Universitas PGRI Semarang.
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.
Learning OutcomesCPMK1 Menelaah Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia dan Ragam bahasa Indonesia dengan penuh kesungguhan (S8, S9, S10, KK8, P1)
CPMK2 MenganalisisEjaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KU2, P1)
CPMK3 Mengembangkan Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia, Ragam bahasa Indonesia, Ejaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif, Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KK8, P1)
CPMK4 Melaksanakan praktik menulis Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf secara mandiri dan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KU2, KK8)
ReferencesUtama
1. Alwi, Hasan, dkk. 2017. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
2. Hermawan, Herry.2012.Menyimak Keterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta : Graha Ilmu
3. Kosasih, E. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan: Cermat Berbahasa Indonesia.Bandung: Yrama Widya.
4. Tim Penyusun. 2021. Ejaan Yang Disempurnakan Edisi V. Jakarata: Kemendikbud.
Pendukung
1. Mudjianto dan Susanto, Gatut. 2010. Materi Pembelajaran Menyimak. Malang. A3 Malang.
2. Musaba, Z. 1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.
3. Parera, Jos Daniel. 1996. Psikologi Keberbahasaan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP.
4. Spandel, V. and Stigginis, R. J. 1990. Creating Writers. London: Longman.
5. Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT
6. Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
7. Tarigan, Henry Guntur. 1988. Menyimak sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.
Learning OutcomesCPMK1 Menelaah Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia dan Ragam bahasa Indonesia dengan penuh kesungguhan (S8, S9, S10, KK8, P1)
CPMK2 MenganalisisEjaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KU2, P1)
CPMK3 Mengembangkan Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia, Ragam bahasa Indonesia, Ejaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif, Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KK8, P1)
CPMK4 Melaksanakan praktik menulis Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf secara mandiri dan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KU2, KK8)
ReferencesUtama
1. Alwi, Hasan, dkk. 2017. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
2. Hermawan, Herry.2012.Menyimak Keterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta : Graha Ilmu
3. Kosasih, E. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan: Cermat Berbahasa Indonesia.Bandung: Yrama Widya.
4. Tim Penyusun. 2021. Ejaan Yang Disempurnakan Edisi V. Jakarata: Kemendikbud.
Pendukung
1. Mudjianto dan Susanto, Gatut. 2010. Materi Pembelajaran Menyimak. Malang. A3 Malang.
2. Musaba, Z. 1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.
3. Parera, Jos Daniel. 1996. Psikologi Keberbahasaan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP.
4. Spandel, V. and Stigginis, R. J. 1990. Creating Writers. London: Longman.
5. Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT
6. Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
7. Tarigan, Henry Guntur. 1988. Menyimak sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.
Learning OutcomesCPMK1 Menelaah Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia dan Ragam bahasa Indonesia dengan penuh kesungguhan (S8, S9, S10, KK8, P1)
CPMK2 MenganalisisEjaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KU2, P1)
CPMK3 Mengembangkan Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia, Ragam bahasa Indonesia, Ejaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif, Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KK8, P1)
CPMK4 Melaksanakan praktik menulis Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf secara mandiri dan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KU2, KK8)
ReferencesUtama
1. Alwi, Hasan, dkk. 2017. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
2. Hermawan, Herry.2012.Menyimak Keterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta : Graha Ilmu
3. Kosasih, E. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan: Cermat Berbahasa Indonesia.Bandung: Yrama Widya.
4. Tim Penyusun. 2021. Ejaan Yang Disempurnakan Edisi V. Jakarata: Kemendikbud.
Pendukung
1. Mudjianto dan Susanto, Gatut. 2010. Materi Pembelajaran Menyimak. Malang. A3 Malang.
2. Musaba, Z. 1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.
3. Parera, Jos Daniel. 1996. Psikologi Keberbahasaan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP.
4. Spandel, V. and Stigginis, R. J. 1990. Creating Writers. London: Longman.
5. Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT
6. Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
7. Tarigan, Henry Guntur. 1988. Menyimak sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.
Learning OutcomesCPMK1 Menelaah Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia dan Ragam bahasa Indonesia dengan penuh kesungguhan (S8, S9, S10, KK8, P1)
CPMK2 MenganalisisEjaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KU2, P1)
CPMK3 Mengembangkan Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia, Ragam bahasa Indonesia, Ejaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif, Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KK8, P1)
CPMK4 Melaksanakan praktik menulis Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf secara mandiri dan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KU2, KK8)
ReferencesUtama
1. Alwi, Hasan, dkk. 2017. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
2. Hermawan, Herry.2012.Menyimak Keterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta : Graha Ilmu
3. Kosasih, E. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan: Cermat Berbahasa Indonesia.Bandung: Yrama Widya.
4. Tim Penyusun. 2021. Ejaan Yang Disempurnakan Edisi V. Jakarata: Kemendikbud.
Pendukung
1. Mudjianto dan Susanto, Gatut. 2010. Materi Pembelajaran Menyimak. Malang. A3 Malang.
2. Musaba, Z. 1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.
3. Parera, Jos Daniel. 1996. Psikologi Keberbahasaan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP.
4. Spandel, V. and Stigginis, R. J. 1990. Creating Writers. London: Longman.
5. Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT
6. Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
7. Tarigan, Henry Guntur. 1988. Menyimak sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep Bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep Bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup Bahasa Indonesia keilmuan;Sejarah kelahiran Bahasa Indonesia; Ragam bahasa indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan Koherensi;Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar Pustaka; dan Paragraf.
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran matakuliahBahasa Indonesia,mahasiswa mampu: CPMK1 MenelaahRuang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia dan Ragam bahasa Indonesiadengan penuh kesungguhan(S8, S9,S10,KK8, P1) CPMK2 MenganalisisEjaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragrafdengan penuh tanggungjawab. (S8, S9,S10,KU2,P1) CPMK3 MengembangkanRuang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia, Ragam bahasa Indonesia, Ejaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif, Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragrafdengan penuh tanggungjawab. (S8, S9,S10,KK8, P1) CPMK4 Melaksanakan praktik menulis Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf secara mandiri dan penuh tanggung jawab.(S8, S9, S10, KU2, KK8)
ReferencesHermawan, Herry.2012.MenyimakKeterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta : Graha Ilmu Haryadi dan Zamzami. 1996.Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud-Dikti Keraf, G. 1997.Komposisi.Ende Flores Nusa Tenggara Timur: Nusa Indah. Kosasih, E. 2002.Kompetensi Ketatabahasaan: Cermat Berbahasa Indonesia.Bandung: Yrama Widya. Mudjianto dan Susanto, Gatut. 2010.Materi Pembelajaran Menyimak. Malang. A3 Malang. Musaba, Z. 1994.Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar.Banjarmasin: Sarjana Indonesia. Parera, Jos Daniel. 1996.Psikologi Keberbahasaan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP. Soedjito dan Hasan, M. 1986.Seri Membina Keterampilan Menulis Paragraf.Malang: Tanpa Penerbit Spandel, V. and Stigginis, R. J. 1990.Creating Writers.London: Longman. Suparno. 2002.Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT Syafi’ie, I. 1988.Retorika dalam Menulis.Jakarta: Depdikbud. Tarigan, Henry Guntur. 1998.Keterampilan Menyimak. Bandung : Angkasa Tarigan, Henry Guntur. 1988.Menyimak sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep Bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep Bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup Bahasa Indonesia keilmuan;Sejarah kelahiran Bahasa Indonesia; Ragam bahasa indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan Koherensi;Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar Pustaka; dan Paragraf.
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran matakuliahBahasa Indonesia,mahasiswa mampu: CPMK1 MenelaahRuang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia dan Ragam bahasa Indonesiadengan penuh kesungguhan(S8, S9,S10,KK8, P1) CPMK2 MenganalisisEjaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragrafdengan penuh tanggungjawab. (S8, S9,S10,KU2,P1) CPMK3 MengembangkanRuang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia, Ragam bahasa Indonesia, Ejaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif, Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragrafdengan penuh tanggungjawab. (S8, S9,S10,KK8, P1) CPMK4 Melaksanakan praktik menulis Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf secara mandiri dan penuh tanggung jawab.(S8, S9, S10, KU2, KK8)
ReferencesHermawan, Herry.2012.MenyimakKeterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta : Graha Ilmu Haryadi dan Zamzami. 1996.Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud-Dikti Keraf, G. 1997.Komposisi.Ende Flores Nusa Tenggara Timur: Nusa Indah. Kosasih, E. 2002.Kompetensi Ketatabahasaan: Cermat Berbahasa Indonesia.Bandung: Yrama Widya. Mudjianto dan Susanto, Gatut. 2010.Materi Pembelajaran Menyimak. Malang. A3 Malang. Musaba, Z. 1994.Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar.Banjarmasin: Sarjana Indonesia. Parera, Jos Daniel. 1996.Psikologi Keberbahasaan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP. Soedjito dan Hasan, M. 1986.Seri Membina Keterampilan Menulis Paragraf.Malang: Tanpa Penerbit Spandel, V. and Stigginis, R. J. 1990.Creating Writers.London: Longman. Suparno. 2002.Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT Syafi’ie, I. 1988.Retorika dalam Menulis.Jakarta: Depdikbud. Tarigan, Henry Guntur. 1998.Keterampilan Menyimak. Bandung : Angkasa Tarigan, Henry Guntur. 1988.Menyimak sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.
HUBUNGI 0818211216 utk PEMBELAJARAN DARING
Learning OutcomesMenelaah Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia dan Ragam bahasa Indonesiadengan penuh kesungguhan (S8, S9, S10, KK8, P1)
Menganalisis Ejaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KU2, P1)
Mengembangkan Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia, Ragam bahasa Indonesia, Ejaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif, Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KK8, P1)
Melaksanakan praktik menulis Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf secara mandiri dan penuh tanggung jawab.(S8, S9, S10, KU2, KK8)
1. Hermawan, Herry.2012.MenyimakKeterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta : Graha Ilmu
2. Haryadi dan Zamzami. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud-Dikti
3. Keraf, G. 1997. Komposisi.Ende Flores Nusa Tenggara Timur: Nusa Indah.
4. Kosasih, E. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan: Cermat Berbahasa Indonesia.Bandung: Yrama Widya.
5. Mudjianto dan Susanto, Gatut. 2010. Materi Pembelajaran Menyimak. Malang. A3 Malang.
6. Musaba, Z. 1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.
7. Parera, Jos Daniel. 1996. Psikologi Keberbahasaan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP.
8. Soedjito dan Hasan, M. 1986. Seri Membina Keterampilan Menulis Paragraf. Malang: Tanpa Penerbit
9. Spandel, V. and Stigginis, R. J. 1990. Creating Writers. London: Longman.
10. Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT
11. Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
12. Tarigan, Henry Guntur. 1998. Keterampilan Menyimak . Bandung : Angkasa
13. Tarigan, Henry Guntur. 1988. Menyimak sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.
HUBUNGI 0818211216 utk PEMBELAJARAN DARING
Learning Outcomes- Menelaah Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia dan Ragam bahasa Indonesiadengan penuh kesungguhan (S8, S9, S10, KK8, P1)
- Menganalisis Ejaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KU2, P1)
- Mengembangkan Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia, Ragam bahasa Indonesia, Ejaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif, Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KK8, P1)
- Melaksanakan praktik menulis Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf secara mandiri dan penuh tanggung jawab.(S8, S9, S10, KU2, KK8)
1. Hermawan, Herry.2012.MenyimakKeterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta : Graha Ilmu
2. Haryadi dan Zamzami. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud-Dikti
3. Keraf, G. 1997. Komposisi.Ende Flores Nusa Tenggara Timur: Nusa Indah.
4. Kosasih, E. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan: Cermat Berbahasa Indonesia.Bandung: Yrama Widya.
5. Mudjianto dan Susanto, Gatut. 2010. Materi Pembelajaran Menyimak. Malang. A3 Malang.
6. Musaba, Z. 1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.
7. Parera, Jos Daniel. 1996. Psikologi Keberbahasaan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP.
8. Soedjito dan Hasan, M. 1986. Seri Membina Keterampilan Menulis Paragraf. Malang: Tanpa Penerbit
9. Spandel, V. and Stigginis, R. J. 1990. Creating Writers. London: Longman.
10. Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT
11. Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
12. Tarigan, Henry Guntur. 1998. Keterampilan Menyimak . Bandung : Angkasa
13. Tarigan, Henry Guntur. 1988. Menyimak sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.
HUBUNGI 0818211216 utk PEMBELAJARAN DARING
Learning Outcomes- Menelaah Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia dan Ragam bahasa Indonesiadengan penuh kesungguhan (S8, S9, S10, KK8, P1)
- Menganalisis Ejaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KU2, P1)
- Mengembangkan Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia, Ragam bahasa Indonesia, Ejaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif, Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KK8, P1)
- Melaksanakan praktik menulis Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf secara mandiri dan penuh tanggung jawab.(S8, S9, S10, KU2, KK8)
1. Hermawan, Herry.2012.MenyimakKeterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta : Graha Ilmu
2. Haryadi dan Zamzami. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud-Dikti
3. Keraf, G. 1997. Komposisi.Ende Flores Nusa Tenggara Timur: Nusa Indah.
4. Kosasih, E. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan: Cermat Berbahasa Indonesia.Bandung: Yrama Widya.
5. Mudjianto dan Susanto, Gatut. 2010. Materi Pembelajaran Menyimak. Malang. A3 Malang.
6. Musaba, Z. 1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.
7. Parera, Jos Daniel. 1996. Psikologi Keberbahasaan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP.
8. Soedjito dan Hasan, M. 1986. Seri Membina Keterampilan Menulis Paragraf. Malang: Tanpa Penerbit
9. Spandel, V. and Stigginis, R. J. 1990. Creating Writers. London: Longman.
10. Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT
11. Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
12. Tarigan, Henry Guntur. 1998. Keterampilan Menyimak . Bandung : Angkasa
13. Tarigan, Henry Guntur. 1988. Menyimak sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.
HUBUNGI 0818211216 utk PEMBELAJARAN DARING
Learning Outcomes- Menelaah Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia dan Ragam bahasa Indonesiadengan penuh kesungguhan (S8, S9, S10, KK8, P1)
- Menganalisis Ejaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KU2, P1)
- Mengembangkan Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia, Ragam bahasa Indonesia, Ejaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif, Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KK8, P1)
- Melaksanakan praktik menulis Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf secara mandiri dan penuh tanggung jawab.(S8, S9, S10, KU2, KK8)
1. Hermawan, Herry.2012.MenyimakKeterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta : Graha Ilmu
2. Haryadi dan Zamzami. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud-Dikti
3. Keraf, G. 1997. Komposisi.Ende Flores Nusa Tenggara Timur: Nusa Indah.
4. Kosasih, E. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan: Cermat Berbahasa Indonesia.Bandung: Yrama Widya.
5. Mudjianto dan Susanto, Gatut. 2010. Materi Pembelajaran Menyimak. Malang. A3 Malang.
6. Musaba, Z. 1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.
7. Parera, Jos Daniel. 1996. Psikologi Keberbahasaan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP.
8. Soedjito dan Hasan, M. 1986. Seri Membina Keterampilan Menulis Paragraf. Malang: Tanpa Penerbit
9. Spandel, V. and Stigginis, R. J. 1990. Creating Writers. London: Longman.
10. Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT
11. Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
12. Tarigan, Henry Guntur. 1998. Keterampilan Menyimak . Bandung : Angkasa
13. Tarigan, Henry Guntur. 1988. Menyimak sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.
HUBUNGI 0818211216 utk PEMBELAJARAN DARING
Learning Outcomes- Menelaah Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia dan Ragam bahasa Indonesiadengan penuh kesungguhan (S8, S9, S10, KK8, P1)
- Menganalisis Ejaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KU2, P1)
- Mengembangkan Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan, Sejarah kelahiran bahasa Indonesia, Ragam bahasa Indonesia, Ejaan bahasa Indonesia, Kalimat aktif dan pasif, Kalimat efektif dan tidak efektif, Kohesi dan koherensi, Kutipan langsung dan tidak langsung, Daftar pustaka, dan Paragraf dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, S10, KK8, P1)
- Melaksanakan praktik menulis Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf secara mandiri dan penuh tanggung jawab.(S8, S9, S10, KU2, KK8)
1. Hermawan, Herry.2012.MenyimakKeterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta : Graha Ilmu
2. Haryadi dan Zamzami. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud-Dikti
3. Keraf, G. 1997. Komposisi.Ende Flores Nusa Tenggara Timur: Nusa Indah.
4. Kosasih, E. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan: Cermat Berbahasa Indonesia.Bandung: Yrama Widya.
5. Mudjianto dan Susanto, Gatut. 2010. Materi Pembelajaran Menyimak. Malang. A3 Malang.
6. Musaba, Z. 1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.
7. Parera, Jos Daniel. 1996. Psikologi Keberbahasaan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP.
8. Soedjito dan Hasan, M. 1986. Seri Membina Keterampilan Menulis Paragraf. Malang: Tanpa Penerbit
9. Spandel, V. and Stigginis, R. J. 1990. Creating Writers. London: Longman.
10. Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT
11. Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
12. Tarigan, Henry Guntur. 1998. Keterampilan Menyimak . Bandung : Angkasa
13. Tarigan, Henry Guntur. 1988. Menyimak sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa
Details ...