Seminar Manajemen SDM, Curriculum : 2016


Courser in EnglishSEMINAR OF HUMAN RESOURCE MANAGEMENT
ProgramManajemen
SKS2 SKS
RPS14 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata  kuliah  seminar  dan  riset  MSDM    memberikan  pemahaman  dan  pengetahuan melalui  refleksi pengalaman  dan  observasi  dalam  teori  sumber  daya  manusia  (SDM)  yang  disosialisasikan  melalui presentasi.  Mahasiswa  diberikan  kemampuan  identifikasi  dan  analisis  masalah  dan  permasaahan  dalam kasus-kasus di dunai nyata. Semuanya ini dimaksudkan agar mahasiswa mengalami perjalanan intelektual (intellectual  journey)  dan  mampu  merencanakan  penelitian  SDM  yang  memberi  nilai  tambah  bagi  individu dan inspirasi bagi perkembangan bisnis dan profesi SDM.

Untuk mendapatkan pemahaman dan pengetahuan digunakan telaah kritis situasi permasalahan dan teori secara  kontekstual  di  bidang  perbankan  dan  bisnis.  Selanjutnya, mahasiswa mendisain riset penelitian menggunakan  pendekatan  metodologi  penelitian  yang  diperlukan  untuk  pemecahan  masalah  maupun untuk tujuan akademik.  Pendekatan  yang digunakan berupa riset kuantitatif dan kualitatif serta pendekatan alternatif seperti mixed methode maupun soft systems methodology.

Dengan  demikian  mahasiswa  memiliki  kemampuan  memberikan  solusi  alternatif  yang  dibutuhkan berdasarkan kerangka berpikir human capital management: struktur, fungsi, dan kompetensi.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah Seminar dan Riset SDM, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Menjelaskan pengertian seminar, lokakarya, dan riset memahami riset empiris dalam SDM.
  2. Memahami masalah SDM secara akademik dan praktik.
  3. Mampu menyadari dan mengidentifikasi adanya masalah dan permasalahan.
  4. Mampu merumuskan masalah dan topik permasalahan.
  5. Mampu menganalisis  dan menggunakan  teori  yang  relevan  dengan masalah  dan  permasalahan yang dibahas dan diteliti.
  6. Mampu menyusun kerangka berpikir sebagai nilai tambah.
  7. Mampu membuat hipotesis teori berdasarkan observasi dan refleksi dan pengalaman
  8. Mampu menentukan pendekatan metode penelitian sesuai karakteristik masalah/permasalahan
  9. Mendesain  proposal  penelitian  kuantitatif  dan  kualitatif  sesuai  ketentuan  panduan  penyusunan skripsi di Perbanas Institute.
  10. Memilih dan menjelaskan objek/subjek penelitian.
  11. Membuat rencana pengumpulan dan analisis data penelitian
  12. Mempresentasikan proposal penelitian.
  13. Memperbaiki proposal penelitian

14. Membuat rencana dan jadwal penelitian

References

Oei,  Istijanto.  (2010).  Riset  Sumber  Daya  Manusia,  Jakarta:  Gramedia  Pustaka  Utama. (Disingkat Oei)

Sudarsono  Hardjosoekarto.  (2012).  Soft  Systems  Methodology,  (Metodologi  Serba Sistem Lunak). Jakarta: UI Press-Lab Sosio Pusat Kajian Sosiologi. (disingkat Hardjo)

Schmitt  Klimoski,  (1991)  Research  Methods  in  Human  Resources  Management,  Ohio,  South-Western Publishing & Co (disingkat Klimoski)

Checkland, Peter., & John Poulter, (2006), Learning for Action: A Short Definitive  Account of Soft Systems Methodology and its use for Practitioners,Teachers, and Students. England: John Wiley & Sons Ltd. (disingkat Checkland)

Dave Ulrich dan Wayne Brockbank, Yon Younger, Mike Ulrich, (2013), Global HR Competency, New York: McGraw-Hill (disingkat Ulrich)

Michael Armstrong, (2006),  A Handbook Human Resources Management 10th eds, London: Kogan Page. (disingkat Armstrong)


Details ...
Course Descriptions

Mata  kuliah  seminar  dan  riset  MSDM    memberikan  pemahaman  dan  pengetahuan melalui  refleksi pengalaman  dan  observasi  dalam  teori  sumber  daya  manusia  (SDM)  yang  disosialisasikan  melalui presentasi.  Mahasiswa  diberikan  kemampuan  identifikasi  dan  analisis  masalah  dan  permasaahan  dalam kasus-kasus di dunai nyata. Semuanya ini dimaksudkan agar mahasiswa mengalami perjalanan intelektual (intellectual  journey)  dan  mampu  merencanakan  penelitian  SDM  yang  memberi  nilai  tambah  bagi  individu dan inspirasi bagi perkembangan bisnis dan profesi SDM.

Untuk mendapatkan pemahaman dan pengetahuan digunakan telaah kritis situasi permasalahan dan teori secara  kontekstual  di  bidang  perbankan  dan  bisnis.  Selanjutnya, mahasiswa mendisain riset penelitian menggunakan  pendekatan  metodologi  penelitian  yang  diperlukan  untuk  pemecahan  masalah  maupun untuk tujuan akademik.  Pendekatan  yang digunakan berupa riset kuantitatif dan kualitatif serta pendekatan alternatif seperti mixed methode maupun soft systems methodology.

Dengan  demikian  mahasiswa  memiliki  kemampuan  memberikan  solusi  alternatif  yang  dibutuhkan berdasarkan kerangka berpikir human capital management: struktur, fungsi, dan kompetensi.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah Seminar dan Riset SDM, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Menjelaskan pengertian seminar, lokakarya, dan riset memahami riset empiris dalam SDM.
  2. Memahami masalah SDM secara akademik dan praktik.
  3. Mampu menyadari dan mengidentifikasi adanya masalah dan permasalahan.
  4. Mampu merumuskan masalah dan topik permasalahan.
  5. Mampu menganalisis  dan menggunakan  teori  yang  relevan  dengan masalah  dan  permasalahan yang dibahas dan diteliti.
  6. Mampu menyusun kerangka berpikir sebagai nilai tambah.
  7. Mampu membuat hipotesis teori berdasarkan observasi dan refleksi dan pengalaman
  8. Mampu menentukan pendekatan metode penelitian sesuai karakteristik masalah/permasalahan
  9. Mendesain  proposal  penelitian  kuantitatif  dan  kualitatif  sesuai  ketentuan  panduan  penyusunan skripsi di Perbanas Institute.
  10. Memilih dan menjelaskan objek/subjek penelitian.
  11. Membuat rencana pengumpulan dan analisis data penelitian
  12. Mempresentasikan proposal penelitian.
  13. Memperbaiki proposal penelitian

14. Membuat rencana dan jadwal penelitian

References

Oei,  Istijanto.  (2010).  Riset  Sumber  Daya  Manusia,  Jakarta:  Gramedia  Pustaka  Utama. (Disingkat Oei)

Sudarsono  Hardjosoekarto.  (2012).  Soft  Systems  Methodology,  (Metodologi  Serba Sistem Lunak). Jakarta: UI Press-Lab Sosio Pusat Kajian Sosiologi. (disingkat Hardjo)

Schmitt  Klimoski,  (1991)  Research  Methods  in  Human  Resources  Management,  Ohio,  South-Western Publishing & Co (disingkat Klimoski)

Checkland, Peter., & John Poulter, (2006), Learning for Action: A Short Definitive  Account of Soft Systems Methodology and its use for Practitioners,Teachers, and Students. England: John Wiley & Sons Ltd. (disingkat Checkland)

Dave Ulrich dan Wayne Brockbank, Yon Younger, Mike Ulrich, (2013), Global HR Competency, New York: McGraw-Hill (disingkat Ulrich)

Michael Armstrong, (2006),  A Handbook Human Resources Management 10th eds, London: Kogan Page. (disingkat Armstrong)


Details ...
Course Descriptions

Mata  kuliah  seminar  dan  riset  MSDM    memberikan  pemahaman  dan  pengetahuan melalui  refleksi pengalaman  dan  observasi  dalam  teori  sumber  daya  manusia  (SDM)  yang  disosialisasikan  melalui presentasi.  Mahasiswa  diberikan  kemampuan  identifikasi  dan  analisis  masalah  dan  permasaahan  dalam kasus-kasus di dunai nyata. Semuanya ini dimaksudkan agar mahasiswa mengalami perjalanan intelektual (intellectual  journey)  dan  mampu  merencanakan  penelitian  SDM  yang  memberi  nilai  tambah  bagi  individu dan inspirasi bagi perkembangan bisnis dan profesi SDM.

Untuk mendapatkan pemahaman dan pengetahuan digunakan telaah kritis situasi permasalahan dan teori secara  kontekstual  di  bidang  perbankan  dan  bisnis.  Selanjutnya, mahasiswa mendisain riset penelitian menggunakan  pendekatan  metodologi  penelitian  yang  diperlukan  untuk  pemecahan  masalah  maupun untuk tujuan akademik.  Pendekatan  yang digunakan berupa riset kuantitatif dan kualitatif serta pendekatan alternatif seperti mixed methode maupun soft systems methodology.

Dengan  demikian  mahasiswa  memiliki  kemampuan  memberikan  solusi  alternatif  yang  dibutuhkan berdasarkan kerangka berpikir human capital management: struktur, fungsi, dan kompetensi.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah Seminar dan Riset SDM, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Menjelaskan pengertian seminar, lokakarya, dan riset memahami riset empiris dalam SDM.
  2. Memahami masalah SDM secara akademik dan praktik.
  3. Mampu menyadari dan mengidentifikasi adanya masalah dan permasalahan.
  4. Mampu merumuskan masalah dan topik permasalahan.
  5. Mampu menganalisis  dan menggunakan  teori  yang  relevan  dengan masalah  dan  permasalahan yang dibahas dan diteliti.
  6. Mampu menyusun kerangka berpikir sebagai nilai tambah.
  7. Mampu membuat hipotesis teori berdasarkan observasi dan refleksi dan pengalaman
  8. Mampu menentukan pendekatan metode penelitian sesuai karakteristik masalah/permasalahan
  9. Mendesain  proposal  penelitian  kuantitatif  dan  kualitatif  sesuai  ketentuan  panduan  penyusunan skripsi di Perbanas Institute.
  10. Memilih dan menjelaskan objek/subjek penelitian.
  11. Membuat rencana pengumpulan dan analisis data penelitian
  12. Mempresentasikan proposal penelitian.
  13. Memperbaiki proposal penelitian

14. Membuat rencana dan jadwal penelitian

References

Oei,  Istijanto.  (2010).  Riset  Sumber  Daya  Manusia,  Jakarta:  Gramedia  Pustaka  Utama. (Disingkat Oei)

Sudarsono  Hardjosoekarto.  (2012).  Soft  Systems  Methodology,  (Metodologi  Serba Sistem Lunak). Jakarta: UI Press-Lab Sosio Pusat Kajian Sosiologi. (disingkat Hardjo)

Schmitt  Klimoski,  (1991)  Research  Methods  in  Human  Resources  Management,  Ohio,  South-Western Publishing & Co (disingkat Klimoski)

Checkland, Peter., & John Poulter, (2006), Learning for Action: A Short Definitive  Account of Soft Systems Methodology and its use for Practitioners,Teachers, and Students. England: John Wiley & Sons Ltd. (disingkat Checkland)

Dave Ulrich dan Wayne Brockbank, Yon Younger, Mike Ulrich, (2013), Global HR Competency, New York: McGraw-Hill (disingkat Ulrich)

Michael Armstrong, (2006),  A Handbook Human Resources Management 10th eds, London: Kogan Page. (disingkat Armstrong)


Details ...
Course Descriptions

Mata  kuliah  seminar  dan  riset  MSDM    memberikan  pemahaman  dan  pengetahuan melalui  refleksi pengalaman  dan  observasi  dalam  teori  sumber  daya  manusia  (SDM)  yang  disosialisasikan  melalui presentasi.  Mahasiswa  diberikan  kemampuan  identifikasi  dan  analisis  masalah  dan  permasaahan  dalam kasus-kasus di dunai nyata. Semuanya ini dimaksudkan agar mahasiswa mengalami perjalanan intelektual (intellectual  journey)  dan  mampu  merencanakan  penelitian  SDM  yang  memberi  nilai  tambah  bagi  individu dan inspirasi bagi perkembangan bisnis dan profesi SDM.

Untuk mendapatkan pemahaman dan pengetahuan digunakan telaah kritis situasi permasalahan dan teori secara  kontekstual  di  bidang  perbankan  dan  bisnis.  Selanjutnya, mahasiswa mendisain riset penelitian menggunakan  pendekatan  metodologi  penelitian  yang  diperlukan  untuk  pemecahan  masalah  maupun untuk tujuan akademik.  Pendekatan  yang digunakan berupa riset kuantitatif dan kualitatif serta pendekatan alternatif seperti mixed methode maupun soft systems methodology.

Dengan  demikian  mahasiswa  memiliki  kemampuan  memberikan  solusi  alternatif  yang  dibutuhkan berdasarkan kerangka berpikir human capital management: struktur, fungsi, dan kompetensi.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah Seminar dan Riset SDM, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Menjelaskan pengertian seminar, lokakarya, dan riset memahami riset empiris dalam SDM.
  2. Memahami masalah SDM secara akademik dan praktik.
  3. Mampu menyadari dan mengidentifikasi adanya masalah dan permasalahan.
  4. Mampu merumuskan masalah dan topik permasalahan.
  5. Mampu menganalisis  dan menggunakan  teori  yang  relevan  dengan masalah  dan  permasalahan yang dibahas dan diteliti.
  6. Mampu menyusun kerangka berpikir sebagai nilai tambah.
  7. Mampu membuat hipotesis teori berdasarkan observasi dan refleksi dan pengalaman
  8. Mampu menentukan pendekatan metode penelitian sesuai karakteristik masalah/permasalahan
  9. Mendesain  proposal  penelitian  kuantitatif  dan  kualitatif  sesuai  ketentuan  panduan  penyusunan skripsi di Perbanas Institute.
  10. Memilih dan menjelaskan objek/subjek penelitian.
  11. Membuat rencana pengumpulan dan analisis data penelitian
  12. Mempresentasikan proposal penelitian.
  13. Memperbaiki proposal penelitian

14. Membuat rencana dan jadwal penelitian

References

Oei,  Istijanto.  (2010).  Riset  Sumber  Daya  Manusia,  Jakarta:  Gramedia  Pustaka  Utama. (Disingkat Oei)

Sudarsono  Hardjosoekarto.  (2012).  Soft  Systems  Methodology,  (Metodologi  Serba Sistem Lunak). Jakarta: UI Press-Lab Sosio Pusat Kajian Sosiologi. (disingkat Hardjo)

Schmitt  Klimoski,  (1991)  Research  Methods  in  Human  Resources  Management,  Ohio,  South-Western Publishing & Co (disingkat Klimoski)

Checkland, Peter., & John Poulter, (2006), Learning for Action: A Short Definitive  Account of Soft Systems Methodology and its use for Practitioners,Teachers, and Students. England: John Wiley & Sons Ltd. (disingkat Checkland)

Dave Ulrich dan Wayne Brockbank, Yon Younger, Mike Ulrich, (2013), Global HR Competency, New York: McGraw-Hill (disingkat Ulrich)

Michael Armstrong, (2006),  A Handbook Human Resources Management 10th eds, London: Kogan Page. (disingkat Armstrong)


Details ...
Course Descriptions

Mata  kuliah  seminar  dan  riset  MSDM    memberikan  pemahaman  dan  pengetahuan melalui  refleksi pengalaman  dan  observasi  dalam  teori  sumber  daya  manusia  (SDM)  yang  disosialisasikan  melalui presentasi.  Mahasiswa  diberikan  kemampuan  identifikasi  dan  analisis  masalah  dan  permasaahan  dalam kasus-kasus di dunai nyata. Semuanya ini dimaksudkan agar mahasiswa mengalami perjalanan intelektual (intellectual  journey)  dan  mampu  merencanakan  penelitian  SDM  yang  memberi  nilai  tambah  bagi  individu dan inspirasi bagi perkembangan bisnis dan profesi SDM.

Untuk mendapatkan pemahaman dan pengetahuan digunakan telaah kritis situasi permasalahan dan teori secara  kontekstual  di  bidang  perbankan  dan  bisnis.  Selanjutnya, mahasiswa mendisain riset penelitian menggunakan  pendekatan  metodologi  penelitian  yang  diperlukan  untuk  pemecahan  masalah  maupun untuk tujuan akademik.  Pendekatan  yang digunakan berupa riset kuantitatif dan kualitatif serta pendekatan alternatif seperti mixed methode maupun soft systems methodology.

Dengan  demikian  mahasiswa  memiliki  kemampuan  memberikan  solusi  alternatif  yang  dibutuhkan berdasarkan kerangka berpikir human capital management: struktur, fungsi, dan kompetensi.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah Seminar dan Riset SDM, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Menjelaskan pengertian seminar, lokakarya, dan riset memahami riset empiris dalam SDM.
  2. Memahami masalah SDM secara akademik dan praktik.
  3. Mampu menyadari dan mengidentifikasi adanya masalah dan permasalahan.
  4. Mampu merumuskan masalah dan topik permasalahan.
  5. Mampu menganalisis  dan menggunakan  teori  yang  relevan  dengan masalah  dan  permasalahan yang dibahas dan diteliti.
  6. Mampu menyusun kerangka berpikir sebagai nilai tambah.
  7. Mampu membuat hipotesis teori berdasarkan observasi dan refleksi dan pengalaman
  8. Mampu menentukan pendekatan metode penelitian sesuai karakteristik masalah/permasalahan
  9. Mendesain  proposal  penelitian  kuantitatif  dan  kualitatif  sesuai  ketentuan  panduan  penyusunan skripsi di Perbanas Institute.
  10. Memilih dan menjelaskan objek/subjek penelitian.
  11. Membuat rencana pengumpulan dan analisis data penelitian
  12. Mempresentasikan proposal penelitian.
  13. Memperbaiki proposal penelitian

14. Membuat rencana dan jadwal penelitian

References

Oei,  Istijanto.  (2010).  Riset  Sumber  Daya  Manusia,  Jakarta:  Gramedia  Pustaka  Utama. (Disingkat Oei)

Sudarsono  Hardjosoekarto.  (2012).  Soft  Systems  Methodology,  (Metodologi  Serba Sistem Lunak). Jakarta: UI Press-Lab Sosio Pusat Kajian Sosiologi. (disingkat Hardjo)

Schmitt  Klimoski,  (1991)  Research  Methods  in  Human  Resources  Management,  Ohio,  South-Western Publishing & Co (disingkat Klimoski)

Checkland, Peter., & John Poulter, (2006), Learning for Action: A Short Definitive  Account of Soft Systems Methodology and its use for Practitioners,Teachers, and Students. England: John Wiley & Sons Ltd. (disingkat Checkland)

Dave Ulrich dan Wayne Brockbank, Yon Younger, Mike Ulrich, (2013), Global HR Competency, New York: McGraw-Hill (disingkat Ulrich)

Michael Armstrong, (2006),  A Handbook Human Resources Management 10th eds, London: Kogan Page. (disingkat Armstrong)


Details ...
Course Descriptions

Mata  kuliah  seminar  dan  riset  MSDM    memberikan  pemahaman  dan  pengetahuan melalui  refleksi pengalaman  dan  observasi  dalam  teori  sumber  daya  manusia  (SDM)  yang  disosialisasikan  melalui presentasi.  Mahasiswa  diberikan  kemampuan  identifikasi  dan  analisis  masalah  dan  permasaahan  dalam kasus-kasus di dunai nyata. Semuanya ini dimaksudkan agar mahasiswa mengalami perjalanan intelektual (intellectual  journey)  dan  mampu  merencanakan  penelitian  SDM  yang  memberi  nilai  tambah  bagi  individu dan inspirasi bagi perkembangan bisnis dan profesi SDM.

Untuk mendapatkan pemahaman dan pengetahuan digunakan telaah kritis situasi permasalahan dan teori secara  kontekstual  di  bidang  perbankan  dan  bisnis.  Selanjutnya, mahasiswa mendisain riset penelitian menggunakan  pendekatan  metodologi  penelitian  yang  diperlukan  untuk  pemecahan  masalah  maupun untuk tujuan akademik.  Pendekatan  yang digunakan berupa riset kuantitatif dan kualitatif serta pendekatan alternatif seperti mixed methode maupun soft systems methodology.

Dengan  demikian  mahasiswa  memiliki  kemampuan  memberikan  solusi  alternatif  yang  dibutuhkan berdasarkan kerangka berpikir human capital management: struktur, fungsi, dan kompetensi.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah Seminar dan Riset SDM, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Menjelaskan pengertian seminar, lokakarya, dan riset memahami riset empiris dalam SDM.
  2. Memahami masalah SDM secara akademik dan praktik.
  3. Mampu menyadari dan mengidentifikasi adanya masalah dan permasalahan.
  4. Mampu merumuskan masalah dan topik permasalahan.
  5. Mampu menganalisis  dan menggunakan  teori  yang  relevan  dengan masalah  dan  permasalahan yang dibahas dan diteliti.
  6. Mampu menyusun kerangka berpikir sebagai nilai tambah.
  7. Mampu membuat hipotesis teori berdasarkan observasi dan refleksi dan pengalaman
  8. Mampu menentukan pendekatan metode penelitian sesuai karakteristik masalah/permasalahan
  9. Mendesain  proposal  penelitian  kuantitatif  dan  kualitatif  sesuai  ketentuan  panduan  penyusunan skripsi di Perbanas Institute.
  10. Memilih dan menjelaskan objek/subjek penelitian.
  11. Membuat rencana pengumpulan dan analisis data penelitian
  12. Mempresentasikan proposal penelitian.
  13. Memperbaiki proposal penelitian

14. Membuat rencana dan jadwal penelitian

References

Oei,  Istijanto.  (2010).  Riset  Sumber  Daya  Manusia,  Jakarta:  Gramedia  Pustaka  Utama. (Disingkat Oei)

Sudarsono  Hardjosoekarto.  (2012).  Soft  Systems  Methodology,  (Metodologi  Serba Sistem Lunak). Jakarta: UI Press-Lab Sosio Pusat Kajian Sosiologi. (disingkat Hardjo)

Schmitt  Klimoski,  (1991)  Research  Methods  in  Human  Resources  Management,  Ohio,  South-Western Publishing & Co (disingkat Klimoski)

Checkland, Peter., & John Poulter, (2006), Learning for Action: A Short Definitive  Account of Soft Systems Methodology and its use for Practitioners,Teachers, and Students. England: John Wiley & Sons Ltd. (disingkat Checkland)

Dave Ulrich dan Wayne Brockbank, Yon Younger, Mike Ulrich, (2013), Global HR Competency, New York: McGraw-Hill (disingkat Ulrich)

Michael Armstrong, (2006),  A Handbook Human Resources Management 10th eds, London: Kogan Page. (disingkat Armstrong)


Details ...
Course Descriptions

Mata  kuliah  seminar  dan  riset  MSDM    memberikan  pemahaman  dan  pengetahuan melalui  refleksi pengalaman  dan  observasi  dalam  teori  sumber  daya  manusia  (SDM)  yang  disosialisasikan  melalui presentasi.  Mahasiswa  diberikan  kemampuan  identifikasi  dan  analisis  masalah  dan  permasaahan  dalam kasus-kasus di dunai nyata. Semuanya ini dimaksudkan agar mahasiswa mengalami perjalanan intelektual (intellectual  journey)  dan  mampu  merencanakan  penelitian  SDM  yang  memberi  nilai  tambah  bagi  individu dan inspirasi bagi perkembangan bisnis dan profesi SDM.

Untuk mendapatkan pemahaman dan pengetahuan digunakan telaah kritis situasi permasalahan dan teori secara  kontekstual  di  bidang  perbankan  dan  bisnis.  Selanjutnya, mahasiswa mendisain riset penelitian menggunakan  pendekatan  metodologi  penelitian  yang  diperlukan  untuk  pemecahan  masalah  maupun untuk tujuan akademik.  Pendekatan  yang digunakan berupa riset kuantitatif dan kualitatif serta pendekatan alternatif seperti mixed methode maupun soft systems methodology.

Dengan  demikian  mahasiswa  memiliki  kemampuan  memberikan  solusi  alternatif  yang  dibutuhkan berdasarkan kerangka berpikir human capital management: struktur, fungsi, dan kompetensi.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah Seminar dan Riset SDM, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Menjelaskan pengertian seminar, lokakarya, dan riset memahami riset empiris dalam SDM.
  2. Memahami masalah SDM secara akademik dan praktik.
  3. Mampu menyadari dan mengidentifikasi adanya masalah dan permasalahan.
  4. Mampu merumuskan masalah dan topik permasalahan.
  5. Mampu menganalisis  dan menggunakan  teori  yang  relevan  dengan masalah  dan  permasalahan yang dibahas dan diteliti.
  6. Mampu menyusun kerangka berpikir sebagai nilai tambah.
  7. Mampu membuat hipotesis teori berdasarkan observasi dan refleksi dan pengalaman
  8. Mampu menentukan pendekatan metode penelitian sesuai karakteristik masalah/permasalahan
  9. Mendesain  proposal  penelitian  kuantitatif  dan  kualitatif  sesuai  ketentuan  panduan  penyusunan skripsi di Perbanas Institute.
  10. Memilih dan menjelaskan objek/subjek penelitian.
  11. Membuat rencana pengumpulan dan analisis data penelitian
  12. Mempresentasikan proposal penelitian.
  13. Memperbaiki proposal penelitian

14. Membuat rencana dan jadwal penelitian

References

Oei,  Istijanto.  (2010).  Riset  Sumber  Daya  Manusia,  Jakarta:  Gramedia  Pustaka  Utama. (Disingkat Oei)

Sudarsono  Hardjosoekarto.  (2012).  Soft  Systems  Methodology,  (Metodologi  Serba Sistem Lunak). Jakarta: UI Press-Lab Sosio Pusat Kajian Sosiologi. (disingkat Hardjo)

Schmitt  Klimoski,  (1991)  Research  Methods  in  Human  Resources  Management,  Ohio,  South-Western Publishing & Co (disingkat Klimoski)

Checkland, Peter., & John Poulter, (2006), Learning for Action: A Short Definitive  Account of Soft Systems Methodology and its use for Practitioners,Teachers, and Students. England: John Wiley & Sons Ltd. (disingkat Checkland)

Dave Ulrich dan Wayne Brockbank, Yon Younger, Mike Ulrich, (2013), Global HR Competency, New York: McGraw-Hill (disingkat Ulrich)

Michael Armstrong, (2006),  A Handbook Human Resources Management 10th eds, London: Kogan Page. (disingkat Armstrong)


Details ...
Course Descriptions

Mata  kuliah  seminar  dan  riset  MSDM    memberikan  pemahaman  dan  pengetahuan melalui  refleksi pengalaman  dan  observasi  dalam  teori  sumber  daya  manusia  (SDM)  yang  disosialisasikan  melalui presentasi.  Mahasiswa  diberikan  kemampuan  identifikasi  dan  analisis  masalah  dan  permasaahan  dalam kasus-kasus di dunai nyata. Semuanya ini dimaksudkan agar mahasiswa mengalami perjalanan intelektual (intellectual  journey)  dan  mampu  merencanakan  penelitian  SDM  yang  memberi  nilai  tambah  bagi  individu dan inspirasi bagi perkembangan bisnis dan profesi SDM.

Untuk mendapatkan pemahaman dan pengetahuan digunakan telaah kritis situasi permasalahan dan teori secara  kontekstual  di  bidang  perbankan  dan  bisnis.  Selanjutnya, mahasiswa mendisain riset penelitian menggunakan  pendekatan  metodologi  penelitian  yang  diperlukan  untuk  pemecahan  masalah  maupun untuk tujuan akademik.  Pendekatan  yang digunakan berupa riset kuantitatif dan kualitatif serta pendekatan alternatif seperti mixed methode maupun soft systems methodology.

Dengan  demikian  mahasiswa  memiliki  kemampuan  memberikan  solusi  alternatif  yang  dibutuhkan berdasarkan kerangka berpikir human capital management: struktur, fungsi, dan kompetensi.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah Seminar dan Riset SDM, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Menjelaskan pengertian seminar, lokakarya, dan riset memahami riset empiris dalam SDM.
  2. Memahami masalah SDM secara akademik dan praktik.
  3. Mampu menyadari dan mengidentifikasi adanya masalah dan permasalahan.
  4. Mampu merumuskan masalah dan topik permasalahan.
  5. Mampu menganalisis  dan menggunakan  teori  yang  relevan  dengan masalah  dan  permasalahan yang dibahas dan diteliti.
  6. Mampu menyusun kerangka berpikir sebagai nilai tambah.
  7. Mampu membuat hipotesis teori berdasarkan observasi dan refleksi dan pengalaman
  8. Mampu menentukan pendekatan metode penelitian sesuai karakteristik masalah/permasalahan
  9. Mendesain  proposal  penelitian  kuantitatif  dan  kualitatif  sesuai  ketentuan  panduan  penyusunan skripsi di Perbanas Institute.
  10. Memilih dan menjelaskan objek/subjek penelitian.
  11. Membuat rencana pengumpulan dan analisis data penelitian
  12. Mempresentasikan proposal penelitian.
  13. Memperbaiki proposal penelitian

14. Membuat rencana dan jadwal penelitian

References

Oei,  Istijanto.  (2010).  Riset  Sumber  Daya  Manusia,  Jakarta:  Gramedia  Pustaka  Utama. (Disingkat Oei)

Sudarsono  Hardjosoekarto.  (2012).  Soft  Systems  Methodology,  (Metodologi  Serba Sistem Lunak). Jakarta: UI Press-Lab Sosio Pusat Kajian Sosiologi. (disingkat Hardjo)

Schmitt  Klimoski,  (1991)  Research  Methods  in  Human  Resources  Management,  Ohio,  South-Western Publishing & Co (disingkat Klimoski)

Checkland, Peter., & John Poulter, (2006), Learning for Action: A Short Definitive  Account of Soft Systems Methodology and its use for Practitioners,Teachers, and Students. England: John Wiley & Sons Ltd. (disingkat Checkland)

Dave Ulrich dan Wayne Brockbank, Yon Younger, Mike Ulrich, (2013), Global HR Competency, New York: McGraw-Hill (disingkat Ulrich)

Michael Armstrong, (2006),  A Handbook Human Resources Management 10th eds, London: Kogan Page. (disingkat Armstrong)


Details ...
Course Descriptions

Mata  kuliah  seminar  dan  riset  MSDM    memberikan  pemahaman  dan  pengetahuan melalui  refleksi pengalaman  dan  observasi  dalam  teori  sumber  daya  manusia  (SDM)  yang  disosialisasikan  melalui presentasi.  Mahasiswa  diberikan  kemampuan  identifikasi  dan  analisis  masalah  dan  permasaahan  dalam kasus-kasus di dunai nyata. Semuanya ini dimaksudkan agar mahasiswa mengalami perjalanan intelektual (intellectual  journey)  dan  mampu  merencanakan  penelitian  SDM  yang  memberi  nilai  tambah  bagi  individu dan inspirasi bagi perkembangan bisnis dan profesi SDM.

Learning Outcomes

  1. Menjelaskan pengertian seminar, lokakarya, dan riset memahami riset empiris dalam SDM.
  2. Memahami masalah SDM secara akademik dan praktik.
  3. Mampu menyadari dan mengidentifikasi adanya masalah dan permasalahan.
  4. Mampu merumuskan masalah dan topik permasalahan.
  5. Mampu menganalisis  dan menggunakan  teori  yang  relevan  dengan masalah  dan  permasalahan yang dibahas dan diteliti.
  6. Mampu menyusun kerangka berpikir sebagai nilai tambah.
  7. Mampu membuat hipotesis teori berdasarkan observasi dan refleksi dan pengalaman
  8. Mampu menentukan pendekatan metode penelitian sesuai karakteristik masalah/permasalahan
  9. Mendesain  proposal  penelitian  kuantitatif  dan  kualitatif  sesuai  ketentuan  panduan  penyusunan skripsi di Perbanas Institute.
  10. Memilih dan menjelaskan objek/subjek penelitian.
  11. Membuat rencana pengumpulan dan analisis data penelitian
  12. Mempresentasikan proposal penelitian.
  13. Memperbaiki proposal penelitian
  14. Membuat rencana dan jadwal penelitian

 

References

Oei,  Istijanto.  (2010).  Riset  Sumber  Daya  Manusia,  Jakarta:  Gramedia  Pustaka  Utama.

Sudarsono  Hardjosoekarto.  (2012).  Soft  Systems  Methodology,  (Metodologi  Serba Sistem Lunak). Jakarta: UI Press-Lab Sosio Pusat Kajian Sosiologi.

Schmitt  Klimoski,  (1991)  Research  Methods  in  Human  Resources  Management,  Ohio,  South-Western Publishing & Co

Checkland, Peter., & John Poulter, (2006), Learning for Action: A Short Definitive  Account of Soft Systems Methodology and its use for Practitioners,Teachers, and Students. England: John Wiley & Sons Ltd.

Dave Ulrich dan Wayne Brockbank, Yon Younger, Mike Ulrich, (2013), Global HR Competency, New York: McGraw-Hill

Michael Armstrong, (2006),  A Handbook Human Resources Management 10th eds, London: Kogan Page.


Details ...
Course Descriptions

Mata  kuliah  seminar  dan  riset  MSDM    memberikan  pemahaman  dan  pengetahuan melalui  refleksi pengalaman  dan  observasi  dalam  teori  sumber  daya  manusia  (SDM)  yang  disosialisasikan  melalui presentasi.  Mahasiswa  diberikan  kemampuan  identifikasi  dan  analisis  masalah  dan  permasaahan  dalam kasus-kasus di dunai nyata. Semuanya ini dimaksudkan agar mahasiswa mengalami perjalanan intelektual (intellectual  journey)  dan  mampu  merencanakan  penelitian  SDM  yang  memberi  nilai  tambah  bagi  individu dan inspirasi bagi perkembangan bisnis dan profesi SDM.

Learning Outcomes

  1. Menjelaskan pengertian seminar, lokakarya, dan riset memahami riset empiris dalam SDM.
  2. Memahami masalah SDM secara akademik dan praktik.
  3. Mampu menyadari dan mengidentifikasi adanya masalah dan permasalahan.
  4. Mampu merumuskan masalah dan topik permasalahan.
  5. Mampu menganalisis  dan menggunakan  teori  yang  relevan  dengan masalah  dan  permasalahan yang dibahas dan diteliti.
  6. Mampu menyusun kerangka berpikir sebagai nilai tambah.
  7. Mampu membuat hipotesis teori berdasarkan observasi dan refleksi dan pengalaman
  8. Mampu menentukan pendekatan metode penelitian sesuai karakteristik masalah/permasalahan
  9. Mendesain  proposal  penelitian  kuantitatif  dan  kualitatif  sesuai  ketentuan  panduan  penyusunan skripsi di Perbanas Institute.
  10. Memilih dan menjelaskan objek/subjek penelitian.
  11. Membuat rencana pengumpulan dan analisis data penelitian
  12. Mempresentasikan proposal penelitian.
  13. Memperbaiki proposal penelitian
  14. Membuat rencana dan jadwal penelitian

 

References

Oei,  Istijanto.  (2010).  Riset  Sumber  Daya  Manusia,  Jakarta:  Gramedia  Pustaka  Utama.

Sudarsono  Hardjosoekarto.  (2012).  Soft  Systems  Methodology,  (Metodologi  Serba Sistem Lunak). Jakarta: UI Press-Lab Sosio Pusat Kajian Sosiologi.

Schmitt  Klimoski,  (1991)  Research  Methods  in  Human  Resources  Management,  Ohio,  South-Western Publishing & Co

Checkland, Peter., & John Poulter, (2006), Learning for Action: A Short Definitive  Account of Soft Systems Methodology and its use for Practitioners,Teachers, and Students. England: John Wiley & Sons Ltd.

Dave Ulrich dan Wayne Brockbank, Yon Younger, Mike Ulrich, (2013), Global HR Competency, New York: McGraw-Hill

Michael Armstrong, (2006),  A Handbook Human Resources Management 10th eds, London: Kogan Page.


Details ...
Course Descriptions

Mata  kuliah  seminar  dan  riset  MSDM    memberikan  pemahaman  dan  pengetahuan melalui  refleksi pengalaman  dan  observasi  dalam  teori  sumber  daya  manusia  (SDM)  yang  disosialisasikan  melalui presentasi.  Mahasiswa  diberikan  kemampuan  identifikasi  dan  analisis  masalah  dan  permasaahan  dalam kasus-kasus di dunai nyata. Semuanya ini dimaksudkan agar mahasiswa mengalami perjalanan intelektual (intellectual  journey)  dan  mampu  merencanakan  penelitian  SDM  yang  memberi  nilai  tambah  bagi  individu dan inspirasi bagi perkembangan bisnis dan profesi SDM.

Learning Outcomes

  1. Menjelaskan pengertian seminar, lokakarya, dan riset memahami riset empiris dalam SDM.
  2. Memahami masalah SDM secara akademik dan praktik.
  3. Mampu menyadari dan mengidentifikasi adanya masalah dan permasalahan.
  4. Mampu merumuskan masalah dan topik permasalahan.
  5. Mampu menganalisis  dan menggunakan  teori  yang  relevan  dengan masalah  dan  permasalahan yang dibahas dan diteliti.
  6. Mampu menyusun kerangka berpikir sebagai nilai tambah.
  7. Mampu membuat hipotesis teori berdasarkan observasi dan refleksi dan pengalaman
  8. Mampu menentukan pendekatan metode penelitian sesuai karakteristik masalah/permasalahan
  9. Mendesain  proposal  penelitian  kuantitatif  dan  kualitatif  sesuai  ketentuan  panduan  penyusunan skripsi di Perbanas Institute.
  10. Memilih dan menjelaskan objek/subjek penelitian.
  11. Membuat rencana pengumpulan dan analisis data penelitian
  12. Mempresentasikan proposal penelitian.
  13. Memperbaiki proposal penelitian
  14. Membuat rencana dan jadwal penelitian

 

References

Oei,  Istijanto.  (2010).  Riset  Sumber  Daya  Manusia,  Jakarta:  Gramedia  Pustaka  Utama.

Sudarsono  Hardjosoekarto.  (2012).  Soft  Systems  Methodology,  (Metodologi  Serba Sistem Lunak). Jakarta: UI Press-Lab Sosio Pusat Kajian Sosiologi.

Schmitt  Klimoski,  (1991)  Research  Methods  in  Human  Resources  Management,  Ohio,  South-Western Publishing & Co

Checkland, Peter., & John Poulter, (2006), Learning for Action: A Short Definitive  Account of Soft Systems Methodology and its use for Practitioners,Teachers, and Students. England: John Wiley & Sons Ltd.

Dave Ulrich dan Wayne Brockbank, Yon Younger, Mike Ulrich, (2013), Global HR Competency, New York: McGraw-Hill

Michael Armstrong, (2006),  A Handbook Human Resources Management 10th eds, London: Kogan Page.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah seminar MSDM memberikan pemahaman dan pengetahuan melalui refleksi pengalaman dan observasi dalam teori sumber daya manusia (SDM) yang disosialisasikan melalui presentasi. Mahasiswa diberikan kemampuan identifikasi dan analisis masalah dan permasaahan dalam kasus-kasus di dunai nyata. Semuanya ini dimaksudkan agar mahasiswa mengalami perjalanan intelektual (intellectual journey) dan mampu merencanakan penelitian SDM yang memberi nilai tambah bagi individu dan inspirasi bagi perkembangan bisnis dan profesi SDM. Untuk mendapatkan pemahaman dan pengetahuan digunakan telaah kritis situasi permasalahan dan teori secara kontekstual di bidang perbankan dan bisnis. Selanjutnya, mahasiswa mendisain riset penelitian menggunakan pendekatan metodologi penelitian yang diperlukan untuk pemecahan masalah maupun untuk tujuan akademik. Pendekatan yang digunakan berupa riset kuantitatif dan kualitatif serta pendekatan alternatif seperti mixed methode maupun soft systems methodology. Dengan demikian mahasiswa memiliki kemampuan memberikan solusi alternatif yang dibutuhkan berdasarkan kerangka berpikir human capital management: struktur, fungsi, dan kompetensi .

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah Seminar SDM, mahasiswa diharapkan mampu: 1. Menjelaskan pengertian seminar, lokakarya, dan riset memahami riset empiris dalam SDM. 2. Memahami masalah SDM secara akademik dan praktik. 3. Mampu menyadari dan mengidentifikasi adanya masalah dan permasalahan. 4. Mampu merumuskan masalah dan topik permasalahan. 5. Mampu menganalisis dan menggunakan teori yang relevan dengan masalah dan permasalahan yang dibahas dan diteliti. 6. Mampu menyusun kerangka berpikir sebagai nilai tambah. 7. Mampu membuat hipotesis teori berdasarkan observasi dan refleksi dan pengalaman 8. Mampu menentukan pendekatan metode penelitian sesuai karakteristik masalah/permasalahan 9. Mendesain proposal penelitian kuantitatif dan kualitatif sesuai ketentuan panduan penyusunan skripsi di Perbanas Institute. 10. Memilih dan menjelaskan objek/subjek penelitian 11. Membuat rencana pengumpulan dan analisis data penelitian 12. Mempresentasikan proposal penelitian. 13. Memperbaiki proposal penelitian 14. Membuat rencana dan jadwal penelitian

References

Checkland, Peter., & John Poulter, (2006), Learning for Action: A Short Definitive Account of Soft Systems Methodology and its use for Practitioners,Teachers, and Students. England: John Wiley & Sons Ltd. (disingkat Checkland) 2. Dave Ulrich dan Wayne Brockbank, Yon Younger, Mike Ulrich, (2013), Global HR Competency, New York: McGraw-Hill (disingkat Ulrich)


Details ...