Courser in English | SEMINAR OF HUMAN RESOURCE MANAGEMENT |
Program | Manajemen |
SKS | 2 SKS |
RPS | 14 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah seminar dan riset MSDM memberikan pemahaman dan pengetahuan melalui refleksi pengalaman dan observasi dalam teori sumber daya manusia (SDM) yang disosialisasikan melalui presentasi. Mahasiswa diberikan kemampuan identifikasi dan analisis masalah dan permasaahan dalam kasus-kasus di dunai nyata. Semuanya ini dimaksudkan agar mahasiswa mengalami perjalanan intelektual (intellectual journey) dan mampu merencanakan penelitian SDM yang memberi nilai tambah bagi individu dan inspirasi bagi perkembangan bisnis dan profesi SDM.
Untuk mendapatkan pemahaman dan pengetahuan digunakan telaah kritis situasi permasalahan dan teori secara kontekstual di bidang perbankan dan bisnis. Selanjutnya, mahasiswa mendisain riset penelitian menggunakan pendekatan metodologi penelitian yang diperlukan untuk pemecahan masalah maupun untuk tujuan akademik. Pendekatan yang digunakan berupa riset kuantitatif dan kualitatif serta pendekatan alternatif seperti mixed methode maupun soft systems methodology.
Dengan demikian mahasiswa memiliki kemampuan memberikan solusi alternatif yang dibutuhkan berdasarkan kerangka berpikir human capital management: struktur, fungsi, dan kompetensi.
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah Seminar dan Riset SDM, mahasiswa diharapkan mampu:
- Menjelaskan pengertian seminar, lokakarya, dan riset memahami riset empiris dalam SDM.
- Memahami masalah SDM secara akademik dan praktik.
- Mampu menyadari dan mengidentifikasi adanya masalah dan permasalahan.
- Mampu merumuskan masalah dan topik permasalahan.
- Mampu menganalisis dan menggunakan teori yang relevan dengan masalah dan permasalahan yang dibahas dan diteliti.
- Mampu menyusun kerangka berpikir sebagai nilai tambah.
- Mampu membuat hipotesis teori berdasarkan observasi dan refleksi dan pengalaman
- Mampu menentukan pendekatan metode penelitian sesuai karakteristik masalah/permasalahan
- Mendesain proposal penelitian kuantitatif dan kualitatif sesuai ketentuan panduan penyusunan skripsi di Perbanas Institute.
- Memilih dan menjelaskan objek/subjek penelitian.
- Membuat rencana pengumpulan dan analisis data penelitian
- Mempresentasikan proposal penelitian.
- Memperbaiki proposal penelitian
14. Membuat rencana dan jadwal penelitian
ReferencesOei, Istijanto. (2010). Riset Sumber Daya Manusia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. (Disingkat Oei)
Sudarsono Hardjosoekarto. (2012). Soft Systems Methodology, (Metodologi Serba Sistem Lunak). Jakarta: UI Press-Lab Sosio Pusat Kajian Sosiologi. (disingkat Hardjo)
Schmitt Klimoski, (1991) Research Methods in Human Resources Management, Ohio, South-Western Publishing & Co (disingkat Klimoski)
Checkland, Peter., & John Poulter, (2006), Learning for Action: A Short Definitive Account of Soft Systems Methodology and its use for Practitioners,Teachers, and Students. England: John Wiley & Sons Ltd. (disingkat Checkland)
Dave Ulrich dan Wayne Brockbank, Yon Younger, Mike Ulrich, (2013), Global HR Competency, New York: McGraw-Hill (disingkat Ulrich)
Michael Armstrong, (2006), A Handbook Human Resources Management 10th eds, London: Kogan Page. (disingkat Armstrong)
Details ...
Mata kuliah seminar dan riset MSDM memberikan pemahaman dan pengetahuan melalui refleksi pengalaman dan observasi dalam teori sumber daya manusia (SDM) yang disosialisasikan melalui presentasi. Mahasiswa diberikan kemampuan identifikasi dan analisis masalah dan permasaahan dalam kasus-kasus di dunai nyata. Semuanya ini dimaksudkan agar mahasiswa mengalami perjalanan intelektual (intellectual journey) dan mampu merencanakan penelitian SDM yang memberi nilai tambah bagi individu dan inspirasi bagi perkembangan bisnis dan profesi SDM.
Untuk mendapatkan pemahaman dan pengetahuan digunakan telaah kritis situasi permasalahan dan teori secara kontekstual di bidang perbankan dan bisnis. Selanjutnya, mahasiswa mendisain riset penelitian menggunakan pendekatan metodologi penelitian yang diperlukan untuk pemecahan masalah maupun untuk tujuan akademik. Pendekatan yang digunakan berupa riset kuantitatif dan kualitatif serta pendekatan alternatif seperti mixed methode maupun soft systems methodology.
Dengan demikian mahasiswa memiliki kemampuan memberikan solusi alternatif yang dibutuhkan berdasarkan kerangka berpikir human capital management: struktur, fungsi, dan kompetensi.
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah Seminar dan Riset SDM, mahasiswa diharapkan mampu:
- Menjelaskan pengertian seminar, lokakarya, dan riset memahami riset empiris dalam SDM.
- Memahami masalah SDM secara akademik dan praktik.
- Mampu menyadari dan mengidentifikasi adanya masalah dan permasalahan.
- Mampu merumuskan masalah dan topik permasalahan.
- Mampu menganalisis dan menggunakan teori yang relevan dengan masalah dan permasalahan yang dibahas dan diteliti.
- Mampu menyusun kerangka berpikir sebagai nilai tambah.
- Mampu membuat hipotesis teori berdasarkan observasi dan refleksi dan pengalaman
- Mampu menentukan pendekatan metode penelitian sesuai karakteristik masalah/permasalahan
- Mendesain proposal penelitian kuantitatif dan kualitatif sesuai ketentuan panduan penyusunan skripsi di Perbanas Institute.
- Memilih dan menjelaskan objek/subjek penelitian.
- Membuat rencana pengumpulan dan analisis data penelitian
- Mempresentasikan proposal penelitian.
- Memperbaiki proposal penelitian
14. Membuat rencana dan jadwal penelitian
ReferencesOei, Istijanto. (2010). Riset Sumber Daya Manusia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. (Disingkat Oei)
Sudarsono Hardjosoekarto. (2012). Soft Systems Methodology, (Metodologi Serba Sistem Lunak). Jakarta: UI Press-Lab Sosio Pusat Kajian Sosiologi. (disingkat Hardjo)
Schmitt Klimoski, (1991) Research Methods in Human Resources Management, Ohio, South-Western Publishing & Co (disingkat Klimoski)
Checkland, Peter., & John Poulter, (2006), Learning for Action: A Short Definitive Account of Soft Systems Methodology and its use for Practitioners,Teachers, and Students. England: John Wiley & Sons Ltd. (disingkat Checkland)
Dave Ulrich dan Wayne Brockbank, Yon Younger, Mike Ulrich, (2013), Global HR Competency, New York: McGraw-Hill (disingkat Ulrich)
Michael Armstrong, (2006), A Handbook Human Resources Management 10th eds, London: Kogan Page. (disingkat Armstrong)
Details ...
Mata kuliah seminar dan riset MSDM memberikan pemahaman dan pengetahuan melalui refleksi pengalaman dan observasi dalam teori sumber daya manusia (SDM) yang disosialisasikan melalui presentasi. Mahasiswa diberikan kemampuan identifikasi dan analisis masalah dan permasaahan dalam kasus-kasus di dunai nyata. Semuanya ini dimaksudkan agar mahasiswa mengalami perjalanan intelektual (intellectual journey) dan mampu merencanakan penelitian SDM yang memberi nilai tambah bagi individu dan inspirasi bagi perkembangan bisnis dan profesi SDM.
Untuk mendapatkan pemahaman dan pengetahuan digunakan telaah kritis situasi permasalahan dan teori secara kontekstual di bidang perbankan dan bisnis. Selanjutnya, mahasiswa mendisain riset penelitian menggunakan pendekatan metodologi penelitian yang diperlukan untuk pemecahan masalah maupun untuk tujuan akademik. Pendekatan yang digunakan berupa riset kuantitatif dan kualitatif serta pendekatan alternatif seperti mixed methode maupun soft systems methodology.
Dengan demikian mahasiswa memiliki kemampuan memberikan solusi alternatif yang dibutuhkan berdasarkan kerangka berpikir human capital management: struktur, fungsi, dan kompetensi.
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah Seminar dan Riset SDM, mahasiswa diharapkan mampu:
- Menjelaskan pengertian seminar, lokakarya, dan riset memahami riset empiris dalam SDM.
- Memahami masalah SDM secara akademik dan praktik.
- Mampu menyadari dan mengidentifikasi adanya masalah dan permasalahan.
- Mampu merumuskan masalah dan topik permasalahan.
- Mampu menganalisis dan menggunakan teori yang relevan dengan masalah dan permasalahan yang dibahas dan diteliti.
- Mampu menyusun kerangka berpikir sebagai nilai tambah.
- Mampu membuat hipotesis teori berdasarkan observasi dan refleksi dan pengalaman
- Mampu menentukan pendekatan metode penelitian sesuai karakteristik masalah/permasalahan
- Mendesain proposal penelitian kuantitatif dan kualitatif sesuai ketentuan panduan penyusunan skripsi di Perbanas Institute.
- Memilih dan menjelaskan objek/subjek penelitian.
- Membuat rencana pengumpulan dan analisis data penelitian
- Mempresentasikan proposal penelitian.
- Memperbaiki proposal penelitian
14. Membuat rencana dan jadwal penelitian
ReferencesOei, Istijanto. (2010). Riset Sumber Daya Manusia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. (Disingkat Oei)
Sudarsono Hardjosoekarto. (2012). Soft Systems Methodology, (Metodologi Serba Sistem Lunak). Jakarta: UI Press-Lab Sosio Pusat Kajian Sosiologi. (disingkat Hardjo)
Schmitt Klimoski, (1991) Research Methods in Human Resources Management, Ohio, South-Western Publishing & Co (disingkat Klimoski)
Checkland, Peter., & John Poulter, (2006), Learning for Action: A Short Definitive Account of Soft Systems Methodology and its use for Practitioners,Teachers, and Students. England: John Wiley & Sons Ltd. (disingkat Checkland)
Dave Ulrich dan Wayne Brockbank, Yon Younger, Mike Ulrich, (2013), Global HR Competency, New York: McGraw-Hill (disingkat Ulrich)
Michael Armstrong, (2006), A Handbook Human Resources Management 10th eds, London: Kogan Page. (disingkat Armstrong)
Details ...
Mata kuliah seminar dan riset MSDM memberikan pemahaman dan pengetahuan melalui refleksi pengalaman dan observasi dalam teori sumber daya manusia (SDM) yang disosialisasikan melalui presentasi. Mahasiswa diberikan kemampuan identifikasi dan analisis masalah dan permasaahan dalam kasus-kasus di dunai nyata. Semuanya ini dimaksudkan agar mahasiswa mengalami perjalanan intelektual (intellectual journey) dan mampu merencanakan penelitian SDM yang memberi nilai tambah bagi individu dan inspirasi bagi perkembangan bisnis dan profesi SDM.
Untuk mendapatkan pemahaman dan pengetahuan digunakan telaah kritis situasi permasalahan dan teori secara kontekstual di bidang perbankan dan bisnis. Selanjutnya, mahasiswa mendisain riset penelitian menggunakan pendekatan metodologi penelitian yang diperlukan untuk pemecahan masalah maupun untuk tujuan akademik. Pendekatan yang digunakan berupa riset kuantitatif dan kualitatif serta pendekatan alternatif seperti mixed methode maupun soft systems methodology.
Dengan demikian mahasiswa memiliki kemampuan memberikan solusi alternatif yang dibutuhkan berdasarkan kerangka berpikir human capital management: struktur, fungsi, dan kompetensi.
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah Seminar dan Riset SDM, mahasiswa diharapkan mampu:
- Menjelaskan pengertian seminar, lokakarya, dan riset memahami riset empiris dalam SDM.
- Memahami masalah SDM secara akademik dan praktik.
- Mampu menyadari dan mengidentifikasi adanya masalah dan permasalahan.
- Mampu merumuskan masalah dan topik permasalahan.
- Mampu menganalisis dan menggunakan teori yang relevan dengan masalah dan permasalahan yang dibahas dan diteliti.
- Mampu menyusun kerangka berpikir sebagai nilai tambah.
- Mampu membuat hipotesis teori berdasarkan observasi dan refleksi dan pengalaman
- Mampu menentukan pendekatan metode penelitian sesuai karakteristik masalah/permasalahan
- Mendesain proposal penelitian kuantitatif dan kualitatif sesuai ketentuan panduan penyusunan skripsi di Perbanas Institute.
- Memilih dan menjelaskan objek/subjek penelitian.
- Membuat rencana pengumpulan dan analisis data penelitian
- Mempresentasikan proposal penelitian.
- Memperbaiki proposal penelitian
14. Membuat rencana dan jadwal penelitian
ReferencesOei, Istijanto. (2010). Riset Sumber Daya Manusia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. (Disingkat Oei)
Sudarsono Hardjosoekarto. (2012). Soft Systems Methodology, (Metodologi Serba Sistem Lunak). Jakarta: UI Press-Lab Sosio Pusat Kajian Sosiologi. (disingkat Hardjo)
Schmitt Klimoski, (1991) Research Methods in Human Resources Management, Ohio, South-Western Publishing & Co (disingkat Klimoski)
Checkland, Peter., & John Poulter, (2006), Learning for Action: A Short Definitive Account of Soft Systems Methodology and its use for Practitioners,Teachers, and Students. England: John Wiley & Sons Ltd. (disingkat Checkland)
Dave Ulrich dan Wayne Brockbank, Yon Younger, Mike Ulrich, (2013), Global HR Competency, New York: McGraw-Hill (disingkat Ulrich)
Michael Armstrong, (2006), A Handbook Human Resources Management 10th eds, London: Kogan Page. (disingkat Armstrong)
Details ...
Mata kuliah seminar dan riset MSDM memberikan pemahaman dan pengetahuan melalui refleksi pengalaman dan observasi dalam teori sumber daya manusia (SDM) yang disosialisasikan melalui presentasi. Mahasiswa diberikan kemampuan identifikasi dan analisis masalah dan permasaahan dalam kasus-kasus di dunai nyata. Semuanya ini dimaksudkan agar mahasiswa mengalami perjalanan intelektual (intellectual journey) dan mampu merencanakan penelitian SDM yang memberi nilai tambah bagi individu dan inspirasi bagi perkembangan bisnis dan profesi SDM.
Untuk mendapatkan pemahaman dan pengetahuan digunakan telaah kritis situasi permasalahan dan teori secara kontekstual di bidang perbankan dan bisnis. Selanjutnya, mahasiswa mendisain riset penelitian menggunakan pendekatan metodologi penelitian yang diperlukan untuk pemecahan masalah maupun untuk tujuan akademik. Pendekatan yang digunakan berupa riset kuantitatif dan kualitatif serta pendekatan alternatif seperti mixed methode maupun soft systems methodology.
Dengan demikian mahasiswa memiliki kemampuan memberikan solusi alternatif yang dibutuhkan berdasarkan kerangka berpikir human capital management: struktur, fungsi, dan kompetensi.
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah Seminar dan Riset SDM, mahasiswa diharapkan mampu:
- Menjelaskan pengertian seminar, lokakarya, dan riset memahami riset empiris dalam SDM.
- Memahami masalah SDM secara akademik dan praktik.
- Mampu menyadari dan mengidentifikasi adanya masalah dan permasalahan.
- Mampu merumuskan masalah dan topik permasalahan.
- Mampu menganalisis dan menggunakan teori yang relevan dengan masalah dan permasalahan yang dibahas dan diteliti.
- Mampu menyusun kerangka berpikir sebagai nilai tambah.
- Mampu membuat hipotesis teori berdasarkan observasi dan refleksi dan pengalaman
- Mampu menentukan pendekatan metode penelitian sesuai karakteristik masalah/permasalahan
- Mendesain proposal penelitian kuantitatif dan kualitatif sesuai ketentuan panduan penyusunan skripsi di Perbanas Institute.
- Memilih dan menjelaskan objek/subjek penelitian.
- Membuat rencana pengumpulan dan analisis data penelitian
- Mempresentasikan proposal penelitian.
- Memperbaiki proposal penelitian
14. Membuat rencana dan jadwal penelitian
ReferencesOei, Istijanto. (2010). Riset Sumber Daya Manusia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. (Disingkat Oei)
Sudarsono Hardjosoekarto. (2012). Soft Systems Methodology, (Metodologi Serba Sistem Lunak). Jakarta: UI Press-Lab Sosio Pusat Kajian Sosiologi. (disingkat Hardjo)
Schmitt Klimoski, (1991) Research Methods in Human Resources Management, Ohio, South-Western Publishing & Co (disingkat Klimoski)
Checkland, Peter., & John Poulter, (2006), Learning for Action: A Short Definitive Account of Soft Systems Methodology and its use for Practitioners,Teachers, and Students. England: John Wiley & Sons Ltd. (disingkat Checkland)
Dave Ulrich dan Wayne Brockbank, Yon Younger, Mike Ulrich, (2013), Global HR Competency, New York: McGraw-Hill (disingkat Ulrich)
Michael Armstrong, (2006), A Handbook Human Resources Management 10th eds, London: Kogan Page. (disingkat Armstrong)
Details ...
Mata kuliah seminar dan riset MSDM memberikan pemahaman dan pengetahuan melalui refleksi pengalaman dan observasi dalam teori sumber daya manusia (SDM) yang disosialisasikan melalui presentasi. Mahasiswa diberikan kemampuan identifikasi dan analisis masalah dan permasaahan dalam kasus-kasus di dunai nyata. Semuanya ini dimaksudkan agar mahasiswa mengalami perjalanan intelektual (intellectual journey) dan mampu merencanakan penelitian SDM yang memberi nilai tambah bagi individu dan inspirasi bagi perkembangan bisnis dan profesi SDM.
Untuk mendapatkan pemahaman dan pengetahuan digunakan telaah kritis situasi permasalahan dan teori secara kontekstual di bidang perbankan dan bisnis. Selanjutnya, mahasiswa mendisain riset penelitian menggunakan pendekatan metodologi penelitian yang diperlukan untuk pemecahan masalah maupun untuk tujuan akademik. Pendekatan yang digunakan berupa riset kuantitatif dan kualitatif serta pendekatan alternatif seperti mixed methode maupun soft systems methodology.
Dengan demikian mahasiswa memiliki kemampuan memberikan solusi alternatif yang dibutuhkan berdasarkan kerangka berpikir human capital management: struktur, fungsi, dan kompetensi.
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah Seminar dan Riset SDM, mahasiswa diharapkan mampu:
- Menjelaskan pengertian seminar, lokakarya, dan riset memahami riset empiris dalam SDM.
- Memahami masalah SDM secara akademik dan praktik.
- Mampu menyadari dan mengidentifikasi adanya masalah dan permasalahan.
- Mampu merumuskan masalah dan topik permasalahan.
- Mampu menganalisis dan menggunakan teori yang relevan dengan masalah dan permasalahan yang dibahas dan diteliti.
- Mampu menyusun kerangka berpikir sebagai nilai tambah.
- Mampu membuat hipotesis teori berdasarkan observasi dan refleksi dan pengalaman
- Mampu menentukan pendekatan metode penelitian sesuai karakteristik masalah/permasalahan
- Mendesain proposal penelitian kuantitatif dan kualitatif sesuai ketentuan panduan penyusunan skripsi di Perbanas Institute.
- Memilih dan menjelaskan objek/subjek penelitian.
- Membuat rencana pengumpulan dan analisis data penelitian
- Mempresentasikan proposal penelitian.
- Memperbaiki proposal penelitian
14. Membuat rencana dan jadwal penelitian
ReferencesOei, Istijanto. (2010). Riset Sumber Daya Manusia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. (Disingkat Oei)
Sudarsono Hardjosoekarto. (2012). Soft Systems Methodology, (Metodologi Serba Sistem Lunak). Jakarta: UI Press-Lab Sosio Pusat Kajian Sosiologi. (disingkat Hardjo)
Schmitt Klimoski, (1991) Research Methods in Human Resources Management, Ohio, South-Western Publishing & Co (disingkat Klimoski)
Checkland, Peter., & John Poulter, (2006), Learning for Action: A Short Definitive Account of Soft Systems Methodology and its use for Practitioners,Teachers, and Students. England: John Wiley & Sons Ltd. (disingkat Checkland)
Dave Ulrich dan Wayne Brockbank, Yon Younger, Mike Ulrich, (2013), Global HR Competency, New York: McGraw-Hill (disingkat Ulrich)
Michael Armstrong, (2006), A Handbook Human Resources Management 10th eds, London: Kogan Page. (disingkat Armstrong)
Details ...
Mata kuliah seminar dan riset MSDM memberikan pemahaman dan pengetahuan melalui refleksi pengalaman dan observasi dalam teori sumber daya manusia (SDM) yang disosialisasikan melalui presentasi. Mahasiswa diberikan kemampuan identifikasi dan analisis masalah dan permasaahan dalam kasus-kasus di dunai nyata. Semuanya ini dimaksudkan agar mahasiswa mengalami perjalanan intelektual (intellectual journey) dan mampu merencanakan penelitian SDM yang memberi nilai tambah bagi individu dan inspirasi bagi perkembangan bisnis dan profesi SDM.
Untuk mendapatkan pemahaman dan pengetahuan digunakan telaah kritis situasi permasalahan dan teori secara kontekstual di bidang perbankan dan bisnis. Selanjutnya, mahasiswa mendisain riset penelitian menggunakan pendekatan metodologi penelitian yang diperlukan untuk pemecahan masalah maupun untuk tujuan akademik. Pendekatan yang digunakan berupa riset kuantitatif dan kualitatif serta pendekatan alternatif seperti mixed methode maupun soft systems methodology.
Dengan demikian mahasiswa memiliki kemampuan memberikan solusi alternatif yang dibutuhkan berdasarkan kerangka berpikir human capital management: struktur, fungsi, dan kompetensi.
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah Seminar dan Riset SDM, mahasiswa diharapkan mampu:
- Menjelaskan pengertian seminar, lokakarya, dan riset memahami riset empiris dalam SDM.
- Memahami masalah SDM secara akademik dan praktik.
- Mampu menyadari dan mengidentifikasi adanya masalah dan permasalahan.
- Mampu merumuskan masalah dan topik permasalahan.
- Mampu menganalisis dan menggunakan teori yang relevan dengan masalah dan permasalahan yang dibahas dan diteliti.
- Mampu menyusun kerangka berpikir sebagai nilai tambah.
- Mampu membuat hipotesis teori berdasarkan observasi dan refleksi dan pengalaman
- Mampu menentukan pendekatan metode penelitian sesuai karakteristik masalah/permasalahan
- Mendesain proposal penelitian kuantitatif dan kualitatif sesuai ketentuan panduan penyusunan skripsi di Perbanas Institute.
- Memilih dan menjelaskan objek/subjek penelitian.
- Membuat rencana pengumpulan dan analisis data penelitian
- Mempresentasikan proposal penelitian.
- Memperbaiki proposal penelitian
14. Membuat rencana dan jadwal penelitian
ReferencesOei, Istijanto. (2010). Riset Sumber Daya Manusia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. (Disingkat Oei)
Sudarsono Hardjosoekarto. (2012). Soft Systems Methodology, (Metodologi Serba Sistem Lunak). Jakarta: UI Press-Lab Sosio Pusat Kajian Sosiologi. (disingkat Hardjo)
Schmitt Klimoski, (1991) Research Methods in Human Resources Management, Ohio, South-Western Publishing & Co (disingkat Klimoski)
Checkland, Peter., & John Poulter, (2006), Learning for Action: A Short Definitive Account of Soft Systems Methodology and its use for Practitioners,Teachers, and Students. England: John Wiley & Sons Ltd. (disingkat Checkland)
Dave Ulrich dan Wayne Brockbank, Yon Younger, Mike Ulrich, (2013), Global HR Competency, New York: McGraw-Hill (disingkat Ulrich)
Michael Armstrong, (2006), A Handbook Human Resources Management 10th eds, London: Kogan Page. (disingkat Armstrong)
Details ...
Mata kuliah seminar dan riset MSDM memberikan pemahaman dan pengetahuan melalui refleksi pengalaman dan observasi dalam teori sumber daya manusia (SDM) yang disosialisasikan melalui presentasi. Mahasiswa diberikan kemampuan identifikasi dan analisis masalah dan permasaahan dalam kasus-kasus di dunai nyata. Semuanya ini dimaksudkan agar mahasiswa mengalami perjalanan intelektual (intellectual journey) dan mampu merencanakan penelitian SDM yang memberi nilai tambah bagi individu dan inspirasi bagi perkembangan bisnis dan profesi SDM.
Untuk mendapatkan pemahaman dan pengetahuan digunakan telaah kritis situasi permasalahan dan teori secara kontekstual di bidang perbankan dan bisnis. Selanjutnya, mahasiswa mendisain riset penelitian menggunakan pendekatan metodologi penelitian yang diperlukan untuk pemecahan masalah maupun untuk tujuan akademik. Pendekatan yang digunakan berupa riset kuantitatif dan kualitatif serta pendekatan alternatif seperti mixed methode maupun soft systems methodology.
Dengan demikian mahasiswa memiliki kemampuan memberikan solusi alternatif yang dibutuhkan berdasarkan kerangka berpikir human capital management: struktur, fungsi, dan kompetensi.
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah Seminar dan Riset SDM, mahasiswa diharapkan mampu:
- Menjelaskan pengertian seminar, lokakarya, dan riset memahami riset empiris dalam SDM.
- Memahami masalah SDM secara akademik dan praktik.
- Mampu menyadari dan mengidentifikasi adanya masalah dan permasalahan.
- Mampu merumuskan masalah dan topik permasalahan.
- Mampu menganalisis dan menggunakan teori yang relevan dengan masalah dan permasalahan yang dibahas dan diteliti.
- Mampu menyusun kerangka berpikir sebagai nilai tambah.
- Mampu membuat hipotesis teori berdasarkan observasi dan refleksi dan pengalaman
- Mampu menentukan pendekatan metode penelitian sesuai karakteristik masalah/permasalahan
- Mendesain proposal penelitian kuantitatif dan kualitatif sesuai ketentuan panduan penyusunan skripsi di Perbanas Institute.
- Memilih dan menjelaskan objek/subjek penelitian.
- Membuat rencana pengumpulan dan analisis data penelitian
- Mempresentasikan proposal penelitian.
- Memperbaiki proposal penelitian
14. Membuat rencana dan jadwal penelitian
ReferencesOei, Istijanto. (2010). Riset Sumber Daya Manusia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. (Disingkat Oei)
Sudarsono Hardjosoekarto. (2012). Soft Systems Methodology, (Metodologi Serba Sistem Lunak). Jakarta: UI Press-Lab Sosio Pusat Kajian Sosiologi. (disingkat Hardjo)
Schmitt Klimoski, (1991) Research Methods in Human Resources Management, Ohio, South-Western Publishing & Co (disingkat Klimoski)
Checkland, Peter., & John Poulter, (2006), Learning for Action: A Short Definitive Account of Soft Systems Methodology and its use for Practitioners,Teachers, and Students. England: John Wiley & Sons Ltd. (disingkat Checkland)
Dave Ulrich dan Wayne Brockbank, Yon Younger, Mike Ulrich, (2013), Global HR Competency, New York: McGraw-Hill (disingkat Ulrich)
Michael Armstrong, (2006), A Handbook Human Resources Management 10th eds, London: Kogan Page. (disingkat Armstrong)
Details ...
Mata kuliah seminar dan riset MSDM memberikan pemahaman dan pengetahuan melalui refleksi pengalaman dan observasi dalam teori sumber daya manusia (SDM) yang disosialisasikan melalui presentasi. Mahasiswa diberikan kemampuan identifikasi dan analisis masalah dan permasaahan dalam kasus-kasus di dunai nyata. Semuanya ini dimaksudkan agar mahasiswa mengalami perjalanan intelektual (intellectual journey) dan mampu merencanakan penelitian SDM yang memberi nilai tambah bagi individu dan inspirasi bagi perkembangan bisnis dan profesi SDM.
Learning Outcomes- Menjelaskan pengertian seminar, lokakarya, dan riset memahami riset empiris dalam SDM.
- Memahami masalah SDM secara akademik dan praktik.
- Mampu menyadari dan mengidentifikasi adanya masalah dan permasalahan.
- Mampu merumuskan masalah dan topik permasalahan.
- Mampu menganalisis dan menggunakan teori yang relevan dengan masalah dan permasalahan yang dibahas dan diteliti.
- Mampu menyusun kerangka berpikir sebagai nilai tambah.
- Mampu membuat hipotesis teori berdasarkan observasi dan refleksi dan pengalaman
- Mampu menentukan pendekatan metode penelitian sesuai karakteristik masalah/permasalahan
- Mendesain proposal penelitian kuantitatif dan kualitatif sesuai ketentuan panduan penyusunan skripsi di Perbanas Institute.
- Memilih dan menjelaskan objek/subjek penelitian.
- Membuat rencana pengumpulan dan analisis data penelitian
- Mempresentasikan proposal penelitian.
- Memperbaiki proposal penelitian
- Membuat rencana dan jadwal penelitian
References
Oei, Istijanto. (2010). Riset Sumber Daya Manusia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sudarsono Hardjosoekarto. (2012). Soft Systems Methodology, (Metodologi Serba Sistem Lunak). Jakarta: UI Press-Lab Sosio Pusat Kajian Sosiologi.
Schmitt Klimoski, (1991) Research Methods in Human Resources Management, Ohio, South-Western Publishing & Co
Checkland, Peter., & John Poulter, (2006), Learning for Action: A Short Definitive Account of Soft Systems Methodology and its use for Practitioners,Teachers, and Students. England: John Wiley & Sons Ltd.
Dave Ulrich dan Wayne Brockbank, Yon Younger, Mike Ulrich, (2013), Global HR Competency, New York: McGraw-Hill
Michael Armstrong, (2006), A Handbook Human Resources Management 10th eds, London: Kogan Page.
Details ...
Mata kuliah seminar dan riset MSDM memberikan pemahaman dan pengetahuan melalui refleksi pengalaman dan observasi dalam teori sumber daya manusia (SDM) yang disosialisasikan melalui presentasi. Mahasiswa diberikan kemampuan identifikasi dan analisis masalah dan permasaahan dalam kasus-kasus di dunai nyata. Semuanya ini dimaksudkan agar mahasiswa mengalami perjalanan intelektual (intellectual journey) dan mampu merencanakan penelitian SDM yang memberi nilai tambah bagi individu dan inspirasi bagi perkembangan bisnis dan profesi SDM.
Learning Outcomes- Menjelaskan pengertian seminar, lokakarya, dan riset memahami riset empiris dalam SDM.
- Memahami masalah SDM secara akademik dan praktik.
- Mampu menyadari dan mengidentifikasi adanya masalah dan permasalahan.
- Mampu merumuskan masalah dan topik permasalahan.
- Mampu menganalisis dan menggunakan teori yang relevan dengan masalah dan permasalahan yang dibahas dan diteliti.
- Mampu menyusun kerangka berpikir sebagai nilai tambah.
- Mampu membuat hipotesis teori berdasarkan observasi dan refleksi dan pengalaman
- Mampu menentukan pendekatan metode penelitian sesuai karakteristik masalah/permasalahan
- Mendesain proposal penelitian kuantitatif dan kualitatif sesuai ketentuan panduan penyusunan skripsi di Perbanas Institute.
- Memilih dan menjelaskan objek/subjek penelitian.
- Membuat rencana pengumpulan dan analisis data penelitian
- Mempresentasikan proposal penelitian.
- Memperbaiki proposal penelitian
- Membuat rencana dan jadwal penelitian
References
Oei, Istijanto. (2010). Riset Sumber Daya Manusia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sudarsono Hardjosoekarto. (2012). Soft Systems Methodology, (Metodologi Serba Sistem Lunak). Jakarta: UI Press-Lab Sosio Pusat Kajian Sosiologi.
Schmitt Klimoski, (1991) Research Methods in Human Resources Management, Ohio, South-Western Publishing & Co
Checkland, Peter., & John Poulter, (2006), Learning for Action: A Short Definitive Account of Soft Systems Methodology and its use for Practitioners,Teachers, and Students. England: John Wiley & Sons Ltd.
Dave Ulrich dan Wayne Brockbank, Yon Younger, Mike Ulrich, (2013), Global HR Competency, New York: McGraw-Hill
Michael Armstrong, (2006), A Handbook Human Resources Management 10th eds, London: Kogan Page.
Details ...
Mata kuliah seminar dan riset MSDM memberikan pemahaman dan pengetahuan melalui refleksi pengalaman dan observasi dalam teori sumber daya manusia (SDM) yang disosialisasikan melalui presentasi. Mahasiswa diberikan kemampuan identifikasi dan analisis masalah dan permasaahan dalam kasus-kasus di dunai nyata. Semuanya ini dimaksudkan agar mahasiswa mengalami perjalanan intelektual (intellectual journey) dan mampu merencanakan penelitian SDM yang memberi nilai tambah bagi individu dan inspirasi bagi perkembangan bisnis dan profesi SDM.
Learning Outcomes- Menjelaskan pengertian seminar, lokakarya, dan riset memahami riset empiris dalam SDM.
- Memahami masalah SDM secara akademik dan praktik.
- Mampu menyadari dan mengidentifikasi adanya masalah dan permasalahan.
- Mampu merumuskan masalah dan topik permasalahan.
- Mampu menganalisis dan menggunakan teori yang relevan dengan masalah dan permasalahan yang dibahas dan diteliti.
- Mampu menyusun kerangka berpikir sebagai nilai tambah.
- Mampu membuat hipotesis teori berdasarkan observasi dan refleksi dan pengalaman
- Mampu menentukan pendekatan metode penelitian sesuai karakteristik masalah/permasalahan
- Mendesain proposal penelitian kuantitatif dan kualitatif sesuai ketentuan panduan penyusunan skripsi di Perbanas Institute.
- Memilih dan menjelaskan objek/subjek penelitian.
- Membuat rencana pengumpulan dan analisis data penelitian
- Mempresentasikan proposal penelitian.
- Memperbaiki proposal penelitian
- Membuat rencana dan jadwal penelitian
References
Oei, Istijanto. (2010). Riset Sumber Daya Manusia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sudarsono Hardjosoekarto. (2012). Soft Systems Methodology, (Metodologi Serba Sistem Lunak). Jakarta: UI Press-Lab Sosio Pusat Kajian Sosiologi.
Schmitt Klimoski, (1991) Research Methods in Human Resources Management, Ohio, South-Western Publishing & Co
Checkland, Peter., & John Poulter, (2006), Learning for Action: A Short Definitive Account of Soft Systems Methodology and its use for Practitioners,Teachers, and Students. England: John Wiley & Sons Ltd.
Dave Ulrich dan Wayne Brockbank, Yon Younger, Mike Ulrich, (2013), Global HR Competency, New York: McGraw-Hill
Michael Armstrong, (2006), A Handbook Human Resources Management 10th eds, London: Kogan Page.
Details ...
Mata kuliah seminar MSDM memberikan pemahaman dan pengetahuan melalui refleksi pengalaman dan observasi dalam teori sumber daya manusia (SDM) yang disosialisasikan melalui presentasi. Mahasiswa diberikan kemampuan identifikasi dan analisis masalah dan permasaahan dalam kasus-kasus di dunai nyata. Semuanya ini dimaksudkan agar mahasiswa mengalami perjalanan intelektual (intellectual journey) dan mampu merencanakan penelitian SDM yang memberi nilai tambah bagi individu dan inspirasi bagi perkembangan bisnis dan profesi SDM. Untuk mendapatkan pemahaman dan pengetahuan digunakan telaah kritis situasi permasalahan dan teori secara kontekstual di bidang perbankan dan bisnis. Selanjutnya, mahasiswa mendisain riset penelitian menggunakan pendekatan metodologi penelitian yang diperlukan untuk pemecahan masalah maupun untuk tujuan akademik. Pendekatan yang digunakan berupa riset kuantitatif dan kualitatif serta pendekatan alternatif seperti mixed methode maupun soft systems methodology. Dengan demikian mahasiswa memiliki kemampuan memberikan solusi alternatif yang dibutuhkan berdasarkan kerangka berpikir human capital management: struktur, fungsi, dan kompetensi .
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah Seminar SDM, mahasiswa diharapkan mampu: 1. Menjelaskan pengertian seminar, lokakarya, dan riset memahami riset empiris dalam SDM. 2. Memahami masalah SDM secara akademik dan praktik. 3. Mampu menyadari dan mengidentifikasi adanya masalah dan permasalahan. 4. Mampu merumuskan masalah dan topik permasalahan. 5. Mampu menganalisis dan menggunakan teori yang relevan dengan masalah dan permasalahan yang dibahas dan diteliti. 6. Mampu menyusun kerangka berpikir sebagai nilai tambah. 7. Mampu membuat hipotesis teori berdasarkan observasi dan refleksi dan pengalaman 8. Mampu menentukan pendekatan metode penelitian sesuai karakteristik masalah/permasalahan 9. Mendesain proposal penelitian kuantitatif dan kualitatif sesuai ketentuan panduan penyusunan skripsi di Perbanas Institute. 10. Memilih dan menjelaskan objek/subjek penelitian 11. Membuat rencana pengumpulan dan analisis data penelitian 12. Mempresentasikan proposal penelitian. 13. Memperbaiki proposal penelitian 14. Membuat rencana dan jadwal penelitian
ReferencesCheckland, Peter., & John Poulter, (2006), Learning for Action: A Short Definitive Account of Soft Systems Methodology and its use for Practitioners,Teachers, and Students. England: John Wiley & Sons Ltd. (disingkat Checkland) 2. Dave Ulrich dan Wayne Brockbank, Yon Younger, Mike Ulrich, (2013), Global HR Competency, New York: McGraw-Hill (disingkat Ulrich)
Details ...